TUGAS
MANDIRI
ADMINISTRASI
PERKANTORAN
(ADPU4331)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 29, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Menurut
Sondang P. Siagian kita dapat me-mandang organisasi sebagai “wadah” dan
organisasi sebagai proses. Apabila suatu ba-gan organisasi atau organigram kita pandang sebagai
proses, yang dimaksud adalah ....
A. melihat organigram sebagai susunan atau
struktur jabatan
B. menghitung berapa jumlah personil yang
tercantum
C. membahas hirarkhi atau jenjang jabatan dalam
organisasi tersebut
D. melihat siapa yang menduduki jabatan
2. Sesuai
pendapat Sondang P. Siagian tentang ciri pokok organisasi yang lebih baik
antara lain adalah adanya kesatuan perintah dan kesatuan arah sehingga dapat
mencapai tujuan secara efektif dan efisien, maka Prof. Dr. Prayudi
Atmosudirdjo, mengatakan adanya prinsip ....
A. tujuan, mengandung konsekuensi adanya
kesatuan pimpinan dan kesatuan arah gerak
B. pembagian tugas dan penugasan kerja yang
homogen
C. hierarki atau jenjang jabatan sehingga
terjadi pendelegasian yang berimbang
D. hierarki atau jenjang jabatan dengan
memperhatikan pengaturan tugas yang jelas
3. Dari pendapat para ahli maupun hasil
pene-litian mengenai prinsip organisasi menyebut-kan bahwa organisasi harus
memiliki tujuan (yang jelas), sebab tujuan organisasi dapat ....
A.
menciptakan hirarkhi atau jenjang
jabatan
B. mempermudah pengendalian (span of control)
C. mempermudah mengarahkan anggota da-lam
kesatuan langkah/gerak
D. membagi tugas dan memberi tugas se-cara
homogen
4. Sesuai dengan pengertian organisasi sebagai
alat administrasi dan manajemen, kalau kita melihat suatu gambar atau
organigram beser-ta susunan personilnya kita sedang melihat ....
A.
organisasi sebagai proses
B. organisasi sebagai wadah
C. organisasi yang sifatnya status
D. analisis hubungan struktural
5. Terjadinya
korupsi di negara kita yang sampai saat ini sulit diberantas dan apabila
mengacu pada prinsip-prinsip organisasi menurut Sondang P. Siagian, kondisi ini
tidak sesuai dengan prinsip ....
A. tujuan organisasi harus dipahami oleh setiap
anggota organisasi
B. pemberian balas jasa atau imbalan ke-pada
anggota organisasi yang setimpal dengan jasa atau prestasi yang diberikan
C. adanya keseimbangan antara wewenang dan
tanggung jawab, prinsip ini penting karena apabila wewenang lebih besar dari
tanggung jawab akan menimbulkan penyalahgunaan wewenang
D. tujuan organisasi harus jelas, karena tanpa
tujuan yang jelas organisasi dapat diumpamakan dengan kapal yang tidak
mempunyai pelabuhan tujuan
6. Gerge R Terry menyebutkan unsur-unsur
ma-najemen dengan “the six M’s of
management” sedangkan unsur-unsur atau komponen da-lam organisasi yang
diperlukan untuk melak-sanakan kegiatan ada 4 (empat). Unsur yang ada dalam manajemen tetapi tidak terdapat
dalam komponen adalah ....
A. tujuan yang harus dicapai dalam orga-nisasi
B. pasar atau market
C. manajer
D. modal
7. Dari gambar atau bagan organisasi yang
didasarkan konsep organisasi lini, maka ke-pala bagian karcis kereta api yang
merupakan pengawas madya mempunyai kewenangan untuk ....
A. meminta kepala
urusan pesanan karcis pesawat memindahkan pemesan karcis pesawat ke karcis
kereta api apabila kar-cis pesawat habis
B. melakukan
koordinasi dengan kepala bagian karcis pesawat terbang apabila terjadi
permasalahan dengan pemesanan karcis kereta api
C. melapor kepada
pimpinan apabila terjadi penyelewengan urusan pembukuan karcis kereta api
D. mengusulkan rapat koordinasi antar ba-gian
karcis
8. Dari
gambar atau bagan organisasi yang didasarkan konsep organisasi bentuk
fung-sional, maka pertukaran tugas (tour
of duty) yang paling mungkin dilakukan adalah antar manajer misalnya
melakukan rotasi antar manajer pemasaran dengan manajer prodksi sebab ....
A. manajer produksi maupun manajer pema-saran
dapat membimbing karyawan pada unit I dan unit II
B. spesialisasi dari masing-masing manajer tersebut
dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin
C. karyawan apda unit I maupun unit II
mem-punyai solidaritas yang tinggi untuk mene-rima manajer manapun yang
memimpin mereka
D. baik manajer pemasaran maupun manajer
produksi merupakan jabatan fungsional yang setara
9. Didasarkan pada konsep organisasi bentuk lini
dan staf, unit staf pada kantor bank dapat di-sebut sebagai unit penunjang,
sebab tugasnya adalah ....
A. karyawan atau pejabat yang ditempatkan pada
unit tersebut didasarkan pada ke-mampuan memberikan nasihat
B. memberikan bantuan pelayanan kepada unit lini
sesuai kebutuhannya
C. sebagai mediator atau perantara antara
direktur dengan para manajer unit lini
D. melaksanakan tugas staf (staff function)
10. Departementasi di Universita Terbuka yang terdiri
dari 4 Fakultas, beberapa Lembaga, dan Pusat serta beberapa unit Program
Be-lajar Jarak Jauh (UPBJJ), termasuk departe-mentasi yang didasarkan menurut ....
A. fungsi
B. produk
C. daerah
D. matriks
11. Pada
perusahaan elektronik yang besar se-perti Sanyo, Philips, dan sebagainya. Dasar
yang digunakan untuk melakukan departe-mentasi adalah bersifat campuran.
Apabila akan dilakukan efisiensi, maka yang paling mudah digabung menjadi satu
departemen adalah ....
A. divisi umum dengan divisi produksi
B. divisi logistik dengan divisi pemasaran
C. unit produksi dengan bagian distribusi
D. divisi pemasaran dan divisi penjualan
12. Karena kemampuan seorang pemimpin untuk
mengawasi dan mengendalikan bawahannya terbatas, maka jumlah bawahan yang
berada di bawah pengawasan dan pengendalian se-orang atasan harus dibatasi
secara rasional. Prinsip yang digunakan adalah ....
A. semakin tinggi tingkatan dalam suatu
or-ganisasi rentang kendali semakin sempit
B. semakin tinggi tingkatan dalam suatu
organisasi rentang kendali semakin luas
C. semakin rendah tingkatannya dalam orga-nisasi
rentang kendali semakin sempit
D. rasio antara
pemimpin suatu unit dengan karyawan yang berada di bawah penga-wasannya adalah
1 : 10
13. Menurut hasil penelitian para ahli, jumlah
rentang kendali untuk tingkatan organisasi yang tinggi adalah 3 sampai 7 orang,
sebab semakin tinggi tingkatan dalam organisasi ....
A. tanggung jawabnya semakin besarnya dan
semakin luas ruang lingkungannya
B. dituntut tingkat pendidikan, pengetahuan dan
ketrampilan yang tinggi
C. semakin diperlukan kemampuan dan ting-kat
pengetahuan yang tinggi yang dimiliki pimpinan
D. semakin dituntut kemampuan kadership-nya
14. Dengan adanya pemekaran wilayah pemu-kiman
yang jauh dari pusat kota, banyak bank yang membuka kantor cabang di wilayah
pemukiman baru, demikian pula kantor pos dan biro perjalanan. Hal ini menunjukkan bahwa dalam menentukan lokasi gedung
kantor mempertimbangkan faktor ....
A. pemukiman yang baru dibuka
B. kedekatan dengan pasar tenaga kerja yang berkembang
ke daerah baru
C. jarak antara lokasi gedung dengan rumah
penduduk
D. lingkungan sekitar yang sesuai dan menjamin
kelancaran kegiatan
15. Dalam
menentukan lokasi gedung kantor, faktor harga atau sewa bangunan menjadi salah
satu pertimbangan yang penting, bila dihubungkan dengan produk yang dihasilkan
sebab ....
A. ada korelasi yang berarti antara pene-kanan
biaya tetap (overhead cost) dengan
keuntungan hasil penjualan produk
B. tempat yang secara teoritis kurang baik
berkolerasi dengan harga atau sewa bangunan
C. untuk
menghasilkan produk yang ber-kualitas diperlukan lokasi gedung kantor yang
strategis
D. lokasi gedung
kantor yang baik akan menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi
16. Dalam
menentukan lokasi gedung kantor fak-tor keamanan selalu menjadi pertimbangan
yang penting, tidak hanya untuk keamanan peralatan (mesin, komputer, alat-alat
elek-tronik, dan sebagainya), tetapi juga bagi ma-nusia/karyawan itu sendiri,
sehingga perlu ....
A. memperhatikan
bentuk dan susunan ge-dung kantor dilengkapi dengan jendela dan pintu-pintu
B. memperhatikan
bentuk dan susunan ge-dung kantor yang memenuhi syarat untuk keamanan
C. menjamin
kesehatan dan kesenangan karyawan guna menjaga motivasi dan semangat kerja
D. mempertimbangkan
lokasi gedung kantor agar dekat dengan rumah sakit dan kantor pemadam kebakaran
17. Menyusun tata
letak peralatan dalam suatu kantor memerlukan banyak pertimbangan. Bagi kantor
yang kegiatannya memberikan pelayanan, pengaturan ruang kantor harus bertujuan ....
A. agar aliran
kerja efektif dan nyaman
B. untuk
mengkordinir penggunaan ruang dengan penerangan dan pendingin
C. agar hubungan
komunikasi antar kar-yawan lancar
D. untuk menjamin
kenyamanan karyawan dan masyarakat yang berhubungan de-ngan kantor tersebut
18. Salah satu
fungsi bagan organisasi adalah untuk memperlihatkan garis wewenang, tang-gung
jawab dan hubungan kerja antara unit organisasi yang bersangkutan. Untuk
menge-tahui suatu unit merupakan unit yang lebih tinggi wewenang dan tanggung
jawabnya da-pat dilihat dari ....
A. bentuk kotaknya
lebih besar dari yang lain dan dihubungkan dengan garis alur wewenang yang
masuk pada titik tengah sisi kotak
B. gambarnya
dibuat bentuk piramid dan di-hubungkan dengan garis alur wewenang yang masuk
pada titik tengah sisi kotak
C. bentuk kotaknya
lebih besar dari yang lain dan dihubungkan dengan garis alur we-wenang dengan
garis terputus-putus ke bawah kotak yang lebih kecil
D. bentuk kotaknya
dibuat berbeda dengan kotak yang lain dan dihubungkan dengan garis alur
wewenang melintasi garis samping dan memasuki gambar kotak di bawahnya
19. Apabila dalam
bagan organisasi terdapat 4 bentuk segi empat panjang yang sama be-sarnya dan
berada pada garis lurus yang mendatar, menunjukkan ....
A. bagan tersebut
harus diisi dengan pen-jelasan-penjelasan
B. terdapat empat
unit dan organisasi ter-sebut yang memiliki tingkat jenjang yang sama
C. keempat unit
tersebut tidak saling ber-kaitan
D. terdapat empat
unit dari organisasi ter-sebut yang tugasnya sama
20. Bagi Biro
Organisasi suatu departemen pe-merintahan, bagan fungsi sangat membantu dalam
meneliti dan merumuskan kegiatan organisasi sebab dalam tiap kotak organisasi
berisi ....
A. nama dan
pangkat dari pejabat dalam organisasi tersebut
B. uraian tugas
yang berasal dari analisis jabatan
C. penetapan
tugas, fungsi, susunan orga-nisasi dan tata kerja sesuai surat kepu-tusan
pejabat yang berwenang
D. rumusan
fungsi-fungsi yang dapat dikem-bangkan lebih lanjut sesuai kebutuhan
21. Bagan Nama dan
Pangkat merupakan salah satu macam bagan organisasi yang sangat penting bagi
pejabat Biro Kepegawaian, sebab bagan tersebut ....
A. menjadi dasar
restrukturisasi dan peng-gantian pejabat suatu unit organisasi
B. dijadikan
patokan dalam merencanakan kenaikan pangkat dan jabatan selanjutnya
C. sebagai dasar
perencanaan pendidikan dan latihan pejabat
D. untuk
mengetahui nama-nama dan pang-kat pejabat di lingkungan unit organisasi yang
dikelolanya
22. Dalam suatu
instansi pemerintah tata cara berkomunikasi melalui telepon juga dibuatkan
petunjuk pelaksanaannya secara tertulis, tu-juannya ....
A. manajemen mudah
mengontrol penggu-naan telepon
B. karyawan
memiliki tanggung jawab untuk ikut memiliki
C. dapat
menghitung biaya tagihan telepon per bulan
D. mudah
memberikan sanksi bagi karyawan yang melanggar aturan yang ada
23. Sebelum
membuat surat niaga atau memo dinas, sebaiknya buatlah outlinenya terlebih
dahulu, tujuannya ....
A. agar kalimat
yang dibuat menjadi lebih sederhana
B. untuk membuat
kalimat yang dapat menyenangkan penerima surat tersebut
C. agar
urut-urutan isi dapat mencakup point-point yang ingin disampaikan
D. agar menjadi
kemasan yang ringkas dan logis
24. Dampak dari
penggunaan word processor (pengalah kata) untuk operasi kegiatan kantor adalah
pada penyediaan anggaran yang membengkak. Oleh karenanya pemanfaatan-nya harus
optimal dan efektif, dengan cara ....
A. dilakukan
pengendalian dan pengawasan yang ketat
B. diadakan
pelatihan bagi para operatornya
C. pemeliharaan
peralatan secaar intensif
D. dibuatkan
seperangkat peraturan yang berisi pedoman, sistem dan prosedur penggunaan
25. Dalam proses
restrukturisasi suatu organisasi kantor, apabila dilakukan kebijakan
pengu-rangan karyawan masalah yang paling sulit dan sensitif adalah menentukan
karyawan mana yang akan diputus hubungan kerjanya. Untuk itu perusahaan perlu
mengantisipasi terjadinya ....
A. aksi sabotase
yang dilakukan serikat-serikat pekerja
B. campur tangan
Depnaker setempat
C. upaya
musyawarah dengan serikat-serikat pekerja
D. penurunan
motivasi atau gairah kerja
26. Dalam proses
restrukturisasi organisasi peru-sahaan yang bertujuan mengurangi tenaga kerja
yang berlebihan, tugas manajer kantor antara lain mengatasi karyawan yang
menen-tang, menciptakan kepercayaan terhadap perusahaan dengan cara
meningkatkan ko-munikasi. Tujuannya adalah ....
A. agar mudah
melakukan negosiasi jumlah pesangon
B. supaya karyawan
yang diberhentikan tidak menuntut yang pesangon
C. menghindari
terjadinya sabotase atau demonstrasi karyawan
D. untuk meredam
terjadinya rumor yang merugikan perusahaan
27. Dalam
melakukan penyusunan personil kan-tor, ada prinsip-prinsip yang penting untuk
diperhatikan, antara lain “hubungan kerja yang bersifat impersonal/tidak
bersifat pribadi”, maksudnya adalah ....
A. tidak boleh ada
hubungan keluarga dalam satu kantor
B. antar karyawan
tidak diperbolehkan men-jalin hubungan pribadi
C. tidak boleh ada
hubungan keluarga di an-tara petugas yang erat kaitannya dengan prosedur kerja
D. adanya hubungan
keluarga dalam satu unit kerja akan menimbulkan kolusi dan korupsi
28. Keuntungan
mencari calon karyawan yang bersumber dari dalam perusahaan/instansi (sumber
internal), yaitu proses seleksi dan orientasi lebih mudah, karyawan lebih cepat
menyesuaikan diri. Namun kendalanya adalah untuk memperoleh tenaga yang sesuai
kualifikasi yang diminta. Oleh karenanya se-belum menetapkan cara seleksi dari
sumber internal, perlu dipertimbangkan ....
A. apakah
perusahaan dapat menggunakan sumber eksternal
B. dana yang
disediakan untuk melakukan seleksi
C. kualifikasi
yang diminta perusahaan
D. tersedianya
sumber daya manusia yang memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan
29. Pengertian
analisis jabatan antara lain adalah sebagai suatu proses penelitian secara
kritis tentang tugas karyawan. Pengertian proses disini menunjukkan bahwa dalam
melakukan analisis jabatan ....
A. diadakan
pengumpulan data/informasi tentang macam-macam kegiatan
B. diperlukan
langkah-langkah kegiatan yang membutuhkan waktu
C. setelah
pengumpulan data/informasi, dilakukan evaluasi dan disusun berdasar hierarki
D. dilakukan
deskripsi jabatan, uraian ja-batan, spesifikasi jabatan sampai dengan
persyaratan jabatan
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 30
SAMPAI 45, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2),
DAN 3) SEMUANYA BENAR!
30. Kita dapat
melihat suatu bagan atau orga-nigram suatu organisasi dengan meman-dangnya
sebagai “wadah” apabila terdapat ....
1) nama yang
ditulis pada setiap kotak-kotak bagan
2) jumlah personil
yang tercantum dalam bagan
3) susunan atau
struktur organisasi dan jumlah personilnya
31. Perbedaan
pengertian organisasi yang dike-mukakan oleh Sondag P. Siagian dengan
organisasi sosial atau organisasi politik adalah menyangkut ....
1) jumlah
anggotanya
2) tujuan yang
akan dicapai
3) cara menetapkan
tujuan
32. Dari
pengertian tata ruang kantor yang diberikan oleh George R. Terry maka yang
dimaksud dengan “penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang “ adalah ....
1) ukuran atau
besar kecilnya ruang sesuai jumlah pegawai
2) ukuran atau
besarnya ruang sesuai jumlah pengawas dan jumlah peralatan kantor yang ada
3) penempatan
gedung kantor dan jarak antar ruang
33. Salah satu
faktor penting yang menentukan kelancaran penyelenggaraan kegiatan kantor
adalah penyusunan tempat kerja dan per-lengkapan kantor sebaik-baiknya. Dengan
penyusunan tata ruang kantor yang baik ber-dampak pada ....
1) efisiensi
tenaga dan waktu para karyawan karena ruang geraknya efektif
2) proses
penyelesaian pekerjaan menjadi lancar
3) pemakaian alat
komunikasi seperti tele-pon, faksimile optimal
34. Dalam
penyusunan tata ruang kantor terdapat pedoman-pedoman yang perlu diperhatikan
antara lain asas rangkaian pekerjaan. Asas ini sesuai untuk diterapkan pada
ruang produksi garment (pakaian jadi), sebab pekerjaan pem-buatan pakaian
merupakan proses ....
1) berdasarkan
urutan pekerjaan
2) bergerak maju,
dari awal pekerjaan menuju ke penyelesaian
3) alat
perlengkapannya tidak boleh diganti dengan yang baru
35. Cahaya
merupakan faktor yang yang paling penting dalam penyusunan tata ruang kantor
karena dapat meningkatkan efisiensi kerja pegawai. Cahaya lampu merupakan
sumber yang tepat untuk mengatur penerangan kan-tor, sebab ....
1) cahayanya dapat
diatur sesuai kebutuhan
2) biayanya dapat
diatur dan disesuaikan dengan jumlah pemakaian
3) dapat digunakan
baik untuk gedung satu lantai maupun gedung bertingkat
36. Pimpinan suatu
instansi baik pemerintah maupun swasta perlu memiliki kemampuan komunikasi yang
handal, sebab dalam orga-nisasi perkantoran kemampuan komunikasi sangat
menunjang dalam ....
1) melaksanakan
perencanaan, pengorgani-sasin dan pengawasan
2) menjalankan
kehidupannya sehari-hari
3) mencapai tujuan
dan prosedur organisasi
37. Agar
komunikasi secara tertulis memperoleh hasil yang efektif, seorang pimpinan
kantor dituntut untuk menguasai bentuk komunikasi, dapat mengidentifikasi
pesan-pesan yang harus ditulis, memahami kebutuhan peralatan informasi yang
diperlukan kantor, dan pendis-tribusiannya, sebab ....
1) korespondensi
mencerminkan organisasi-nya
2) komunikasi
lewat tulisan merupakan cara yang paling efektif bagi pengambil kepu-tusan
3) komunikasi erat
hubungannya dengan korespondensi
38. Presentasi
merupakan media komunikasi lisan yang dapat menyampaikan pikiran, ide-ide dan
hal-hal lain yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab para eksekutif.
Untuk dapat memberikan presentasi yang baik, hal-hal yang perlu diperhatikan
adalah ....
1) penguasaan
materi yang dipresentasikan
2) kemampuan
menggunakan bahasa yang logis, argumentatif, dan persuasif
3) memiliki rasa
percaya diri
39. Bagi UPBJJ
Kupang, menanyakan hal ihwal yang berhubungan dengan pelaksanaan ujian ke UT
pusat lebih mudah dengan meng-gunakan fasilitas Sambungan Langsung Jarak Jauh
(SLJJ), sebab ....
1) waktunya cepat
dan langsung mendapat jawaban
2) biayanya
relatif murah
3) bisa
berlangganan dengan biaya relatif murah
40. Tujuan akhir
analisis jabatan adalah ....
1) mendapatkan
calon tenaga kerja yang tepat untuk tempat pekerjaan yang tepat
2) melakukan penempatan
pegawai secara obyektif
3) mencari calon
tenaga kerja di pasaran baik melalui iklan maupun dari dalam perusahaan untuk
mengisi lowongan kerja
41. Salah satu
kegunaan analisis jabatan adalah untuk merencanakan kebutuhan tenaga kerja atau
pegawai yang diperlukan guna melak-sanakan tugas pekerjaan yang bersangkutan,
sebab dengan merinci tugas menjadi tindakan dan langkah-langkah dari suatu
pekerjaan dapat diketahui ....
1) persyaratan
suatu pekerjaan
2) jumlah tenaga
kerja yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan bersangkutan
3) ketrampilan
yang diperlukan untuk melak-sanakan pekerjaan bersangkutan
42. Dalam
organisasi yang besar dan kompleks maka dalam tahap identifikasi pekerjaan dan
penyusunan daftar pertanyaan tidak mudah dilakukan. Untuk membantu hal tersebut
di-perlukan ....
1) alat bantu
berupa bagan/struktur orga-nisasi
2) wawancara
dengan pemegang pekerjaan
3) diskusi dengan
pimpinan unit organisasi yang bersangkutan dan stafnya
43. Untuk
kebutuhan program rotasi atau mutasi karyawan dari satu jabatan ke jabatan lain
di suatu perusahaan, hasil analisis jabatan akan sangat membantu sebab memuat ....
1) deskripsi
jabatan
2) golongan-golongan
jabatan
3) spesifikasi
jabatan
44. Apabila bagian
personalia merencanakan penerimaan pegawai, maka analisis jabatan diperlukan
untuk menentukan ....
1) syarat-syarat
yang dibutuhkan bagi pe-lamar
2) menyeleksi
lamaran-lamaran yang meme-nuhi persyaratan
3) menentukan
dasar penggajian bagi kar-yawan yang diterima
45. Dalam
kaitannya dengan penerimaan calon pegawai, kegunaan analisis jabatan adalah
untuk mencocokkan apakah calon memenuhi syarat sesuai dengan yang tercantum
dalam ....
1) deskripsi
jabatan
2) spesifikasi
jabatan
3) syarat-syarat
jabatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar