TUGAS
MANDIRI
KEMAMPUAN
DASAR MENGAJAR
(AKTA
0101)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 30 PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Interaksi
dua arah yang terjadi antara guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran disebut
....
A. transaksi
B. interaksi
C. komunikasi
D. relasi
2. Efektivitas
suatu komunikasi dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut kecuali ....
A. guru sebagai komunikator atau pemberi pesan
B. isi pesan yang disampaikan berupa konsep,
prinsip atau prosedur
C. siswa sebagai penerima pesan
D. tujuan pembelajaran yang akan dicapai
3. Sebelum melakukan praktikum, guru menjelaskan
kepada siswa langkah-langkah melakukan praktikum serta pembagian kelompok.
Artinya guru tersebut melakukan komunikasi secara ....
A.
verbal
B. non verbal
C. langsung
D. tidak langsung
4. Berikut
disajikan bentuk-bentuk komunikasi, yang termasuk komunikasi non verbal adalah ....
A.
guru menyajikan pelajaran langsung
B. guru menyajikan pelajaran dengan menggunakan
media film
C. guru menulis surat kepada orang tua murid
D. guru meletakkan telunjuk dibibirnya ketika
siswa sedang berbicara.*
5. Dari
kegiatan guru berikut, manakah yang menunjukan kegiatan mengajar ....
A. guru menjelaskan pelajaran kepada siswanya
B. guru menyusun rencana pelajaran
C. guru bertanya kepada siswa
D. guru menguasai bidang studi dengan baik
6. Berbagai macam kegiatan yang dirancang untuk
menciptakan suasana yang dapat membuat siswa belajar disebut ....
A. belajar
B. mengajar
C. pembelajaran
D. belajar mengajar
7. Guru
harus memiliki kompetensi keguruan secara utuh artinya memiliki kompetensi
sebagai berikut kecuali ....
A. menguasai pembelajaran yang mendidik
B. memahami peserta didik secara utuh
C. mampu mengembangkan kepribadian dan
kepropfesionalan
D. memiliki kepribadian yang menyenangkan
8. Dalam
kegiatan pembelajaran, yang dimaksud dengan pertanyaan adalah ....
A. semua jenis pertanyaan yang muncul di dalam
kelas
B. perintah dan pertanyaan yang memerlukan
jawaban
C. segala pernyataan yang memerlukan respon
lisan
D. segala jenis pertanyaan yang diucapkan guru
9. Teknik
bertanya adalah cara – cara yang digunakan oleh guru untuk mengajukan pertanyaan
kepada ....
A. sesama guru
B. para siswa
C. kepala sekolah
D. wali kelas
10. Perbedaan keterampilan bertanya dasar dan
bertanya lanjut terletak pada ....
A. adanya perubahan tuntunan kognitif ada keterampilan
bertanya dasar
B. pada keterampilan bertanya lanjut pertanyaan
harus dibuat secara jelas dan singkat
C. gunakan keterampilan bertanya lanjut bila
guru menuntut siswa berpikir pada tingkat kognitif tinggi.*
D. berikan acuan sebelum bertanya
11. Setelah selesai menjelaskan materi tentang
Benda – benda langit Pak Budi mengajukan pertanyaan kepada siswa. Berbeda
dengan Bu Siti sebelum menjelaskan benda – benda langit Bu Siti lebih dahulu
bertanya kepada siswanya. Keduanya tidak ada yang salah karena ....
A. keduanya merupakan suatu teknik bertanya yang
berdampak positif terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran*
B. tujuannya berbeda sebagai pre tes dan post
tes
C. keduanya merangsang proses berpikir siswa
untuk memancing timbulnya gagasan baru siswa
D. menimbulkan minat belajar dan mengembangkan
rasa keingintahuan siswa
12. Respon terhadap perilaku yang memungkinkan
perilaku tersebut berulang, disebut ....
A. interaksi
B. penguatan
C. respon
D. reward
13. Yang termasuk contoh kegiatan nonverbal
adalah ....
A. “Saya akan menjelaskan sekali lagi,” kata
guru.
B. Bagus sekali jawabanmu,” kata guru.
C. guru menjelaskan suatu konsep
D. guru menunjuk gambar di papan tulis
14. Penguatan yang diberikan dengan cara
menghapus rangsangan yang tidak menyenangkan disebut ....
A. respon
B. stimulus
C. penguatan negatif
D. penguatan positif
15. Yang termasuk penguatan negatif yang
diberikan guru kepada siswa adalah ....
A. memberikan pujian kepada penjawab yang benar
B. menyajikan cerita yang menyenangkan
C. menghindari jawaban yang salah dengan
memberikan jawaban yang benar
D. memperbolehkan siswa membaca cerita di
perpustakaan
16. Maksud pemberian penguatan positif adalah
untuk ....
A. menyadarkan siswa dari kesalahan perilaku
B. menghukum siswa yang melakukan penyimpangan
perilaku
C. mempertahankan perilaku positif
D. menghentikan perilaku negatif
17. Salah satu cara untuk menghindari respon
negatif adalah ....
A. diam sejenak, kemudian menyuruh siswa
mengulangi jawabannya
B. meminta siswa lain untuk menanggapi jawaban
temannya
C. melupakan jawaban siswa dan beralih ke pertanyaan
berikutnya
D. mengulangi pertanyaan dan meminta siswa
menjawab kembali
18. Arti kata” variasi” adalah ....
A. berbeda – beda
B. berubah – ubah
C. bermacam – macam
D. berinteraki
19. Yang dimaksud dengan variasi gara mengajar
adalah ....
A. guru menggunakan metode dan media yang
bermacam – macam untuk memusatkan perhatian siswa*
B. guru bergaya yang menarik perhatian siswa
dalam menyajikan pelajaran
C. guru memvariasikan metode dengan media
pendidikan dalam mengajar
D. guru dan siswa secara bergantian menggunakan
media
20. Setelah memberi contoh tentang suatu konsep,
Pak Budi meminta para siswa secara berpasangan mencari 5 contoh lainnya. Dalam
kegiatan tersebut gaya mengajar Pak Budi termasuk dalam variasi ....
A. pola interaksi
B. gaya mengajar
C. pemusatan perhatian
D. penggunaan alat bantu
21. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru
untuk meningkatkan terjadinya interaksi adalah ....
A. mengajukan pertanyaan kepada siswa tertentu
B. membagi siswa menjadi kelompok kecil
C. meminta siswa lain untuk menjawab pertanyaan
yang diajukan oleh siswa
D. mengajukan pertanyaan yang menuntut siswa
menyumbangkan proses berpikir
22. Contoh variasi yang tergolong dalam gerakan
badan dan mimik adalah ....
A. meminta siswa menulis di papan tulis
B. menganggukan kepala sambil tersenyum ramah
C. berbicara dengan suara pelan - pelan
D. mengucapkan satu kata dengan tegas
23. Yang dimaksud dengan menjelaskan adalah ….
A. membahas
B. menjabarkan
C. menguraikan
D. membedakan
24. Pembicaraan guru dalam kelas yang dapat
digolongkan kegiatan menjelaskan tampak pada kegiatan ....
A. menerangkan terjadinya siang dan malam
B. menanyakan kehadiran siswa
C. mendiskusikan hasil pesta olahraga nasional
D. tanya jawab dengan siswa tentang berita di koran
25. Yang termasuk komponen pokok keterampilan
menjelaskan adalah ....
A. menyajikan penjelasan
B. menilai penjelasan
C. merencanakan dan menilai penjelasan
D. menyajikan dan menilai penjelasan
26. Hal terpenting yang harus diperhatikan guru
dalam merencanakan materi penjelasan adalah ....
A. lingkungan belajar di sekolah
B. karakteristik siswa yang akan diberi
penjelasan
C. fasilitas yang tersedia di sekolah
D. waktu yang tersedia untuk penjelasan
27. Dalam merencanakan penjelasan, guru harus
mempertimbangkan karakteristik siswa agar penjelasan materi yang disampaikan
dapat ....
A. latar belakang dan sosial budaya siswa
B. relevansinya dengan pertanyaan siswa
C. terkait dengan apa yang sudah diketahui siswa
D. dapat dipahami oleh siswa
28. Setelah menjelaskan satu rumus fisika, guru
mengajak siswa memecahkan satu soal fisika dengan menggunakan rumus tersebut.
Dalam keterampilan menjelaskan, kegiatan guru ini tergolong dalam
pendemostrasian subkomponen ....
A. kejelasan materi pokok
B. penggunaan contoh dan ilustrasi
C. pemberian tekanan
D. umpan balik
29. Komponen keterampilan menjelaskan yang
sangat erat kaitannya dengan kemampuan guru dalam menggunakan bahasa lisan
adalah ....
A. ilustrasi
B. balikan
C. penekanan
D. kejelasan
30. Dalam menggunakan keterampilan menjelaskan,
memberikan umpan balik merupakan suatu hal yang tak kalah pentingnya hal ini
berguna untuk ....
A. memberi tekanan pada bagian – bagian yang
dirasa penting oleh guru
B. pertimbangan untuk mengulang penjelasan materi yang belum dipahami siswa*
C. mengaitkan materi yang akan dijelaskan dengan
materi yang salah diketahui siswa
D. siswa lebih mengerti dan paham seluruh
penjelasan guru
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 31 SAMPAI 50
PILIHLAH:
A. JIKA 1)
DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1)
DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2)
DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
31. Guru di kelas II SMP
mengajarkan IPA dan menggunakan komunikasi dua arah dengan siswa, hal ini dapat
dilihat pada saat kegiatan ....
1) guru dan siswa menggunakan alat bantu gambar
2) tanya jawab
3) siswa mengerjakan tugas
32. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru
harus melaksanakannya secara optimal dengan menggunakan metode yang bervariasi
dan memanfaatkan media pembelajaran agar siswa dapat memahami pelajaran dengan
baik. Tujuan guru melaksanakan kegiatan pembelajaran adalah ....
1) kegiatan ini dalam pembelajaran
2) salah satu komponen dalam pembelajaran
3) tugas guru adalah mengajar
33. Setiap guru harus kompeten dalam bidangnya,
artinya ....
1) guru harus menguasai bidang studi dan
aplikasinya
2) terampil menggunakan media dan sumber belajar
3) merencanakan dan mengelola pembelajaran
34. Perlunya guru menguasai keterampilan bertanya
antara lain karena ....
1) siswa malas berpikir di kelas
2) siswa belum terbiasa mengajukan pertanyaan
3) guru terbiasa mendominasi kelas dengan
ceramahnya
35. Dalam menerapkan keterampilan bertanya, guru
hendaknya menghindari hal – hal berikut ....
1) mengulangi pertanyaan sendiri
2) mengulangi jawaban siswa
3) mengajukan pertanyaan ke seluruh kelas
36. Dalam bertanya kepada siswa guru harus
mempertimbangkan sifat-sifat pertanyaan antara lain....
1) memperkuat apa yang telah diketahui siswa
2) mengarahkan perhatian siswa
3) menggali informasi
37. Fungsi pertanyaan untuk ....
1) mendorong siswa berpikir
2) meningkatkan keterlibatan siswa
3) membuat siswa takut
38. Komponen-komponen keterampilan bertanya dasar
adalah ....
1) memindah giliran
2) mengatur urutan pertanyaan
3) pemberian acuan
39. Pertanyaan yang baik memiliki kriteria
berikut: ....
1) memberikan respon yang menyenangkan
2) jelas dan mudah dimengerti siswa
3) terfokus pada suatu masalah
40. Yang termasuk penguatan non verbal adalah ....
1) tepukan galu
2) gerakan menghampiri
3) pujian langsung
41. Yang termasuk contoh-contoh penguatan verbal
adalah ....
1) guru memberi acungan jempol kepada siswa yang
menjawab pertanyaan dengan benar
2) “Bagus,” kata guru merespon jawaban yang
benar dari siswa
3) “ Tepat sekali jawaban,” kata guru
42. Tujuan memberikan penguatan untuk ....
1) menumbuhkan kepercayaan diri pada siswa
2) memudahkan siswa belajar
3) membangkitkan motivasi siswa
43. Berikut ini adalah contoh-contoh penguatan
positif yang diberikan oleh guru. ....
1) kata guru kepada adi, “ Tak kusangka
tulisanmu sebagus ini.”
2) “Bagaimana keadaan ayahmu, Hadi? Sudah
sembuh?” kata guru kepada Hadi.
3) “Bagus benar gambarmu, Tina,” kata guru.
44. Variasi yang digunakan guru hendaknya sesuai
dengan ....
1) minat siswa
2) tujuan pengajaran
3) kemampuan siswa
45. Komponen variasi gaya mengajar mencangkup
hal-hal berikut ....
1) pergantian posisi
2) kesenyapan sejenak
3) mengadakan kontak pandang
46. Hubungan antara kegiatan mengadakan variasi
dengan situasi kelas adalah ....
1) perhatian siswa menjadi terpusat
2) perilaku belajar positif siswa termotivasi
3) partisipasi siswa dalam pembelajaran
meningkat
47. Dalam kegiatan pembelajaran, mengadakan
variasi bertujuan untuk mencapai hal-hal berikut: ....
1) mendemostrasikan kemampuan guru
2) menghilangkan kebosanan siswa
3) meningkatkan keterlibatan siswa
48. Penguasaan dengan baik terhadap keterampilan
menjelaskan, memungkinkan guru dapat mencapai hal-hal berikut ....
1) meningkatkan keterlibatan siswa
2) menggunakan waktu secara efektif
3) meningkatkan pemahaman siswa
49. Komponen keterampilan menyajikan penjelasan
terdiri dari subkomponen, yaitu ....
1) variasi
2) kejelasan
3) balikan
50. Prinsip yang harus diperhatikan guru dalam
menyajikan penjelasan adalah ....
1) penjelasan diberikan secara spontan
2) penjelasan bermakna bagi siswa
3) penjelasan diberikan sesuai dengan keperluan
siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar