Selasa, 18 Maret 2014

Soal kemampuan dasar mengajar



TUGAS MANDIRI
KEMAMPUAN DASAR MENGAJAR
(AKTA 0101)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN  30  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Interaksi dua arah yang terjadi antara guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran disebut ....  
A.   transaksi
B.   interaksi
C.   komunikasi
D.   relasi

2.   Efektivitas suatu komunikasi dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut kecuali ....       
A.   guru sebagai komunikator atau pemberi pesan
B.   isi pesan yang disampaikan berupa konsep, prinsip atau prosedur
C.   siswa sebagai penerima pesan
D.   tujuan pembelajaran yang akan dicapai
     
3.   Sebelum melakukan praktikum, guru menjelaskan kepada siswa langkah-langkah melakukan praktikum serta pembagian kelompok. Artinya guru tersebut melakukan komunikasi secara ....
A.   verbal
B.   non verbal
C.   langsung
D.   tidak langsung

4.   Berikut disajikan bentuk-bentuk komunikasi, yang termasuk komunikasi non verbal adalah ....
A.   guru menyajikan pelajaran langsung
B.   guru menyajikan pelajaran dengan menggunakan media film
C.   guru menulis surat kepada orang tua murid
D.   guru meletakkan telunjuk dibibirnya ketika siswa sedang berbicara.*

5.   Dari kegiatan guru berikut, manakah yang menunjukan kegiatan mengajar ....
A.   guru menjelaskan pelajaran kepada siswanya
B.   guru menyusun rencana pelajaran
C.   guru bertanya kepada siswa
D.   guru menguasai bidang studi dengan baik

6.   Berbagai macam kegiatan yang dirancang untuk menciptakan suasana yang dapat membuat siswa belajar disebut ....
A.   belajar
B.   mengajar
C.   pembelajaran
D.   belajar mengajar

7.   Guru harus memiliki kompetensi keguruan secara utuh artinya memiliki kompetensi sebagai berikut kecuali ....
A.   menguasai pembelajaran yang mendidik
B.   memahami peserta didik secara utuh
C.   mampu mengembangkan kepribadian dan kepropfesionalan
D.   memiliki kepribadian yang menyenangkan

8.   Dalam kegiatan pembelajaran, yang dimaksud dengan pertanyaan adalah ....
A.   semua jenis pertanyaan yang muncul di dalam kelas
B.   perintah dan pertanyaan yang memerlukan jawaban
C.   segala pernyataan yang memerlukan respon lisan
D.   segala jenis pertanyaan yang diucapkan guru

9.   Teknik bertanya adalah cara – cara yang digunakan oleh guru untuk mengajukan pertanyaan kepada ....
A.   sesama guru
B.   para siswa
C.   kepala sekolah
D.   wali kelas

10.   Perbedaan keterampilan bertanya dasar dan bertanya lanjut terletak pada ....
A.   adanya perubahan tuntunan kognitif ada keterampilan bertanya dasar
B.   pada keterampilan bertanya lanjut pertanyaan harus dibuat secara jelas dan singkat
C.   gunakan keterampilan bertanya lanjut bila guru menuntut siswa berpikir pada tingkat kognitif tinggi.*
D.   berikan acuan sebelum bertanya




11.   Setelah selesai menjelaskan materi tentang Benda – benda langit Pak Budi mengajukan pertanyaan kepada siswa. Berbeda dengan Bu Siti sebelum menjelaskan benda – benda langit Bu Siti lebih dahulu bertanya kepada siswanya. Keduanya tidak ada yang salah karena ....
A.   keduanya merupakan suatu teknik bertanya yang berdampak positif terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran*
B.   tujuannya berbeda sebagai pre tes dan post tes
C.   keduanya merangsang proses berpikir siswa untuk memancing timbulnya gagasan baru siswa
D.   menimbulkan minat belajar dan mengembangkan rasa keingintahuan siswa

12.   Respon terhadap perilaku yang memungkinkan perilaku tersebut berulang, disebut ....
A.   interaksi
B.   penguatan
C.   respon
D.   reward

13.   Yang termasuk contoh kegiatan nonverbal adalah ....
A.   “Saya akan menjelaskan sekali lagi,” kata guru.
B.   Bagus sekali jawabanmu,” kata guru.
C.   guru menjelaskan suatu konsep
D.   guru menunjuk gambar di papan tulis

14.   Penguatan yang diberikan dengan cara menghapus rangsangan yang tidak menyenangkan disebut ....
A.   respon
B.   stimulus
C.   penguatan negatif
D.   penguatan positif

15.   Yang termasuk penguatan negatif yang diberikan guru kepada siswa adalah ....
A.   memberikan pujian kepada penjawab yang benar
B.   menyajikan cerita yang menyenangkan
C.   menghindari jawaban yang salah dengan memberikan jawaban yang benar
D.   memperbolehkan siswa membaca cerita di perpustakaan

16.   Maksud pemberian penguatan positif adalah untuk ....
A.   menyadarkan siswa dari kesalahan perilaku
B.   menghukum siswa yang melakukan penyimpangan perilaku
C.   mempertahankan perilaku positif
D.   menghentikan perilaku negatif

17.   Salah satu cara untuk menghindari respon negatif adalah ....
A.   diam sejenak, kemudian menyuruh siswa mengulangi jawabannya
B.   meminta siswa lain untuk menanggapi jawaban temannya
C.   melupakan jawaban siswa dan beralih ke pertanyaan berikutnya
D.   mengulangi pertanyaan dan meminta siswa menjawab kembali

18.   Arti kata” variasi” adalah ....
A.   berbeda – beda
B.   berubah – ubah
C.   bermacam – macam
D.   berinteraki

19.   Yang dimaksud dengan variasi gara mengajar adalah ....
A.   guru menggunakan metode dan media yang bermacam – macam untuk memusatkan perhatian siswa* 
B.   guru bergaya yang menarik perhatian siswa dalam menyajikan pelajaran
C.   guru memvariasikan metode dengan media pendidikan dalam mengajar
D.   guru dan siswa secara bergantian menggunakan media

20.   Setelah memberi contoh tentang suatu konsep, Pak Budi meminta para siswa secara berpasangan mencari 5 contoh lainnya. Dalam kegiatan tersebut gaya mengajar Pak Budi termasuk dalam variasi ....
A.   pola interaksi
B.   gaya mengajar
C.   pemusatan perhatian
D.   penggunaan alat bantu

21.   Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan terjadinya interaksi adalah ....
A.   mengajukan pertanyaan kepada siswa tertentu
B.   membagi siswa menjadi kelompok kecil
C.   meminta siswa lain untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa
D.   mengajukan pertanyaan yang menuntut siswa menyumbangkan proses berpikir



22.   Contoh variasi yang tergolong dalam gerakan badan dan mimik adalah ....
A.   meminta siswa menulis di papan tulis
B.   menganggukan kepala sambil tersenyum ramah
C.   berbicara dengan suara pelan - pelan
D.   mengucapkan satu kata dengan tegas

23.   Yang dimaksud dengan menjelaskan adalah ….
A.   membahas
B.   menjabarkan
C.   menguraikan
D.   membedakan

24.   Pembicaraan guru dalam kelas yang dapat digolongkan kegiatan menjelaskan tampak pada kegiatan ....
A.   menerangkan terjadinya siang dan malam
B.   menanyakan kehadiran siswa
C.   mendiskusikan hasil pesta olahraga nasional
D.   tanya jawab dengan siswa tentang berita di koran

25.   Yang termasuk komponen pokok keterampilan menjelaskan adalah ....
A.   menyajikan penjelasan
B.   menilai penjelasan
C.   merencanakan dan menilai penjelasan
D.   menyajikan dan menilai penjelasan

26.   Hal terpenting yang harus diperhatikan guru dalam merencanakan materi penjelasan adalah ....
A.   lingkungan belajar di sekolah
B.   karakteristik siswa yang akan diberi penjelasan
C.   fasilitas yang tersedia di sekolah
D.   waktu yang tersedia untuk penjelasan

27.   Dalam merencanakan penjelasan, guru harus mempertimbangkan karakteristik siswa agar penjelasan materi yang disampaikan dapat ....
A.   latar belakang dan sosial budaya siswa
B.   relevansinya dengan pertanyaan siswa
C.   terkait dengan apa yang sudah diketahui siswa
D.   dapat dipahami oleh siswa

28.   Setelah menjelaskan satu rumus fisika, guru mengajak siswa memecahkan satu soal fisika dengan menggunakan rumus tersebut. Dalam keterampilan menjelaskan, kegiatan guru ini tergolong dalam pendemostrasian subkomponen ....
A.   kejelasan materi pokok
B.   penggunaan contoh dan ilustrasi          
C.   pemberian tekanan
D.   umpan balik

29.   Komponen keterampilan menjelaskan yang sangat erat kaitannya dengan kemampuan guru dalam menggunakan bahasa lisan adalah ....
A.   ilustrasi
B.   balikan
C.   penekanan
D.   kejelasan

30.   Dalam menggunakan keterampilan menjelaskan, memberikan umpan balik merupakan suatu hal yang tak kalah pentingnya hal ini berguna untuk ....
A.   memberi tekanan pada bagian – bagian yang dirasa penting oleh guru
B.   pertimbangan untuk mengulang penjelasan  materi yang belum dipahami siswa*
C.   mengaitkan materi yang akan dijelaskan dengan materi yang salah diketahui siswa
D.   siswa lebih mengerti dan paham seluruh penjelasan guru


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 31  SAMPAI   50  PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!  
31.   Guru di kelas II SMP mengajarkan IPA dan menggunakan komunikasi dua arah dengan siswa, hal ini dapat dilihat pada saat kegiatan ....
1)   guru dan siswa menggunakan alat bantu gambar
2)   tanya jawab
3)   siswa mengerjakan tugas

32.   Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru harus melaksanakannya secara optimal dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memanfaatkan media pembelajaran agar siswa dapat memahami pelajaran dengan baik. Tujuan guru melaksanakan kegiatan pembelajaran adalah ....
1)   kegiatan ini dalam pembelajaran
2)   salah satu komponen dalam pembelajaran
3)   tugas guru adalah mengajar


33.   Setiap guru harus kompeten dalam bidangnya, artinya ....
1)   guru harus menguasai bidang studi dan aplikasinya
2)   terampil menggunakan media dan sumber belajar
3)   merencanakan dan mengelola pembelajaran

34.   Perlunya guru menguasai keterampilan bertanya antara lain karena ....
1)   siswa malas berpikir di kelas
2)   siswa belum terbiasa mengajukan pertanyaan
3)   guru terbiasa mendominasi kelas dengan ceramahnya

35.   Dalam menerapkan keterampilan bertanya, guru hendaknya menghindari hal – hal berikut ....
1)   mengulangi pertanyaan sendiri
2)   mengulangi jawaban siswa
3)   mengajukan pertanyaan ke seluruh kelas

36.   Dalam bertanya kepada siswa guru harus mempertimbangkan sifat-sifat pertanyaan antara lain....
1)   memperkuat apa yang telah diketahui siswa
2)   mengarahkan perhatian siswa
3)   menggali informasi

37.   Fungsi pertanyaan untuk ....
1)   mendorong siswa berpikir
2)   meningkatkan keterlibatan siswa
3)   membuat siswa takut

38.   Komponen-komponen keterampilan bertanya dasar adalah ....
1)   memindah giliran
2)   mengatur urutan pertanyaan
3)   pemberian acuan

39.   Pertanyaan yang baik memiliki kriteria berikut: ....
1)   memberikan respon yang menyenangkan
2)   jelas dan mudah dimengerti siswa
3)   terfokus pada suatu masalah

40.   Yang termasuk penguatan non verbal adalah ....
1)   tepukan galu
2)   gerakan menghampiri
3)   pujian langsung

41.   Yang termasuk contoh-contoh penguatan verbal adalah ....
1)   guru memberi acungan jempol kepada siswa yang menjawab pertanyaan dengan benar
2)   “Bagus,” kata guru merespon jawaban yang benar dari siswa
3)   “ Tepat sekali jawaban,” kata guru

42.   Tujuan memberikan penguatan untuk ....
1)   menumbuhkan kepercayaan diri pada siswa
2)   memudahkan siswa belajar
3)   membangkitkan motivasi siswa

43.   Berikut ini adalah contoh-contoh penguatan positif yang diberikan oleh guru. ....
1)   kata guru kepada adi, “ Tak kusangka tulisanmu sebagus ini.”
2)   “Bagaimana keadaan ayahmu, Hadi? Sudah sembuh?” kata guru kepada Hadi.
3)   “Bagus benar gambarmu, Tina,” kata guru.

44.   Variasi yang digunakan guru hendaknya sesuai dengan ....
1)   minat siswa
2)   tujuan pengajaran
3)   kemampuan siswa

45.   Komponen variasi gaya mengajar mencangkup hal-hal berikut ....
1)   pergantian posisi
2)   kesenyapan sejenak
3)   mengadakan kontak pandang

46.   Hubungan antara kegiatan mengadakan variasi dengan situasi kelas adalah ....
1)   perhatian siswa menjadi terpusat
2)   perilaku belajar positif siswa termotivasi
3)   partisipasi siswa dalam pembelajaran meningkat

47.   Dalam kegiatan pembelajaran, mengadakan variasi bertujuan untuk mencapai hal-hal berikut: ....
1)   mendemostrasikan kemampuan guru
2)   menghilangkan kebosanan siswa
3)   meningkatkan keterlibatan siswa

48.   Penguasaan dengan baik terhadap keterampilan menjelaskan, memungkinkan guru dapat mencapai hal-hal berikut ....
1)   meningkatkan keterlibatan siswa
2)   menggunakan waktu secara efektif
3)   meningkatkan pemahaman siswa


49.   Komponen keterampilan menyajikan penjelasan terdiri dari subkomponen, yaitu ....
1)   variasi
2)   kejelasan
3)   balikan

50.   Prinsip yang harus diperhatikan guru dalam menyajikan penjelasan adalah ....
1)   penjelasan diberikan secara spontan
2)   penjelasan bermakna bagi siswa
3)   penjelasan diberikan sesuai dengan keperluan siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar