LATIHAN MANDIRI
PENGEMBANGAN
BAHAN AJAR
(AKTA8831)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 31 PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Status bahan
ajar cetak sebagai medium belajar bagi kelompok besar pada saat ini merupakan
media yang ....
A. terintegrasi dengan proses
belajar kelompok
B. murah dan mudah dibuat
C. fleksibel dalam arti tempat dan
waktu
D. teknik pembuatannya sederhana
2. Bahan ajar
adalah serangkaian materi pelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh ....
A. siapa saja yang ingin belajar
B. guru pada waktu mengajar di dalam
kelas
C. siswa untuk belajar
D. guru dan siswa dalam kegiatan
pembelajaran
3. Penggunaan bahan ajar oleh guru
berdampak pada perubahan peran guru, yaitu dari seorang pengajar menjadi ....
A. moderator
B. fasilitator
C. tutor
D. konselor
4. Fungsi utama
penggunaan bahan ajar bagi siswa adalah untuk ....
A. menerapkan sistem belajar
kelompok
B. belajar dengan bimbingan guru
C. belajar sesuai kemauan sendiri
D. membantu siswa dalam belajar
5. Sampai dengan
saat ini sebagian besar guru dan siswa masih menyukai metode mengajar klasikal
karena hal-hal berikut, kecuali ....
A. guru merasa dapat mengendalikan
kelas
B. guru dapat berperan sebagai
fasilitator
C. siswa merasa aman berada pada
posisi pasif
D. cost efektif (dapat mengajar
sejumlah besar siswa)
6. Bahan belajar yang dirancang
untuk pembelajaran individual harus dikembangkan menurut kaidah-kaidah self instructions, stand alone dan self content. Pendapat ini dikemukakan mula-mula oleh ....
A. Ellington dan Race (1997)
B. Rowntree (1981)
C. Dolce (1982)
D. Suparman (1988)
7. Manakah dari pendekatan-pendekatan di bawah
ini yang dapat digunakan dalam pembelajaran kelompok?
A. Dinamika
B. Humanistik
C. Andragogik
D. Kultural
8. Yang termasuk
bahan ajar non-cetak adalah ....
A. OHP, hand
out, cassette-video
B. Cassette-audio, cassette-video dan modul
C. Slide program, komputer dan lembar kerja
D. Cassette video, slide program, komputer
9. Pengelompokkan
bahan ajar menurut Rowntree (1994) adalah menekankan pada ....
A. cara kerjanya
B. sifatnya
C. fungsi atau kegunaannya
D. bentuk fisiknya
10. Slide,
filmstrips, OHT dan proyeksi komputer menurut Heinich dkk (1996) termasuk bahan
ajar ....
A. komputer
B. yang diproyeksikan
C. non-cetak
D. video
11. Manakah dari bahan ajar berikut ini yang
dapat digunakan tanpa alat proyeksi?
A. kaset
B. display
C. video
D. slide
12. Magnetic board display
termasuk kelompok bahan ajar display ....
A. Flipchart
B. Realia
C. Adhesive
D. Wallchart
13. Ketercernaan bahan ajar ditentukan oleh
faktor ....
A. ketepatan (precision)
B. kecermatan (accuracy)
C. kebenaran isi
D. penyajian materi yang runtut
14. Salah satu faktor yang harus diperhatikan
dalam pengembangan bahan ajar adalah mudah
dicerna oleh siswa, artinya materi bahan ajar harus disampaikan melalui
pemaparan yang logis. Maksudnya adalah materi ....
A. disampaikan secara sistematis
B. disusun dari hal-hal yang bersifat umum ke
yang detil
C. dirangkai berdasarkan hal-hal mudah ke yang
sukar
D. disampaikan melalui pendekatan induktif
15. Ragam bahasa di dalam proses pengem-bangan
bahan ajar berhubungan dengan masalah ....
A. tingkat keterbacaan dari audiensnya
B. tingkat ketercernaan dari audiensnya
C. penggunaan istilah-istilah asing
D. gaya bahasa yang akan digunakan
16. Bahasa yang digunakan dalam pengem-bangan
bahan ajar bersifat spesifik, berbeda dengan ragam bahasa resmi yang umumnya
banyak digunakan dalam penulisan ....
A. artikel koran
B. laporan ilmiah
C. surat kabar
D. tabloid
17. Faktor yang perlu diperhatikan agar bahan
ajar tidak membosankan bagi siswa yang sedang mempelajarinya adalah ....
A. keserasian antara grafik, poin, dan
dilengkapi dengan kalimat-kalimat pendek
B. sistem paragraf yang rata pinggir
C. teks yang padat
D. sistem penomoran yang konsisten
18. Hubungan semu antara guru dan siswa dalam
kontens pengembangan bahan ajar disebut dengan istilah ....
A. interaksi semu
B. komunikasi semu
C. instruksional semu
D. pengajaran jarak jauh (distance teaching)
19. Evaluasi bahan ajar dibutuhkan dalam rangka ....
A. menentukan topik bahan ajar
B. memilih informasi yang diperlukan
C. melakukan revisi bahan ajar
D. merancang pengembangan bahan ajar
20. Acuan atau patokan utama yang digunakan untuk
memilih topik dalam pengembangan bahan ajar selain kurikulum, adalah ....
A. silabus sekolah
B. buku sumber belajar
C. analisis instruksional
D. daftar mata pelajaran
21. Dalam menentukan ruang lingkup suatu topik
bahan ajar, maka terlebih dahulu pengembang perlu menyusun ....
A. skala prioritas
B. peta konsep
C. outline
D. tinjauan mata pelajaran
22. Dalam proses pemilihan strategi
pembelajar-an, langkah selanjutnya setelah selesai menyusun urutan pembelajaran
adalah ....
A. menentukan media yang akan digunakan
B. merancang aktivitas belajar siswa
C. menentukan topik
D. merancang kelengkapan bahan ajar (tes
formatif, contoh)
23. Dalam menentukan aktivitas pembelajaran,
apabila informasi yang akan disampaikan bersifat informatif, maka bahan ajar
yang dikembangkan berbentuk ....
A. diskusi kelompok
B. latihan, LKS
C. praktek, contoh video
D. diagram, tabel
24. Aspek penting yang perlu diperhatikan dalam
proses pengembangan modul adalah terciptanya suatu ....
A. sistem penyampaian pesan yang komunikatif
B. metode penggunaan gaya bahasa yang baik
C. proses kesinambungan berpikir
D. hubungan yang logis antara ide dan fakta atau
realitas
25. Langkah awal proses penulisan modul adalah ....
A. menentukan gaya bahasa
B. menulis materi
C. mengidentifikasi tentang apa yang akan
ditulis
D. menentukan format dan tataletak
26. Sebagai salah satu media pembelajaran
tercetak, handout dapat dimanfaatkan sebagai alat
atau sarana untuk ....
A. memberikan umpan balik dari materi pokok
B. melengkapi kekurangan yang ada pada buku
materi pokok
C. memberikan penjelasan yang lebih rinci
D. memberikan sarana-sarana tindak lanjut dari
bahasan materi pokok
27. Tahap akhir dari proses pengembangan handout adalah ....
A. menentukan materi yang akan di-kembangkan
B. menentukan isi
C. menentukan cara atau bentuk penyajian
D. mengevaluasi bahan ajar yang akan
dikembangkan
28. Bagi pembaca atau siswa yang ingin memperoleh
informasi lebih lanjut tentang materi yang sedang dibahas, handout dapat disajikan dalam bentuk ....
A. Annotated
bibliography
B. kasus yang harus dipelajari
C. contoh tambahan untuk konsep yang sulit
dipahami
D. informasi tambahan
29. Sesudah menentukan tujuan instruksional,
langkah berikut dari proses pengembangan LKS adalah ....
A. menyusun elemen LKS atau membuat outline
B. melakukan cek dan ricek atas kesesuaian elemen yang akan digunakan
C. mengumpulkan bahan
D. mengintegrasikan desain dengan materi yang
akan disajikan
30. Tampilan visual yang hanya terdiri dari
gambar-gambar saja, tanpa teks disebut tampilan ....
A. tekstur
B. surprise
C. piktorial
D. teks
31. Fungsi bahan ajar sebagai media penunjang menurut Ellington dan
Race (1997) adalah sebagai ....
A. media penunjang pembelajaran yang dirancang
secara sistematis
B. media tambahan atau pelengkap pembelajaran
berbentuk gambar
C. selingan dari metode pembelajaran klasikal
D. sarana pemanfaatan media elektronik
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 32 SAMPAI
60 PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2)
BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3)
BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3)
BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
32. Berikut ini adalah karakteristik bahan ajar
berbentuk modul yaitu ....
1) fungsinya ditekankan untuk belajar mandiri (individual study)
2) sebagai catatan tambahan materi utama
3) sebagai salah satu media belajar bagi
pendidikan orang dewasa (adult education)
33. Penggunaan bahan ajar cetak dalam kegiatan
pembelajaran juga memiliki kelemahan di antaranya ....
1) tidak mampu memberikan umpan balik
2) membutuhkan perencanaan yang relatif lama
3) penjelasan tentang suatu topik terkesan
bertele-tele dan linier
34. Kelemahan bahan ajar display yang paling
signifikan sebagai media pembelajaran adalah ....
1) merupakan miniatur dari ukuran aslinya
2) merupakan gambaran riel dari benda yang
sesungguhnya
3) tidak mudah untuk dimodifikasi
35. Makna dari kecermatan isi bagi pengem-bangan
bahan ajar adalah gabungan antara validitas isi dan keselarasan isi. Validitas isi mengacu pada aspek ....
1) ketepatan cakupan
2) keabsahan materi
3) keutuhan konsep
36. Prinsip dasar yang harus diperhatikan dalam
pengembangan bahan ajar agar isi atau pesan yang akan disampaikan menjadi
komunikatif adalah apabila menggunakan ....
1) format bahan ajar standar
2) bahasa yang mudah dimengerti
3) ilustrasi yang baik
37. Keterbacaan ditentukan oleh faktor-faktor
....
1) kronologi penyajian materi yang sistematis
serta penjelasan yang logis
2) format menggunakan standar yang berlaku serta
tertib dan konsisten dalam penggunaan istilah
3) jenis media yang digunakan
38. Penggunaan bahasa baku dan formal dalam
pengembangan bahan ajar sangat jarang digunakan karena ....
1) cenderung tidak sopan dan kurang resmi
2) tingkat keterbacaannya rendah karena
membosankan
3) tidak komunikatif
39. Manfaat white
space dalam konteks penataan letak informasi pada setiap lembaran bahan
ajar cetak adalah untuk ....
1) mengurangi kepenatan mata dalam membaca
2) membuat catatan tambahan atau komentar
3) membuat rangkuman
40. Komponen-komponen tujuan pembelajaran
meliputi ....
1) penggunaan kata kerja operasional sebagai
predikat
2) derajat pencapaian tujuan yang tidak perlu dinyatakan
secara eksplisit
3) tujuan pembelajaran hendaknya dinyatakan
secara tegas dan eksplisit (dapat diukur)
41. Faktor-faktor yang menentukan kedalaman dan
keluasan materi modul mencakup ....
1) apa yang sebaiknya diketahui pembaca setelah
membaca materi
2) apa manfaat yang diperoleh jika pembaca
selesai membaca modul
3) berapa waktu yang dibutuhkan untuk memahami
isi modul
42. Agar tampilan modul menjadi lebih menarik,
maka modul dapat diberi tambahan asesori seperti penggunaan ....
1) boks untuk memberi aksen
2) list
3) huruf-huruf yang bervariasi
43. Fungsi medium modul dalam proses pembelajaran
adalah sebagai ....
1) sarana belajar mandiri yang paling efektif
2) motivator untuk terus membaca dan memahami
materi
3) cara untuk mengukur pencapaian hasil belajar
44. Bagi guru kelas, penggunaan handout dalam kegiatan pembelajaran
sangat bermanfaat, karena ....
1) guru dapat memfokuskan kegiatan belajar pada
materi yang penting
2) dapat meningkatkan efisiensi kegiatan
pembelajaran
3) guru banyak mempunyai waktu luang untuk
melakukan kegiatan lain
45. Pada tahapan survai dari upaya pemanfaatan
LKS bagi kegiatan pembelajaran, siswa disarankan untuk melakukan
kegiatan-kegiatan ....
1) membuat pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab
sendiri
2) membaca secara sepintas
3) membaca ringkasan materi
46. Variabel-variabel pengembangan desain LKS
adalah ....
1) ukuran tampilan dan kepadatan halaman
2) kejelasan materi
3) jumlah halaman
47. Yang dimaksud dengan dolying adalah gerakan kamera ....
1) mendekati objek yang bergerak
2) menjauhi objek yang bergerak
3) memfokuskan pada objek yang bergerak
48. Tujuan pembelajaran berbasis komputer seperti
bentuk permainan (games) pada penerapan metode CAI di kelas adalah ....
1) mencoba menyampaikan materi ajar secara lebih
menyenangkan
2) membuat siswa dapat belajar sambil bermain
3) agar pelajaran yang sulit menjadi lebih mudah
dipahami melalui teknik permainan atau game
49. Yang dimaksud dengan ukuran gambar “very
close up” dalam penyusunan naskah video adalah ....
1) pengambilan gambar dari jarak dekat
2) gerakan gambar yang menjauh dan mendekat
3) pengambilan gambar yang memperlihat-kan
subbagian tertentu dari keseluruhan gambar
50. Perbedaan antara pembuatan video feature atau
majalah dengan program video berbentuk talk atau wawancara, diskusi atau event
terletak pada ....
1) waktu tayangan
2) proses editing
3) instrumen peralatan
51. Manfaat pembelajaran berbantuan komputer (Computer assisted instruction) bagi
siswa adalah ....
1) membuat siswa menjadi pribadi yang berstatus
melek komputer (computer literated)
2) membangun pribadi yang “IT-minded”
3) membangun pribadi yang mandiri
52. Program video untuk kegiatan pembelajaran bersifat multiguna,
karena ....
1) dapat digunakan untuk pembelajaran individual, kelompok dan massal
2) tampilan gambar yang fleksibel bergerak dan
multimedia
3) tidak membutuhkan konsentrasi penuh untuk menyimaknya
53. Untuk dapat menggunakan CAI, sambungan (channel) komputer yang dapat digunakan adalah ....
1) WBC
2) CBI
3) BBC
54. Yang termasuk rancangan bahan ajar berbantuan komputer satu arah
adalah ....
1) CAI
2) CBI
3) WBC
55. WBC adalah salah satu jenis rancangan bahan ajar berbantuan
komputer yang bersifat ....
1) satu arah
2) dua arah
3) interaktif
56. Berikut ini adalah manfaat storyboard
....
1) dapat mempresentasikan suatu pesan secara utuh dan runtut
2) dapat memberi kesempatan kepada pengembang atau guru untuk
berimpro-visasi
3) mampu digunakan sebagai pelengkap materi
57. Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam membuat papan storyboard
adalah ....
1) adanya keterampilan dasar dan bakat seni agar
tampilan menarik hati
2) Audiens yang dicapai (kelompok kecil,
individu atau kelompok besar)
3) tempat di mana Anda akan melakukan persiapan
(fixed atau portable)
58. Fungsi penggunaan kartu-kartu lepas dalam
penggunaan media storyboard adalah
....
1) memungkinkan untuk membuat urutan informasi
berdasarkan nomor-nomor
2) memungkinkan untuk mengadakan perubahan layout bila diperlukan
3) praktis karena ukurannya yang relatif kecil
sehingga mudah dibawa-bawa
59. Medium transparansi merupakan salah satu
medium yang digemari oleh guru untuk digunakan dalam pembelajaran karena ....
1) tampilan proyeksi OHP dapat terjangkau oleh
seluruh siswa di kelas
2) dapat menyuguhkan suatu proses atau siklus
dengan jelas
3) penggunaannya membutuhkan layar khusus
60. Tampilan visual sebagai salah satu teknik
pengembangan bahan ajar terutama dapat dimanfaatkan untuk ....
1) menvisualkan konsep
2) memberikan gambaran yang tepat sesuai dengan
bentuk aslinya
3) menterjemahkan kata-kata ke dalam gambar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar