Minggu, 20 April 2014

Soal Ekonomi Perencanaan



TUGAS MANDIRI
EKONOMI PERENCANAAN
(ESPA4219)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 50,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Konsep paradikma ketergantungan merupa-kan semacam protes ....      
A.   Negara-negara berkembang terhadap negara maju
B.   Negara maju terhadap negara berkembang
C.   Negara-negara maju terhadap negara pengekspor minyak
D.   Negara-negara maju terhadap negara pengimpor minyak

2.   Pada mulanya teori pembangunan ekonomi diawali oleh model-model pertumbuhan ekonomi yang sering hanya dikaitkan dengan usaha-usaha untuk mengejar kemakmuran material yang dinyatakan dengan ....           
A.   banyaknya perusahaan-perusahaan swasta nasional
B.   meningkatnya pembangunan fisik
C.   meningkatnya angka kelahiran dan menurunnya angka kematian
D.   adanya aliran barang dan jasa
     
3.   Tingkat hidup yang masih rendah di negara-negara yang sedang berkembang dicerminkan oleh ....
A.   ekspor negara berkembang masih produksi primer
B.   fasilitas perumahan yang tidak memadai
C.   fasilitas transportasi yang tidak memadai
D.   pengrusakan hutan oleh penduduk yang kelaparan

4.   Perhatian para ekonomi akan keseimbangan ekologi dalam proses pembangunan dihasilkan oleh pendekatan ....
A.   paradigma ketergantungan
B.   pertumbuhan dan pemerataan
C.   The Limits to Growth
D.   pendekatan kebutuhan pokok

5.   Menurut IBRD negara yang sedang berkembang digolongkan menjadi pendapatan perkapita ....
A.   kurang dari US $ 1000
B.   kurang dari US $ 410
C.   lebih dari US $ 1000
D.   lebih dari US $ 410

6.   Fungsi utama dari badan perencanaan adalah ....
A.   memberikan laporan hasil-hasil pembangunan
B.   mengefaluasi pelaksanaan pembangunan
C.   menyusun rencana-rencana
D.   mengumpulkan laporan hasil penelitian

7.   Maksud utama rencana jangka pendek adalah sebagai ....
A.   peningkatan penggunaan sumber daya alam
B.   pelaksanaan proyek jangka menengah
C.   usaha peningkatan kemakmuran secara singkat
D.   usaha menanggulangi keadaan yang bersifat mendesak

8.   Untuk mencapai sasaran pembangunan melalui mekanisme harga ....
A.   menunjukkan peran pemerintah secara mutlak dalam mengatur kegiatan individu sampai pada hal-hal yang sekecil-kecilnya
B.   menyerahkan sepenuhnya kendali ekonomi kepada persaingan monopoli
C.   menyerahkan sepenuhnya kendali ekonomi kepada persaingan bebas
D.   menyerahkan sepenuhnya kendali ekonomi kepada persaingan digopoli

9.   Dalam faham sosialis, seluruh kegiatan ekonomi diatur oleh ....
A.   serikat buruh
B.   para bangsawan
C.   perdana menteri
D.   negara

10.   Alasan pemerintah negara-negara yang sedang berkembang menyusun rencana pembangunan karena ....
A.   supaya pembangunan cepat mencapai hasil
B.   mengurangi masuknya modal asing
C.   sektor swasta tidak mempunyai keahlian membangun
D.   menyerahkan sepenuhnya kepada swasta ternyata tidak berhasil

11.   Dalam pengambilan keputusan pendekatan rasional murni menghasilkan keputusan yang ....
A.   optimal dan ideal yang mudah untuk dilaksanakan
B.   cukup atau memuaskan yang optimum
C.   cukup atau memuaskan yang tidak optimum
D.   optimal dan ideal tetapi sulit dalam pelaksanaannya

12.   Dalam pengambilan keputusan pendekatan rasional terbatas menghasilkan keputusan yang ....
A.   optimal dan ideal yang mudah untuk dilaksanakan
B.   cukup atau memuaskan yang optimum
C.   cukup atau memuaskan yang tidak optimum
D.   optimal dan ideal tetapi sulit dalam pelaksanaannya

13.   Tahapan yang paling awal dalam pengambilan keputusan menurut pendekatan rasionalitas Carley adalah ....
A.   melakukan pilihan diantara berbagai alternatif tindakan yang paling menguntungkan
B.   definisi dan identifikasi masyarakat
C.   klasifikasi dan organisasi sasaran-sasaran
D.   mengindentifikasi berbagai alternatif pemecahan masalah

14.   Berhasil tidaknya suatu perencanaan tergantung ....
A.   pendapatan nasional negara tersebut
B.   kemakmuran negara tersebut
C.   neraca pembayaran negara tersebut
D.   kemampuan suatu rencana untuk mencapai suatu sasaran

15.   Salah satu kelemahan desentralisasi adalah ....
A.   karena ada kepentingan pribadi atau kelompok
B.   tergantung kepada tipe keputusan dan sasaran utama yang ingin dicapai
C.   terjadinya koordinasi vertikal dan kesulitan pengawasan oleh pemerintah pusat
D.   pendelegasian kekuasaan dalam berbagai wilayah tidak jelas

16.   Alasan politik mengapa orang lebih suka sentralisasi perencanaan dalam pengambilan keputusan ....
A.   mengakui hak rakyat untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan pembangunan
B.   pengambilan keputusan kepada beberapa daerah yang luas kadang-kadang lebih tepat untuk mengurangi tekanan-tekanan yang berasal dari daerah lain
C.   pendistribusian kekuasaan politik yang lebih luas
D.   memelihara kesatuan nasional

17.   Salah satu faktor yang paling menunjang mutu sebuah rencana adalah ....
A.   data statistik yang dikumpulkan dan dianalisis melalui berbagai penelitian
B.   adanya keterbukaan negara tersebut
C.   mobilisasi faktor produksi
D.   sedikitnya hutang yang dibuat oleh negara tersebut

18.   Jangka waktu dalam perencanaan perlu diklasifikasikan karena untuk ....
A.   mempermudah pembagian tenaga kerja
B.   memperlancar distribusi barang dan jasa
C.   mempermudah identifikasi rencana menurut persoalan
D.   mempermudah dalam penyediaan sarana dan prasarana

19.   Tahap akhir dari kegiatan penelitian pendahuluan adalah ....
A.   pembuatan studi pra rencana
B.   pembuatan model-model kuantitatif
C.   pembuatan model-model kualitatif
D.   pelaksanaan rencana proyek

20.   Pedoman-pedoman dan ukuran-ukuran yang digunakan dalam perencanaan perlu diseragamkan supaya ....
A.   tidak terjadi kesimpangan siuran dalam perencanaan atau pelaksanaannya
B.   semua proyek dapat diselesaikan dalam waktu yang bersamaan
C.   mempermudah dalam pengawasan pelaksanaan proyek
D.   dapat menghemat sumber-sumber yang digunakan selama masa pembangunan

21.   Syarat utama agar suatu rencana pembangunan berhasil dilaksanakan adalah ....
A.   bantuan modal asing yang terus mengalir
B.   kesiapan kondisi sosial dalam menunjang rencana tersebut
C.   sumber-sumber alam yang melimpah di wilayah negara tersebut
D.   dilaksanakannya penelitian yang terus-menerus

22.   Berbagai kelemahan orde sosial di negara-negara berkembang acapkali merupakan ....
A.   masalah yang tidak dapat dipecahkan
B.   pemborosan dalam melaksanakan pembangunan
C.   penghambat bagi keberhasilan suatu rencana pembangunan
D.   pendorong semangat untuk membangun

23.   Reformasi fundamental tergantung dari ....
A.   pandangan politik rakyat dan pemerintah masing-masing
B.   pendudukan kepala negara yang berkuasa
C.   pandangan kepala negara yang berkuasa
D.   paham yang dianut oleh masing-masing negara

24.   Syarat yang harus dipenuhi agar bisa dicapai kemakmuran ekonomi ....
A.   redistribusi pendapatan hendaknya terjadi dan menghasilkan manfaat batas yang sama untuk semua orang
B.   titik berat perpajakan bergeser dari pajak penghasilan ke pajak tidak langsung
C.   redistribusi pendapatan hendaknya tidak menghasilkan manfaat batas yang sama untuk semua orang
D.   setiap barang hendaknya dijual kepada setiap pembeli dengan harga yang tidak sama

25.   Teori dalil emas mengatakan bahwa konsumsi perkapita masyarakat akan maksimum pada jalur pertumbuhan keseimbangannya apabila produktifitas ....
A.   marginal dari investasi persis sama dengan laju pertumbuhan penduduk ditambah dengan laju kemajuan teknologi
B.   marginal dari investasi persis sama dengan laju pertumbuhan penduduk ditambah dengan laju produktivitas marginal dari kapital
C.   kapital dari investasi persis sama dengan laju produktifitas marginal dari inventasi
D.   marginal dari kapital persis sama dengan laju pertumbuhan penduduk ditambah dengan laju kemajuan teknologi

26.   Masalah utama yang biasanya dihadapi dalam mekanisme organisasi penanganan data ....
A.   mengkoordinasikan data
B.   menghindari peniruan yang mubazir
C.   menghindari kekeliruan stokastik
D.   pembagian tanggung jawab

27.   Manfaat yang paling dasar dari suatu model adalah untuk ....
A.   meramalkan reaksi masyarakat terhadap suatu proyek
B.   meramalkan jumlah penduduk dimasa yang akan datang
C.   memahami mekanisme kerja suatu sistem dan menjelaskan hubungan-hubungan diantara berbagai variabel
D.   meramalkan gunanya model pada masa mendatang

28.   Untuk meramalkan reaksi masyarakat terhadap suatu proyek pembangunan disuatu wilayah tertentu, umumnya digunakan teknik porkas ....
A.   skenario masa depan dan skenario masa lalu
B.   skenario masa lalu
C.   skenario masa depan
D.   analisa kuantitatif

29.   Permasalahan pertama yang biasanya dihadapi proses aspraisal adalah ....
A.   efisiensi dan pengelolaan investasi
B.   disain suatu proyek yang akan disetujui
C.   kegiatan dalam proses perencanaan
D.   yang berkaitan dengan sifat-sifat organisasi dan badan-badan yang terlibat dalam pekerjaan untuk memutuskan rencana

30.   Menganalisa dampak langsung suatu program, langkah awalnya adalah ....
A.   menspesifikasi kelompok target
B.   mendaftar dan meninjau kembali indikator-indikator potensial
C.   mengumpulkan dan menganalisa data
D.   menspesifikasi tujuan

31.   Salah satu elemen utama dari P.I.M adalah APE, yaitu ....
A.   perencanaan dengan sistem anggaran pemerintah
B.   analisis program dengan membandingkan beberapa program
C.   mengidentifikasi hubungan-hubungan berbagai komponen
D.   membuat program tahunan dengan berbagai keputusan proyek yang dibagi-bagi dalam tahap-tahap perencanaan tahunan

32.   Implementasi dalam konteks proyek adalah ....
A.   pelaksanaan dari proyek tersebut
B.   proses untuk mengolah sumber-sumber menjadi barang-barang dan jasa-jasa
C.   merumuskan sebuah rencana tanpa perlu memikirkan tahap pelaksanaannya
D.   merumuskan sebuah rencana dengan memikirkan tahap pelaksanaannya

33.   Yang dimaksud dengan appraisal dalam perencanaan adalah ....
A.   tahap kegiatan dalam proses perencanaan untuk membandingkan berbagai alternatif rencana yang mungkin akan dilaksanakan
B.   sifat-sifat organisasi dan badan-badan yang terlibat dalam pekerjaan memutuskan rencana
C.   keputusan mengenai proyek yang pasti akan dilaksanakan
D.   disain suatu proyek yang telah disetujui

34.   Kebijakan upah dan harga dimaksudkan untuk mengatasi “penyakit” inflasi pada ....
A.   gejala penyakitnya
B.   sumber penyebabnya
C.   proses strukturalnya
D.   sampai ke akarnya

35.   Berbagai peraturan kontrak dengan perusahaan-perusahaan swasta bisa digolongkan dalam instrumen kebijakan ....
A.   menyeluruh
B.   tiba-tiba
C.   insidental
D.   terus-menerus

36.   Agar prosedur perencanaan efisien, maka golongan-golongan yang harus dihubungi dalam tahap makro adalah ....
A.   organisasi sosial
B.   pengusaha konsumen lokal
C.   organisasi karyawan di daerah-daerah
D.   berbagai organisasi yang mempunyai ruang lingkup luas

37.   Hubungan kerja sama antara BAPPEDA tingkat I dan BAPPENAS bersifat konsultatif  ....
A.   fungsional
B.   regional
C.   dimensional
D.   nasional

38.   Untuk dapat menyelenggarakan fungsinya, BAPPENAS mempunyai tugas sebagai berikut, kecuali ....
        A.   menyusun Rancangan Anggaran Pen-dapatan dan Belanja Negara bersama-sama dengan Departemen Keuangan
B.   melakukan kegiatan-kegiatan yang ditugaskan oleh Presiden
C.   menyusun rencana-rencana Pembangunan Nasional untuk jangka panjang, jangka menengah maupun jangka pendek
D.   mengelola pembangunan daerah

39.   Di Indonesia kita mengenal beberapa dokumen pembangunan yang penting, kecuali ....
A.   Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN)
B.   Rencana Pembangunan Lima Tahun (REPELITA)
C.   Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)
D.   Perencanaan Ekonomi terpusat
     
40.   Di bawah ini adalah tata kerja BAPPENAS, kecuali ....
A.   tiap-tiap Deputy membawahi sebanyak-banyaknya lima buah biro
B.   BAPPENAS dipimpin oleh seorang ketua yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden
C.   apabila dipandang perlu ketua BAPPENAS dapat mengangkat beberapa penasehat
D.   mengelola seluruh BAPPEDA yang berada di Indonesia

41.   Pembangunan industri akan dapat menimbul-kan kerusakan lingkungan, usaha untuk mengatasinya adalah ....
A.   memperkecil pengaruh kerusakan tersebut
B.   memperkecil kapasitas industri secara keseluruhan
C.   memindahkan lokasi industri tersebut
D.   membubarkan industri tersebut

42.   Paham “Laissez faire” beranggapan bahwa pengangguran yang terjadi ....
A.   sifatnya sementara
B.   akan semakin berkurang
C.   tidak dapat dihilangkan
D.   akan semakin bertambah

43.   Kaum Klasik menganggap bahwa mekanisme pasar akan lancar, efektif dan efisien bila ....
A.   produksi diatur oleh pemerintah tetapi konsumsi bebas
B.   produksi dan konsumsi diatur oleh pemerintah
C.   setiap orang bebas bertindak terhadap produksi dan konsumsi
D.   cabang produksi yang besar dikuasai oleh pemerintah

44.   Perencanaan sebelum tahun 1960-an disebut sebagai periode krisis perencanaan karena ....
A.   terlalu berorientasi kepada pembangunan pertanian
B.   timbulnya banyak pemborosan keuangan
C.   tidak mampu memecahkan persoalan-persoalan mendasar seperti penganggur-an
D.   pelaksanaannya tidak terpadu

45.   Keputusan awal dari proses perencanaan adalah keputusan ....
A.   ekonomi untuk melaksanakan perencanaan
B.   sosial untuk melaksanakan perencanaan
C.   politik untuk melaksanakan perencanaan
D.   hankam untuk melaksanakan perencana-an

46.   Bila diketahui ICOR sebesar 2 dan dikehendaki laju pertumbuhan ekonomi sebesar 5% maka modal yang dibutuhkan sebesar ....
A.   10% dari pendapatan nasional
B.   15% dari pendapatan nasional
C.   20% dari pendapatan nasional
D.   25% dari pendapatan nasional

47.   Bila diketahui ICOR sebesar 4 dikehendaki pertumbuhan ekonomi sebesar 5% sedangkan sudah tersedia tabungan masyarakat sebesar 15% maka kekurangan modalnya sebesar ....
A.   4%
B.   5%
C.   10%
D.   15%

48.   Bila untuk menghasilkan output di sektor X senilai Rp 1.000,00 dibutuhkan input dari sektor Y senilai Rp 400,00 maka berarti koefisien input-outputnya adalah ....
A.   25
B.   35
C.   40
D.   55

49.   Suatu negara menetapkan laju pertumbuhan ekonomi sebesar 9% per tahun, sedangkan COR-nya = 3, maka untuk mencapai laju pertumbuhan tersebut diperlukan tabungan rata-rata sebesar ....
A.   3%
B.   6%
C.   10%
D.   27%

50.   Diketahui Pengeluaran Konsumsi = $ 40 + 0,8 Yd, Pengeluaran Investasi = $ 80, Pengeluaran Pemerintah = $ 40, besarnya pajak = $ 50. Maka besarnya pendapatan nasional keseimbangan adalah  ....
A.   $ 400
B.   $ 450
C.   $ 475
D.   $ 500


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR 51  SAMPAI   71,   PILIHLAH:
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!

51.   Kesadaran untuk membangun di negara-negara sedang berkembang mempunyai latar belakang kemerdekaan politik,
sebab                       
kemerdekaan politik saja belum berarti memperoleh kemerdekaan ekonomi.
52.   Pertumbuhan ekonomi yang tinggi merupakan satu-satunya sasaran pembangunan,
sebab                       
pertumbuhan ekonomi berarti proses peningkatan penghasilan per kapita dalam jangka panjang.

53.   Pertumbuhan ekonomi berarti proses peningkatan penghasilan perkapita dalam jangka panjang,
sebab                       
pada akhirnya pembangunan itu haruslah untuk kesejahteraan umat manusia secara merata, bukan kesejahteraan sekelompok manusia saja.

54.   Pada akhirnya pembangunan haruslah untuk kesejahteraan umat manusia secara merata, bukan kesejahteraan sekelompok manusia saja,
sebab                       
kesadaran untuk membangun di negara-negara sedang berkembang mempunyai latar belakang kemerdekaan politik.

55.   Penggunaan model pertumbuhan ekonomi di negara-negara sedang berkembang telah mengakibatkan laju pertumbuhan yang pesat,
sebab                       
pemerataan pembangunan dapat dicapai bila pendapatan perkapita sangat tinggi.

56.   Pembangunan bukan semata-mata mengejar benda-benda material tetapi yang lebih penting adalah membangun manusia seutuhnya,
sebab                       
faktor manusia merupakan satu-satunya modal dasar dalam rangka melaksanakan pembangunan jangka panjang.

57.   Permasalahan yang dihadapi negara yang sedang berkembang meliputi pendidikan, pertumbuhan penduduk, kemiskinan dan sebagainya,
sebab                       
pengangguran dan inflasi tidak bisa diserahkan kepada mekanisme harga, karena itu perlu campur tangan pemerintah melalui perencanaan.

58.   Keberhasilan pembangunan ekonomi harus didukung oleh perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di bidang-bidang yang lain,
sebab                       
hasrat untuk membangun bukan hanya ambisi pemerintah saja.

59.   Rendahnya rasa kehormatan pribadi atau negara bisa mengakibatkan rendahnya tingkat kehidupan,
sebab                       
rasa kehormatan pribadi yang rendah mengakibatkan miskinnya motivasi dan sikap mental untuk berkembang.

60.   Setelah sasaran dan tujuan perencanaan ditetapkan maka langkah selanjutnya adalah mengumpulkan dan kemudian menganalisis data,
sebab                       
data yang tersedia itu sangat penting bagi perencanaan untuk meramalkan kejadian di masa datang.
61.   Ketidakpastian eksternal biasanya diatasi dengan melakukan riset lanjutan dan pengumpulan informasi sebanyak mungkin,
sebab                       
para perencana biasanya tidak mengetahui perubahan-perubahan yang akan terjadi di dunia luar dan bagaimana perubahan-perubahan tersebut mempengaruhi proses pengambilan keputusan.

62.   Perencanaan yang umumnya dilakukan untuk periode lima tahun merupakan pola yang paling banyak dianut oleh berbagai negara,
sebab                       
selama lima tahun waktunya cukup untuk memperhitungkan tingkat pematangan pelaksanaan.

63.   Menurut faham “Laissez Faire” pengangguran yang terjadi hanya bersifat sementara,
sebab                       
“Tangan-tangan gaib” akan membawa kembali perekonomian dengan sendirinya menuju kesempatan kerja penuh.

64.   Dalam rencana jangka pendek lebih dimungkinkan untuk menyatakan rencana dalam bentuk proyek-proyek investasi nyata atau sebagai usul undang-undang,
sebab                       
jangka waktu rencana jangka pendek mempunyai rentangan waktu yang relatip pendek (1/2 sampai dengan 2 tahun).
65.   Setiap usul pembangunan dibidang produksi, investasi ekspor impor, anggaran pembangunan dan sebagainya butuh penjelasan dalam bentuk angka,
sebab                       
data berupa angka akan lebih mudah dan lebih pasti target yang akan dicapai oleh suatu rencana.

66.   Optimalitas (Penentuan optimal tidaknya) orde sosial dirasa cukup sulit,
sebab                       
penilaian terhadap optimalitas suatu orde sosial melibatkan pertimbangan-pertimbang-an subjektif.

67.   Dalam beberapa kasus, orang lebih suka mengumpulkan data primer karena kurang yakin terhadap validitas data sekunder,
sebab                       
tidak adanya catatan lengkap dan teratur di negara-negara yang sedang berkembang cenderung mengakibatkan orang harus memakai data primer.


68.   Analisis input output dapat meramalkan jumlah tambahan output dari industri atau sektor yang bersangkutan untuk memenuhi ekspansi,
sebab                       
dalam melaksanakan ekspansi harus didukung dengan dana modal yang besar serta teknologi tinggi.

69.   Dalam merencanakan pembangunan, meramalkan perubahan jumlah penduduk sangat penting,
sebab                       
jumlah penduduk mempengaruhi banyak wilayah perencanaan seperti pemukiman, kesempatan kerja kesehatan dan sebagainya.


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   70   SAMPAI   90,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
70.   Negara-negara yang sedang berkembang dalam melaksanakan pembangunan banyak menggunakan model pertumbuhan ekonomi dan dibarengi munculnya berbagai persoalan seperti ....
1)   urbanisasi yang tak dapat dibendung
2)   masalah pemerataan hasil pembangunan
3)   usaha untuk menaikkan tingkat konsumsi perkapita

71.   Sasaran pembangunan ekonomi yaitu ....
1)   pertumbuhan pendapatan
2)   pembagian pendapatan yang merata
3)   usaha untuk menaikkan tingkat konsumsi perkapita

72.   Kurangnya perhatian terhadap masalah pembangunan di negara-negara yang sedang berkembang pada masa sebelum PD II karena ....
1)   banyak negara-negara yang sedang berkembang masih merupakah daerah jajahan
2)   keadaan ekonomi masyarakat yang dijajah sudah makmur
3)   penelitian dan analisis pembangunan ekonomi masih sangat terbatas

73.   Model pendekatan kebutuhan pokok dalam pembangunan meningkatkan sasaran yang harus dicapai adalah ....
1)   peningkatan pertumbuhan ekonomi
2)   pemenuhan kebutuhan pokok
3)   perluasan kesempatan kerja
74.   Untuk mensejahterakan setiap anggota masyarakat dapat dilakukan dengan cara ....
1)   perencanaan yang sepenuhnya diatur oleh negara
2)   perencanaan yang sepenuhnya diatur oleh negara maju
3)   menyerahkan roda perekonomian sepenuhnya kepada pasar bebas

75.   Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan teknik-teknik perencanaan adalah ....
1)   para perencana tidak terlalu mengkonsen-trasikan diri pada teknik-teknik yang rumit
2)   harus diketahui kendala dari setiap teknik yang akan digunakan
3)   harus dijelaskan asumsi-asumsi yang mendasari setiap teknik yang dipilih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar