TUGAS MANDIRI
FILSAFAT ILMU
(IDIK4305)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 41, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Makna filsafat adalah cinta pada ....
A. sesama manusia
B. bangsa dan negara
C. penalaran
D. ilmu
2. Filsafat timbul karena keingintahuan manusia
pada hal-hal berikut, kecuali ....
A. dewa-dewa yang menguasai langit dan bumi
B. asal segala yang ada di alam ini
C. sebab terjadinya gejala alam yang sering
dialami manusia
D. apa yang ada di balik terjadinya
peristiwa-peristiwa alam
3. Pada awalnya, landasan manusia berpikir
tentang sesuatu yang ada di balik peristiwa-peristiwa alam yang diamati dengan
indranya adalah ....
A. antropologi
B. sosiologi
C. mitologi
D. historiologi
4. Di Yunani Kuno, filsafat alam timbul sebagai
hasil pemikiran para filsuf tentang ....
A. hakikat hidup dan kehidupan
B. fenomena alam yang menakjubkan dan menakutkan
C. manusia dan alam sekitarnya
D. hakikat manusia dan kemanusiaan
5. Menurut Thales, air merupakan asal segala
sesuatu sebab air itu ....
A. terdapat dimana-mana
B. diperlukan oleh seluruh makhluk hidup
C. bersifat cair
D. selalu bergerak
6. Menurut Herakleitos, hakikat segala sesuatu
adalah perubahan. Perubahan itu bersifat kekal dan berlaku di bawah hukum
logos. Arti kata logos adalah ....
A. perkataan yang jujur
B. pikiran yang benar
C. gagasan yang baik
D. pendapat yang benar
7. Pythagoras berpendapat bahwa asal segala
sesuatu adalah ....
A. bilangan
B. udara
C. tanah
D. air
8. Teori atom dikemukakan oleh salah seorang
tokoh filsuf Yunani Kuno yang bernama ....
A. Sokrates
B. Leukippos
C. Plato
D. Demokritos
9. Sokrates tidak pernah memaksakan ajarannya
kepada orang lain. Ia menggunakan cara berdialog agar mendapat respons dari
lawan bicaranya. Penggunaan metode dialektika seperti ini dimaksudkannya untuk
....
A. berpolemik
B. memperoleh ide atau alternatif baru
C. berdebat
D. menimbulkan rasa antipati
10. Menurut Plato, dunia ide hanya dapat dilihat
melalui ....
A. pikiran
B. pengamat indrawi
C. perasaan
D. akal budi
11. Logika, menurut Aristoteles, memegang peranan yang sangat penting
bagi pemikiran manusia untuk mencapai kebenaran. Inti logika adalah silogisme,
yaitu cara berpikir yang bertolak dari ....
A. dua proposisi untuk disimpulkan
B. pengamatan indrawi
C. pengalaman empiris
D. internalisasi pengalaman
12. Menurut paham idealisme, realitas yang tampak oleh indra manusia hanya
merupakan bayangan realitas fundamental yang ada dalam dunia ide. Ini
menunjukkan bahwa kekuatan idealisme terletak pada segi mental dan spiritual
kehidupan. Akibatnya, kelompok pengikut aliran ini beranggapan bahwa ....
A. setiap anak yang dilahirkan masih sebersih kertas kosong yang
harus dididik agar mampu menalar
B. kegiatan berpikir sebagai proses mencari kebenaran ilmiah
C. rasio sebagai satu-satunya sumber ilmu yang terpercaya
D. kebudayaan dan tradisi merupakan nilai-nilai kehidupan yang mempunyai
tingkat paling tinggi dari sekedar nilai kelompok individu
13. Humanisme individu mengutamakan kemerdekaan berpikir, mengeluarkan
pendapat, dan berkreasi, sedangkan humanisme sosial mengutamakan hal-hal
berikut, kecuali ....
A. pendidikan untuk masyarakat secara keseluruhan
B. penalaran untuk mencari kebenaran ilmiah
C. kesejahteraan sosial
D. perbaikan hubungan antarmanusia
14. Penganut paham rasionalisme memandang akal sebagai ....
A. sumber pengetahuan yang terpercaya
B. alat untuk menemukan kebenaran
C. sumber pengalaman hidup
D. alat untuk berpikir logis
15. Implikasi ajaran tabula rasa dari John Locke bagi pendidikan
adalah bahwa pendidikan formal memiliki tugas utama untuk ....
A. meningkatkan prestasi belajar anak
B. menyampaikan ilmu kepada anak
C. melatih anak pandai bernalar
D. mendidik anak mampu mandiri
16. Menurut J.J. Rousseau, anak harus dididik sesuai dengan ....
A. minatnya
B. kesiapannya
C. kecepatan belajarnya
D. kemampuan menalarnya
17. Aliran empirisme menyatakan bahwa pengalaman merupakan sumber
pengetahuan. Ini berarti, ilmu harus dapat diuji kebenarannya melalui ....
A. pemahaman
B. penghayatan
C. penalaran
D. pengalaman
18. Menurut Thomas Hobbes, manusia merupa-kan bagian dari dunia. Oleh
sebab itu, apa yang terjadi pada dirinya dapat dijelaskan secara mekanistis.
Pandangan seperti itu menyebabkan Thomas Hobbes dipandang sebagai penganjur
aliran ....
A. materialisme
B. eksistensialisme
C. idealisme
D. kritisisme
19. Kritisisme merupakan hasil penyempurnaan filsafat pada abad ke-18
yang dilakukan oleh Emmanuel Kant. Caranya dengan memadu-kan pandangan aliran ....
A. humanisme dengan idealisme
B. idealisme dengan rasionalisme
C. empirisme dengan rasionalisme
D. empirisme dengan idealisme
20. Pembagian filsafat menjadi beberapa cabang filsafat terjadi karena
disebabkan oleh hal-hal berikut, kecuali ....
A. semakin luasnya pengetahuan manusia
B. filsafat merupakan kumpulan pengetahu-an tentang Tuhan, manusia,
dan alam sekitar
C. semakin luasnya bidang garapan filsafat
D. kajian filsafat semakin rasional dan sistematis
21. Epistemologi merupakan cabang yang mem-bahas ....
A. keindahan
B. kebenaran
C. penalaran
D. pengetahuan
22. Metafisika adalah cabang filsafat yang mempelajari hakikat ....
A. penalaran
B. berpikir
C. realitas
D. manusia
23. Logika adalah salah satu cabang filsafat yang mendasarkan
kajiannya pada ....
A. pengetahuan
B. penalaran
C. hakikat manusia
D. hakikat ilmu
24. Etika merupakan salah satu cabang filsafat yang membahas ....
A. berbagai penerapan metode ilmiah untuk menemukan kebenaran ilmiah
B. usaha manusia dalam meningkatkan harkat dan martabatnya
C. usaha manusia untuk menemukan kebenaran mutlak
D. baik buruknya perilaku manusia dalam bermasyarakat
25. Masalah yang berkaitan dengan hukum-hukum keindahan dibahas dalam ....
A. epistemologi
B. metafisika
C. etika
D. estetika
26. Pembahasan hakikat ilmu dan metode ilmiah untuk menemukan asas
realitas yang dipermasalahkan dalam ilmu terdapat dalam filsafat ....
A. alam
B. manusia
C. ilmu
D. moral
27. Pengetahuan diperoleh dengan cara ....
A. membayangkan sesuatu
B. memikirkan sesuatu
C. mengamati sesuatu
D. memahami sesuatu
28. Filsafat bertugas menganalisis konsep-konsep dan asumsi-asumsi
ilmu,serta mengatur produk berbagai ilmu dalam suatu pandangan hidup yang
terintegrasi, komprehensif, dan konsisten. Sebaliknya, sikap ilmiah sebagai
landasan perkembangan ilmu bermanfaat pula bagi perkembangan filsafat. Dengan
demikian, dapat dikatakan bahwa hubungan antara filsafat dengan ilmu bersifat
....
A. saling memerlukan
B. saling mendominasi
C. independen
D. dependen
29. Filsafat moral adalah cabang filsafat yang membahas ....
A. perilaku manusia
B. etika bermasyarakat
C. manusia dan hubungan antarmanusia
D. manusia dan lingkungannya
30. Tragedi kemanusiaan sebagai akibat digunakannya bom atom dalam
Perang Dunia II menyadarkan kita akan perlunya mempersoalkan pengembangan ilmu
pada aspek moralitas, etika, dan spiritualitas. Itulah sebabnya, kita perlu
memahami dengan benar filsafat ....
A. manusia
B. ilmu
C. alam
D. moral
31. Sains adalah semua pengetahuan yang diperoleh dengan menggunakan
metode ilmiah. Pendapat itu dikemukakan oleh ....
A. Connant
B. Dampier
C. Kemeny
D. Suppe
32. Pengetahuan positif ialah pengetahuan yang dipahami manusia
melalui ....
A. pengamatan indranya
B. kegiatan penalarannya
C. kegiatan berpikirnya
D. kegiatan penafsirannya
33. Dalam sains, teori dan hukum bersifat tentatif. Artinya,
berlakunya teori dan hukum sains bersifat ....
A. tetap
B. sementara
C. ajeg
D. berubah-ubah
34. Dalam penelitian ilmu sosial, metode eksperimen tidak harus
digunakan karena ....
A. memerlukan banyak biaya
B. memerlukan banyak waktu
C. variabelnya sulit dikontrol
D. sampel yang diperlukan sangat banyak
35. Ilmuwan harus memilih subyek penelitian yang tidak melanggar etika
supaya hasil penelitiannya ....
A. tidak menimbulkan keresahan dalam masyarakat
B. mudah diimplementasikan
C. bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia
D. bernilai jual tinggi
36. Guru harus menguasai dengan baik materi pelajaran yang disampaikan
dalam kegiatan pembelajaran agar ....
A. pembahasannya tidak menyimpang dari penjelasan ilmiahnya
B. siswa mudah menangkap isi pesan pembelajarannya
C. siswa dapat belajar secara optimal
D. siswa tidak bosan mengikuti pelajaran
37. Seorang ilmuwan mengadakan serangkaian pengamatan untuk menyangkal
hipotesis yang telah diajukan. Ternyata,
hasil pengamatan yang dilakukannya itu sesuai dengan hipotesis yang diajukannya
itu.
Ilustrasi
tersebut menggambarkan prosedur penelitian dengan ....
A. penalaran induksi
B. metode ilmiah Francis Bacon
C. argumen induktif-deduktif
D. sistem hypothetico-deductive Karl Popper
38. Tidak semua pengetahuan yang kita miliki dapat dinamakan ilmu
sebab untuk memperoleh ilmu diperlukan syarat tertentu, yaitu ....
A. akal
sehat
B. penelitian
C. metode ilmiah
D. penalaran
39. Kebenaran ilmiah dapat diperoleh dengan berbagai cara yang
dilandasi dengan paradigma tertentu. Pada hakikatnya, paradigma adalah ....
A. metode ilmiah yang digunakan dalam penelitian
B. cara memandang suatu masalah penelitian
C. hukum-hukum yang akan diuji kebenarannya
D. hipotesis yang akan difalsifikasi dalam penelitian
40. Penggunaan paradigma ganda dalam ilmu-ilmu sosial disebabkan oleh
banyaknya paradigma yang dianut oleh para ilmuwan dalam ....
A. kurun waktu yang sama
B. kurun waktu yang berbeda
C. penelitian yang sama
D. penelitian yang berbeda
41. Sikap ilmiah, seperti selalu ragu-ragu menghadapi sesuatu yang
belum teruji kebenarannya dan selalu ingin mengetahui atau meneliti fenomena
tertentu, harus dimiliki oleh setiap ilmuwan. Bagi ilmuwan, sikap seperti itu
memiliki peranan yang amat penting sebagai ....
A. kredo pengabdiannya
B. kekuatan moralnya untuk mencapai kebenaran ilmiah
C. kode etik keilmuwanannya
D. pemicu semangat kerjanya
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 42
SAMPAI 50, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
42. Tokoh-tokoh filsafat alam dari jaman Yunani Kuno adalah ....
1) Plato
2) Thales
3) Leukippos
43. Giambattista Vico berpendapat bahwa pengetahuan seseorang tentang
sesuatu merupakan hasil konstruksi individu melalui interaksinya dengan ....
1) obyek atau fenomenanya
2) pengalaman atau lingkungannya
3) penalaran atau pikirannya
44. Pemerolehan ilmu oleh seseorang dilakukan dengan cara ....
1) mengamati sesuatu
2) meneliti sesuatu dengan menggunakan metode ilmiah
3) melakukan eksperimen secara sistematis
45. Pengetahuan filsafati diperoleh dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan
yang mendasar tentang segala sesuatu yang diamati secara ....
1) rasional dan mendasar
2) kritis dan logis
3) analitis dan sistematis
46. Hubungan sains dengan teknologi sangat erat dan bersifat timbal
balik. Contohnya ....
1) dengan ditemukannya konsep-konsep sains yang baru, produk
“Hi-tech” dapat diciptakan
2) penelitian di bidang sains dapat lebih berkembang dengan adanya
produk teknologi modern
3) dengan adanya mikroskop elektron, ilmu biologi berkembang dengan
pesat
47. Ilmu-ilmu sosial membahas ....
1) hakikat manusia
2) manusia sebagai individu
3) manusia sebagai makhluk sosial
48. Cakupan ilmu pendidikan yang memiliki bidang kajian spesifik
adalah pendidikan ....
1) Biologi
2) Kimia
3) Matematika
49. Kajian filsafat ilmu meliputi ....
1) hakikat ilmu
2) sarana dan cara memperoleh pengeta-huan
3) manfaat ilmu
50. Seorang ilmuwan harus memiliki sikap jujur dan bertanggung jawab,
misalnya ....
1) tidak memanipulasi data dalam penelitiannya
2) menyaring informasi yang akan disampaikan dalam pertemuan ilmiah
agar tidak menimbulkan keresahan dalam masyarakat
3) menggunakan data orang lain dengan menyebutkan sumbernya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar