TUGAS MANDIRI
MANAJEMEN PELAYANAN UMUM
(IPEM4429)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 45, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Perlakuan pemerintah mempersiapkan kontainer
atau tempat penampungan sampah sementara merupakan perwujudan dari pelayanan ….
A. kelompok
B. masyarakat kota
C. umum
D. khusus
2. Korelasi antara pelayanan umum dengan
kepentingan umum disebabkan oleh ….
A. kepentingan umum muncul karena adanya
pelayanan umum
B. kepentingan umum berada sederajat dengan
pelayanan umum
C. pelayanan umum muncul karena adanya
kepentingan umum
D. pelayanan umum merupakan nama lain dari
kepentingan umum
3. Aktivitas pelayanan penjualan karcis film
bioskop untuk melayani penonton film dapat dikelompokkan dalam aktivitas ….
A. seri
B. paralel
C. dua arah
D. campuran
4. Masalah-masalah dalam pelayanan masyarakat
misalnya kurangnya motivasi kerja dan keterbukaan. Masalah yang dihadapi
tersebut dilihat dari segi ….
A. masyarakat
B. aparatur negara
C. peraturan perundang-undangan
D. mekanisme dan prosedur
5. Pengamalan nilai-nilai luhur agama menjadi
budaya kerja yang dilakukan oleh masyarakat maupun aparatur negara merupakan
upaya mengatasi kendala peningkatan pelayanan umum dari segi ….
A. perilaku
B. profesionalisme
C. kesejahteraan
D. motivasi kerja
6. Pemanfaatan analisis jabatan dalam sistem
pelaporan dan evaluasi penerapannya adalah merupakan upaya mengatasi kendala
peningkatan pelayanan umum dari segi ….
A. perilaku
B. profesionalisme
C. kesejahteraan
D. motivasi kerja
7. Kurang sempurnanya peraturan pemerintah, baik
yang menyangkut juklak maupun juknis, merupakan salah satu masalah dalam
pelayanan masyarakat di lihat dari segi
….
A. masyarakat
B. aparatur pemerintah
C. pelayanan
D. mekanisme dan prosedur
8. Kemungkinan pemberdayaan koperasi untuk
bekerja sama dengan pihak swasta merupakan upaya mengatasi kendala peningkatan
pelayanan umum dari segi ….
A. perilaku
B. profesionalisme
C. kesejahteraan
D. motivasi kerja
9. Contoh perkembangan ruang lingkup pelayanan
umum yang ada hanya pada periode selama PJPT I dan proyeksi PJPT II adalah ….
A. pelayanan perizinan
B. kawasan industri
C. penanganan masalah industri
D. transportasi udara
10. Contoh perkembangan ruang lingkup pelayanan umum di Indonesia pada
periode proyeksi PJPT II, yaitu ….
A. pasar dan perumahan sederhana
B. pelayanan perizinan dan pelayanan pemerintah
C. listrik dan telepon
D. penanganan masalah lingkungan dan kawasan industri
11. PLN, telepon dan PAM adalah merupakan contoh barang-barang yang
tidak mungkin dijatahkan bagi tiap individu. Karena barang-barang tersebut
merupakan barang ….
A. private goods
B. public goods
C. publicly provided
D. provided private
12. Dalam rangka mempersiapkan sarana dan prasarana pendidikan agar
dapat menampung siswa dan mahasiswa yang tidak sempat diserap oleh lembaga
pendidikan pemerintah, dibutuhkan keterlibatan organisasi ….
A. BUMN
B. BUMD
C. Internasional
D. Bisnis/swasta
13. Lembaga yang berhak bertindak sebagai konsumsi beras adalah ….
A. Bank RI dan Bulog
B. Bulog dan BUUD
C. KUD/BUUD
D. Bulog
14. Pelayanan yang diberikan pada pelanggan secara tepat,
menyenangkan, mengikuti proses dan prosedur yang telah ditetapkan lebih dahulu,
dikenal sebagai layanan ….
A. berkualitas
B. terpadu
C. obyektif
D. prosedural
15. Organisasi yang selalu menyediakan kualitas pada setiap komponen
dalam suatu proses produksi atau pelayanan, telah menerapkan prinsip ….
A. kualitas terpadu
B. kualitas partial
C. proses terpadu
D. manajemen terpadu
16. Manfaat yang dapat diperoleh dari penerapan sistem manajemen mutu
terpadu dalam pelayanan adalah ….
A. karyawan dapat memberikan pelayanan dengan sedikit kesalahan
B. karyawan dapat memberikan pelayanan yang berkualitas kepada
konsumen tanpa kesalahan
C. semua pihak sadar dengan peranan masing-masing
D. pelayanan yang dihasilkan cukup baik
17. Penyebab tidak asingnya Deklarasi PBB tentang hak-hak asasi
manusia, bagi bangsa Indonesia sebab ….
A. kelahiran UUD RI yang didalamnya memuat pokok kaidah hak asasi,
lebih dulu daripada kelahiran hak asasi oleh PBB
B. hak-hak asasi oleh PBB lebih dahulu ada sebelum hak-hak asasi
dalam UUD 1945
C. hak-hak asasi dalam UUD 1945 lahir bersamaan dengan hak-hak asasi
oleh PBB
D. hak-hak asasi dalam UUD 1945 dikutip dari hak-hak asasi PBB
18. Apabila sistem, prosedur dan metode kerja yang ada tidak memadai
dalam pelayanan umum, menjadikan mekanisme kerja tidak berjalan sebagaimana
yang diharapkan, hal ini akan mengakibatkan ….
A. tidak ada layanan yang memadai
B. pelayanan cukup memadai
C. pelayanan tidak sesuai dengan kebutuhan
D. pemberi pelayanan kurang bertanggung jawab
19. Masyarakat terdorong mematuhi aturan dengan penuh kesadaran tanpa
prasangka buruk dalam pelayanan merupakan wujud dari ….
A. hak masyarakat
B. kewajiban masyarakat
C. dampak kepuasan masyarakat
D. dampak peraturan dan prosedur pelayanan
20. Pelayanan publik pada pemerintah orde baru cenderung lebih
menguntungkan golongan menengah ke atas yang tinggal di kota. Pelayanan yang
demikian akibat adanya bias ….
A. sosio - hukum dan birokrasi
B. sosio - filsafat dan birokrasi
C. sosio - politik dan birokrasi
D. sosio - ekonomi dan birokrasi
21. Proporsi penduduk kota usia 19 - 25 tahun yang mengenyam
pendidikan tinggi hampir empat kali lipat lebih tinggi dari penduduk desa.
Gejala ini menunjukkan bahwa ….
A. semakin rendah tingkat pendidikan, semakin tinggi bias ke kota
B. semakin tinggi tingkat pendidikan, semakin randah bias ke kota
C. semakin tinggi tingkat pendidikan, semakin tinggi bias ke kota
D. semakin tinggi tingkat pendidikan, semakin menguntungkan golongan
bawah
22. Alasan para ahli organisasi dan administrasi menyatakan bahwa
birokrasi merupakan bentuk organisasi yang sangat diperlukan dalam proses
modernisasi, yaitu ….
A. birokrasi mampu memberikan pelayanan pada semua kalangan
masyarakat dengan baik
B. birokrasi pelayanan publik amat mempengaruhi akses terhadap
pelaya-nan-pelayanan
C. organisasi birokrasi mampu memecahkan masalah-masalah yang
dihadapi masyarakat miskin dalam hal pelayanan
D. organisasi birokrasi memfokuskan diri pada masalah keadilan sosial
dan pemerataan pelayanan
23. Hasil studi yang menyimpulkan bahwa organisasi birokratik kurang
mampu dan karena itu kurang cocok untuk memecahkan masalah-masalah yang
dihadapi masyarakat miskin. Hasil studi di atas, merupakan perhatian terhadap
masalah pemerataan pelayanan publik yang dilakukan oleh para ahli ….
A. sosiologi
B. politik
C. administrasi
D. ekonomi
24. Munculnya kesadaran para birokrat untuk memenuhi sumber daya yang
sangat penting dalam mengatasi masalah akses pelayanan publik, merupakan
pemahaman pada pendekatan holistik dimensi ….
A. kognitif
B. perilaku
C. birokratik
D. administratif
25. Jika Birokrat/pemberi pelayanan memperlaku-kan semua individu
secara sama dalam pemberian pelayanan publik, maka tindakan tersebut
menunjukkan pemahaman pada pendekatan holistik dimensi ….
A. kognitif
B. perilaku
C. administratif
D. institusional
26. Apabila sebuah organisasi berusaha melayani masyarakat sesuai
aspirasi dan nilai yang berlaku dalam masyarakat, maka organisasi itu telah
melakukan aktivitas pelayanan dalam rangka mencapai tujuan berupa ….
A. penetapan sasaran yang tepat
B. penetapan cara yang tepat
C. penyelesaian masalah yang tepat
D. pelaksanaan pekerjaan yang tepat
27. Organisasi dalam menjabarkan sasaran organisasinya ke dalam
sasaran unit kerja yang paling kecil, lalu membuat rencana pencapaian dan
pengendaliannya bersama dengan unit kerja tingkat atasnya. Organisasi yang
dimaksud menggunakan teknik manajemen yang berdasarkan pada ….
A. objectives
B. result
C. system
D. motivation
28. Suatu organisasi berusaha memberikan pelayanan yang baik dengan
menggunakan metode penelitian dan percobaan, organisasi tersebut telah
melakukan aktivitas pelayanan untuk mencapai tujuan berupa ….
A. penetapan sasaran yang tepat
B. penetapan cara yang tepat
C. penyelesaian masalah yang tepat
D. pelaksanaan pekerjaan yang tepat
29. Masalah kewenangan dalam pengambilan keputusan melalui sistem
delegasi menjadi perhatian utama, karena kelangsungan proses kegiatan hingga
tercapai hasil dari kegiatan itu. Maka organisasi yang bersangkutan telah
memilih teknik manajemen berdasarkan pada ….
A. sasaran
B. sistem
C. hasil
D. motivasi
30. Organisasi yang menerapkan premi, bonus, jasa produksi dan lainnya
yang sejenis dalam rangka mencapai tujuan organisasinya, maka organisasi
tersebut menerapkan teknik manajemen yang berorientasi pada ….
A. objectives
B. result
C. system
D. motivation
31. Adanya kewenangan atau tugas tertentu yang tidak dilimpahkan
kepada orang lain karena menyangkut langsung pada kebijaksanaan pokok organisasi dan berdampak luas, maka
organisasi bersangkutan menerapkan manajemen yang berorientasi pada ….
A. system
B. objectives
C. motivation
D. exception
32. Manajemen harus dapat memecahkan persoalan, melaksanakan dan
memenuhi maksud yang terkandung dalam inti masalah pada waktu pengambilan
keputusan. Organisasi tersebut telah melakukan aktivitas manajemen berupa ….
A. penetapan sasaran yang tepat
B. penetapan cara yang tepat
C. penetapan sistem yang tepat
D. pelaksanaan pekerjaan dan penyelesaian masalah
33. Teknik manajemen yang dihadapkan pada timbulnya tuntutan
pegawai/pekerja, misalnya mogok kerja, perlu pertimbangan dalam penerapannya.
Teknik manajemen dimaksud adalah manajemen yang berdasarkan pada ….
A. hasil
B. sasaran
C. sistem
D. motivasi
34. Tingkat manajemen yang memecahkan setiap masalah pelaksanaan
kegiatan harian dan sekaligus memutuskannya, merupakan kegiatan kunci manajemen
pada tingkat ….
A. bawah
B. menengah
C. atas
D. segala tingkat
35. Perencanaan jangka panjang segala urusan yang berkaitan dengan personal,
keuangan, produksi dan pemasaran, dan pengambilan keputusan dalam organisasi
merupakan wewenang manajemen tingkat ….
A. atas
B. menengah
C. bawah
D. semua tingkat
36. Pengambilan keputusan akan segala urusan taktis operasional yang
berkaitan dengan pengelolaan personal, dan keuangan dalam organisasi merupakan
wewenang manajemen tingkat ….
A. atas
B. menengah
C. bawah
D. semua tingkat
37. Apabila dalam suatu organisasi pelayanan, seorang pimpinan
melakukan kegiatan pengukuran, pembandingan dan perbaikan yang berorientasi
pada masa depan, maka pemimpin yang dimaksud telah melakukan fungsi ….
A. planning
B. organizing
C. actuanting
D. controlling
38. Petunjuk
pelaksanaan pekerjaan harus dikembangkan terutama dalam hal kegiatan pelayanan
dengan tujuan pengendalian di bidang pelayanan. Bentuk petunjuk yang dimaksud
berupa ….
A. standard operating procedure
B. standard
controlling procedure
C. standard
budgeting procedure
D. standard structuring procedure
39. Menempatkan tenaga-tenaga spesialisasi dalam setiap jabatan dan
membuat mereka bertanggung jawab terhadap tugasnya adalah merupakan wujud dari
ciri ideal birokrasi Max Weber dalam hal ….
A. hierarki jabatan
B. sistem yang konsisten
C. pembagian kerja yang jelas
D. prinsip efisiensi
40. Setiap pegawai/pejabat dapat diminta pertanggungjawabannya oleh
atasannya mengenai keputusan atau kegiatan pegawai/ pejabat yang bersangkutan.
Pernyataan ini merupakan wujud dari ciri ideal birokrasi Max Weber dalam hal ….
A. hierarki jabatan
B. prinsip formalistic
impersonality
C. penempatan berdasarkan karier
D. prinsip efisiensi
41. Pejabat yang ideal dalam suatu birokrasi adalah melaksanakan
kewajiban dalam memberikan pelayanan tanpa memper-timbangkan faktor pribadi
pada nasabah. Pejabat di atas telah menerapkan prinsip ….
A. efisiensi
B. formalistic impersonality
C. pembagian kerja yang jelas
D. hierarki jabatan
42. Adanya sistem promosi dalam suatu organisasi baik atas dasar
senioritas atau prestasi, atau kedua-duanya dalam memenuhi jabatan, merupakan
wujud ciri ideal birokrasi Max Weber dalam hal ….
A. pembagian kerja yang jelas
B. hierarki jabatan
C. pengaturan sistem yang konsisten
D. penempatan berdasarkan karier
43. Secara tiba-tiba Anda membawa pasien ke rumah sakit (RS). Setelah
sampai di rumah sakit Anda menginginkan pertolongan secepatnya dari dokter,
tetapi yang diperoleh bukan perawatan atau pertolongan secepat-nya, justru yang
diminta pihak RS adalah memenuhi persyaratan administrasinya. Dari kasus di
atas, pihak RS tersebut telah mengamalkan sifat ….
A. formal dan impersonal yang berlebihan
B. hierarkikal yang berlebihan
C. pengaturan sistem yang konsisten secara berlebihan
D. efisiensi yang berlebihan
44. Yang menjadi ukuran bagi keberhasilan fungsi pelayanan umum adalah
….
A. pelayanan berjalan tertib
B. pelayanan berjalan lancar
C. mengenai sasaran yang memuaskan bagi pihak yang dilayani
D. pelayanan mencapai kualitas yang luas
45. Tujuan pemerintah menyerahkan sebagian tugas-tugas tertentu pada
badan-badan lain (seperti badan usaha swasta dan badan-badan hukum lainnya)
dalam hal pelayanan adalah ….
A. meningkatkan jumlah pelayanan
B. melaksanakan aturan-aturan pelayanan
C. mempercepat dan memperlancar pelaya-nan
D. menegakkan keadilan dalam pemberian pelayanan
Jawabannya mana mas?
BalasHapusBisa minta jawabannya?
BalasHapusCari di buku ada
BalasHapus