Selasa, 29 April 2014

Soal Manajemen Pelayanan Umum



TUGAS MANDIRI
MANAJEMEN PELAYANAN UMUM
(IPEM4429)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  45, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Perlakuan pemerintah mempersiapkan kontainer atau tempat penampungan sampah sementara merupakan perwujudan dari pelayanan ….
A.   kelompok
B.   masyarakat kota
C.   umum
D.   khusus

2.   Korelasi antara pelayanan umum dengan kepentingan umum disebabkan oleh ….
A.   kepentingan umum muncul karena adanya pelayanan umum
B.   kepentingan umum berada sederajat dengan pelayanan umum
C.   pelayanan umum muncul karena adanya kepentingan umum
D.   pelayanan umum merupakan nama lain dari kepentingan umum
     
3.   Aktivitas pelayanan penjualan karcis film bioskop untuk melayani penonton film dapat dikelompokkan dalam aktivitas ….
A.   seri
B.   paralel
C.   dua arah
D.   campuran

4.   Masalah-masalah dalam pelayanan masyarakat misalnya kurangnya motivasi kerja dan keterbukaan. Masalah yang dihadapi tersebut dilihat dari segi ….
A.   masyarakat
B.   aparatur negara
C.   peraturan perundang-undangan
D.   mekanisme dan prosedur

5.   Pengamalan nilai-nilai luhur agama menjadi budaya kerja yang dilakukan oleh masyarakat maupun aparatur negara merupakan upaya mengatasi kendala peningkatan pelayanan umum dari segi ….
A.   perilaku
B.   profesionalisme
C.   kesejahteraan
D.   motivasi kerja


6.   Pemanfaatan analisis jabatan dalam sistem pelaporan dan evaluasi penerapannya adalah merupakan upaya mengatasi kendala peningkatan pelayanan umum dari segi ….
A.   perilaku
B.   profesionalisme
C.   kesejahteraan
D.   motivasi kerja

7.   Kurang sempurnanya peraturan pemerintah, baik yang menyangkut juklak maupun juknis, merupakan salah satu masalah dalam pelayanan masyarakat  di lihat dari segi ….
A.   masyarakat
B.   aparatur pemerintah
C.   pelayanan
D.   mekanisme dan prosedur

8.   Kemungkinan pemberdayaan koperasi untuk bekerja sama dengan pihak swasta merupakan upaya mengatasi kendala peningkatan pelayanan umum dari segi ….
A.   perilaku
B.   profesionalisme
C.   kesejahteraan
D.   motivasi kerja

9.   Contoh perkembangan ruang lingkup pelayanan umum yang ada hanya pada periode selama PJPT I dan proyeksi PJPT II adalah ….
A.   pelayanan perizinan
B.   kawasan industri
C.   penanganan masalah industri
D.   transportasi udara

10.   Contoh perkembangan ruang lingkup pelayanan umum di Indonesia pada periode proyeksi PJPT II, yaitu ….
A.   pasar dan perumahan sederhana
B.   pelayanan perizinan dan pelayanan pemerintah
C.   listrik dan telepon
D.   penanganan masalah lingkungan dan kawasan industri

11.   PLN, telepon dan PAM adalah merupakan contoh barang-barang yang tidak mungkin dijatahkan bagi tiap individu. Karena barang-barang tersebut merupakan barang ….
A.   private goods
B.   public goods
C.   publicly provided
D.   provided private

12.   Dalam rangka mempersiapkan sarana dan prasarana pendidikan agar dapat menampung siswa dan mahasiswa yang tidak sempat diserap oleh lembaga pendidikan pemerintah, dibutuhkan keterlibatan organisasi ….
A.   BUMN
B.   BUMD
C.   Internasional
D.   Bisnis/swasta

13.   Lembaga yang berhak bertindak sebagai konsumsi beras adalah ….
A.   Bank RI dan Bulog
B.   Bulog dan BUUD
C.   KUD/BUUD
D.   Bulog

14.   Pelayanan yang diberikan pada pelanggan secara tepat, menyenangkan, mengikuti proses dan prosedur yang telah ditetapkan lebih dahulu, dikenal sebagai layanan ….
A.   berkualitas
B.   terpadu
C.   obyektif
D.   prosedural

15.   Organisasi yang selalu menyediakan kualitas pada setiap komponen dalam suatu proses produksi atau pelayanan, telah menerapkan prinsip ….
A.   kualitas terpadu
B.   kualitas partial
C.   proses terpadu
D.   manajemen terpadu

16.   Manfaat yang dapat diperoleh dari penerapan sistem manajemen mutu terpadu dalam pelayanan adalah ….
A.   karyawan dapat memberikan pelayanan dengan sedikit  kesalahan
B.   karyawan dapat memberikan pelayanan yang berkualitas kepada konsumen tanpa kesalahan
C.   semua pihak sadar dengan peranan masing-masing
D.   pelayanan yang dihasilkan cukup baik


17.   Penyebab tidak asingnya Deklarasi PBB tentang hak-hak asasi manusia, bagi bangsa Indonesia sebab ….
A.   kelahiran UUD RI yang didalamnya memuat pokok kaidah hak asasi, lebih dulu daripada kelahiran hak asasi oleh PBB
B.   hak-hak asasi oleh PBB lebih dahulu ada sebelum hak-hak asasi dalam UUD 1945
C.   hak-hak asasi dalam UUD 1945 lahir bersamaan dengan hak-hak asasi oleh PBB
D.   hak-hak asasi dalam UUD 1945 dikutip dari hak-hak asasi PBB

18.   Apabila sistem, prosedur dan metode kerja yang ada tidak memadai dalam pelayanan umum, menjadikan mekanisme kerja tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan, hal ini akan mengakibatkan ….
A.   tidak ada layanan yang memadai
B.   pelayanan cukup memadai
C.   pelayanan tidak sesuai dengan kebutuhan
D.   pemberi pelayanan kurang bertanggung jawab

19.   Masyarakat terdorong mematuhi aturan dengan penuh kesadaran tanpa prasangka buruk dalam pelayanan merupakan wujud dari ….
A.   hak masyarakat
B.   kewajiban masyarakat
C.   dampak kepuasan masyarakat
D.   dampak peraturan dan prosedur pelayanan

20.   Pelayanan publik pada pemerintah orde baru cenderung lebih menguntungkan golongan menengah ke atas yang tinggal di kota. Pelayanan yang demikian akibat adanya bias ….
A.   sosio - hukum dan birokrasi
B.   sosio - filsafat dan birokrasi
C.   sosio - politik dan birokrasi
D.   sosio - ekonomi dan birokrasi

21.   Proporsi penduduk kota usia 19 - 25 tahun yang mengenyam pendidikan tinggi hampir empat kali lipat lebih tinggi dari penduduk desa. Gejala ini menunjukkan bahwa ….
A.   semakin rendah tingkat pendidikan, semakin tinggi bias ke kota
B.   semakin tinggi tingkat pendidikan, semakin randah bias ke kota
C.   semakin tinggi tingkat pendidikan, semakin tinggi bias ke kota
D.   semakin tinggi tingkat pendidikan, semakin menguntungkan golongan bawah

22.   Alasan para ahli organisasi dan administrasi menyatakan bahwa birokrasi merupakan bentuk organisasi yang sangat diperlukan dalam proses modernisasi, yaitu ….
A.   birokrasi mampu memberikan pelayanan pada semua kalangan masyarakat dengan baik
B.   birokrasi pelayanan publik amat mempengaruhi akses terhadap pelaya-nan-pelayanan
C.   organisasi birokrasi mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat miskin dalam hal pelayanan
D.   organisasi birokrasi memfokuskan diri pada masalah keadilan sosial dan pemerataan pelayanan

23.   Hasil studi yang menyimpulkan bahwa organisasi birokratik kurang mampu dan karena itu kurang cocok untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat miskin. Hasil studi di atas, merupakan perhatian terhadap masalah pemerataan pelayanan publik yang dilakukan oleh para ahli ….
A.   sosiologi
B.   politik
C.   administrasi
D.   ekonomi

24.   Munculnya kesadaran para birokrat untuk memenuhi sumber daya yang sangat penting dalam mengatasi masalah akses pelayanan publik, merupakan pemahaman pada pendekatan holistik dimensi ….
A.   kognitif
B.   perilaku
C.   birokratik
D.   administratif

25.   Jika Birokrat/pemberi pelayanan memperlaku-kan semua individu secara sama dalam pemberian pelayanan publik, maka tindakan tersebut menunjukkan pemahaman pada pendekatan holistik dimensi ….
A.   kognitif
B.   perilaku
C.   administratif
D.   institusional

26.   Apabila sebuah organisasi berusaha melayani masyarakat sesuai aspirasi dan nilai yang berlaku dalam masyarakat, maka organisasi itu telah melakukan aktivitas pelayanan dalam rangka mencapai tujuan berupa ….
A.   penetapan sasaran yang tepat
B.   penetapan cara yang tepat
C.   penyelesaian masalah yang tepat
D.   pelaksanaan pekerjaan yang tepat

27.   Organisasi dalam menjabarkan sasaran organisasinya ke dalam sasaran unit kerja yang paling kecil, lalu membuat rencana pencapaian dan pengendaliannya bersama dengan unit kerja tingkat atasnya. Organisasi yang dimaksud menggunakan teknik manajemen yang berdasarkan pada ….
A.   objectives
B.   result
C.   system
D.   motivation

28.   Suatu organisasi berusaha memberikan pelayanan yang baik dengan menggunakan metode penelitian dan percobaan, organisasi tersebut telah melakukan aktivitas pelayanan untuk mencapai tujuan berupa ….
A.   penetapan sasaran yang tepat
B.   penetapan cara yang tepat
C.   penyelesaian masalah yang tepat
D.   pelaksanaan pekerjaan yang tepat

29.   Masalah kewenangan dalam pengambilan keputusan melalui sistem delegasi menjadi perhatian utama, karena kelangsungan proses kegiatan hingga tercapai hasil dari kegiatan itu. Maka organisasi yang bersangkutan telah memilih teknik manajemen berdasarkan pada ….
A.   sasaran
B.   sistem
C.   hasil
D.   motivasi


30.   Organisasi yang menerapkan premi, bonus, jasa produksi dan lainnya yang sejenis dalam rangka mencapai tujuan organisasinya, maka organisasi tersebut menerapkan teknik manajemen yang berorientasi pada ….
A.   objectives
B.   result
C.   system
D.   motivation

31.   Adanya kewenangan atau tugas tertentu yang tidak dilimpahkan kepada orang lain karena menyangkut langsung pada kebijaksanaan pokok  organisasi dan berdampak luas, maka organisasi bersangkutan menerapkan manajemen yang berorientasi pada ….
A.   system
B.   objectives
C.   motivation
D.   exception

32.   Manajemen harus dapat memecahkan persoalan, melaksanakan dan memenuhi maksud yang terkandung dalam inti masalah pada waktu pengambilan keputusan. Organisasi tersebut telah melakukan aktivitas manajemen berupa ….
A.   penetapan sasaran yang tepat
B.   penetapan cara yang tepat
C.   penetapan sistem yang tepat
D.   pelaksanaan pekerjaan dan penyelesaian masalah

33.   Teknik manajemen yang dihadapkan pada timbulnya tuntutan pegawai/pekerja, misalnya mogok kerja, perlu pertimbangan dalam penerapannya. Teknik manajemen dimaksud adalah manajemen yang berdasarkan pada ….
A.   hasil
B.   sasaran
C.   sistem
D.   motivasi

34.   Tingkat manajemen yang memecahkan setiap masalah pelaksanaan kegiatan harian dan sekaligus memutuskannya, merupakan kegiatan kunci manajemen pada tingkat ….
A.   bawah
B.   menengah
C.   atas
D.   segala tingkat

35.   Perencanaan jangka panjang segala urusan yang berkaitan dengan personal, keuangan, produksi dan pemasaran, dan pengambilan keputusan dalam organisasi merupakan wewenang manajemen tingkat ….
A.   atas
B.   menengah
C.   bawah
D.   semua tingkat

36.   Pengambilan keputusan akan segala urusan taktis operasional yang berkaitan dengan pengelolaan personal, dan keuangan dalam organisasi merupakan wewenang manajemen tingkat ….
A.   atas
B.   menengah
C.   bawah
D.   semua tingkat

37.   Apabila dalam suatu organisasi pelayanan, seorang pimpinan melakukan kegiatan pengukuran, pembandingan dan perbaikan yang berorientasi pada masa depan, maka pemimpin yang dimaksud telah melakukan fungsi ….
A.   planning
B.   organizing
C.   actuanting
D.   controlling

38.   Petunjuk pelaksanaan pekerjaan harus dikembangkan terutama dalam hal kegiatan pelayanan dengan tujuan pengendalian di bidang pelayanan. Bentuk petunjuk yang dimaksud berupa ….
A.   standard operating procedure
B.   standard controlling procedure
C.   standard budgeting procedure
D.   standard structuring procedure

39.   Menempatkan tenaga-tenaga spesialisasi dalam setiap jabatan dan membuat mereka bertanggung jawab terhadap tugasnya adalah merupakan wujud dari ciri ideal birokrasi Max Weber dalam hal ….
A.   hierarki jabatan
B.   sistem yang konsisten
C.   pembagian kerja yang jelas
D.   prinsip efisiensi

40.   Setiap pegawai/pejabat dapat diminta pertanggungjawabannya oleh atasannya mengenai keputusan atau kegiatan pegawai/ pejabat yang bersangkutan. Pernyataan ini merupakan wujud dari ciri ideal birokrasi Max Weber dalam hal ….
A.   hierarki jabatan
B.   prinsip formalistic impersonality
C.   penempatan berdasarkan karier
D.   prinsip efisiensi

41.   Pejabat yang ideal dalam suatu birokrasi adalah melaksanakan kewajiban dalam memberikan pelayanan tanpa memper-timbangkan faktor pribadi pada nasabah. Pejabat di atas telah menerapkan prinsip ….
A.   efisiensi
B.   formalistic impersonality
C.   pembagian kerja yang jelas
D.   hierarki jabatan

42.   Adanya sistem promosi dalam suatu organisasi baik atas dasar senioritas atau prestasi, atau kedua-duanya dalam memenuhi jabatan, merupakan wujud ciri ideal birokrasi Max Weber dalam hal ….
A.   pembagian kerja yang jelas
B.   hierarki jabatan
C.   pengaturan sistem yang konsisten
D.   penempatan berdasarkan karier

43.   Secara tiba-tiba Anda membawa pasien ke rumah sakit (RS). Setelah sampai di rumah sakit Anda menginginkan pertolongan secepatnya dari dokter, tetapi yang diperoleh bukan perawatan atau pertolongan secepat-nya, justru yang diminta pihak RS adalah memenuhi persyaratan administrasinya. Dari kasus di atas, pihak RS tersebut telah mengamalkan sifat ….
A.   formal dan impersonal yang berlebihan
B.   hierarkikal yang berlebihan
C.   pengaturan sistem yang konsisten secara berlebihan
D.   efisiensi yang berlebihan

44.   Yang menjadi ukuran bagi keberhasilan fungsi pelayanan umum adalah ….
A.   pelayanan berjalan tertib
B.   pelayanan berjalan lancar
C.   mengenai sasaran yang memuaskan bagi pihak yang dilayani
D.   pelayanan mencapai kualitas yang luas

45.   Tujuan pemerintah menyerahkan sebagian tugas-tugas tertentu pada badan-badan lain (seperti badan usaha swasta dan badan-badan hukum lainnya) dalam hal pelayanan adalah ….
A.   meningkatkan jumlah pelayanan
B.   melaksanakan aturan-aturan pelayanan
C.   mempercepat dan memperlancar pelaya-nan
D.   menegakkan keadilan dalam pemberian pelayanan

3 komentar: