Rabu, 16 April 2014

Soal Manajemen Stratejik



TUGAS MANDIRI
MANAJEMEN STRATEJIK
(EKMA4414)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NO 1 SAMPAI DENGAN 60,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Kegiatan pengukuran atas ketercapaian tuju-an organisasi melalui kinerja nyata organisasi adalah suatu langkah dalam manajemen stratejik, yaitu pada tahap ....        
A.   evaluasi strategi
B.   perumusan strategi
C.   penetapan strategi
D.   implementasi strategi

2.   Jika suatu perusahaan ingin tetap survive di bidangnya, serta dapat mengantisipasi peru-bahan lingkungan bisnis, maka diperlukan su-atu perencanaan ....          
A.   implementasi
B.   kebijakan
C.   strategi
D.   formulasi
     
3.   Suatu pernyataan umum yang ditujukan untuk membangun emosional anggota organisasi adalah suatu ....
A.   misi
B.   strategi
C.   formulasi
D.   visi

4.   Higgins dan Vincze membagi proses mana-jemen stratejik menjadi tiga tahap yang berkesinambungan, yaitu ....
A.   evaluasi, strategi dan implementasi
B.   formulasi, implementasi dan evaluasi
C.   implementasi, strategi dan formulasi
D.   penentuan formulasi dan evaluasi strategi

5.   Mengelola budaya organisasi (shared value) merupakan suatu langkah kritis dalam pen-capaian kesuksesan manajemen stratejik, langkah ini berada dalam tahap ....
A.   pengawasan strategi
B.   implementasi strategi
C.   evaluasi strategi
D.   formulasi strategi

6.   Jika sebuah unit usaha merencanakan untuk bersaing dengan perusahaan lain yang ber-gerak dalam bidang industri yang sama, maka perusahaan tersebut harus melakukan suatu strategi ....
A.   korporasi
B.   bisnis
C.   fungsional
D.   fokus

7.   Keputusan yang lebih menekankan kepada pemanfaatan keunggulan bersaing dengan cara pendekatan portofolio dengan mengem-bangkan rencana jangka panjang, adalah keputusan pada level ....
A.   korporasi
B.   bisnis
C.   fungsional
D.   departemen

8.   Target kinerja yang secara spesifik diaspi-rasikan oleh perusahaan pada masing-masing area adalah suatu ....
A.   visi
B.   tujuan
C.   misi
D.   evaluasi

9.   “Kami memberikan bukti, bukan janji”, kalimat tersebut merupakan suatu slogan dari peru-sahaan Auto 2000 yang menyiratkan ....
A.   visi perusahaan
B.   misi perusahaan
C.   tujuan perusahaan
D.   strategi perusahaan

10.   Aktivitas khusus yang dijalankan oleh suatu perusahaan untuk mengimplementasikan strateginya dinamakan ....
A.   strategi
B.   misi perusahaan
C.   taktik perusahaan
D.   policy dan tactic

11.   Adanya fenomena baru di Jepang tentang lima dari setiap enam usaha baru, didirikan dan dimiliki oleh wanita, merupakan keadaan dalam lingkungan makro yang dipengaruhi oleh faktor ....
A.   teknologi
B.   politik dan hukum
C.   ekonomi
D.   sosial budaya

12.   Lingkungan makro dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah faktor ....
A.   pemasok
B.   pelanggan
C.   serikat pekerja
D.   teknologi

13.   Lingkungan yang tidak secara langsung ber-pengaruh terhadap aktivitas jangka pendek perusahaan, tetapi lebih berpengaruh pada keputusan jangka panjang perusahaan, ada-lah lingkungan ....
A.   eksternal
B.   industri
C.   makro
D.   internal

14.   Kegiatan mengidentifikasi kemungkinan pe-luang dan ancaman suatu perusahaan, ada-lah kegiatan menganalisis lingkungan ....
A.   global
B.   internal
C.   eksternal
D.   nasional

15.   Diferensiasi produk merupakan salah satu faktor yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi ancaman dari ....
A.   pendatang baru
B.   pembeli
C.   pemasok
D.   sesama perusahaan dalam satu industri

16.   Porter berpendapat bahwa ada lima ancaman bagi perusahaan untuk mendapatkan keun-tungan diatas normal, yaitu ancaman dari ....
A.   teknologi
B.   pendatang baru
C.   politik
D.   ekonomi

17.           
Faktor Eksternal
Bobot
Rating
Skore Bobot
Peluang
-  Meningkatnya daya beli masyarakat

0,10

3

…………..
- Perusahaan memperoleh posisi se-bagai pemimpin pasar di industri

0,20


4

…………..
- Para pesaing hanya melayani seg-men pasar yang tunggal

0,10

3

…………..
- Kondisi demografis, usia produktif  semakin meningkat

0,15

2

…………..
Ancaman
-  Inflasi dan resesi ekonomi

0,10

2
…………..
-  Munculnya pesaing asing
0,20
2
…………..
-  Konsumen semakin sensitif terhadap harga

0,075

3

…………..
-  Strategi bisnis mudah ditiru
0,075
2
…………..
Total
1,00

?

        Dari tabel EFE di atas, hitungla skore bobot yang didapat oleh perusahaan ....
A.   2,075
B.   2,576
C.   2,675
D.   2,756

18.   Data lihat soal nomor 17. Dalam merespon isu lingkungan eksternal yang berpengaruh tabel EFE diatas menunjukkan bahwa peru-sahaan berada ....
A.   di atas rata-rata dalam merespon isu ling-kungan eksternal
B.   di atas rata-rata dalam merespon isu ling-kungan makro
C.   di bawah rata-rata dalam merespon isu lingkungan eksternal
D.   di bawah rata-rata dalam merespon isu lingkungan makro

19.   Lima atribut struktur industri yang dikemu-kakan oleh Porter yang dapat mengancam kemampuan perusahaan dalam mendapatkan keuntungan, adalah ancaman dari ....
A.   sesama perusahaan dalam satu industri, pemasok, pembeli, produk pengganti, dan pendatang baru
B.   pendatang baru, pemasok, produk peng-ganti, pembeli, dan pemodal
C.   serikat pekerja, pemasok, pendatang ba-ru, perusahaan sejenis, dan manajemen perusahaan
D.   pendatang baru, pemodal, pemasok, dan sumberdaya manusia

20.   Agar hasil analisis dan monitor lingkungan makro dan industri yang telah dilakukan peru-sahaan lebih dapat bermanfaat, diperlukan suatu kegiatan/aktivitas untuk mengetahui perubahan-perubahan yang akan terjadi, kegi-atan tersebut adalah ....
A.   penyelarasan
B.   pengujian
C.   peramalan
D.   peningkatan




21.   Roger Schroeder berpendapat bahwa kegi-atan operasional dapat dibagi menjadi lima area keputusan, diantaranya adalah ....
A.   fasilitas
B.   kualitas
C.   teknologi
D.   kuantitas

22.   Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang terda-pat dalam aktivitas pendukung ....
A.   logistik dalam perusahaan
B.   produksi
C.   penjualan
D.   pengembangan teknologi

23.   Untuk menuju keunggulan nilai ekonomis dan rangkaian aktivitas bisnis yang dapat menen-tukan daya saing perusahaan, maka digu-nakan analisis rantai nilai yang terbagi dalam dua aktivitas yaitu aktivitas ....
A.   pokok dan cadangan
B.   pokok dan penunjang
C.   penunjang dan pelaksana
D.   penunjang dan produksi

24.   Perusahaan adalah kumpulan aktivitas yang saling terkait satu sama lain untuk mengha-silkan dan menjual barang, dengan harapan mampu memberi kepuasan kepada konsu-men, pernyataan tersebut merupakan definisi dari ....
A.   produc life cycle
B.   operating systems
C.   value chain
D.   order of entry

25.   Untuk mengetahui kekuatan (strenghts) dan kelemahan (weaknesses) suatu perusahaan, diperlukan analisis ....
A.   pesaing
B.   keuangan
C.   eksternal
D.   internal


26.  
Faktor Internal
Bobot
Peringkat
Skor Bobot
Kekuatan



-  Budaya, kualitas
0,15
4
…………
-  Pengalaman top manajer
0,15
4
…………
-  Integrasi vertikal
0,10
4
…………
-  Hubungan yang baik dengan SDM
0,05
3
…………
-  Memiliki orientasi internasional
0,15
3
…………

Kelemahan



-  Proses produksi (R & D)
0,05
2
…………
-  Saluran distribusi
0,05
2
…………
-  Dukungan kondisi keuangan kurang be-gitu baik
0,15

1
…………
-  Posisi global sangat kurang
0,10
1
…………
-  Fasilitas manufaktur
0,05
1
…………
Total
1,00

?

        Dari tabel EFI, hitunglah skor bobot yang didapat oleh perusahaan ....
A.   2,058
B.   2,085
C.   2,580
D.   2,700

27.   Dari tabel EFE dapat terlihat, jika suatu peru-sahaan memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain, maka hal ini harus diintegrasikan ke dalam faktor kekuatan perusahaan yaitu faktor ....
A.   budaya perusahaan
B.   integrasi vertikal
C.   hubungan yang baik dengan SDM
D.   pengalaman top manajer

28.   Pada kuadran berapa suatu perusahaan harus menerapkan strategi pemanfaatan peluang jangka panjang dengan cara diversifikasi ....
A.   kuadran satu
B.   kuadran dua
C.   kuadran tiga
D.   kuadran empat

29.   Jika suatu perusahaan memiliki peluang dan kekuatan yang sangat menguntungkan, maka strategi yang harus diterapkan oleh perusa-haan adalah strategi  ....
A.   turn around
B.   defensif
C.   diversifikasi
D.   agresif

30.   Strategi defensif dilakukan oleh perusahaan yang ....
A.   masih memiliki kekuatan dari segi internal
B.   peluang pasarnya besar, tetapi memiliki kendala internal
C.   memiliki situasi yang sangat tidak menguntungkan
D.   memiliki situasi yang sangat mengun-tungkan

31.   Salah satu kelemahan dari strategi integrasi vertikal adalah dalam hal biaya, untuk meminimalkan biaya tersebut maka aktivitas yang dapat dilakukan adalah ....
A.   memangkas biaya pemasaran
B.   melakukan outsourcing
C.   menurunkan produksi
D.   memberhentikan karyawan

32.   Salah satu alasan mengapa perusahaan melakukan strategi integrasi vertikal karena dapat ....
A.   memberikan fasilitas investasi
B.   mempertahankan keunggulan strategi
C.   mengurangi resiko perusahaan
D.   meningkatkan kompensasi manajerial

33.   Strategi yang mengidentifikasi lingkup bisnis yang akan dibidangi perusahaan dalam rangka memaksimumkan keuntungan jangka panjang, adalah strategi ....
A.   korporasi
B.   generik
C.   vertikal
D.   diversifikasi

34.   Ciri dari level diversifikasi tinggi adalah ....
A.   kurang dari 70% pendapatan berasal dari bisnis yang dominan, dan tidak terdapat keterkaitan antar bisnis yang ada
B.   lebih dari 95% pendapatan berasal dari satu unit bisnis
C.   kurang dari 70% pendapatan datang dari bisnis yang dominan, dan ada keterkaitan antar bisnis
D.   lebih dari 95% pendapatan berasal dari bisnis yang dominan

35.   Strategi perusahaan yang menggunakan cara mengembangkan sumber daya dan kemam-puan serta keunggulan khusus untuk mencip-takan keunggulan bersaing, adalah strategi ....
A.   korporasi
B.   vertikal
C.   unrelated diversifikasi
D.   related diversification

36.   Jika suatu perusahaan ingin membeli atau menjual bisnis di pasar eksternal untuk meningkatkan nilai total perusahaan, berarti perusahaan tersebut melakukan strategi ....
A.   integrasi vertikal
B.   diversifikasi
C.   diversifikasi yang berkaitan
D.   diversifikasi yang tidak berkaitan

37.   Suatu transaksi antara dua perusahaan yang melakukan persetujuan untuk integrasi dalam operasional dengan pasar yang sama, karena mempunyai sumber daya dan kapabilitas yang sama untuk menciptakan keunggulan bersaing yang lebih kuat, merupakan definisi dari ....
A.   outsourcing
B.   akuisisi
C.   merjer
D.   kongsi

38.   Transaksi dimana sebuah perusahaan mem-beli dan mengendalikan 100% kepemilikan perusahaan lain agar lebih efektif menggu-nakan kompetensi intinya, dengan menjadi-kan perusahaan sebagai perusahaan pendu-kung bisnisnya dinamakan ....
        A.   outsourcing
B.   akuisisi
C.   merjer
D.   joint venture

39.   Alasan mengapa suatu perusahaan melaku-kan akuisisi adalah karena dapat ....
A.   menambah resiko
B.   menghindari pajak
C.   mencapai kekuatan pasar yang lebih be-sar
D.   mempertahankan sumber daya manusia perusahaan yang diakuisisi
     
40.   Bergabungnya beberapa bank pemerintah seperti bank EXIM, BDN, BBD dan BAPINDO menjadi bank Mandiri, disebut ....
A.   joint venture
B.   akuisisi
C.   merger
D.   kongsi

41.   Untuk melayani kebutuhan khusus dari seg-men pasar yang sempit, maka strategi yang hendaknya dipakai oleh perusahaan adalah strategi ....
A.   fokus
B.   level bisnis
C.   keunggulan biaya
D.   diferensiasi

42.   Metode yang digunakan dalam implementasi strategi pembeda adalah ....
A.   pengendalian biaya
B.   pelayanan yang memuaskan
C.   meminimalkan jumlah tenaga kerja
D.   meminimumkan biaya penelitian dan pengembangan

43.   Strategi tingkat bisnis apa yang dapat dija-dikan alternatif dalam perekonomian global saat ini, dimana semakin banyak perusahaan yang mengembangkan kompetensi inti yang dibutuhkan untuk dapat memproduksi barang yang beragam dengan biaya yang relatif ren-dah ....
A.   strategi keunggulan biaya
B.   strategi diferensiasi
C.   strategi fokus pada diferensiasi
D.   strategi fokus pada biaya rendah
44.   Mc. Donald sebagai salah satu restoran ma-kanan siap saji memiliki keunggulan yang sulit ditiru oleh perusahaan sejenisnya, hal ini dikatagorikan dalam strategi ....
A.   fokus pada diferensiasi
B.   fokus pada biaya rendah
C.   diferensiasi
D.   keunggulan biaya

45.   Ada tiga jenis strategi tingkat bisnis, dianta-ranya adalah strategi ....
A.   korporasi
B.   integrasi vertikal
C.   keunggulan biaya
D.   tidak terfokus

46.   Suatu strategi yang menekankan pada tin-dakan yang harus diambil perusahaan untuk menyediakan nilai bagi konsumen, dan men-dapatkan keunggulan bersaing melalui penda-yagunaan kompetensi inti dalam pasar atau produk tertentu, merupakan definisi dari ....
A.   strategi level bisnis
B.   strategi korporasi
C.   strategi fokus
D.   strategi pembeda

47.   Sejumlah kegiatan terpadu yang dirancang untuk memproduksi barang yang dirasakan oleh konsumen berbeda dalam hal-hal ter-tentu yang diinginkan konsumen, merupakan strategi ....
A.   level bisnis
B.   fokus
C.   diferensiasi
D.   keunggulan biaya

48.   Ada tiga macam perbedaan antara strategi korporasi, level bisnis dan fungsional dianta-ranya adalah ....
A.   daya jangkau
B.   kekhususan
C.   manajemen
D.   ukuran perusahaan

49.   Untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan sfesifikasi pekerjaan yang telah di-rencanakan oleh perusahaan, maka strategi fungsional yang digunakan adalah strategi ....
A.   fungsi produksi
B.   fungsi keuangan
C.   fungsi sumber daya manusia
D.   fungsi pemasaran

50.   Salah satu peran fungsi pemasaran dalam strategi level fungsional adalah ....
A.   menentukan tingkat pesanan yang sesuai
B.   memilih pemasok
C.   membentuk citra produk perusahaan
D.   menentukan tingkat pendapatan gaji yang sesuai

51.   Jika suatu perusahaan mengalami kerugian yang terus menerus sehingga menurunkan angka penjualan, sesuai dengan matrik space perusahaan tersebut berada pada kuadran ....
A.   konservatif
B.   kompetitif
C.   agresif
D.   defensif

52.   Untuk penyusunan suatu strategi, dibutuhkan tahap-tahap sebagai berikut ....
A.   input - perpaduan - output - keputusan
B.   input - keputusan - output
C.   input - output - perpaduan - keputusan
D.   input - perpaduan - keputusan

53.   Strategi mana yang dipilih oleh perusahaan jika hasil perhitungan koordinat menghasilkan arah vektor (4, -4) ....
A.   konservatif
B.   agresif
C.   defensif
D.   kompetitif

54.   Suatu perusahaan yang mengalami pertum-buhan pasar yang rendah, namun mempunyai pangsa pasar yang tinggi, perusahaan ter-sebut dalam matrik BCG berada dalam kuadran ....
A.   star
B.   cash cow
C.   question
D.   dog

55.   Suatu perusahaan dalam menjalankan bisnis-nya selalu memanfaatkan kekuatan dengan maksud untuk menjangkau peluang yang ada, hal ini berarti perusahaan menggunakan stra-tegi ....
A.   SO
B.   WO
C.   ST
D.   WT
     
56.   Strategi apa yang sebaiknya diambil oleh perusahaan jika perusahaan mengalami an-caman dari lingkungan berupa demonstrasi dari buruh, lembaga konsumen atas produk, dan manajemen internal yang buruk ....
A.   strategi SO
B.   strategi WO
C.   strategi ST
D.   strategi WT

57.   Untuk meminimalkan dampak negatif dari aspek politik di dalam suatu organisasi ter-hadap strategi yang dijalankannya, ada bebe-rapa pedoman yang dikemukakan oleh Tom Sharkey, diantaranya ....
A.   membuat dasar dan proses yang jelas untuk evaluasi kinerja
B.   memberikan penghargaan yang sama untuk semua tenaga kerja
C.   memaksimalkan persaingan kinerja antar tenaga kerja
D.   memindahkan bagian yang berfungsi

58.   Jika suatu perusahaan ingin melakukan alian-si dengan perusahaan lain, perusahaan terse-but selain harus mempertimbangkan aspek politik dan board of director juga harus mem-pertimbangkan aspek ....
A.   lokasi perusahaan
B.   daerah geografis perusahaan
C.   tingkat penjualan perusahaan
D.   kultur perusahaan

59.   Untuk melakukan pengukuran bagi unit-unit bisnis dari sebuah organisasi dengan mema-kai matrik multi faktor dibutuhkan dua kriteria, salah satunya adalah ....
A.   daya tarik industri
B.   pangsa pasar
C.   tingkat penjualan
D.   kekuatan pasar

60.   Kadangkala campur tangan pemegang saham dalam menentukan strategi yang akan dija-lankan perusahaan dapat berakibat menurun-kan kinerja perusahaan sebab pemegang saham ....
A.   memberikan masukan yang positif bagi perumusan strategi perusahaan
B.   berbagi pengalaman dengan eksekutif perusahaan
C.   jarang melakukan komunikasi dengan eksekutif perusahaan
D.   sering melakukan evaluasi terhadap ki-nerja eksekutif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar