TUGAS MANDIRI
MANAJEMEN STRATEJIK
(EKMA4414)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NO 1
SAMPAI DENGAN 60, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Kegiatan pengukuran atas ketercapaian tuju-an
organisasi melalui kinerja nyata organisasi adalah suatu langkah dalam
manajemen stratejik, yaitu pada tahap ....
A. evaluasi strategi
B. perumusan strategi
C. penetapan strategi
D. implementasi strategi
2. Jika suatu perusahaan ingin tetap survive di
bidangnya, serta dapat mengantisipasi peru-bahan lingkungan bisnis, maka
diperlukan su-atu perencanaan ....
A. implementasi
B. kebijakan
C. strategi
D. formulasi
3. Suatu pernyataan umum yang ditujukan untuk
membangun emosional anggota organisasi adalah suatu ....
A. misi
B. strategi
C. formulasi
D. visi
4. Higgins dan Vincze membagi proses mana-jemen
stratejik menjadi tiga tahap yang berkesinambungan, yaitu ....
A. evaluasi, strategi dan implementasi
B. formulasi, implementasi dan evaluasi
C. implementasi, strategi dan formulasi
D. penentuan formulasi dan evaluasi strategi
5. Mengelola budaya organisasi (shared value)
merupakan suatu langkah kritis dalam pen-capaian kesuksesan manajemen
stratejik, langkah ini berada dalam tahap ....
A. pengawasan strategi
B. implementasi strategi
C. evaluasi strategi
D. formulasi strategi
6. Jika sebuah unit usaha merencanakan untuk
bersaing dengan perusahaan lain yang ber-gerak dalam bidang industri yang sama,
maka perusahaan tersebut harus melakukan suatu strategi ....
A. korporasi
B. bisnis
C. fungsional
D. fokus
7. Keputusan yang lebih menekankan kepada
pemanfaatan keunggulan bersaing dengan cara pendekatan portofolio dengan
mengem-bangkan rencana jangka panjang, adalah keputusan pada level ....
A. korporasi
B. bisnis
C. fungsional
D. departemen
8. Target kinerja yang secara spesifik
diaspi-rasikan oleh perusahaan pada masing-masing area adalah suatu ....
A. visi
B. tujuan
C. misi
D. evaluasi
9. “Kami memberikan bukti, bukan janji”, kalimat
tersebut merupakan suatu slogan dari peru-sahaan Auto 2000 yang menyiratkan
....
A. visi perusahaan
B. misi perusahaan
C. tujuan perusahaan
D. strategi perusahaan
10. Aktivitas khusus yang dijalankan oleh suatu
perusahaan untuk mengimplementasikan strateginya dinamakan ....
A. strategi
B. misi perusahaan
C. taktik perusahaan
D. policy dan tactic
11. Adanya fenomena baru di Jepang tentang lima dari setiap enam usaha
baru, didirikan dan dimiliki oleh wanita, merupakan keadaan dalam lingkungan
makro yang dipengaruhi oleh faktor ....
A. teknologi
B. politik dan hukum
C. ekonomi
D. sosial budaya
12. Lingkungan makro dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor,
diantaranya adalah faktor ....
A. pemasok
B. pelanggan
C. serikat pekerja
D. teknologi
13. Lingkungan yang tidak secara langsung ber-pengaruh terhadap
aktivitas jangka pendek perusahaan, tetapi lebih berpengaruh pada keputusan
jangka panjang perusahaan, ada-lah lingkungan ....
A. eksternal
B. industri
C. makro
D. internal
14. Kegiatan mengidentifikasi kemungkinan pe-luang dan ancaman suatu
perusahaan, ada-lah kegiatan menganalisis lingkungan ....
A. global
B. internal
C. eksternal
D. nasional
15. Diferensiasi produk merupakan salah satu faktor yang dapat dilakukan
oleh perusahaan dalam menghadapi ancaman dari ....
A. pendatang baru
B. pembeli
C. pemasok
D. sesama perusahaan dalam satu industri
16. Porter berpendapat bahwa ada lima ancaman bagi perusahaan untuk
mendapatkan keun-tungan diatas normal, yaitu ancaman dari ....
A. teknologi
B. pendatang baru
C. politik
D. ekonomi
17.
Faktor
Eksternal
|
Bobot
|
Rating
|
Skore
Bobot
|
Peluang
- Meningkatnya daya beli masyarakat
|
0,10
|
3
|
…………..
|
- Perusahaan
memperoleh posisi se-bagai pemimpin pasar di industri
|
0,20
|
4
|
…………..
|
- Para
pesaing hanya melayani seg-men pasar yang tunggal
|
0,10
|
3
|
…………..
|
- Kondisi
demografis, usia produktif semakin
meningkat
|
0,15
|
2
|
…………..
|
Ancaman
- Inflasi dan resesi ekonomi
|
0,10
|
2
|
…………..
|
- Munculnya pesaing asing
|
0,20
|
2
|
…………..
|
- Konsumen semakin sensitif terhadap harga
|
0,075
|
3
|
…………..
|
- Strategi bisnis mudah ditiru
|
0,075
|
2
|
…………..
|
Total
|
1,00
|
|
?
|
Dari tabel EFE di atas, hitungla skore bobot yang didapat
oleh perusahaan ....
A. 2,075
B. 2,576
C. 2,675
D. 2,756
18. Data lihat soal nomor 17. Dalam merespon isu lingkungan eksternal
yang berpengaruh tabel EFE diatas menunjukkan bahwa peru-sahaan berada ....
A. di atas rata-rata dalam merespon isu ling-kungan eksternal
B. di atas rata-rata dalam merespon isu ling-kungan makro
C. di bawah rata-rata dalam merespon isu lingkungan eksternal
D. di bawah rata-rata dalam merespon isu lingkungan makro
19. Lima atribut struktur industri yang dikemu-kakan oleh Porter yang
dapat mengancam kemampuan perusahaan dalam mendapatkan keuntungan, adalah
ancaman dari ....
A. sesama perusahaan dalam satu industri, pemasok, pembeli, produk
pengganti, dan pendatang baru
B. pendatang baru, pemasok, produk peng-ganti, pembeli, dan pemodal
C. serikat pekerja, pemasok, pendatang ba-ru, perusahaan sejenis, dan
manajemen perusahaan
D. pendatang baru, pemodal, pemasok, dan sumberdaya manusia
20. Agar hasil analisis dan monitor lingkungan makro dan industri yang
telah dilakukan peru-sahaan lebih dapat bermanfaat, diperlukan suatu
kegiatan/aktivitas untuk mengetahui perubahan-perubahan yang akan terjadi,
kegi-atan tersebut adalah ....
A. penyelarasan
B. pengujian
C. peramalan
D. peningkatan
21. Roger Schroeder berpendapat bahwa kegi-atan operasional dapat
dibagi menjadi lima area keputusan, diantaranya adalah ....
A. fasilitas
B. kualitas
C. teknologi
D. kuantitas
22. Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang terda-pat dalam aktivitas
pendukung ....
A. logistik dalam perusahaan
B. produksi
C. penjualan
D. pengembangan teknologi
23. Untuk menuju keunggulan nilai ekonomis dan rangkaian aktivitas
bisnis yang dapat menen-tukan daya saing perusahaan, maka digu-nakan analisis
rantai nilai yang terbagi dalam dua aktivitas yaitu aktivitas ....
A. pokok dan cadangan
B. pokok dan penunjang
C. penunjang dan pelaksana
D. penunjang dan produksi
24. Perusahaan adalah kumpulan aktivitas yang saling terkait satu sama
lain untuk mengha-silkan dan menjual barang, dengan harapan mampu memberi
kepuasan kepada konsu-men, pernyataan tersebut merupakan definisi dari ....
A. produc life cycle
B. operating systems
C. value chain
D. order of entry
25. Untuk mengetahui kekuatan (strenghts) dan kelemahan (weaknesses)
suatu perusahaan, diperlukan analisis ....
A. pesaing
B. keuangan
C. eksternal
D. internal
26.
Faktor
Internal
|
Bobot
|
Peringkat
|
Skor
Bobot
|
Kekuatan
|
|
|
|
- Budaya, kualitas
|
0,15
|
4
|
…………
|
- Pengalaman top manajer
|
0,15
|
4
|
…………
|
- Integrasi vertikal
|
0,10
|
4
|
…………
|
- Hubungan yang baik dengan SDM
|
0,05
|
3
|
…………
|
- Memiliki orientasi internasional
|
0,15
|
3
|
…………
|
Kelemahan
|
|
|
|
- Proses produksi (R & D)
|
0,05
|
2
|
…………
|
- Saluran distribusi
|
0,05
|
2
|
…………
|
- Dukungan kondisi keuangan kurang be-gitu
baik
|
0,15
|
1
|
…………
|
- Posisi global sangat kurang
|
0,10
|
1
|
…………
|
- Fasilitas manufaktur
|
0,05
|
1
|
…………
|
Total
|
1,00
|
|
?
|
Dari tabel EFI, hitunglah skor bobot yang didapat oleh
perusahaan ....
A. 2,058
B. 2,085
C. 2,580
D. 2,700
27. Dari tabel EFE dapat terlihat, jika suatu peru-sahaan memiliki
keunggulan yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain, maka hal ini harus
diintegrasikan ke dalam faktor kekuatan perusahaan yaitu faktor ....
A. budaya perusahaan
B. integrasi vertikal
C. hubungan yang baik dengan SDM
D. pengalaman top manajer
28. Pada kuadran berapa suatu perusahaan harus menerapkan strategi
pemanfaatan peluang jangka panjang dengan cara diversifikasi ....
A. kuadran satu
B. kuadran dua
C. kuadran tiga
D. kuadran empat
29. Jika suatu perusahaan memiliki peluang dan kekuatan yang sangat
menguntungkan, maka strategi yang harus diterapkan oleh perusa-haan adalah
strategi ....
A. turn around
B. defensif
C. diversifikasi
D. agresif
30. Strategi defensif dilakukan oleh perusahaan yang ....
A. masih memiliki kekuatan dari segi internal
B. peluang pasarnya besar, tetapi memiliki kendala internal
C. memiliki situasi yang sangat tidak menguntungkan
D. memiliki situasi yang sangat mengun-tungkan
31. Salah satu kelemahan dari strategi integrasi vertikal adalah dalam
hal biaya, untuk meminimalkan biaya tersebut maka aktivitas yang dapat
dilakukan adalah ....
A. memangkas biaya pemasaran
B. melakukan outsourcing
C. menurunkan produksi
D. memberhentikan karyawan
32. Salah satu alasan mengapa perusahaan melakukan strategi integrasi
vertikal karena dapat ....
A. memberikan fasilitas investasi
B. mempertahankan keunggulan strategi
C. mengurangi resiko perusahaan
D. meningkatkan kompensasi manajerial
33. Strategi yang mengidentifikasi lingkup bisnis yang akan dibidangi
perusahaan dalam rangka memaksimumkan keuntungan jangka panjang, adalah
strategi ....
A. korporasi
B. generik
C. vertikal
D. diversifikasi
34. Ciri dari level diversifikasi tinggi adalah ....
A. kurang dari 70% pendapatan berasal dari bisnis yang dominan, dan
tidak terdapat keterkaitan antar bisnis yang ada
B. lebih dari 95% pendapatan berasal dari satu unit bisnis
C. kurang dari 70% pendapatan datang dari bisnis yang dominan, dan
ada keterkaitan antar bisnis
D. lebih dari 95% pendapatan berasal dari bisnis yang dominan
35. Strategi perusahaan yang menggunakan cara mengembangkan sumber
daya dan kemam-puan serta keunggulan khusus untuk mencip-takan keunggulan
bersaing, adalah strategi ....
A. korporasi
B. vertikal
C. unrelated diversifikasi
D. related diversification
36. Jika suatu perusahaan ingin membeli atau menjual bisnis di pasar
eksternal untuk meningkatkan nilai total perusahaan, berarti perusahaan
tersebut melakukan strategi ....
A. integrasi vertikal
B. diversifikasi
C. diversifikasi yang berkaitan
D. diversifikasi yang tidak berkaitan
37. Suatu transaksi antara dua perusahaan yang melakukan persetujuan
untuk integrasi dalam operasional dengan pasar yang sama, karena mempunyai
sumber daya dan kapabilitas yang sama untuk menciptakan keunggulan bersaing
yang lebih kuat, merupakan definisi dari ....
A. outsourcing
B. akuisisi
C. merjer
D. kongsi
38. Transaksi dimana sebuah perusahaan mem-beli dan mengendalikan 100%
kepemilikan perusahaan lain agar lebih efektif menggu-nakan kompetensi intinya,
dengan menjadi-kan perusahaan sebagai perusahaan pendu-kung bisnisnya dinamakan
....
A. outsourcing
B. akuisisi
C. merjer
D. joint venture
39. Alasan mengapa suatu perusahaan melaku-kan akuisisi adalah karena
dapat ....
A. menambah resiko
B. menghindari pajak
C. mencapai kekuatan pasar yang lebih be-sar
D. mempertahankan sumber daya manusia perusahaan yang diakuisisi
40. Bergabungnya beberapa bank pemerintah seperti bank EXIM, BDN, BBD
dan BAPINDO menjadi bank Mandiri, disebut ....
A. joint venture
B. akuisisi
C. merger
D. kongsi
41. Untuk melayani kebutuhan khusus dari seg-men pasar yang sempit,
maka strategi yang hendaknya dipakai oleh perusahaan adalah strategi ....
A. fokus
B. level bisnis
C. keunggulan biaya
D. diferensiasi
42. Metode yang digunakan dalam implementasi strategi pembeda adalah
....
A. pengendalian biaya
B. pelayanan yang memuaskan
C. meminimalkan jumlah tenaga kerja
D. meminimumkan biaya penelitian dan pengembangan
43. Strategi tingkat bisnis apa yang dapat dija-dikan alternatif dalam
perekonomian global saat ini, dimana semakin banyak perusahaan yang
mengembangkan kompetensi inti yang dibutuhkan untuk dapat memproduksi barang
yang beragam dengan biaya yang relatif ren-dah ....
A. strategi keunggulan biaya
B. strategi diferensiasi
C. strategi fokus pada diferensiasi
D. strategi fokus pada biaya rendah
44. Mc. Donald sebagai salah satu restoran ma-kanan siap saji memiliki
keunggulan yang sulit ditiru oleh perusahaan sejenisnya, hal ini dikatagorikan
dalam strategi ....
A. fokus pada diferensiasi
B. fokus pada biaya rendah
C. diferensiasi
D. keunggulan biaya
45. Ada tiga jenis strategi tingkat bisnis, dianta-ranya adalah
strategi ....
A. korporasi
B. integrasi vertikal
C. keunggulan biaya
D. tidak terfokus
46. Suatu strategi yang menekankan pada tin-dakan yang harus diambil
perusahaan untuk menyediakan nilai bagi konsumen, dan men-dapatkan keunggulan
bersaing melalui penda-yagunaan kompetensi inti dalam pasar atau produk
tertentu, merupakan definisi dari ....
A. strategi level bisnis
B. strategi korporasi
C. strategi fokus
D. strategi pembeda
47. Sejumlah kegiatan terpadu yang dirancang untuk memproduksi barang
yang dirasakan oleh konsumen berbeda dalam hal-hal ter-tentu yang diinginkan
konsumen, merupakan strategi ....
A. level bisnis
B. fokus
C. diferensiasi
D. keunggulan biaya
48. Ada tiga macam perbedaan antara strategi korporasi, level bisnis
dan fungsional dianta-ranya adalah ....
A. daya jangkau
B. kekhususan
C. manajemen
D. ukuran perusahaan
49. Untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan sfesifikasi
pekerjaan yang telah di-rencanakan oleh perusahaan, maka strategi fungsional
yang digunakan adalah strategi ....
A. fungsi produksi
B. fungsi keuangan
C. fungsi sumber daya manusia
D. fungsi pemasaran
50. Salah satu peran fungsi pemasaran dalam strategi level fungsional
adalah ....
A. menentukan tingkat pesanan yang sesuai
B. memilih pemasok
C. membentuk citra produk perusahaan
D. menentukan tingkat pendapatan gaji yang sesuai
51. Jika suatu perusahaan mengalami kerugian yang terus menerus
sehingga menurunkan angka penjualan, sesuai dengan matrik space perusahaan
tersebut berada pada kuadran ....
A. konservatif
B. kompetitif
C. agresif
D. defensif
52. Untuk penyusunan suatu strategi, dibutuhkan tahap-tahap sebagai
berikut ....
A. input - perpaduan - output - keputusan
B. input - keputusan - output
C. input - output - perpaduan - keputusan
D. input - perpaduan - keputusan
53. Strategi mana yang dipilih oleh perusahaan jika hasil perhitungan
koordinat menghasilkan arah vektor (4, -4) ....
A. konservatif
B. agresif
C. defensif
D. kompetitif
54. Suatu perusahaan yang mengalami pertum-buhan pasar yang rendah,
namun mempunyai pangsa pasar yang tinggi, perusahaan ter-sebut dalam matrik BCG
berada dalam kuadran ....
A. star
B. cash cow
C. question
D. dog
55. Suatu perusahaan dalam menjalankan bisnis-nya selalu memanfaatkan
kekuatan dengan maksud untuk menjangkau peluang yang ada, hal ini berarti
perusahaan menggunakan stra-tegi ....
A. SO
B. WO
C. ST
D. WT
56. Strategi apa yang sebaiknya diambil oleh perusahaan jika
perusahaan mengalami an-caman dari lingkungan berupa demonstrasi dari buruh,
lembaga konsumen atas produk, dan manajemen internal yang buruk ....
A. strategi SO
B. strategi WO
C. strategi ST
D. strategi WT
57. Untuk meminimalkan dampak negatif dari aspek politik di dalam
suatu organisasi ter-hadap strategi yang dijalankannya, ada bebe-rapa pedoman
yang dikemukakan oleh Tom Sharkey, diantaranya ....
A. membuat dasar dan proses yang jelas untuk evaluasi kinerja
B. memberikan penghargaan yang sama untuk semua tenaga kerja
C. memaksimalkan persaingan kinerja antar tenaga kerja
D. memindahkan bagian yang berfungsi
58. Jika suatu perusahaan ingin melakukan alian-si dengan perusahaan
lain, perusahaan terse-but selain harus mempertimbangkan aspek politik dan
board of director juga harus mem-pertimbangkan aspek ....
A. lokasi perusahaan
B. daerah geografis perusahaan
C. tingkat penjualan perusahaan
D. kultur perusahaan
59. Untuk melakukan pengukuran bagi unit-unit bisnis dari sebuah
organisasi dengan mema-kai matrik multi faktor dibutuhkan dua kriteria, salah
satunya adalah ....
A. daya tarik industri
B. pangsa pasar
C. tingkat penjualan
D. kekuatan pasar
60. Kadangkala campur tangan pemegang saham dalam menentukan strategi
yang akan dija-lankan perusahaan dapat berakibat menurun-kan kinerja perusahaan
sebab pemegang saham ....
A. memberikan
masukan yang positif bagi perumusan strategi perusahaan
B. berbagi pengalaman dengan eksekutif perusahaan
C. jarang melakukan komunikasi dengan eksekutif perusahaan
D. sering melakukan evaluasi terhadap ki-nerja eksekutif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar