TUGAS MANDIRI
METODOLOGI ILMU PEMERINTAHAN
(IPEM4432)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 28, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Unsur yang berperan paling besar pada pola
metodologi ilmu adalah ....
A. teori
B. pengalaman
C. data
D. konsep
2. Kesadaran berorganisasi merupakan alat dan
cara untuk berlatih menjadi warga negara yang ....
A. berkeadilan
B. bergaul
C. bertanggung jawab
D. berakhlak
3. Model Metodologi Ilmu Pemerintahan “rakyat
adalah pemegang saham negara” menunjukkan posisi rakyat sebagai pemegang saham
atas negara dalam arti rakyat menghendaki agar pemerintah berusaha sekuat
tenaga untuk menciptakan nilai tambah guna memenuhi kepentingan ....
A. bangsa
B. negara
C. rakyat
D. kelompok
4. Kesediaan untuk menanggung akibat atau risiko
tindakan berdasarkan kehendak bebas adalah definisi dari ....
A. accountability
B. obligation
C. cause
D. free will
5. Kedudukan daerah yang menghubungkan daerah
dengan pusat adalah yang merupakan....
A. lingkungan budaya
B. masyarakat hukum
C. badan usaha publik
D. subsistem politik
6. Yang digunakan untuk mencari dan menemukan
konsep hubungan antara pemerintah dengan yang diperintah adalah model
Metodologi Ilmu Pemerintahan ....
A. ke luar generasi ke tiga
B. ke luar generasi ke empat
C. ke dalam generasi ke tiga
D. ke dalam generasi ke dua
7. Rousseau menjelaskan hubungan antara
pemerintah dan rakyat adalah ibarat suatu ikatan ....
A. kontrak sosial
B. interpersonal
C. komunikasi sosial
D. sosial politik
8. Menurut UU No. 22/1999 perangkat
dekonsentrasi hanya sampai pada daerah ....
A. propinsi
B. kota
C. kabupaten
D. kecamatan
9. Masalah yang menonjol dari model Metodologi
Ilmu Pemerintahan “rakyat adalah manusia pendiri/pemilik negara” dalam kancah
percaturan masyarakat, baik di Indonesia maupun dunia internasional adalah....
A. politik
B. keamanan dan keadilan
C. kesejahteraan
D. hak asasi manusia
10. Model metodologi ilmu pemerintahan ke luar generasi ke tiga
merupakan alat yang digunakan untuk mencari dan menemukan konsep ....
A. tugas/peranan pemerintah
B. hubungan antara pemerintah dengan yang diperintah
C. kewajiban rakyat
D. komunikasi sosial
11. Perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah diatur
dalam undang-undang ....
A. No. 22 tahun 1999
B. No. 23 tahun 1999
C. No. 24 tahun 1999
D. No. 25 tahun 1999
12. Sehubungan dengan tugas pokok pemerintahan, maka untuk mencapai
tujuan bersama perlu dijalin hubungan ....
A. pemerintah
B. negara
C. pembangunan
D. kerakyatan
13. Meningkatkan perlindungan hak asasi manusia guna mendukung
terwujudnya tujuan pembangunan nasional adalah tugas pokok komisi nasional hak
asasi manusia yang tercantum dalam keputusan presiden ....
A. No. 50 tahun 1993
B. No. 51 tahun 1993
C. No. 52 tahun 1994
D. No. 53 tahun 1995
14. Pelaksanaan otonomi yang bersifat terbatas menurut UU No. 22/1999
berlaku pada daerah ....
A. kabupaten
B. kota
C. kecamatan
D. propinsi
15. Proses yang ditempuh oleh masyarakat dalam menentukan siapa, apa
dan cara bagaimana memperoleh nilai pada level tertentu disebut....
A. hukum masyarakat
B. sosiologi hukum
C. politik masyarakat
D. ekonomi masyarakat
16. Yang menjadi kenyataan teologis dari hidup adalah ....
A. sumber hidup
B. sumber kebahagiaan
C. awal dan akhir
D. perubahan-perubahan
17. Yang menjadi kenyataan teologis dari hasrat mencapai kebahagiaan
adalah ....
A. sumber hidup
B. sumber kebahagiaan
C. yang tak berawal dan tak berakhir
D. perubahan-perubahan
18. Alat yang digunakan untuk mencari dan menemukan konsep bangsa dan
negara adalah Metodologi Ilmu Pemerintahan ....
A. ke luar generasi pertama
B. ke luar generasi ke dua
C. ke dalam generasi pertama
D. ke dalam generasi ke dua
19. Pendekatan yang mencoba memahami manusia atas dasar fakta-fakta
measurable adalah ....
A. teological approach
B. scientific approach
C. human approach
D. social approach
20. Pendekatan yang menempatkan manusia sebagai ciptaan sang pencipta
dikenal dengan sebutan ....
A. teological approach
B. human approach
C. scientific approach
D. social approach
21. Manusia mempunyai naluri untuk hidup berkawan dan hidup bersama
dengan orang lain secara gotong royong dikenal dengan sebutan ....
A. makhluk alamiah
B. makhluk sosial
C. civil society
D. sovereign
22. Jika seseorang melihat bahwa ada sesuatu yang menarik perhatian,
tetapi mengandung hal-hal yang belum pasti, masih gelap, tidak jelas dan ingin
memperoleh pengetahuan tentang hal itu, maka dapat dikatakan seseorang itu
berada pada situasi seorang metodolog ....
A. ilmu
B. penelitian
C. empirik
D. perencanaan
23. Pemerintahan dapat terjadi dalam hubungan antar anggota
masyarakat, baik individu dengan individu, kelompok dengan kelompok, maupun
antara individu dengan kelompok adalah merupakan definisi pemerintahan sebagai
gejala ....
A. ekonomi
B. hukum
C. sejarah
D. sosial
24. Hubungan antara pemerintah dengan yang diperintah memuat kegiatan
yang disebut ....
A. pemerintahan
B. gejala pemerintahan
C. sumber pemerintahan
D. sistem pemerintahan
25. Peristiwa dalam kegiatan pemerintahan dikenal dengan sebutan ....
A. sumber pemerintahan
B. gejala pemerintahan
C. sistem pemerintahan
D. himpunan pemerintahan
26. Informasi dalam metodologi penelitian yang telah teruji oleh fakta
akan menjadi ....
A. konsep
B. variabel
C. pengetahuan
D. data
27. Yang menunjukkan sejauhmana seorang pejabat bertindak dalam
menghadapi suatu situasi atau masalah berdasarkan kehendak bebas adalah
definisi dari ....
A. accountability government
B. obligation government
C. cause government
D. power government
28. Perhitungan yang sesuai dengan tujuan atau fungsi pemerintahan
adalah definisi dari ....
A. cause government
B. accountability government
C. obligation government
D. efectivity government
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 29 SAMPAI DENGAN 35,
PILIHLAH!
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA
MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH!
29. Penyelenggaraan otonomi daerah luas, nyata, dan bertanggung jawab
hanya dapat diwujudkan apabila didukung oleh dana yang cukup untuk
menyelenggarakan rumah tangganya,
sebab
untuk
lebih memberhasilkan pelaksanaan otonomi daerah, maka perlu ditumbuh-kembangkan
budaya daerah sebagai aset pembangunan daerah dan pembangunan nasional.
30. Pemerintah harus kuat dan mampu mewujudkan atau merealisir
berbagai aspirasi dan mempelajari
potensi rakyat,
sebab
kreativitas
dan keterbukaan dari rakyat sangat sulit diwujudkan apabila semua kegiatannya
diatur oleh pihak pemerintah.
31. Hubungan antara pemerintah dengan tiap-tiap rakyat tidak
berkaitan dengan konsep etika dan tanggung jawab,
sebab
etika
mengajarkan tentang kesadaran nilai, pilihan bebas dan tanggung jawab.
32. Hak asasi manusia pada dasarnya tidak bersifat universal,
sebab
hak
asasi manusia tidak melingkupi berbagai aspek kehidupan.
33. Antara variabel aparatur, pelayanan masyarakat dan HAM terdapat
hubungan saling timbal balik,
sebab
aparatur
pemerintah dalam menjalankan tugas negara baik tugas pemerintahan maupun tugas
pembangunan dan karena fungsinya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,
dituntut untuk selalu memperhatikan prinsip-prinsip hak asasi masyarakat.
34. Tipe negara organik dan korporatis menempatkan negara dalam posisi
sangat mandiri,
sebab
tipe
negara organik dan korporatis memandang negara bukan sebagai manifestasi
kepentingan umum.
35. Konsep adalah unsur yang paling besar berperan dalam pola
metodologi ilmu,
sebab
konsep
merangkap sebagai kamera yang berfungsi untuk merekam pengalaman.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 36
SAMPAI DENGAN 46, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
36. Implementasi dari penerimaan konsep manusia sebagai makhluk
ciptaan Tuhan dalam kehidupan bernegara dan berpemerintahan antara lain ....
1) pembukaan UUD 1945 menyebutkan bahwa kemerdekaan merupakan rahmat
Tuhan Yang Maha Esa
2) pasal 29 UUD 1945 menjamin kebebasan beragama bagi setiap warga
negara
3) dalam setiap acara-acara seremonial selalu ditutup dengan
pembacaan doa
37. Otonomi daerah menurut UU No. 22/1999 pelaksanaannya didasarkan
pada otonomi yang ....
1) luas
2) bertanggung jawab
3) khusus
38. Kemungkinan yang dapat dikaji dari hubungan antara pemerintah
dengan rakyatnya ataupun sebaliknya dalam model Metodologi Ilmu Pemerintahan
dua puluh sembilan adalah ....
1) kalau pemerintahnya kuat, sebaliknya rakyat yang lemah
2) pemerintah dan rakyat sama kuat dan sama lemahnya
3) kalau rakyat posisinya kuat, pemerintah lemah
39. Kedudukan warga negara atau rakyat dalam negara adalah ....
1) sebagai pemegang kedaulatan
2) merupakan objek pemerintah
3) merupakan unsur utama berdirinya suatu negara
40. Di bawah ini yang merupakan unsur negara adalah ....
1) pemerintahan
2) wilayah
3) warga negara
41. Sasaran Metodologi Ilmu Pemerintahan ke luar adalah ....
1) bangsa dan negara
2) ilmu pemerintah itu sendiri
3) rakyat dan pemerintah
42. Dominasi seseorang atau kelompok terhadap orang atau kelompok lain
dapat bersumber pada hal ....
1) waktu
2) tradisi
3) kesepakatan
43. Kebutuhan masyarakat dapat diklasifikasikan menjadi kebutuhan akan
....
1) barang
2) jasa pasar
3) private
44. Menurut Herbert J.Spiero, pertanggung-jawaban dapat diartikan
sebagai ....
1) accuntability
2) cause
3) obligation
45. Rakyat harus bersedia dan berani membuka diri terhadap pemerintah
dengan cara menyampaikan ....
1) tanggapan
2) keluhan
3) evaluasi hasil-hasil pemerintah dan pembangunan
46. Pengertian daerah mengandung beberapa implikasi antara lain ....
1) lingkungan budaya
2) badan usaha publik
3) subsistem politik
terima kasih, sangat membantu...
BalasHapussama-sama semoga bermanfaat...........
BalasHapus