TUGAS MANDIRI
TEORI EKONOMI MIKRO II
(ESPA4311)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 76, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Yang dimaksud konsumen bertindak rasional
dalam model advertensi Buchanan ....
A. memaksimumkan utilitas dengan pendapatan yang
sudah tertentu
B. kesetiaannya terhadap suatu merek tidak goyah
oleh kegiatan advertensi yang lain
C. alokasi pendapatan untuk konsumsi dipengaruhi
oleh kegiatan advertensi produk barang konsumsi
D. pola konsumsi ditentukan oleh kuat
tidaknya advertensi
2. Model advertensi Buchanan menyatakan bahwa
keseimbangan akan bertahan dalam jangka panjang jika tidak ada ....
A. profit
B. profit normal
C. profit abnormal
D. return
3.
Rumusan tersebut,
dalam model advertensi Chamberlin, adalah merupakan indeks ....

A. advertensi
B. harga
C. relatif
D. marginal cost
4. Setiap kali perusahaan mengadakan pengeluaran
advertensi pada suatu periode tertentu perusahaan menyesuaikan diri yang ideal
secara gradual, adalah ini dari model advertensi ....
A. marginalis
B. managerial
C. Buchanan
D. distribusilog
5. Kegiatan advertensi pada dasarnya merupakan
penyampaian informasi sehingga ....
A. permintaan inelastik
B. permintaan elastik
C. penawaran inelastik
D. penawaran elastik
6. Asumsi dasar yang membedakan model Boumol
dengan marginalis adalah ....
A. rasionalitas produsen
B. teknologi tetap
C. adanya pemisahan antara manajer dengan
pemilik
D. adanya pemisahan antar manajer
7. Model Chamberlin mengenai advertensi
mempunyai asumsi antara lain ....
A. tidak ada hubungan erat antara biaya
advertensi dengan pangsa pasar
B. adanya hubungan erat antara biaya advertensi
dengan pangsa pasar
C. tujuan usaha bukan keuntungan maksimal
D. spesifikasi produk harganya tidak tertentu
8. Salah satu sebab model pengambilan keputusan
tentang besarnya pengeluaran advertensi dikatakan marginalis karena model ini
bertitik tolak dari asumsi bahwa sebuah perusahaan bertujuan ....
A. mencari keuntungan maksimal
B. mencari keuntungan normal
C. memaksimalkan pemasangan iklan
D. beroperasi pada biaya minimum
9. Bila indeks kekuatan monopoli adalah k dan
pedoman pengeluaran advertensi adalah A = KR dimana A adalah biaya advertensi
dan R adalah pendapatan total, maka nilai dari k adalah ....
A. k = 1
B. k > 1
C. k < 0
D. 0 < k < 1
10. Biaya rata-rata akan bergeser karena
dilaksanakan advertensi sehingga jarak vertikal lebar pada kuantitas barang
sedikit dan menyempit pada kuantitas barang banyak. Hal ini karena biaya
advertensi digolongkan sebagai ....
A. biaya variabel dan biaya tetap
B. biaya variabel
C. biaya tetap
D. tidak termasuk baik biaya variabel maupun biaya tetap
11. Bila seluruh perusahaan menjalankan kegiatan advertensi dan
promosi, maka akan menyebabkan ....
A. banyak perusahaan yang pailit
B. pangsa pasar semakin luas
C. mencegah masuknya perusahaan lain
D. otomatis profitnya akan meningkat
12. Pada gambar di bawah ini menunjukkan bahwa perusahaan berada pada
posisi ....

A. p maksimum
jangka pendek
B. dampak adanya entry
C. dampak adanya exit
D. equilibrium jangka panjang
13. Pada gambar di bawah ini menunjukkan dampak dari adanya ....

A. masuknya perusahaan baru ke dalam pasar sehingga ACO naik
B. keluarnya beberapa perusahaan dari pasar sehingga ACO’ naik
C. pengaruh jangka waktu dalam proses produksi
D. menurunnya biaya advertensi
14. Menurut Neoklasik, adanya tambahan biaya yang digunakan untuk
menaikkan mutu produk akan diikuti kenaikan ....
A. penawaran
B. marginal cost
C. average cost
D. permintaan
15. Jika strategi produksi yang dilakukan adalah menaikkan kualitas
produk dengan tujuan untuk menaikkan penjualan, maka yang bergeser ke atas ....
A. AC dan MC
B. MR dan MC
C. AC dan MR
D. AFC dan MC
16. Dalam model perilaku perubahan kualitas produk termasuk keputusan
yang bersifat ....
A. strategis
B. administrasi
C. operasional
D. administrasi dan operasional
17. Gambar berikut ini adalah pola kemampuan bertahan suatu produk di
pasar ....

A. perubahan permintaan konsumen
B. kecepatan permintaan konsumen
C. biaya produksi
D. biaya tetap
18. Fase II pada soal no. 17 disebut fase ....
A. transisi
B. penyelesaian
C. naik
D. jenuh
19. Fase III pada soal no. 17 disebut fase menurunnya ....
A. permintaan pasar
B. skala produksi
C. keuntungan
D. permintaan usaha
20. Perubahan kualitas produk harus dilakukan jika product life cycle sudah mencapai tahap ....
A. I
B. II
C. III
D. IV
21. Model perilaku mengelompokkan pengambilam keputusan menjadi tiga
golongan besar yaitu ....
A. strategis, ekonomis, administratif
B. ekonomis, administratif, operasional
C. strategis, administratif, operasional
D. strategis, operasional, ekonomis
22. Bila p = 400 dan besar AC =
+ 10 + 1,5 Q, maka titik optimal model neoklasik atau
tercapai pada produksi sebesar ....

A. 130 unit
B. 142,5 unit
C. 266,66 unit
D. 280 unit
23. Tujuan diskriminasi harga di pasar input adalah ....
A. pembelian input agar biaya minimum
B. alokasi pembelian input disegmen pasar sehingga biaya minimum
C. menaikkan profit
D. memaksimumkan output
24. Bila harga input naik maka ....
A. profit akan turun
B. return akan turun
C. TR - TC akan turun
D. kuantitas input optimal turun
25. Jika total variabel cost > total Revenue maka perusahaan ....
A. masih lebih baik jika meneruskan usahanya
B. sudah harus menutup usahanya
C. bisa meneruskan atau menutup usahanya
D. harus memaksimumkan outputnya
26. Perusahaan dalam jangka pendek masih mampu untuk bertahan apabila ....
A. TVIC < TRP
B. PL .L + PK .K > TRP
C. PL > ARP
D. TFIC < TRP
27. Pada gambar ini, kurva no. 2 merupakan kurva yang menunjukkan besarnya ....

A. MIC
B. TRP
C. TiC
D. TP
28. Jika monopolis dan monopsonis bertemu di pasar, maka yang
menentukan harga ....
A. kekuatan monopolis
B. kekuatan monopsonist
C. kekuatan tawar menawar kedua pihak
D. bertemunya supply dan demand
29. Diskriminasi harga di pasar input dapat dilakukan oleh ....
A. monopolis
B. monopsonis
C. monopolis dan monopsonis
D. bukan monopolis dan bukan monopsonis
30. Input akan digunakan secara optimal jika ....
A. MRP < MIC
B. MRP < MIC
C. TRP ¹ TIC
D. MRP = MIC
31. Soal no. 31 - 33 dijawab dari pernyataan berikut ini; seorang
petani memiliki lahan 0,3 hektar lahan tersebut ditanami 2 jenis tanaman yaitu
A dan B yang hubungan kedua produk dapat dilukiskan dalam suatu persamaan A =
16 - 0,01 B2. Harga produk A dan B, masing-masing Rp0,5 dan Rp0,25.
Petani tersebut akan memproduksi A sebanyak ....
A. 9,75
B. 11,13
C. 25
D. 35,5
32. Petani memproduksi B sebanyak ....
A. 9,75
B. 11,13
C. 25
D. 35,5
33. Pendapatan petani adalah sebesar (dalam rupiah) ....
A. 9,75
B. 11,13
C. 25
D. 35,5
34. Fungsi atau persamaan yang menggambarkan hubungan input atau
kombinasi input-input dengan outputnya disebut fungsi ....
A. korelasi
B. konsumsi
C. interaksi
D. produksi
35. Yang pertama kali mempersoalkan ada atau tidaknya keseimbangan
umum itu ialah ....
A. Bain
B. Pareto
C. Leon Walras
D. Buchanan
36. Apabila ada suatu himpunan harga yang dapat menyamakan permintaan
dan penawaran sehingga terjadi keseimbangan dalam tiap produk dan faktor pasar
serta saling konsisten, maka perekonomian yang demikian disebut dalam keadaan ....
A. impas
B. stabil
C. keseimbangan umum
D. keseimbangan parsial
37. Yang pertama kali mempersoalkan ada atau tidaknya keseimbangan
umum adalah ....
A. Leon Walras
B. K. Arrow
C. G. Debreu
D. James Quirk
38. Yang pertama kali mempersoalkan ada tidaknya keseimbangan umum
....
A. Kaldor,
abad 9
B. Kaldor, abad 18
C. Leon Walras, abad 19
D. Leon Walras, abad 18
39. Bila harga input mengalami kenaikan, maka akan menyebabkan ....
A. kurva TRP turun
B. kurva TIC akan naik
C. MRP < MIC
D. kurva MIC menurun
40. Alokasi masukan antara para produsen menuntut syarat agar ....
A. MRS antara setiap dua barang harus sama bagi semua konsumen
B. MRTS antara tiap dua masukan harus sama bagi semua produsen
C. MRS dan MRTS harus sama bagi tiap dua barang
D. MRS dan MRTS harus sama
41. Salah satu sebab mengapa tidak terdapat keseimbangan umum ialah
....
A. adanya indivisibilitas
B. adanya divisibilitas
C. tidak adanya skala balik
D. tidak adanya harga total
42. Keseimbangan terjadi apabila ....
A. terdapat indivisibilitas dan increasing
return to scale
B. tidak terdapat indivisibilitas dan terdapat increasing return to scale
C. terdapat indivisibilitas dan tidak terdapat increasing return to scale
D. tidak terdapat indivisibilitas dan tidak terdapat increasing return to scale
43. Untuk mencapai manajemen yang baik dalam hal kualitas lingkungan
dapat dibantu dengan ....
A. analisis break even point
B. feasibility study
C. analisis investasi
D. analisis biaya dan manfaat
44. Pada flow chart penaksiran ongkos kerusakan sosial, pencemaran
kualitas lingkungan terjadi karena akibat langsung dari ....
A. aktivitas ekonomi
B. emisi (pengeluaran)
C. pengaruh pada individu dan alam
D. nilai pengaruhnya pada individu dan alam
45. Kurva transformasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali
....
A. haya menjelaskan 2 macam output
B. berslope positif
C. MRT berslope negatif
D. cekung ke arah titik 0
46. Dalam teori konsumen penyelesaian masalah external dapat dilakukan
dengan ....
A. peraturan
B. mekanisme pasar
C. campur tangan pemerintah
D. produsen konsumen
47. Model pembangunan eco-development bertitik tolak pada anggapan
bahwa ....
A. manusia tidak pernah memperhatikan lingkungan
B. lingkungan alam dapat dikelola sesuai kehendak manusia
C. manusia hidup dalam hubungan yang selaras dengan lingkungan
D. manusia tidak sadar akan perkembangan lingkungan
48. Ongkos-ongkos yang diderita masyarakat karena akibat aktivitas
suatu perusahaan disebut ongkos ....
A. eksternal
B. internal
C. ekstra
D. eksploitasi
49. Suatu ilmu yang berorientasi pada pembangunan yang memperhatikan
lingkungan hidup disebut ....
A. eco-system
B. eco-development
C. development-planning
D. social-development
50. Ongkos di dalam ekonomi lingkungan dapat didefinisikan sebagai
....
A. benefit foregone
B. cost avoided
C. utility
D. social damage cost
51. Bila dalam satu perekonomian terdapat seorang pembeli dan seorang
penjual, keadaan tersebut dikenal sebagai ....
A. Kartel
B. Merger
C. Bilateral Monopoly
D. Monopoly parsial
52. Untuk menganalisa bagaimana hubungan antara satu sektor dengan
sektor lainnya di dalam kegiatan perekonomian dapat digunakan analisa ....
A. Pollution chart
B. Benefit cost analysis
C. keseimbangan umum
D. input-output
53. Pembangunan yang memperhatikan unsur pentingnya lingkungan hidup
dikenal dengan model ....
A. Ecosystem
B. Benefit cost analysis
C. Ecodevelopment
D. Social benefit
54. Salah satu manfaat utama dari koperasi adalah external economies,
hal ini disebabkan oleh ....
A. dapat berperan lebih besar dalam mekanisme pasar
B. dapat menurunkan biaya produksi
C. kenaikkan produktivitas karena penyebaran informasi dan teknologi
D. adanya tanggung jawab sosial dan kekeluargaan
55. Jika di pasar hanya ada satu orang pembeli, maka koperasi dapat
didirikan untuk ....
A. membentuk monopoli, untuk menghadapi monopsoni
B. mendapatkan economis of scale
C. mendapatkan eksternal economis
D. membentuk monopsoni untuk menghada-pi monopolis
56. Koperasi bisa mempertahankan hidup dalam sistem kompetisi apabila
....
A. mampu bersaing dengan bentuk usaha lain
B. bila ada perlindungan khusus yang berupa peraturan-peraturan
pemerintah untuk menghadapi lingkungan pasar monopsonistis
C. sistem pembagian keuntungan cukup adil
D. tidak ada perusahaan atau kerjasama lain di luar koperasi
57. Bila suatu koperasi tidak memerlukan lagi sistem kuota produknya
dan dapat mengkaitkan harga jual tanpa harus mengurangi output, maka koperasi
tersebut bersifat ....
A. bilateral monopoly
B. monopoly
C. kartel
D. monoponi
58. Apabila di dalam masyarakat terdapat produsen yang memproduksikan
madu dari lebah dan tetangganya merupakan produsen tanaman buah-buahan.
Maka interaksi dari kedua produsen di atas bersifat ....
A. eksternalitas yang positif
B. eksternalitas yang negatif
C. tidak saling berpengaruh
D. social cost bagi masyarakat lainnya
59. Tujuan pembentukan koperasi dalam pasar persaingan sempurna adalah
untuk ....
A. memperbaiki posisi
B. mengurangi persaingan
C. membuat monopoli
D. memperoleh economis of scale
60. Kasus Price leadership dapat terjadi bila ....
A. keanggotaan
koperasi berbentuk kartel
B. keanggotaan koperasi tidak mencakup seluruh produsen namun cukup
kuat untuk mempengaruhi pasar
C. koperasi bersifat monoponistis
D. keanggotaan koperasi mencakup seluruh produsen namun tidak cukup
kuat untuk mempengaruhi pasar
61. Untuk menyelesaikan situasi seseorang menjadi worse off atau better off diukur
dengan besarnya utilitas yang diperoleh dan konsumsi barang dan jasa. Alat
analisa yang biasanya dipergunakan adalah ....
A. teori produksi (fungsi produksi)
B. kurva indiferens
C. kurva transformasi
D. kurva social benefit
62. Monopsoni dikenal sebagai pembeli tunggal istilah ini biasanya
disebut juga sebagai ....
A. price takers
B. price makers
C. output takers
D. output makers
63. Dalam kasus bilateral monopoli, kurva penawaran koperasi
ditunjukkan oleh kurva ....
A. MFC
B. AFC
C. MR
D. MC
64. Bila terjadi jumlah pembeli (konsumen) yang sangat banyak dan
tindakan-tindakannya tidak mempengaruhi harga pasar, maka keadaan pasar
tersebut dikenal sebagai ....
A. monopsoni
B. monopoly
C. kartel
D. persaingan sempurna
65. Ekuasi dari keseimbangan umum, keseimba-ngan terjadi pada pasar
....
A. output
B. input
C. tenaga kerja
D. yang satu sesuai dengan keseimbangan pada pasar yang lain
66. Dari keseimbangan masing-masing konsu-men dapat diturunkan kurva
....
A. indiferens
B. anggaran
C. total utilitas
D. penawaran tenaga kerja
67. Optimasi pareto merupakan syarat ....
A. cukup untuk kesejahteraan
B. perlu dan cukup untuk kesejahteraan
C. perlu untuk efisiensi
D. cukup untuk efisiensi
68. Esensi
dari keseimbangan di sektor konsumen ....
A. jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta
B. konsumen mencapai utilitas yang maksimum
C. konsumen mempunyai pendapatan yang maksimum
D. keseimbangan antara pendapatan dan penawaran kerja
69. Masalah utama bagi konsumen dalam menghadapi ketidakpastian adalah
....
A. menentukan penggunaan waktu untuk bekerja
B. menentukan besarnya penghasilan yang akan dipakai untuk konsumsi
C. menentukan leasure untuk menikmati penghasilan
D. menentukan utilitas yang akan dicapai
70. Dalam analisis ketidakpastian, harapan utilitas konsumen adalah
merupakan utilitas yang ....
A. maksimum
B. diharapkan dapat diperoleh dari berbagai kemungkinan pendapatan
C. diharapkan dapat dimaksimumkan dengan pendapatan tertentu
D. optimum
71. Menurut J.S Bain differensiasi produk yang dilakukan oleh suatu
perusahaan berguna untuk ....
A. menghambat pendatang baru masuk ke dalam pasar
B. menghemat sumber-sumber penting
C. memudahkan perusahaan lain untuk masuk pasar
D. merangsang produsen untuk menentukan harga yang lebih tinggi
72. Differensiasi produk merupakan suatu hambatan masuk ke dalam
pasar. Yang tidak termasuk dalam contoh kategori ini adalah ....
A. rokok
B. minyak pelumas
C. mobil
D. air
73. Hambatan masuk yang penting pada barang-barang kebutuhan umum
adalah masalah ....
A. skala ekonomi
B. diferensiasi produk
C. kebutuhan biaya besar
D. rahasia
74. Monopoli atau oligopoli dapat terjadi karena adanya pengaruh dari
faktor-faktor berikut ini kecuali ....
A. hak patent
B. pengendalian sumber-sumber penting
C. produsen bebas masuk pasar dengan mudah
D. kebutuhan biaya yang besar
75. Salah satu bentuk dari hambatan masuk pasar adalah ....
A. strategi pemasaran
B. differensiasi produk
C. iklan
D. strategi modal
76. Hak patent akan suatu produk atau proses biasanya berlaku ....
A. 25 tahun
B. 10 tahun
C. 17 tahun
D. 15 tahun
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 77 SAMPAI
83, PILIHLAH:
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA
MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH!
77. Menurut Chamberlin, kegiatan advertensi hanya berdampak
meningkatkan kuantitas yang terjual,
sebab
menurut
Chamberlin, monopoli diukur dengan kemampuan menetap harga.
78. Kegiatan advertensi cenderung mempertahankan bentuk pasar oligopoli,
sebab
kegiatan
advertensi menghambat entry.
79. Konsentrasi industri dapat disebabkan oleh strategi produk,
sebab
strategi
produk akan mengakibatkan bertahannya bentuk pasar oligopoli.
80. Kalau pasar dalam keadaan tidak kompetitif sempurna maka di jamin
tidak ada titik keseimbangan umum,
sebab
suatu
perekonomian yang kompetitif sempurna mempunyai implikasi pada kesejahteraan
masyarakat dan efisien.
81. Salah satu cara mengendalikan pencemaran adalah menentapkan
standar lingkungan,
sebab
dari
sudut ekonomi besarnya ongkos untuk mencapai standar lingkungan adalah penting.
82. Ketidakpastian yang dihadapi produsen pada dasarnya sama yaitu
menyangkut revenue,
sebab
konsumen
menginginkan fasilitas dan produsen menginginkan pay off.
83. Untuk menghadapi ketidak pastian, perlu dibantu dengan analisis
probabilitisa,
sebab
untuk
menghadapi ketidak pastian perlu adanya strategi yang benar.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 84
SAMPAI 90, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
84. Titik tolak model advertensi marginal ....
1) perusahaan bertujuan memaksimumkan profit
2) advertensi dilakukan sampai
mencapai marginal profit = 0
3) keputusan berdasarkan evaluasi dampak marginal advertensi terhadap
profit
85. Dampak penggunaan produk sebagai variabel strategis ....
1) kemajuan teknis
2) konsumerisme
3) konsentrasi industri
86. Strategi produk akan mengakibatkan pemborosan sumber daya ekonomi
jika perubahan kualitas ....
1) bersifat mengada-ada
2) membutuhkan investasi yang sangat tinggi
3) sekedar untuk menyayangi
87. Ciri-ciri utama neoklasik dalam teori produksi adalah asumsi ....
1) produsen bertujuan mencapai profit maksimum
2) informasi lengkap (rasionalitas konsumen)
3) struktur biaya yang seragam
88. Penggunaan input sudah optimal jika menghasilkan ....
1) profit maksimum
2) penerimaan
3) TR - TC maksimum
89. Secara ekonomi, keuntungan berkoperasi adalah ....
1) harga jual dan harga beli
2) economis of scale
3) external economis
90. Keseimbangan umum pada tingkat upah dan harga output tertentu
berarti ....
1) konsumen menentukan kuantitas yang akan di jual kepada produsen
2) konsumen menentukan x yang akan di beli dari produk
3) kuantitas yang dikehendaki produsen sama dengan yang dikehendaki
konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar