Senin, 21 April 2014

Soal Teori Ekonomi Mikro 2



TUGAS MANDIRI
TEORI EKONOMI MIKRO II
(ESPA4311)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 76,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Yang dimaksud konsumen bertindak rasional dalam model advertensi Buchanan ....       
A.   memaksimumkan utilitas dengan pendapatan yang sudah tertentu
B.   kesetiaannya terhadap suatu merek tidak goyah oleh kegiatan advertensi yang lain
C.   alokasi pendapatan untuk konsumsi dipengaruhi oleh kegiatan advertensi produk barang konsumsi
D.   pola konsumsi ditentukan oleh kuat tidaknya  advertensi

2.   Model advertensi Buchanan menyatakan bahwa keseimbangan akan bertahan dalam jangka panjang jika tidak ada ....        
A.   profit
B.   profit normal
C.   profit abnormal
D.   return
     
3.    Rumusan tersebut, dalam model advertensi Chamberlin, adalah merupakan indeks ....
A.   advertensi
B.   harga
C.   relatif
D.   marginal cost

4.   Setiap kali perusahaan mengadakan pengeluaran advertensi pada suatu periode tertentu perusahaan menyesuaikan diri yang ideal secara gradual, adalah ini dari model advertensi ....
A.   marginalis
B.   managerial
C.   Buchanan
D.   distribusilog

5.   Kegiatan advertensi pada dasarnya merupakan penyampaian informasi sehingga ....
A.   permintaan inelastik
B.   permintaan elastik
C.   penawaran inelastik
D.   penawaran elastik

6.   Asumsi dasar yang membedakan model Boumol dengan marginalis adalah ....
A.   rasionalitas produsen
B.   teknologi tetap
C.   adanya pemisahan antara manajer dengan pemilik
D.   adanya pemisahan antar manajer

7.   Model Chamberlin mengenai advertensi mempunyai asumsi antara lain ....
A.   tidak ada hubungan erat antara biaya advertensi dengan pangsa pasar
B.   adanya hubungan erat antara biaya advertensi dengan pangsa pasar
C.   tujuan usaha bukan keuntungan maksimal
D.   spesifikasi produk harganya tidak tertentu

8.   Salah satu sebab model pengambilan keputusan tentang besarnya pengeluaran advertensi dikatakan marginalis karena model ini bertitik tolak dari asumsi bahwa sebuah perusahaan bertujuan ....
A.   mencari keuntungan maksimal
B.   mencari keuntungan normal
C.   memaksimalkan pemasangan iklan
D.   beroperasi pada biaya minimum

9.   Bila indeks kekuatan monopoli adalah k dan pedoman pengeluaran advertensi adalah A = KR dimana A adalah biaya advertensi dan R adalah pendapatan total, maka nilai dari k adalah ....
A.   k = 1
B.   k > 1
C.   k < 0
D.   0 < k < 1

10.   Biaya rata-rata akan bergeser karena dilaksanakan advertensi sehingga jarak vertikal lebar pada kuantitas barang sedikit dan menyempit pada kuantitas barang banyak. Hal ini karena biaya advertensi digolongkan sebagai ....
A.   biaya variabel dan biaya tetap
B.   biaya variabel
C.   biaya tetap
D.   tidak termasuk baik biaya variabel maupun biaya tetap

11.   Bila seluruh perusahaan menjalankan kegiatan advertensi dan promosi, maka akan menyebabkan ....
A.   banyak perusahaan yang pailit
B.   pangsa pasar semakin luas
C.   mencegah masuknya perusahaan lain
D.   otomatis profitnya akan meningkat
12.   Pada gambar di bawah ini menunjukkan bahwa perusahaan berada pada posisi ....
A.   p maksimum jangka pendek
B.   dampak adanya entry
C.   dampak adanya exit
D.   equilibrium jangka panjang

13.   Pada gambar di bawah ini menunjukkan dampak dari adanya ....
A.   masuknya perusahaan baru ke dalam pasar sehingga ACO naik
B.   keluarnya beberapa perusahaan dari pasar sehingga ACO’ naik
C.   pengaruh jangka waktu dalam proses produksi
D.   menurunnya biaya advertensi

14.   Menurut Neoklasik, adanya tambahan biaya yang digunakan untuk menaikkan mutu produk akan diikuti kenaikan ....
A.   penawaran
B.   marginal cost
C.   average cost
D.   permintaan

15.   Jika strategi produksi yang dilakukan adalah menaikkan kualitas produk dengan tujuan untuk menaikkan penjualan, maka yang bergeser ke atas ....
A.   AC dan MC
B.   MR dan MC
C.   AC dan MR
D.   AFC dan MC

16.   Dalam model perilaku perubahan kualitas produk termasuk keputusan yang bersifat ....
A.   strategis
B.   administrasi
C.   operasional
D.   administrasi dan operasional

17.   Gambar berikut ini adalah pola kemampuan bertahan suatu produk di pasar ....
A.   perubahan permintaan konsumen
B.   kecepatan permintaan konsumen
C.   biaya produksi
D.   biaya tetap

18.   Fase II pada soal no. 17 disebut fase ....
A.   transisi
B.   penyelesaian
C.   naik
D.   jenuh

19.   Fase III pada soal no. 17 disebut fase menurunnya ....
A.   permintaan pasar
B.   skala produksi
C.   keuntungan
D.   permintaan usaha

20.   Perubahan kualitas produk harus dilakukan jika product life cycle sudah mencapai tahap ....
A.   I
B.   II
C.   III
D.   IV

21.   Model perilaku mengelompokkan pengambilam keputusan menjadi tiga golongan besar yaitu ....
A.   strategis, ekonomis, administratif
B.   ekonomis, administratif, operasional
C.   strategis, administratif, operasional
D.   strategis, operasional, ekonomis

22.   Bila p = 400 dan besar AC = + 10 + 1,5 Q, maka titik optimal model neoklasik atau tercapai pada produksi sebesar ....
A.   130 unit
B.   142,5 unit
C.   266,66 unit
D.   280 unit

23.   Tujuan diskriminasi harga di pasar input adalah ....
A.   pembelian input agar biaya minimum
B.   alokasi pembelian input disegmen pasar sehingga biaya minimum
C.   menaikkan profit
D.   memaksimumkan output

24.   Bila harga input naik maka ....
A.   profit akan turun
B.   return akan turun
C.   TR - TC akan turun
D.   kuantitas input optimal turun

25.   Jika total variabel cost > total Revenue maka perusahaan ....
A.   masih lebih baik jika meneruskan usahanya
B.   sudah harus menutup usahanya
C.   bisa meneruskan atau menutup usahanya
D.   harus memaksimumkan outputnya

26.   Perusahaan dalam jangka pendek masih mampu untuk bertahan apabila ....
A.   TVIC < TRP
B.   PL .L + PK .K > TRP
C.   PL > ARP
D.   TFIC < TRP

27.   Pada gambar ini, kurva no. 2 merupakan kurva  yang menunjukkan besarnya ....
A.   MIC
B.   TRP
C.   TiC
D.   TP

28.   Jika monopolis dan monopsonis bertemu di pasar, maka yang menentukan harga ....
A.   kekuatan monopolis
B.   kekuatan monopsonist
C.   kekuatan tawar menawar kedua pihak
D.   bertemunya supply dan demand

29.   Diskriminasi harga di pasar input dapat dilakukan oleh ....
A.   monopolis
B.   monopsonis
C.   monopolis dan monopsonis
D.   bukan monopolis dan bukan monopsonis

30.   Input akan digunakan secara optimal jika ....
A.   MRP < MIC
B.   MRP < MIC
C.   TRP ¹ TIC
D.   MRP = MIC

31.   Soal no. 31 - 33 dijawab dari pernyataan berikut ini; seorang petani memiliki lahan 0,3 hektar lahan tersebut ditanami 2 jenis tanaman yaitu A dan B yang hubungan kedua produk dapat dilukiskan dalam suatu persamaan A = 16 - 0,01 B2. Harga produk A dan B, masing-masing Rp0,5 dan Rp0,25.
        Petani tersebut akan memproduksi A sebanyak ....
A.   9,75
B.   11,13
C.   25
D.   35,5

32.   Petani memproduksi B sebanyak ....
A.   9,75
B.   11,13
C.   25
D.   35,5

33.   Pendapatan petani adalah sebesar (dalam rupiah) ....
A.   9,75
B.   11,13
C.   25
D.   35,5

34.   Fungsi atau persamaan yang menggambarkan hubungan input atau kombinasi input-input dengan outputnya disebut fungsi ....
A.   korelasi
B.   konsumsi
C.   interaksi
D.   produksi

35.   Yang pertama kali mempersoalkan ada atau tidaknya keseimbangan umum itu ialah ....
A.   Bain
B.   Pareto
C.   Leon Walras
D.   Buchanan

36.   Apabila ada suatu himpunan harga yang dapat menyamakan permintaan dan penawaran sehingga terjadi keseimbangan dalam tiap produk dan faktor pasar serta saling konsisten, maka perekonomian yang demikian disebut dalam keadaan ....
A.   impas
B.   stabil
C.   keseimbangan umum
D.   keseimbangan parsial

37.   Yang pertama kali mempersoalkan ada atau tidaknya keseimbangan umum adalah ....
A.   Leon Walras
B.   K. Arrow
C.   G. Debreu
D.   James Quirk

38.   Yang pertama kali mempersoalkan ada tidaknya keseimbangan umum ....
        A.   Kaldor, abad 9
B.   Kaldor, abad 18
C.   Leon Walras, abad 19
D.   Leon Walras, abad 18

39.   Bila harga input mengalami kenaikan, maka akan menyebabkan ....
A.   kurva TRP turun
B.   kurva TIC akan naik
C.   MRP < MIC
D.   kurva MIC menurun
     
40.   Alokasi masukan antara para produsen menuntut syarat agar ....
A.   MRS antara setiap dua barang harus sama bagi semua konsumen
B.   MRTS antara tiap dua masukan harus sama bagi semua produsen
C.   MRS dan MRTS harus sama bagi tiap dua barang
D.   MRS dan MRTS harus sama

41.   Salah satu sebab mengapa tidak terdapat keseimbangan umum ialah ....
A.   adanya indivisibilitas
B.   adanya divisibilitas
C.   tidak adanya skala balik
D.   tidak adanya harga total

42.   Keseimbangan terjadi apabila ....
A.   terdapat indivisibilitas dan increasing return to scale
B.   tidak terdapat indivisibilitas dan terdapat increasing return to scale
C.   terdapat indivisibilitas dan tidak terdapat increasing return to scale
D.   tidak terdapat indivisibilitas dan tidak terdapat increasing return to scale

43.   Untuk mencapai manajemen yang baik dalam hal kualitas lingkungan dapat dibantu dengan ....
A.   analisis break even point
B.   feasibility study
C.   analisis investasi
D.   analisis biaya dan manfaat

44.   Pada flow chart penaksiran ongkos kerusakan sosial, pencemaran kualitas lingkungan terjadi karena akibat langsung dari ....
A.   aktivitas ekonomi
B.   emisi (pengeluaran)
C.   pengaruh pada individu dan alam
D.   nilai pengaruhnya pada individu dan alam

45.   Kurva transformasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali ....
A.   haya menjelaskan 2 macam output
B.   berslope positif
C.   MRT berslope negatif
D.   cekung ke arah titik 0

46.   Dalam teori konsumen penyelesaian masalah external dapat dilakukan dengan ....
A.   peraturan
B.   mekanisme pasar
C.   campur tangan pemerintah
D.   produsen konsumen

47.   Model pembangunan eco-development bertitik tolak pada anggapan bahwa ....
A.   manusia tidak pernah memperhatikan lingkungan
B.   lingkungan alam dapat dikelola sesuai kehendak manusia
C.   manusia hidup dalam hubungan yang selaras dengan lingkungan
D.   manusia tidak sadar akan perkembangan lingkungan

48.   Ongkos-ongkos yang diderita masyarakat karena akibat aktivitas suatu perusahaan disebut ongkos ....
A.   eksternal
B.   internal
C.   ekstra
D.   eksploitasi
49.   Suatu ilmu yang berorientasi pada pembangunan yang memperhatikan lingkungan hidup disebut ....
A.   eco-system
B.   eco-development
C.   development-planning
D.   social-development

50.   Ongkos di dalam ekonomi lingkungan dapat didefinisikan sebagai ....
A.   benefit foregone
B.   cost avoided
C.   utility
D.   social damage cost

51.   Bila dalam satu perekonomian terdapat seorang pembeli dan seorang penjual, keadaan tersebut dikenal sebagai ....
A.   Kartel
B.   Merger
C.   Bilateral Monopoly
D.   Monopoly parsial

52.   Untuk menganalisa bagaimana hubungan antara satu sektor dengan sektor lainnya di dalam kegiatan perekonomian dapat digunakan analisa ....
A.   Pollution chart
B.   Benefit cost analysis
C.   keseimbangan umum
D.   input-output

53.   Pembangunan yang memperhatikan unsur pentingnya lingkungan hidup dikenal dengan model ....
A.   Ecosystem
B.   Benefit cost analysis
C.   Ecodevelopment
D.   Social benefit

54.   Salah satu manfaat utama dari koperasi adalah external economies, hal ini disebabkan oleh ....
A.   dapat berperan lebih besar dalam mekanisme pasar
B.   dapat menurunkan biaya produksi
C.   kenaikkan produktivitas karena penyebaran informasi dan teknologi
D.   adanya tanggung jawab sosial dan kekeluargaan

55.   Jika di pasar hanya ada satu orang pembeli, maka koperasi dapat didirikan untuk ....
A.   membentuk monopoli, untuk menghadapi monopsoni
B.   mendapatkan economis of scale
C.   mendapatkan eksternal economis
D.   membentuk monopsoni untuk menghada-pi monopolis

56.   Koperasi bisa mempertahankan hidup dalam sistem kompetisi apabila ....
A.   mampu bersaing dengan bentuk usaha lain
B.   bila ada perlindungan khusus yang berupa peraturan-peraturan pemerintah untuk menghadapi lingkungan pasar monopsonistis
C.   sistem pembagian keuntungan cukup adil
D.   tidak ada perusahaan atau kerjasama lain di luar koperasi

57.   Bila suatu koperasi tidak memerlukan lagi sistem kuota produknya dan dapat mengkaitkan harga jual tanpa harus mengurangi output, maka koperasi tersebut bersifat ....
A.   bilateral monopoly
B.   monopoly
C.   kartel
D.   monoponi

58.   Apabila di dalam masyarakat terdapat produsen yang memproduksikan madu dari lebah dan tetangganya merupakan produsen tanaman buah-buahan.
        Maka interaksi dari kedua produsen di atas bersifat ....
A.   eksternalitas yang positif
B.   eksternalitas yang negatif
C.   tidak saling berpengaruh
D.   social cost bagi masyarakat lainnya

59.   Tujuan pembentukan koperasi dalam pasar persaingan sempurna adalah untuk ....
A.   memperbaiki posisi
B.   mengurangi persaingan
C.   membuat monopoli
D.   memperoleh economis of scale

60.   Kasus Price leadership dapat terjadi bila ....
A.   keanggotaan koperasi berbentuk kartel
B.   keanggotaan koperasi tidak mencakup seluruh produsen namun cukup kuat untuk mempengaruhi pasar
C.   koperasi bersifat monoponistis
D.   keanggotaan koperasi mencakup seluruh produsen namun tidak cukup kuat untuk mempengaruhi pasar

61.   Untuk menyelesaikan situasi seseorang menjadi worse off atau better off diukur dengan besarnya utilitas yang diperoleh dan konsumsi barang dan jasa. Alat analisa yang biasanya dipergunakan adalah ....
A.   teori produksi (fungsi produksi)
B.   kurva indiferens
C.   kurva transformasi
D.   kurva social benefit

62.   Monopsoni dikenal sebagai pembeli tunggal istilah ini biasanya disebut juga sebagai ....
A.   price takers
B.   price makers
C.   output takers
D.   output makers

63.   Dalam kasus bilateral monopoli, kurva penawaran koperasi ditunjukkan oleh kurva ....
A.   MFC
B.   AFC
C.   MR
D.   MC

64.   Bila terjadi jumlah pembeli (konsumen) yang sangat banyak dan tindakan-tindakannya tidak mempengaruhi harga pasar, maka keadaan pasar tersebut dikenal sebagai ....
A.   monopsoni
B.   monopoly
C.   kartel
D.   persaingan sempurna

65.   Ekuasi dari keseimbangan umum, keseimba-ngan terjadi pada pasar ....
A.   output
B.   input
C.   tenaga kerja
D.   yang satu sesuai dengan keseimbangan pada pasar yang lain

66.   Dari keseimbangan masing-masing konsu-men dapat diturunkan kurva ....
A.   indiferens
B.   anggaran
C.   total utilitas
D.   penawaran tenaga kerja

67.   Optimasi pareto merupakan syarat ....
A.   cukup untuk kesejahteraan
B.   perlu dan cukup untuk kesejahteraan
C.   perlu untuk efisiensi
D.   cukup untuk efisiensi
68.   Esensi dari keseimbangan di sektor konsumen ....
A.   jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta
B.   konsumen mencapai utilitas yang maksimum
C.   konsumen mempunyai pendapatan yang maksimum
D.   keseimbangan antara pendapatan dan penawaran kerja

69.   Masalah utama bagi konsumen dalam menghadapi ketidakpastian adalah ....
A.   menentukan penggunaan waktu untuk bekerja
B.   menentukan besarnya penghasilan yang akan dipakai untuk konsumsi
C.   menentukan leasure untuk menikmati penghasilan
D.   menentukan utilitas yang akan dicapai

70.   Dalam analisis ketidakpastian, harapan utilitas konsumen adalah merupakan utilitas yang ....
A.   maksimum
B.   diharapkan dapat diperoleh dari berbagai kemungkinan pendapatan
C.   diharapkan dapat dimaksimumkan dengan pendapatan tertentu
D.   optimum

71.   Menurut J.S Bain differensiasi produk yang dilakukan oleh suatu perusahaan berguna untuk ....
A.   menghambat pendatang baru masuk ke dalam pasar
B.   menghemat sumber-sumber penting
C.   memudahkan perusahaan lain untuk masuk pasar
D.   merangsang produsen untuk menentukan harga yang lebih tinggi

72.   Differensiasi produk merupakan suatu hambatan masuk ke dalam pasar. Yang tidak termasuk dalam contoh kategori ini adalah ....
A.   rokok
B.   minyak pelumas
C.   mobil
D.   air

73.   Hambatan masuk yang penting pada barang-barang kebutuhan umum adalah masalah ....
A.   skala ekonomi
B.   diferensiasi produk
C.   kebutuhan biaya besar
D.   rahasia



74.   Monopoli atau oligopoli dapat terjadi karena adanya pengaruh dari faktor-faktor berikut ini kecuali ....
A.   hak patent
B.   pengendalian sumber-sumber penting
C.   produsen bebas masuk pasar dengan mudah
D.   kebutuhan biaya yang besar

75.   Salah satu bentuk dari hambatan masuk pasar adalah ....
A.   strategi pemasaran
B.   differensiasi produk
C.   iklan
D.   strategi modal

76.   Hak patent akan suatu produk atau proses biasanya berlaku ....
A.   25 tahun
B.   10 tahun
C.   17 tahun
D.   15 tahun

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR 77  SAMPAI   83,   PILIHLAH:
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!

77.   Menurut Chamberlin, kegiatan advertensi hanya berdampak meningkatkan kuantitas yang terjual,
sebab                       
menurut Chamberlin, monopoli diukur dengan kemampuan menetap harga.

78.   Kegiatan advertensi cenderung mempertahankan bentuk pasar oligopoli,
sebab                       
kegiatan advertensi menghambat entry.

79.   Konsentrasi industri dapat disebabkan oleh strategi produk,
sebab                       
strategi produk akan mengakibatkan bertahannya bentuk pasar oligopoli.

80.   Kalau pasar dalam keadaan tidak kompetitif sempurna maka di jamin tidak ada titik keseimbangan umum,
sebab                       
suatu perekonomian yang kompetitif sempurna mempunyai implikasi pada kesejahteraan masyarakat dan efisien.

81.   Salah satu cara mengendalikan pencemaran adalah menentapkan standar lingkungan,
sebab                       
dari sudut ekonomi besarnya ongkos untuk mencapai standar lingkungan adalah penting.

82.   Ketidakpastian yang dihadapi produsen pada dasarnya sama yaitu menyangkut revenue,
sebab                       
konsumen menginginkan fasilitas dan produsen menginginkan pay off.

83.   Untuk menghadapi ketidak pastian, perlu dibantu dengan analisis probabilitisa,
sebab                       
untuk menghadapi ketidak pastian perlu adanya strategi yang benar.


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   84   SAMPAI   90,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
84.   Titik tolak model advertensi marginal ....
1)   perusahaan bertujuan memaksimumkan profit
2)   advertensi dilakukan sampai  mencapai marginal profit = 0
3)   keputusan berdasarkan evaluasi dampak marginal advertensi terhadap profit

85.   Dampak penggunaan produk sebagai variabel strategis ....
1)   kemajuan teknis
2)   konsumerisme
3)   konsentrasi industri

86.   Strategi produk akan mengakibatkan pemborosan sumber daya ekonomi jika perubahan kualitas ....
1)   bersifat mengada-ada
2)   membutuhkan investasi yang sangat tinggi
3)   sekedar untuk menyayangi

87.   Ciri-ciri utama neoklasik dalam teori produksi adalah asumsi ....
1)   produsen bertujuan mencapai profit maksimum
2)   informasi lengkap (rasionalitas konsumen)
3)   struktur biaya yang seragam

88.   Penggunaan input sudah optimal jika menghasilkan ....
1)   profit maksimum
2)   penerimaan
3)   TR - TC maksimum

89.   Secara ekonomi, keuntungan berkoperasi adalah ....
1)   harga jual dan harga beli
2)   economis of scale
3)   external economis

90.   Keseimbangan umum pada tingkat upah dan harga output tertentu berarti ....
1)   konsumen menentukan kuantitas yang akan di jual kepada produsen
2)   konsumen menentukan x yang akan di beli dari produk
3)   kuantitas yang dikehendaki produsen sama dengan yang dikehendaki konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar