TUGAS MANDIRI
DASAR-DASAR PENYULUHAN PERTANIAN
(LUHT4211)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 27, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Perkembangan penyuluhan pertanian di- Amerika
Serikat pada awalnya ditandai dengan ....
A. sumbangan pemerintah kepada setiap negara
bagian berupa lahan pertanian untuk perkebunan
B. sumbangan pemerintah kepada setiap negara
bagian berupa lahan pertanian untuk laboratorium
C. keberhasilan pemerintah melalui pena-naman
dalam demplot
D. keberhasilan pemerintah melalui pena-naman di
rumah kaca
2. Penandatanganan Land-Grant Act oleh Pre-siden
AS, Abraham Lincoln dilaksakan pada tahun ....
A. 1682
B. 1628
C. 1862
D. 1962
3. Tujuan pendirian Extension Service di
Ame-rika Serikat pada tahun 1914 adalah ....
A. menyebarkan dan mendorong penerapan informasi
yang berguna dan praktis
B. mengkaji perkembangan masalah per-tanian
C. mendukung dan memanfaatkan kegiatan
laboratorium
D. menyusun undang-undang pertanian
4. Dalam perkembangan penyuluhan pertanian di
Inggris pada masa menjelang perang dunia ke dua, sektor pertanian di Inggris
....
A. seratus persen dipenuhi dengan mengim-por
B. dua pertiga mampu dipenuhi, sisanya di-penuhi
dengan mengimpor
C. sepertiga mampu dipenuhi, dua pertiga
dipenuhi dengan mengimpor
D. seratus persen mampu dipenuhi sendiri
5. Sampai dengan awal abad 19, upaya
mem-perbaiki produksi pertanian di Indonesia dila-kukan dengan sistem ....
A. pangreh praja
B. tumpang sari
C. tanam paksa
D. tanam baru
6. Pengertian penyuluhan pertanian sebagai suatu
sistem pendidikan di luar sekolah untuk keluarga petani di pedesaan dikemukakan
oleh ....
A. Soemodiwirjo
B. Mardikanto
C. Wiriaatmadja
D. Leagans
7. Pernyataan yang benar berikut ini adalah ....
A. pendidikan formal mempunyai jangka waktu yang
lebih singkat dibanding pendi-dikan non formal
B. jadwal pelaksanaan pendidikan non for-mal
terstruktur
C. pendidikan non formal mempunyai kuri-kulum
yang fleksibel, tergantung kebu-tuhan sasaran
D. materi pendidikan formal tergantung
ke-butuhan dan masalah yang dihadapi sa-saran
8. Aliran yang sering digolongkan ke dalam
falsafah tradisional adalah ....
A. Perenialisme
B. Idealisme
C. Realisme
D. Progresivisme
9. Menumbuhkan kemampuan untuk melakukan proses
pemecahan masalah pada sasaran didik adalah implikasi tujuan pendidikan menurut
aliran ....
A. idealisme
B. rekonstruksionisme
C. pragmatisme
D. realisme
10. Pentingnya sasaran didik untuk selalu dapat
mengikuti dan menyesuaikan dengan peru-bahan yang terjadi di sekitarnya
termasuk salah satu falsafah pendidikan ....
A. pentingnya individu
B. demokrasi
C. kerjasama
D. kontinyu (terus-menerus)
11. Prinsip mengerjakan, akibat, dan asosiasi adalah prinsip
penyuluhan pertanian menurut ....
A. Mardikanto
B. Leagans
C. Wiriaatmadja
D. Dahama dan Bhatnagar
12. Penyuluhan pertanian seyogyanya diseleng-garakan menurut
keadaan-keadaan yang nya-ta, merupakan salah satu prinsip penyuluhan pertanian
menurut ....
A. Wiriaatmadja
B. Padmowihardjo
C. Mardikanto
D. Leagans
13. Salah satu tujuan pemerintah dalam sistem penyuluhan pertanian
adalah ....
A. mengusahakan pertanian yang berke-lanjutan
B. memberikan program-program melalui pendekatan top down
C. melakukan pendekatan yang humanistik
D. mengoptimalkan sumber daya yang ada
14. Menyiapkan tenaga subprofesional dan profe-sional dalam
pelaksanaan program penyu-luhan adalah salah satu peran lembaga ....
A. agribisnis
B. penelitian
C. pemerintah
D. pendidikan
15. Subsistem hulu, pertanian primer, agribisnis hilir, dan penunjang
termasuk empat subsis-tem yang terdapat pada ....
A. kelembagaan petani
B. lembaga penelitian
C. kelembagaan sistem agribisnis
D. lembaga pendidikan
16. Komponen yang berfungsi dan berperan se-cara langsung sebagai
pihak yang mela-kukan perubahan perilaku sasaran adalah komponen ....
A. peraturan
B. penyuluhan
C. pemasaran
D. penelitian
17. Berdasarkan statusnya, penyuluh lapangan adalah ....
A. tenaga profesional yang bersertifikat
B. “otak” penyuluhan
C. tenaga amatir yang dipilih
D. tenaga sub profesional yang bersertifikat
18. Falsafah pembangunan pertanian yang paling sulit diterapkan adalah
pembangunan perta-nian ....
A. yang berkelanjutan dan ramah lingkungan
B. sebagai panduan sistematik karya inter-sektoral
C. sebagai refleksi wawasan agribisnis
D. pembangunan sebagai peningkatan kese-jahteraan petani dan
keluarganya
19. Berikut ini yang tidak berhubungan dengan suatu sistem
adalah ....
A. pola/rangkaian
B. kebebasan
C. kebersamaan
D. hubungan yang memiliki aturan
20. Dalam kegiatan penyuluhan pertanian, sa-saran penyuluhan menduduki
posisi sebagai penerima, apabila ....
A. pendekatan yang dilakukan bersifat parti-sipatif
B. sasaran yang memberikan informasi-informasi yang ditampung oleh
penyuluh
C. kegiatan yang dilakukan adalah pengin-troduksian teknologi baru
D. pendekatan yang dilakukan dari bawah ke atas
21. Agar petani-nelayan mampu mengupayakan yang terbaik dan paling
menguntungkan bagi mereka, maka ....
A. keputusan pembangunan pertanian khu-susnya usahatani dikembalikan
pada petani-nelayan
B. pendekatan penyuluhan pertanian harus bersifat terpusat
C. petani-nelayan dituntut menuruti kebi-jakan-kebijakan dari atas
D. pemerintah memperlakukan petani-nelayan sebagai objek pembangunan
pertanian
22. Yang bukan merupakan ciri-ciri masyarakat di pedesaan
adalah ....
A. mempunyai pola hubungan yang keke-luargaan bersifat intim dan awet
B. memiliki mobilitas sosial yang rendah
C. merupakan masyarakat yang homogen
D. mempunyai populasi keluarga yang kecil
23. Metode penyuluhan apapun yang diterapkan oleh penyuluh tidak akan
berjalan dengan mulus apabila ....
A. sasaran tidak canggung berdekatan/ber-temu penyuluh
B. penyuluh telah benar-benar mengenal sasarannya
C. antara penyuluh dengan sasaran masih ada “jarak”
D. penyuluh telah meneliti keadaan sasaran yang akan disuluhnya
24. Berikut ini yang bukan termasuk faktor eksternal yang mempengaruhi
perilaku sa-saran adalah ....
A. pengetahuan sejak kecil
B. adat istiadat
C. keyakinan yang dianut
D. kondisi fisik lingkungan
25. Bila seorang penyuluh mampu menerapkan strategi yang dapat
menggerakkan sasaran, sehingga berdampak pada tertariknya sa-saran dalam
mencoba ide-ide baru, maka penyuluh tersebut mampu berperan sebagai ....
A. organisator
B. fasilitator
C. motivator
D. dinamisator
26. Mampu menghayati profesi sebagai penyuluh adalah salah satu
kualifikasi yang harus dimiliki oleh penyuluh dalam hal kemampuan ....
A. berkomunikasi
B. bersikap
C. pengetahuan
D. karakteristik sosial budaya sesuai sasaran
27. Dinas Penyuluhan Pertanian pada masa se-belum kemerdekaan di
Indonesia didirikan pada tahun ....
A. 1911
B. 1912
C. 1913
D. 1914
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 28
SAMPAI 45, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
28. Keberhasilan suatu penyuluhan pertanian ditentukan oleh ....
1) jumlah penyuluh pertanian
2) profesionalitas penyuluh pertanian dan kualitas hasil penelitian
3) kemauan masyarakat petani untuk mela-kukan perbaikan dan dukungan
peme-rintah
29. Berikut ini yang termasuk kegiatan utama penyuluhan pertanian
adalah ....
1) memfasilitasi proses pembelajaran petani dan keluarganya,
masyarakat pertanian dan pelaku agribisnis lainnya
2) membantu menciptakan iklim usaha yang menguntungkan
3) menjadi perpustakaan bagi petani
30. Penyuluhan sebagai proses pendidikan meli-puti hal-hal berikut
....
1) sasaran didiknya adalah orang dewasa sehingga penyuluhan harus
sesuai de-ngan karakteristik orang dewasa
2) penyuluhan harus menerapkan falsafah dan prinsip-prinsip
pendidikan
3) penyuluhan adalah proses mengubah perilaku seseorang agar hidup
lebih baik dan meningkat kualitas hidupnya
31. Berikut ini ilmu yang terkait dengan proses penyuluhan adalah ilmu
....
1) pendidikan
2) sosiologi
3) komunikasi
32. Peran penyuluhan dalam pembangunan meli-puti antara lain sebagai
....
1) katalis
2) perantara
3) penemu solusi
33. Tujuan pembangunan pertanian meliputi ....
1) meningkatkan kesejahteraan petani dan keluarganya
2) membangun lingkungan yang seimbang dan berkelanjutan
3) membangun pertanian berorientasi keke-luargaan
34. Konsep diri yang dimiliki orang dewasa ada-lah ....
1) bertanggungjawab terhadap perbuatannya yang salah atau benar
2) sadar akan tugas dan perannya
3) mampu mengambil keputusan
35. Kegiatan mencari kebenaran akan mendo-rong seseorang untuk ....
1) memiliki kemauan dan kebutuhan men-cari fakta-fakta dan
nilai-nilai kehidupan baru yang lebih baik
2) menelaah dan menginterpretasikan nilai-nilai kehidupan
3) membentuk karakter dan mengembang-kan bakatnya
36. Menurut aliran idealisme, kurikulum pendi-dikan harus bersifat
....
1) practical education
2) research education
3) liberal education
37. Aliran falsafah umum yang berkembang sam-pai saat ini adalah ....
1) idealisme
2) realisme
3) pragmatisme
38. Prinsip mempunyai sifat-sifat ....
1) berlaku umum
2) dapat diterima secara umum
3) telah diyakini kebenarannya
39. Penyuluh ahli adalah orang yang bertanggung jawab atas penyusunan
program atas dasar ....
1) analisis usahatani
2) analisis pasar
3) pertimbangan teknologi
40. Hal-hal yang berkaitan dengan penyuluh per-tanian adalah ....
1) memiliki kemampuan teknis untuk meng-ubah perilaku petani
2) memiliki kemampuan pengetahuan ten-tang teknik-teknik pertanian
3) berfungsi sebagai fasilitator, dinamisator, dan organisator
41. Beberapa teknik bekerja sama dalam sistem penyuluhan pertanian
antara lain ....
1) mengakui kesalahan
2) membuat ide atau saran yang berkesan
3) membuat kerangka berpikir yang dapat diterima
42. Sasaran utama dalam penyuluhan pertanian adalah ....
1) petani-nelayan dan keluarganya
2) sasaran yang secara langsung terlibat dalam kegiatan bertani dan
pengelolaan usahatani
3) mereka yang selalu terlibat dalam proses pengambilan keputusan
terakhir
43. Berikut ini yang termasuk kelompok petani berpendapatan sangat
rendah adalah ....
1) transmigran
2) petani-nelayan kecil
3) suku terasing
44. Contoh program penyuluhan yang memper-timbangkan aspek
sosio-kultural yang ada dalam masyarakat sasaran adalah ....
1) praktek pertanian dilakukan di tempat pemimpin masyarakat
2) melakukan kunjungan pada nelayan di pagi hari
3) pertemuan penyuluhan dilakukan pada hari selain Jum’at
45. Organisasi penyuluhan melalui Padi Sentra mempunyai kewajiban
untuk ....
1) menyediakan kredit sarana produksi bagi petani
2) melakukan kegiatan penyuluhan secara teknis
3) menyediakan pinjaman uang pada penyu-luh
Kalau bisa di masukan dengan kunci jawabannya
BalasHapustak ada kunci jawabannya kah?
BalasHapuskasih tau kunci jawabannya donk...
BalasHapus