TUGAS MANDIRI
PENDIDIKAN ORANG DEWASA
(LUHT4108)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 34, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Konsep life
long education sejalan dengan konsep ....
A. pedagogi
B. andragogi
C. antropologi
D. geologi
2. Fokus utama dari andragogi adalah belajar
dilakukan secara ....
A. kontinyu melalui kegiatan di kelas
B. kontinyu dari semua pengalaman dan kegiatan
manusia
C. periodik yang diberikan oleh pengajar yang
handal
D. sporadis tergantung pada kebutuhan
3. Filsafat yang tidak sesuai dan
berkaitan dengan pendidikan orang dewasa adalah ....
A. asah, asih, asuh
B. menyosoh beras
C. tut wuri handayani
D. botol kosong
4. Seseorang dapat dikatakan sudah dewasa
apabila ....
A. umurnya sudah akil baliq dan berakal sehat
B. mempunyai pikiran yang cerdas dan daya nalar
yang tinggi
C. mampu mengemban tanggung jawab dan mengambil
keputusan
D. mampu mengalihkan perhatian dan mencari
pembenaran bila terjadi kesalahan
5. Kesadaran terhadap kebutuhan bagi orang
dewasa akan menjadi sumber kesiapan untuk belajar. Hal ini termasuk ciri
kedewasaan menurut konsep ....
A. diri
B. pengalaman
C. orientasi belajar
D. kesiapan belajar
6. Pembelajaran petani dalam penyuluhan pertanian
sebagai bentuk dari andragogi akan jelas membawa petani dari situasi ”dimana
kita sekarang” dan ”kemana kita akan pergi” terdapat dalam konsep ....
A. perspektif waktu
B. pengalaman
C. diri
D. kesiapan belajar
7. Gambaran kegiatan-kegiatan yang paling cocok
dilakukan seseorang untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam kegiatan
pembelajaran disebut ....
A. strategi pembelajaran
B. kiat pembelajaran
C. gaya pembelajaran
D. teknik pembelajaran
8. Untuk menyusun dan mengembangkan kegiatan
pembelajaran yang efektif dan efisien, maka gaya pembelajaran pelajar sebaiknya
....
A. tidak memiliki gaya pembelajaran yang dominan
B. memiliki satu gaya pembelajaran yang dominan
C. memiliki dua gaya pembelajaran yang dominan
D. memiliki tiga gaya pembelajaran yang seimbang
9. Manusia yang mampu menggunakan secara optimum
semua sumber daya alam yang dikaruniakan Allah SWT kepadanya tanpa meminta
bantuan material kepada orang lain disebut mandiri ....
A. pembinaan
B. intelektual
C. material
D. finansial
10. Pernyataan yang menggambarkan kegiatan
pembelajaran yang termasuk gaya pembelajaran kerjasama (collaborative) adalah ....
A. pengajar
dan pelajar bersama-sama turut aktif dalam kegiatan pembelajaran
B. diterapkan
dan dikembangkan teknik evaluasi self
Assessment Inner Learning
C. pengajar
berperan sebagai ekspert pembelajaran
D. pengajar
tidak harus memaksakan pendapatnya, tetapi dapat memberi masukkan bila
diperlukan
11. Pengajar
sebaiknya memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk menilai dan
memutuskan apakah pembelajaran yang telah dilaksanakan berhasil atau tidak. Hal
tersebut merupakan gaya pembelajaran ....
A. collaborative
B. independent
C. dependent
D. individual
12. Gaya
pembelajaran yang paling sesuai untuk pendidikan orang dewasa agar dapat
menghasilkan manusia yang mandiri adalah gaya pembelajaran ....
A. dependent
B. indenpendent
C. collaborative
D. individual
13. Dalam
pendidikan orang dewasa yang ingin dihasilkan adalah manusia yang mandiri,
yaitu mandiri secara berikut ini, kecuali ....
A. finansial
B. intelektual
C. material
D. pembinaan
14. ”Manusia
dapat mengembangkan dirinya tanpa harus menunggu datangnya pengajar dari luar”,
merupakan ciri-ciri manusia mandiri ....
A. secara
material
B. secara
intelektual
C. dalam
pembinaan
D. secara
sosial
15. Manusia
yang mampu mengkritisi keadaan yang ada di sekitarnya tanpa dihantui rasa
takut, dan mampu mengemukakan pendapatnya tanpa merasa ada tekanan merupakan
ciri-ciri manusia mandiri ....
A. secara
sosial
B. secara
intelektual
C. secara
finansial
D. dalam
pembinaan
16. Teknik
evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi apakah hasil pembelajaran sudah
berhasil atau belum disebut ....
A. Self Assessment Inner learning
B. Active Learning
C. Discovery Learning
D. Progressive Learning
17. Gaya
pembelajaran yang peranan pelajar dan pengajarnya seimbang adalah gaya
pembelajaran ....
A. collaborative
B. dependent
C. interactive
D. independent
18. Interaksi
merupakan inti dari proses kegiatan pembelajaran ....
A. pedagogi
B. andragogi
C. intrapersonal
D. individual
19. Inti
dari pedagogi adalah adanya ....
A. tranfer
ilmu
B. interaksi
C. komunikasi
D. diskusi
20. Yang
menjadi faktor penentu keberhasilan seseorang dalam melakukan interaksi dengan
orang lain adalah ....
A. gaya
pembelajaran seseorang
B. pola
pikir seseorang
C. corak
kepribadian seseorang
D. penampilan
fisik seseorang
21. Segi
kuat dan segi lemah seseorang akan terlihat bila kita mengenal ....
A. gaya
pembelajaran
B. pola
pikirnya
C. penampilan
fisiknya
D. corak
kepribadiannya
22. Kombinsi
yang menggambarkan corak kepribadian Ternuka (B), Idealis (I), Pemikir (F), dan
Kontroler (K) adalah ....
A. TPRK
B. BIFK
C. BI/PRK
D. TI/PR/FK
23. TPRM
artinya orang yang memiliki corak kepribadian ....
A. tertutup,
idealis, perasa, kontroler
B. terbuka,
praltisi, perasa, kontroler
C. terbuka,
praktisi, pemikir, mediator
D. tertutup,
praktisi, perasa, mediator
24. “Skeptis”
merupakan segi lemah corak kepribadian ....
A. praktisi
B. perasa
C. mediator
D. idealis
25. Mampu
bekerja sendiri merupakan segi kuat corak kepribadian ....
A. idealis
B. terbuka
C. tertutup
D. perasa
26. Suasana
pembelajaran orang dewasa yang tidak mengancam menggambarkan ....
A. suasana
keterbukan dalam pembelajaran
B. suasana
yang mengakui corak kepribadian
C. suasana
yang membenarkan adanya perbedaan dalam pembelajaran
D. saling
asah, asih dan asuh antara warga belajar
27. Dalam
kegiatan pembelajaran pendidikan orang dewasa semua peserta harus mengambil
bagian secara aktif dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran.
Hal ini berkaitan dengan prinsip ....
A. kebersamaan
B. partisipasi
C. keswadayaan
D. kesinambungan
28. Pengajar
dan pelajar mempunyai kedudukan “duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi”,
merupakan salah satu prinsip pendidikan orang dewasa yaitu prinsip ....
A. kemitraan
B. kebersamaan
C. partisipasi
D. keswadayaan
29. Pendidikan
orang dewasa bertujuan untuk menghasilkan manusia mandiri, yang mampu melakukan
perannya sebagai subjek. Hal ini berkaitan pada salah satu prinsip pendidikan
orang dewasa yaitu prinsip ....
A. kemitraan
B. kebersamaan
C. partisipasi
D. keswadayaan
30. Prinsip
manfaat pada pendidikan orang dewasa menjamin ....
A. kesinambungan
materi yang dipelajari
B. kesesuaian
materi yang dipelajari dengan kebutuhan pelajar
C. kesiapan
mental dan fisik pelajar
D. kesesuaian
materi yang dipelajari dengan spesifik lokal
31. Retensi
tertinggi dapat dicapai oleh petani apabila fasiltator menyampaikan materinya
dalam bentuk ....
A. kata-kata
B. visual
C. kombinasi
kata dan visual
D. daya
khayal
32. Metode
yang paling efektif dalam pembelajaran pada pendidikan orang dewasa adalah ....
A. slide
B. rekaman
C. pengalaman
nyata
D. ceramah
33. Metode
yang paling tidak efektif dalam pembelajaran pada pendidikan orang
dewasa adalah ....
A. silde
B. rekaman
C. pengalaman
nyata
D. ceramah
34. Kedudukan
penyuluh menurut implikasi konsep diri dalam kegiatan pendidikan orang dewasa
adalah sebagai ....
A. pengajar
B. atasan
C. mitra
belajar
D. instruktur
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 35 SAMPAI
45, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA
1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
35. Pernyataan
dibawah ini yang sesuai dengan konsep andragogi adalah ....
1) konsep
life long education
2) proses
memfasilitasi untuk mencari dan menemukan ilmu pengetahuan dalam kehidupan
3) konsep
hidup adalah proses belajar
36. Pernyataan
di bawah ini sesuai dengan konsep pedagogi ....
1) mempunyai
konsep belajar sepanjang hayat dan belajar dari pengalaman
2) proses
transfer ilmu pengetahuan yang dibatasi oleh rentang waktu tertentu
3) pendidikan
adalah pembelajaran yang berlangsung di ruangan kelas dan terdapat seorang
pengajar
37. Dalam
proses pendidikan orang dewasa, seseorang yang memiliki kejiawaan dewasa akan
bertindak sebagai berikut ....
1) belajar
merupakan kegiatan mengisi waktu sebelum mendapat pekerjaan
2) orang
dewasa menyadari dan menjalankan semua tugas dan perannya sebagai pelajar
3) belajar
adalah kebutuhan yang harus dipenuhi setiap saat
38. Konsep
yang dapat kita pergunakan untuk membedakan antara orang dewasa dan anak-anak
adalah konsep ....
1) kesiapan
belajar
2) tabularasa
3) pengalaman
39. Ciri
kedewasaan seseorang ditinjau dari konsep diri, yaitu ....
1) kesadaran
terhadap tugas dan perannya
2) otonomi
dalam mengambil keputusan
3) pengalaman
hidupnya menjadi sumber belajar yang baik
40. Hal-hal
yang perlu dikembangkan dalam kegiatan penyuluhan pertanian menurut implikasi konsep
pengalaman adalah ....
1) komunikasi
ke segala arah
2) teknik
pembelajaran experiential
3) belajar
sambil bekerja
41. Menurut
konsep kesiapan belajar dalam kegiatan penyuluhan pertanian, implikasi yang
perlu diterapkan adalah ....
1) petani
dalam kegiatan belajar dikelompokkan berdasarkan minat
2) penyuluh
sebagai kurator yang merupakan sumber acuan belajar
3) penyuluh
sebagai fasilitator membantu petani untuk menentukan kebutuhan pembelajaran
42. Sistem
dan teknik pendidikan orang dewasa sangat cocok diterapkan dalam penyuluhan
pertanian, karena pelajar ....
1) mengelompokkan
diri berdasarkan minat yang didasari oleh kesamaan kebutuhan
2) mengedepankan
“self indenpent learning”
3) mempunyai
konsep perspektif waktu “learning by doing”
43. Pernyataan
berikut menggambarkan kegiatan-kegiatan pembelajaran yang termasuk gaya
pembelajaran tergantung (dependent) ....
1) kegiatan
pembelajaran secara detail sudah dirancang oleh pengajar, tanpa sepengetahuan
individu yang akan diajar
2) pelajar
lebih dahulu menyerap pelajaran apabila pengajar menyampaikan materi kuliah
dengan demontrasi, serta memberi kesempatan untuk tanya jawab secara aktif
3) diskusi
dan pembahasan materi pembelajaran menggunakan komunikasi segala arah
44. Yang
termasuk segi kuat kepribadian terbuka adalah ....
1) senang
bergaul
2) adil
3) tidak
pernah merahasiakan sesuatu
45. Interaksi
antar manusia akan terjadi bila ada ....
1) kontak
2) tempat
pertemuan
3) komunikasi
Mana kunci jawabannya
BalasHapus