Jumat, 16 Mei 2014

Soal Pendidikan Orang Dewasa



TUGAS MANDIRI
PENDIDIKAN ORANG DEWASA
(LUHT4108)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 34,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Konsep life long education sejalan dengan konsep ....
A.   pedagogi
B.   andragogi
C.   antropologi
D.   geologi

2.   Fokus utama dari andragogi adalah belajar dilakukan secara ....
A.   kontinyu melalui kegiatan di kelas
B.   kontinyu dari semua pengalaman dan kegiatan manusia
C.   periodik yang diberikan oleh pengajar yang handal
D.   sporadis tergantung pada kebutuhan
     
3.   Filsafat yang tidak sesuai dan berkaitan dengan pendidikan orang dewasa adalah ....
A.   asah, asih, asuh
B.   menyosoh beras
C.   tut wuri handayani
D.   botol kosong

4.   Seseorang dapat dikatakan sudah dewasa apabila ....
A.   umurnya sudah akil baliq dan berakal sehat
B.   mempunyai pikiran yang cerdas dan daya nalar yang tinggi
C.   mampu mengemban tanggung jawab dan mengambil keputusan
D.   mampu mengalihkan perhatian dan mencari pembenaran bila terjadi kesalahan

5.   Kesadaran terhadap kebutuhan bagi orang dewasa akan menjadi sumber kesiapan untuk belajar. Hal ini termasuk ciri kedewasaan menurut konsep ....
A.   diri
B.   pengalaman
C.   orientasi belajar
D.   kesiapan belajar

6.   Pembelajaran petani dalam penyuluhan pertanian sebagai bentuk dari andragogi akan jelas membawa petani dari situasi ”dimana kita sekarang” dan ”kemana kita akan pergi” terdapat dalam konsep ....
A.   perspektif waktu
B.   pengalaman
C.   diri
D.   kesiapan belajar

7.   Gambaran kegiatan-kegiatan yang paling cocok dilakukan seseorang untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam kegiatan pembelajaran disebut ....
A.   strategi pembelajaran
B.   kiat pembelajaran
C.   gaya pembelajaran
D.   teknik pembelajaran

8.   Untuk menyusun dan mengembangkan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien, maka gaya pembelajaran pelajar sebaiknya ....
A.   tidak memiliki gaya pembelajaran yang dominan
B.   memiliki satu gaya pembelajaran yang dominan
C.   memiliki dua gaya pembelajaran yang dominan
D.   memiliki tiga gaya pembelajaran yang seimbang

9.   Manusia yang mampu menggunakan secara optimum semua sumber daya alam yang dikaruniakan Allah SWT kepadanya tanpa meminta bantuan material kepada orang lain disebut mandiri ....
A.   pembinaan
B.   intelektual
C.   material
D.   finansial

10.  Pernyataan yang menggambarkan kegiatan pembelajaran yang termasuk gaya pembelajaran kerjasama (collaborative) adalah ....
A.   pengajar dan pelajar bersama-sama turut aktif dalam kegiatan pembelajaran
B.   diterapkan dan dikembangkan teknik evaluasi self Assessment Inner Learning
C.   pengajar berperan sebagai ekspert pembelajaran
D.   pengajar tidak harus memaksakan pendapatnya, tetapi dapat memberi masukkan bila diperlukan
11.   Pengajar sebaiknya memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk menilai dan memutuskan apakah pembelajaran yang telah dilaksanakan berhasil atau tidak. Hal tersebut merupakan gaya pembelajaran ....
A.   collaborative
B.   independent
C.   dependent
D.   individual

12.   Gaya pembelajaran yang paling sesuai untuk pendidikan orang dewasa agar dapat menghasilkan manusia yang mandiri adalah gaya pembelajaran ....
A.   dependent
B.   indenpendent
C.   collaborative
D.   individual

13.   Dalam pendidikan orang dewasa yang ingin dihasilkan adalah manusia yang mandiri, yaitu mandiri secara berikut ini, kecuali ....
A.   finansial
B.   intelektual
C.   material
D.   pembinaan

14.   ”Manusia dapat mengembangkan dirinya tanpa harus menunggu datangnya pengajar dari luar”, merupakan ciri-ciri manusia mandiri ....
A.   secara material
B.   secara intelektual
C.   dalam pembinaan
D.   secara sosial

15.   Manusia yang mampu mengkritisi keadaan yang ada di sekitarnya tanpa dihantui rasa takut, dan mampu mengemukakan pendapatnya tanpa merasa ada tekanan merupakan ciri-ciri manusia mandiri ....
A.   secara sosial
B.   secara intelektual
C.   secara finansial
D.   dalam pembinaan

16.   Teknik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi apakah hasil pembelajaran sudah berhasil atau belum disebut ....
A.   Self Assessment Inner learning
B.   Active Learning
C.   Discovery Learning
D.   Progressive Learning

17.   Gaya pembelajaran yang peranan pelajar dan pengajarnya seimbang adalah gaya pembelajaran ....
A.   collaborative
B.   dependent
C.   interactive
D.   independent

18.   Interaksi merupakan inti dari proses kegiatan pembelajaran ....
A.   pedagogi
B.   andragogi
C.   intrapersonal
D.   individual

19.   Inti dari pedagogi adalah adanya ....
A.   tranfer ilmu
B.   interaksi
C.   komunikasi
D.   diskusi

20.   Yang menjadi faktor penentu keberhasilan seseorang dalam melakukan interaksi dengan orang lain adalah ....
A.   gaya pembelajaran seseorang
B.   pola pikir seseorang
C.   corak kepribadian seseorang
D.   penampilan fisik seseorang

21.   Segi kuat dan segi lemah seseorang akan terlihat bila kita mengenal ....
A.   gaya pembelajaran
B.   pola pikirnya
C.   penampilan fisiknya
D.   corak kepribadiannya

22.   Kombinsi yang menggambarkan corak kepribadian Ternuka (B), Idealis (I), Pemikir (F), dan Kontroler (K) adalah ....
A.   TPRK
B.   BIFK
C.   BI/PRK
D.   TI/PR/FK

23.   TPRM artinya orang yang memiliki corak kepribadian ....
A.   tertutup, idealis, perasa, kontroler
B.   terbuka, praltisi, perasa, kontroler
C.   terbuka, praktisi, pemikir, mediator
D.   tertutup, praktisi, perasa, mediator

24.   “Skeptis” merupakan segi lemah corak kepribadian ....
A.   praktisi
B.   perasa
C.   mediator
D.   idealis


25.   Mampu bekerja sendiri merupakan segi kuat corak kepribadian ....
A.   idealis
B.   terbuka
C.   tertutup
D.   perasa

26.   Suasana pembelajaran orang dewasa yang tidak mengancam menggambarkan ....
A.   suasana keterbukan dalam pembelajaran
B.   suasana yang mengakui corak kepribadian
C.   suasana yang membenarkan adanya perbedaan dalam pembelajaran
D.   saling asah, asih dan asuh antara warga belajar

27.   Dalam kegiatan pembelajaran pendidikan orang dewasa semua peserta harus mengambil bagian secara aktif dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Hal ini berkaitan dengan prinsip ....
A.   kebersamaan
B.   partisipasi
C.   keswadayaan
D.   kesinambungan

28.   Pengajar dan pelajar mempunyai kedudukan “duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi”, merupakan salah satu prinsip pendidikan orang dewasa yaitu prinsip ....
A.   kemitraan
B.   kebersamaan
C.   partisipasi
D.   keswadayaan

29.   Pendidikan orang dewasa bertujuan untuk menghasilkan manusia mandiri, yang mampu melakukan perannya sebagai subjek. Hal ini berkaitan pada salah satu prinsip pendidikan orang dewasa yaitu prinsip  ....
A.   kemitraan
B.   kebersamaan
C.   partisipasi
D.   keswadayaan

30.   Prinsip manfaat pada pendidikan orang dewasa menjamin  ....
A.   kesinambungan materi yang dipelajari
B.   kesesuaian materi yang dipelajari dengan kebutuhan pelajar
C.   kesiapan mental dan fisik pelajar
D.   kesesuaian materi yang dipelajari dengan spesifik lokal

31.   Retensi tertinggi dapat dicapai oleh petani apabila fasiltator menyampaikan materinya dalam bentuk  ....
A.   kata-kata
B.   visual
C.   kombinasi kata dan visual
D.   daya khayal

32.   Metode yang paling efektif dalam pembelajaran pada pendidikan orang dewasa adalah ....
A.   slide
B.   rekaman
C.   pengalaman nyata
D.   ceramah

33.   Metode yang paling tidak efektif dalam pembelajaran pada pendidikan orang dewasa adalah ....
A.   silde
B.   rekaman
C.   pengalaman nyata
D.   ceramah

34.   Kedudukan penyuluh menurut implikasi konsep diri dalam kegiatan pendidikan orang dewasa adalah sebagai ....
A.   pengajar
B.   atasan
C.   mitra belajar
D.   instruktur


PETUNJUK:   UNTUK SOAL NOMOR 35   SAMPAI  45,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
35.   Pernyataan dibawah ini yang sesuai dengan konsep andragogi adalah  ....
1)   konsep life long education
2)   proses memfasilitasi untuk mencari dan menemukan ilmu pengetahuan dalam kehidupan
3)   konsep hidup adalah proses belajar



36.   Pernyataan di bawah ini sesuai dengan konsep pedagogi ....
1)   mempunyai konsep belajar sepanjang hayat dan belajar dari pengalaman
2)   proses transfer ilmu pengetahuan yang dibatasi oleh rentang waktu tertentu
3)   pendidikan adalah pembelajaran yang berlangsung di ruangan kelas dan terdapat seorang pengajar

37.   Dalam proses pendidikan orang dewasa, seseorang yang memiliki kejiawaan dewasa akan bertindak sebagai berikut ....
1)   belajar merupakan kegiatan mengisi waktu sebelum mendapat pekerjaan
2)   orang dewasa menyadari dan menjalankan semua tugas dan perannya sebagai pelajar
3)   belajar adalah kebutuhan yang harus dipenuhi setiap saat

38.   Konsep yang dapat kita pergunakan untuk membedakan antara orang dewasa dan anak-anak adalah konsep ....
1)   kesiapan belajar
2)   tabularasa
3)   pengalaman

39.   Ciri kedewasaan seseorang ditinjau dari konsep diri, yaitu ....
1)   kesadaran terhadap tugas dan perannya
2)   otonomi dalam mengambil keputusan
3)   pengalaman hidupnya menjadi sumber belajar yang baik

40.   Hal-hal yang perlu dikembangkan dalam kegiatan penyuluhan pertanian menurut implikasi konsep pengalaman adalah ....
1)   komunikasi ke segala arah
2)   teknik pembelajaran experiential
3)   belajar sambil bekerja

41.   Menurut konsep kesiapan belajar dalam kegiatan penyuluhan pertanian, implikasi yang perlu diterapkan adalah ....
1)   petani dalam kegiatan belajar dikelompokkan berdasarkan minat
2)   penyuluh sebagai kurator yang merupakan sumber acuan belajar
3)   penyuluh sebagai fasilitator membantu petani untuk menentukan kebutuhan pembelajaran

42.   Sistem dan teknik pendidikan orang dewasa sangat cocok diterapkan dalam penyuluhan pertanian, karena pelajar ....
1)   mengelompokkan diri berdasarkan minat yang didasari oleh kesamaan kebutuhan
2)   mengedepankan “self indenpent learning
3)   mempunyai konsep perspektif waktu “learning by doing”

43.   Pernyataan berikut menggambarkan kegiatan-kegiatan pembelajaran yang termasuk gaya pembelajaran tergantung (dependent) ....
1)   kegiatan pembelajaran secara detail sudah dirancang oleh pengajar, tanpa sepengetahuan individu yang akan diajar
2)   pelajar lebih dahulu menyerap pelajaran apabila pengajar menyampaikan materi kuliah dengan demontrasi, serta memberi kesempatan untuk tanya jawab secara aktif
3)   diskusi dan pembahasan materi pembelajaran menggunakan komunikasi segala arah

44.   Yang termasuk segi kuat kepribadian terbuka adalah ....
1)   senang bergaul
2)   adil
3)   tidak pernah merahasiakan sesuatu

45.   Interaksi antar manusia akan terjadi bila ada ....
1)   kontak
2)   tempat pertemuan
3)   komunikasi

1 komentar: