TUGAS MANDIRI
SISTEM POLITIK INDONESIA
(ISIP4213)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 30, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Analisis sistem politik menurut David Easton
mengandung kelemahan, di antaranya ....
A. terlalu spesifik sehingga sulit diterapkan
untuk menganalisis kebijakan makro
B. bebas nilai sehingga sulit mengopera-sionalkan
konsep-konsepnya
C. netral sehingga sulit dipetakan nilai-nilai
yang dianutnya
D. tidak netral dan mengandung nilai-nilai li-beral
2. Sistem politik
dapat pula merujuk pada interaksi dan hubungan antara aktor-aktor politik. Berikut
yang tidak termasuk dalam aktor politik adalah ....
A. presiden
B. tokoh masyarakat
C. ketua partai politik
D. individu atau kelompok tertentu saja
3. Bekerjanya suatu sistem politik
sangat diten-tukan oleh kapabilitas dalam sistem politik. Yang
dimaksud dengan kapabilitas dalam sis-tem politik adalah ....
A. kemampuan sistem politik untuk meres-pon
lingkungan
B. hubungan sistem politik dengan ling-kungan
C. sistem politik harus kapabel
D. adanya input
dan output
4. Komunikasi
politik merupakan salah satu fungsi input
dari sistem politik. Komunikasi politik dapat berlangsung
melalui berbagai cara, kecuali ....
A. keluarga
B. media massa
C. rapat tahunan partai politik
D. lobi politik yang dilakukan pejabat peme-rintah
5. Meski analisis struktural Almond tidak
mem-bantu kita dalam membandingkan sistem po-litik dengan sistem yang lain,
namun analisis ini mempunyai kelebihan yang dapat mem-bantu kita untuk ....
A. mengoperasionalkan konsep sistem politik
sesuai fakta
B. melihat sistem politik suatu negara dalam
acuan kerangka budaya
C. memberikan dasar acuan perbandingan sistem
politik dari negara modern dan demokratis
D. melihat jumlah partai, bentuk pemerin-tahan,
pengorganisasian badan eksekutif, legislatif, maupun birokrasi
6. Output suatu sistem budaya dapat menjadi input bagi sistem lainnya. Yang dimaksud
dengan input adalah ....
A. tuntutan yang terorganisir dengan baik
B. kebijakan publik yang mendapat du-kungan
C. dukungan yang diakomodasi oleh peme-rintah
D. semua tuntutan dan dukungan terhadap
bekerjanya sistem
7. Sistem ekonomi
di mana negara berperan sa-ngat dominan di bidang perencanaan ekonomi nasional
disebut ....
A. merkantilisme
B. kapitalisme
C. sosialisme
D. feodalisme
8. Berikut ini
termasuk faktor penyebab kede-katan hubungan antara Presiden Abdurrah-man Wahid
dengan lembaga donor asing yaitu ....
A. Presiden sangat memperhatikan kesejah-teraan
rakyat kecil
B. Presiden sangat memperhatikan kepen-tingan
dunia usaha
C. Presiden selalu memenuhi semua bagian
perjanjian dengan lembaga donor
D. Presiden memberikan insentif pemo-tongan
pajak impor bagi pengusaha padat karya
9. Ketika seseorang di dalam masyarakat ber-temu
dengan suatu gejala politik, maka akan terbentuk peta kognitif atau tahapan
psikologi politik yang menurut Austin Ranney terdiri atas ....
A. persepsi, konseptualisasi, dan afeksi
B. pengenalan, seleksi, dan pemilihan nilai
C. penyerapan, institusionalisasi, dan eva-luasi
D. pengenalan, konseptualisasi, dan perilaku
10. Ketika pemerintah mencari input untuk mem-buat regulasi pertanian,
Pak Anwar tidak bersedia untuk memberikan masukan. Namun ketika kebijakan ini
sudah diputuskan, barulah Pak Anwar menaruh perhatian dan sadar bahwa kebijakan
ini mempengaruhi nasibnya sebagai pengusaha di bidang pertanian. Menurut Gabriel A. Almond dan G. Bingham Powell, sikap
Pak Anwar ini dapat dikate-gorikan ke dalam budaya politik ....
A. parokial
B. subjek
C. partisipan
D. kognitif
11. Soekarno mengembangkan partisipasi politik
masyarakat dengan mobilisasi secara halus serta mengandalkan pada ....
A. simbolisme, kharisma, dan komunisme
B. populisme, simbolisme, dan kharisma
C. populisme, kharisma, dan komunisme
D. populisme, simbolisme, dan komunisme
12. Berikut termasuk kebijakan massa mengam-bang
pada masa Orde Baru, kecuali ....
A. pembatasan politik tidak berlaku bagi Golkar
B. masyarakat tidak memiliki hubungan de-kat dengan partai politk
C. memperbolehkan partai politik memiliki perwakilan di tingkat
kecamatan
D. memberikan kesempatan kepada Golkar untuk menjangkau masyarakat di
tingkat desa
13. Fenomena golongan putih pada Pemilu Masa
Reformasi semaking meningkat, banyak dari mereka yang tidak mau berpartisipasi
karena alasan ....
A. politis, pragmatis, elitis, dan ideologis
B. politis, pragmatis, teknis, dan ideologis
C. pragmatis, elitis, teknis, dan ideologis
D. politis, pragmatis, teknis, dan elitis
14. Siapapun yang memperoleh suara terbanyak dari suatu daerah
pemilihan, maka akan menjadi pemenangnya dan mewakili daerah pemilihan
tersebut. Asumsi ini merupakan prinsip dasar dari tipe umum pemilu
sistem ....
A. distrik
B. proporsional
C. referendum
D. perwakilan berimbang
15. Pemilihan presiden secara langsung di
Indo-nesia dapat digolongkan ke dalam sistem pe-milu distrik pada varian ....
A. “First Past the Post”
Plurality System
B. Absolute Majority System
C. Preferential Ballot
D. Aprroval Voting
16. Setiap pemilih diberikan kebebasan seluas-luasnya untuk menyatakan
preferensi politik mereka kepada beberapa kandidat ke dewan legislatif, untuk
selanjutnya ditetapkan
electoral quota berdasar formula tertentu. Pemilih menentukan urutan preferensi dengan memberikan
nomor dalam kotak suara di samping nama kandidat tersebut. Asumsi
seperti ini mendasari sistem pemilu ....
A. Single Transferable Vote
System
B. Preferential Ballot
C. Party List System
D. Approval Voting
17. Kelemahan utama yang masih terdapat pada Pemilu Legislatif 2004
adalah ....
A. adanya ketentuan nomor urut jika tidak ada
yang memperoleh Bilangan Pembagi Pemilih (BPP)
B. pemberlakuan ketentuan BPP
C. wakil rakyat relatif tidak dikenal
masya-rakat
D. memilih nama calon wakil rakyat
18. Partai yang hidup pada masa Demokrasi
Parlementer dengan basis ideologi nasional adalah ....
A. PSI
B. PNI
C. Masyumi
D. Syarikat Islam
19. Inti dari Maklumat Wakil Presiden No. X
Tang-gal 3 November 1945 adalah ....
A. anjuran pemerintah untuk mengadakan fusi
partai politik
B. anjuran kepada masyarakat untuk mem-bentuk
partai politik
C. anjuran kepada partai politik untuk meng-adakan penyederhanaan partai
D. anjuran kepada partai politik bahwa pe-merintah mempunyai hak untuk
menga-wasi sistem
20. Peta politik di Indonesia pada masa
Demokrasi Terpimpin diwarnai
oleh tiga kekuatan politik utama, yaitu ....
A. Soekarno, NU, dan PKI
B. Soekarno, PNI, dan PKI
C. Soekarno, Masyumi, dan PKI
D. Soekarno, Angkatan Darat, dan PKI
21. Pada masa Orde Baru, Golkar menyatakan
dirinya bukan sebagai partai politik. Menurut pendapat Anda, hal ini
adalah ....
A. Benar, sebab Golkar merupakan kelom-pok kepentingan
B. Benar, sebab Golkar memang tidak mela-kukan fungsi partai politik
C. Salah, sebab Golkar melakukan fungsi dan peranan partai politik
D. Salah, sebab Golkar adalah kelompok organisasi profesional,
fungsional, dan independen
22. Dominasi partai politik di era Reformasi ini dapat dilihat dari
pernyataan di bawah ini, kecuali ....
A. kabinet hanya diisi dari kalangan partai politik
B. calon presiden hanya dapat diajukan oleh partai politik
C. calon wakil presiden hanya dapat diajukan oleh partai politik
D. anggota parlemen minimal 2/3 dari partai politik, dan maksimal 1/3
dari unsur DPD
23. Garis-garis Besar Haluan Negara pada masa Demokrasi Terpimpin
ditetapkan oleh Pre-siden Soekarno tanpa persetujuan DPR pada tanggal 17
Agustus 1959 dalam bentuk ....
A. Ganefo
B. Manipol
C. Nekolim
D. Anti-Nekolim
24. Dominasi lembaga eksekutif pada masa De-mokrasi Pancasila terhadap
lembaga legislatif ditunjukkan dalam ....
A. prakarsa pembuatan kebijakan
B. pelaksanaan kebijakan
C. penghakiman atas pelanggaran kebijakan
D. intervensi Presiden atas keanggotaan DPR
25. Politisasi yang dilakukan partai politik terha-dap birokrasi akan berdampak pada
mun-culnya ....
A. netralitas birokrasi
B. loyalitas ganda birokrasi
C. loyalitas birokrasi pada kepentingan masyarakat
D. loyalitas birokrasi pada pimpinan instansi bersangkutan
26. Ketentuan yang mengatur masalah netralitas
birokrasi pada masa Pasca Orde Baru adalah ....
A. Undang-Undang No. 12 Tahun 1999
B. Undang-Undang No. 13 Tahun 1999
C. Undang-Undang No. 43 Tahun 1999
D. Undang-Undang No. 12 Tahun 2003
27. Ulf Sundhaussen menyatakan ada berbagai
faktor yang mendorong keterlibatan militer dalam politik, di antaranya ....
A. alasan eksternal di kalangan militer
B. ketiadaan nilai profesionalisme militer
C. kegagalan politisi sipil dalam mengelola sistem politik
D. ambisi kekuasaan yang tumbuh di ka-langan elit militer
28. Berikut ini termasuk faktor yang menunjang
keterlibatan militer pada masa revolusi kemer-dekaan, kecuali ....
A. struktur organisasi militer memberi ke-sempatan tentara untuk
melakukan peran yang dilakukan oleh sipil
B. adanya pernyataan pemerintah sipil agar tentara terlibat dalam
pemerintahan
C. perubahan sistem politik dari presidensil ke parlementer
D. kelemahan pemerintahan sipil karena situasi perang
29. Salah satu alasan penolakan Angkatan Darat
tentang pembentukan Angkatan Kelima pada masa Demokrasi Terpimpin adalah ....
A. organisasi ini dibentuk oleh Soekarno
B. organisasi ini beranggotakan buruh tani
C. bertujuan mendukung TNI dalam melak-sanakan Dwikora
D. bertujuan mempersenjatai buruh tani guna mendukung pelaksanaan
aksi sepihak PKI dalam menandingi kekuatan fisik TNI
30. Berikut termasuk salah satu perwujudan civic mission Angkatan Darat yaitu ....
A. melarang kegiatan PKI di Indonesia
B. melaksanakan program pembangunan desa
C. berusaha menarik simpati rakyat atas peranannya
D. berusaha memperoleh legitimasi dari rakyat atas peran politiknya
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 31 SAMPAI
35, PILIHLAH:
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA
MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA
PERNYATAAN SALAH!
31. Pasar menjadi objek utama dalam studi eko-nomi politik,
sebab
pasar mempunyai peranan yang lebih besar dibanding peran
negara.
32. Pada masa Demokrasi Liberal, Program Ban-teng yang memberikan
hak-hak istimewa kepada para pengusaha pribumi dikategorikan berhasil,
sebab
pada
Program Banteng, umumnya pengusaha pribumi yang diberi hak istimewa merupakan
rekanan atau keluarga dekat dari pejabat negara.
33. Volksraad pada masa
pemerintahan kolonial Hindia Belanda tidak dapat menjalankan tugas dan
fungsinya sebagai parlemen secara mak-simal,
sebab
Gubernur
Jenderal Hindia Belanda memiliki hak veto terhadap semua peraturan yang
di-hasilkan Volksraad.
34. Presiden Soekarno pada masa Demokrasi Terpimpin mengangkat
anggota-anggota DPR-GR melalui Keputusan Presiden,
sebab
pada masa Demokrasi Terpimpin, kekuasaan terpusat di
tangan presiden.
35. Produktivitas anggota DPR periode 1971-1977 menurun dibanding
dengan periode sebelumnya,
sebab
pada periode 1971-1977 sebagian hak DPR membuat
undang-undang beralih ke badan eksekutif.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 36
SAMPAI 45, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
36. Kebijakan pajak merupakan output dari sistem politik, namun
selanjutnya dapat menjadi input
sistem ekonomi. Ciri yang membedakan an-tara sistem politik dengan sistem
lainnya ter-letak pada adanya ....
1) identifikasi dan diferensiasi dalam sistem
2) input,
output, dan integritas dalam sistem
3) konversi dan lingkungan dalam sistem
37. Berikut yang termasuk faktor penyebab
mun-culnya input yang berupa tuntutan
ke dalam sistem politik adalah ....
1) tidak maksimalnya pelayanan yang dibe-rikan
pemerintah
2) terpenuhinya kebutuhan listrik dan telepon
secara baik
3) kelangkaan sembako dan terbatasnya sumber
energi
38. Strategi yang dipakai para teknokrat pada
masa Orde Baru untuk mempercepat pemu-lihan ekonomi pasca Orde Lama adalah ....
1) institusionalisasi lembaga-lembaga
peren-canaan pembangunan dan restrukturisasi ekonomi
2) melakukan penjadwalan ulang utang luar negeri
3) mendorong investasi asing
39. Presiden Megawati berhasil mempertahankan
pola hubungan negara dengan pasar yang sudah dijalin pada masa pemerintahan
sebe-lumnya dengan cara ....
1) meningkatkan suku bunga Sertifikat Bank
Indonesia (SBI)
2) melanjutkan pinjaman luar negeri dari IMF
3) mengundang investasi swasta dan asing
40. Ada beberapa unsur yang berpengaruh dalam
proses pembentukan budaya politik nasional. Unsur-unsur tersebut menurut
Nazaruddin Sjamsuddin adalah ....
1) unsur sub-budaya politik atau budaya politik
asal
2) berbagai sub-budaya politik dari luar
lingkungan tempat budaya politik asal itu berada
3) budaya politik nasional itu sendiri
41. Berikut kelompok yang mempunyai pengaruh yang
sangat kuat terhadap sistem politik Indo-nesia, yaitu ....
1) ras
2) agama
3) suku bangsa
42. Partisipasi politik yang bersifat negatif
biasanya muncul dalam sebuah sistem politik yang memiliki ciri ....
1) adanya komunikasi bersifat satu arah
2) pemerintah mendominasi pengambilan kebijakan
3) adanya ketidakpuasan yang meluas di
masyarakat
43. Struktur ketatanegaraan sebagaimana diatur
dalam Amandemen UUD 1945 mengatur ada-nya tiga lembaga utama dalam badan
legislatif di Indonesia, yaitu: MPR, DPR, dan DPD. Hal ini berarti bahwa ....
1) Indonesia menganut sistem bikameral
2) MPR tidak lagi menjadi Lembaga Tertinggi
Negara
3) DPD dapat lebih merepresentasikan
ke-pentingan daerah
44. Berikut ini termasuk faktor penyebab jatuhnya
kabinet dalam masa Demokrasi Parlementer adalah ....
1) ketidakstabilan politik di Indonesia
2) mudah retaknya koalisi dalam kabinet
3) oposisi dari luar parlemen
45. Dukungan birokrasi pada Golkar pada masa Orde
Baru diwujudkan dalam berbagai bentuk, di antaranya ....
1) dukungan langsung berupa pemberian suara
dalam pemilu
2) dukungan dalam kepanitiaan pemilu
3) dukungan dana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar