TUGAS MANDIRI
IPA TERPADU
(PABI4451)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 47, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG
PALING TEPAT!
1. “IPA adalah suatu metode untuk menguji
hipotesis”. Penyataan ini merupakan definisi IPA menurut
A. orang awam.
B. ilmuwan.
C. sastrawan.
D. biarawan.
2. Kumpulan pengetahuan di dalam fisika dapat
berupa fakta dan terbuka bagi siapa saja untuk mengamatinya. Contoh fakta yang tidak
dapat ditunjukkan setiap saat adalah
A. proses penguapan.
B. terbentuknya pelangi.
C. gerhana matahari.
D. terjadinya perkaratan.
3. Ciri-ciri proses pembelajaran IPA secara
konvensional adalah sebagai berikut, kecuali
A. hanya mengandalkan pada olah pikir (minds-on).
B. memperlakukan IPA sebagai a body of
knowledge.
C. siswa cenderung hanya menghafal konsep-konsep
IPA.
D. siswa banyak memperoleh keterampilan proses.
4. Rasa ingin tahu merupakan salah satu sikap
alamiah yang dapat diidentifikasi jika siswa
A. melaporkan apa yang sebenarnya terjadi,
meskipun hal itu bertentangan dengan harapan.
B. mengajukan pertanyaan terhadap sesuatu yang
memang memerlukan penjelasan.
C. secara spontan mencari pemikiran atau ide
alternatif, tidak hanya menerima sesuatu yang sudah terbukti.
D. mempertanyakan/meragukan kesimpulan yang
diambil dari data yang tidak representatif.
5. Copernicus mengatakan bahwa matahari
mengelilingi bumi. Hal ini dibantah oleh ahli lain yang mengatakan bahwa bumi
mengelilingi matahari. Dari kejadian tersebut dapat disimpulkan bahwa
A. fakta dapat berubah sesuai dengan
perkembangan.
B. konsep merupakan kumpulan dari fakta.
C. hukum bersifat tetap.
D. teori bersifat sementara sampai ia terbukti
ketidakbenarannya.
6. Model dapat digunakan untuk mengajarkan suatu fenomena alam ataupun teori
yang tidak dapat dilihat. Contoh materi pembelajaran yang tidak dapat
menggunakan model adalah pengajaran tentang
A. gerhana.
B. sistem tata surya.
C. model atom.
D. klasifikasi makhluk hidup.
7. Berikut ini adalah langkah-langkah dari
metode ilmiah, kecuali
A. perumusan masalah
B. interpretasi data
C. penyusunan hipotesis.
D. penarikan hipotesis.
8. Siswa melakukan suatu percobaan dimana cara
kerjanya dikembangkan sendiri oleh siswa berdasarkan pengarahan dari guru.
Kegiatan pembelajaran seperti tersebut termasuk
A. eksperimen standar.
B. eksperimen penemuan.
C. demonstrasi.
D. proyek.
9. Yang dimaksud dengan pembahasan suatu topik
IPA terpadu adalah
A. pembahasan topik fisika, kimia dan biologi
disampaikan oleh seorang guru.
B. pengkajian suatu topik dipandang dari sudut
fisika, kimia maupun biologi.
C. pengkajian bahan ajar berupa gabungan dari
potongan-potongan bahan ajar fisika, kimia dan biologi.
D. materi fisika, kimia dan biologi disusun
dalam satu buku bahan ajar IPA terpadu.
10. Keterampilan merencanakan percobaan merupakan salah satu
keterampilan proses IPA. Indikator dari keterampilan ini adalah
A. mengenali perbedaan dan persamaan suatu objek atau kejadian.
B. mengenali variabel yang sesuai untuk diukur atau dibandingkan.
C. identifikasi variabel taut.
D. identifikasi hubungan antara satu variabel dengan variabel yang
lain.
11. Setiap keterampilan proses memiliki indikator tertentu “Mengajukan
jawaban mengapa sesuatu terjadi”, adalah merupakan keterampilan
A. mengajukan hipotesis.
B. merencanakan percobaan.
C. melakukan investigasi.
D. melakukan observasi.
12. Terjadinya “mismatch”/ketidakcocokan antara apa yang dipikirkan
oleh siswa dengan apa yang dipikirkan guru tentang bagaimana siswa tersebut
berpikir, dapat terjadi karena hal-hal berikut, kecuali
A. kekurangsadaran guru akan apa yang telah diketahui oleh siswa.
B. guru menganggap pengetahuan awal siswa tidak layak dijadikan dasar
bagi pelajaran berikutnya.
C. guru menganggap siswa tidak memiliki pengetahuan awal yang relevan
dengan materi yang diajarkan.
D. guru menganggap siswa telah memiliki pengetahuan awal yang relevan
dengan materi yang diajarkan.
13. Apabila Anda mengajar di suatu kelas yang berisi 40 siswa, cara
terbaik yang Anda tempuh untuk menggali pengetahuan awal siswa adalah
A. bertanya kepada setiap siswa.
B. bertanya secara klasikal.
C. brainstorming.
D. diskusi kelas.
14. Contoh adanya interaksi antara sains dan teknologi adalah dengan
adanya penemuan
A. teleskop.
B. vaksin rabies.
C. pesawat udara.
D. alat-alat elektronik.
15. Kalau Anda ingin melaksanakan pembelaja-ran dengan pendekatan
konstruktivisme, maka tahapan krusial yang perlu Anda perhatikan adalah pada
tahap
A. penggalian ide/gagasan.
B. restrukturisasi ide/gagasan.
C. aplikasi ide/gagasan.
D. review perubahan ide/gagasan.
16. Pada proses pembelajaran secara konvensional, peranan guru adalah
sebagai
A. pendiagnostik.
B. penyedia kegiatan belajar.
C. sumber pengetahuan.
D. fasilitator belajar.
17. Salah satu contoh adanya interaksi antara sains dan masyarakat
adalah
A. pengobatan penyakit AIDS.
B. pembangunan jalan baru/jalan tol.
C. penemuan mikroskop.
D. penggunaan mesin-mesin untuk pertanian.
18. Di antara air berikut yang memiliki “potensial air” paling tinggi
adalah
A. air hujan.
B. air murni.
C. air sumur.
D. air laut.
19. Bila larutan gula dan air murni diletakkan di suatu tempat yang
dibatasi oleh suatu membran, maka air murni akan bergerak ke arah larutan gula
karena
A. air murni potensial airnya lebih tinggi.
B. air murni potensial airnya lebih rendah.
C. larutan gula potensial airnya lebih tinggi.
D. gula yang terlarut tidak dapat menembus membran.
20. Tekanan yang diterima oleh dinding sel yang disebabkan oleh
molekul-molekul yang ada di dalam sel disebut
A. osmosis.
B. tekanan turgor.
C. adhesi.
D. kohesi.
21. Daerah tempat berlangsungnya fotosintesis mempunyai potensial air
yang rendah karena fotosintesis
A. menggunakan air dan menghasilkan zat terlarut.
B. tidak menggunakan air dan menghasilkan zat terlarut.
C. menggunakan air dan tidak menghasilkan zat terlarut.
D. tidak menggunakan air dan tidak menghasilkan zat terlarut.
22. Apabila batang pohon yang masih hidup dipotong, maka akan
didapatkan air pada bagian yang dipotong tersebut. Peristiwa ini terjadi karena
adanya
A. transpirasi.
B. tekanan akar.
C. peristiwa gutasi.
D. peristiwa adhesi.
23. Sel-sel daun pada pohon yang tinggi lebih kering dibanding dengan
daun pada pohon yang lebih rendah. Hal ini disebabkan pada pohon yang tinggi
A. tidak ada air yang sampai ke daun.
B. air pada dinding sel berkurang pada transpirasi.
C. terjadi daya tarik antara molekul-molekul air.
D. diperlukan gaya yang lebih besar untuk menaikkan air.
24. Peristiwa osmosis akan terjadi jika larutan yang berada di kedua
belah sisi membran mempunyai
A. jenis larutan yang sama.
B. warna larutan yang berbeda.
C. potensial air yang berbeda.
D. potensial air yang sama.
25. Pada burung, pengikatan oksigen dan pelepasan karbon dioksida
terjadi pada bagian
A. bronchiolus.
B. kapiler paru-paru.
C. vena paru-paru.
D. arteri.
26. Darah bersih yang berasal dari paru-paru masuk ke dalam jantung
bagian
A. serambi kanan.
B. bilik kanan.
C. serambi kiri.
D. bilik kiri.
27. Darah bersih yang berasal dari paru-paru mengalir ke jantung
melalui
A. vena porta hepatica.
B. arteri pulmonalis.
C. vena pulmonalis.
D. arteri hepatica.
28. Darah yang kaya akan oksigen keluar dari jantung melalui bagian
A. serambi kanan.
B. bilik kanan.
C. serambi kiri.
D. bilik kiri.
29. Apabila seseorang memiliki denyut jantung 100 permenit, maka orang
tersebut memiliki denyut jantung yang
A. normal.
B. rendah.
C. kurang.
D. tinggi.
30. Tekanan aliran darah mencapai titik terendah hingga di bawah
potensial osmotik darah terdapat pada daerah
A. arteriol dan kapiler.
B. ujung kapiler.
C. dalam venula.
D. vena cava.
31. Butiran-butiran hijau berbentuk oval yang terdapat di dalam daun
disebut
A. kloroplas.
B. stroma.
C. granum.
D. tilakoid.
32. Bagian dari kloroplas yang berupa cairan disebut
A. selubung.
B. stroma.
C. granum.
D. tilakoid.
33. Fotosintesis tidak dapat berlangsung karena tidak adanya bagian
penangkap sinar berikut
A. klorofil.
B. selubung.
C. granum.
D. tilakoid.
34. Sinar yang berfungsi sebagai partikel dan berinteraksi dengan
klorofil pada proses fotosintesis disebut
A. elektron.
B. proton.
C. netron.
D. foton.
35. Pada temperatur normal dan gelap, elektron suatu molekul cenderung
menempati orbital yang
A. mempunyai energi paling rendah.
B. mempunyai energi paling tinggi.
C. paling jauh dengan inti.
D. agak dekat dengan inti.
36. Salah satu tahapan respirasi sel dimana pemecahan glukosa tidak
memerlukan oksigen dan hasil akhir proses ini asam piruvat merupakan tahap
A. respirasi sel.
B. glikolisis.
C. daur Krebs.
D. fosforilasi kemiosmotik.
37. Fosfogliseraldehida yang terbentuk pada proses glikolisis akan mengalami
serangkaian reaksi enzimatik yang pada akhirnya membentuk persenyawaan yang
disebut
A. piruvat.
B. fosfat.
C. asam laktat.
D. ATP dan ADP.
38. Rasa lelah pada tubuh manusia setelah melakukan kegiatan yang
berat disebabkan karena
A. tubuh kekurangan oksigen.
B. otot tidak memproduksi ATP.
C. tidak terjadi proses metabolisme glukosa.
D. terjadi penimbunan laktat di dalam otot.
39. Siklus Krebs disebut juga daur asam sitrat karena
A. daur ini membutuhkan asam sitrat.
B. hasil akhir dari daur ini adalah asam sitrat.
C. pada daur ini terjadi reaksi asam sitrat.
D. asam sitrat terbentuk pertama kali.
40. Sekelompok hewan, tumbuhan, juga manusia yang menempati suatu
daerah dan terjadi interaksi antara satu dengan yang lain disebut
A. spesies.
B. populasi.
C. komunitas.
D. nisia.
41. Jamur, bakteri dan beberapa jenis mikroba adalah contoh dari
A. produsen.
B. konsumen.
C. parasit.
D. pengurai.
42. Pada tahun 1965 negara A mempunyai populasi sebanyak 35 juta dan
pada tahun 1975 populasinya 38,5 juta. Rata-rata kecepatan pertumbuhan penduduk
negara A pertahun adalah
A. 1%.
B. 1,5%.
C. 1,7%.
D. 2,0%.
43. Pada tahun 1973 jumlah penduduk pria dan wanita di suatu negara
diperkirakan 98.452.344 orang dan jumlah anak yang dilahirkan 5.435.532.
Tingkat kelahiran pada tahun tersebut adalah
A. 40.
B. 50.
C. 55.
D. 60.
44. Sumber utama dari kontaminasi air adalah
A. limbah industri.
B. limbah rumah tangga.
C. zat biologi yang larut dalam air.
D. zat kimia yang larut dalam air.
45. Pembuangan limbah organik yang berlebihan ke dalam air akan dapat
menurunkan kadar oksigen dalam air. Hal ini disebabkan karena
A. terjadinya pembusukan di dalam air.
B. berkembang biaknya bakteri yang menyerap oksigen.
C. oksigen akan banyak yang menguap.
D. tidak terjadi reaksi penguraian air menjadi oksigen.
46. Agar bumi tetap menjadi tempat tinggal yang baik untuk masa kini
dan masa depan, maka diperlukan manusia yang
A. mempunyai ilmu pengetahuan yang tinggi.
B. menguasai ilmu tentang lingkungan.
C. sadar lingkungan.
D. memanfaatkan lingkungan.
47. Tujuan dari pengolahan limbah adalah untuk
A. penyediaan air yang akan dikonsumsi manusia.
B. mengurangi pengaruh limbah terhadap kemurnian air.
C. mengurangi terjadinya pencemaran air.
D. menjaga kelangsungan hidup organisme yang hidup di dalam air.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 48
SAMPAI DENGAN 60, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
48. Hungerford, Volk dan Ramsey mengemukakan beberapa definisi sains,
di antaranya adalah
1) sains merupakan kreasi dari pemikiran manusia dengan ide-ide dan
konsep-konsep yang ditemukan secara bebas
2) sains adalah proses dimana informasi diperoleh melalui metode
empirik
3) sains merupakan informasi yang diperoleh melalui proses dalam
investigasi terencana
49. Ada banyak aspek yang menguntungkan bagi siswa dengan mempelajari
IPA, di antaranya adalah
1) siswa berpikir dan bertindak secara lebih sistematis
2) IPA membantu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
3) menumbuhkan rasa ingin tahu siswa
50. Dalam pembelajaran IPA secara terpadu, guru perlu melibatkan siswa
dalam kegiatan yang
1) mengembangkan cara berpikir tingkat tinggi
2) merupakan pengalaman langsung
3) meningkatkan keterampilan
51. Pada saat mempelajari IPA, dalam diri siswa akan terjadi proses
1) adopsi konsep-konsep baru
2) modifikasi konsep-konsep yang sudah dimiliki
3) pengabaian pengetahuan awal yang sudah dimiliki
52. Bergeraknya air dari akar menuju ke puncak tumbuhan yang tingginya
300 meter antara lain disebabkan oleh adanya
1) tekanan turgor sel
2) peristiwa osmosis
3) transpirasi
53. Bagian-bagian tumbuhan yang disebut apoplas oleh E. Munch tersusun
atas
1) dinding sel korteks akar
2) buluh-buluh xilem
3) protoplasma
54. Jantung terdiri atas empat ruang, dua ruang di bagian kanan dan
dua ruang di bagian kiri. Fungsi jantung bagian kanan adalah
1) menerima darah dari seluruh tubuh melalui vena
2) memompa darah ke paru-paru
3) mengeluarkan darah bersih untuk dialirkan ke seluruh tubuh
55. Fungsi tilakoid kloroplas dalam proses fotosintesis adalah sebagai
sistem
1) penangkap sinar
2) penangkap elektron
3) transpor elektron
56. Reaksi terang pada fotosintesis akan menghasilkan
1) oksigen
2) NADPH
3) gula
57. Pernyataan berikut yang benar tentang reaksi gelap pada proses
fotosintesis adalah
1) reaksi gelap melibatkan tilakoid untuk menangkap sinar
2) pada reaksi gelap terjadi pembentukan gula
3) ATP akan berubah menjadi ADP karena energinya dipakai untuk
mengubah riboluse fosfat menjadi 1,5 - difosfat
58. Salah satu jalur fermentasi anaerob adalah fermentasi alkoholik
yang menghasilkan
1) karbon dioksida
2) air
3) alkohol
59. Evaporasi adalah perpindahan air dari permukaan bumi ke dalam
udara. Intensitas evaporasi dipengaruhi oleh faktor-faktor
1) intensitas cahaya
2) kadar uap air di udara
3) kelembaban udara
60. Penyediaan air murni pada umumnya mencakup aspek-aspek berikut
1) penyediaan sumber air
2) pengolahan air
3) pengolahan limbah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar