Kamis, 19 Juni 2014

Soal Kapita Selekta Pembelajaran Fisika



TUGAS MANDIRI
KAPITA SELEKTA PEMBELAJARAN FISIKA
(PAFI4471)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 44,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Cara siswa mengkaitkan materi pelajaran baru dengan struktur kognitif yang telah ada pada dirinya dalam pembelajaran fisika adalah inti dari .... 
A.   korelasi antar konsep
B.   belajar bermakna
C.   cara belajar siswa aktif
D.   menggeneralisasi konsep

2.   Apabila guru hendak menerapkan teori Ausubel dalam pembelajaran fisika maka saat membahas topik hukum II Newton siswa sebaiknya telah memiliki konsep tentang ....
A.   massa, kecepatan dan percepatan
B.   jarak, waktu dan kecepatan awal
C.   massa, gerak dan gaya
D.   partikel, jarak dan percepatan
     
3.   Pada pembelajaran fisika, siswa melakukan percobaan dengan membakar lilin lalu menutupnya dengan gelas. Dalam hal ini guru menerapkan prinsip belajar ....
A.   Gagne
B.   Bruner
C.   Amstrong
D.   Piaget

4.   Jika besi dipanaskan maka akan memuai untuk sampai pada konsep tersebut siswa sudah memahami konsep panas dan pemuaian. Sebelum memahami hubungan antara panas dan proses pemuaian maka kegiatan ini membuktikan bahwa ....
A.   siswa membangun sendiri konsep yang dibahas
B.   konsep learning harus dikuasai sebelum rule learning
C.   siswa melakukan problem solving
D.   terjadi proses learning stimulus-respons

5.   Apa yang dilakukan manusia setelah menerima informasi berpengaruh terhadap pengertian belajar karena belajar merupakan ....
A.   implementasi informasi ke dalam perbuatan
B.   tranformasi informasi secara aktif
C.   konstruksi informasi secara aktif
D.   demonstrasi informasi ke dalam proses belajar

6.   Anak-anak harus didorong untuk bermain dengan objek tertentu dalam rangka membangun pemahaman adalah tahapan teori belajar tentang ....
A.   enactive
B.   econic
C.   symbolic
D.   discovery

7.   Penemuan yang dipandu oleh guru lebih banyak dijumpai karena ....
A.   siswa akan lebih terarah untuk mencapai tujuan
B.   siswa lebih bebas menentukan tujuan
C.   guru dapat melakukan pengamatan langsung
D.   guru mudah melihat kemajuan siswa dalam pembelajaran

8.   Pada aplikasi konsep siswa dapat mempergunakan pola pikir untuk memperkaya contoh yang terdapat pada kegiatan berikut ....
A.   setelah memperkenalkan gerak dikaitkan dengan waktu
B.   setelah mempelajari potensial listrik dikaitkan dengan perubahan kecepatan
C.   setelah mempelajari gaya gravitasi dikaitkan dengan suhu
D.   setelah memperkenalkan muatan listrik dikaitkan dengan magnet

9.   Kejadian objektif dan fenomena yang memiliki sifat-sifat atau atribut tertentu diperlukan IPA sebagai kumpulan pengetahu-an dalam hal ....
A.   fakta
B.   konsep
C.   model
D.   teori

10.   Kegiatan para ahli yang didorong oleh rasa ingin tahu, imajinasi dan alasan yang kuat berusaha menggambarkan dan menjelaskan fenomena alam. Kegiatan ini diperlukan untuk ....
A.   memandang gejala alam sebagai model fenomena alam
B.   kreativitas dalam menemukan teori
C.   ide-ide dan penjelasan dari suatu gejala alam
D.   rambu-rambu yang berhubungan dengan hakikat IPA

11.   Dalam pembelajaran fisika tentang bunyi siswa mengenal kecepatan, frekuensi, periode dan panjang gelombang. Dari kegiatan belajar ini fase pada siklus belajar yang dialami siswa adalah ....
A.   eksplorasi
B.   pengenalan istilah
C.   penemuan
D.   aplikasi konsep

12.   Siklus belajar hipotetikal deduktif memiliki tuntutan pada inisiatif pengetahuan yang memerlukan pola lebih tinggi dalam hal ....
A.   konservasi
B.   korelasi pikiran
C.   klasifikasi
D.   deskripsi

13.   Dalam pembelajaran yang memerlukan penggunaan abdukatif untuk memindahkan istilah dan konsep yang dipelajari dalam konteks lain atau konteks yang baru pada kegiatan pembelajaran ini siswa berada dalam siklus belajar ....
A.   deskripsi - abdukatif
B.   empirikal - abdukatif
C.   abdukatif - deduktif
D.   hipotetikal - abdukatif

14.   Kegiatan yang melibatkan pernyataan sebab musabab dikemukakan para siswa untuk menimbulkan aneka ragam penjelasan. Kegiatan siswa selanjutnya adalah ....
A.   mengemukakan pendapat berdasar fakta yang ada
B.   mengurangi konsentrasi logis pernyataan dengan praktikum untuk mengujinya
C.   menguraikan penjelasan itu dalam suatu siklus belajar diskripsi
D.   mengumpulkan aneka ragam penjelasan logis dalam suatu siklus belajar hipotetikal deduktif

15.   Apakah siswa menganalisis, menginter-pretasikan dan mengevaluasi data sendiri dalam kelompok, kegiatan tersebut dapat dimonitoring oleh guru untuk mengetahui ....
A.   sifat khas pelajaran
B.   sifat khas perilaku siswa
C.   sifat khas perilaku guru
D.   efektivitas pembelajaran

16.   Apabila kegiatan pembelajaran telah menggunakan bahan dan aktivitas yang membawa siswa untuk berpikir, bertanya dan mendiskusikan maknanya. Maka pembelajar-an menjadi efektif dan mencirikan ....
A.   mutu pelajaran
B.   sifat khas pelajaran
C.   kadar CBSA yang tinggi
D.   suklus belajar yang efektif

17.   Apabila siswa dapat menyusun hipotesis, teori dan ramalan yang membantunya dalam menjawab pertanyaan maka melalui monitoring dapat diidentifikasi tentang ....
A.   sifat khas perilaku siswa
B.   kualitas siswa dalam melakukan percobaan
C.   kemampuan optimal dalam berpraktikum
D.   terjalinnya kerja kelompok yang kompak dalam melakukan percobaan

18.   Jika siswa harus menggali gejala baru yang mereka lakukan berdasarkan kepercayaan awal agar pengetahuan konsep dan keterampilan pikir meningkat maka kegiatan tersebut harus ada dalam ....
A.   evaluasi pelajaran
B.   tujuan instruksional khusus
C.   kegiatan membuka pelajaran
D.   desain pelajaran

19.   Teori yang dikemukakan dipercaya dapat membantu terwujudnya pembelajaran yang efektif adalah ....
A.   metode pembelajaran
B.   pendekatan pembelajaran
C.   teknik mengajar
D.   strategi mengajar

20.   Kerja laboratorium untuk menentukan panjang fokus lensa diperlukan ketepatan dan ketelitian pengukuran yang dapat memberikan siswa pada pemanfaatan dari kegiatan ....
A.   mental
B.   fisik
C.   pikiran
D.   emosi

21.   Untuk mempelajari bagaimana membuat keputusan dalam mengukur variabel dapat dilakukan dengan cara ....
A.   penyusunan hipotesis
B.   definisi operasional variabel
C.   analisis investigasi
D.   mendeskripsikan hubungan antara variabel-variabel

22.   Pengembangan konsep dan keterampilan teknis dapat membantu siswa memahami konsep dan prinsip lebih baik. Hal ini dapat dicapai apabila siswa melakukan ....
A.   diskusi kelompok
B.   kerja kelompok
C.   kerja laboratorium
D.   kooperatif learning

23.   Apabila siswa ditempatkan pada posisi untuk menyelidiki pola dan menghubungkan antara data yang diperoleh pada percobaan tentang pengaruh frekuensi dan panjang gelombang cahaya terhadap besar kecepatan rambat cahaya, maka posisi siswa adalah untuk menerapkan kerja laboratorium secara ....
A.   deduktif
B.   induktif
C.   inquiri
D.   discovery

24.   Jika siswa dapat mengembangkan konsep keilmuannya, berasumsi, dan berargumentasi maka dapat disimpulkan bahwa wawasan berpikirnya telah berkembang pada fase ....
A.   akademic task
B.   engagement
C.   personal humanistik
D.   elaborasi

25.   Proses belajar mengajar harus berlangsung sesuai dengan kemampuan kognitif siswa supaya diperoleh hasil belajar yang lebih bermakna. Hal ini yang dapat tercapai bila hasil belajar disimpan dalam long term memory yang berbentuk ....
A.   teori
B.   fakta
C.   peristiwa
D.   pengalaman

26.   Mengatur peran guru dan siswa dalam mengolah informasi merupakan pola umum dari ....
A.   desain belajar mengajar
B.   strategi belajar mengajar
C.   metode pengajaran
D.   pendekatan pengajaran

27.   Sebelum membahas suatu topik pelajaran guru harus mengetahui terlebih dahulu gagasan yang sudah ada pada siswa tentang fenomena yang akan dipelajari. Fenomena yang dimaksud adalah ....
A.   konsep yang terkait
B.   pra konsepsi
C.   belajar konsep
D.   belajar mandiri

28.   Kelemahan dari pendekatan discovery adalah ....
A.   memperoleh pengetahuan yang bersifat kelompok
B.   menumbuhkan kepuasan yang bersifat intrinsik
C.   mendorong siswa belajar aktif dan berinisiatif
D.   pemahaman siswa terhadap konsep akan lebih baik

29.   Pemahaman konsep gaya dorong dapat dilakukan dengan memerintah siswa untuk menggeser letak buku di atas meja. Pendekatan yang diterapkan pada kegiatan ini adalah ....
A.   melibatkan proses mental yang lebih tinggi
B.   memerlukan proses mental
C.   memerlukan kreativitas siswa
D.   menunjukkan kegiatan guru sebagai pusat pembelajaran

30.   Pernyataan berikut yang benar tentang konsep, teori, dan prinsip adalah ....
A.   teori merupakan bentuk generalisasi dari prinsip
B.   teori merupakan bentuk generalisasi antar konsep
C.   prinsip merupakan bentuk generalisasi antara teori dan konsep
D.   konsep merupakan bentuk generalisasi antara teori dan konsep

31.   Fisika sangat berperan dalam pengembangan industri dengan ditemukannya bahan semikonduktor dalam ....
A.   elektronika
B.   zat padat
C.   gelombang dan partikel
D.   mekanika

32.   Dilihat dari perkembangan sains dan teknologi, lingkungan dijadikan pusat pengembangan penelitian para ahli sains dan teknologi karena lingkungan merupakan ....
A.   tempat para ahli melakukan penelitian
B.   objek yang selalu diupayakan untuk diubah, dimanfaatkan dan dilestarikan
C.   tempat hidup semua makhluk
D.   sistem dari siklus kehidupan

33.   Perkembangan teori komunikasi dan analisis matematis terhadap informasi dapat dijadikan dasar untuk pemilihan teknologi dilihat dari ....
A.   dampaknya terhadap kehidupan lingkung-an
B.   teori dasar dalam komunikasi
C.   konsep dasar dalam fisika
D.   prinsip yang  menunjang kelestarian lingkungan

34.   Dalam pembelajaran guru membahas tentang benda terapung, melayang dan tenggelam dalam zat cair, sehingga sampai pada prinsip bahwa benda akan melayang bila massa jenis benda sama dengan massa jenis zat cair. Melalui prinsip tersebut siswa dihadapkan pada masalah ....
A.   bagaimana caranya agar telur ayam yang tenggelam dalam air menjadi melayang
B.   mengapai suhu air tidak berubah ketika benda dimasukkan ke dalam air
C.   Mengapa air bentuknya mengikuti wadah yang ditempatinya?
D.   Mengapa air memiliki kerapatan yang berbeda dengan balok kayu?

35.   Siswa menjumpai orang yang sedang membuka tutup botol minuman dengan menggunakan giginya kemudian siswa tersebut memberi saran agar membuka tutup botol dengan paku sambil memberikan contoh. Sesuai dengan modul pembelajaran explanation discovery. Kegiatan siswa berada pada fase ....
A.   pengajuan masalah
B.   mengumpulkan, mengorganisasi data, melakukan percobaan
C.   memberikan penjelasan dan solusi
D.   tindak lanjut dalam menerapkan hasil penemuan

36.   Jika hasil pengamatan siswa di masyarakat tentang kegiatan masyarakat yang menggunakan produk teknologi, kemudian diskusi di dalam kelas untuk dianalisis dan di evaluasi maka berdasarkan hubungan sains teknologi masyarakat, kegiatan siswa berada pada tahap ....
A.   eksplorasi
B.   discovery
C.   explanation dan solution
D.   melakukan kegiatan

37.   Bentuk generalisasi yang meliputi hubungan antara konsep dinamakan ....
A.   teori
B.   prinsip
C.   hukum
D.   dalil

38.   Untuk mangatasi kelemahan komunikasi antara guru dan siswa maka dalam berkomunikasi guru harus memperhatikan ....
  A.   perbedaan perkembangan mental berpikir siswa dengan tuntutan pikir guru
B.   sosial ekonomi siswa berbeda
C.   latar belakang orang tua yang berbeda
D.   guru tidak mampu menjadi komunikator yang baik

39.   Dalam komunikasi belajar mengajar pikiran guru yang membentuk berupa gagasan disampaikan pada siswa karena peran guru sebagai ....
A.   pengajar
B.   destination
C.   decoder
D.   enkoder
     
40.   Proses komunikasi akan berlangsung secara efektif bila menggunakan ....
A.   pesan
B.   simbol
C.   visualisasi
D.   media

41.   Komponen dari sistem komunikasi dalam bentuk kelompok simbol berstruktur hingga bermakna adalah ....
A.   bahasa
B.   pesan
C.   digital
D.   media

42.   Visualisasi informasi sangat diperlukan dalam pembelajaran fisika apabila dibuat ....
A.   sesuai dengan biaya yang tersedia
B.   sesuai dengan tingkat pemahaman siswa
C.   berdasarkan perintah kepada sekolah
D.   berdasarkan kemajuan teknologi

43.   Pemilihan media instruksional yang akan digunakan berdasarkan relevansi dengan komponen pembelajaran, dengan pertimbangan ....
A.   bermanfaat bagi siswa
B.   dapat dibeli dengan harga murah
C.   agar tidak tertinggal dibandingkan dengan sekolah lain
D.   agar lebih menonjol dibandingkan dengan sekolah lain

44.   Guru dapat menerapkan eksperimen sesuai dengan pengetahuan konsep apabila ....
A.   pengadaan alat terbatas
B.   tidak semua alat memenuhi tuntutan
C.   waktu yang sangat terbatas
D.   tersedia alat yang diperlukan

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR 45  SAMPAI   49,   PILIHLAH:
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!

45.   Kerja laboratorium menyertakan siswa dalam aktivitas hands - on dengan menggunakan peralatan khusus,
sebab                       
kerja laboratorium dapat mengikutsertakan siswa dalam aktivitas dengan menggunakan alat-alat sederhana yang diperoleh disekitar siswa sehari-hari.

46.   Aktivitas kerja laboratorium dapat memberi rasa kepada siswa tentang bagaimana ilmuwan bekerja,
sebab                       
dalam kerja laboratorium dapat membantu siswa memahami konsep dan prinsip lebih baik.

47.   Psikomotor dan kegiatan mental bermanfaat daam mengembangkan ketepatan dan ketelitian pengukuran laboratorium siswa,
sebab                       
kegiatan fisik dengan peralatan laboratorium memberi siswa pengalaman langsung dengan alat-alat dan cara kerja.



48.   Dalam pelaksanaan pendekatan inkuiri guru memberikan pengarahan agar siswa dapat merumuskan masalah,     
sebab                       
masalah yang dirumuskan didiskusikan antar siswa dan ditelaah secara berkelompok.

49.   Pada perkembangan sains dan teknologi fisika dapat menguraikan dan menganalisis struktur dari peristiwa alam,
sebab                       
para ahli fisika mengemukakan konsep, prinsip atau hukum yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah berhubungan dengan gejala alam.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   50   SAMPAI   60,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
50.   Kemampuan yang terlibat pada saat anak berlatih untuk menemukan adalah ....
1)   melahirkan observasi
2)   mengemukakan alasan
3)   melakukan eksperimen

51.   Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menyiapkan siklus belajar empirikal abduktif ....
1)   guru mengindentifikasi konsep
2)   siswa mengemukakan suatu pertanyaan deskriptif
3)   adanya fase pengenalan istilah

52.   Pertanyaan berikut yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi sifat khas pelajaran adalah ....
1)   Apakah pelajaran telah menggunakan bahan-bahan dan aktivitas yang menarik bagi siswa
2)   Apakah pembelajaran telah mewakili konsep yang akan dicapai
3)   Apakah pelajaran telah memberi kesimpulan melakukan investigasi yang menimbulkan inisiatif individu siswa

53.   Untuk memberikan peraturan diri bagi pem-bentukan kembali keseimbangan hendaknya siswa memeriksa sejauh mana konsep baru dapat diterapkan dalam konteks lain. Hal ini dilakukan guru pada saat mendisain pelajaran untuk meningkatkan ....
1)   pengetahuan konsep
2)   keterampilan berpikir
3)   efektifitas pembelajaran

54.   Pertanyaan berikut yang menjadi sifat khas perilaku guru adalah ....
1)   ketika investigasi berlangsung apakah guru berperan sebagai mitra peng-investigasi
2)   Apakah guru berperan sebagai nara sumber ketika terjadi diskusi kelas
3)   Apakah guru tampil percaya diri, senang dan bersahabat

55.   Teknik dasar memanipulasi keterampilan laboratorium adalah kegiatan ....
1)   menentukan letak bayangan cermin
2)   membaca termometer
3)   menentukan panjang fokus cermin dan lensa

56.   Berikut ini yang termasuk keterampilan dasar proses sains adalah ....
1)   prediksi hasil
2)   mengukur panjang
3)   mengamati jarum kompas

57.   Pola umum persiapan guru sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar adalah ....
1)   pengaturan proses pengolahan informasi
2)   pengaturan dalam kerja kelompok siswa
3)   pengaturan peran guru dan siswa dalam mengolah informasi

58.   Terjadinya perubahan miskonsepsi menjadi konsep yang benar dapat dilihat pada kondisi ....
1)   konsep baru harus mempunyai daya prediksi dan eksplanasi
2)   siswa harus merasa tidak puas dengan adanya pemahaman yang salah
3)   siswa harus mempunyai pemahaman minimal tentang konsep baru

59.   Supaya proses berinkuiri dapat berjalan dengan baik maka tugas guru adalah ....
1)   memotivasi siswa agar dapat mengembangkan keterampilan bertanya
2)   memberi kesempatan pada siswa untuk mengasimilasi dan mengakomodasi informasi
3)   mengatur proses pengolahan informasi

60.   Untuk memahami prinsip-prinsip fisika dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari maka kegiatan guru melalui sekolah adalah ....
1)   merancang kegiatan sekolah yang bersifat produktif
2)   merancang kerja laboratorium
3)   melakukan work shops

Tidak ada komentar:

Posting Komentar