TUGAS MANDIRI
KAPITA SELEKTA PEMBELAJARAN FISIKA
(PAFI4471)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 44, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Cara siswa mengkaitkan materi pelajaran baru
dengan struktur kognitif yang telah ada pada dirinya dalam pembelajaran fisika
adalah inti dari ....
A. korelasi antar konsep
B. belajar bermakna
C. cara belajar siswa aktif
D. menggeneralisasi konsep
2. Apabila guru hendak menerapkan teori Ausubel
dalam pembelajaran fisika maka saat membahas topik hukum II Newton siswa
sebaiknya telah memiliki konsep tentang ....
A. massa, kecepatan dan percepatan
B. jarak, waktu dan kecepatan awal
C. massa, gerak dan gaya
D. partikel, jarak dan percepatan
3. Pada pembelajaran fisika, siswa melakukan
percobaan dengan membakar lilin lalu menutupnya dengan gelas. Dalam hal ini
guru menerapkan prinsip belajar ....
A. Gagne
B. Bruner
C. Amstrong
D. Piaget
4. Jika besi dipanaskan maka akan memuai untuk
sampai pada konsep tersebut siswa sudah memahami konsep panas dan pemuaian.
Sebelum memahami hubungan antara panas dan proses pemuaian maka kegiatan ini
membuktikan bahwa ....
A. siswa membangun sendiri konsep yang dibahas
B. konsep learning harus dikuasai sebelum rule
learning
C. siswa melakukan problem solving
D. terjadi proses learning stimulus-respons
5. Apa yang dilakukan manusia setelah menerima
informasi berpengaruh terhadap pengertian belajar karena belajar merupakan ....
A. implementasi informasi ke dalam perbuatan
B. tranformasi informasi secara aktif
C. konstruksi informasi secara aktif
D. demonstrasi informasi ke dalam proses belajar
6. Anak-anak harus didorong untuk bermain dengan
objek tertentu dalam rangka membangun pemahaman adalah tahapan teori belajar
tentang ....
A. enactive
B. econic
C. symbolic
D. discovery
7. Penemuan yang dipandu oleh guru lebih banyak
dijumpai karena ....
A. siswa akan lebih terarah untuk mencapai
tujuan
B. siswa lebih bebas menentukan tujuan
C. guru dapat melakukan pengamatan langsung
D. guru mudah melihat kemajuan siswa dalam
pembelajaran
8. Pada aplikasi konsep siswa dapat
mempergunakan pola pikir untuk memperkaya contoh yang terdapat pada kegiatan
berikut ....
A. setelah memperkenalkan gerak dikaitkan dengan
waktu
B. setelah mempelajari potensial listrik
dikaitkan dengan perubahan kecepatan
C. setelah mempelajari gaya gravitasi dikaitkan
dengan suhu
D. setelah memperkenalkan muatan listrik
dikaitkan dengan magnet
9. Kejadian objektif dan fenomena yang memiliki
sifat-sifat atau atribut tertentu diperlukan IPA sebagai kumpulan pengetahu-an
dalam hal ....
A. fakta
B. konsep
C. model
D. teori
10. Kegiatan para ahli yang didorong oleh rasa
ingin tahu, imajinasi dan alasan yang kuat berusaha menggambarkan dan menjelaskan
fenomena alam. Kegiatan ini diperlukan untuk ....
A. memandang gejala alam sebagai model fenomena alam
B. kreativitas dalam menemukan teori
C. ide-ide dan penjelasan dari suatu gejala alam
D. rambu-rambu yang berhubungan dengan hakikat IPA
11. Dalam pembelajaran fisika tentang bunyi siswa mengenal kecepatan,
frekuensi, periode dan panjang gelombang. Dari kegiatan belajar ini fase pada
siklus belajar yang dialami siswa adalah ....
A. eksplorasi
B. pengenalan istilah
C. penemuan
D. aplikasi konsep
12. Siklus belajar hipotetikal deduktif memiliki tuntutan pada
inisiatif pengetahuan yang memerlukan pola lebih tinggi dalam hal ....
A. konservasi
B. korelasi pikiran
C. klasifikasi
D. deskripsi
13. Dalam pembelajaran yang memerlukan penggunaan abdukatif untuk
memindahkan istilah dan konsep yang dipelajari dalam konteks lain atau konteks
yang baru pada kegiatan pembelajaran ini siswa berada dalam siklus belajar ....
A. deskripsi - abdukatif
B. empirikal - abdukatif
C. abdukatif - deduktif
D. hipotetikal - abdukatif
14. Kegiatan yang melibatkan pernyataan sebab musabab dikemukakan para
siswa untuk menimbulkan aneka ragam penjelasan. Kegiatan siswa selanjutnya
adalah ....
A. mengemukakan pendapat berdasar fakta yang ada
B. mengurangi konsentrasi logis pernyataan dengan praktikum untuk
mengujinya
C. menguraikan penjelasan itu dalam suatu siklus belajar diskripsi
D. mengumpulkan aneka ragam penjelasan logis dalam suatu siklus
belajar hipotetikal deduktif
15. Apakah siswa menganalisis, menginter-pretasikan dan mengevaluasi
data sendiri dalam kelompok, kegiatan tersebut dapat dimonitoring oleh guru
untuk mengetahui ....
A. sifat khas pelajaran
B. sifat khas perilaku siswa
C. sifat khas perilaku guru
D. efektivitas pembelajaran
16. Apabila kegiatan pembelajaran telah menggunakan bahan dan
aktivitas yang membawa siswa untuk berpikir, bertanya dan mendiskusikan
maknanya. Maka pembelajar-an menjadi efektif dan mencirikan ....
A. mutu pelajaran
B. sifat khas pelajaran
C. kadar CBSA yang tinggi
D. suklus belajar yang efektif
17. Apabila siswa dapat menyusun hipotesis, teori dan ramalan yang
membantunya dalam menjawab pertanyaan maka melalui monitoring dapat
diidentifikasi tentang ....
A. sifat khas perilaku siswa
B. kualitas siswa dalam melakukan percobaan
C. kemampuan optimal dalam berpraktikum
D. terjalinnya kerja kelompok yang kompak dalam melakukan percobaan
18. Jika siswa harus menggali gejala baru yang mereka lakukan
berdasarkan kepercayaan awal agar pengetahuan konsep dan keterampilan pikir
meningkat maka kegiatan tersebut harus ada dalam ....
A. evaluasi pelajaran
B. tujuan instruksional khusus
C. kegiatan membuka pelajaran
D. desain pelajaran
19. Teori yang dikemukakan dipercaya dapat membantu terwujudnya
pembelajaran yang efektif adalah ....
A. metode pembelajaran
B. pendekatan pembelajaran
C. teknik mengajar
D. strategi mengajar
20. Kerja laboratorium untuk menentukan panjang fokus lensa diperlukan
ketepatan dan ketelitian pengukuran yang dapat memberikan siswa pada
pemanfaatan dari kegiatan ....
A. mental
B. fisik
C. pikiran
D. emosi
21. Untuk mempelajari bagaimana membuat keputusan dalam mengukur
variabel dapat dilakukan dengan cara ....
A. penyusunan hipotesis
B. definisi operasional variabel
C. analisis investigasi
D. mendeskripsikan hubungan antara variabel-variabel
22. Pengembangan konsep dan keterampilan teknis dapat membantu siswa
memahami konsep dan prinsip lebih baik. Hal ini dapat dicapai apabila siswa
melakukan ....
A. diskusi kelompok
B. kerja kelompok
C. kerja laboratorium
D. kooperatif learning
23. Apabila siswa ditempatkan pada posisi untuk menyelidiki pola dan
menghubungkan antara data yang diperoleh pada percobaan tentang pengaruh
frekuensi dan panjang gelombang cahaya terhadap besar kecepatan rambat cahaya,
maka posisi siswa adalah untuk menerapkan kerja laboratorium secara ....
A. deduktif
B. induktif
C. inquiri
D. discovery
24. Jika siswa dapat mengembangkan konsep keilmuannya, berasumsi, dan
berargumentasi maka dapat disimpulkan bahwa wawasan berpikirnya telah
berkembang pada fase ....
A. akademic task
B. engagement
C. personal humanistik
D. elaborasi
25. Proses belajar mengajar harus berlangsung sesuai dengan kemampuan
kognitif siswa supaya diperoleh hasil belajar yang lebih bermakna. Hal ini yang
dapat tercapai bila hasil belajar disimpan dalam long term memory yang
berbentuk ....
A. teori
B. fakta
C. peristiwa
D. pengalaman
26. Mengatur peran guru dan siswa dalam mengolah informasi merupakan
pola umum dari ....
A. desain belajar mengajar
B. strategi belajar mengajar
C. metode pengajaran
D. pendekatan pengajaran
27. Sebelum membahas suatu topik pelajaran guru harus mengetahui
terlebih dahulu gagasan yang sudah ada pada siswa tentang fenomena yang akan
dipelajari. Fenomena yang dimaksud adalah ....
A. konsep yang terkait
B. pra konsepsi
C. belajar konsep
D. belajar mandiri
28. Kelemahan dari pendekatan discovery adalah ....
A. memperoleh pengetahuan yang bersifat kelompok
B. menumbuhkan kepuasan yang bersifat intrinsik
C. mendorong siswa belajar aktif dan berinisiatif
D. pemahaman siswa terhadap konsep akan lebih baik
29. Pemahaman konsep gaya dorong dapat dilakukan dengan memerintah
siswa untuk menggeser letak buku di atas meja. Pendekatan yang diterapkan pada
kegiatan ini adalah ....
A. melibatkan proses mental yang lebih tinggi
B. memerlukan proses mental
C. memerlukan kreativitas siswa
D. menunjukkan kegiatan guru sebagai pusat pembelajaran
30. Pernyataan berikut yang benar tentang konsep, teori, dan prinsip
adalah ....
A. teori merupakan bentuk generalisasi dari prinsip
B. teori merupakan bentuk generalisasi antar konsep
C. prinsip merupakan bentuk generalisasi antara teori dan konsep
D. konsep merupakan bentuk generalisasi antara teori dan konsep
31. Fisika sangat berperan dalam pengembangan industri dengan ditemukannya
bahan semikonduktor dalam ....
A. elektronika
B. zat padat
C. gelombang dan partikel
D. mekanika
32. Dilihat dari perkembangan sains dan teknologi, lingkungan
dijadikan pusat pengembangan penelitian para ahli sains dan teknologi karena
lingkungan merupakan ....
A. tempat para ahli melakukan penelitian
B. objek yang selalu diupayakan untuk diubah, dimanfaatkan dan
dilestarikan
C. tempat hidup semua makhluk
D. sistem dari siklus kehidupan
33. Perkembangan teori komunikasi dan analisis matematis terhadap
informasi dapat dijadikan dasar untuk pemilihan teknologi dilihat dari ....
A. dampaknya terhadap kehidupan lingkung-an
B. teori dasar dalam komunikasi
C. konsep dasar dalam fisika
D. prinsip yang menunjang
kelestarian lingkungan
34. Dalam pembelajaran guru membahas tentang benda terapung, melayang
dan tenggelam dalam zat cair, sehingga sampai pada prinsip bahwa benda akan
melayang bila massa jenis benda sama dengan massa jenis zat cair. Melalui
prinsip tersebut siswa dihadapkan pada masalah ....
A. bagaimana caranya agar telur ayam yang tenggelam dalam air menjadi
melayang
B. mengapai suhu air tidak berubah ketika benda dimasukkan ke dalam
air
C. Mengapa air bentuknya mengikuti wadah yang ditempatinya?
D. Mengapa air memiliki kerapatan yang berbeda dengan balok kayu?
35. Siswa menjumpai orang yang sedang membuka tutup botol minuman
dengan menggunakan giginya kemudian siswa tersebut memberi saran agar membuka
tutup botol dengan paku sambil memberikan contoh. Sesuai dengan modul
pembelajaran explanation discovery. Kegiatan siswa berada pada fase ....
A. pengajuan masalah
B. mengumpulkan, mengorganisasi data, melakukan percobaan
C. memberikan penjelasan dan solusi
D. tindak lanjut dalam menerapkan hasil penemuan
36. Jika hasil pengamatan siswa di masyarakat tentang kegiatan
masyarakat yang menggunakan produk teknologi, kemudian diskusi di dalam kelas
untuk dianalisis dan di evaluasi maka berdasarkan hubungan sains teknologi
masyarakat, kegiatan siswa berada pada tahap ....
A. eksplorasi
B. discovery
C. explanation dan solution
D. melakukan kegiatan
37. Bentuk generalisasi yang meliputi hubungan antara konsep dinamakan
....
A. teori
B. prinsip
C. hukum
D. dalil
38. Untuk mangatasi kelemahan komunikasi antara guru dan siswa maka
dalam berkomunikasi guru harus memperhatikan ....
A. perbedaan
perkembangan mental berpikir siswa dengan tuntutan pikir guru
B. sosial ekonomi siswa berbeda
C. latar belakang orang tua yang berbeda
D. guru tidak mampu menjadi komunikator yang baik
39. Dalam komunikasi belajar mengajar pikiran guru yang membentuk
berupa gagasan disampaikan pada siswa karena peran guru sebagai ....
A. pengajar
B. destination
C. decoder
D. enkoder
40. Proses komunikasi akan berlangsung secara efektif bila menggunakan
....
A. pesan
B. simbol
C. visualisasi
D. media
41. Komponen dari sistem komunikasi dalam bentuk kelompok simbol
berstruktur hingga bermakna adalah ....
A. bahasa
B. pesan
C. digital
D. media
42. Visualisasi informasi sangat diperlukan dalam pembelajaran fisika
apabila dibuat ....
A. sesuai dengan biaya yang tersedia
B. sesuai dengan tingkat pemahaman siswa
C. berdasarkan perintah kepada sekolah
D. berdasarkan kemajuan teknologi
43. Pemilihan media instruksional yang akan digunakan berdasarkan
relevansi dengan komponen pembelajaran, dengan pertimbangan ....
A. bermanfaat bagi siswa
B. dapat dibeli dengan harga murah
C. agar tidak tertinggal dibandingkan dengan sekolah lain
D. agar lebih menonjol dibandingkan dengan sekolah lain
44. Guru dapat menerapkan eksperimen sesuai dengan pengetahuan konsep
apabila ....
A. pengadaan alat terbatas
B. tidak semua alat memenuhi tuntutan
C. waktu yang sangat terbatas
D. tersedia alat yang diperlukan
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 45 SAMPAI
49, PILIHLAH:
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA
MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH!
45. Kerja laboratorium menyertakan siswa dalam aktivitas hands - on
dengan menggunakan peralatan khusus,
sebab
kerja
laboratorium dapat mengikutsertakan siswa dalam aktivitas dengan menggunakan
alat-alat sederhana yang diperoleh disekitar siswa sehari-hari.
46. Aktivitas kerja laboratorium dapat memberi rasa kepada siswa
tentang bagaimana ilmuwan bekerja,
sebab
dalam
kerja laboratorium dapat membantu siswa memahami konsep dan prinsip lebih baik.
47. Psikomotor dan kegiatan mental bermanfaat daam mengembangkan
ketepatan dan ketelitian pengukuran laboratorium siswa,
sebab
kegiatan
fisik dengan peralatan laboratorium memberi siswa pengalaman langsung dengan
alat-alat dan cara kerja.
48. Dalam pelaksanaan pendekatan inkuiri guru memberikan pengarahan
agar siswa dapat merumuskan masalah,
sebab
masalah
yang dirumuskan didiskusikan antar siswa dan ditelaah secara berkelompok.
49. Pada perkembangan sains dan teknologi fisika dapat menguraikan dan
menganalisis struktur dari peristiwa alam,
sebab
para
ahli fisika mengemukakan konsep, prinsip atau hukum yang dapat digunakan untuk
memecahkan masalah berhubungan dengan gejala alam.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 50
SAMPAI 60, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
50. Kemampuan yang terlibat pada saat anak berlatih untuk menemukan
adalah ....
1) melahirkan observasi
2) mengemukakan alasan
3) melakukan eksperimen
51. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menyiapkan siklus belajar
empirikal abduktif ....
1) guru mengindentifikasi konsep
2) siswa mengemukakan suatu pertanyaan deskriptif
3) adanya fase pengenalan istilah
52. Pertanyaan berikut yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi
sifat khas pelajaran adalah ....
1) Apakah pelajaran telah menggunakan bahan-bahan dan aktivitas yang
menarik bagi siswa
2) Apakah pembelajaran telah mewakili konsep yang akan dicapai
3) Apakah pelajaran telah memberi kesimpulan melakukan investigasi
yang menimbulkan inisiatif individu siswa
53. Untuk memberikan peraturan diri bagi pem-bentukan kembali
keseimbangan hendaknya siswa memeriksa sejauh mana konsep baru dapat diterapkan
dalam konteks lain. Hal ini dilakukan guru pada saat mendisain pelajaran untuk
meningkatkan ....
1) pengetahuan konsep
2) keterampilan berpikir
3) efektifitas pembelajaran
54. Pertanyaan berikut yang menjadi sifat khas perilaku guru adalah
....
1) ketika investigasi berlangsung apakah guru berperan sebagai mitra
peng-investigasi
2) Apakah guru berperan sebagai nara sumber ketika terjadi diskusi
kelas
3) Apakah guru tampil percaya diri, senang dan bersahabat
55. Teknik dasar memanipulasi keterampilan laboratorium adalah
kegiatan ....
1) menentukan letak bayangan cermin
2) membaca termometer
3) menentukan panjang fokus cermin dan lensa
56. Berikut ini yang termasuk keterampilan dasar proses sains adalah
....
1) prediksi hasil
2) mengukur panjang
3) mengamati jarum kompas
57. Pola umum persiapan guru sebelum melaksanakan kegiatan belajar
mengajar adalah ....
1) pengaturan proses pengolahan informasi
2) pengaturan dalam kerja kelompok siswa
3) pengaturan peran guru dan siswa dalam mengolah informasi
58. Terjadinya perubahan miskonsepsi menjadi konsep yang benar dapat
dilihat pada kondisi ....
1) konsep baru harus mempunyai daya prediksi dan eksplanasi
2) siswa harus merasa tidak puas dengan adanya pemahaman yang salah
3) siswa harus mempunyai pemahaman minimal tentang konsep baru
59. Supaya proses berinkuiri dapat berjalan dengan baik maka tugas
guru adalah ....
1) memotivasi siswa agar dapat mengembangkan keterampilan bertanya
2) memberi kesempatan pada siswa untuk mengasimilasi dan
mengakomodasi informasi
3) mengatur proses pengolahan informasi
60. Untuk memahami prinsip-prinsip fisika dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari maka kegiatan guru melalui sekolah adalah ....
1) merancang kegiatan sekolah yang bersifat produktif
2) merancang kerja laboratorium
3) melakukan work shops
Tidak ada komentar:
Posting Komentar