TUGAS MANDIRI
PENDIDIKAN PANCASILA
(MKDU4104)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 28, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Manusia mempunyai martabat yang tinggi,
karena memiliki budi nurani artinya ....
A. menyadari adanya nilai-nilai dan norma-norma
hidup
B. menyadari kedudukannya sebagai makhluk Tuhan
yang paling sempurna
C. menyadari kemampuannya untuk mengatasi dan
memanfaatkan makhluk lain di alam semesta
D. menyadari kemampuannya untuk mengembangkan
ilmu pengetahuan dan teknologi modern untuk kesejahteraan hidup manusia
2. Permusyawaratan adalah suatu tata cara, yaitu
untuk ....
A. mengambil keputusan dengan mengutamakan
kebulatan pendapat atau mufakat
B. mengambil keputusan dengan mengutamakan
kebenaran argumentasi
C. menyusun perencanaan tentang pembangunan yang
paling mungkin untuk dilaksanakan
D. pertemuan yang terjadwal untuk mengevaluasi
perkembangan suatu desa
3. Sila kelima sebagai dasar negara membawa
konsekuensi, bahwa setiap orang Indonesia akan mendapat ....
A. kedudukan dan fungsi yang sama dalam tata
pemerintahan Republik Indonesia
B. perlakuan dan penghargaan yang sama dalam
bidang hukum, politik, sosial, ekonomi,
dan kebudayaan
C. hak dan kewajiban yang sama dalam bidang
hukum, politik, sosial, ekonomi, dan kebudayaan
D. perlakuan yang adil dalam bidang hukum,
politik, sosial, ekonomi, dan kebudayaan
4. Rumusan urutan sila-sila Pancasila merupakan
kesatuan yang logis, yaitu merupakan kesatuan ....
A. saling mengisi dan mengkualifikasi
B. saling mendasari dan menjiwai
C. masing-masing sebagai dasar negara
D. dasar negara merupakan kesatuan dari lima
sila
5. Pengertian rakyat adalah ....
A. warganegara yang diatur dengan undang-undang
B. sekelompok manusia yang bersepakat untuk
mengatur hidup bersama
C. warga yang memiliki kesamaan ras dan
bertempat tinggal pada suatu wilayah yang sama
D. sekelompok manusia yang berdiam dalam satu
wilayah negara tertentu
6. Rumusan kesatuan isi sila-sila Pancasila yang
hierarkhis-piramidal untuk sila IV ialah ....
A. sila IV saling mendasari, meliputi, menjiwai
dengan sila I, II, III, dan V
B. sila IV didasari, diliputi, dijiwai oleh sila
I, II, III, dan V
C. sila IV mendasari dan meliputi, tetapi
dijiwai oleh sila I, II, III, dan V
D. sila IV didasari, diliputi, dijiwai oleh sila
I, II, III tetapi mendasari, meliputi, menjiwai sila V
7. Pembahasan Pancasila melalui pendekatan ilmu
hukum dan hukum tata negara sangat penting, karena ....
A. aturan hukum dan hukum ketatanegaraan,
Pancasila menjadi sumber bahan dan pedoman bagi kebijakan, tindakan, dari
setiap perbuatan
B. dapat menyusun pedoman yang jelas bagi
kebebasan berorganisasi, baik organisasi sosial maupun politik
C. dapat menjelaskan pemisahan dan atau hubungan
antara lembaga-lembaga tinggi negara pemegang kekuasaan eksekutif, legislatif,
dan yudikatif
D. dapat menjelaskan pengertian tertib hukum dan
supremasi hukum
8. Rumusan Pancasila merupakan kesatuan
hierarkhis piramidal artinya ....
A. susunan yang bertingkat sesuai dengan urutan
prioritas pembangunan pada periode tertentu
B. susunan yang teratur sesuai dengan fungsinya
dalam mengatur bidang-bidang hidup kenegaraan
C. susunan yang bertingkat sesuai dengan tata
urutan perundang-undangan Republik Indonesia
D. susunan yang teratur dengan urutan, sila yang
dimuka lebih luas (kuantitas) dan isi sifat cakupannya dari pada sila yang di belakang
9. Pengetahuan ilmiah harus memiliki sifat
universal artinya ....
A. pengetahuan yang kebenarannya telah diakui
oleh seluruh ilmuwan dari berbagai bidang keahlian
B. pengetahuan yang manfaatnya telah diakui oleh
warga masyarakat umum
C. penelusuran kebenaran yang telah dilakukan
bertahun-tahun oleh seorang ilmuwan dan ilmuwan tersebut telah meyakini
kebenarannya
D. penelusuran kebenaran selalu memiliki bukti
dan alasan yang dapat diterima oleh akal
10. Pendidikan Pancasila merupakan kajian ilmiah,
karena disusun secara bersistem, artinya ....
A. susunan yang harmonis dimulai dari sila yang bersifat abstrak
(sila I), kemudian secara bertahap diikuti sila yang semakin konkrit, untuk
mewujudkan tujuan yang konkrit, yaitu sila kelima
B. pengetahuan yang konsisten dimulai dari pengumpulan data tentang
praktek kehidupan sehari-hari dengan tujuan menyusun pedoman hidup bersama
C. pengetahuan yang runtut membalas pelaksanaan Pancasila di dalam
peraturan-peraturan sesuai dengan urutan tertib hukum Indonesia
D. susunan yang harmonis tentang nilai-nilai Pancasila menurut urutan
sila-sila Pancasila
11. Pembahasan Pancasila melalui pendekatan sejarah mempunyai peranan
penting, karena ....
A. setiap mahasiswa mempunyai pengetahuan tentang periodisasi
penetapan Pancasila sebagai dasar negara
B. dapat diketahui bukti keampuhan Pancasila dalam menghadapi
keinginan dan pemberontakan yang akan menggantinya sebagai dasar negara
C. setiap mahasiswa mempunyai bahan yang jelas tentang inti isi
mutlak sila-sila Pancasila
D. Dapat diketahui dengan jelas proses pertumbuhan dan pelembagaan
nilai-nilai Pancasila
12. Pendekatan ilmu hukum dan hukum tata negara sangat penting bagi
pembahasan Pancasila, karena ....
A. peraturan perundang-undangan secara hierarkis merupakan perwujudan
nilai-nilai Pancasila
B. Pancasila adalah dasar tertib hukum Indonesia
C. negara Indonesia adalah negara hukum sesuai dengan semangat sila
keempat
D. dapat menjadi bukti bahwa bangsa Indonesia sejak dahulu selalu
menegakkan supremasi hukum
13. Fakta atau bukti bagi telah adanya nilai-nilai persatuan Indonesia
di dalam kepribadian bangsa Indonesia ialah ....
A. penghormatan kepada sesama manusia yang terdapat di dalam
buku-buku karya pujangga Indonesia sendiri
B. berbagai balai dan tempat bermusyawarah dapat ditemukan di
daerah-daerah Indonesia
C. slogan, semboyan, tata mutiara untuk memupuk semangat kerjasama
dan cinta tanah air
D. kegiatan dan perbuatan serta kata mutiara yang lebih mendahulukan
kepentingan sosial daripada perseorangan
14. Fakta atau bukti bagi telah adanya nilai-nilai kemanusiaan di
dalam kepribadian bangsa Indonesia ialah ....
A. pernah bernegara nasional waktu jaman kerajaan Sriwijaya dan
Majapahit
B. kegiatan musyawarah di desa-desa dan juga para penasehat raja
terutama sejak jaman Majapahit
C. bangunan atau tempat tertentu untuk menyelenggarakan peradilan dan
tempat mengadu kepada penguasa (raja)
D. bangunan dan sarana lain untuk membantu fakir miskin dan sesama
manusia
15. Pengertian kausa efisien bagi Pancasila adalah ....
A. asal mula bentuk bagi Pancasila sebagai dasar negara
B. asal mula karya atau kegiatan untuk menjadikan Pancasila sebagai
dasar negara
C. kegiatan-kegiatan rapat BPUKPKI agar Pancasila dapat efektif
sebagai dasar negara
D. kegiatan-kegiatan rapat BPUPKI untuk menetapkan Pancasila sebagai
dasar negara
16. Manfaat pembahasan tentang asal mula Pancasila dari aspek sejarah
ialah ....
A. mengenal ciri-ciri kepribadian Indonesia dalam usaha menumbuhkan
semangat kebersamaan, keseragaman, dan kedisiplinan
B. menjadi petunjuk yang dapat dipakai untuk mengetahui apa yang
dapat dilakukan untuk masa kini dan masa depan
C. mengenal kesaktian Pancasila
D. menjadi pendorong dirumuskannya pedoman pengamalan Pancasila yang
berlaku sama untuk seluruh warga bangsa Indonesia
17. Pandangan hidup theo-genetis mempunyai ciri antara lain ....
A. kaidah kebenaran bersumber dan harus sampai pada kebenaran
tertinggi, yaitu Tuhan
B. keyakinan tentang hidup dan kehidupan di dunia ini sepenuhnya
diatur oleh yang transender, yaitu Tuhan
C. tatanan dan cara hidup yang dilestarikan secara turun temurun
sebagai adat istiadat
D. cara hidup yang didasarkan kepada kebenaran meta empiris
18. Keuntungan bagi bangsa Indonesia dengan dibentuknya BPUPKI ialah ....
A. dapat mempersiapkan kemerdekaan Indonesia secara legal
B. dapat bekerjasama dengan pemerintah penjajah Jepang
C. dapat mempertemukan tokoh-tokoh daerah dari Sabang sampai Merauke
D. mempersiapkan tokoh-tokoh politik yang handal
19. Sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945 membahas usulan tentang ....
A. sifat gotong-royong dan kekeluargaan yang paling sesuai dengan
kepribadian Indonesia
B. dasar bagi negara Indonesia merdeka yang akan dibentuk
C. koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia
D. Indonesia segera menagih pemerintah penjajah Jepang untuk segera
memberikan kemerdekaan
20. Pada sidang pertama PPKI tanggal 18 Agustus 1945 telah disahkan ....
A. pemilihan anggota-anggota MPRS
B. pemilihan Menteri Negara pembantu Presiden
C. pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang pertama
D. peresmian perubahan Tentara Keamanan Rakyat menjadi Tentara
Nasional Indonesia
21. Pada tanggal 22 Juni 1945 Panitia Sembilan berhasil membuat
rumusan tentang ....
A. pasal-pasal calon hukum dasar negara
B. pernyataan hak-hak asasi manusia
C. pasal-pasal hukum pidana
D. tata urutan sila-sila Pancasila calon dasar negara
22. Asal mula yang langsung bagi Pancasila sebagai dasar negara ialah ....
A. pembahasan-pembahasan menjelang Proklamasi Kemerdekaan sampai
dengan sesudahnya untuk menjadikan Pancasila sebagai dasar negara
B. rapat-rapat di dalam sidang BPUPKI sampai dengan dihasilkan
keputusan mengusulkan Piagam Jakarta yang didalamnya terdapat rumusan calon
dasar negara
C. rapat-rapat di dalam sidang BPUPKI sampai dengan disahkannya
Pembukaan UUD 1945 yang didalamnya terdapat rumusan sila-sila Pancasila
D. semua bahan dalam dimensi historis sebelum Proklamasi Kemerdekaan
23. Asal mula bahan bagi Pancasila disebut juga dengan istilah causa ....
A. finalis
B. efisien
C. formalis
D. materialis
24. Asal mula tujuan bagi Pancasila sebagai dasar negara ialah ....
A. sidang-sidang BPUPKI yang merumuskan dan mengusulkan Pancasila
sebagai calon dasar negara
B. nilai-nilai kepribadian dan pandangan hidup bangsa Indonesia
C. panitia sembilan dan seluruh anggota BPUPKI serta PPKI yang
berkehendak menjadikan Pancasila sebagai dasar negara
D. rumusan Pancasila yang diusulkan oleh BPUPKI sebagai calon dasar
negara
25. Pandangan hidup theo-genetis adalah kecenderungan mendasar seperti
berikut ini ....
A. tatanan dan cara hidup yang dilestarikan secara turun temurun
sebagai adat istiadat hidup
B. keyakinan tentang hidup dan kehidupan ini diatur oleh kekuatan
yang transender
C. pengalaman dan fakta empiris selaku berhubungan dengan nilai-nilai
meta empiris
D. cara hidup yang didasarkan kepada nilai-nilai Ketuhanan
26. Pandangan hidup sosio-genetis mempunyai ciri antara lain ....
A. mengharuskan seseorang memeluk agama yang sesuai dengan agama yang
dipeluk oleh mayoritas penduduk
B. mempercayai hal-hal yang transendental dan mewujudkannya di dalam
adat istiadat
C. adil dalam memenuhi semua kebutuhan hidupnya baik material maupun
spiritual
D. individu merupakan bagian dari sosialitas
27. Pengertian pandangan hidup bangsa ialah ....
A. cara hidup yang dipandang luhur oleh suatu kelompok masyarakat
B. cara hidup suatu kelompok masyarakat dalam hubungannya dengan
transenden, diri sendiri, dan sesama makhluk
C. kecenderungan mendasar suatu masyarakat tentang hubungan manusia
dengan yang transender, diri sendiri, dan sesama makhluk
D. kecenderungan mendasar suatu masyarakat tentang cita-cita pribadi
dan cara mencapai cita-cita pribadi
28. Pancasila yang harus dihayati oleh bangsa Indonesia adalah
Pancasila sebagaimana tercantum di dalam ....
A. Piagam Jakarta
B. Pembukaan UUD 1945
C. Batang tubuh UUD 1945
D. UUD’S 1950
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 29 SAMPAI
38, PILIHLAH:
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA
MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH!
29. Sila-sila Pancasila mempunyai inti isi mutlak berupa nilai-nilai
yang sangat luas isi sifatnya, tetapi terbatas cakupannya,
sebab
rumusan
urut-urutan sila-sila Pancasila merupakan satuan hierarkis-piramidal.
30. Nilai-nilai yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila tidak
mempunyai sifat universal, karena hanya berlaku bagi warganegara Indonesia,
sebab
nilai-nilai
Pancasila dapat diuji kebenarannya dengan menguji bukti-buktinya melalui
metode-metode kuantitatif.
31. Pendekatan sejarah sangat penting untuk menganalisis nilai-nilai
Pancasila dan bukti-bukti kebenarannya secara historis,
sebab
pendidikan
Pancasila mampu menganalisis secara konseptual tentang pentingnya nilai-nilai
Pancasila bagi bangsa Indonesia bukan hanya untuk masa lalu, tetapi juga untuk
sekarang dan masa depan.
32. Sila V Pancasila didasari, diliputi, dan dijiwai oleh sila I, II,
III, dan IV, kemudian juga mendasari, meliputi, dan menjiwai sila I, II, II,
IV,
sebab
rumusan
urut-urutan sila-sila Pancasila merupakan kesatuan organis.
33. Bangsa Indonesia telah mengenal nilai-nilai Ketuhanan sejak jaman
dahulu, bukan hanya sejak jaman surutnya kerajaan Majapahit,
sebab
buku-buku
kuno, cerita rakyat, cerita wayang karya para pujangga Indonesia menunjukkan
bukti, bahwa bangsa Indonesia telah mengenal keesaan Tuhan sejak lama sebelum
masa pertumbuhan kerajaan Demak.
34. Bangsa Indonesia sebelum Sumpah Pemuda tahun 1928 belum pernah
menjalin persatuan, karena masih terkotak-kotak dalam semangat kedaerahan,
sebab
bangsa
Indonesia pernah mengalami masa kejayaan dan bernegara nasional waktu kerajaan
Sriwijaya dan Majapahit.
35. Pancasila diusulkan menjadi calon dasar negara oleh PPKI dan
disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 menjadi dasar negara juga oleh PPKI,
sebab
pancasila
merupakan hasil rumusan dari nilai-nilai yang terkandung di dalam adat
kebiasaan, kebudayaan dan kehidupan religius bangsa Indonesia.
36. Bangsa Indonesia mempunyai kecenderungan berpandangan hidup
sosio-genetis,
sebab
bangsa
Indonesia sejak jaman dahulu telah mengenal dan mempercayai hal-hal yang
transendental dan mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.
37. Bangsa Indonesia mempunyai kecenderungan pandangan hidup bio-genetis,
sebab
bangsa
Indonesia mempunyai kecenderungan untuk secara seimbang memenuhi kebutuhan
hidup jasmaniah maupun rohaniah.
38. Bangsa Indonesia mempunyai kecenderungan pandangan hidup
theo-genetis,
sebab
bangsa
Indonesia berpandangan bahwa pengalaman dan fakta yang konkrit selalu
berhubungan dengan nilai-nilai yang meta-empiris.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 39
SAMPAI 45, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
39. Pengertian Pancasila pandangan hidup bangsa Indonesia ialah ...
1) nilai-nilai yang digunakan warga masyarakat Indonesia sebagai
pedoman dan petunjuk hidup sehari-hari
2) hal-hal pokok yang dijadikan pedoman hidup bernegara bagi bangsa Indonesia
3) cita-cita moral yang memberikan kekuatan rohaniah untuk
berperilaku luhur dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
40. Pengertian Pancasila sebagai dasar negara adalah ...
1) dasar, nilai, dan norma untuk mengatur pemerintahan negara
2) sumber dari segala sumber hukum bagi negara Indonesia
3) asas kerohanian yang meliputi suasana kebatinan dan cita-cita
hukum negara Indonesia
41. Pancasila sebagai pegangan hidup bangsa Indonesia di dalam
pelaksanaan hidup sehari-hari tidak boleh bertentangan dengan norma-norma ...
1) agama
2) kesusilaan
3) sopan santun
42. Selain bertopang pada asas-asas kultural, religius, dan
kenegaraan, tata kehidupan bernegara dan berbangsa juga bertopang pada ...
1) ekonomi
2) sosial
3) politis
43. Tata kehidupan bernegara dan berbangsa selain bertopang pada
ekonomi, sosial, dan politis, juga bertopang pada perpaduan asas-asas ...
1) kultural
2) religius
3) kenegaraan
44. Antara pembukaan UUD 1945 dan Pancasila terdapat hubungan yang dapat
dibedakan menjadi secara ...
1) material
2) formal
3) non formal
45. Pembukaan UUD 1945 secara hakiki mempunyai ...
1) kedudukan sebagai pernyataan kemerdekaan yang terinci
2) mengandung dasar, rangka dan suasana bagi negara tertib hukum
3) sendi-sendi mutlak bagi kehidupan negara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar