TUGAS MANDIRI
KAPITA SELEKTA MATEMATIKA SEKOLAH
(PAMA3128)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 39, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Jika ABCD.EFGH adalah sebuah kubus, maka
letak titik hasil proyeksi dari titik G terhadap garis-garis BD adalah
A. berimpit dengan titik sudut B.
B. berimpit dengan titik sudut D.
C. berimpit dengan titik tengah BD.
D. berimpit dengan garis berat segitiga BDG.
2. Diketahui ABCD.EFGH merupakan suatu kubus.
Jika p terletak pada perpotongan diagonal alasnya, maka sudut antara bidang BDG
dan ABCD adalah
A. ÐAPG.
B. ÐBPG.
C. ÐGDC.
D. ÐGPC.
3. Bidang banyak yang mempunyai jumlah rusuk dan
titik sudutnya berturut-turut 12 dan 8 disebut
A. octahedron.
B. dodecahedron.
C. tetrahedron.
D. hexahedron.
4. Banyak (R) rusuk dari sudut bidang banyak
beraturan jika banyaknya sisi (S) dan titik sudut (T) dari bangun tersebut
berturut-turut 20 dan 12 adalah
A. 34.
B. 30.
C. 24.
D. 20.
7. Diketahui dua buah vektor dan yang besarnya sama,
dan arahnya membentuk sudut 600 satu dengan lainnya. Besar sudut
antara dan adalah
A. 300.
B. 450.
C. 600.
D. 900.
8. Seorang guru sedang mengajarkan sub pokok
bahasan tentang kedudukan sebuah garis terhadap garis lainnya pada kubus. Guru
tersebut melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Menggambarkan sebuah kubus ABCD-EFGH di papan
tulis yang disertai pertanyaan, tunjukkan bahwa BD^CE.
2. Siswa diminta memperhatikan kubus tersebut
dan memerintahkan agar siswa membuat bidang diagonal yang memuat ruas garis CE,
yaitu ACGE.
3. Selanjutnya menggirin siswa dengan mengajukan
pertanyaan-pertanyaan se-bagai berikut:
-bagaimanakah kedudukan BD terhadap AC, BD
terhadap AE.
-terletak pada bidang apakah AC dan AE.
-bagaimanakah hubungan BD terhadap bidang
yang memuat AC dan AE.
-setelah itu menanyakan kedudukan CE
terhadap BD.
Dengan
memperhatikan langkah-langkah kegiatan di atas, metode yang digunakan oleh guru
tersebut adalah metode
A. tanya jawab.
B. drill.
C. latihan.
D. penemuan.
9. Bentuk negasi dari pernyataan “Semua jenis
hewan di laut bernafas dengan insang”.
A. ada beberapa jenis hewan di laut yang
bernafas dengan insang.
B. tidak ada jenis hewan di laut yang bernafas
dengan insang.
C. tidak benar bahwa semua jenis ikan bernafas
tidak dengan insang.
D. beberapa jenis hewan di laut bernafas dengan
paru-paru.
10. Bentuk kontra positip dari pernyataan “Jika hari hujan maka jalan
di muka rumah basah” adalah
A. Jika jalan di muka rumah basah, maka hari hujan.
B. Jika hari tidak hujan maka jalan di muka rumah tidak basah.
C. Jika jalan di muka rumah tidak basah, maka hari tidak hujan.
12. Penarikan kesimpulan seperti yang tertulis di bawah ini benar atau
syah menurut aturannya, kecuali
A. Jika DABC sama sisi,
maka
ÐA = ÐB = ÐC
ÐA ¹ ÐB ¹ ÐC
Jadi DABC bukan segitiga sama sisi
B. Jika diskriminan persamaan
x2 - 14x + 49 = 0, maka akar-akarnya sama dan real D
= (-14)2 - 4.49 = 0.
Jadi akar-akar persamaan
x2 - 14x + 49 = 0 adalah real dan sama.
C. Jika ia mahasiswa ITB, maka ia pandai
Ia mahasiswa ITB
Jadi ia pandai
D. Jika Mamiek seorang pelawak, maka ia- bertampang lucu
Mamiek bertampang lucu
Jadi Mamiek adalah seorang
pelawak
13. Seorang guru menunjukkan benar tidaknya suatu pernyataan dengan
menggunakan atuaran modus tollens. Pendekatan yang ia gunakan dalam
menyampaikan permasalah di atas adalah pendekatan
A. penemuan.
B. deduktif.
C. analitik.
D. induktif.
14. Persamaan lingkaran yang mempunyai titik-titik A(1, 0), B(0, 2),
dan C(2, 1) adalah
A. 3x2 + 3y2 - 5x - 7y + 2 = 0.
B. x2 + y2 - 5x - 7y + 2 = 0.
C. x2 + y2 + 5x - 7y - 2 = 0.
D. 3x2 + 3y2 - 5x + 7y - 2 = 0.
18. Persamaan parabola yang sumbu utamanya berimpit dengan sumbu x,
serta melalui titik-titik (9, 5) dan (3, 1) adalah
A. 3x2 + y2 = 6.
B. 3x2 - y2 = 12.
C. x2 + 3y2 = 12.
D. x2 - 3y2 = 6.
21. Banyaknya permutasi yang dapat disusun dari huruf-huruf GALERI
adalah
A. 360.
B. 720.
C. 1440.
D. 2880.
22. Disediakan angka-angka 1, 2, 3, 4, 5.
Banyaknya bilangan yang dapat dibentuk jika bilangan
itu harus kelipatan 5 dan juga harus terdiri dari 3 angka adalah
A. 12 buah.
B. 20 buah.
C. 48 buah.
D. 60 buah.
23. Banyaknya susunan suatu team bola basket yang terdiri dari 5 orang
pemain yang diambil dari 10 orang adalah
A. 252 susunan.
B. 1260 susunan.
C. 6045 susunan.
D. 30240 susunan.
24. Nilai koefisien suku yang memuat y4(x2 + 2y)5
adalah
A. 20.
B. 40.
C. 64.
D. 80.
25. Suatu kelas terdiri dari 15 orang laki-laki dan 25 orang wanita,
10 orang laki-laki dan 10 orang wanita bermata coklat. Nilai kemungkinan bahwa
seseorang yang dipilih secara acak merupakan laki-laki atau bermata coklat
adalah
A. 0, 425.
B. 0, 625.
C. 0, 75.
D. 0, 80.
26. Di dalam sebuah kotak terdapat 10 kartu yang diberi nomor 1 sampai
10. Dari kotak tersebut diambil sebuah kartu. Peluang terambilnya kartu
bernomor genap atau kartu bernomor prima yang ganjil adalah
A. 0, 4.
B. 0, 6.
C. 0, 8.
D. 0, 15.
27. Dua buah dadu dilempar bersama-sama. Jika jumlah mata yang muncul
dari kedua dadu tersebut sama dengan 7, maka probabilitas bahwa salah satu dadu
muncul 5 adalah
A. C.
B. D.
B. 3. D. 1.
31. Seorang guru dalam menjelaskan ruang sampel dari pelemparan 3 buah
mata uang logam sebaiknya menggunakan metode
A. ceramah.
B. penemuan.
C. dedutif.
D. demonstrasi.
32. Dari 64 orang siswa yang mengikuti ujian matematika diketahui
nilai terendahnya 38, sedangkan tertingginya = 98. Jika data-data tersebut akan
disajikan ke dalam bentuk tabel distribusi prekuensi, maka panjang kelas
interval yang dapat diambil adalah
A. 6 atau 7. C. 8 atau 9.
B. 7 atau 8. D. 9 atau 10.
37. Nilai D6 dari data-data 10, 13, 17, 14, 9, 19, 9, 19,
23, 24, 22, 21, 33, 27, 29, 39, 35, 43, dan 47 adalah
A. 26.
B. 26,2.
C. 27.
D. 27,2.
39. Seorang guru mengajarkan pengertian median dengan langkah-langkah
sebagai berikut:
langkah 1: menuliskan
sekumpulan data, misalnya 4, 5, 9, 6, 3, 2, 5, 7, 8 ( jumlah data ganjil).
langkah 2: bertanya
kepada murid-muridnya, “setelah data-data tersebut diurut-kan, tentukan angka
yang letaknya di tangah?.”
langkah 3: siswanya
memberikan jawaban, kemudian guru menjelaskan secara detil bahwa angka yang
terletak di tengah-tangah setelah data tersebut diurutkan disebut median.
langkah 4: menuliskan
logi sekumpulan data yang jumlahnya genap, yaitu: 14, 12, 10, 9, 12, 11, 10, 9,
8, 12, 14, 13, setelah itu kembali bertanya: Berapakah mediannya.
langkah 5: mendengar
jawaban siswanya yang bervariasi, dan mencoba memberikan pengertian bahwa jika
datanya genap, maka yang disebut median adalah dua buah nilai yang letaknya di
tengah dibagi dua ... dan seterusnya.
langkah 6: memberikan
berbagai macam data dan memerintahkan murid-muridnya untuk mencari median dari
masing-masing kelompok data tersebut.
Melihat langkah-langkah yang diterapkan tersebut,
dalam hal ini guru menggunakan metode
A. deduktif.
B. penemuan.
C. ceramah.
D. induktif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar