LATIHAN MANDIRI
DESAIN
PEMBELAJARAN
(AKTA8811)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 50, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Secara umum,
model pendekatan kurikulum terdiri dari ....
A. mata pelajaran, inter-disipliner,
akar rumput
B. mata pelajaran, inter-disipliner-
integratif
C. akar rumput, administratif
D. administratif, inter-disipliner,
integratif
2. Model
pengembangan kurikulum yang menitikberatkan pada perbaikan dan penyem-purnaan
kurikulum adalah model ....
A. Tyler
B. Olivia
C. Eisner
D. Taba
3. Salah satu kriteria yang
digunakan dalam pemilihan materi kurikulum adalah ....
A. misi yang diemban
B. visi yang hendak dicapai
C. warisan budaya yang hendak
dilestarikan
D. aset lokal yang perlu
disosialisasikan
4. Pengembangan
kurikulum yang dilandasi prinsip bahwa tujuan merupakan arah bagi pengembangan
komponen lain adalah prinsip ....
A. kontinuitas
B. berorientasi pada tujuan
C. fleksibilitas
D. integritas
5. Faktor-faktor
yang perlu diperhatikan dalam menyusun urutan materi kurikulum adalah ....
A. taraf kesulitan dan kematangan
siswa
B. faktor apersepsi dan pengalaman
C. perkembangan jiwa, minat, dan
kebutuh-an siswa
D. taraf kesulitan, pengalaman,
kematangan dan minat
6. Prinsip integritas dalam
pengembangan kurikulum dilandasi pemikiran bahwa kuri-kulum harus mampu
mengembangkan ....
A. komponen-komponen kurikulum
B. materi kurikulum secara luas
C. keterampilan hidup
D. keterampilan akademik
7. Pengembangan
kurikulum yang menyebutkan perlunya ruang gerak atau kelonggaran dalam
mengambil keputusan tentang kegiatan di lapangan bagi pelaksana kurikulum
adalah pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip ...
A. fleksibilitas
B. keterpaduan
C. kesinambungan
D. objektivitas
8. Pengembangan
kurikulum yang dilandasi pada keterkaitan antara jenis dan jenjang program
pendidikan adalah ....
A. integritas
B. fleksibilitas
C. akuntabilitas
D. kontinuitas
9. Dalam proses
pengembangan kurikulum, pendekatan yang dapat dilakukan untuk menganalisis
kebutuhan adalah pendekatan ....
A. survei kebutuhan, studi
kompetensi, analisis tugas
B. sequence dan scope
C. kognitif, afektif, psikomotorik
D. prosedural
10. Salah satu kriteria yang menunjukkan bahwa
suatu peristiwa disebut sistem adalah ....
A. dapat digunakan secara luas
B. merupakan fungsi bersama yang mem-punyai tujuan tertentu
C. merupakan gabungan dari beberapa bagian
D. merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat
dibagi menjadi bagian-bagian kecil
11. Respon baru yang berakibat menyenangkan
cenderung akan diulang. Implikasi prinsip ini pada kegiatan instruksional
antara lain adalah perlunya ....
A. melakukan perilaku lain
B. menghindari respon yang sama
C. memberikan umpan balik positif
D. menggunakan berbagai respon
12. Dalam proses pengembangan pembelajaran, prinsip
respon baru diterapkan dalam bentuk pemberian ....
A. latihan dan tes
B. latihan dan umpan balik
C. contoh kegiatan pembelajaran
D. tes, latihan, dan umpan balik segera
13. Tingkat mata pelajaran pada Instructional
System Design (Gagne, 1979) terdiri dari 2 tahapan, yaitu ....
A. menentukan struktur dan urutan mata pelajaran
B. merumuskan tujuan dan kegiatan belajar
C. mengidentifikasi TPU dan perilaku
D. menentukan struktur pelajaran dan urutan
serta menganalisis tujuan
14. Pada pendekatan sistem model Dick &
Carey, pengembangan pembelajaran diakhiri dengan ....
A. mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif
B. melaksanakan tes atau ujicoba prototipe
C. mendesain dan melaksanakan evaluasi sumatif
D. merevisi kegiatan pembelajaran
15. Pada pengembangan model pembelajaran PPSI,
perumusan tujuan hendaknya memenuhi kriteria berikut yaitu ....
A. operasional, behavioral,
output-oriented dan spesifik
B. komprehensif dan operasional
C. spesifik dan relevan antara jenis dan tujuan
D. substansial, metodologi, dan sumber belajar
16. Kebutuhan Pembelajaran adalah istilah yang
berkaitan langsung dengan ....
A. pemecahan masalah pembelajaran
B. masalah pembelajaran
C. identifikasi masalah pembelajaran
D. penentuan masalah pembelajaran
17. Salah satu langkah terpenting dalam
meng-identifikasi kebutuhan pembelajaran adalah menentukan ....
A. tujuan pembelajaran umum
B. kesenjangan antara kondisi sekarang dengan
yang seharusnya
C. tujuan pembelajaran khusus
D. materi pelajaran yang relevan
18. Rumusan TPU sering juga disebut tujuan yang
bersifat ....
A. latihan (practice objective)
B. perilaku (behavioral
objective)
C. nilai (value objective)
D. tetap (permanent objective)
19. Contoh kata kerja operasional digunakan dalam menyusun TPU adalah
sebagai berikut, kecuali ....
A. menggunakan
B. menentukan nilai
C. menjabarkan
D. memahami
20. Dari contoh kalimat berikut: “mahasiswa akan
dapat mendemonstrasikan cara membuat sirop buah sirsak dengan benar”, maka yang
disebut komponen objek dari tujuan pembelajaran adalah ....
A. mendemonstrasikan
B. membuat
C. akan dapat
D. cara membuat sirop dengan benar
21. Di dalam merumuskan TPU istilah yang
digunakan sebagai kata kerja (predikat) dalam menyusun kalimat tujuan
pembelajaran adalah “akan dapat” karena kata kerja yang diguna-kan merumuskan
TPU harus menunjukkan ....
A. prosedur belajar
B. tujuan yang ingin dicapai sesudah proses
belajar
C. merupakan kegiatan yang bersifat opera-sional
D. proses belajar yang sedang berlangsung
22. Kalimat perumusan TPU (behavioral
objectives) mempunyai syarat ....
A. mengandung beberapa objek
B. mempunyai prosedur yang jelas
C. berbentuk kata kerja aktif dan dapat diamati
D. merupakan bentuk kemampuan kognitif siswa
23. Dari contoh kalimat berikut: “mahasiswa akan dapat
mendemonstrasikan cara membuat sirop buah sirsak dengan benar” menunjukkan
jenjang kemampuan yang ingin dicapai adalah ....
A. pengetahuan
B. pemahaman
C. penerapan
D. analisis
24. Pada akhir semester, mahasiswa yang mengambil
mata kuliah Desain Pembelajaran akan dapat mengindentifikasi kebutuhan
pembelajaran dan menulis TPU. Kata kerja dalam kalimat tersebut menunjukkan
bahwa jenjang kemampuan yang ingin dicapai adalah ....
A. sintesis
B. aplikasi
C. analisis
D. pemahaman
25. Siswa akan dapat memperlihatkan gerak
diagonal pada tari kipas. Rumusan tersebut memperlihatkan kemampuan internal
siswa dalam ....
A. menyesuaikan diri
B. berkonsentrasi
C. menciptakan yang baru
D. meniru contoh
26. Siswa akan dapat menjelaskan cara membuat
sirop. Contoh rumusan TPU ini menunjukkan kemampuan yang ingin dicapai adalah
termasuk kategori ....
A. afektif
B. kognitif
C. psikomotor
D. informasi verbal
27. Pada akhir semester, siswa yang sudah
memperoleh mata pelajaran Lingkungan Hidup akan menyambut dan menawarkan diri
aktif dalam Program-program Pemeliharaan Lingkungan di sekolah seperti kampanye
bebas asap rokok. Dari contoh tersebut kata kerja operasional pada ranah
afektif sesuai dengan jenjang taksonomi ....
A. gerakan terbimbing
B. persepsi
C. kesiapan
D. kreativitas
28. Siswa akan dapat mendemonstrasikan cara
membuat sirop. Contoh rumusan tujuan pembelajaran tersebut menunjukkan
kemampuan yang ingin dicapai adalah termasuk kategori/ranah ....
A. afektif
B. psikomotorik
C. kognitif
D. sikap
29. Siswa akan dapat menjaga kebersihan dan
ketertiban di lingkungan sekolah. Contoh rumusan ini menunjukkan kemampuan yang
ingin dicapai adalah termasuk kategori/ranah ....
A. afektif
B. psikomotorik
C. kognitif
D. sikap
30. Perumusan TPU harus mengandung kata kerja
perilaku dan objek, karena tujuan pembelajaran haruslah berbentuk ....
A. kata kerja
B. kata kerja yang mengandung perilaku yang
diharapkan
C. kata kerja aktif
D. kata kerja aktif dan dapat diamati
31. Analisis pembelajaran adalah proses
men-jabarkan perilaku umum menjadi perilaku khusus secara ....
A. logis
B. sistematis
C. terinci
D. sederhana
32. Manfaat analisis pembelajaran adalah sebagai
berikut, kecuali ....
A. menyusun sistematika perilaku khusus
B. menyusun tahapan perilaku khusus
C. menyusun kronologis perilaku khusus dari awal
sampai akhir
D. menjabarkan perilaku khusus dari yang mudah
ke sukar
33. Penguraian perilaku umum menjadi perilaku
khusus yang memiliki saling ketergantungan satu dengan yang lain menggunakan
struktur perilaku ....
A. hirarkikal
B. pengelompokan
C. prosedural
D. kombinasi
34. Tujuan utama melakukan analisis pembe-lajaran
adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. menempatkan TPK yang konsisten dengan TPU
B. menghasilkan kegiatan instruksional yang
sistematis
C. menghasilkan urutan TPK yang sesuai dengan
kemampuan
D. menghasilkan kegiatan pembelajaran yang
hierarki
35. Langkah awal dalam melakukan analisis
pembelajaran adalah ....
A. menulis setiap perilaku khusus dalam satu
lembar kartu
B. menghubungkan perilaku umum yang satu dengan
yang lain
C. menuliskan perilaku umum yang ada di dalam
TPU untuk mata pelajaran yang sedang dikembangkan
D. menyusun perilaku khusus dalam daftar urutan
yang logis
36. Perilaku umum mengemudi dapat mengguna-kan
struktur ....
A. prosedural
B. kombinasi
C. hierarkikal
D. pengelompokkan
37. Ada dua pendekatan yang dapat dipilih dalam
mengatasi kondisi siswa yang heterogen, salah satunya adalah ....
A. materi pelajara disesuaikan dengan kondisi
siswa
B. seleksi penerimaan siswa
C. pembelajaran dilakukan secara individual
D. lulus mata pelajaran pra-syarat
38. Perilaku awal peserta didik merupakan ....
A. kegiatan pembelajaran yang pertama dilakukan siswa
B. tingkat kemampuan peserta didik yang perlu
ditingkatkan lagi
C. kebutuhan siswa yang harus diketahui pengembang
kurikulum
D. pengetahuan dan keterampilan yang telah
dimiliki siswa sehingga dapat mengikuti pelajaran
39. Contoh berikut adalah karakteristik awal
peserta didik yang perlu diidentifikasi oleh pengembang pembelajaran antara
lain ....
A. latar belakang pendidikan
B. pengetahuan dan keterampilan yang sudah
dimiliki
C. minat dan bakat
D. ciri-ciri etnik atau kelompok sosial
40. Identifikasi perilaku dan karakteristik awal
peserta didik adalah untuk menentukan batas materi yang perlu diajarkan sedangkan
identifikasi kebutuhan pembelajaran adalah untuk ....
A. mengidentifikasi perilaku umum yang akan
diajarkan TPU
B. mengidentifikasi perilaku khusus yang telah
dikuasai peserta didik
C. menentukan perilaku khusus yang tidak perlu
diajarkan lagi
D. menentukan titik awal dalam mengajar
41. Salah satu teknik yang digunakan untuk
mengidentifikasi karakteristik awal adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. interogasi
B. wawancara
C. kuesioner/tes tertulis
D. observasi
42. Tujuan melakukan identifikasi karakteristik
awal adalah ....
A. memperoleh informasi tentang minat siswa
B. memperoleh informasi tentang siswa yang
bermanfaat bagi proses pengembangan pembelajaran
C. memperoleh informasi tentang bakat siswa
D. memperoleh data tentang karakteristik siswa
secara rinci
43. TPK dirumuskan untuk tujuan sebagai berikut
....
A. mengidentifikasi perilaku yang diharapkan
dapat dicapai siswa
B. mengidentifikasi perilaku
C. mengidentifikasi perilaku awal siswa
D. menentukan garis batas antara perilaku yang
perlu dan tidak perlu diajarkan
44. “Dengan memberikan data tentang pembelian -
penjualan, siswa akan dapat membuat laporan laba-rugi perusahaan” Berdasarkan
contoh tersebut yang termasuk unsur perilaku adalah ....
A. memberikan
B. membuat
C. membuat laporan laba - rugi
D. memberikan data tentang pembelian - penjualan
45. Melalui rumusan TPK yang baik yaitu yang
mengandung unsur perilaku, seorang ahli desain pembelajaran selanjutnya dapat
menyusun komponen pembelajaran yang lainnya, yaitu ....
A. tes formatif
B. pokok bahasan
C. evaluasi
D. media yang akan digunakan
46. Jika diberikan 10 kalimat aktif dalam Bahasa Inggris dalam waktu
15 menit, siswa akan dapat mengubahnya menjadi kalimat pasif Bahasa Inggris
paling sedikit 80% benar. Unsur condition
dalam TPK di atas adalah ....
A. kalimat aktif
B. aktif
C. kalimat aktif dalam Bahasa Inggris
D. diberikan kalimat aktif Bahasa Inggris
47. Jika diberikan 10 kalimat aktif dalam Bahasa
Inggris dalam waktu 15 menit, siswa akan dapat mengubahnya menjadi kalimat
pasif Bahasa Inggris paling sedikit 80% benar. Unsur degree dalam TPK di atas
adalah ....
A. paling sedikit 80% benar
B. 80% benar
C. 10 kalimat
D. 15 menit
48. Berikut ini adalah contoh-contoh TPK. Rumusan TPK yang paling
tepat adalah jika diberikan data tentang berat, panjang, lebar, dan tinggi
suatu benda siswa ....
A. jurusan IPA akan dapat menghitung berat jenis
benda tersebut
B.
jurusan IPA akan
dapat menghitung berat jenis benda tersebut dengan benar 90%
C.
jurusan IPA dapat menghitung berat jenis benda tersebut
D. jurusan IPA dapat menghitung berat jenis
dapat menghitung berat jenis
49. Isi pelajaran dapat diidentifikasi melalui
rumusan TPK, yaitu dengan memperhatikan bagian kalimat TPK yang berstatus
sebagai ....
A. pokok kalimat (audience)
B. objek (condition)
C. kata kerja (behavior)
D. keterangan (degree)
50. Unsur-unsur TPK adalah sebagai berikut, kecuali
....
A. condition
B. situation
C. audience
D. behavior
Tidak ada komentar:
Posting Komentar