Rabu, 19 Maret 2014

Soal desain pembelajaran



LATIHAN MANDIRI
DESAIN PEMBELAJARAN
(AKTA8811)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 50,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Secara umum, model pendekatan kurikulum terdiri dari ....
A.   mata pelajaran, inter-disipliner, akar rumput
B.   mata pelajaran, inter-disipliner- integratif
C.   akar rumput, administratif
D.   administratif, inter-disipliner, integratif

2.   Model pengembangan kurikulum yang menitikberatkan pada perbaikan dan penyem-purnaan kurikulum adalah model ....      
A.   Tyler
B.   Olivia
C.   Eisner
D.   Taba
     
3.   Salah satu kriteria yang digunakan dalam pemilihan materi kurikulum adalah ....
A.   misi yang diemban
B.   visi yang hendak dicapai
C.   warisan budaya yang hendak dilestarikan
D.   aset lokal yang perlu disosialisasikan

4.   Pengembangan kurikulum yang dilandasi prinsip bahwa tujuan merupakan arah bagi pengembangan komponen lain adalah prinsip ....
A.   kontinuitas
B.   berorientasi pada tujuan
C.   fleksibilitas
D.   integritas

5.   Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menyusun urutan materi kurikulum adalah ....
A.   taraf kesulitan dan kematangan siswa
B.   faktor apersepsi dan pengalaman
C.   perkembangan jiwa, minat, dan kebutuh-an siswa
D.   taraf kesulitan, pengalaman, kematangan dan minat

6.   Prinsip integritas dalam pengembangan kurikulum dilandasi pemikiran bahwa kuri-kulum harus mampu mengembangkan ....
A.   komponen-komponen kurikulum
B.   materi kurikulum secara luas
C.   keterampilan hidup
D.   keterampilan akademik

7.   Pengembangan kurikulum yang menyebutkan perlunya ruang gerak atau kelonggaran dalam mengambil keputusan tentang kegiatan di lapangan bagi pelaksana kurikulum adalah pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip ...
A.   fleksibilitas
B.   keterpaduan
C.   kesinambungan
D.   objektivitas

8.   Pengembangan kurikulum yang dilandasi pada keterkaitan antara jenis dan jenjang program pendidikan adalah ....
A.   integritas
B.   fleksibilitas
C.   akuntabilitas
D.   kontinuitas

9.   Dalam proses pengembangan kurikulum, pendekatan yang dapat dilakukan untuk menganalisis kebutuhan adalah pendekatan ....
A.   survei kebutuhan, studi kompetensi, analisis tugas
B.   sequence dan scope
C.   kognitif, afektif, psikomotorik
D.   prosedural

10.   Salah satu kriteria yang menunjukkan bahwa suatu peristiwa disebut sistem adalah ....
A.   dapat digunakan secara luas
B.   merupakan fungsi bersama yang mem-punyai tujuan tertentu
C.   merupakan gabungan dari beberapa bagian
D.   merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dibagi menjadi bagian-bagian kecil

11.   Respon baru yang berakibat menyenangkan cenderung akan diulang. Implikasi prinsip ini pada kegiatan instruksional antara lain adalah perlunya ....
A.   melakukan perilaku lain
B.   menghindari respon yang sama
C.   memberikan umpan balik positif
D.   menggunakan berbagai respon







12.   Dalam proses pengembangan pembelajaran, prinsip respon baru diterapkan dalam bentuk pemberian ....
A.   latihan dan tes
B.   latihan dan umpan balik
C.   contoh kegiatan pembelajaran
D.   tes, latihan, dan umpan balik segera

13.   Tingkat mata pelajaran pada Instructional System Design (Gagne, 1979) terdiri dari 2 tahapan, yaitu ....
A.   menentukan struktur dan urutan mata pelajaran
B.   merumuskan tujuan dan kegiatan belajar
C.   mengidentifikasi TPU dan perilaku
D.   menentukan struktur pelajaran dan urutan serta menganalisis tujuan

14.   Pada pendekatan sistem model Dick & Carey, pengembangan pembelajaran diakhiri dengan ....
A.   mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif
B.   melaksanakan tes atau ujicoba prototipe
C.   mendesain dan melaksanakan evaluasi sumatif
D.   merevisi kegiatan pembelajaran

15.   Pada pengembangan model pembelajaran PPSI, perumusan tujuan hendaknya memenuhi kriteria berikut yaitu ....
A.   operasional, behavioral, output-oriented dan spesifik
B.   komprehensif dan operasional
C.   spesifik dan relevan antara jenis dan tujuan
D.   substansial, metodologi, dan sumber belajar

16.   Kebutuhan Pembelajaran adalah istilah yang berkaitan langsung dengan ....
A.   pemecahan masalah pembelajaran
B.   masalah pembelajaran
C.   identifikasi masalah pembelajaran
D.   penentuan masalah pembelajaran

17.   Salah satu langkah terpenting dalam meng-identifikasi kebutuhan pembelajaran adalah menentukan ....
A.   tujuan pembelajaran umum
B.   kesenjangan antara kondisi sekarang dengan yang seharusnya
C.   tujuan pembelajaran khusus
D.   materi pelajaran yang relevan




18.   Rumusan TPU sering juga disebut tujuan yang bersifat ....
A.   latihan (practice objective)
B.   perilaku (behavioral objective)
C.   nilai (value objective)
D.   tetap (permanent objective)

19.   Contoh kata kerja operasional digunakan dalam menyusun TPU adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   menggunakan
B.   menentukan nilai
C.   menjabarkan
D.   memahami

20.   Dari contoh kalimat berikut: “mahasiswa akan dapat mendemonstrasikan cara membuat sirop buah sirsak dengan benar”, maka yang disebut komponen objek dari tujuan pembelajaran adalah ....
A.   mendemonstrasikan
B.   membuat
C.   akan dapat
D.   cara membuat sirop dengan benar

21.   Di dalam merumuskan TPU istilah yang digunakan sebagai kata kerja (predikat) dalam menyusun kalimat tujuan pembelajaran adalah “akan dapat” karena kata kerja yang diguna-kan merumuskan TPU harus menunjukkan ....
A.   prosedur belajar
B.   tujuan yang ingin dicapai sesudah proses belajar
C.   merupakan kegiatan yang bersifat opera-sional
D.   proses belajar yang sedang berlangsung

22.   Kalimat perumusan TPU (behavioral objectives) mempunyai syarat ....
A.   mengandung beberapa objek
B.   mempunyai prosedur yang jelas
C.   berbentuk kata kerja aktif dan dapat diamati
D.   merupakan bentuk kemampuan kognitif siswa

23.   Dari contoh kalimat berikut: “mahasiswa akan dapat mendemonstrasikan cara membuat sirop buah sirsak dengan benar” menunjukkan jenjang kemampuan yang ingin dicapai adalah ....
A.   pengetahuan
B.   pemahaman
C.   penerapan
D.   analisis




24.   Pada akhir semester, mahasiswa yang mengambil mata kuliah Desain Pembelajaran akan dapat mengindentifikasi kebutuhan pembelajaran dan menulis TPU. Kata kerja dalam kalimat tersebut menunjukkan bahwa jenjang kemampuan yang ingin dicapai adalah ....
A.   sintesis
B.   aplikasi
C.   analisis
D.   pemahaman

25.   Siswa akan dapat memperlihatkan gerak diagonal pada tari kipas. Rumusan tersebut memperlihatkan kemampuan internal siswa dalam ....
A.   menyesuaikan diri
B.   berkonsentrasi
C.   menciptakan yang baru
D.   meniru contoh

26.   Siswa akan dapat menjelaskan cara membuat sirop. Contoh rumusan TPU ini menunjukkan kemampuan yang ingin dicapai adalah termasuk kategori ....
A.   afektif
B.   kognitif
C.   psikomotor
D.   informasi verbal

27.   Pada akhir semester, siswa yang sudah memperoleh mata pelajaran Lingkungan Hidup akan menyambut dan menawarkan diri aktif dalam Program-program Pemeliharaan Lingkungan di sekolah seperti kampanye bebas asap rokok. Dari contoh tersebut kata kerja operasional pada ranah afektif sesuai dengan jenjang taksonomi ....
A.   gerakan terbimbing
B.   persepsi
C.   kesiapan
D.   kreativitas

28.   Siswa akan dapat mendemonstrasikan cara membuat sirop. Contoh rumusan tujuan pembelajaran tersebut menunjukkan kemampuan yang ingin dicapai adalah termasuk kategori/ranah ....
A.   afektif
B.   psikomotorik
C.   kognitif
D.   sikap







29.   Siswa akan dapat menjaga kebersihan dan ketertiban di lingkungan sekolah. Contoh rumusan ini menunjukkan kemampuan yang ingin dicapai adalah termasuk kategori/ranah ....
A.   afektif
B.   psikomotorik
C.   kognitif
D.   sikap

30.   Perumusan TPU harus mengandung kata kerja perilaku dan objek, karena tujuan pembelajaran haruslah berbentuk ....
A.   kata kerja
B.   kata kerja yang mengandung perilaku yang diharapkan
C.   kata kerja aktif
D.   kata kerja aktif dan dapat diamati

31.   Analisis pembelajaran adalah proses men-jabarkan perilaku umum menjadi perilaku khusus secara ....
A.   logis
B.   sistematis
C.   terinci
D.   sederhana

32.   Manfaat analisis pembelajaran adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   menyusun sistematika perilaku khusus
B.   menyusun tahapan perilaku khusus
C.   menyusun kronologis perilaku khusus dari awal sampai akhir
D.   menjabarkan perilaku khusus dari yang mudah ke sukar

33.   Penguraian perilaku umum menjadi perilaku khusus yang memiliki saling ketergantungan satu dengan yang lain menggunakan struktur perilaku ....
A.   hirarkikal
B.   pengelompokan
C.   prosedural
D.   kombinasi

34.   Tujuan utama melakukan analisis pembe-lajaran adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   menempatkan TPK yang konsisten dengan TPU
B.   menghasilkan kegiatan instruksional yang sistematis
C.   menghasilkan urutan TPK yang sesuai dengan kemampuan
D.   menghasilkan kegiatan pembelajaran yang hierarki



35.   Langkah awal dalam melakukan analisis pembelajaran adalah ....
A.   menulis setiap perilaku khusus dalam satu lembar kartu
B.   menghubungkan perilaku umum yang satu dengan yang lain
C.   menuliskan perilaku umum yang ada di dalam TPU untuk mata pelajaran yang sedang dikembangkan
D.   menyusun perilaku khusus dalam daftar urutan yang logis

36.   Perilaku umum mengemudi dapat mengguna-kan struktur ....
A.   prosedural
B.   kombinasi
C.   hierarkikal
D.   pengelompokkan

37.   Ada dua pendekatan yang dapat dipilih dalam mengatasi kondisi siswa yang heterogen, salah satunya adalah ....
A.   materi pelajara disesuaikan dengan kondisi siswa
B.   seleksi penerimaan siswa
C.   pembelajaran dilakukan secara individual
D.   lulus mata pelajaran pra-syarat

38.   Perilaku awal peserta didik merupakan ....
A.   kegiatan pembelajaran yang pertama dilakukan siswa
B.   tingkat kemampuan peserta didik yang perlu ditingkatkan lagi
C.   kebutuhan siswa yang harus diketahui pengembang kurikulum
D.   pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki siswa sehingga dapat mengikuti pelajaran

39.   Contoh berikut adalah karakteristik awal peserta didik yang perlu diidentifikasi oleh pengembang pembelajaran antara lain ....
A.   latar belakang pendidikan
B.   pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki
C.   minat dan bakat
D.   ciri-ciri etnik atau kelompok sosial
     
40.   Identifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik adalah untuk menentukan batas materi yang perlu diajarkan sedangkan identifikasi kebutuhan pembelajaran adalah untuk ....
A.   mengidentifikasi perilaku umum yang akan diajarkan TPU
B.   mengidentifikasi perilaku khusus yang telah dikuasai peserta didik
C.   menentukan perilaku khusus yang tidak perlu diajarkan lagi
D.   menentukan titik awal dalam mengajar

41.   Salah satu teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik awal adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   interogasi
B.   wawancara
C.   kuesioner/tes tertulis
D.   observasi

42.   Tujuan melakukan identifikasi karakteristik awal adalah ....
A.   memperoleh informasi tentang minat siswa
B.   memperoleh informasi tentang siswa yang bermanfaat bagi proses pengembangan pembelajaran
C.   memperoleh informasi tentang bakat siswa
D.   memperoleh data tentang karakteristik siswa secara rinci

43.   TPK dirumuskan untuk tujuan sebagai berikut ....
A.   mengidentifikasi perilaku yang diharapkan dapat dicapai siswa
B.   mengidentifikasi perilaku
C.   mengidentifikasi perilaku awal siswa
D.   menentukan garis batas antara perilaku yang perlu dan tidak perlu diajarkan

44.   “Dengan memberikan data tentang pembelian - penjualan, siswa akan dapat membuat laporan laba-rugi perusahaan” Berdasarkan contoh tersebut yang termasuk unsur perilaku adalah ....
A.   memberikan
B.   membuat
C.   membuat laporan laba - rugi
D.   memberikan data tentang pembelian - penjualan

45.   Melalui rumusan TPK yang baik yaitu yang mengandung unsur perilaku, seorang ahli desain pembelajaran selanjutnya dapat menyusun komponen pembelajaran yang lainnya, yaitu ....
A.   tes formatif
B.   pokok bahasan
C.   evaluasi
D.   media yang akan digunakan








46.   Jika diberikan 10 kalimat aktif dalam Bahasa Inggris dalam waktu 15 menit, siswa akan dapat mengubahnya menjadi kalimat pasif Bahasa Inggris paling sedikit 80% benar. Unsur condition dalam TPK di atas adalah ....
A.   kalimat aktif
B.   aktif
C.   kalimat aktif dalam Bahasa Inggris
D.   diberikan kalimat aktif Bahasa Inggris

47.   Jika diberikan 10 kalimat aktif dalam Bahasa Inggris dalam waktu 15 menit, siswa akan dapat mengubahnya menjadi kalimat pasif Bahasa Inggris paling sedikit 80% benar. Unsur degree dalam TPK di atas  adalah ....
A.   paling sedikit 80% benar
B.   80% benar
C.   10 kalimat
D.   15 menit

48.   Berikut ini adalah contoh-contoh TPK. Rumusan TPK yang paling tepat adalah jika diberikan data tentang berat, panjang, lebar, dan tinggi suatu benda siswa ....
A.   jurusan IPA akan dapat menghitung berat jenis benda tersebut
B.      jurusan IPA akan dapat menghitung berat jenis benda tersebut dengan benar 90%
C.     jurusan IPA  dapat menghitung berat jenis benda tersebut
D.  jurusan IPA dapat menghitung berat jenis
      dapat menghitung berat jenis

49.   Isi pelajaran dapat diidentifikasi melalui rumusan TPK, yaitu dengan memperhatikan bagian kalimat TPK yang berstatus sebagai ....
A.   pokok kalimat (audience)
B.   objek (condition)
C.   kata kerja (behavior)
D.   keterangan (degree)

50.   Unsur-unsur TPK adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   condition
B.   situation
C.   audience
D.   behavior

Tidak ada komentar:

Posting Komentar