Rabu, 19 Maret 2014

Soal strategi pembelajaran



LATIHAN MANDIRI
STRATEGI  PEMBELAJARAN
(AKTA8820)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 43,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Suatu kegiatan yang dapat memfasilitasi siswa untuk mencapai tujuan belajar, adalah pengertian strategi pembelajaran menurut ....   
A.   Kozma
B.   Gerlach dan Ely
C.   Dick and Carry
D.   Gropper

2.   Tahapan yang telah ditetapkan dalam menyajikan materi pembelajaran, disebut ....
A.   strategi pembelajaran
B.   metode pembelajaran
C.   teknik pembelajaran
D.   pendekatan pembelajaran
     
3.   Pada awal pembelajaran sebaiknya guru mengkaitkan antara materi pelajaran yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini perlu dilakukan untuk meningkatkan ....
A.   perhatian siswa
B.   efektivitas pembelajaran
C.   efisiensi pembelajaran
D.   motivasi siswa

4.   Manakah dari pernyataan di bawah ini yang paling cocok dengan Student Centered dalam pembelajaran  ....
A.   peserta didik berperan penting dalam pembelajaran
B.   peserta didik sebagai pusat kegiatan belajar
C.   peserta didik aktif dalam pembelajar-an
D.   pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan siswa







5.   Jika rumusan TIKnya adalah: “Siswa dapat menendang bola dengan tepat”, maka pendekatan atau strategi pembelajaran yang paling tepat adalah ....
A.   latihan
B.   demonstrasi
C.   teori
D.   diskusi

6.   Pembelajaran yang berorientasi pada penemuan (inquiri), dapat meningkatkan potensi intelektual siswa, karena melalui pendekatan tersebut siswa ....
A.   terbimbing untuk menggunakan pikirannya dalam memecahkan masalah
B.   secara aktif mengikuti proses pembelajaran
C.   tidak memerlukan bimbingan dari guru dalam memecahkan masalah
D.   siswa dan guru sama-sama aktif dalam pembelajaran

7.   Ciri-ciri yang dapat dilihat dalam proses pembelajaran CBSA antara lain ....
A.   keaktifan siswa tergantung dari gurunya
B.   terjadi interaksi aktif antara guru dengan siswa
C.   guru memegang peranan penting dalam penilaian
D.   pemanfaatan sumber belajar dapat lebih bervariasi

8.   Prinsip yang utama dalam pembelajaran yang menerapkan CBSA, adalah ....
A.   guru sangat berperan dalam pembelajaran
B.   evaluasi dilakukan dengan satu cara yang standar
C.   desain pembelajaran memungkinkan siswa aktif
D.   mengikutsertakan peran orang tua dalam pembelajaran



9.   Keterampilan proses perlu diterapkan dalam setiap kali pembelajaran, hal ini disebabkan oleh ....
A.   keterbatasan guru dalam penguasa-an fakta dan konsep
B.   tuntutan ilmu pengetahuan yang menyebabkan siswa harus lebih kreatif
C.   lapangan pekerjaan yang tidak sesuai lagi dengan jumlah lulusan
D.   inovasi dalam penyelenggaraan pendidikan

10.   Pengamatan adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki seefektif mungkin, agar dapat mengenal alam lingkungan dengan cara  ....
A.   merekam, mencatat dan mengingat
B.   merekam, mengingat dan mem-produksi
C.   merekam, mengingat dan mere-produksi
D.   menulis, merekam dan mereproduksi

        11.   Model pembelajaran pendekatan konsep paling tepat jika digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang mengharapkan agar siswa dapat ....
A.   menyebutkan berbagai konsep dalam pembelajaran IPA
B.   memahami konsep-konsep dalam pembelajaran IPA
C.   mengetahui konsep-konsep dalam pembelajaran IPA
D.   mengenal konsep-konsep dalam pembelajaran IPA

12.   Model pembelajaran berpikir induktif adalah suatu strategi pembelajaran yang dikembangkan oleh ....
A.   Richard Suchman
B.   J Brunner
C.   Piaget
D.   Hilda Taba

13.   Dengan model pembelajaran berpikir induktif diharapkan siswa dapat mengembangkan kemampuan ....
A.   berpikir
B.   mengolah informasi
C.   memahami fakta
D.   memecahkan masalah

14.   Dari hasil kunjungan ke museum Jakarta, siswa SMP XX kelas I, tugas manakah yang paling tepat diberikan kepada siswa yang sesuai dengan model pembelajaran induktif ....
A.   Buatlah laporan tentang kunjungan ke museum
B.   Kelompokkanlah benda-benda yang kamu lihat sesuai dengan daerah asalnya
C.   Catatlah benda-benda yang bernilai tinggi
D.   Buatlah denah letak barang-barang yang berada di museum

15.   Model pembelajaran inquiry training sangat tepat digunakan, bila tujuan akhir dari pembelajaran menghendaki siswa mempunyai kemampuan dalam  ....
A.   berpikir rasional
B.   mengamati fakta
C.   merubah tingkah laku
D.   bidang penelitian

16.   Model pembelajaran nondirective teaching, peran guru adalah sebagai fasilitator artinya  ....
A.   kedudukan antara siswa dengan guru sejajar
B.   guru berperan aktif dalam pembelajar-an
C.   semua fasilitas pembelajaran disiap-kan oleh guru
D.   guru wajib mengarahkan siswa dalam pemecahan masalah

17.   Untuk mengatasi permasalahan siswa yang menghadapi kesulitan membaca, maka langkah pertama yang dapat dilakukan guru adalah membantu siswa dalam ....
A.   menentukan cara pemecahannya
B.   mencari sebab-sebab kesulitan
C.   menentukan inti permasalahan
D.   meningkatkan belajar membaca








18.   Model pembelajaran pelatihan kesadaran dilandasi oleh teori encounter yang dapat diartikan sebagai ....
A.   sifat dasar manusia
B.   hubungan antarmanusia
C.   hakikat manusia
D.   pemahaman individu

19.   Tujuan utama model pembelajaran pertemuan kelas adalah membantu siswa dalam ....
A.   memecahkan masalah pribadi, sosial dan akademik
B.   mengembangkan perkembangan pri-badi dan sosial
C.   membangun kelompok siswa yang berperilaku positif
D.   menghargai diri sendiri

20.   Pelopor model pembelajaran bermain peran adalah ....
A.   George Shaftel
B.   William Glasser
C.   Carl Rogers
D.   William Schuts

21.   Bermain peran adalah suatu model pembelajaran yang bertujuan membantu siswa dalam ....
A.   memecahkan permasalahan kelom-pok
B.   memecahkan masalah dengan bantuan kelompok
C.   memecahkan masalah kelompok tertentu
D.   menghadapi kelompok bermasalah

22.   Tahap pertama dalam penerapan model pembelajaran bermain peran adalah pemanasan. Dalam tahap ini guru berusaha untuk menarik perhatian siswa agar dapat ....
A.   mengetahui tujuan pembelajaran
B.   memahami permasalahan yang akan dibahas
C.   memecahkan masalah dengan tepat
D.   memainkan peran dengan baik






23.   Model pembelajaran simulasi paling tepat digunakan pada mata pelajaran ....
A.   Pendidikan Pancasila
B.   Keterampilan melukis
C.   Matematika
D.   Ilmu Pengetahuan Alam

24.   Penggunaan model telaah yurisprudensi dalam pembelajaran bertujuan agar siswa mampu ....
A.   mengemukakan pendapat
B.   berpikir kritis dan logis
C.   menerima nilai-nilai yang berlaku di masyarakat
D.   menerima dan menghargai per-bedaan pendapat

25.   Asumsi yang mendasari model pelatihan dalam pembelajaran adalah ....
A.   kecemasan dialami oleh semua orang dalam menghadapi situasi tertentu
B.   mekanisme kerja manusia seperti mekanisme mesin elektronik
C.   orang dapat belajar melalui observasi dan praktik
D.   stres adalah bagian dari hidup dan manusia punya kemampuan untuk mengatasi

26.   Dalam proses pembelajaran diperlukan umpan balik yang langsung agar siswa dapat melakukan koreksi diri. Pendapat ini terdapat dalam teori ....
A.   psikologi sibernatika
B.   pengembangan sistem
C.   psikologi perilaku
D.   psikologi pelatihan

27.   Tujuan utama penggunaan model reduksi stres dalam pembelajaran adalah agar siswa ....
A.   mampu mengenali gejala-gejala stres
B.   mampu mengelola dan mengatasi stres
C.   dapat menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan stres
D.   mencegah terjadinya stres




28.   Model desentisasi dalam pembelajaran sangat tepat bila diterapkan pada situasi belajar yang bertujuan ....
A.   memupuk bakat di bidang olah raga
B.   melatih anak berani berbicara di depan kelas
C.   meningkatkan kemampuan berbaha-sa lisan
D.   sikap individu berhak atas pelayanan yang sama

29.   Prinsip individualisme dalam pembelajar-an dapat diartikan bahwa ....
A.   perlu memperhatikan perbedaan individu dalam pembelajaran
B.   dalam pembentukan kelompok perlu diperhatikan karakteristik siswa
C.   pendekatan individu lebih baik daripada pendekatan klasikal
D.   setiap individu berhak atas pelayanan yang sama dalam belajar

30.   Penetapan materi dan media pembelajar-an dilakukan pada tahap ....
A.   persiapan pembelajaran
B.   membuka pelajaran
C.   menulis alat tes
D.   perencanaan program

31.   Dalam menyampaikan materi pelajaran, kondisi utama yang perlu diperhatikan guru adalah ....
A.   pengelolaan materi pembelajaran
B.   persiapan media
C.   perumusan tujuan pembelajaran
D.   kesiapan siswa mengikuti pelajaran

32.   Pola dasar kegiatan pembelajaran yang dikemukakan oleh Ely (1979) ditinjau dari segi ....
A.   jumlah peserta
B.   jenis materi pelajaran
C.   tujuan pembelajaran
D.   media yang digunakan







33.   Metode karya wisata dapat meningkatkan hasil belajar lebih maksimal, karena dengan metode tersebut siswa ....
A.   dapat menghayati pengalaman-pengalaman baru
B.   merasa lebih menikmati kegiatan
C.   tidak terikat pada aturan yang ketat
D.   dapat berbagi pengalaman

34.   Indikator yang dapat menunjukkan efektivitas pembelajaran adalah ....
A.   hasil belajar
B.   proses belajar
C.   metode belajar
D.   suasana belajar

35.   Bagian penutup dari suatu kegiatan belajar dapat berfungsi ....
A.   mengaitkan antara materi pelajaran yang akan diberikan dengan pelajaran yang telah lewat
B.   menjelaskan materi yang belum dipahami
C.   merangkum materi pelajaran
D.   memberi tanggapan terhadap per-tanyaan yang diajukan siswa

36.   Menghadapi siswa yang tidak dapat mengerjakan soal dengan baik walaupun sudah berulangkali dijelaskan, Pak Dodi mengatakan, “Tidak apa-apa lain kali bisa dicoba lagi”. Menurut Anda bagaimana sikap Pak Dodi tersebut ....
A.   pesimis
B.   negatif
C.   positif
D.   diabaikan saja

37.   Fungsi perhatian dalam proses pembelajaran adalah ....
A.   mengarahkan pandangan siswa ke depan kelas
B.   memusatkan konsentrasi siswa pada pelajaran
C.   menyebarkan  perhatian ke seluruh siswa
D.   mengefektifkan waktu belajar






38.   Perbedaan antara minat dan perhatian dapat dinyatakan pada kalimat ....
A.   minat sifatnya lebih menetap sedangkan perhatian hanya sementara
B.   perhatian sifatnya lebih menetap sedangkan minat bersifat sementara
C.   minat mempunyai derajat lebih tinggi daripada perhatian
D.   objek minat berubah-ubah sedangkan perhatian tetap

39.   Motivasi instrinsik sebagai suatu kekuatan yang dapat mendorong seseorang melakukan sesuatu perbuatan, dapat terlihat pada kondisi berikut ....
A.   kursus setir mobil dapat menciptakan lapangan kerja
B.   karena harus dapat mengetik dengan komputer, ia belajar komputer
C.   sesuai dengan keinginan orang tua, Dodi masuk fakultas kedokteran
D.   Ali belajar musik, karena ia menyukai musik
     
40.   Cacat tubuh atau pertumbuhan yang tidak sempurna dapat berpengaruh terhadap efektivitas belajar, karena dengan kendala tersebut siswa akan ....
A.   mengalami hambatan dalam beraktivitas
B.   mengalami hambatan dalam pergaulan
C.   kurang percaya diri
D.   cenderung berbuat negatif

41.   Sebagai profesional, guru dituntut untuk ....
A.   selalu memperhatikan para siswanya
B.   dapat menciptakan situasi belajar yang kondusif
C.   bertindak adil dalam penilaian
D.   selalu meningkatkan kemampuan profesionalnya









42.   Seorang guru harus dapat mengatur materi, strategi serta keseluruhan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Aktivitas tersebut mewujudkan sebagai ....
A.   penyaji materi
B.   organisator
C.   motivator
D.   komunikator

43.   Seorang guru berpendapat bahwa proses kegiatan belajar mengajar tidak mungkin dapat terlaksana dengan baik kalau aturan dan disiplin kelas tidak dapat ditegakkan. Guru yang berpandangan demikian dalam tugasnya lebih cenderung memilih pendekatan ....
A.   otoriter
B.   intimidasi
C.   instruksional
D.   sosioemosional



PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   44   SAMPAI   55,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!

44.   Ketepatan pola penyampaian materi pelajaran akan mempermudah siswa dalam menyerap materi pelajaran. Berbagai pola dalam urutan penyampaian materi dapat dimulai dari ....
1)   konkret ke abstrak
2)   sederhana ke kompleks
3)   praktik ke teori

45.   Belajar dengan menerapkan keterampil-an proses menekankan pada cara yang ditempuh dalam mencapai tujuan pembelajaran, yang memberikan tekanan pada ....
1)   keberartian belajar siswa
2)   keterlibatan siswa dalam belajar
3)   hasil belajar secara tuntas


46.   Untuk mempermudah menginterprestasi data, maka data-data tersebut sebaiknya ditampilkan dalam bentuk ....
1)   tabel
2)   grafik
3)   diagram

47.   Langkah-langkah atau tahapan dalam penerapan model pembelajaran Telaah Yurisprudensi adalah ....
1)   dimulai dengan orientasi terhadap kasus
2)   diakhiri dengan menguji asumsi tentang fakta, definisi, dan konsekuensi
3)   tidak perlu argumentasi dalam mempertahankan posisi

48.   Menurut Kemp terdapat pola-pola yang merupakan metode dasar dalam proses kegiatan belajar, yaitu ....
1)   ekspositori
2)   belajar mandiri
3)   interaksi guru - siswa

49.   Kegiatan-kegiatan pada komponen pendahuluan dapat diisi dengan hal-hal sebagai berikut ....
1)   menjelaskan secara singkat isi pelajaran
2)   menjelaskan tujuan pembelajaran
3)   mengaitkan isi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari

50.   Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada bagian pendahuluan pembelajaran menurut Mary Underwood adalah ....
1)   pada saat masuk kelas segala sesuatu yang diperlukan dalam proses belajar harus sudah siap
2)   pastikan bahwa kondisi kelas telah memungkinkan untuk pelaksanaan kegiatan belajar
3)   siswa telah siap mengikuti pelajaran

51.   Hal-hal berikut dapat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar yaitu ....
1)   keadaan fisik seseorang
2)   tingkat kecerdasan siswa
3)   sikap siswa terhadap pelajaran
52.   Keletihan mental pada diri siswa dapat disebabkan oleh berbagai faktor antara lain ....
1)   kecemasan siswa terhadap akibat negatif dari kegiatan
2)   kecemasan akibat target keberhasilan
3)   kompetisi yang terlalu ketat

53.   Suatu pekerjaan yang profesional dapat dikenali dari ciri-cirinya antara lain ....
1)   memiliki landasan pengetahuan yang kuat
2)   didasarkan atas kompetensi individual
3)   tidak memiliki sistem seleksi

54.   Guru yang efektif adalah guru yang memiliki kemampuan yang terkait dengan ....
1)   iklim belajar di kelas
2)   pemberian umpan balik
3)   peningkatan diri

55.   Agar pembelajaran berlangsung efektif salah satu unsur yang harus diperhatikan adalah garis pandang siswa yang memadai dalam kelas artinya ....
1)   siswa dapat melihat guru dari semua sudut
2)   papan tulis dapat terlihat oleh semua siswa
3)   antar siswa dapat saling melihat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar