LATIHAN MANDIRI
STRATEGI PEMBELAJARAN
(AKTA8820)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 43, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Suatu kegiatan
yang dapat memfasilitasi siswa untuk mencapai tujuan belajar, adalah pengertian
strategi pembelajaran menurut ....
A. Kozma
B. Gerlach dan Ely
C. Dick and Carry
D. Gropper
2. Tahapan yang telah ditetapkan dalam
menyajikan materi pembelajaran, disebut ....
A. strategi pembelajaran
B. metode pembelajaran
C. teknik pembelajaran
D. pendekatan pembelajaran
3. Pada awal pembelajaran sebaiknya
guru mengkaitkan antara materi pelajaran yang akan dipelajari dengan kehidupan
sehari-hari. Kegiatan
ini perlu dilakukan untuk meningkatkan ....
A. perhatian siswa
B. efektivitas pembelajaran
C. efisiensi pembelajaran
D. motivasi siswa
4. Manakah dari
pernyataan di bawah ini yang paling cocok dengan Student Centered dalam pembelajaran
....
A. peserta didik berperan penting dalam
pembelajaran
B. peserta didik sebagai pusat
kegiatan belajar
C. peserta didik aktif dalam
pembelajar-an
D. pembelajaran disesuaikan
dengan kebutuhan siswa
5. Jika rumusan
TIKnya adalah: “Siswa dapat menendang bola dengan tepat”, maka pendekatan atau
strategi pembelajaran yang paling tepat adalah ....
A. latihan
B. demonstrasi
C. teori
D. diskusi
6. Pembelajaran yang berorientasi
pada penemuan (inquiri), dapat
meningkatkan potensi intelektual siswa, karena melalui pendekatan tersebut
siswa ....
A. terbimbing untuk menggunakan
pikirannya dalam memecahkan masalah
B. secara aktif mengikuti proses
pembelajaran
C. tidak memerlukan bimbingan dari
guru dalam memecahkan masalah
D. siswa dan guru sama-sama aktif
dalam pembelajaran
7. Ciri-ciri yang
dapat dilihat dalam proses pembelajaran CBSA antara lain ....
A. keaktifan siswa tergantung dari
gurunya
B. terjadi interaksi aktif antara
guru dengan siswa
C. guru memegang peranan penting
dalam penilaian
D. pemanfaatan sumber belajar dapat
lebih bervariasi
8. Prinsip yang
utama dalam pembelajaran yang menerapkan CBSA, adalah ....
A. guru sangat berperan dalam
pembelajaran
B. evaluasi dilakukan dengan satu
cara yang standar
C. desain pembelajaran memungkinkan
siswa aktif
D. mengikutsertakan peran orang tua
dalam pembelajaran
9. Keterampilan
proses perlu diterapkan dalam setiap kali pembelajaran, hal ini disebabkan oleh
....
A. keterbatasan guru dalam
penguasa-an fakta dan konsep
B. tuntutan ilmu pengetahuan yang
menyebabkan siswa harus lebih kreatif
C. lapangan pekerjaan yang tidak
sesuai lagi dengan jumlah lulusan
D. inovasi dalam penyelenggaraan
pendidikan
10. Pengamatan
adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki seefektif mungkin, agar dapat
mengenal alam lingkungan dengan cara
....
A. merekam, mencatat dan mengingat
B. merekam, mengingat dan mem-produksi
C. merekam, mengingat dan mere-produksi
D. menulis, merekam dan mereproduksi
11. Model pembelajaran pendekatan konsep paling tepat jika digunakan
untuk mencapai tujuan pembelajaran yang mengharapkan agar siswa dapat ....
A. menyebutkan berbagai konsep dalam pembelajaran
IPA
B. memahami konsep-konsep dalam pembelajaran IPA
C. mengetahui konsep-konsep dalam pembelajaran
IPA
D. mengenal konsep-konsep dalam pembelajaran IPA
12. Model pembelajaran berpikir induktif adalah
suatu strategi pembelajaran yang dikembangkan oleh ....
A. Richard Suchman
B. J Brunner
C. Piaget
D. Hilda Taba
13. Dengan model pembelajaran berpikir induktif diharapkan siswa dapat
mengembangkan kemampuan ....
A. berpikir
B. mengolah informasi
C. memahami fakta
D. memecahkan masalah
14. Dari hasil kunjungan ke museum Jakarta, siswa
SMP XX kelas I, tugas manakah yang paling tepat diberikan kepada siswa yang
sesuai dengan model pembelajaran induktif ....
A. Buatlah laporan tentang kunjungan ke museum
B. Kelompokkanlah benda-benda yang kamu lihat
sesuai dengan daerah asalnya
C. Catatlah benda-benda yang bernilai tinggi
D. Buatlah denah letak barang-barang yang berada
di museum
15. Model pembelajaran inquiry training sangat tepat digunakan, bila tujuan akhir dari
pembelajaran menghendaki siswa mempunyai kemampuan dalam ....
A. berpikir rasional
B. mengamati fakta
C. merubah tingkah laku
D. bidang penelitian
16. Model pembelajaran nondirective teaching, peran guru adalah sebagai fasilitator
artinya ....
A. kedudukan antara siswa dengan guru sejajar
B. guru berperan aktif dalam pembelajar-an
C. semua fasilitas pembelajaran disiap-kan oleh
guru
D. guru wajib mengarahkan siswa dalam pemecahan
masalah
17. Untuk mengatasi permasalahan siswa yang
menghadapi kesulitan membaca, maka langkah pertama yang dapat dilakukan guru
adalah membantu siswa dalam ....
A. menentukan cara pemecahannya
B. mencari sebab-sebab kesulitan
C. menentukan inti permasalahan
D. meningkatkan belajar membaca
18. Model pembelajaran pelatihan kesadaran
dilandasi oleh teori encounter yang
dapat diartikan sebagai ....
A. sifat dasar manusia
B. hubungan antarmanusia
C. hakikat manusia
D. pemahaman individu
19. Tujuan utama model pembelajaran pertemuan kelas adalah membantu
siswa dalam ....
A. memecahkan masalah pribadi, sosial dan
akademik
B. mengembangkan perkembangan pri-badi dan
sosial
C. membangun kelompok siswa yang berperilaku
positif
D. menghargai diri sendiri
20. Pelopor model pembelajaran bermain peran
adalah ....
A. George Shaftel
B. William Glasser
C. Carl Rogers
D. William Schuts
21. Bermain peran adalah suatu model pembelajaran yang bertujuan
membantu siswa dalam ....
A. memecahkan permasalahan kelom-pok
B. memecahkan masalah dengan bantuan kelompok
C. memecahkan masalah kelompok tertentu
D. menghadapi kelompok bermasalah
22. Tahap pertama dalam penerapan model
pembelajaran bermain peran adalah pemanasan. Dalam tahap ini guru berusaha
untuk menarik perhatian siswa agar dapat ....
A. mengetahui tujuan pembelajaran
B. memahami permasalahan yang akan dibahas
C. memecahkan masalah dengan tepat
D. memainkan peran dengan baik
23. Model pembelajaran simulasi paling tepat
digunakan pada mata pelajaran ....
A. Pendidikan Pancasila
B. Keterampilan melukis
C. Matematika
D. Ilmu Pengetahuan Alam
24. Penggunaan model telaah yurisprudensi dalam
pembelajaran bertujuan agar siswa mampu ....
A. mengemukakan pendapat
B. berpikir kritis dan logis
C. menerima nilai-nilai yang berlaku di
masyarakat
D. menerima dan menghargai per-bedaan pendapat
25. Asumsi yang mendasari model pelatihan dalam
pembelajaran adalah ....
A. kecemasan dialami oleh semua orang dalam
menghadapi situasi tertentu
B. mekanisme kerja manusia seperti mekanisme
mesin elektronik
C. orang dapat belajar melalui observasi dan
praktik
D. stres adalah bagian dari hidup dan manusia
punya kemampuan untuk mengatasi
26. Dalam proses pembelajaran diperlukan umpan
balik yang langsung agar siswa dapat melakukan koreksi diri. Pendapat ini terdapat dalam teori ....
A. psikologi sibernatika
B. pengembangan sistem
C. psikologi perilaku
D. psikologi pelatihan
27. Tujuan utama penggunaan model reduksi stres
dalam pembelajaran adalah agar siswa ....
A. mampu mengenali gejala-gejala stres
B. mampu mengelola dan mengatasi stres
C. dapat menghindari hal-hal yang dapat
menyebabkan stres
D. mencegah terjadinya stres
28. Model desentisasi dalam pembelajaran sangat
tepat bila diterapkan pada situasi belajar yang bertujuan ....
A. memupuk bakat di bidang olah raga
B. melatih anak berani berbicara di depan kelas
C. meningkatkan kemampuan berbaha-sa lisan
D. sikap individu berhak atas pelayanan yang
sama
29. Prinsip individualisme dalam pembelajar-an
dapat diartikan bahwa ....
A. perlu memperhatikan perbedaan individu dalam
pembelajaran
B. dalam pembentukan kelompok perlu diperhatikan karakteristik siswa
C. pendekatan individu lebih baik daripada
pendekatan klasikal
D. setiap individu berhak atas pelayanan yang
sama dalam belajar
30. Penetapan materi dan media pembelajar-an
dilakukan pada tahap ....
A. persiapan pembelajaran
B. membuka pelajaran
C. menulis alat tes
D. perencanaan program
31. Dalam menyampaikan materi pelajaran, kondisi
utama yang perlu diperhatikan guru adalah ....
A. pengelolaan materi pembelajaran
B. persiapan media
C. perumusan tujuan pembelajaran
D. kesiapan siswa mengikuti pelajaran
32. Pola dasar kegiatan pembelajaran yang dikemukakan oleh Ely (1979)
ditinjau dari segi ....
A. jumlah peserta
B. jenis materi pelajaran
C. tujuan pembelajaran
D. media yang digunakan
33. Metode karya wisata dapat meningkatkan hasil
belajar lebih maksimal, karena dengan metode tersebut siswa ....
A. dapat menghayati pengalaman-pengalaman baru
B. merasa lebih menikmati kegiatan
C. tidak terikat pada aturan yang ketat
D. dapat berbagi pengalaman
34. Indikator yang dapat menunjukkan efektivitas
pembelajaran adalah ....
A. hasil belajar
B. proses belajar
C. metode belajar
D. suasana belajar
35. Bagian penutup dari suatu kegiatan belajar
dapat berfungsi ....
A. mengaitkan antara materi pelajaran yang akan
diberikan dengan pelajaran yang telah lewat
B. menjelaskan materi yang belum dipahami
C. merangkum materi pelajaran
D. memberi tanggapan terhadap per-tanyaan yang
diajukan siswa
36. Menghadapi siswa yang tidak dapat mengerjakan
soal dengan baik walaupun sudah berulangkali dijelaskan, Pak Dodi mengatakan,
“Tidak apa-apa lain kali bisa dicoba lagi”. Menurut Anda bagaimana sikap Pak
Dodi tersebut ....
A. pesimis
B. negatif
C. positif
D. diabaikan saja
37. Fungsi perhatian dalam proses pembelajaran
adalah ....
A. mengarahkan pandangan siswa ke depan kelas
B. memusatkan konsentrasi siswa pada pelajaran
C. menyebarkan
perhatian ke seluruh siswa
D. mengefektifkan waktu belajar
38. Perbedaan antara minat dan perhatian dapat
dinyatakan pada kalimat ....
A. minat sifatnya lebih menetap sedangkan perhatian hanya sementara
B. perhatian sifatnya lebih menetap sedangkan
minat bersifat sementara
C. minat mempunyai derajat lebih tinggi daripada
perhatian
D. objek minat berubah-ubah sedangkan perhatian
tetap
39. Motivasi instrinsik sebagai suatu kekuatan
yang dapat mendorong seseorang melakukan sesuatu perbuatan, dapat terlihat pada
kondisi berikut ....
A. kursus setir mobil dapat menciptakan lapangan
kerja
B. karena harus dapat mengetik dengan komputer,
ia belajar komputer
C. sesuai dengan keinginan orang tua, Dodi masuk
fakultas kedokteran
D. Ali belajar musik, karena ia menyukai musik
40. Cacat tubuh atau pertumbuhan yang tidak
sempurna dapat berpengaruh terhadap efektivitas belajar, karena dengan kendala
tersebut siswa akan ....
A. mengalami hambatan dalam beraktivitas
B. mengalami hambatan dalam pergaulan
C. kurang percaya diri
D. cenderung berbuat negatif
41. Sebagai profesional, guru dituntut untuk ....
A. selalu memperhatikan para siswanya
B. dapat menciptakan situasi belajar yang
kondusif
C. bertindak adil dalam penilaian
D. selalu meningkatkan kemampuan profesionalnya
42. Seorang guru harus dapat mengatur materi,
strategi serta keseluruhan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan. Aktivitas tersebut mewujudkan sebagai ....
A. penyaji materi
B. organisator
C. motivator
D. komunikator
43. Seorang guru berpendapat bahwa proses kegiatan belajar mengajar
tidak mungkin dapat terlaksana dengan baik kalau aturan dan disiplin kelas
tidak dapat ditegakkan. Guru yang
berpandangan demikian dalam tugasnya lebih cenderung memilih pendekatan ....
A. otoriter
B. intimidasi
C. instruksional
D. sosioemosional
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 44 SAMPAI
55, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN
2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN
3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN
3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
44. Ketepatan pola penyampaian materi pelajaran
akan mempermudah siswa dalam menyerap materi pelajaran. Berbagai pola dalam urutan penyampaian materi dapat dimulai dari ....
1) konkret ke abstrak
2) sederhana ke kompleks
3) praktik ke teori
45. Belajar dengan menerapkan keterampil-an
proses menekankan pada cara yang ditempuh dalam mencapai tujuan pembelajaran,
yang memberikan tekanan pada ....
1) keberartian belajar siswa
2) keterlibatan siswa dalam belajar
3) hasil belajar secara tuntas
46. Untuk mempermudah menginterprestasi data,
maka data-data tersebut sebaiknya ditampilkan dalam bentuk ....
1) tabel
2) grafik
3) diagram
47. Langkah-langkah atau tahapan dalam penerapan
model pembelajaran Telaah Yurisprudensi adalah ....
1) dimulai dengan orientasi terhadap kasus
2) diakhiri dengan menguji asumsi tentang fakta,
definisi, dan konsekuensi
3) tidak perlu argumentasi dalam mempertahankan
posisi
48. Menurut Kemp terdapat pola-pola yang
merupakan metode dasar dalam proses kegiatan belajar, yaitu ....
1) ekspositori
2) belajar mandiri
3) interaksi guru - siswa
49. Kegiatan-kegiatan pada komponen pendahuluan
dapat diisi dengan hal-hal sebagai berikut ....
1) menjelaskan secara singkat isi pelajaran
2) menjelaskan tujuan pembelajaran
3) mengaitkan isi pelajaran dengan kehidupan
sehari-hari
50. Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada
bagian pendahuluan pembelajaran menurut Mary Underwood adalah ....
1) pada saat masuk kelas segala sesuatu yang
diperlukan dalam proses belajar harus sudah siap
2) pastikan bahwa kondisi kelas telah
memungkinkan untuk pelaksanaan kegiatan belajar
3) siswa telah siap mengikuti pelajaran
51. Hal-hal berikut dapat berpengaruh terhadap
keberhasilan siswa dalam belajar yaitu ....
1) keadaan fisik seseorang
2) tingkat kecerdasan siswa
3) sikap siswa terhadap pelajaran
52. Keletihan mental pada diri siswa dapat
disebabkan oleh berbagai faktor antara lain ....
1) kecemasan siswa terhadap akibat negatif dari
kegiatan
2) kecemasan akibat target keberhasilan
3) kompetisi yang terlalu ketat
53. Suatu pekerjaan yang profesional dapat
dikenali dari ciri-cirinya antara lain ....
1) memiliki landasan pengetahuan yang kuat
2) didasarkan atas kompetensi individual
3) tidak memiliki sistem seleksi
54. Guru yang efektif adalah guru yang memiliki
kemampuan yang terkait dengan ....
1) iklim belajar di kelas
2) pemberian umpan balik
3) peningkatan diri
55. Agar pembelajaran berlangsung efektif salah
satu unsur yang harus diperhatikan adalah garis pandang siswa yang memadai
dalam kelas artinya ....
1) siswa dapat melihat guru dari semua sudut
2) papan tulis dapat terlihat oleh semua siswa
3) antar siswa dapat saling melihat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar