AKUNTANSI
SEKTOR PUBLIK
(EKSI4207)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR
1 SAMPAI DENGAN 60
PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Nilai yang dianut dalam pengelolaan
sumberdaya adalah value for money. Konsekuensinya adalah...
A.
setiap uang yang dibelanjakan harus bernilai
B.
setiap rupiah sumberdaya yang dikonsumsi harus digunakan
untuk meningkatkan pelayanan publik
C.
anggaran harus sama dengan belanja
D.
efektif dalam pengelolaan keuangan publik
Kepala Daerah harus menyampaikan pertanggungjawaban
keuangan kepada DPRD. Ini berarti Kepala Daerah melakukan
pertanggungjawaban...
A.
horizontal
B.
vertikal
C.
lini
D.
staf
Berikut ini bukan salah satu dasar elemen utama konsep value for money.
A.
Ekonomis
B.
Efisien
C. Efektifitas
D. Equality
The excercise
of political, economic, and administrative authority to manage a
nation’s affair at all levels, adalah pendefinisian governance menurut...
A.
World Bank
B.
UNDP
C. ADB
D. Pemerintah
Penyusunan sistem dan standar akuntansi keuangan
daerah merupakan perwujudan dari reformasi sektor publik...
A.
Sistem Penganggaran
B.
Sistem Akuntansi
C. Sistem
Pemeriksaan
D. Sistem
Manajemen Keuangan Daerah
Akuntabilitas yang mengarah kepada kecukupan sistem
informasi akuntansi, sistem informasi manajemen, dan sistem administrasi
adalah...
A.
program accountability
B.
policy accountability
C. process
accountability
D. accountability
for probity and legality
Penghambat utama terwujudnya efesiensi dan
efektivitas BUMN atau BUMD
adalah...
A.
tujuan bumn atau bumd yang tidak hanya mencari laba
B.
mengutamakan pelayanan prima pada masyarakat
C. terbatas
pada bidang usaha tertentu
D. rent seeking
behaviour
Perbedaan sifat dan karakteristik akuntansi
pemerintah dan swasta terutama karena perbedaan...
A.
tujuan pelaporan
B.
pengguna laporan
C. fungsi
laporan
D. lingkungan
yang mempengaruhi
Bagi pemerintah informasi akuntansi digunakan
untuk...
A.
pengendalian manajemen
B.
pemberian imbalan
C. alat
pengawasan
D. penyusunan
standar akuntansi
Akuntansi sektor publik tidak perlu mencatat
kepemilikan pribadi karena...
A.
lembaga sektor publik tidak dimiliki secara pribadi
seperti perusahaan
B.
sistem akuntansi sektor publik dipengaruhi oleh sistem
pemerintahan yang berlaku
C. lembaga
sektor publik tidak secara khusus bertujuan mencari laba
D. sistem
akuntansi sektor publik merupakan praktik akuntansi dana
Perencanaan reguler memerlukan informasi yang
bersifat...
A.
adhoc
B.
kunatitatif
C. kualitatif
D. rutin
Pengendalian keuangan untuk Proyek PLTN di Jepara
terutama pada...
A.
aspek ekonomi, sosial, dan budaya
B.
prediksi cash flow
C. beban
sumberdaya manusia
D. aspek
politik dan keamanan
Peran akuntansi manajemen pada sektor publik adalah...
A.
menyediakan informasi biaya program dan biaya suatu
aktivitas
B.
menyediakan informasi pelaksanaan alokasi biaya program dan
aktivitas
C. membuat
prioritas alokasi biaya program dan aktivitas
D. penyusunan
laporan keuangan
Perbedaan biaya sektor publik dan sektor swasta
adalah....
A.
biaya sektor publik merupakan engineering costs,
biaya sektor swasta merupakan discretionary costs
B.
biaya sektor publik merupakan discretionary costs,
biaya sektor swasta merupakan engineering cost
C. biaya sektor
publik berhubungan langsung dengan output, biaya sektor swasta berhubungan
langsung dengan input
D. biaya sektor
publik dan biaya sektor swasta berhubungan langsung dengan input dan output.
Biaya departemen produksi dan personalia merupakan
kelompok biaya...
A.
input
B.
output
C. proses
D. input-output
Proses penentuan biaya yang memiliki karakteristik
berjangka panjang, berkelanjutan, dan memerlukan keseriusan manajemen
adalah...
A.
cost analyzis
B.
cost finding
C. cost
recording
D. strategic
cost reduction
Tipe pengendalian manajemen yang berupa evaluasi
kinerja berdasarkan tolok ukur yang ditetapkan adalah...
A.
pengendalian operasional
B.
pengendalian kinerja
C. pengendalian
preventif
D. pengendalian
kuratif
Sekretariat DPRD termasuk dalam pusat
pertanggungjawaban dalam jenis...
A.
profit center
B.
revenue center
C. investment
center
D. cost center
Satu unsur perumusan strategi yang menjadi pengarah
bagi langkah perumusan strategi selanjutnya sekaligus sebagai kerangka
target yang akan dicapai adalah...
A.
perumusan, evaluasi, dan pemilihan strategi
B.
implementasi dan pengendalian rencana strategik
C. pernyataan
misi dan tujuan umum organisasi
D. analisis
lingkungan internal dan eksternal
Tujuan utama perencanaan strategik pada sektor
publik adalah...
A.
meningkatkan komunikasi antara manajemen puncak dengan
manajer level di bawahnya
B.
meningkatkan komunikasi antara manajemen puncak dengan
manajemen level paling bawah
C. menjalin
komunikasi antara manajer puncak dengan pegawai
D. mengkomunikasikan
ide-ide manajemen
Anggaran sektor publik harus memenuhi kriteria...
A.
merefleksikan keinginan pemerintah
B.
merefeksikan perubahan perioritas kebutuhan dan keinginan
masyarakat
C. menunjukkan
peran politik dalam penganggaran
D. menentukan
penerimaan pemerintah pusat
Konsekuensi bagi manajemen sektor publik sebagai
dampak dari fungsi anggaran sebagai alat politik adalah...
A.
kebutuhan political skill
B.
kompetensi di bidang administratif
C. kompetensi
di bidang keuangan
D. kemampuan
menyajikan informasi keuangan yang komprehensif
Salah satu kelemahan anggaran terpilah adalah...
A.
pemisahan yang tegas antara pengeluaran rutin dengan
belanja investasi
B.
alokasi penggunaan pinjaman sulit dimonitor
C. sering
terjadi salah anggapan, anggaran rutin sebagai bukan anggaran pembangunan,
investasi sebagai anggaran pembangunan
D. jangka waktu
pelaksanaan kegiatan tidak terbatas
Kelebihan anggaran komprehensif adalah
A.
mudah melakukan tambahan anggaran
B.
anggaran dapat diulang-ulang
C. alokasi
penggunaan anggaran mudah dipantau
D. mencakup
aktivitas pemerintahan secara keseluruhan.
Sering terjadi pada akhir periode anggaran suatu
pemerintah daerah berlomba-lomba menghabiskan anggaran. Hal ini sebagai
dampak penyusunan anggaran dengan
pendekatan...
A.
Incrementalism
B.
Zero Based Badgeting
C. Planning
Programming Badgeting system
D. Performance
Budgeting
Berikut ini bukan ciri khas anggaran tradisional
adalah...
A.
menggunakan anggaran netto
B.
spesifikasi
C. sentralistik
D. tahunan
Zero Based Budgeting merupakan
sistem anggaran berbasis...
A.
teori sistem yang berorientasi output untuk pengalokasian
sumberdaya
B.
struktur organisasi tradisional yang terdiri atas
divisi-divisi
C. value for
money dan pengawasan kinerja output
D. pusat
pertanggungjawaban sebagai dasar perencanaan dan pengendalian
Permasalahan penerapan PPBS pada akuntansi adalah...
A.
PPBS menggunakan pendekatan departemen
B.
Sistem akuntansi menggunakan pendekatan program
C. PPBS
menggunakan pendekatan siklus
D. Sistem
akuntansi menggunakan pendekatan departemen
Program investasi publik merupakan bentuk dari dual
budgeting, maksudnya adalah...
A. mutallly
exclusive antara anggaran modal dan anggaran rutin
B.
pemisahan anggaran modal/investasi dari anggaran rutin
C.
penggabungan anggaran modal dari anggaran rutin
D.
penganggaran menggunakan standar ganda
Dasar pertimbangan utama penggantian investasi
adalah...
A.
umur teknis
B.
umur ekonomis
C. faktor
keusangan
D. nilai jual
dan sisa investasi
Mencermati negara pemberi pinjaman untuk proyek
adalah satu pertimbangan dalam analisis investasi pada aspek...
A.
teknis
B.
sosial dan budaya
C. aspek
ekonomi
D. distribusi
Refleksi dari tingkat keuntungan dengan risiko suatu
proyek disebut dengan...
A.
tingkat inflasi
B.
tingkat diskonto
C. capital
rationing
D. risk and
uncertainty
Langkah terakhir dalam mengevaluasi suatu proyek
yang menentukan keberlanjutan proyek adalah...
A.
identifikasi kebutuhan
B.
menentukan biaya manfaat proyek
C. menghitung
biaya manfaat dalam rupiah
D. memilih
proyek yang bermanfaat besar dan efektif
Salah satu tujuan pengukuran kinerja sektor publik
adalah...
A.
mengukur kinerja finansial dan nonfinanial sektor publik
B.
mengarahkan pada pencapaian target
C. memonitor
pencapaian kinerja dan membandingkan dengan target
D. alat
komunikasi bawahan dengan atasan
Salah satu manfaat pengukuran kinerja sektor publik
adalah...
A.
memberikan reward dan punishment secara objektif
B.
mengkomunikasikan strategi
C. mengukur
kinerja finansial dan nonfinansial
D. motivasi untuk goal congruance
Salah satu dari perspektif Balance Scorecard yang
memperhitungkan aspek kinerja layanan adalah perspektif
A.
finansial
B.
kepuasan pelanggan
C. efisiensi
proses internal
D.
pembelajaran dan pertumbuhan
Standar Akuntansi Keuangan Pemerintah diformulasikan
oleh...
A.
IAI
B.
BAKUN
C. IAI-BAKUN
D. BPKP
Selain kemampuan untuk menerangkan dan mengendalikan
fenomena, akuntansi dapat dikatakan sebagai teori jika memenuhi
karakteristik dasar sebagia berikut.
A.
ability to explain
B.
ablility to control
C. ability to
predict
D. ability to
growth
Terkadang untuk menyajikan informasi keuangan
membutuhkan biaya yang besar. Di lain pihak terdapat tuntutan manfaat dari
informasi itu harus lebih besar dari biaya yang dikeluarkan. Hal ini
akuntansi sektor publik menghadapi kendala..
A.
Objektivitas
B.
Daya Banding
C. Materialitas
D. Tepat Waktu
Kondisi apakah yang mengharuskan pemerintah menyusun
sistem akuntansi dan pelaporan keuangan sesuai dengan ketentuan hukum
A.
prinsip akuntansi berterima umum dan ketentuan hukum tidak
bertentangan
B.
prinsip akuntansi berterima umum bertentangan dengan
ketentuan hukum
C. prinsip
akuntansi berterima umum dan ketentuan hukum tidak berhubungan
D. prinsip
akuntansi berterima umum dan ketentuan hukum saling bergantung
Untuk mengetahui dengan segera kesalahan akuntansi,
baik dari jumlah maupun prosedur pencatatan transaksi maka akuntansi
mengendalikannya dengan....
A.
single entry bookkeeping
B.
double entry bookkeeping
C. trial entry
bookkeeping
D. multi entry
bookkeeping
Implikasi dari tidak adanya standar akuntansi pada
sektor publik adalah...
A.
reliabilitas informasi yang disajikan rendah
B.
sistem yang terancang
C. peran hukum
dan peraturan yang besar
D. penggunaan
standar akuntansi komersial pada sektor publik
Pertimbangan non moneter yang menyebabkan laporan
keuangan sektor publik berbeda dengan sektor swasta adalah...
A.
sosial politik
B.
jumlah transaksi
C. kualitas
laporan
D. kendala
kualitatif laporan
Eksekutif dalam mengeluarkan dana perbaikan irigasi
tahun ini terlebih dahulu melihat laporan keuangan tahun sebelumnya. Hal
ini berarti laporan keuangan berfungsi sebagai...
A.
sumber fakta dan gambaran
B.
pernyataan atas prestasi
C. perencanaan
dan informasi otorisasi
D. pelaporan
retrospektif
Perbedaan pengklasifikasian pemakai laporan sektor
publik antara satu pakar dengan pakar lainnya karena sudut pandang yang
berbeda terhadap...
A.
cakupan dan jenis organisasi
B.
isi dari organisasi
C. jenis dan
frekuensi transaksi
D. banyaknya
akun
Sumber keuangan yang diharapkan akan tersedia bagi
suatu unit pemerintah dalam satu tahun anggaran adalah...
A.
appropriasi
B.
taksiran pendapatan
C. sumber
keuangan lain
D. penggunaan
keuangan lain
Pemerintah daerah kota “X” menerima kas sebagai
pinjaman dari kota “Y”, penerimaan ini dicatat sebagai pendapatan.
Pencatatan ini merupakan bentuk praktek akuntansi berbasis...
A.
akrual
B.
akrual modifikasi
C. kas
D. kas
modifikasi
Expenditure diakru ketika terjadi
transaksi, sebaliknya revenue dicatat ketika telah diterima dalam
bentuk kas. Ini merupakan praktek akuntansi berbasis...
A.
kas
B.
akrual
C. kas
modifikasi
D. akrual
modifikasi
Salah satu
perbedaan single entry dan double entry pada praktek
akuntansi pemerintah adalah terletak pada...
A.
cakupan informasi dan cerminan kinerja
B.
proses pertanggungjawabannya
C. organisasi/unit
yang mengeluarkan informasi
D. kepraktisan
Salah satu perbedaan akuntansi pemerintah dengan
akuntansi komersial adalah...
A.
akuntansi pemerintah menggunakan akuntansi dana
B.
sistem akuntansi dana pemerintah menekankan pada pelaporan
organisasi
C. akuntansi
komersial menggunakan akuntansi dana
D. sistem
akuntansi komersial menekankan pada pelaporan pemanfaatan dana
Berikut ini merupakan klasifikasi kelompok non dana
pada kesatuan akuntansi dana yaitu.
A.
Governmental-Type Fund
B.
Proprietary-Type Fund
C. Fiduciary-Type
Fund
D. General
Fixed Assets-Account Groups
Persamaan akuntansi untuk kelompok dana peragenan
adalah...
A.
Aktiva Lancar = Utang Lancar + Saldo
Dana
B.
Aktiva = Utang + Modal
C. Aktiva =
Utang + Saldo Dana
D. Aktiva =
Utang
Kelompok dana pemerintah yang digunakan untuk
mempertanggung-jawabkan aktivitas komersial adalah Dana...
A.
umum
B.
pendapatan khusus
C. proyek modal
D. kepemilikan
Fokus Dana Umum adalah pada aktivitas...
A.
penerimaan
B.
pengeluaran
C. penerimaan-pengeluaran
D. non belanja
Dana Umum dapat digunakan untuk memperoleh fasilitas
modal dengan mekanisme...
A.
langsung dibelanjakan begitu ada dana
B.
ditaransfer ke Dana Proyek Modal terlebih dahulu
C. ditaransfer
ke Dana Pelunasan Utang terlebih dahulu
D. ditaransfer
ke Dana Pendapatan Khusus terlebih dahulu
Akibat dari penandingan pendapatan dan belanja dalam
laporan keuangan adalah munculnya....
A.
equity pemilik
B.
saldo dana
C. laba ditahan
D. dividen
Jurnal untuk taksiran pendapatan pada anggaran kota
“X” adalah...
A.
mengkredit taksiran pendapatan sebesar jumlah taksiran
pendapatan
B.
mendebet taksiran pendapatan sebesar jumlah taksiran
pendapatan
C. mengkredit
sumber keuangan lain sebesar jumlah taksiran pendapatan
D. mendebet
sumber keuangan lain sebesar jumlah taksiran pendapatan
Prosedur akuntansi untuk mencatat piutang dan
pendapatan pada Dana Umum pada saat sumber keuangan diterima adalah...
A.
kas dikredit
B.
piutang dikredit
C. kas didebet
D. pendapatan
didebet
Pada tanggal 1 Desember 2002 dilakukan pembayaran
gaji karyawan. Untuk transaksi ini pada saat pembayaran dilakukan
jurnal...
A.
akun kas didebet
B.
akun utang voucher didebet
C. akun utang voucher
dikredit
D. akun belanja
gaji dikredit
Pada tanggal 1 Nopember dilakukan pemesanan barang.
Atas transaksi ini dilakukan jurnal...
A.
akun encumbrance dikredit
B.
akun encumbrance didebet
C. akun
cadangan encumbrance didebet
D. un belanja (encumbrance)
didebet
Sekalian jwabannya dunkz guys
BalasHapusJawaban nya..????
BalasHapus