Sabtu, 26 April 2014

Soal Komputer Dan Media Pembelajaran



TUGAS MANDIRI
KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
(IDIK4403)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 45  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Jenis media berikut tergolong sebagai media sederhana, kecuali ....      
A.   gambar diam
B.   garfis
C.   overhead transparansi
D.   display

2.   Peralatan menggambar yang digunakan untuk membuat lingkaran dengan akurat adalah ....
A.   penggaris
B.   jangka
C.   lempengan elips
D.   kuas
     
3.   Bahan yang tidak tergolong sebagai zat pewarna adalah ....
A.   crayon
B.   charcoal
C.   pastel
D.   cat air

4.   Jenis pensil yang paling lunak mempunyai kode ....
A.   4H
B.   HB
C.   2B
D.   6B

5.   Keras atau lunaknya pensil ditentukan oleh kandungan karbon yang ada di dalamnya. Jenis pensil yang baik untuk digunakan dalam membuat sketsa adalah ....
A.   6B
B.   2H
C.   HB
D.   4H

6.   Dalam membuat gambar manusia perbandingan panjang tubuh orang dewasa adalah ....
A.   51/2 panjang kepala
B.   7 panjang kepala
C.   6 panjang kepala
D.   4 panjang kepala

7.   Teknik “grid” adalah cara membuat gambar melalui ....
A.   pantograph
B.   garis kotak-kotak
C.   proyektor
D.   menjiplak

8.   Dalam memperbesar gambar, teknik proyeksi mempunyai keunggulan dalam hal ....
A.   tidak memerlukan alat bantu
B.   dapat membuat gambar sangat besar
C.   tidak memerlukan kotak-kotak
D.   format gambar dapat dirubah

9.   Memperbesar gambar dengan teknik “grid” memerlukan ketepatan meniru gambar pada bidang ....
A.   kotak-kotak
B.   lebar
C.   datar
D.   tingkatan

10.   Jenis gambar diam yang dapat memberi informasi hubungan kronologis jumlah dan hierarki yaitu ....
A.   organization chart
B.   timeline chart
C.   classification chart
D.   flow chart

11.   Jenis chart yang berguna untuk memperlihatkan kategori objek, peristiwa dan proses yaitu ....
A.   organizational chart
B.   timeline chart
C.   classification chart
D.   flow chart

12.   Organizational chart adalah jenis chart yang tepat untuk menampilkan informasi tentang ....
A.   hubungan hierarki antar unit
B.   perkembangan objek secara runtun
C.   pengelompokan dan penggolongan objek
D.   alur proses atau kegiatan

13.   Jenis chart yang menggambarkan hubungan kronologis antar beberapa peristiwa disebut chart ….
A.      organisasi
B.      garis waktu
C.     klasifikasi
D.     waktu

14.   Informasi tentang proses dan prosedur tahap demi tahap dapat dikomunikasikan melalui ....
A.   organizational chart
B.   timeline chart
C.   classification chart
D.   flow chart
15.   Istilah lain yang digunakan untuk menyebut garfik lingkaran adalah ....
A.   Pie chart
B.   Bar chart
C.   Flow chart
D.   Pictorial chart

16.   Gambar ini dikenal dengan sebutan ....


A.   Circle graph
B.   Pictorial graph
C.   Line graph
D.   Bar graph

17.   Grafik di bawah merupakan jenis ....


A.   Circle graph
B.   Pictorial graph
C.   Line graph
D.   Bar graph

18.   Jenis grafik yang sangat akurat dalam menjelaskan data dan informasi tentang pertumbuhan secara kuantitatif adalah ....
A.   Circle graph
B.   Pictorial graph
C.   Line graph
D.   Bar graph

19.   Jenis grafik yang menggambarkan objek secara lebih konkret daripada jenis grafik yang lain adalah ....

A.   Circle graph
B.   Pictorial graph
C.   Line graph
D.   Bar graph



20.   Jenis grafik yang memperlihatkan presentasi bagian-bagian dalam suatu keseluruhan disebut grafik ....
A.   batang
B.   pictorial
C.   garis
D.   lingkaran

21.   Contoh tujuan instruksional yang tergolong ke dalam ranah afektif yaitu ....
A.   melakukan gerakan tari
B.   menghayati karya seni
C.   membuat kesimpulan
D.   menafsirkan data

22.   Unsur yang tidak tergolong sebagai elemen verbal adalah ....
A.   bentuk huruf
B.   bentuk visual
C.   ukuran huruf
D.   jenis huruf

23.   Pembagian wilayah visual dalam proporsi dan ukuran yang sama merupakan pola ....
A.   gaya
B.   bentuk
C.   keseimbangan
D.   kelurusan

24.   Jenis media gambar diam yang bersifat persuasif dan mampu mempengaruhi emosi orang yang melihatnya adalah ....
A.   grafik
B.   poster
C.   chart
D.   bulletin board

25.   Medium bulletin board dapat meningkatkan motivasi belajar siswa apabila ....
A.   berisi hiasan yang menarik
B.   memamerkan hasil karya siswa
C.   memuat informasi sederhana
D.   memajang benda-benda riel
26.   Jenis proyektor yang tidak dapat digunakan untuk memperbesar gambar dengan teknik proyeksi adalah proyektor ....
A.   Opaque
B.   Film
C.   OHP
D.   Slide

27.   Kelemahan yang menonjol dari medium overhead transparansi jika dibandingkan dengan medium opaque adalah ....
A.   memerlukan perawatan khusus
B.   memerlukan sarana listrik
C.   tidak mampu menampilkan gambar bergerak
D.   tidak dapat memproyeksikan gambar non transparan

28.   Jumlah warna dalam sebuah gambar yang serasi adalah ....
A.   tiga
B.   empat
C.   lima
D.   enam

29.   San serif, helvehca, dan palatino adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan ....
A.   ukuran huruf
B.   warna huruf
C.   spasi
D.   jenis huruf

30.   Rasio panjang dan lebar dalam ukuran overhead transpransi adalah ....
A.   4 : 5
B.   8 : 6
C.   7 : 3
D.   6 : 4

31.   Ukuran fisik media overhead transparansi adalah ....
A.   16 x 20 cm
B.   15 x 17 cm
C.   18 x 22 cm
D.   20 x 24 cm

32.   Istilah overhead transparansi mempunyai arti ....
A.   berisi teks
B.   tahan lama
C.   hanya berisi gambar
D.   diproyeksikan di atas kepala

33.   Teknik membuat transparansi dengan cara menjiplak langsung di atas lembaran plastik transparansi disebut ....
A.   Write on
B.   Thermal copy
C.   Fotocopy
D.   Highlight

34.   Berikut ini adalah keuntungan yang dapat diperoleh jika kita memberi bingkai transparansi yang kita buat, kecuali ....
A.   membuat transparansi awet dan tahan lama
B.   dapat digunakan untuk membuat catatan kecil
C.   mudah disimpan dan dicari jika diperlukan
D.   membuat tampilan informasi lebih fokus

35.   Penggunaan medium overhead transparansi memerlukan penggelapan ruangan sebesar ....
A.   10%
B.   20%
C.   0%
D.   30%

36.   Penggunaan media dapat meningkatkan perhatian siswa terhadap isi pelajaran, dampak ini dikenal dengan istilah ....
A.   Hearing
B.   Attending
C.   Understanding
D.   Remembering

37.   Bahan dan informasi yang disampaikan melalui medium OHP harus memenuhi kriteria sebagai berikut, kecuali ....
A.   memberikan pengalaman belajar
B.   bergerak dan bersuara
C.   mudah dibaca
D.   atraktif

38.   Istilah “remembering” yang merupakan dampak dari penggunaan media dalam aktivitas pembelajaran yaitu ....
A.   mendengarkan penjelasan
B.   menaruh perhatian
C.   memahami isi pelajaran
D.   mengingat materi pelajaran

39.   Untuk mengajarkan arti kehidupan kepada siswa, media pembelajaran yang tepat digunakan adalah ....
A.   satwa
B.   botol
C.   pasir
D.   tanah liat
40.   Kehadiran media sederhana mulai ditinggal-kan oleh guru sejak....
A.   hadirnya media modern
B.   ditemukannya tenaga listrik
C.   Industrialisasi di Eropa
D.   perang dunia pertama

41.   Pemilihan lingkungan sebagai media pembelajaran harus didasarkan pada ....
A.   motivasi siswa
B.   biaya
C.   domisili siswa
D.   tujuan pembelajaran

42.   Lingkungan belajar pertama yang dihadapi oleh siswa sebagai individu adalah ....
A.   sekolah
B.   keluarga
C.   masyarakat
D.   negara

43.   Dampak yang dapat diperoleh dari peng-gunaan media yang efektif dalam kegiatan belajar siswa adalah ....
A.   keterampilan mendengarkan
B.   fokus terhadap topik yang dibahas
C.   pemahaman akan materi yang dipelajari
D.   daya ingat yang baik

44.   Rasional penggunaan lingkungan untuk keperluan pembelajaran adalah ....
A.   ketersediaan dan variasinya tak terbatas
B.   biaya penggunaannya cukup murah
C.   dapat disesuaikan dengan kurikulum
D.   membantu melestarikan lingkungan hidup

45.   Contoh pemanfaatan lingkungan untuk melatih perkembangan psikomotorik siswa adalah ....
A.   membentuk tanah liat
B.   mengobservasi tanaman
C.   menentukan bahan praktek
D.   mengamati jenis akar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar