TUGAS MANDIRI
KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
(IDIK4403)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 45 PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Jenis media berikut tergolong sebagai media
sederhana, kecuali ....
A. gambar diam
B. garfis
C. overhead transparansi
D. display
2. Peralatan menggambar yang digunakan untuk
membuat lingkaran dengan akurat adalah ....
A. penggaris
B. jangka
C. lempengan elips
D. kuas
3. Bahan yang tidak tergolong sebagai zat
pewarna adalah ....
A. crayon
B. charcoal
C. pastel
D. cat air
4. Jenis pensil yang paling lunak mempunyai kode
....
A. 4H
B. HB
C. 2B
D. 6B
5. Keras atau lunaknya pensil ditentukan oleh
kandungan karbon yang ada di dalamnya. Jenis pensil yang baik untuk digunakan
dalam membuat sketsa adalah ....
A. 6B
B. 2H
C. HB
D. 4H
6. Dalam membuat gambar manusia perbandingan
panjang tubuh orang dewasa adalah ....
A. 51/2 panjang kepala
B. 7 panjang kepala
C. 6 panjang kepala
D. 4 panjang kepala
7. Teknik “grid” adalah cara membuat gambar
melalui ....
A. pantograph
B. garis kotak-kotak
C. proyektor
D. menjiplak
8. Dalam memperbesar gambar, teknik proyeksi mempunyai
keunggulan dalam hal ....
A. tidak memerlukan alat bantu
B. dapat membuat gambar sangat besar
C. tidak memerlukan kotak-kotak
D. format gambar dapat dirubah
9. Memperbesar gambar dengan teknik “grid”
memerlukan ketepatan meniru gambar pada bidang ....
A. kotak-kotak
B. lebar
C. datar
D. tingkatan
10. Jenis gambar diam yang dapat memberi
informasi hubungan kronologis jumlah dan hierarki yaitu ....
A. organization chart
B. timeline chart
C. classification chart
D. flow chart
11. Jenis chart yang berguna untuk memperlihatkan kategori objek,
peristiwa dan proses yaitu ....
A. organizational chart
B. timeline chart
C. classification chart
D. flow chart
12. Organizational chart adalah jenis chart yang tepat untuk
menampilkan informasi tentang ....
A. hubungan hierarki antar unit
B. perkembangan objek secara runtun
C. pengelompokan dan penggolongan objek
D. alur proses atau kegiatan
13. Jenis chart yang menggambarkan hubungan kronologis antar beberapa
peristiwa disebut chart ….
A.
organisasi
B.
garis waktu
C.
klasifikasi
D.
waktu
14. Informasi tentang proses dan prosedur tahap demi tahap dapat
dikomunikasikan melalui ....
A. organizational chart
B. timeline chart
C. classification chart
D. flow chart
15. Istilah lain yang digunakan untuk menyebut garfik lingkaran adalah
....
A. Pie chart
B. Bar chart
C. Flow chart
D. Pictorial chart
16. Gambar ini dikenal dengan sebutan ....

A. Circle graph
B. Pictorial graph
C. Line graph
D. Bar graph
17. Grafik di bawah merupakan jenis ....

A. Circle graph
B. Pictorial graph
C. Line graph
D. Bar graph
18. Jenis grafik yang sangat akurat dalam menjelaskan data dan
informasi tentang pertumbuhan secara kuantitatif adalah ....
A. Circle graph
B. Pictorial graph
C. Line graph
D. Bar graph
19. Jenis grafik yang menggambarkan objek secara lebih konkret
daripada jenis grafik yang lain adalah ....
A. Circle graph
B. Pictorial graph
C. Line graph
D. Bar graph
20. Jenis grafik yang memperlihatkan presentasi bagian-bagian dalam
suatu keseluruhan disebut grafik ....
A. batang
B. pictorial
C. garis
D. lingkaran
21. Contoh tujuan instruksional yang tergolong ke dalam ranah afektif
yaitu ....
A. melakukan gerakan tari
B. menghayati karya seni
C. membuat kesimpulan
D. menafsirkan data
22. Unsur yang tidak tergolong sebagai elemen verbal adalah ....
A. bentuk huruf
B. bentuk visual
C. ukuran huruf
D. jenis huruf
23. Pembagian wilayah visual dalam proporsi dan ukuran yang sama
merupakan pola ....
A. gaya
B. bentuk
C. keseimbangan
D. kelurusan
24. Jenis media gambar diam yang bersifat persuasif dan mampu
mempengaruhi emosi orang yang melihatnya adalah ....
A. grafik
B. poster
C. chart
D. bulletin board
25. Medium bulletin board dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
apabila ....
A. berisi hiasan yang menarik
B. memamerkan hasil karya siswa
C. memuat informasi sederhana
D. memajang benda-benda riel
26. Jenis proyektor yang tidak dapat digunakan untuk memperbesar
gambar dengan teknik proyeksi adalah proyektor ....
A. Opaque
B. Film
C. OHP
D. Slide
27. Kelemahan yang menonjol dari medium overhead transparansi jika
dibandingkan dengan medium opaque adalah ....
A. memerlukan perawatan khusus
B. memerlukan sarana listrik
C. tidak mampu menampilkan gambar bergerak
D. tidak dapat memproyeksikan gambar non transparan
28. Jumlah warna dalam sebuah gambar yang serasi adalah ....
A. tiga
B. empat
C. lima
D. enam
29. San serif, helvehca, dan palatino adalah istilah yang digunakan
untuk menjelaskan ....
A. ukuran huruf
B. warna huruf
C. spasi
D. jenis huruf
30. Rasio panjang dan lebar dalam ukuran overhead transpransi adalah
....
A. 4 : 5
B. 8 : 6
C. 7 : 3
D. 6 : 4
31. Ukuran fisik media overhead transparansi adalah ....
A. 16 x 20 cm
B. 15 x 17 cm
C. 18 x 22 cm
D. 20 x 24 cm
32. Istilah overhead transparansi mempunyai arti ....
A. berisi teks
B. tahan lama
C. hanya berisi gambar
D. diproyeksikan di atas kepala
33. Teknik membuat transparansi dengan cara menjiplak langsung di atas
lembaran plastik transparansi disebut ....
A. Write on
B. Thermal copy
C. Fotocopy
D. Highlight
34. Berikut ini adalah keuntungan yang dapat diperoleh jika kita
memberi bingkai transparansi yang kita buat, kecuali ....
A. membuat transparansi awet dan tahan lama
B. dapat digunakan untuk membuat catatan kecil
C. mudah disimpan dan dicari jika diperlukan
D. membuat tampilan informasi lebih fokus
35. Penggunaan medium overhead transparansi memerlukan penggelapan
ruangan sebesar ....
A. 10%
B. 20%
C. 0%
D. 30%
36. Penggunaan media dapat meningkatkan perhatian siswa terhadap isi
pelajaran, dampak ini dikenal dengan istilah ....
A. Hearing
B. Attending
C. Understanding
D. Remembering
37. Bahan dan informasi yang disampaikan melalui medium OHP harus
memenuhi kriteria sebagai berikut, kecuali ....
A. memberikan pengalaman belajar
B. bergerak dan bersuara
C. mudah dibaca
D. atraktif
38. Istilah “remembering” yang merupakan dampak dari penggunaan media
dalam aktivitas pembelajaran yaitu ....
A. mendengarkan penjelasan
B. menaruh perhatian
C. memahami isi pelajaran
D. mengingat materi pelajaran
39. Untuk
mengajarkan arti kehidupan kepada siswa, media pembelajaran yang tepat
digunakan adalah ....
A. satwa
B. botol
C. pasir
D. tanah liat
40. Kehadiran media sederhana mulai ditinggal-kan oleh guru sejak....
A. hadirnya media modern
B. ditemukannya tenaga listrik
C. Industrialisasi di Eropa
D. perang dunia pertama
41. Pemilihan lingkungan sebagai media pembelajaran harus didasarkan
pada ....
A. motivasi siswa
B. biaya
C. domisili siswa
D. tujuan pembelajaran
42. Lingkungan belajar pertama yang dihadapi oleh siswa sebagai
individu adalah ....
A. sekolah
B. keluarga
C. masyarakat
D. negara
43. Dampak yang dapat diperoleh dari peng-gunaan media yang efektif
dalam kegiatan belajar siswa adalah ....
A. keterampilan mendengarkan
B. fokus terhadap topik yang dibahas
C. pemahaman akan materi yang dipelajari
D. daya ingat yang baik
44. Rasional penggunaan lingkungan untuk keperluan pembelajaran adalah
....
A. ketersediaan dan variasinya tak terbatas
B. biaya penggunaannya cukup murah
C. dapat disesuaikan dengan kurikulum
D. membantu melestarikan lingkungan hidup
45. Contoh pemanfaatan lingkungan untuk melatih perkembangan
psikomotorik siswa adalah ....
A. membentuk tanah liat
B. mengobservasi tanaman
C. menentukan bahan praktek
D. mengamati jenis akar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar