Sabtu, 26 April 2014

Soal Penelitian Tindakan Kelas



TUGAS MANDIRI
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(IDIK4420)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 32,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Dalam mendefinisikan penelitian tindakan kelas terdapat kata-kata berikut, kecuali ....
A.   memperbaiki kinerja
B.   dilakukan oleh guru
C.   didasarkan atas renungan yang men-dalam
D.   menggambarkan kualitas

2.   Berikut ini adalah beberapa karakteristik PTK, kecuali ....
A.   adanya masalah pembelajaran yang harus diperbaiki
B.   tujuan penelitian adalah meningkatkan efektivitas pembelajaran
C.   fokus penelitian adalah kegiatan guru dan siswa dalam pembelajaran
D.   data yang dikumpulkan berawal dari kegiatan mengajar guru sendiri

3.   Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk ....
A.   menambah kegiatan guru sehingga pekerjaan mengajar lebih bervariasi
B.   memperbaiki proses pembelajaran
C.   mengevaluasi hasil belajar dari 2 kelas yang berbeda
D.   menentukan kedudukan prestasi siswa di kelas

4.   Contoh berikut adalah permasalahan yang sulit dipecahkan melalui PTK ....
A.   motivasi belajar siswa pada mata pelajaran tertentu rendah
B.   siswa terlihat kurang perhatian dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan metode ceramah
C.   guru merasa risau karena peserta didik kebanyakan berasal dari kalangan ekonomi bawah
D.   prestasi belajar fisika siswa rendah padahal kemampuan mereka sebenarnya cukup memadai

5.   Jika dilihat dari tujuannya, karakteristik penelitian tindakan kelas bertujuan untuk ....
A.   mengubah model pembelajaran
B.   memperbaiki pembelajaran
C.   menemukan model yang paling benar
D.   mengevaluasi pembelajaran

6.   Peran guru dalam pelaksanaan penelitian kelas, berbeda dari PTK karena dalam penelitian kelas guru berperan sebagai ....
A.   pengolah hasil penelitian
B.   peneliti
C.   perencana kegiatan penelitian
D.   sumber informasi

7.   Perbedaan antara penelitian formal dengan PTK terletak pada ....
A.   sampel yang representatif
B.   kasus khusus
C.   sampel acak
D.   sampel kluster

8.   Berikut ini sejumlah pertanyaan yang tergolong hasil renungan untuk ditemukan jawabannya melalui PTK, kecuali ....
A.   Siapakah saya di hadapan para siswa?
B.   Apakah saya sudah memberi latihan yang memadai?
C.   Apakah bahasa yang saya gunakan dapat dipahami siswa?
D.   Apakah penjelasan saya terlampau cepat?

9.   Pelaksanaan PTK yang dipelopori Kepala Sekolah berhasil baik. Hal ini terbukti dari ....
A.   semua guru membuat laporan pelaksanaan PTK
B.   pelaksanaan rapat guru dengan Kepala Sekolah
C.   hasil belajar siswa yang meningkat kualitasnya
D.   banyaknya laporan pelaksanaan PTK

10.   Pelajari tabel berikut ini!

Hasil Pembelajaran rata-rata
Nama Guru
Sebelum PTK
Setelah PTK
X
70
98
Y
40
70
C
25
50
P
60
80

Berdasarkan tabel di atas, guru yang dapat dikatakan paling berhasil melakukan per-baikan sebagai hasil PTK ialah guru ....
A.   C
B.   X
C.   P
D.   Y


11.   Keberhasilan penelitian tindakan kelas dapat diukur dari ....
A.   perkembangan intelegensi siswa yang cukup berarti
B.   adanya perubahan dalam strategi belajar siswa
C.   kemampuan siswa mengatasi masalah-nya sendiri
D.   adanya perbaikan dalam pembelajaran

Untuk soal nomor 12 dan nomor 13, perhatikan ilustrasi berikut.

Pak Panji seorang guru Matematika di SMU II. Pak Panji menyadari bahwa setiap memberikan latihan yang berkaitan dengan penggunaan rumus, hasilnya tidak menggembirakan. Oleh karena itu, pada saat mendapat kunjungan Pengawas, Pak Panji menyampaikan masalahnya. Pak Panji mencoba melaksanakan PTK untuk menemukan kelemahan dan kekuatannya dalam mengajar dan untuk mengetahui sumber kesalahannya. Hasil analisis ini didiskusikan dengan Pengawas untuk menyusun rencana perbaikan. Berdasarkan hasil diskusi, Pak Panji melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajarannya. Ketika memberikan latihan, Pak Panji banyak melibatkan siswa dalam mengerjakan contoh penggunaan rumus. Kegiatan ini diamati oleh Pengawas dan didiskusikan bersama. Selain itu, Pak Panji juga memeriksa setiap pekerjaan siswa dengan teliti sehingga siswa selalu mengerjakan latihan dengan teliti dan sungguh-sungguh. Hasil dari pembelajaran ini sungguh menggembirakan. Siswa dapat mengerja-kan latihan dengan baik.

12.   Ilustrasi tersebut menunjukkan pengaruh PTK terhadap hasil pembelajaran, yaitu dalam hal ....
A.   hasil latihan siswa yang semakin meningkat          
B.   siswa bekerja dengan lebih teliti dan sungguh-sungguh
C.   keterlibatan siswa dalam mengerjakan contoh meningkat
D.   banyaknya contoh soal yang dikerjakan siswa

13.   Faktor yang paling mendukung keberhasilan Pak Panji dalam melaksanakan PTK adalah ....
A.   bantuan pengawas dalam mengamati pembelajaran
B.   keinginan Pak Panji untuk mengatasi masalah yang dihadapi



C.   kerja sama dengan pengawas dalam menganalisis masalah
D.   keikutsertaan siswa dalam mengerjakan latihan

14.   Urutan langkah-langkah PTK yang tepat adalah ....
A.   merencanakan ® melakukan perbaikan ® mengamati pembelajaran ® mere-nungkan hasil
B.   merenungkan kegiatan pembelajaran ® mengamati ® merencanakan ® melaku-kan perbaikan
C.   merencanakan ® mengamati pembela- jaran ® merenungkan hasil ® melakukan perbaikan
D.   mengamati pembelajaran ® merencana-kan ® merenungkan hasil ® melakukan perbaikan

15.   Pelajari kasus berikut ini!
“Anda merasa bingung karena hasil ulangan siswa Anda pada pelajaran Matematika selalu rendah. Kalau mereka menjawab terlihat ragu kurang meyakinkan. Berdasarkan kasus tersebut, analisis mana yang lebih layak diteliti melalui PTK”
A.   Apakah penjelasan yang saya berikan sudah cukup jelas?
B.   Sejauh mana tingkat kebingungan siswa dalam menyerap materi yang saya sampaikan?
C.   Dimana letak kekeliruan siswa dalam memahami materi yang saya sampaikan?
D.   Bukankah saya guru yang sudah berpe-ngalaman?

16.   Berikut ini merupakan kriteria pelaksanaan penelitian tindakan kelas menurut Hopkins, kecuali ....
A.   guru harus berkolaborasi dengan dosen LPTK baik dalam pengembangan konsep maupun dalam prakteknya
B.   guru harus mengutamakan siswa karena PTK ditujukan untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran
C.   masalah yang ditangani guru haruslah sesuai dengan kemampuan dan komitmen guru sebagai pendidik dan pengajar
D.   metodologi penelitian harus handal atau reliabel

17.   Berikut ini merupakan peristiwa yang dapat dijadikan  sebagai kegiatan PTK, kecuali ....
A.   dampak pemberian penguatan
B.   persepsi siswa terhadap status sosial orang tuanya
C.   cara memotivasi siswa dalam proses pembelajaran
D.   kebermaknaan pembelajaran inquiry-discovery

18.   Dalam penelitian tindakan kelas, seorang guru mengamati dampak penguatan bagi siswa. Dari hasil pengamatannya itu ditemukan beberapa dampak dari suatu penguatan. Uraian di atas menunjukkan bahwa guru sedang melakukan observasi dengan jenis observasi ....
A.   terbuka
B.   terstruktur
C.   sistematik
D.   terfokus



19.   Pelajari lembar observasi berikut ini:

LEMBAR OBSERVASI KETERAMPILAN BERTANYA

Komponen-komponen keterampilan
Kualitas
Komentar
1. Pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat
2. Pemberian acuan
3. Pemusatan
4. Pemindahan giliran giliran
5. Penyebaran:
    a. pertanyaan ke seluruh kelas
    b. pertanyaan ke mahasiswa tertentu
    c. menyebarkan respon mahasiswa
6. Pemberian waktu berpikir
7. Dst
1  2  3  4
1  2  3  4
1  2  3  4
1  2  3  4

1  2  3  4
1  2  3  4
1  2  3  4
1  2  3  4


Lembar observasi di atas digunakan dalam melakukan observasi ....
A.   terbuka
B.   terstruktur
C.   terfokus
D.   sistematik


20.   Waktu yang paling tepat untuk memberikan masukan pada guru dalam kegiatan PTK ialah ....
A.   seminggu setelah pengamatan, dalam bentuk diskusi
B.   sebulan setelah pengamatan, dalam bentuk diskusi
C.   segera setelah pengamatan, dalam bentuk diskusi
D.   sesuai dengan kesiapan guru tersebut

21.   Berdasarkan hasil pengamatan (observasi) selama pelaksanaan suatu PTK ditemukan bahwa perhatian siswa terhadap pembelajar-an sangat kurang. Ini berarti bahwa yang harus segera diteliti guru melalui PTK ialah ....
A.   Kaitan antara perhatian dengan disiplin siswa
B.   Bagaimana upaya memotivasi siswa menyenangi pelajaran tersebut?


C.   Bagaimana meningkatkan perhatian siswa terhadap pembelajaran?
D.   Bagaimana konstribusi perhatian siswa terhadap prestasi belajarnya?

22.   Dalam kegiatan PTK, seorang guru yang merenungkan kembali kegiatan-kegiatan yang telah dilakukannya dalam pembelajaran, sehingga siswa memberikan respons yang kurang diharapkan. Kegiatan itu menunjukkan bahwa guru tersebut sedang ....
A.   melakukan refleksi
B.   merencanakan tindak lanjut
C.   menganalisis data
D.   menginterpretasi data

23.   Perbedaan utama tujuan penelitian pembe-lajaran dengan PTK ialah ....
A.   penelitian pembelajaran bertujuan untuk verifikasi dan generalisasi pembelajaran, sedangkan PTK bertujuan untuk mem-perbaiki pembelajaran
B.   PTK bertujuan untuk membuat verifikasi dan generalisasi tentang pembelajaran sedangkan penelitian pembelajaran ber-tujuan untuk memperbaiki pembelajaran
C.   penelitian pembelajaran bertujuan untuk mengembangkan ilmu tentang pem-belajaran, PTK bertujuan untuk meng-evaluasi sistem pembelajaran
D.   PTK bertujuan untuk mengembangkan ilmu tentang pembelajaran, penelitian pembelajaran bertujuan untuk meng-evaluasi sistem pembelajaran

24.   Tersusunnya proposal PTK yang berkualitas merupakan kriteria keberhasilan dari ....
A.   penyusunan rencana pelaksanaan PTK
B.   persiapan pelaksanaan PTK
C.   pelaksanaan PTK
D.   identifikasi masalah yang akan diteliti dengan PTK

25.   Masalah PTK harus merupakan masalah yang ....
A.   ditemukan oleh guru lain
B.   diajukan oleh tutor
C.   diajukan oleh Kepala Sekolah
D.   riil yang dihadapi guru

26.   Dari pertanyaan berikut ini, manakah contoh rumusan masalah dalam PTK yang paling tepat?
A.   Siswa kurang antusias dalam proses pembelajaran dan belum diketahui faktor penyebabnya.
B.   Antusiasme siswa dalam pembelajaran terkait dengan strategi pembelajaran guru.
C.   Tidak ada kaitan yang berarti antara strategi pembelajaran yang digunakan guru dengan antusiasme siswa dalam belajar.
D.   Meskipun sudah diketahui faktor penyebabnya, antusiasme siswa masih tetap rendah.

27.   Dua kegiatan utama dalam kegiatan peren-canaan PTK, ialah ....
A.   merumuskan kerangka teori dan mengembangkan instrumen observasi
B.   membuat proposal dan merencanakan kegiatan PTK

C.   membuat proposal dan mengembangkan instrumen observasi
D.   merumuskan kerangka teori dan definisi tentang variabel operasional

28.   Kerangka teoritis yang dikemukakan dalam proposal PTK merupakan dasar untuk ....
A.   melaksanakan skenario pembelajaran yang dilaksanakan
B.   memilih alat pengumpul data
C.   merumuskan hipotesis tindakan yang akan diambil
D.   menetapkan tujuan pelaksanaan PTK

29.   Berikut ini adalah peran kerangka teoritis dalam PTK, kecuali ....
A.   memperkaya variabel
B.   memberikan dasar teoretis
C.   menemukan kaitan logis antar variabel
D.   menunjukkan keilmiahan

30.   Komponen rencana biaya yang termasuk dalam kegiatan persiapan ialah biaya untuk ....
A.   pengembangan instrumen, review proposal
B.   analisis data, review laporan, pengganda-an laporan
C.   rapat awal, pengumpulan data
D.   pengumpulan data, refleksi, rencana tindakan  ulang

31.   Jenis alat observasi yang dapat digunakan dalam PTK ialah ....
A.   format observasi, kuesioner, alat rekaman, dokumen kurikulum, satuan pembelajaran
B.   media elektronik, buku sumber, kurikulum, perpustakaan, ruang kelas
C.   kuesioner, media elektronik, buku sumber, kurikulum
D.   kuesioner, format observasi, alat rekaman, catatan anekdot

32.   Dilihat dari komponen tujuan, proposal PTK dianggap memenuhi syarat apabila proposal tersebut mengemukakan ....
A.   masalah yang diajukan berasal dari guru
B.   upaya untuk mengatasi masalah pem-belajaran
C.   masalah yang berkaitan dengan proses pembelajaran
D.   pelaksana penelitian adalah guru

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   33   SAMPAI   40,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
33.   Manakah dari rumusan masalah berikut ini yang dapat diselesaikan melalui PTK?
1)   Sebagian besar siswa belum mampu menulis karangan pendek.
2)   Rendahnya kemampuan siswa dalam melakukan percobaan.
3)   Kurang tersedianya sarana olah raga di sekolah.

34.   Masalah pembelajaran yang dapat diselesai-kan melalui penelitian tindakan kelas adalah ....
1)   kebanyakan siswa tidak dapat memberi-kan jawaban yang tepat
2)   meningkatkan ranking sekolah pada EBTANAS berikutnya
3)   meningkatkan kualitas lompatan siswa pada kegiatan olah raga

35.   Agar hasil observasi dapat dipertanggung-jawabkan, keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pengamat PTK adalah ....
1)   menguasai berbagai teknik perekam data yang efektif
2)   mampu dengan cepat menginterpretasi-kan suatu peristiwa
3)   dapat menciptakan situasi yang men-dukung kegiatan yang diamati

36.   Manakah dari rumusan masalah berikut yang dapat dijadikan kegiatan PTK?
1)   Mengapa saya belum dapat menerapkan hasil penataran yang saya ikuti sebagai sumber belajar?
2)   Bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa saya?
3)   Mengapa siswa saya jarang mengajukan pertanyaan/pendapat dalam kegiatan diskusi?

37.   Kegiatan yang harus dilakukan pada tahap persiapan pelaksanaan PTK adalah ....
1)   melakukan simulasi
2)   mempersiapkan cara mengobservasi
3)   merancang langkah-langkah pembelajar-an

38.   Yang harus menjadi pertimbangan dalam menentukan masalah dalam kegiatan PTK adalah ....
1)   prioritas pengembangan sekolah
2)   dapat dilakukan sendiri oleh guru
3)   kemampuan guru

39.   Yang dapat dilakukan guru dalam meng-analisis masalah dan melakukan diagnosis untuk keperluan PTK adalah ....
1)   menanyakan kepada teman sejawat
2)   mewawancarai siswa yang diajarkan
3)   mengajukan pertanyaan pada diri sendiri

40.   Peristiwa yang dapat dijadikan sebagai kegiatan PTK adalah ....
1)   cara memotivasi siswa
2)   dampak pemberian penguatan
3)   keadaan sosial ekonomi siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar