TUGAS MANDIRI
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
(IDIK4420)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 32, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Dalam
mendefinisikan penelitian tindakan kelas terdapat kata-kata berikut, kecuali
....
A. memperbaiki kinerja
B. dilakukan oleh guru
C. didasarkan atas renungan yang
men-dalam
D. menggambarkan kualitas
2. Berikut ini
adalah beberapa karakteristik PTK, kecuali ....
A. adanya masalah pembelajaran yang
harus diperbaiki
B. tujuan penelitian adalah
meningkatkan efektivitas pembelajaran
C. fokus penelitian adalah kegiatan
guru dan siswa dalam pembelajaran
D. data yang dikumpulkan berawal
dari kegiatan mengajar guru sendiri
3. Tujuan penelitian tindakan kelas
adalah untuk ....
A. menambah kegiatan guru sehingga
pekerjaan mengajar lebih bervariasi
B. memperbaiki proses pembelajaran
C. mengevaluasi hasil belajar dari 2
kelas yang berbeda
D. menentukan kedudukan prestasi
siswa di kelas
4. Contoh berikut
adalah permasalahan yang sulit dipecahkan melalui PTK ....
A. motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran tertentu rendah
B. siswa terlihat kurang perhatian
dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan metode ceramah
C. guru merasa risau karena peserta
didik kebanyakan berasal dari kalangan ekonomi bawah
D. prestasi belajar fisika siswa
rendah padahal kemampuan mereka sebenarnya cukup memadai
5. Jika dilihat
dari tujuannya, karakteristik penelitian tindakan kelas bertujuan untuk ....
A. mengubah model pembelajaran
B. memperbaiki pembelajaran
C. menemukan model yang paling benar
D. mengevaluasi pembelajaran
6. Peran guru dalam pelaksanaan
penelitian kelas, berbeda dari PTK karena dalam penelitian kelas guru berperan
sebagai ....
A. pengolah hasil penelitian
B. peneliti
C. perencana kegiatan penelitian
D. sumber informasi
7. Perbedaan
antara penelitian formal dengan PTK terletak pada ....
A. sampel yang representatif
B. kasus khusus
C. sampel acak
D. sampel kluster
8. Berikut ini
sejumlah pertanyaan yang tergolong hasil renungan untuk ditemukan jawabannya
melalui PTK, kecuali ....
A. Siapakah saya di hadapan para
siswa?
B. Apakah saya sudah memberi latihan
yang memadai?
C. Apakah bahasa yang saya gunakan
dapat dipahami siswa?
D. Apakah penjelasan saya terlampau
cepat?
9. Pelaksanaan PTK
yang dipelopori Kepala Sekolah berhasil baik. Hal ini terbukti dari ....
A. semua guru membuat laporan
pelaksanaan PTK
B. pelaksanaan rapat guru dengan
Kepala Sekolah
C. hasil belajar siswa yang
meningkat kualitasnya
D. banyaknya laporan pelaksanaan PTK
10. Pelajari tabel berikut ini!
|
Hasil
Pembelajaran rata-rata
|
|
Nama
Guru
|
Sebelum
PTK
|
Setelah
PTK
|
X
|
70
|
98
|
Y
|
40
|
70
|
C
|
25
|
50
|
P
|
60
|
80
|
Berdasarkan tabel di atas, guru yang dapat
dikatakan paling berhasil melakukan per-baikan sebagai hasil PTK ialah guru
....
A. C
B. X
C. P
D. Y
11. Keberhasilan penelitian tindakan kelas dapat
diukur dari ....
A. perkembangan intelegensi siswa yang cukup
berarti
B. adanya perubahan dalam strategi belajar siswa
C. kemampuan siswa mengatasi masalah-nya sendiri
D. adanya perbaikan dalam pembelajaran
Untuk soal nomor 12 dan nomor 13, perhatikan ilustrasi
berikut.
Pak Panji seorang guru Matematika di SMU II. Pak Panji
menyadari bahwa setiap memberikan latihan yang berkaitan dengan penggunaan
rumus, hasilnya tidak menggembirakan. Oleh karena itu, pada saat mendapat
kunjungan Pengawas, Pak Panji menyampaikan masalahnya. Pak Panji mencoba
melaksanakan PTK untuk menemukan kelemahan dan kekuatannya dalam mengajar dan
untuk mengetahui sumber kesalahannya. Hasil analisis ini didiskusikan dengan
Pengawas untuk menyusun rencana perbaikan. Berdasarkan hasil diskusi, Pak Panji
melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajarannya. Ketika memberikan latihan,
Pak Panji banyak melibatkan siswa dalam mengerjakan contoh penggunaan rumus.
Kegiatan ini diamati oleh Pengawas dan didiskusikan bersama. Selain itu, Pak
Panji juga memeriksa setiap pekerjaan siswa dengan teliti sehingga siswa selalu
mengerjakan latihan dengan teliti dan sungguh-sungguh. Hasil dari pembelajaran
ini sungguh menggembirakan. Siswa dapat mengerja-kan latihan dengan baik.
12. Ilustrasi tersebut menunjukkan pengaruh PTK
terhadap hasil pembelajaran, yaitu dalam hal ....
A. hasil latihan siswa yang semakin meningkat
B. siswa bekerja dengan lebih teliti dan
sungguh-sungguh
C. keterlibatan siswa dalam mengerjakan contoh
meningkat
D. banyaknya contoh soal yang dikerjakan siswa
13. Faktor yang paling mendukung keberhasilan Pak
Panji dalam melaksanakan PTK adalah ....
A. bantuan pengawas dalam mengamati pembelajaran
B. keinginan Pak Panji untuk mengatasi masalah
yang dihadapi
C. kerja sama dengan pengawas dalam menganalisis
masalah
D. keikutsertaan siswa dalam mengerjakan latihan
14. Urutan langkah-langkah PTK yang tepat adalah
....
A. merencanakan ® melakukan perbaikan ® mengamati pembelajaran ® mere-nungkan hasil
B. merenungkan kegiatan pembelajaran ® mengamati ® merencanakan ® melaku-kan perbaikan
C. merencanakan ® mengamati pembela- jaran ® merenungkan hasil ® melakukan perbaikan
D. mengamati pembelajaran ® merencana-kan ® merenungkan hasil ® melakukan perbaikan
15. Pelajari kasus berikut ini!
“Anda merasa bingung karena hasil ulangan siswa Anda pada
pelajaran Matematika selalu rendah. Kalau mereka menjawab terlihat ragu kurang
meyakinkan. Berdasarkan kasus tersebut, analisis mana yang lebih layak diteliti
melalui PTK”
A. Apakah penjelasan yang saya berikan sudah
cukup jelas?
B. Sejauh mana tingkat kebingungan siswa dalam
menyerap materi yang saya sampaikan?
C. Dimana letak kekeliruan siswa dalam memahami
materi yang saya sampaikan?
D. Bukankah saya guru yang sudah berpe-ngalaman?
16. Berikut ini merupakan kriteria pelaksanaan
penelitian tindakan kelas menurut Hopkins, kecuali ....
A. guru harus berkolaborasi dengan dosen LPTK
baik dalam pengembangan konsep maupun dalam prakteknya
B. guru harus mengutamakan siswa karena PTK
ditujukan untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran
C. masalah yang ditangani guru haruslah sesuai
dengan kemampuan dan komitmen guru sebagai pendidik dan pengajar
D. metodologi penelitian harus handal atau
reliabel
17. Berikut ini merupakan peristiwa yang dapat
dijadikan sebagai kegiatan PTK, kecuali
....
A. dampak pemberian penguatan
B. persepsi siswa terhadap status sosial orang
tuanya
C. cara memotivasi siswa dalam proses
pembelajaran
D. kebermaknaan pembelajaran inquiry-discovery
18. Dalam penelitian tindakan kelas, seorang guru
mengamati dampak penguatan bagi siswa. Dari hasil pengamatannya itu ditemukan
beberapa dampak dari suatu penguatan. Uraian di atas menunjukkan bahwa guru
sedang melakukan observasi dengan jenis observasi ....
A. terbuka
B. terstruktur
C. sistematik
D. terfokus
19. Pelajari lembar observasi berikut ini:
LEMBAR
OBSERVASI KETERAMPILAN BERTANYA
Komponen-komponen
keterampilan
|
Kualitas
|
Komentar
|
1. Pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat
2. Pemberian acuan
3. Pemusatan
4. Pemindahan giliran giliran
5. Penyebaran:
a. pertanyaan
ke seluruh kelas
b. pertanyaan
ke mahasiswa tertentu
c.
menyebarkan respon mahasiswa
6.
Pemberian waktu berpikir
7.
Dst
|
1 2
3 4
1 2
3 4
1 2
3 4
1 2
3 4
1 2
3 4
1 2
3 4
1 2
3 4
1 2
3 4
|
|
Lembar observasi di atas
digunakan dalam melakukan observasi ....
A. terbuka
B. terstruktur
C. terfokus
D. sistematik
20. Waktu yang paling tepat untuk memberikan
masukan pada guru dalam kegiatan PTK ialah ....
A. seminggu setelah pengamatan, dalam bentuk
diskusi
B. sebulan setelah pengamatan, dalam bentuk
diskusi
C. segera setelah pengamatan, dalam bentuk
diskusi
D. sesuai dengan kesiapan guru tersebut
21. Berdasarkan hasil pengamatan (observasi)
selama pelaksanaan suatu PTK ditemukan bahwa perhatian siswa terhadap
pembelajar-an sangat kurang. Ini berarti bahwa yang harus segera diteliti guru
melalui PTK ialah ....
A. Kaitan antara perhatian dengan disiplin siswa
B. Bagaimana upaya memotivasi siswa menyenangi
pelajaran tersebut?
C. Bagaimana meningkatkan perhatian siswa
terhadap pembelajaran?
D. Bagaimana konstribusi perhatian siswa
terhadap prestasi belajarnya?
22. Dalam kegiatan PTK, seorang guru yang
merenungkan kembali kegiatan-kegiatan yang telah dilakukannya dalam
pembelajaran, sehingga siswa memberikan respons yang kurang diharapkan.
Kegiatan itu menunjukkan bahwa guru tersebut sedang ....
A. melakukan refleksi
B. merencanakan tindak lanjut
C. menganalisis data
D. menginterpretasi data
23. Perbedaan utama tujuan penelitian
pembe-lajaran dengan PTK ialah ....
A. penelitian pembelajaran bertujuan untuk
verifikasi dan generalisasi pembelajaran, sedangkan PTK bertujuan untuk
mem-perbaiki pembelajaran
B. PTK bertujuan untuk membuat verifikasi dan
generalisasi tentang pembelajaran sedangkan penelitian pembelajaran ber-tujuan
untuk memperbaiki pembelajaran
C. penelitian pembelajaran bertujuan untuk
mengembangkan ilmu tentang pem-belajaran, PTK bertujuan untuk meng-evaluasi
sistem pembelajaran
D. PTK bertujuan untuk mengembangkan ilmu
tentang pembelajaran, penelitian pembelajaran bertujuan untuk meng-evaluasi
sistem pembelajaran
24. Tersusunnya proposal PTK yang berkualitas
merupakan kriteria keberhasilan dari ....
A. penyusunan rencana pelaksanaan PTK
B. persiapan pelaksanaan PTK
C. pelaksanaan PTK
D. identifikasi masalah yang akan diteliti
dengan PTK
25. Masalah PTK harus merupakan masalah yang ....
A. ditemukan oleh guru lain
B. diajukan oleh tutor
C. diajukan oleh Kepala Sekolah
D. riil yang dihadapi guru
26. Dari pertanyaan berikut ini, manakah contoh
rumusan masalah dalam PTK yang paling tepat?
A. Siswa kurang antusias dalam proses
pembelajaran dan belum diketahui faktor penyebabnya.
B. Antusiasme siswa dalam pembelajaran terkait
dengan strategi pembelajaran guru.
C. Tidak ada kaitan yang berarti antara strategi
pembelajaran yang digunakan guru dengan antusiasme siswa dalam belajar.
D. Meskipun sudah diketahui faktor penyebabnya,
antusiasme siswa masih tetap rendah.
27. Dua kegiatan utama dalam kegiatan
peren-canaan PTK, ialah ....
A. merumuskan kerangka teori dan mengembangkan
instrumen observasi
B. membuat proposal dan merencanakan kegiatan
PTK
C. membuat proposal dan mengembangkan instrumen observasi
D. merumuskan kerangka teori dan definisi
tentang variabel operasional
28. Kerangka teoritis yang dikemukakan dalam
proposal PTK merupakan dasar untuk ....
A. melaksanakan skenario pembelajaran yang
dilaksanakan
B. memilih alat pengumpul data
C. merumuskan hipotesis tindakan yang akan
diambil
D. menetapkan tujuan pelaksanaan PTK
29. Berikut ini adalah peran kerangka teoritis
dalam PTK, kecuali ....
A. memperkaya variabel
B. memberikan dasar teoretis
C. menemukan kaitan logis antar variabel
D. menunjukkan keilmiahan
30. Komponen rencana biaya yang termasuk dalam
kegiatan persiapan ialah biaya untuk ....
A. pengembangan instrumen, review proposal
B. analisis data, review laporan, pengganda-an laporan
C. rapat awal, pengumpulan data
D. pengumpulan data, refleksi, rencana tindakan ulang
31. Jenis alat observasi yang dapat digunakan dalam PTK ialah ....
A. format observasi, kuesioner, alat rekaman,
dokumen kurikulum, satuan pembelajaran
B. media elektronik, buku sumber, kurikulum,
perpustakaan, ruang kelas
C. kuesioner, media elektronik, buku sumber,
kurikulum
D. kuesioner, format observasi, alat rekaman,
catatan anekdot
32. Dilihat dari komponen tujuan, proposal PTK
dianggap memenuhi syarat apabila proposal tersebut mengemukakan ....
A. masalah yang diajukan berasal dari guru
B. upaya untuk mengatasi masalah pem-belajaran
C. masalah yang berkaitan dengan proses
pembelajaran
D. pelaksana penelitian adalah guru
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 33 SAMPAI
40, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2)
BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3)
BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3)
BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
33. Manakah dari rumusan masalah berikut ini yang
dapat diselesaikan melalui PTK?
1) Sebagian besar siswa belum mampu menulis
karangan pendek.
2) Rendahnya kemampuan siswa dalam melakukan
percobaan.
3) Kurang tersedianya sarana olah raga di sekolah.
34. Masalah pembelajaran yang dapat diselesai-kan
melalui penelitian tindakan kelas adalah ....
1) kebanyakan siswa tidak dapat memberi-kan
jawaban yang tepat
2) meningkatkan ranking sekolah pada EBTANAS
berikutnya
3) meningkatkan kualitas lompatan siswa pada
kegiatan olah raga
35. Agar hasil observasi dapat
dipertanggung-jawabkan, keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pengamat
PTK adalah ....
1) menguasai berbagai teknik perekam data yang
efektif
2) mampu dengan cepat menginterpretasi-kan suatu
peristiwa
3) dapat menciptakan situasi yang men-dukung
kegiatan yang diamati
36. Manakah dari rumusan masalah berikut yang
dapat dijadikan kegiatan PTK?
1) Mengapa saya belum dapat menerapkan hasil
penataran yang saya ikuti sebagai sumber belajar?
2) Bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa
saya?
3) Mengapa siswa saya jarang mengajukan
pertanyaan/pendapat dalam kegiatan diskusi?
37. Kegiatan yang harus dilakukan pada tahap
persiapan pelaksanaan PTK adalah ....
1) melakukan simulasi
2) mempersiapkan cara mengobservasi
3) merancang langkah-langkah pembelajar-an
38. Yang harus menjadi pertimbangan dalam
menentukan masalah dalam kegiatan PTK adalah ....
1) prioritas pengembangan sekolah
2) dapat dilakukan sendiri oleh guru
3) kemampuan guru
39. Yang dapat dilakukan guru dalam meng-analisis
masalah dan melakukan diagnosis untuk keperluan PTK adalah ....
1) menanyakan kepada teman sejawat
2) mewawancarai siswa yang diajarkan
3) mengajukan pertanyaan pada diri sendiri
40. Peristiwa yang dapat dijadikan sebagai
kegiatan PTK adalah ....
1) cara memotivasi siswa
2) dampak pemberian penguatan
3) keadaan sosial ekonomi siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar