Senin, 14 April 2014

Soal Manajemen Lanjutan



TUGAS MANDIRI
MANAJEMEN LANJUTAN
(EKMA4231)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 34,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Rintangan psikologikal sebagai hambatan pe-rencanaan yang efektif dapat diatasi manajer dengan memanfaatkan keterampilan ....
A.   pemecahan masalah/pengambilan kepu-tusan
B.   interpersonal
C.   pengendalian
D.   penyusunan kompensasi

2.   Asas terpenting yang menjadi dasar pembe-rian tanggung jawab kepada semua anggota organisasi adalah asas ....        
A.   kesamaan fungsional
B.   keseimbangan dengan wewenang
C.   keseimbangan dengan kekuasaan
D.   kejelasan batas-batasnya
     
3.   Fungsi utama “perencanaan” dalam suatu organisasi perusahaan adalah ....
A.   pengalokasian sumber daya
B.   pedoman pemilihan dan penempatan per-sonalia
C.   alat untuk mengantisipasi perubahan ling-kungan
D.   penciptaan lingkungan organisasi yang memungkinkan individu dan kelompok bekerja dengan baik

4.   Sesuai dengan sifat usahanya, Perusahaan Umum Listrik Negara akan lebih cocok mene-rapkan strategi yang bersifat ....
A.   terinci
B.   tidak terinci dan sangat fleksibel
C.   reaktif
D.   terinci dan konsisten pada petunjuk pelak-sanaan

5.   Kemungkinan terjadinya konflik antar unit organisasi sebagai akibat diterapkannya MBO/MBS dapat diredam dengan penerapan gaya pengambilan keputusan ....
A.   demokratif
B.   otokratif
C.   partisipatif
D.   delegatif

6.   Jika suatu perusahaan mengejar pertum-buhan melalui pemasaran produk baru untuk pasar baru berarti menerapkan strategi ....
A.   integratif
B.   terobosan pasar
C.   diversifikasi
D.   growth strategy

7.   Salah satu alasan suatu organisasi meng-gunakan rentang manajemen melebar adalah ....
A.   koordinasi dan kooperasi dapat berkem-bang dengan baik
B.   memudahkan pengawasan
C.   tingkatan hirarki yang semakin tinggi akan mengurangi kecepatan penyebaran infor-masi
D.   memudahkan pemberian wewenang

8.   Struktur organisasi model hubungan manu-siawi mencoba meredam kemungkinan kon-flik antar individu dan antar kelompok dengan jalan ....
A.   memanfaatkan hubungan-hubungan inter-personal yang formal
B.   memanfaatkan komunikasi interpersonal yang bersifat informal
C.   memanfaatkan semaksimal mungkin we-wenang organisasional
D.   manajer memanfaatkan kekuasaan im-balan

9.   Bagi organisasi, manfaat apa yang bisa dipe-roleh dengan adanya kelompok informal?
A.   memberikan rasa aman pada anggota
B.   memuaskan kebutuhan sosial
C.   memberi status tertentu
D.   mempercepat komunikasi

10.   Proses pengangkatan pegawai diakhiri oleh fase ....
A.   wawancara penempatan
B.   tes kesehatan
C.   persetujuan calon atasan
D.   perkenalan

11.   Persyaratan kualitas minimal tenaga kerja yang bisa bergabung dengan organisasi ter-cantum dalam ....
A.   deskripsi pekerjaan
B.   spesifikasi pekerjaan
C.   evaluasi pekerjaan
D.   analisis pekerjaan

12.   Menurut Mc. Gregor karyawan tipe X cen-derung menyukai gaya kepemimpinan ....
A.   demokratif
B.   partisipatif
C.   otokratis
D.   konsultatif

13.   Alat seleksi tenaga kerja yang didasarkan pada tulisan tangan calon tenaga kerja disebut ....
A.   phrenologi
B.   phisiognomi
C.   pigmentasi
D.   graphologi

14.   Simulasi bisnis merupakan salah satu metode pengembangan tenaga manajerial untuk meningkatkan keterampilan ....
A.   pengambilan keputusan
B.   antar pribadi (komunikasi)
C.   penilaian prestasi
D.   kompetisi

15.   Evaluasi training yang mengukur perubahan produktivitas fisik tenaga kerja adalah ....
A.   reaksi
B.   pembelajaran
C.   perilaku
D.   hasil

16.   Salah satu variabel organisasional yang mempengaruhi perilaku adalah  ....
A.   jenis kelamin
B.   motivasi
C.   kepemimpinan
D.   kepribadian

17.   Sistem kompensasi dikatakan konsisten seca-ra internal jika ....
A.   posisi yang setingkat diberi gaji tetap yang sama besar
B.   posisi yang setingkat diberi gaji total gaji sama besar
C.   posisi yang setingkat diberi insentif sama besar
D.   posisi yang setingkat diberi tunjangan sama besar

18.   Salah satu syarat sistem kompensasi yang baik adalah berorientasi pada perbedaan individual, artinya ....
A.   posisi yang berbeda harus dibayar ber-beda
B.   prestasi yang berbeda harus  dibayar ber-beda
C.   posisi sama harus dibayar sama
D.   walaupun posisi berbeda harus dibayar sama

19.   Penetapan nilai moneter terhadap pekerjaan disebut ....
A.   analisis pekerjaan
B.   deskripsi pekerjaan
C.   spesifikasi jabatan
D.   evaluasi pekerjaan

20.   Faktor penting dalam membentuk kepribadian seseorang adalah ....
A.   kreativitas yang dimiliki
B.   perilaku yang dimiliki
C.   produktivitas kerja
D.   lingkungan sosial

21.   Valensi seseorang terhadap suatu pekerjaan akan meningkat jika ....
A.   pekerjaannya memiliki gengsi tinggi
B.   pekerjaannya terkait erat dengan peme-nuhan kebutuhannya
C.   upah dan gajinya tinggi
D.   kondisi kerjanya bagus

22.   Cara seseorang bertindak akan menunjukkan keefektifan kepemimpinan orang yang ber-sangkutan. Hal ini diungkapkan oleh para pendukung teori ....
A.   perilaku pribadi
B.   sifat
C.   situasional
D.   orientasi

23.   Efektivitas kepemimpinan tergantung pada kekuatan-kekuatan yang ada pada atasan, bawahan dan situasi. Pendapat ini merupakan pendekatan ....
A.   perilaku kepemimpinan
B.   ciri/sifat
C.   matrik kepemimpinan
D.   situasional

24.   Usaha untuk meneliti gaya kepemimpinan yang dinilai efektif dengan membedakan kepemimpinan yang berorientasi pekerjaan dan karyawan merupakan studi dari ....
A.   Likert
B.   Ohio
C.   Fleishman
D.   Fayol

25.   Sesuai dengan sifat-sifatnya, pengambilan keputusan kelompok cocok diterapkan untuk memecahkan jenis masalah ....
A.   terprogram
B.   rutin
C.   tak terprogram
D.   terpola

26.   Reaksi penerima pesan dalam proses komu-nikasi seringkali tidak sesuai dengan pengirim pesan karena mengalami berbagai hambatan. Berikut ini yang termasuk dalam kategori hambatan komunikasi teknologis adalah ....
A.   perbedaan bahasa
B.   perbedaan status dalam organisasi
C.   situasi emosi yang kurang menguntung-kan
D.   persepsi yang selektif

27.   Mana di antara pernyataan berikut ini yang cenderung tidak benar dalam komunikasi?
A.   komunikasi satu arah lebih menghemat waktu daripada dua arah
B.   penerima pesan lebih yakin dengan yang disampaikan apabila dipergunakan komu-nikasi dua arah
C.   komunikasi satu arah lebih tidak teratur daripada dua arah
D.   komunikasi dua arah lebih akurat dan cermat dibandingkan dengan satu arah

28.   Tahap akhir suatu proses pengambilan kepu-tusan adalah ....
A.   implementasi keputusan
B.   pemilihan alternatif keputusan terbaik
C.   pengendalian dan evaluasi pelaksanaan keputusan
D.   alokasi sumberdaya dan imbalan

29.   Mana di antara faktor-faktor berikut ini yang merupakan faktor yang makin meningkatkan perlunya pengendalian ....
A.   sentralisasi organisasi
B.   pendelegasian tugas

C.   struktur organisasi fungsional
D.   situasi lingkungan yang stabil

30.   Peramalan usaha bagi badan usaha termasuk jenis pengendalian ....
A.   feedforward controls
B.   screening controls
C.   feedback controls
D.   checklist controls

31.   Prinsip Management By Exception adalah ....
A.   setiap penyimpangan memerlukan tin-dakan koreksi
B.   semakin besar suatu penyimpangan se-makin besar pengawasan yang diperlukan
C.   setiap penyimpangan yang terjadi me-merlukan pengawasan dan tindakan ko-reksi
D.   penyimpangan perlu diikuti penentuan critical point sebelum ditentukan perlu tidaknya pengawasan

32.   Suatu jenis pengendalian yang dirancang untuk mengantisipasi penyimpangan sehing-ga memungkinkan diadakannya koreksi sebe-lum suatu kegiatan tertentu diselesaikan disebut ....
A.   feedforward control
B.   screening control
C.   feedback control
D.   concurrent control

33.   Asumsi yang dipakai pada pengendalian tak langsung adalah ....
        A.   prestasi dapat diperbaiki melalui per-baikan sistem kompensasinya
B.   prestasi dapat diperbaiki melalui per-baikan sistem hukumannya
C.   prestasi dapat diperbaiki melalui per-baikan proses manajemennya
D.     prestasi dapat diperbaiki melalui pengem-bangan manusianya

34.   Pengendalian memerlukan struktur organisasi yang jelas, sebab ....
A.   perencanaan diperlukan sebagai basis pengendalian
B.   proses perbandingan hasil yang dicapai dengan rencana semula akan lebih mu-dah
C.   penyimpangan yang terjadi akan cepat diketahui
D.   tanggung jawab terhadap penyimpangan dapat diketaui
PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   35   SAMPAI   60,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
35.   Ketidakfleksibelan lingkungan internal meru-pakan hambatan perencanaan yang berupa ....
1)   keengganan merubah perilaku
2)   kekakuan investasi modal
3)   keterbatasan waktu

36.   Pendekatan sistem terhadap MBO/MBS me-miliki ciri-ciri antara lain ....
1)   berorientasi jangka pendek demi produk-tivitas
2)   pengembangan manajemen sangat diper-hatikan
3)   berorientasi jangka panjang melalui pe-rencanaan strategik

37.   Selain menunjukkan arah tujuan jangka pan-jang organisasi dan cara pencapaiannya, strategi mencerminkan ....
1)   cara pengalokasian sumberdaya organi-sasi
2)   cara pengisian tenaga kerja organisasi
3)   teknik pemaduan kesempatan dan anca-man lingkungan dengan kekuatan dan kelemahan organisasi

38.   Pemilihan “stability strategy” didorong oleh alasan-alasan ....
1)   rasa puas terhadap prestasi organisasi saat ini
2)   kebutuhan prestasi manajernya sangat tinggi
3)   adanya risiko yang rendah atas suatu tindakan yang merupakan kelanjutan ma-sa lalu

39.   Kegiatan implementasi dalam proses peren-canaan strategis hal-hal yang dilakukan orga-nisasi adalah ....
1)   pengembangan rencana jangka mene-ngah dan pendek
2)   pengembangan struktur dan iklim organi-sasi
3)   pengembangan dan evaluasi alternatif strategi

40.   Kekuasaan legitimasi seseorang dapat diubah dengan jalan ....
1)   merumuskan kembali uraian pekerjaan-nya
2)   mengalihtugaskan
3)   mempromosikannya

41.   Proses analisis jabatan akan menghasilkan ....
1)   deskripsi jabatan
2)   evaluasi jabatan
3)   spesifikasi jabatan

42.   Proses desain struktur organisasi formal antara lain dipengaruhi oleh ....
1)   perilaku manajer dan bawahannya
2)   sifat lingkungan eksternal
3)   teknologi produksi yang dipilih

43.   Yang membedakan struktur organisasi model sumberdaya manusia dengan struktur organi-sasi model tradisional ialah ....
1)   proses pengambilan keputusan
2)   wewenang
3)   peran serta bawahan dalam menentukan operasi organisasi

44.   Evaluasi pembelajaran dalam program training dimaksudkan untuk ....
1)   mengukur tingkat penyerapan konsep dan prinsip-prinsip
2)   mengukur perilaku peserta
3)   mengukur tingkat pemahaman terhadap fakta

45.   Untuk mengetahui kebutuhan tenaga kerja bagi suatu organisasi kita harus ....
1)   mengetahui pola perputaran tenaga kerja
2)   membuat proyeksi kebutuhan tenaga ker-ja
3)   berdasar pada teori motivasi

46.   Manfaat yang diperoleh dari deskripsi dan spesifikasi jabatan adalah ....
1)   pengembangan
2)   evaluasi pekerjaan
3)   penilaian prestasi

47.   Dari deskripsi pekerjaan karyawan bisa men-dapatkan informasi antara lain berupa ....
1)   tugas-tugas yang akan dilaksanakan
2)   jalur karir yang mungkin akan dilewati
3)   identitas pekerjaan

48.   Ciri manusia tipe Y menurut Mc. Gregor anta-ra lain ....
1)   menghidari tanggung jawab
2)   menyukai otonomi
3)   memiliki resiko yang moderat

49.   Kriteria keberhasilan perekrutan tenaga kerja antara lain berupa ....
1)   banyaknya pelamar
2)   banyaknya pelamar yang lulus tes
3)   jumlah penempatan tenaga yang sukses

50.   Ciri-ciri imbalan instrinsik antara lain ....
1)   melekat pada pekerjaan
2)   nilainya tergantung pada individu peneri-ma
3)   tidak berpengaruh pada motivasi kerja

51.   Sistem evaluasi pekerjaan yang dilakukan dengan memerinci pekerjaan ke dalam bebe-rapa faktor adalah ....
1)   “grading”
2)   sistem butir
3)   sistem perbandingan faktor

52.   Tujuan dari kompensasi moneter adalah ....
1)   untuk memotivasi karyawan
2)   untuk menciptakan masa dinas yang pan-jang
3)   untuk menarik karyawan yang cakap ke dalam organisasi

53.   Peningkatan produktivitas dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain ....
1)   meningkatkan keluaran dengan masukan yang tetap
2)   mengurangi masukan dengan tetap mem-pertahankan keluaran
3)   meningkatkan keluaran dengan tingkat yang lebih besar dari penambahan ma-sukan

54.   Menurut model produktivitas dari Sutermeister, produktivitas secara langsung dipengaruhi oleh ....
1)   motivasi
2)   teknologi
3)   prestasi kerja

55.   Menurut formula psikologis produktivitas, peningkatan motivasi kerja dapat dilakukan dengan jalan ....
1)   perbaikan kepribadian
2)   peningkatan keterampilan
3)   pengurangan kepenatan

56.   Kemampuan supervisi dapat ditunjukkan de-ngan ....
1)   kemampuan dalam memperoleh kerja-sama
2)   kemampuan dalam hubungan pribadi
3)   kemampuan dalam popularitas

57.   Pendekatan kepemimpinan yang berorientasi pada situasi dikelompokkan menjadi ....
1)   model kontingensi Fiedler
2)   model normatif
3)   teori jalan tujuan

58.   Tujuan komunikasi ke bawah adalah ....
1)   memberikan umpan balik prestasi karya-wan
2)   memberikan informasi mengapa suatu pekerjaan harus diselesaikan
3)   sisipan upah

59.   Unsur-unsur pokok proses komunikasi antara lain ....
1)   pengirim pesan
2)   saluran komunikasi
3)   penerima pesan

60.   Proses pengendalian meliputi beberapa lang-kah pokok yaitu ....
1)   penetapan standar
2)   pengukuran prestasi kerja
3)   pelaporan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar