Senin, 14 April 2014

Soal Manajemen Sumber Daya Manusia



TUGAS MANDIRI
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
(EKMA4214)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 46  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Permulaan aktivitas Manajemen Sumber Daya Manusia Inggris di abad 18 ditandai dengan terbentuknya ....
A.   serikat pekerja di Inggris
B.   persekutuan-persekutuan dagang di Inggris
C.   departemen personalia dalam perusahaan
D.   penggunaan tenaga kerja dan mesin yang mengakibatkan kondisi kerja berubah

2.   Pergeseran sifat dasar pekerjaan dari jabatan-jabatan manufaktur ke arah jabatan-jabatan jasa merupakan ciri perkembangan MSDM pada tahun ....  
A.   1920 – an
B.   1960 – an
C.   1980 – an
D.   2000 – an
     
3.   Pendekatan sistem dalam pengelolaan sumber daya manusia haruslah terintegrasi dengan ....
A.   visi organisasi
B.   misi organisasi
C.   tujuan organisasi
D.   kepentingan organisasi

4.   Model yang lebih menekankan pencapaian tujuan dari masing-masing subfungsi pada suatu organisasi, merupakan ciri dari model ....
A.   manajemen personalia tradisional
B.   manajemen sumber daya modern
C.   sistem manajemen sumber daya
D.   manajemen sumber daya manusia strategis

5.   Suatu cara untuk mencapai tujuan individu maupun organisasi melalui kebijaksanaan, praktik dan sistem pengelolaan sumber daya manusia,yang efektif merupakan pengertian dari ....
A.   aktivitas manajemen sumber daya manusia
B.   fungsi manajemen sumber daya manusia
C.   sistem manajemen sumber daya manusia
D.   pengertian manajemen sumber daya manusia

6.   Perusahaan baru saja menambah unit kerja pada departemen produksi, untuk itu dibutuhkan staf baru agar dapat memenuhi target produksi perusahaan. Pernyataan tersebut termasuk dalam fungsi MSDM dalam hal ....
A.   perencanaan sumber daya manusia
B.   penyeleksian sumber daya manusia
C.   perekrutan sumber daya manusia
D.   pengembangan sumber daya manusia

7.   Salah satu aktivitas utama dalam perekrutan dan penyeleksian karyawan adalah ...
A.   mendesain sistem penerimaan karyawan
B.   orientasi dan pelatihan karyawan
C.   menyeleksi dan mengangkat sumber daya manusia untuk mengisi suatu jabatan
D.   memeriksa daftar riwayat hidup karyawan

8.   Pada organisasi kelompok menengah, fungsi manajemen sumber daya manusia dilaksana-kan oleh ....
A.   direktur sumber daya manusia
B.   departemen personalia
C.   pemilik perusahaan
D.   bagian sumber daya manusia yang masih bersifat umum

9.   Bantuan yang dapat diberikan oleh departemen sumber daya manusia jika ada karyawan perusahaan yang sering terlambat masuk kantor adalah memberikan ....
A.   advis atau nasehat
B.   hukuman
C.   pelayanan khusus
D.   penilaian kinerja

10.   Adanya penomena baru di Jepang bahwa lima dari enam angkatan kerja baru diwarnai oleh angkatan kerja wanita. Contoh tersebut merupakan tantangan manajemen sumber daya manusia dalam hal ....
A.   keberagaman budaya
B.   keberagaman angkatan kerja
C.   perubahan teknologi
D.   perubahan organisasi secara struktural


11.   Suatu kerangka yang dapat membantu manajer memusatkan perhatiannya pada faktor-faktor yang relevan terhadap persoalan yang sedang dihadapi oleh perusahaan, SDM disebut ....
A.   diagnosis MSDM
B.   analisis MSDM
C.   sistematika MSDM
D.   kerangka MSDM

12.   Akhir-akhir ini tingkat kecelakaan kerja pada suatu organisasi cenderung naik, untuk meng-investigasi permasalahan tersebut maka pimpinan organisasi menggunakan suatu ....
A.   metode kerja
B.   model diagnosis
C.   kerangka diagnosis
D.   model

13.   Salah satu contoh dari kekuatan internal perusahaan yang dapat mempengaruhi jalannya kegiatan operasional perusahaan adalah ....
A.   kepemimpinan
B.   peraturan pemerintah
C.   serikat pekerja
D.   hukum dan politik

14.   Dasar hukum dan etika perlu diberikan kepada ekspatriat bila bertugas di suatu negara, hal tersebut berguna untuk ....
A.   mengetahui hukum yang berlaku
B.   pembuatan perjanjian dagang
C.   mengetahui peraturan kewarganegaraan
D.   pembuatan peraturan baru

15.   Aktivitas MSDM yagn menghasilkan informasi berupa deskripsi dan spesifikasi jabatan yagn berguna bagi perencanaan sumber daya manusia perusahaan adalah ....
A.   jabatan
B.   analisis jabatan
C.   level jabatan
D.   posisi jabatan

16.   Menurut Bernardin dan Russell, langkah awal yang harus dilakukan perusahaan dalam menganalisis suatu jabatan adalah ....
A.   menguji organisasi secara keseluruhan
B.   memilih jabatan untuk dianalisis
C.   menentukan tugas, aktivitas, perilaku atau kewajiban suatu jabatan
D.   menyiapkan deskripsi jabatan

17.   Menurut Dessler, salah satu informasi yang terdapat di dalam identifikasi jabatan berisi adalah ....
A.   status jabatan
B.   kondisi kerja
C.   spesifikasi jabatan
D.   ringkasan jabatan

18.   Uraian tentang kualifikasi kemampuan, keahlian serta pengalaman sumber daya manusia yang diperlukan untuk mendukung tugas, kewajiban dan tanggung jawab disebut ....
A.   identifikasi jabatan
B.   deskripsi jabatan
C.   desain pekerjaan
D.   spesifikasi jabatan

19.   Proses mengatur pekerjaan, tugas dan tanggung jawab individu atau kelompok untuk mencapai tujuan organisasi, merupakan pengertian dari ....
A.   desain pekerjaan
B.   analisis pekerjaan
C.   spesifikasi pekerjaan
D.   deskripsi pekerjaan

20.   Jika suatu perusahaan ingin mendapatkan karyawan sesuai dengan jumlah dan kriteria karyawan yang dibutuhkan, sebaiknya perusahaan tersebut melakukan ....
A.   perencanaan kerja yang matang
B.   perekrutkan sumber daya manusia
C.   perencanaan sumber daya manusia
D.   pengevaluasian sumber daya manusia

21.  
                   Probabilitas transisi pegawai
Bank
2002
kehilang-
an
Dapat memper-tahankan pegawai
Probabilitas daya tahan
I
200
40
160
…..
II
500
40
460
…..
III
400
40
360
…..
        
        Dari tabel tersebut berapakah probabilitas daya tahan untuk masing-masing bank?
A.   I = 1,33       II = 1,11         III = 1,17
B.   I = 0,2         II = 0,08         III = 0,1
C.   I = 0,26       II = 0,08         III = 0,1
D.   I = 0,80       II = 0,92         III = 0,90

22.   Jika suatu perusahaan membutuhkan 40 orang karyawan baru tahun depan, dimana diketahui bahwa rasio antara penawaran yang dibuat perusahaan dengan karyawan baru yang diangkat adalah 2:1. Rasio calon karyawan yang diwawancarai dengan penawaran yang dibuat adalah 3:2, dan rasio antara calon karyawan yang diundang untuk wawancara dengan calon karyawan yang ternyata di wawancarai adalah 4:3, maka jumlah calon karyawan yang diwawancarai adalah ....
A.   80
B.   120
C.   160
D.   200

23.   Media yang paling tepat digunakan oleh perusahaan baru yang belum terkenal untuk merekrut karyawan adalah melalui ....
A.   surat kabar
B.   agen tenaga kerja
C.   acara khusus untuk perekrutan
D.   pencari eksekutif

24.   Salah satu keuntungan dari penempatan tenaga kerja temporer sebagai alternatif perekrutan adalah ....
A.   memberikan pendapatan tambahan bagi karyawan
B.   perusahaan tidak perlu terlibat dalam aktivitas MSDM
C.   memberikan bantuan penyediaan tenaga kerja
D.   murah dan mudah dalam mengakses ke sumber tenaga kerja yang berpengalaman

25.   Diketahui nilai (rating) rata-rata kinerja jabatan dari karyawan yang baru diangkat 80, persentase karyawan baru yang dipromosikan dalam 1 tahun sebesar 40%, persentase karyawan baru yang bertahan setelah 1 tahun sebesar 70%, dan jumlah indikator yang dipakai sebanyak 3, maka besarnya nilai kualitas pengangkatan adalah ....
A.   60%
B.   62%
C.   63%
D.   63,3%

26.   Urutan proses seleksi yang umum digunakan, yaitu ....
A.   pemeriksaan fomulir, tes kesehatan, testing dan wawancara
B.   penyaringan pendahuluan, pemeriksaan surat lamaran, testing, pemeriksaan referensi, wawancara, tes kesehatan
C.   pemeriksaan formulir, memeriksa kesehatan, testing, dan wawancara
D.   penyaringan pendahuluan, meriksa surat lamaran, testing dan wawancara

27.   Jika Toni dinilai 60 dalam suatu tes penempatan pada hari Senin, kemudian dites lagi pada hari Selasa dan mendapat nilai 70, dan pada tes hari ketiga dia mendapat nilai 75, maka hasil tes tersebut dikatakan ....
A.   reliabel
B.   tidak reliabel
C.   valid
D.   tidak valid

28.   Wawancara terstruktur mempunyai beberapa kelebihan diantaranya adalah ....
A.   lebih fleksibel
B.   lebih reliabel dan valid
C.   memiliki objektivitas yang tinggi
D.   tidak memiliki pola pertanyaan

29.   Suatu tipe wawancara dimana pelamar diwawancarai oleh beberapa orang secara berurutan sebelum keputusan seleksi di buat, disebut wawancara ....
A.   sekuensial terstruktur
B.   tipe situasional
C.   panel
D.   stres

30.   Proses yang dapat mengubah perilaku karyawan secara sistematis dengan tujuan untuk mencapai sasaran organisasi, merupakan definisi dari pelatihan organisasi yang dikemukakan oleh ....
A.   Dessler
B.   Byar dan Rue
C.   Noe dkk
D.   Ivancevich

31.   Sebelum menjadi awak pesawat, calon pramugari diberikan pelatihan dan simulasi yang diselenggarakan oleh perusahaan. Bentuk pelatihan tersebut dinamakan ....
A.   magang
B.   On the-job training
C.   Vestibule
D.   Off the-job training

32.   Suatu usaha guna meningkatkan kinerja manajerial dengan cara memberikan pengetahuan, mengubah sikap serta meningkatkan keahlian anggota organisasi merupakan pengertian dari ....
A.   pengembangan manajemen
B.   perubahan organisasi
C.   pengembangan organisasional
D.   pendekatan manajemen

33.   Metode pengembangan manajemen yang memberikan pengalaman luas kepada setiap karyawan untuk mengetahui bagian-bagian yang berada di dalam organisasi, dinamakan metode ....
A.   pelatihan dalam kelas
B.   coaching
C.   pengalaman
D.   rotasi pekerjaan/jabatan

34.   Pendekatan pengembangan manajemen dan organisasional yang berisi tentang identifikasi masalah-masalah interaksi yang dihadapi oleh seorang manajer adalah pendekatan ....
A.   role playing
B.   behavior modeling
C.   rotasi jabatan
D.   pelatihan kelas

35.   Produktivitas adalah suatu rasio keluaran terhadap masukan, Yang termasuk unsur masukan dalam produktisitas adalah ....
A.   pendapatan
B.   penjualan
C.   pangsa pasar
D.   biaya buruh

36.   Untuk meningkatkan produktivitas pada pekerja non manajemen dibutuhkan suatu strategi motivasi, yaitu dengan melakukan ....
A.   modifikasi perilaku
B.   perancangan sasaran
C.   motivasi melalui upah
D.   pendesainan ulang pekerjaan

37.   Ada beberapa definisi tentang penilaian kinerja, Definisi yang menyatakan bahwa penilaian kinerja sebagai suatu usaha untuk mengevaluasi kinerja karyawan pada saat ini dan masa lalu yang dikaitkan dengan standar kinerja, dikemukakan oleh ....
A.   Noe, dkk
B.   Fisher, dkk
C.   Dessler
D.   Ivancevich

38.   Jika suatu organisasi akan melakukan penilaian kinerja secara formal terhadap karyawannya dibutuhkan suatu langkah penilaian, Langkah awal dari penilaian tersebut adalah ....
A.   mengumpulkan data kinerja
B.   mengadakan kebijakan evaluasi
C.   melakukan analisis jabatan
D.   memiliki penilai yang jujur

39.   Teknik pengunaan kinerja dengan cara merangking kinerja karyawan dari yang tertinggi sampai yang terendah, termasuk ke dalam pendekatan ....
A.   komparatif
B.   atribut
C.   berdasarkan sasaran
D.   keperilakuan
     
40.   Seorang karyawan yang berpenampilan memakai kaca mata minus tebal, dianggap sebagai, Karyawan yang pintar dan berkinerja tinggi. Kesalahan dalam penilaian tersebut dinamakan ....
A.   bias
B.   efek halo
C.   prejudis
D.   preferensi personal

41.   Interes, kemampuan, nilai dan lingkungan kerja sering kali dapat mengubah karier seseorang, Hal tersebut diistilahkan sebagai ....
A.   pengembangan karier
B.   career plateau
C.   protean career
D.   jalur karier

42.   Bernardin dan Russel membagi komponen sistem pengembangan karier ke dalam empat kegiatan, salah satunya adalah ....
A.   program pekerjaan awal
B.   program bersifat pengembangan
C.   program bersifat organisasional
D.   konseling individual

43.   Taraf dimana seorang karyawan tidak lagi dapat dipromosikan ke jenjang karier yang lebih tinggi dinamakan ....
A.   protean career
B.   career plateau
C.   dual-career couples
D.   jalur karir

44.   Untuk meningkatkan kinerja karyawan yang mulai merosot, perusahaan perlu melakukan tindakan ....
A.   pemberian hukuman
B.   pemberian sangsi kepada karyawan
C.   pemberian teguran kepada bawahan
D.   penerapan disiplin organisasional

45.   Ada beberapa pola disiplin yang dapat diterapkan kepada karyawan perusahaan. Pola disiplin yang menerapkan hukuman dengan memperhitungkan  kesalahan masa lalu disebut ....
A.   hot stove rule
B.   inovatif
C.   progresif
D.   positif
46.   Langkah awal yang dapat dilakukan oleh seorang karyawan perusahaan jika mengalami ketidakpuasan sebaiknya adalah ....
A.   menemui supervisor
B.   mengadakan pertemuan dengan pihak manajemen
C.   menyerahkan masalah kepada arbitrator
D.   mengadukan ketidakpuasan kepada aparat hukum

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   47   SAMPAI   60   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
47.   Menurut I vancevich, ada beberapa pendekatan yang dapat dilakukan dalam masalah daripada negara yaitu ....
1)   peraturan lampu menyala
2)   disiplin positif
3)   disiplin progresif

48.   Hofstade berpendapat bahwa budaya terdiri dari empat dimensi yang dapat mempengaruhi efektivitas kebijaksanaan manajemen sumber daya manusia, yaitu dimensi ....
1)   power distance
2)   individualisme/kolektifisme
3)   sifat kejantanan

49.   Dalam manajemen sumber daya manusia global, perusahaan yang mengacu pada “konsep sesuai” adalah perusahaan yang ....
1)   memahami konteks budaya dimana perusahaan beroperasi
2)   membuat kebijakan yang sama terhadap lingkungan sosial-ekonomi dimana perusahaan beroperasi
3)   mengijinkan interaksi antara kantor pusat dengan kantor cabang

50.   Perkembangan bisnis yang semakin mengglobal akhir-akhir ini menjadikan tugas dan tanggung jawab manajer sumber daya manusia bertambah, Di bawah ini tugas manajer sumber daya manusia dalam memberikan pelayanan kepada ekspatriat yaitu ....
1)   mengirim data-data medis
2)   memberikan advis tentang pajak dan finansial
3)   memberikan pelatihan bahasa

51.   Beberapa konsekwensi dari pederetan disiplin hot stove Rule (peraturan hepormongala) adalah ....
1)   merupakan sistem hukuman
2)   konsistensi
3)   bersifat tidak berat sebelah

52.   Ada beberapa strategi yang dapat digunakan oleh organisasi dalam membangun kapabilitasnya melalui sumber daya manusia, di antaranya adalah dengan ....
1)   refleksibelan
2)   kemampuan adaptasi
3)   kesatuan strategik

53.   Metode kuesioner sering digunakan dalam menganalisis jabatan, karena metode ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan metode lain, kelebihan metode kuisioner tersebut adalah ....
1)   relatif sederhana
2)   lebih murah
3)   sangat efektif untuk mengumpulkan informasi dalam jumlah besar

54.   Management Position Description Questionnaire (MPDQ) merupakan suatu kuesioner terstruktur yang berguna untuk menganalisis jabatan manajerial. Kuesioner tersebut diantaranya berisi tentang ....
1)   tuntutan jabatan
2)   karakteristik posisi jabatan
3)   kekuasaan jabatan

55.   menurut Ivancevich pendekatan desain jabatan yang menekankan pada integrasi sistem mesin-manusia, merupakan pen-dekatan ....
1)   motorik
2)   biologis
3)   mekanistik

56.   Dalam menyeleksi calon karyawan, perusahaan hendaknya memperhatikan lingkungan yang mempengaruhi proses seleksi, diantaranya adalah ....
1)   tuntutan pemerintah
2)   ukuran perusahaan
3)   komposisi angkatan kerja

57.   Untuk mencapai keakuratan prediksi mengenai calon karyawan yang tepat, perusahaan membutuhkan informasi yang ....
1)   sahih
2)   valid
3)   reliabel

58.   Perusahaan yang akan mengadakan orientasi bagi karyawannya hendaklah memperhatikan level orientasi, yaitu level orientasi ....
1)   individual
2)   organisasional
3)   departemen dan pekerjaan

59.   Suatu perusahaan bertujuan untuk meningkatkan kinerja organisasional melalui intervensi dan pelatihan, hal ini dapat di artikan bahwa perusahaan tersebut sedang melakukan ....
1)   pengembangan organisasional
2)   perluasan organisasi
3)   pengembangan manajemen

60.   Menurut Fisher, untuk meningkatkan produktivitas ada tiga tahap implementasi yang dapat digunakan, antara lain ....
1)   mendiagnosis sebab-sebab rendahnya produktivitas
2)   mengembangkan strategi untuk mening-katkan produktivitas
3)   menentukan mekanisme meningkatkan produktivitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar