TUGAS MANDIRI
PENGANTAR KOMUNIKASI PEMBANGUNAN
(IKOM4330)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 23, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Pada mulanya, langkah konkrit peng-khususan
atau spesialisasi mengenai penerapan teori-teori komunikasi dalam pembangunan
diprakarsai oleh ....
A. pemerintah
B. para ahli komunikasi
C. jurnalis
D. penyiar radio
2. Dalam rangka mengkomunikasikan masalah
pembangunan, para pelopor jurnalisme pembangunan di Asia berkeyakinan bahwa
para jurnalis harus memahami terlebih dahulu masalah ....
A. ekonomi
B. sosial
C. pendidikan
D. politik
3. Berbicara soal pembangunan, baik daerah
maupun yang bersifat nasional, tahapan yang paling utama bermula dari ....
A. perencanaan
B. penilaian
C. pembiayaan
D. pembahasan
4. Menurut Boulding (1966), model-model
pembangunan yang bersifat mekanistis akan mempertimbangkan perbandingan antara
....
A. modal dengan peralatan yang dipakai
B. modal dengan keterampilan manusia
C. modal dengan pendapatan
D. pendapatan dengan investasi
5. Dalam usaha memerangi kemiskinan, George C.
Marshall (1947) mencanangkan suatu program berencana yang dikenal dengan
sebutan Marshall Plan. Inti dari gagasan Marshall tersebut adalah ....
A. membantu atau memberi tunjangan hidup bagi
rakyat miskin di Amerika Serikat
B. memberikan kesempatan belajar kepada warga
negara yang berasal dari negara berkembang
C. mengusulkan jalan damai untuk mengatasi
konflik antarnegara
D. membantu perekonomian negara lain, terutama
negara sekutunya di Eropa yang menderita akibat Perang Dunia II
6. Pandangan Streeten (1979) tentang strategi
baru bagi masa depan pem-bangunan menegaskan bahwa pen-dekatan kebutuhan dasar
untuk mayo-ritas kaum miskin dilakukan melalui peningkatan ....
A. Gross National Product
B. Industrialisasi
C. pelayanan sosial
D. produktivitas
7. Menurut Mowlana, pembangunan sebagai suatu
konsep untuk pertama kali telah diperkenalkan oleh ....
A. Inayatullah
B. Ibnu Khaldun
C. Rogers
D. Shoemaker
8. Beberapa pendapat yang dikemukakan para
teorisi dependensi adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. negara-negara maju berhasil membangun dirinya
berkat hasil jajakan terhadap negara-negara dunia ketiga
B. produktivitas tenaga kerja lokal sangat
penting bagi pembangunan nasional
C. tatanan ekonomi internasional yang ada hanya
menguntungkan negara-negara maju
D. dunia ketiga dapat membangun jika memutuskan
keterkaitannya dengan sistem dunia
9. Hubungan
atau kontak dengan negara- negara industri
akan sangat membantu proses pembangunan
di negara Dunia ketiga.
Pernyataan ini dikemukakan oleh para teorisi ....
A. teori modernisasi
B. teori dependensi
C. teori behavioral
D. teori organisasi
10. Pendekatan yang menyatakan bahwa ukuran
kemajuan pembangunan yang sebenarnya adalah sejauh mana kebutuhan-kebutuhan
rakyat yang paling mendasar dapat dipenuhi secara langsung dan segera, disebut
dengan pendekatan kebutuhan ....
A. pokok
B. primer
C. utama
D. mendesak
11. Teori dari Lerner yang mengupas tentang hubungan komunikasi dan
pembangunan mengemukakan bahwa modernisasi suatu bangsa dimulai dari terjadinya
....
A. urbanisasi
B. melek huruf
C. transmigrasi
D. industrialisasi
12. Teori Lerner yang mengupas tentang hubungan komunikasi dan
pembangunan mengemukakan konsep modernisasi yang digambarkan sebagai berikut
....












13. Yang membahas komunikasi sebagai suatu pra-sarana atau infra
structure dalam proses pembangunan dan sebagai suatu pra kondisi untuk
pertumbuhan ekonomi adalah mereka yang termasuk kelompok ....
A. ekonom klasik dan neo klasik
B. non ekonomi dan para peneliti
C. para peneliti dan ekonom neo klasik
D. ekonom klasik dan para peneliti
14. Seorang ahli yang menganggap bahwa pendekatan I terhadap
komunikasi dan pembangunan adalah merupakan suatu usaha serius pertama yang
mengkonseptualisasikan peranan komunikasi dalam pembangunan adalah ....
A. Daniel Lerner
B. Wilbur Schramm
C. Dissayanake
D. Shannon
15. Menurut Aristoteles yang merupakan unsur tertinggi dalam proses
komunikasi adalah ....
A. tujuan
B. pesan
C. penerima
D. komunikator
16. Fungsi yang didukung oleh aktivitas berupa menegakkan atau
memperkuat saluran informasi dan prosedur agar kebutuhan ataupun keinginan
khalayak diketahui oleh para pembuat keputusan adalah ....
A. akses ke informasi yang berguna
B. distribusi manfaat
C. partisipasi dalam operasi dan pemeliharaan
D. partisipasi dalam perencanaan
17. Munculnya pemahaman bahwa komunikasi merupakan suatu proses yang
interaktif, terjadi setelah adanya tulisan ....
A. Lerner dan Schramm
B. Lasswell dan Shanon
C. Berlo dan Barnlund
D. Dissayanake dan Rostow
18. Peranan agen perubahan yang menetapkan dimensi tindakan di mana
prioritas ditegakkan dan ditetapkan, juga rencana dan pelaksanaan serta
evaluasi dilakukan menurut urutan yang teratur, agar alternatif yang telah
dipilih dapat membawa hasil yang diharapkan, disebut dengan peranan ....
A. the can be
B. the ought
C. the shall be
D. the will be
19. Seorang agen perubahan diharapkan dapat mendinamiskan perubahan di
suatu tempat menjadi lebih cepat geraknya. Kemampuan yang diharapkan tersebut
adalah merupakan peranan agen perubahan sebagai ....
A. problem solving
B. linker
C. katalisator
D. pembantu proses perubahan
20. Seorang agen perubahan dalam melaksanakan tugasnya selalu
melibatkan klien dalam setiap tahapan kegiatan, maksudnya adalah untuk membina
proses partisipasi dari komunikasi tersebut sehingga dapat diperoleh ....
A. umpan muka
B. umpan balik
C. masukan
D. kritikan
21. Seorang agen perubahan pada saat permulaan dituntut untuk dapat
menjadi pendengar yang baik, dengan menunjukkan perhatian dan meminta
penjelasan dari masyarakat. Hal tersebut merupakan salah satu syarat untuk
menjadi seorang agen pembaharuan. Sikap yang demikian itu disebut sikap yang ....
A. asertif
B. responsif
C. apatis
D. persuasif
22. Menurut O’Gorman, inti peranan dari agen perubahan dalam proses
pembangunan masyarakat adalah melakukan identifikasi dan pemanfaatan dari
sumber, kepemimpinan dan organisasi. Peranan inti agen perubahan tersebut
disebut ....
A. the can be
B. the ought
C. the shall be
D. the leader
23. Pada model awal pembangunan, kegiatan ditekankan kepada perlunya ....
A. membangun sumber daya manusia (SDM)
B. membentuk modal untuk keperluan investasi dan biaya pembangunan
C. memperluas lahan dan pabrik-pabrik
D. membangun sarana untuk pendidikan
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 24 SAMPAI
31, PILIHLAH:
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA
MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH!
24. Kelompok sasaran dari kegiatan penyampaian “gagasan pembangunan”
adalah masyarakat awam,
sebab
penyampaian
“gagasan pembangunan” tidak ditujukan kepada kelompok elit atau
birokrat.
25. Konsep pembangunan sebagai proses belajar menekankan bahwa
pembangunan dianggap sebagai proses perolehan pengetahuan, informasi dan
keterampilan baru,
sebab
menurut
ekonomi Adam Smith, bahwa proses belajar merupakan kunci sukses bagi
pembangunan.
26. Ukuran kemajuan pembangunan adalah sejauh mana kebutuhan dasar
rakyat dapat dipenuhi secara langsung dan segera,
sebab
kebutuhan
dasar harus mencakup syarat-syarat minimum bagi konsumsi pribadi suatu
keluarga.
27. Menurut Mc Clelland, kebutuhan untuk mencapai sesuatu (need for
achievement) merupakan motivasi terpenting bagi tercapainya kemajuan suatu
bangsa,
sebab
tercapainya
kemajuan juga sangat dipengaruhi antara lain oleh rasa percaya diri dan
orientasi ke depan dari anggota masyarakat.
28. Lembaga-lembaga pemodernan mencip-takan manusia modern,
sebab
lembaga-lembaga
modern merupakan persyaratan dan pendukung pembangunan suatu bangsa.
29. Informasi tentang pembangunan perlu disebar luaskan kepada seluruh
anggota masyarakat,
sebab
pembangunan
nasional membutuhkan partisipasi aktif seluruh anggota masyarakat.
30. Peningkatan di bidang kesehatan terjadi setelah adanya inovasi di
bidang keluarga berencana,
sebab
keluarga
berencana menjelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan
alat-alat kontrasepsi, perawatan kehamilan dan imunisasi.
31. Agen-agen perubahan menurut Rogers dan Shoemaker, berfungsi
sebagai mata rantai komunikasi antar dua (atau lebih) sistem sosial,
sebab
agen-agen
perubahan menghubungkan antara suatu sistem sosial yang mempelopori perubahan
dengan sistem sosial yang menjadi klien dalam usaha perubahan.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 32
SAMPAI 45, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
32. Menurut Samsudin, penyuluhan adalah suatu usaha pendidikan non
formal yang dimaksudkan untuk mengajak orang sadar dan mau melaksanakan ide-ide
baru. Pengertian itu mengandung unsur penting seperti ....
1) pendidikan
2) ide-ide baru
3) pengaturan
33. Berbagai kajian yang membahas masalah komunikasi dalam kaitannya
dengan pembangunan telah dilakukan oleh para ahli, walaupun mereka mempunyai
topik yang berbeda namun inti yang dibicarakan adalah sama. Topik yang biasa di
pakai dalam membahas masalah komunikasi di atas adalah komunikasi dan ....
1) partisipasi masyarakat
2) pembangunan
3) perubahan sosial
34. Cakupan komunikasi pembangunan dalam arti yang luas meliputi ....
1) peran komunikasi di antara pihak-pihak yang terlibat dalam usaha
pembangunan
2) cara dan teknik penyampaian gagasan pembangunan
3) fungsi komunikasi di antara semua pihak yang terlibat dalam usaha
pembangunan
35. Melalui kegiatan pengembangan masyarakat (community development)
diharapkan bahwa, dalam kehidupannya, masyarakat dapat bertindak secara ....
1) pasif
2) aktif
3) dinamis
36. United Nations Development Programme (UNDP) pada tahun 1990
menerbitkan laporan pembangunan manusia yang difokuskan pada tiga elemen
penting, diantaranya ....
1) jumlah keluarga
2) panjang umur
3) pengetahuan
37. Menurut para pemikir, pada masa awal pembangunan yang menjadi
persoalan kunci adalah pertanyaan tentang siapa yang akan mengendalikan
pemba-ngunan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut muncul teori-teori sebagai
berikut teori ....
1) ketergantungan
2) keterbelakangan
3) timbal balik
38. Pengukuran pembangunan manusia difokuskan pada beberapa unsur
penting, yaitu ....
1) panjang umur
2) pengetahuan
3) standar hidup yang pantas
39. Berikut ini adalah kelemahan-kelemahan dari teori dependensi ....
1) mengabaikan produktivitas tenaga kerja sebagai titik sentral dalam
pembangunan ekonomi nasional
2) cenderung menyalahkan masalah pusat dan modal internasional
sebagai penyebab kemiskinan dan keterbelakangan, daripada masalah pembentukan
kelas-kelas lokal
3) dinilai bersifat dinamis, artinya mampu untuk menjelaskan
perubahan ekonomi di negara-negara terbelakang
40. Agar komunikasi pembangunan lebih berhasil mencapai sasarannya,
serta dapat menghindarkan kemungkinan-kemungkinan efek yang tidak diinginkan
harus mencakup prinsip-prinsip antara lain ....
1) penggunaan pesan yang dirancang khusus untuk khalayak yang
spesifik
2) pendekatan ceiling effect
3) melokalisasi penyampaian pesan bagi kepentingan khalayak
41. Teori Mc Clelland dalam konsep pembangunan menekankan pentingnya
memotivasi seseorang untuk maju. Untuk itu ia mengemukakan tiga cara dalam
mengembangkan jalan menuju kemode-renan dan memotivasi seseorang, diantaranya
....
1) pentingnya pengaruh pendidikan luar negeri
2) adanya emansipasi wanita
3) pentingnya menciptakan opini publik
42. Teori modernisasi Lerner pada prinsipnya mengatakan bahwa
modernisasi suatu bangsa dimulai dari terjadinya urbanisasi, yang akhirnya
sampai meningkatkan partisipasi politik masyarakat. Teori Lerner ini tercermin
dalam empat prinsip yang saling berkaitan, antara lain ....
1) urbanisasi
2) penggunaan media massa
3) illiteracy
43. Komunikasi penunjang pembangunan mempunyai kemampuan untuk
membantu mengubah pengetahuan, sikap dan perilaku khalayak yang dituju. Untuk
itu tugas komunikasi penunjang pembangunan dikelompokkan dalam beberapa
sub-fungsi, antara lain ....
1) penilaian
2) produksi bahan dan media
3) perencanaan
44. Dalam melihat pembangunan, Dissayanake (1981) menggambarkan bahwa
pembangunan adalah sebagai ....
1) proses perubahan sosial yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup
masyarakat tanpa merusak lingkungan dan kultur masyarakat
2) proses yang berusaha untuk melibatkan sebanyak mungkin anggota masyarakat
untuk menjadikan mereka penentu bagi tujuan mereka sendiri
3) suatu proses yang menekankan kebutuhan ekonomi sebagai tujuan
utama
45. Tujuan dari difusi inovasi antara lain adalah untuk meningkatkan
....
1) taraf kesehatan masyarakat
2) taraf pendidikan masyarakat
3) taraf pendapatan masyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar