TUGAS MANDIRI
ADMINISTRASI PENYULUHAN PERTANIAN
(LUHT4343)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 39 PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Istilah administrasi menurut voliski adalah
....
A. manajemen dari operasi atau salah satu fungsi
manajemen untuk merencanakan, melaksanakan mengorganisasi, dan mengawasi fungsi
manajemen yang lain
B. segala kegiatan yang berkaitan dengan
ketatausahaan
C. proses perencanaan, pengorganisasian,
pengendalian penilaian, dan pengawasan suatu usaha
D. keseluruhan proses kerja sama antara dua orang
manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk tujuan yang
ditentukan sebelumnya
2. Penyuluhan merupakan keterlibatan seseorang
untuk melakukan komunikasi informasi secara sadar dengan tujuan membantu
sesamanya memberikan pendapat sehingga bisa membuat keputusan yang benar,
adalah pengertian penyuluhan menurut ....
A. Voliski
B. Totok Mardikanto
C. Sugandha
D. Van den Ban dan Hawkins
3. Kegiatan perencanaan yang merencanakan proses
administratif yang sistematis dari fungsi BPP adalah ....
A. pengambilan data
B. pengolahan data
C. pengesahan program
D. proses penyusunan program
4. Administrasi penyuluhan memerlukan peralatan
dan perlengkapan yang memadai dan tidak ditentukan oleh ....
A. jumlah orang yang terlibat dalam proses
administrasi
B. sifat tujuan yang hendak dicapai
C. ruang lingkup dan aneka ragamnya tugas yang
hendak dijalankan
D. sifat peralatan dan perlengkapan yang perlu
diciptakan
5. Dari kerangka konsepsional administrasi
sebagai total sistem, administrasi menempati lingkaran ....
A. terdalam
B. terluar
C. no. 4
D. no. 5
6. Upaya-upaya yang tidak diperlukan
berkaitan dengan administrasi personalia adalah sebagai berikut ....
A. adanya kebijakan personalia yang berupa
pemberian pelayanan kepada penyuluh
B. sentralisasi
C. acuan yang jelas tentang promosi yang
subjektif
D. setiap staf penyuluhan harus diberi
kesempatan dalam proses pengambilan keputusan
7. Manakah di antara unsur-unsur administrasi
sebagai suatu total sistem berikut ini yang bukan bagian dari sistem
tersebut ....
A. manusia
B. human
relation
C. decision
making
D. keuangan
8. Hal-hal berikut ini merupakan alasan
dikembangkannya kegiatan penyuluhan melalui kelompok tani, kecuali ....
A. kelompok tani dapat bertindak sebagai media
kelas belajar
B. adopsi suatu inovasi berjalan lambat
C. untuk mengatasi berbatasan sumber daya di
suatu wilayah
D. pelayanan lebih banyak melalui proses
kunjungan kelompok
9. Yang dimaksud kelompok tani berperan sebagai
kelas belajar adalah ....
A. anggota kelompok merupakan unit belajar dalam
penyuluhan suatu inovasi
B. sarana, alat bantu, agar mempermudah
penjelasan
C. melibatkan semua anggota kelompok dalam
latihan
D. media penyuluhan bagi semua kegiatan
penyuluhan
10. Yang bukan fungsi kelompok KTNA adalah
....
A. mudah masyarakat petani nelayan
B. mitra pemerintah dalam pembangunan pertanian
C. membuat kebijakan untuk pemerintah
D. menyampaikan aspirasi petani nelayan kepada pemerintah
11. Forum konsultasi antara petani nelayan dengan pemerintah untuk
menyepakati ber-bagai hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan pertanian,
merupakan pengertian dari ....
A. mimbar sarasehan
B. rembug kelompok KTNA
C. kelompok pendengar, pembuat, dan pemirsa (klompencapir)
D. forum bantuan hukum
12. Hal-hal di bawah ini merupakan perubahan lingkungan strategis yang
sering menguatirkan petani, kecuali ....
A. era globalisasi
B. perubahan sistem pemerintah
C. otonomi daerah
D. perubahan kekuatan politik
13. Peran utama dari BPP adalah ....
A. menyusun RKPP
B. menyusun rencana program penyuluhan pertanian
C. mengatasi rencana kegiatan penyuluhan pertanian untuk dijabarkan oleh
penyuluh
D. menyusun program penyuluhan pertanian
14. Kelembagaan penyuluhan pertanian yang langsung melayani proses
belajar mengajar dan penyebaran informasi kepada petani adalah ....
A. BIPP
B. KIPP
C. BPP
D. KPP
15. Merupakan peran utama penyuluh, kecuali ....
A. pencairan diri dengan masyarakat tani yang dilayani
B. memantapkan hubungan dengan masyarakat
C. pencairan diri pada kondisi lahan pertanian
D. menggerakkan masyarakat untuk melakukan perubahan
16. Bersama tokoh masyarakat merancang dan memantapkan upaya-upaya
perubahan dengan tahapan yang jelas dan terarah, termasuk peran penyuluh pada
tahapan ....
A. menggerakkan masyarakat melakukan perubahan
B. memantapkan hubungan dengan masyarakat sasaran
C. mengembangkan kebutuhan untuk melakukan perubahan
D. menggerakkan masyarakat melakukan perluasan
17. Termasuk peran penyuluh pada tahap menggerakkan masyarakat untuk
melakukan perubahan ....
A. menjalin hubungan yang akrab dengan petani
B. terus menerus menjalin kerjasama dengan tokoh masyarakat
C. terus menerus memberikan sumbangan terhadap perubahan yang
profesional
D. mendiagnosis masalah, kebutuhan, dan minat petani di mana ia
bertugas
18. Penyuluh memilih alternatif perubahan yang paling tepat baik dari kelayakan
teknis, ekonomi dan sosial, hal ini merupakan peran penyuluh sebagai ....
A. guru
B. penganalisis
C. penasehat
D. organisator
19. Termasuk dalam faktor pengikat pada kelompok tani nelayan, kecuali
adanya ....
A. kepemimpinan kelompok
B. kepentingan bersama sesama anggota
C. perbedaan dalam status sosial
D. kesamaan dalam kondisi sumber daya alam dalam berusaha tani
nelayan
20. Kontak tani yang tidak lagi aktif memimpin kelompok, dapat
berperan sebagai ....
A. pemuda tani – nelayan
B. penentu pendapat
C. penyuluh
D. penyuluh sukarela
21. Tugas menyusun rencana kerja Balai Penyuluhan Pertanian (BPP)
dilaksanakan oleh ....
A. penyuluh pertanian lapangan
B. petugas penyuluhan urusan programa
C. penyuluh pertanian spesialis
D. penyuluh sukarela
22. Merupakan tugas tambahan dari Penyuluhan Pertanian Lapangan adalah
....
A. meningkatkan swakarya dan kemandirian petani
B. membantu petani dalam memecahkan masalah usahatani
C. membantu PPS dalam pembuatan demplot, kerjawidia dan penulisan
ilmiah
D. meningkatkan keterampilan petani dalam agribisnis
23. Merupakan kegiatan yang bisa dilakukan oleh Penyuluh Pertanian
Spesialis, kecuali ....
A. melatih penyuluh pertanian lapangan
B. mengajar pada kursus tani, magang dan sekolah lapangan
C. membantu menyiapkan petunjuk atau informasi pertanian
D. membantu menyiapkan bahan ajar pada sekolah pertanian
24. Termasuk dalam strategi menjadikan petani – nelayan sebagai pelaksana
pembangunan pertanian adalah ....
A. menunjukkan kelas belajar bagi kelompoknya
B. pengembangan metodologi
C. penemuan mitra kerja
D. aktif menyebarkan informasi pada anggotanya
25. Berikut adalah sikap keteladanan yang harus dimiliki oleh Penyuluh
Pertanian Lapangan, kecuali ....
A. bersedia membantu masyarakat dan petani
B. dapat membantu menangani konflik
C. dapat memelihara disiplin diri sendiri
D. tidak usaha belajar dari pengalaman petani
26. Melakukan pengujian, survei, dan evaluasi, merupakan salah satu
tugas dari ....
A. PPL
B. PPS
C. BPP
D. BPS
27. Pernyataan tertulis dari kelompok tani yang bersangkutan dengan
kegiatan usaha tani yang akan dilaksanakan selama satu tahun disebut dengan
....
A. rencana usaha kelompok
B. rencana definitif kelompok
C. pelaksanaan usaha kelompok
D. pelaksanaan definitif kelompok
28. Tumbuhnya perilaku berencana dan kemandirian petani melalui
kesempatan belajar untuk merencanakan usaha kelompok, merupakan salah satu
tujuan dari ....
A. rencana definitif kelompok
B. rencana usaha kelompok
C. program BPP
D. program PPL
29. Termasuk dalam garis besar penyusunan RUK, kecuali ....
A. sasaran tabungan kelompok tani
B. rencana kebutuhan sarana produksi, modal, serta alat atau mesin
C. terwujudnya proses perencanaan ditingkat petani
D. masalah yang dihadapi berkaitan dengan usaha tani yang
dikembangkan, baik masalah teknis, ekonomi dan sosial
30. Badan yang wajib mengesahkan RDK dan RDKK adalah ....
A. PPL
B. PPS
C. KUD
D. kepala desa
31. Metode yang digunakan pada Participatory
Rural Appraisal, (PRA) adalah metode ....
A. demokrasi dan desentralisasi
B. baru yang luwes, visual, berorientasi kelompok dan metode
perbandingan
C. pemberdayaan, pendekatan antropologi
D. analisis agrokosistem dan pengkajian sistem usaha tani
32. Termasuk manfaat PRA dalam penyuluhan pertanian pada tahap proses
identifikasi adalah untuk ....
A. menggali lebih mendalam permasalahan atau isu penting dalam
masyarakat
B. menyusun prioritas kegiatan pembangunan
C. mengidentifkasi kegiatan yang spesifik dan pelaku yang sesuai
D. memonitor dan menilai kegiatan penyuluhan
33. Merupakan data yang termasuk dalam PRA, kecuali ....
A. pola atau sistem usaha tani masyarakat
B. potensi yang dimiliki desa
C. alokasi waktu kegiatan harian masyarakat
D. prioritas kegiatan pembangunan
34. Berguna untuk mengidentifikasi kegiatan yang spesifik dan pelaku
yang sesuai, merupakan manfaat PRA dalam penyuluhan pertanian pada fase ....
A. proses identifikasi
B. perencanaan
C. pelaksanaan
D. penelitian
35. Salah satu langkah yang dilakukan pada tahap persiapan penyusunan
PRA desa, adalah ....
A. alokasi waktu atau bagan kegiatan harian
B. perumusan visi, potensi dan kendala
C. peninjauan ke lapangan
D. pengumpulan informasi
36. Penyusunan hasil PRA dilakukan pada tahap ....
A. persiapan
B. pelaksanaan
C. pelaporan
D. penilaian
37. Merupakan unsur-unsur yang terdapat dalam programa penyuluhan, kecuali
....
A. memadukan aspirasi petani – nelayan dan masyarakat pertanian
B. potensi wilayah dan pembangunan pertanian
C. memadukan komunikasi
D. tertulis dan disusun setiap tahun
38. Hasil
analisis yang dilakukan oleh BPP, diserahkan langsung pada ... agar
ditindaklanjuti dengan penyusunan RUK.
A. penyuluh pertanian
B. kelompok tani
C. penyuluh spesial
D. masyarakat luas
39. Salah satu fungsi dari subsitusi penyuluhan yaitu ....
A. mengumpulkan dan menganalisis umpan balik dari petani
B. melakukan identifikasi informasi yang dibutuhkan BPP
C. mengembangkan organisasi petani menjadi organisasi politik
D. menganalisis umpan balik dari pemerintah
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 40
SAMPAI 45 PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
40. Penyuluhan pertanian mencakup ....
1) sasaran yang hendak dicapai
2) pemberdayaan sumber daya manusia petani
3) tujuan yang jelas
41. Kendala yang sering dijumpai dalam kegiatan pelaporan dan evaluasi
adalah ....
1) kalender kerja RKPP
2) program penyuluhan
3) laporan hasil kegiatan
42. Hubungan fungsional antara kelompok tani dengan PPL terlihat pada
....
1) penyampaian kebijakan pembangunan pertanian oleh PPL
2) penyampaian inovasi oleh PPL dan umpan balik dari anggota kelompok
tani
3) pemecahan masalah yang dihadapi kelompok tani
43. Batasan kelompok tani adalah ....
1) kelompok petani yang terikat secara informal atau dasar keserasian
dan kebutuhan bersama
2) di dalam lingkungan pengurus dan pimpinan seorang kontak tani
3) jumlahnya dibatasi minimal 2 orang
44. Kelompok tani dapat berperan sebagai ....
1) kelas belajar
2) wadah kerjasama
3) alat komunikasi
45. Aktivitas anggota kelompok tani antara lain membuat ....
1) RDK dan RDKK
2) administrasi pembukuan keuangan
3) rencana usaha kelompok
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus