Selasa, 20 Mei 2014

Soal Administrasi Penyuluhan Pertanian



TUGAS MANDIRI
ADMINISTRASI PENYULUHAN PERTANIAN
(LUHT4343)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 39  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Istilah administrasi menurut voliski adalah ....
A.   manajemen dari operasi atau salah satu fungsi manajemen untuk merencanakan, melaksanakan mengorganisasi, dan mengawasi fungsi manajemen yang lain
B.   segala kegiatan yang berkaitan dengan ketatausahaan
C.   proses perencanaan, pengorganisasian, pengendalian penilaian, dan pengawasan suatu usaha
D.   keseluruhan proses kerja sama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk tujuan yang ditentukan sebelumnya

2.   Penyuluhan merupakan keterlibatan seseorang untuk melakukan komunikasi informasi secara sadar dengan tujuan membantu sesamanya memberikan pendapat sehingga bisa membuat keputusan yang benar, adalah pengertian penyuluhan menurut ....          
A.   Voliski
B.   Totok Mardikanto
C.   Sugandha
D.   Van den Ban dan Hawkins
     
3.   Kegiatan perencanaan yang merencanakan proses administratif yang sistematis dari fungsi BPP adalah ....
A.   pengambilan data
B.   pengolahan data
C.   pengesahan program
D.   proses penyusunan program

4.   Administrasi penyuluhan memerlukan peralatan dan perlengkapan yang memadai dan tidak ditentukan oleh ....
A.   jumlah orang yang terlibat dalam proses administrasi
B.   sifat tujuan yang hendak dicapai
C.   ruang lingkup dan aneka ragamnya tugas yang hendak dijalankan
D.   sifat peralatan dan perlengkapan yang perlu diciptakan

5.   Dari kerangka konsepsional administrasi sebagai total sistem, administrasi menempati lingkaran ....
A.   terdalam
B.   terluar
C.   no. 4
D.   no. 5

6.   Upaya-upaya yang tidak diperlukan berkaitan dengan administrasi personalia adalah sebagai berikut ....
A.   adanya kebijakan personalia yang berupa pemberian pelayanan kepada penyuluh
B.   sentralisasi
C.   acuan yang jelas tentang promosi yang subjektif
D.   setiap staf penyuluhan harus diberi kesempatan dalam proses pengambilan keputusan

7.   Manakah di antara unsur-unsur administrasi sebagai suatu total sistem berikut ini yang bukan bagian dari sistem tersebut ....
A.   manusia
B.   human relation
C.   decision making
D.   keuangan

8.   Hal-hal berikut ini merupakan alasan dikembangkannya kegiatan penyuluhan melalui kelompok tani, kecuali ....
A.   kelompok tani dapat bertindak sebagai media kelas belajar
B.   adopsi suatu inovasi berjalan lambat
C.   untuk mengatasi berbatasan sumber daya di suatu wilayah
D.   pelayanan lebih banyak melalui proses kunjungan kelompok

9.   Yang dimaksud kelompok tani berperan sebagai kelas belajar adalah ....
A.   anggota kelompok merupakan unit belajar dalam penyuluhan suatu inovasi
B.   sarana, alat bantu, agar mempermudah penjelasan
C.   melibatkan semua anggota kelompok dalam latihan
D.   media penyuluhan bagi semua kegiatan penyuluhan


10.   Yang bukan fungsi kelompok KTNA adalah ....
A.   mudah masyarakat petani nelayan
B.   mitra pemerintah dalam pembangunan pertanian
C.   membuat kebijakan untuk pemerintah
D.   menyampaikan aspirasi petani nelayan kepada pemerintah

11.   Forum konsultasi antara petani nelayan dengan pemerintah untuk menyepakati ber-bagai hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan pertanian, merupakan pengertian dari ....
A.   mimbar sarasehan
B.   rembug kelompok KTNA
C.   kelompok pendengar, pembuat, dan pemirsa (klompencapir)
D.   forum bantuan hukum

12.   Hal-hal di bawah ini merupakan perubahan lingkungan strategis yang sering menguatirkan petani, kecuali ....
A.   era globalisasi
B.   perubahan sistem pemerintah
C.   otonomi daerah
D.   perubahan kekuatan politik

13.   Peran utama dari BPP adalah ....
A.   menyusun RKPP
B.   menyusun rencana program penyuluhan pertanian
C.   mengatasi rencana kegiatan penyuluhan pertanian untuk dijabarkan oleh penyuluh
D.   menyusun program penyuluhan pertanian

14.   Kelembagaan penyuluhan pertanian yang langsung melayani proses belajar mengajar dan penyebaran informasi kepada petani adalah ....
A.   BIPP
B.   KIPP
C.   BPP
D.   KPP

15.   Merupakan peran utama penyuluh, kecuali ....
A.   pencairan diri dengan masyarakat tani yang dilayani
B.   memantapkan hubungan dengan masyarakat
C.   pencairan diri pada kondisi lahan pertanian
D.   menggerakkan masyarakat untuk melakukan perubahan

16.   Bersama tokoh masyarakat merancang dan memantapkan upaya-upaya perubahan dengan tahapan yang jelas dan terarah, termasuk peran penyuluh pada tahapan ....
A.   menggerakkan masyarakat melakukan perubahan
B.   memantapkan hubungan dengan masyarakat sasaran
C.   mengembangkan kebutuhan untuk melakukan perubahan
D.   menggerakkan masyarakat melakukan perluasan

17.   Termasuk peran penyuluh pada tahap menggerakkan masyarakat untuk melakukan perubahan ....
A.   menjalin hubungan yang akrab dengan petani
B.   terus menerus menjalin kerjasama dengan tokoh masyarakat
C.   terus menerus memberikan sumbangan terhadap perubahan yang profesional
D.   mendiagnosis masalah, kebutuhan, dan minat petani di mana ia bertugas

18.   Penyuluh memilih alternatif perubahan yang paling tepat baik dari kelayakan teknis, ekonomi dan sosial, hal ini merupakan peran penyuluh sebagai ....
A.   guru
B.   penganalisis
C.   penasehat
D.   organisator

19.   Termasuk dalam faktor pengikat pada kelompok tani nelayan, kecuali adanya ....
A.   kepemimpinan kelompok
B.   kepentingan bersama sesama anggota
C.   perbedaan dalam status sosial
D.   kesamaan dalam kondisi sumber daya alam dalam berusaha tani nelayan

20.   Kontak tani yang tidak lagi aktif memimpin kelompok, dapat berperan sebagai ....
A.   pemuda tani – nelayan
B.   penentu pendapat
C.   penyuluh
D.   penyuluh sukarela

21.   Tugas menyusun rencana kerja Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dilaksanakan oleh ....
A.   penyuluh pertanian lapangan
B.   petugas penyuluhan urusan programa
C.   penyuluh pertanian spesialis
D.   penyuluh sukarela

22.   Merupakan tugas tambahan dari Penyuluhan Pertanian Lapangan adalah ....
A.   meningkatkan swakarya dan kemandirian petani
B.   membantu petani dalam memecahkan masalah usahatani
C.   membantu PPS dalam pembuatan demplot, kerjawidia dan penulisan ilmiah
D.   meningkatkan keterampilan petani dalam agribisnis

23.   Merupakan kegiatan yang bisa dilakukan oleh Penyuluh Pertanian Spesialis, kecuali ....
A.   melatih penyuluh pertanian lapangan
B.   mengajar pada kursus tani, magang dan sekolah lapangan
C.   membantu menyiapkan petunjuk atau informasi pertanian
D.   membantu menyiapkan bahan ajar pada sekolah pertanian

24.   Termasuk dalam strategi menjadikan petani – nelayan sebagai pelaksana pembangunan pertanian adalah ....
A.   menunjukkan kelas belajar bagi kelompoknya
B.   pengembangan metodologi
C.   penemuan mitra kerja
D.   aktif menyebarkan informasi pada anggotanya

25.   Berikut adalah sikap keteladanan yang harus dimiliki oleh Penyuluh Pertanian Lapangan, kecuali ....
A.   bersedia membantu masyarakat dan petani
B.   dapat membantu menangani konflik
C.   dapat memelihara disiplin diri sendiri
D.   tidak usaha belajar dari pengalaman petani

26.   Melakukan pengujian, survei, dan evaluasi, merupakan salah satu tugas dari ....
A.   PPL
B.   PPS
C.   BPP
D.   BPS

27.   Pernyataan tertulis dari kelompok tani yang bersangkutan dengan kegiatan usaha tani yang akan dilaksanakan selama satu tahun disebut dengan ....
A.   rencana usaha kelompok
B.   rencana definitif kelompok
C.   pelaksanaan usaha kelompok
D.   pelaksanaan definitif kelompok

28.   Tumbuhnya perilaku berencana dan kemandirian petani melalui kesempatan belajar untuk merencanakan usaha kelompok, merupakan salah satu tujuan dari ....
A.   rencana definitif kelompok
B.   rencana usaha kelompok
C.   program BPP
D.   program PPL

29.   Termasuk dalam garis besar penyusunan RUK, kecuali ....
A.   sasaran tabungan kelompok tani
B.   rencana kebutuhan sarana produksi, modal, serta alat atau mesin
C.   terwujudnya proses perencanaan ditingkat petani
D.   masalah yang dihadapi berkaitan dengan usaha tani yang dikembangkan, baik masalah teknis, ekonomi dan sosial

30.   Badan yang wajib mengesahkan RDK dan RDKK adalah ....
A.   PPL
B.   PPS
C.   KUD
D.   kepala desa

31.   Metode yang digunakan pada Participatory Rural Appraisal, (PRA) adalah metode ....
A.   demokrasi dan desentralisasi
B.   baru yang luwes, visual, berorientasi kelompok dan metode perbandingan
C.   pemberdayaan, pendekatan antropologi
D.   analisis agrokosistem dan pengkajian sistem usaha tani

32.   Termasuk manfaat PRA dalam penyuluhan pertanian pada tahap proses identifikasi adalah untuk ....
A.   menggali lebih mendalam permasalahan atau isu penting dalam masyarakat
B.   menyusun prioritas kegiatan pembangunan
C.   mengidentifkasi kegiatan yang spesifik dan pelaku yang sesuai
D.   memonitor dan menilai kegiatan penyuluhan

33.   Merupakan data yang termasuk dalam PRA, kecuali ....
A.   pola atau sistem usaha tani masyarakat
B.   potensi yang dimiliki desa
C.   alokasi waktu kegiatan harian masyarakat
D.   prioritas kegiatan pembangunan

34.   Berguna untuk mengidentifikasi kegiatan yang spesifik dan pelaku yang sesuai, merupakan manfaat PRA dalam penyuluhan pertanian pada fase ....
A.   proses identifikasi
B.   perencanaan
C.   pelaksanaan
D.   penelitian

35.   Salah satu langkah yang dilakukan pada tahap persiapan penyusunan PRA desa, adalah ....
A.   alokasi waktu atau bagan kegiatan harian
B.   perumusan visi, potensi dan kendala
C.   peninjauan ke lapangan
D.   pengumpulan informasi

36.   Penyusunan hasil PRA dilakukan pada tahap ....
A.   persiapan
B.   pelaksanaan
C.   pelaporan
D.   penilaian

37.   Merupakan unsur-unsur yang terdapat dalam programa penyuluhan, kecuali ....
A.   memadukan aspirasi petani – nelayan dan masyarakat pertanian
B.   potensi wilayah dan pembangunan pertanian
C.   memadukan komunikasi
D.   tertulis dan disusun setiap tahun

38.   Hasil analisis yang dilakukan oleh BPP, diserahkan langsung pada ... agar ditindaklanjuti dengan penyusunan RUK.
A.   penyuluh pertanian
B.   kelompok tani
C.   penyuluh spesial
D.   masyarakat luas

39.   Salah satu fungsi dari subsitusi penyuluhan yaitu ....
A.   mengumpulkan dan menganalisis umpan balik dari petani
B.   melakukan identifikasi informasi yang dibutuhkan BPP
C.   mengembangkan organisasi petani menjadi organisasi politik
D.   menganalisis umpan balik dari pemerintah

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   40   SAMPAI   45   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
40.   Penyuluhan pertanian mencakup ....
1)   sasaran yang hendak dicapai
2)   pemberdayaan sumber daya manusia petani
3)   tujuan yang jelas

41.   Kendala yang sering dijumpai dalam kegiatan pelaporan dan evaluasi adalah ....
1)   kalender kerja RKPP
2)   program penyuluhan
3)   laporan hasil kegiatan

42.   Hubungan fungsional antara kelompok tani dengan PPL terlihat pada ....
1)   penyampaian kebijakan pembangunan pertanian oleh PPL
2)   penyampaian inovasi oleh PPL dan umpan balik dari anggota kelompok tani
3)   pemecahan masalah yang dihadapi kelompok tani

43.   Batasan kelompok tani adalah ....
1)   kelompok petani yang terikat secara informal atau dasar keserasian dan kebutuhan bersama
2)   di dalam lingkungan pengurus dan pimpinan seorang kontak tani
3)   jumlahnya dibatasi minimal 2 orang

44.   Kelompok tani dapat berperan sebagai ....
1)   kelas belajar
2)   wadah kerjasama
3)   alat komunikasi

45.   Aktivitas anggota kelompok tani antara lain membuat ....
1)   RDK dan RDKK
2)   administrasi pembukuan keuangan
3)         rencana usaha kelompok

1 komentar: