Rabu, 21 Mei 2014

Soal Kewirausahaan



TUGAS MANDIRI
KEWIRAUSAHAAN
(LUHT4354)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 26,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Ilmu kewirausahaan adalah ilmu yang mempelajari tentang ....  
A.   nilai dan kemampuan serta perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup
B.   perolehan peluang dari setiap langkah yang diambil
C.   berbagai risiko yang mungkin dihadapi
D.   perilaku seseorang untuk memperoleh peluang dengan berbagai risiko yang mungkin dihadapi

2.   Kewirausahaan adalah suatu kemampuan dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar dan penggerak dalam menghadapi tantangan hidup.
      Definisi di atas merupakan pendapat ....
A.   Sys dalam Wijandi (1988)
B.   Longenecker, dkk (2001)
C.   Suryana (2001)
D.   Say dalam Osborne & Gaebler (1992)
     
3.   Para pelopor atau penggerak kewirausahaan yang berasal dari luar usaha wirausaha di kelompokkan ke dalam ....
A.   Innovative Entreperneur
B.   Catalist Entreperneur
C.   Administrative Entreperneur
D.   Comunited Entreperneur

4.   Berikut ini merupakan unsur-unsur inovasi organisasi, kecuali ....
A.   eksperimentasi awal
B.   aplikasi final
C.   penentuan kelayakan
D.   komponen material baru

5.   Unsur inovasi organisasi yang berkaitan dengan keuntungan potensial seperti pasar atau aplikasi potensial adalah ....
A.   eksperimentasi awal
B.   aplikasi final
C.   penentuan kelayakan
D.   penciptaan gagasan

6.   Kreativitas sebagai salah satu faktor penentu dalam keberhasilan seorang wirausahawan mempunyai tahapan sebagai berikut ....
A.   formulasi gagasan – fiksasi – penyusunan rencana -  tindakan nyata
B.   penyusunan rencana - fiksasi – formulasi gagasan – tindakan nyata
C.   fiksasi – penyusunan rencana – formulasi gagasan – tindakan nyata
D.   fiksasi – formulasi gagasan – penyusunan rencana – tindakan nyata

7.   Yang dimaksud kepemimpinan menurut pendapat Kadarsan (2001) adalah ....
A.   proses mengarahkan dan mempengaruhi aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan dari anggota kelompok
B.   usaha mempengaruhi orang atau antar perseorangan melalui proses komunikasi untuk mencapai tujuan
C.   usaha dan tanggung jawab seseorang dalam mencapai tujuan
D.   melibatkan distribusi kekuasaan yang rata antar pemimpin dan anggota kelompok

8.   Pemimpin yang perhatiannya terhadap produksi paling besar, sedangkan perhatian terhadap manusia pekerja sangat rendah, tergolong ke dalam gaya kepemimpinan ....
A.   eksekutif
B.   autokrat
C.   penganjur
D.   kompromis

9.   Pendekatan yang digunakan wirausahawan dalam mencari usaha baru dengan cara merespon atau menciptakan suatu kebutuhan di pasar dinamakan ....
A.   inside - out
B.   outside – side in
C.   inside - inside
D.   outside - outside


10.  Tugas franchisee yang bertindak sebagai perusahaan yang diberi lisensi antara lain adalah ....
A.   menginvestasikan secara minimum sejumlah dana tertentu pada perusahaan
B.   menyediakan sejumlah pelatihan manajemen
C.   memberikan bantuan modal bagi perusahaan
D.   memberi persediaan dan material standar lainnya bagi perusahaan

11.   Yang disebut usaha kecil menurut Biro Pusat Statistik (1998) adalah usaha yang dapat ....
A.   menyerap tenaga kerja 10 – 49 orang
B.   menyerap tenaga kerja 5 – 19 orang
C.   memiliki hasil penjualan tahunan maksimal Rp100.000.000,00
D.   memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp1000.000,00

12.   Urutan dari perencanaan produksi dapat digambarkan sebagai berikut ....
A.   penentuan lokasi produksi – proses produksi – penetapan produk
B.   penentuan lokasi produksi – penetapan produk – proses produksi
C.   penetapan produk – proses produksi – penentuan lokasi produksi
D.   proses produksi – penetapan produk – penentuan lokasi produksi

13.   Produk manisan buah merupakan salah satu contoh dari jenis proses produksi ....
A.   peramuan
B.   penguraian
C.   ekstraktif
D.   pengolahan

14.   Yang dimaksud likuiditas adalah ....
A.   tingkat kemampuan perusahaan untuk dapat membayar atau menutupi kewajiban/utang jangka panjang
B.   pengukuran tingkat efisiensi investasi
C.   rasio yang dapat mengukur sejauh mana kemampuan perusahaan dalam menutupi semua utang jangka pendek
D.   kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba

15.   Pemilihan investasi dalam bentuk investasi pada surat berharga/sekuritas termasuk kedalam kelompok motif ....
A.   transaksi
B.   spekulasi


C.   berjaga-jaga
D.   kontinu

16.   Selain pemasaran yang berorientasi pasar pada saat ini berkembang juga konsep pemasaran yang berwawasan ....
A.   teknis
B.   hukum
C.   psikologis
D.   sosial

17.   Pemberian gaji dan upah yang layak merupakan salah satu implementasi managemen sumberdaya manusia dalam aspek ....
A.   perencanaan
B.   penentuan strategi
C.   pengembangan
D.   pemeliharaan

18.   Kegiatan pelatihan yang dilakukan di luar perusahaan dikenal dengan sebutan ....
A.   house training
B.   off the job training
C.   in house training
D.   job training

19.   Pengertian pemasaran menurut Kotler (1997), adalah ....
A.   proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan organisasi
B.   keragaan dari semua usaha yang mencakup kegiatan arus barang dan jasa
C.   proses penentuan visi dan misi perusahaan
D.   proses sosial dan managerial dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain

20.   Kegiatan pengembangan produk, pengembangan jasa dan penetapan harga merupakan tahapan penciptaan nilai yang tergolong ke dalam tahap ....
A.   memilih nilai
B.   menyediakan nilai
C.   mengkomunikasikan nilai
D.   menyeleksi nilai

21.   Sebelum memilih alternatif terbaik, terdapat urutan langkah yang harus dilakukan dalam memecahkan masalah, yaitu ....
A.   mengumpulkan data – analisis data – menentukan masalah – penentuan alternatif
B.   menentukan masalah – analisis data – mengumpulkan data – penentuan alternatif
C.   menentukan masalah – mengumpulkan data – analisis data penentuan alternatif
D.   penentuan alternatif – menentukan masalah – mengumpulkan data – analisis data

22.   Apabila pembuat keputusan dapat mengidentifikasi beberapa skenario masa depan tetapi tidak mengetahui peluangnya, maka pembuat keputusan tersebut dapat dikategorikan dalam ....
A.   keadaan ignoran
B.   keadaan tidak pasti
C.   keadaan risiko
D.   situasi yang tidak homogen

23.   Penentuan jenis, jumlah, kualitas dan layanan produksi termasuk kedalam keputusan ....
A.   produksi
B.   keuangan
C.   investasi
D.   pemasaran

24.   Perbedaan utama antara kejadian berisiko dan kejadian tidak pasti adalah ....
A.   pada kejadian berisiko probabilitas dan hasil akhir diketahui
B.   pada kejadian berisiko probabilitas dan hasil akhir tidak diketahui
C.   pada kejadian tidak pasti probabilitas dan hasil akhir diketahui
D.   pada kejadian tidak pasti probabilitas dan hasil akhir dapat diprediksi

25.   Salah satu bentuk forward contracting dikenal bentuk lindung nilai. Bila dalam lindung nilai ini yang menentukan kontrak adalah pembeli maka kelompok ini dinamakan ....
A.   the selling hedge
B.   hedging
C.   cash hedging
D.   the buying hedge

26.   Etika yang berkaitan dengan perilaku bisnis yang ditunjukkan dengan perilaku penuh kesadaran sosial, dan demokratis dalam mengambil keputusan termasuk kedalam prinsip ....
A.   hormat kepada orang lain
B.   dapat dipertangungjawabkan
C.   kewarganegaraan yang bertanggung jawab
D.   kesetiaan

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR 27  SAMPAI   29,   PILIHLAH:
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!

27.   Seorang wirausahawan yang ingin berhasil harus mampu mengidentifikasi pesaing,
sebab                       
segala hal tentang produk, harga, saluran dan promosi pesaing harus dicermati dengan seksama.

28.   Pengolahan susu perahan yang menghasilkan mentega, keju, es krim dan berbagai produk susu lainnya tergolong kedalam proses produksi terputus-putus,
sebab                       
pengolahan susu perahan menjalani banyak prosedur dan kegiatan yang berbeda dalam menghasilkan produk yang beraneka macam.

29.   segmentasi pasar merupakan suatu falsafah pemasaran yang berorientasi pada konsumen,
sebab                       
pasar bersifat statis dan jenis produk tidak berubah sesuai dengan siklus kehidupan produk tersebut.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   30   SAMPAI   45,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
30.   Seorang wirausahawan yang mempunyai profil dengan ciri-ciri percaya diri yang kuat, biasanya ditunjukkan dengan watak atau karakter berikut ....
1)   tekad kerja keras
2)   optimisme
3)   ketidaktergantungan

31.   Faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi keinovasian seseorang antara lan berbentuk ....
1)   aktivitas
2)   peluang
3)   model peranan

32.   Melakukan penyebaran risiko pada aspek yang paling mungkin merupakan salah satu cara yang diambil dalam rangka ....
1)   risiko pasar persaingan
2)   identifikasi risiko
3)   evaluasi risiko

33.   Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengamati perilaku pasar antara lain meliputi ....
1)   waktu permintaan
2)   waktu penyerahan barang dan jasa
3)   mutu dan jumlajh barang/jasa yang dihasilkan

34.   Langkah-langkah berikut merupakan proses penjaringan ide potensial menjadi produk dari jasa ....
1)   menciptakan produk baru yang tidak berbeda
2)   menaksir biaya awal
3)   mengamati pintu peluang

35.   Dalam menganalisis peluang usaha, diperlukan alat analisis yang cukup komprehensif, diantaranya adalah analisis ....
1)   SWOT
2)   Matriks BCG
3)   Matriks non kompetitif

36.   Dalam proses perintisan usaha atau dalam memasuki dunia usaha ada beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu ....
1)   membeli perusahaan orang lain
2)   kerjasama managemen
3)   merintis usaha baru

37.   Kelemahan usaha kecil yang bersifat struktural dapat dilihat pada kelemahan dalam ....
1)   mengadopsi teknologi
2)   cara memasarkan produk
3)   pengendalian mutu

38.   Yang termasuk ke dalam faktor-faktor penentu skala produksi adalah ....
1)   tersedianya bahan baku
2)   permintaan konsumen
3)   keadaan iklim dan cuaca yang mendukung

39.   Faktor-faktor yang berpengaruh dalam penentuan lokasi produksi antara lain ....
1)   kedekatan dengan pasar
2)   fasilitas dan biaya transportasi
3)   sumber daya lainnya

40.   Kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan seorang wirausahawan dalam pemasaran strategis adalah ....
1)   penetapan pasar sasaran
2)   penempatan produk
3)   penentuan visi perusahaan

41.   Dalam menentukan taktis pemasaran yang tepat seorang wirausahawan harus menguasai penggunaan taktik ....
1)   harga
2)   produk
3)   sosial

42.   Jenis keputusan yang harus diambil oleh seorang wirausahawan antara lain ....
1)   keputusan pemasaran
2)   keputusan legalitas
3)   keputusan produksi

43.   Untuk mengurangi risiko bisnis, terdapat beberapa strategi bisnis yang dapat digunakan diantaranya ....
1)   integrasi
2)   kontrak pemasaran
3)   diversifikasi usaha

44.   Dalam etika bisnis dikenal beberapa prinsip diantaranya ....
1)   prinsip integritas moral
2)   prinsip otonomi
3)   prinsip kepercayaan

45.   Upaya penanggulangan terhadap tantangan yang dihadapi seorang wirausahawan antara lain dengan cara
1)   memilih teknologi sesuai dengan perkembangan zaman
2)   tidak mencari informasi mengenai perkembangan politik
3)   mencermati perkembangan sosial budaya masyarakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar