Rabu, 21 Mei 2014

Soal Programa Dan Evaluasi Penyuluhan Pertanian



TUGAS MANDIRI
PROGRAMA DAN EVALUASI PENYULUHAN PERTANIAN
(LUHT4429)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 45,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1.   Manakah rumusan tujuan berikut ini yang mengacu kepada aspek keterampilan?
A.   agar petani di WKBPP Tanjung dapat menjelaskan cara okulasi durian dengan urutan yang tepat
B.   agar petani di WKBPP Tanjung dapat melakukan okulasi secara benar, 1 buah /15 menit
C.   agar petani di WKBPP Tanjung dapat melakukan okulasi secara benar di usahataninya
D.   agar petani di WKBPP Tanjung dapat melakukan okulasi secara benar untuk diterapkan dilahannya masing-masing

2.   Perumusan konsep programa penyuluhan tingkat BPP dilakukan oleh ....           
A.   tim penyuluh yang ditunjuk
B.   penyuluh dan kepala BPP yang bersangkutan
C.   penyuluh dan kontaktani andalan
D.   petugas BPP dan Kecamatan
     
3.   Kecepatan dalam memecahkan suatu masalah yang timbul, merupakan alat ukur dalam uji prioritas masalah dilihat dari aspek ....
A.   G
B.   M
C.   P
D.   GMP

4.   Wawancara yang dilakukan dalam rangka identifikasi masalah programa adalah termasuk dalam kegiatan ....
A.   pengambilan data masalah
B.   pengolahan data masalah
C.   analisis data masalah
D.   interpretasi data masalah

5.   Tempat dimana kegiatan direncanakan, dalam matriks cara mencapai tujuan hendaknya ditempatkan pada lajur ....
A.   sasaran
B.   lokasi
C.   frekuensi volume
D.   metode

6.   Hal-hal berikut merupakan contoh rumusan masalah, kecuali ....
A.   petani belum memahami cara memupuk tanaman padi
B.   petani belum terampil dalam memupuk padi
C.   petani tidak memupuk padi, karena harga pupuk yang mahal
D.   produksi pupuk belum cukup memenuhi kebutuhan

7.   Istilah keranjang masalah dalam penentuan prioritas masalah programa adalah ....
A.   kumpulan masalah yang dihadapi dalam pengembangan suatu komoditas    
B.   kumpulan masalah yang dianggap penting untuk dipecahkan
C.   kumpulan masalah penting yang segera dipecahkan
D.   uraian masalah yang dianggap penting

8.   Berikut ini merupakan contoh masalah teknis, kecuali ....
A.   petani tidak tahu cara memberantas hama wereng
B.   petani tidak terampil dalam menggunakan pestisida
C.   petani belum mau menggunakan benih unggul baru dilahannya
D.   petani tidak tahu sistem pengadaan pupuk buatan

9.   Identifikasi masalah dalam penyusunan programa penyuluhan pertanian berhubungan erat dengan ....
A.   produktivitas usahatani yang ingin dicapai
B.   rencana komoditas yang dikembangkan
C.   teknologi budidaya yang diterapkan
D.   rumusan tujuan kegiatan

10.   Analisis data potensi wilayah yang dilakukan oleh instansi kabupaten menghasilkan hal-hal penting seperti di bawah ini, kecuali ....
A.   kondisi sosial - ekonomi petani pada umumnya
B.   komoditas unggulan yang diminati petani
C.   pola usahatani yang dilakukan petani setiap musim tanam tiap tahun
D.   kondisi iklim dan tanah setempat

11.   “Penggunaan pupuk Kalium hingga 75%” dalam matriks seharusnya ditempatkan pada lajur ....
A.   sasaran
B.   output kegiatan
C.   masalah
D.   tujuan kegiatan

12.   Dalam lajur pendanaan (biaya), selayaknya diisi dengan ....
A.   jumlah dana yang diperlukan kegiatan dimaksud
B.   ketersediaan dana bagi kegiatan tersebut
C.   jumlah maupun sumber dana yang dibutuhkan
D.   rincian jumlah dana yang harus disediakan

13.   Saat yang dianggap tepat untuk merumuskan konsep programa penyuluhan BPP, sebelum diajukan dalam forum pengesahan adalah ....
A.   awal bulan Januari
B.   awal bulan April
C.   setiap awal tahun anggaran
D.   1 - 2 minggu sebelum pengesahan

14.   Menurut diagram alir penyusunan programa penyuluhan pertanian BPP, Rencana Usaha Kelompok (RUK) seharusnya dilakukan oleh ....
A.   kelompoktani yang ada di wilayah itu
B.   kelompok swadaya yang ada
C.   kelompok KTNA di wilayah itu
D.   kelompok yang ada di wilayah itu

15.   Tindak lanjut dari analisis potensi wilayah yang dilakukan oleh institusi kabupaten adalah ....
A.   penyusupan RUK oleh kelompoktani di wilayah itu
B.   analisis pemasaran komoditas unggulan oleh BPP yang bersangkutan
C.   menyusun konsep programa penyuluhan pertanian
D.   penjabaran hasil analisis oleh penyuluh

16.   Besar-kecilnya kerugian yang dapat ditimbulkan akibat masalah tertentu adalah merupakan alat ukur uji prioritas masalah berdasarkan aspek ....
A.   kegawatan masalah
B.   mendesak masalah
C.   penyebaran masalah
D.   teknis budidaya

17.   Penyelenggaraan penyuluhan pertanian mengarahkan tujuan pada fokus berikut ini, kecuali ....
A.   perilaku usahawan yang rasional
B.   pengelolaan usaha yang efisien dan efektif
C.   kepemimpinan penyuluh yang mandiri
D.   usaha ke arah pelestarian sumber daya alam

18.   Menggali, mengolah aspirasi dan prakarsa masyarakat merupakan upaya ....
A.   pengabdian partisipasi
B.   penumbuhan partisipasi
C.   tanggungjawab masyarakat
D.   penanggulangan resiko partisipatif

19.   Berikut ini merupakan data potensial, kecuali ....
A.   kemampuan produksi padi pada lahan satu hektar adalah 6 ton
B.   kelompoktani mampu menyediakan kredit Rp1.000.000,00/orang/musim
C.   pemberian pupuk masih dapat ditambahkan 5% dari sebelumnya
D.   kepadatan kandang 100 m2 adalah 40 ekor ayam

20.   Programa penyuluhan pertanian ....
A.   secara konseptual telah demokratis
B.   secara konseptual masih bersifat top-down
C.   melibatkan pejabat struktural dalam perumusan masalah
D.   kurang melibatkan masyarakat tani-nelayan

21.   Penyebab masalah adalah ....
A.   tidak tercapainya tujuan
B.   disharmonis antara harapan dan kenyataan
C.   penyimpangan rencana dengan fakta
D.   tiadanya data keadaan

22.   Ciri unsur programa penyuluhan pertanian adalah ....
A.   satu sama lain berkaitan dan ada hubungan sebab akibat
B.   tidak terkait tetapi ada hubungan sebab akibat
C.   berurutan dari keadaan tujuan, masalah, dan cara mencapai tujuan
D.   penyusunannya sesuai dengan kondisi saat itu

23.   Fakta adalah data yang menyatakan ... pada saat itu.
A.   pernyataan tertulis yang akan dituangkan
B.   kondisi optimal dalam suatu wilayah
C.   peluang kegiatan usaha
D.   keadaan nyata atau yang mungkin dapat dicapai

24.   Kondisi penyebab masalah dalam programa penyuluhan pertanian berikut ini benar, kecuali ....
A.   bila ada penyimpangan antara rencana dengan kenyataan
B.   bila ada perbedaan situasi petugas dengan petani
C.   bila ada pesaing usaha dengan yang ada
D.   bila ada orang luar membawa masalah baru kepada sistem sosial yang ada

25.   Urutan data informasi bagi programa penyuluhan pertanian adalah ....
A.   identifikasi potensi wilayah, analisis potensi wilayah, penetapan RUK, program kebijakan pemerintah
B.   analisis potensi wilayah, identifikasi potensi wilayah, penetapan RUK, penetapan faktor penentu
C.   analisis potensi wilayah, penetapan RUK, penetapan faktor penentu, proram kebijakan pemerintah
D.   identifikasi potensi wilayah, analisis potensi wilayah, program kebijakan pemerintah, penetapan faktor penentu

26.   Langkah awal pengesahan programa penyuluhan pertanian adalah ....
A.   mendiskusikan tentang programa penyuluhan pertanian
B.   mengadakan ekspose programa penyuluhan pertanian
C.   mengesahkan programa penyuluhan Pertanian
D.   menyepakati programa penyuluhan pertanian

27.   Identifikasi potensi wilayah mengandung pengertian ....
A.   pengenalan menyeluruh wilayah terhadap aspek yang ingin dikembangkan
B.   pengenalan menyeluruh potensi pengembangan usahatani pada satuan wilayah tertentu
C.   penggalian data peluang akibat masalah yang ada
D.   penggalian wilayah terhadap usahatani yang dikembangkan
28.   Yang dipakai sebagai pembeda keperluan untuk identifikasi potensi wilayah adalah data ....
A.   akurat
B.   katagoris
C.   mutakhir
D.   komprehensif

29.   Agar dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya untuk penyusunan programa penyuluhan pertanian diperlukan data ....
A.   akurat
B.   katagoris
C.   mutakhir
D.   komprehensif

30.   Pernyataan tingkat teknologi petani dapat diperoleh dari data ....
A.   biofisik
B.   sumber daya manusia
C.   kelompoktani
D.   kelembagaan

31.   Konsekuensi bahwa masyarakat perlu memiliki kemampuan mengidentifikasi kondisi mereka sendiri dan lingkungannya dapat diukur dari ....
A.   tingkat dinamika pelakunya
B.   kualitas pengetahuan dari manusianya
C.   keberadaan dalam kelompoktani
D.   karakteristik kemampuan kelas kelompoknya

32.   Gambaran mengenai bagaimana keluargatani mengelola sumberdaya lahannya dapat dicermati dari data ....
A.   perspektif tata ruang
B.   sket lokasi
C.   peta usahatani
D.   sket usahatani

33.   Strata dalam masyarakat diperoleh dari pengolahan dan pengkajian mendalam terhadap aspek perspektif ....
A.   sket lokasi dan transek
B.   sosial dan budaya
C.   kelembagaan dan sumber daya manusia
D.   sumber daya alam

34.   Analisis sistem pertanian memerlukan seperangkat data berikut, kecuali ....
A.   kemiringan lahan
B.   ketinggian tempat
C.   kedalaman gambut
D.   kepemilikan lahan

35.   Perumusan pilihan pola usahatani yang berdampak pada wilayah kerja memerlukan pertimbangan dari ....
A.   aspek sosial
B.   program pembangunan pertanian
C.   aspirasi petani
D.   sistem pertanian

36.   Keputusan akhir penetapan jenis usaha kelompok ditentukan oleh ....
A.   penilaian dari identifikasi pola usaha kelompok
B.   penilaian dari unsur teknis, ekonomis, dan sosial
C.   bobot penilaian akhir dari unsur teknis, ekonomis, dan sosial
D.   kesepakatan dan tanggungjawab bersama dalam pengelolaan usaha kelompok

37.   Dari data pola usahatani dalam satu tahun dapat ditetapkan ....
A.   kondisi tingkat pemanfaatan lahan
B.   produksi dari jenis komoditas
C.   kondisi tingkat pemilikan lahan
D.   kesuburan lahan yang dimanfaatkan

38.   Perumusan ... akan diwujudkan karena kesesuaiannya antara sistem pertanian dan pilihan komoditas.
        A.   pola pemasaran   
B.   potensi wilayah
C.   pola usahatani
D.   produksi usahatani

39.   Luas sawah mendominasi penggunaan potensi wilayah, maka menurut ... telah sesuai dengan rata-rata curah hujan dan karakteristik lahan serta iklimnya.
A.   ekosistem
B.   ekonomi
C.   sistem usahatani
D.   pola usahatani
     
40.   Teknologi tingkat petani masih dapat ditingkatkan jika ditelusuri dari data ... yang ada.
A.   penerapan teknologi komoditas
B.   status pemilikan komoditas
C.   penggunaan sarana produksi komoditas
D.   jumlah penduduk yang mengupaya-kan komoditas

41.   Analisis potensi wilayah memiliki keguanaan sebagai berikut, kecuali ....
A.   forum memadukan aspirasi petani dan program pemerintah
B.   media belajar analitis untuk mencermati potensi wilayah
C.   forum penumbuhan kepedulian terhadap pembangunan pertanian
D.   wadah penumbuhan kelompoktani

42.   Kemampuan mengamati ke depan suatu usahatani komoditas tertentu akan tercermin dari data ....
A.   segmen pasar
B.   sektor pasar
C.   trend pasar
D.   rantai pemasaran

43.   Tersusunnya RUK memberi indikasi bahwa telah ....
A.   tumbuh motivasi memasarkan produknya
B.   bangkit rasa tanggung jawab berkelompok usaha
C.   ada kedinamisan berorganisasi
D.   terjalin komunikasi diantara anggotanya

44.   Ada RUK yang tertulis dan sistematis berarti ....
A.   jumlah kebutuhan produk untuk dipasarkan terjamin
B.   kecukupan saprodi telah dijadwalkan
C.   areal tanam untuk usaha dibatasi
D.   tenaga kerja yang ada tersalurkan

45.   Penentuan pola usaha unggulan yang dikembangkan didasarkan atas pertimbangan ....
A.   satuan skala usaha ekonomis
B.   peluang pasar komoditas
C.   sosial budaya masyarakat
D.   kebiasaan mengelola usahatani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar