TUGAS MANDIRI
MANAJEMEN PELATIHAN
(LUHT4328)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 38, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Pentingnya pelatihan bagi setiap personil
dise-babkan ....
A. tuntutan pekerjaan atau jabatan
B. persaingan yang ketat di dalam peru-sahaan
C. kemajuan teknologi
D. perkembangan ekonomi
2. Definisi manajemen pelatihan yang berbunyi
“Pendidikan dan pelatihan adalah pengalihan pengetahuan dan ketrampilan dari
seseorang kepada orang lain” dikemukakan oleh ....
A. Lembaga Administrasi Negara
B. Moekiyat
C. Robert L. Graigh
D. Edwin B. Flippo
3. Definisi manajemen pelatihan adalah
penge-lolaan pelatihan yang mencakup ....
A. permasalahan, perencanaan, pelaksana-an,
evaluasi
B. perencanaan, pengorganisasian, pelak-sanaan,
evaluasi
C. permasalahan, perencanaan, pelatihan,
evaluasi
D. perencanaan, pengorganisasian, pela-tihan, evaluasi
4. Active
participating, sharing responsibility, need orientation, merupakan model
pelatihan ....
A. ELC
B. Critical
Events
C. Pusdiklat Depdiknas
D. Pendekatan Pembelajaran Integratif
5. Tugas seseorang yang menulis bahan belajar,
kegiatan pembelajaran dan penyampaiannya kepada peserta didik/diklat sehingga
tujuan khusus pembelajaran tercapai dan dapat di-ukur disebut dengan ....
A. pelaksana program
B. pengajar
C. peserta program
D. pengembang program
6. “Kemampuan apa yang harus dikuasai oleh
peserta setelah mereka menyelesaikan suatu diklat” termasuk dalam kategori ....
A. tujuan pembelajaran dan tes
B. rancang bangun pengajaran
C. pengembangan bahan diklat
D. pengembangan program diklat
7. ADUM, SPATI, SPAMEN, SPAMA adalah je-nis
pendidikan dan pelatihan dalam jabatan untuk ....
A. pendidikan dan pelatihan teknis
B. pendidikan dan pelatihan struktural
C. pendidikan dan pelatihan fungsional
D. pendidikan dan pelatihan dalam jabatan
8. Pelatihan dimana proses belajar dari
sese-orang atau beberapa orang dibimbing oleh seorang ahli (profesional) dan
dikombinasikan dengan latihan off-the job
disebut ....
A. on the
job training
B. off the
job training
C. magang
D. pra jabatan
9. Prinsip-prinsip
P4S adalah ....
A. azas swadana, azas Pancasila, azas
de-mokrasi, dan azas keterpaduan
B. azas demokrasi, azas swadaya, azas
pengembangan usaha, dan azas keter-paduan
C. azas Pancasila, azas musyawarah-mufakat, azas
swadaya dan azas keter-paduan
D. azas musyawarah-mufakat, azas swada-na, azas
demokrasi dan azas pengem-bangan usaha
10. Istilah kesenjangan (diskrepansi)
menun-jukkan adanya ....
A. selisih antara sikap, ketrampilan, prestasi yang diminta dengan
sikap, ketrampilan, prestasi yang dimiliki
B. gabungan antara sikap, ketrampilan, pres-tasi yang diminta dengan
sikap, ketram-pilan, prestasi yang dimiliki
C. sikap, ketrampilan, prestasi yang diminta
D. sikap, ketrampilan, prestasi yang dimiliki
11. Dari faktor-faktor lingkungan yang mempe-ngaruhi pekerjaan,
terdapat satu faktor yang berhubungan dengan kebutuhan diadakannya diklat yaitu
....
A. lingkungan fisik
B. faktor motivasi/insentif
C.
tingkat pengetahuan dan ketrampilan di
D.
antara para pelaksana/pegawai
D. desain pekerjaan/organisasi
12. Salah satu cara yang bukan ditujukan untuk mengumpulkan
informasi (data) dalam proses analisis jabatan adalah ....
A. angket
B. surat
C. wawancara
D. pengamatan langsung
13. Pernyataan
yang termasuk dalam “rekomen-dasi pemecahan” dalam format laporan hasil
analisis kebutuhan adalah ....
A. penjelasan tentang pemecahan
B. deskripsi pemecahan secara mendetail
C. perbandingan pemecahan
D. sebab-sebab permasalahan
14. Tahapan analisis untuk menentukan kebu-tuhan latihan biasanya
tergantung pada hal-hal berikut, kecuali ....
A. kompleksitas proyek dan permasalahan-nya
B. banyaknya waktu dan uang yang tersedia
C. banyaknya responden yang diwawancarai untuk pengumpulan data
D. banyaknya data yang dibutuhkan sehing-ga analisis datanya dapat
dipercaya
15. Salah satu cara mengolah data adalah ....
A. membuat diagram batang
B. membuat matriks tabulasi
C. membuat diagram lingkaran
D. membuat tabel silang x dan y
16. Suatu proses pekerjaan yang sistematik yang berusaha mencari dan
menemukan sebab kesenjangan suatu kinerja disebut ....
A. analisis kebutuhan diklat
B. analisis persyaratan diklat
C. prioritas kebutuhan diklat
D. prioritas kebutuhan latihan
17. Suatu kumpulan kegiatan kerja yang menen-tukan keseluruhan lingkup
penugasan dan tanggung jawab kepada seseorang disebut dengan ....
A. latihan
B. tugas
C. keterampilan
D. pekerjaan
18. Jenis keterampilan yang disyaratkan untuk kegiatan yang biasanya
dilaksanakan oleh sekelompok orang tertentu disebut ....
A. ketrampilan dasar
B. ketrampilan umum
C. ketrampilan khusus
D. ketrampilan rutin
19. Sumber penyusunan tujuan kurikulum yang berpusat pada masyarakat
disebut juga de-ngan istilah ....
A. adult-centered
B. a child-centered
C. a learning-centered
D. a community-centered
20. Fungsi kurikulum untuk mengawetkan dan meneruskan kebudayaan
termasuk dalam ....
A. fungsi transmisi
B. fungsi transformasi
C. fungsi pengembangan diri
D. fungsi sosial
21. Pendekatan yang menitikberatkan kepada fungsi sekolah/lembaga
sebagai agen peru-bahan merupakan pendekatan ....
A. teknologi
B. aktivitas diri
C. rasional akademik
D. rekonstruksi sosial
22. Komponen dari kurikulum terdiri dari ....
A. fungsi, pendekatan kurikulum, tujuan, ba-han pelajaran
B. fungsi, tujuan, proses belajar mengajar, penilaian
C. tujuan, bahan pelajaran, proses belajar mengajar, penilaian
D. pendekatan kurikulum, bahan pelajaran, penilaian, proses
belajar-mengajar
23. Kemampuan tertinggi yang diharapkan, diku-asai, didemonstrasikan,
atau ditampilkan oleh peserta latihan, setelah menyelesaikan suatu latihan
disebut ....
A. TIK/TPK
B. TIU/TPU
C. pokok bahasan
D. sub pokok bahasan
24.
Tunjukkan mana dari bagian TIU ini
yang merupakan unsur C = Condition?

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
25. Yang harus diperhatikan oleh penyusun tes dalam membuat TIK adalah
....
A. mengembangkan tes yang dapat mengu-kur perilaku yang spesifik
B. mengembangkan non-tes untuk mengukur perilaku yang umum
C. mengembangkan tes yang dapat mengu-kur perilaku yang umum
D. mengembangkan non-tes untuk mengukur perilaku yang spesifik
26. Di antara pernyataan berikut ini mana yang tidak
menunjukkan perilaku yang spesifik ....
A. menyebutkan unsur-unsur manajemen
B. menjelaskan penyajian data
C. menghitung laju inflasi Indonesia
D. memahami arti keuangan
27. Di dalam kegiatan evaluasi yang termasuk aspek penguasaan materi
adalah ....
A. prakarsa
B. kepemimpinan
C. seminar kertas kerja perorangan
D. kerjasama
28. Metode pelatihan yang efektif dalam menyam-paikan fakta-fakta yang
abstrak dimana terjadi pertukaran ide, pikiran, pengalaman, penda-pat, dan
perasaan untuk mencapai suatu pe-mikiran bersama adalah ....
A. metode ceramah
B. metode diskusi
C. metode studi kasus
D. role playing
29. Pernyataan
di bawah ini yang bukan meru-pakan unsur/aspek evaluasi terhadap
pela-tihan adalah ....
A. penggunaan metode dan sarana diklat
B. efektifitas penyelenggara
C. penguasaan materi
D. sistematika penyajian
30. Pengertian rancang bangun program diklat adalah suatu proses ....
A. perencanaan yang menggambarkan siste-matika suatu program
B. mendapatkan informasi tentang suatu ja-batan untuk penyusunan
standar-standar
C. perencanaan untuk kegiatan komponen pelatihan yang merupakan suatu
kesatuan yang bulat dari suatu program
D. pekerjaan yang sistematik yang berusaha mencari dan menemukan
sebab-sebab kesenjangan suatu kinerja
31. Model rancang bangun yang menggunakan komponen antara lain
variabel bebas, variabel antara dan variabel terikat adalah ....
A. model rancang bangun Udai Pareek dan Roy Lyton
B. model rancang bangun Horace Reed
C. model rancang bangun Critical Events
D. model rancang bangun Francis Ulschak
32. Keunikan dari pendekatan rancang bangun kegiatan pelatihan dari Critical Event Model adalah ....
A. merupakan keterampilan (set) bagian-bagian yang saling berhubungan
satu dengan lainnya
B. merupakan sistem yang dirancang dengan menerapkan sistem ilmiah
dan mana-jemen
C. merupakan suatu pelatihan yang dibagi dalam beberapa tahapan dan
setiap tahapan selalu melalui tahap evaluasi dan umpan balik
D. merupakan suatu sistem yang menggu-nakan pendekatan analisis
organisasi dan memperhatikan ciri-ciri sistem sebagai titik tolak analisisnya
33. Perubahan penampilan atau tingkah laku dari peserta latihan
sebagai hasil dari proses be-lajar disebut dengan ....
A. prinsip penetapan tujuan belajar
B. alasan-alasan perlunya tujuan belajar
C. tujuan belajar
D. rumusan TIK
34. Dalam perumusan tujuan belajar, “penetapan syarat minimal dari
tingkat pencapaian penampilan yang diharapkan dari peserta”, termasuk dalam
komponen ....
A. tingkah laku
B. pengetahuan
C. kriteria
D. kondisi
35. Jenjang pengetahuan, pemahaman, pene-rapan, analisis, sintesis,
evaluasi termasuk da-lam ....
A. range psikomotorik
B. range kognitif
C. range afektif
D. range behavior
36. Salah satu tahapan dari siklus belajar penga-laman yaitu ....
A. tujuan belajar yang hendak dicapai ber-hubungan erat dengan metode
latihan yang digunakan
B. suasana belajar yang kondusif
C. hasil analisis dan penemuan-penemuan baru kemudian dikembangkan
menjadi prinsip atau pelajaran baru
D. kemampuan pelatih dalam menguasai metode tersebut
37. Persiapan di bawah ini yang bukan persiapan edukatif ialah ....
A. mempersiapkan pelatihan sesuai jadwal yang dibuat
B. menentukan pelatih/widyaiswara
C. mempersiapkan satuan acara perkuliahan (SAP), elemen ketrampilan,
lembar penu-gasan
D. menyusun panduan belajar/latihan, prak-tek, kuliah, pertemuan
38. Metode
yang cocok digunakan agar peserta terampil melakukan sesuatu adalah ....
A. bermain
pesan
B. magang
C. ceramah
D. studi kasus
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 39
SAMPAI 45, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
39. Beberapa manfaat pendidikan dan pelatihan bagi individu antara
lain ....
1) menambah pengetahuan di bidang tugas-nya
2) manambah wawasan tentang perkem-bangan organisasi baik secara
internal maupun eksternal
3) meningkatkan kemampuan berkomunikasi bagi sesama
40. Keuntungan menggunakan model dalam suatu pelatihan adalah ....
1) menyusun pola dan program latihan menurut model tertentu, dan
mengaitkan aspek perilaku manusia dan interaksinya
2) mengintegrasikan apa yang diketahui melalui riset dan observasi
dengan realita
3) menghasilkan program yang bermutu sesuai dengan kebutuhan peserta
dan organisasinya, serta menetapkan strategi diklat
41. Kualifikasi tenaga pengajar/pelatih/fasilitator dari suatu kursus
tani adalah ....
1) menguasai ilmu yang akan diajarkan
2) memiliki pengalaman mengajar/melatih
3) profesional dalam bidangnya
42. Informasi yang dibutuhkan untuk melaksana-kan kegiatan analisis
kebutuhan diklat adalah ....
1) deskripsi pekerjaan yang akurat
2) rekomendasi solusi yang cocok
3) definisi tentang persyaratan kinerja dalam arti pengetahuan,
ketrampilan dan sikap
43. Elemen-elemen pokok dari sistem penilaian prestasi kerja adalah
....
1) kriteria yang berhubungan dengan pelak-sanaan kerja
2) umpan balik
3) ukuran-ukuran prestasi kerja
44. Manfaat yang dapat dipetik dari seringnya peserta berlatih adalah
....
1) peserta yang mempunyai kemampuan lebih baik diberi kesempatan melewati
urutan yang tidak perlu baginya
2) pelatih dapat melihat kemampuan peser-ta, apakah sudah sesuai
dengan TIK
3) buku yang menjadi bahan pelajaran dan metode penyampaiannya dapat
segera disesuaikan untuk memperbaiki hasil yang ingin dicapai
45. Beberapa kualifikasi petugas yang diperlukan dalam masa pelatihan
antara lain ....
1) pendamping perkuliahan
2) nara sumber
3) pendamping ceramah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar