Minggu, 18 Mei 2014

Soal Manajemen Pelatihan



TUGAS MANDIRI
MANAJEMEN PELATIHAN
(LUHT4328)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 38,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Pentingnya pelatihan bagi setiap personil dise-babkan ....         
A.   tuntutan pekerjaan atau jabatan
B.   persaingan yang ketat di dalam peru-sahaan
C.   kemajuan teknologi
D.   perkembangan ekonomi

2.   Definisi manajemen pelatihan yang berbunyi “Pendidikan dan pelatihan adalah pengalihan pengetahuan dan ketrampilan dari seseorang kepada orang lain” dikemukakan oleh ....
A.   Lembaga Administrasi Negara
B.   Moekiyat
C.   Robert L. Graigh
D.   Edwin B. Flippo
     
3.   Definisi manajemen pelatihan adalah penge-lolaan pelatihan yang mencakup ....
A.   permasalahan, perencanaan, pelaksana-an, evaluasi
B.   perencanaan, pengorganisasian, pelak-sanaan, evaluasi
C.   permasalahan, perencanaan, pelatihan, evaluasi
D.   perencanaan, pengorganisasian, pela-tihan, evaluasi

4.   Active participating, sharing responsibility, need orientation, merupakan model pelatihan ....
A.   ELC
B.   Critical Events
C.   Pusdiklat Depdiknas
D.   Pendekatan Pembelajaran Integratif

5.   Tugas seseorang yang menulis bahan belajar, kegiatan pembelajaran dan penyampaiannya kepada peserta didik/diklat sehingga tujuan khusus pembelajaran tercapai dan dapat di-ukur disebut dengan ....
A.   pelaksana program
B.   pengajar
C.   peserta program
D.   pengembang program


6.   “Kemampuan apa yang harus dikuasai oleh peserta setelah mereka menyelesaikan suatu diklat” termasuk dalam kategori ....
A.   tujuan pembelajaran dan tes
B.   rancang bangun pengajaran
C.   pengembangan bahan diklat
D.   pengembangan program diklat

7.   ADUM, SPATI, SPAMEN, SPAMA adalah je-nis pendidikan dan pelatihan dalam jabatan untuk ....
A.   pendidikan dan pelatihan teknis
B.   pendidikan dan pelatihan struktural
C.   pendidikan dan pelatihan fungsional
D.   pendidikan dan pelatihan dalam jabatan

8.   Pelatihan dimana proses belajar dari sese-orang atau beberapa orang dibimbing oleh seorang ahli (profesional) dan dikombinasikan dengan latihan off-the job disebut ....
A.   on the job training
B.   off the job training
C.   magang
D.   pra jabatan

9.   Prinsip-prinsip P4S adalah ....
A.   azas swadana, azas Pancasila, azas de-mokrasi, dan azas keterpaduan
B.   azas demokrasi, azas swadaya, azas pengembangan usaha, dan azas keter-paduan
C.   azas Pancasila, azas musyawarah-mufakat, azas swadaya dan azas keter-paduan
D.   azas musyawarah-mufakat, azas swada-na, azas demokrasi dan azas pengem-bangan usaha

10.   Istilah kesenjangan (diskrepansi) menun-jukkan adanya ....
A.   selisih antara sikap, ketrampilan, prestasi yang diminta dengan sikap, ketrampilan, prestasi yang dimiliki
B.   gabungan antara sikap, ketrampilan, pres-tasi yang diminta dengan sikap, ketram-pilan, prestasi yang dimiliki
C.   sikap, ketrampilan, prestasi yang diminta
D.   sikap, ketrampilan, prestasi yang dimiliki

11.   Dari faktor-faktor lingkungan yang mempe-ngaruhi pekerjaan, terdapat satu faktor yang berhubungan dengan kebutuhan diadakannya diklat yaitu ....
A.   lingkungan fisik
B.   faktor motivasi/insentif
C.     tingkat pengetahuan dan ketrampilan di
D.     antara para pelaksana/pegawai
D.   desain pekerjaan/organisasi

12.   Salah satu cara yang bukan ditujukan untuk mengumpulkan informasi (data) dalam proses analisis jabatan adalah ....
A.   angket
B.   surat
C.   wawancara
D.   pengamatan langsung

13.   Pernyataan yang termasuk dalam “rekomen-dasi pemecahan” dalam format laporan hasil analisis kebutuhan adalah ....
A.   penjelasan tentang pemecahan
B.   deskripsi pemecahan secara mendetail
C.   perbandingan pemecahan
D.   sebab-sebab permasalahan

14.   Tahapan analisis untuk menentukan kebu-tuhan latihan biasanya tergantung pada hal-hal berikut, kecuali ....
A.   kompleksitas proyek dan permasalahan-nya
B.   banyaknya waktu dan uang yang tersedia
C.   banyaknya responden yang diwawancarai untuk pengumpulan data
D.   banyaknya data yang dibutuhkan sehing-ga analisis datanya dapat dipercaya

15.   Salah satu cara mengolah data adalah ....
A.   membuat diagram batang
B.   membuat matriks tabulasi
C.   membuat diagram lingkaran
D.   membuat tabel silang x dan y

16.   Suatu proses pekerjaan yang sistematik yang berusaha mencari dan menemukan sebab kesenjangan suatu kinerja disebut ....
A.   analisis kebutuhan diklat
B.   analisis persyaratan diklat
C.   prioritas kebutuhan diklat
D.   prioritas kebutuhan latihan

17.   Suatu kumpulan kegiatan kerja yang menen-tukan keseluruhan lingkup penugasan dan tanggung jawab kepada seseorang disebut dengan ....
A.   latihan
B.   tugas
C.   keterampilan
D.   pekerjaan

18.   Jenis keterampilan yang disyaratkan untuk kegiatan yang biasanya dilaksanakan oleh sekelompok orang tertentu disebut ....
A.   ketrampilan dasar
B.   ketrampilan umum
C.   ketrampilan khusus
D.   ketrampilan rutin

19.   Sumber penyusunan tujuan kurikulum yang berpusat pada masyarakat disebut juga de-ngan istilah ....
A.   adult-centered
B.   a child-centered
C.   a learning-centered
D.   a community-centered

20.   Fungsi kurikulum untuk mengawetkan dan meneruskan kebudayaan termasuk dalam ....
A.   fungsi transmisi
B.   fungsi transformasi
C.   fungsi pengembangan diri
D.   fungsi sosial

21.   Pendekatan yang menitikberatkan kepada fungsi sekolah/lembaga sebagai agen peru-bahan merupakan pendekatan ....
A.   teknologi
B.   aktivitas diri
C.   rasional akademik
D.   rekonstruksi sosial

22.   Komponen dari kurikulum terdiri dari ....
A.   fungsi, pendekatan kurikulum, tujuan, ba-han pelajaran
B.   fungsi, tujuan, proses belajar mengajar, penilaian
C.   tujuan, bahan pelajaran, proses belajar mengajar, penilaian
D.   pendekatan kurikulum, bahan pelajaran, penilaian, proses belajar-mengajar

23.   Kemampuan tertinggi yang diharapkan, diku-asai, didemonstrasikan, atau ditampilkan oleh peserta latihan, setelah menyelesaikan suatu latihan disebut ....
A.   TIK/TPK
B.   TIU/TPU
C.   pokok bahasan
D.   sub pokok bahasan

24.   Tunjukkan mana dari bagian TIU ini yang merupakan unsur C = Condition?

A.   1
B.   2
C.   3
D.   4

25.   Yang harus diperhatikan oleh penyusun tes dalam membuat TIK adalah ....
A.   mengembangkan tes yang dapat mengu-kur perilaku yang spesifik
B.   mengembangkan non-tes untuk mengukur perilaku yang umum
C.   mengembangkan tes yang dapat mengu-kur perilaku yang umum
D.   mengembangkan non-tes untuk mengukur perilaku yang spesifik

26.   Di antara pernyataan berikut ini mana yang tidak menunjukkan perilaku yang spesifik ....
A.   menyebutkan unsur-unsur manajemen
B.   menjelaskan penyajian data
C.   menghitung laju inflasi Indonesia
D.   memahami arti keuangan

27.   Di dalam kegiatan evaluasi yang termasuk aspek penguasaan materi adalah ....
A.   prakarsa
B.   kepemimpinan
C.   seminar kertas kerja perorangan
D.   kerjasama

28.   Metode pelatihan yang efektif dalam menyam-paikan fakta-fakta yang abstrak dimana terjadi pertukaran ide, pikiran, pengalaman, penda-pat, dan perasaan untuk mencapai suatu pe-mikiran bersama adalah ....
A.   metode ceramah
B.   metode diskusi
C.   metode studi kasus
D.   role playing

29.   Pernyataan di bawah ini yang bukan meru-pakan unsur/aspek evaluasi terhadap pela-tihan adalah ....
A.   penggunaan metode dan sarana diklat
B.   efektifitas penyelenggara
C.   penguasaan materi
D.   sistematika penyajian


30.   Pengertian rancang bangun program diklat adalah suatu proses ....
A.   perencanaan yang menggambarkan siste-matika suatu program
B.   mendapatkan informasi tentang suatu ja-batan untuk penyusunan standar-standar
C.   perencanaan untuk kegiatan komponen pelatihan yang merupakan suatu kesatuan yang bulat dari suatu program
D.   pekerjaan yang sistematik yang berusaha mencari dan menemukan sebab-sebab kesenjangan suatu kinerja

31.   Model rancang bangun yang menggunakan komponen antara lain variabel bebas, variabel antara dan variabel terikat adalah ....
A.   model rancang bangun Udai Pareek dan Roy Lyton
B.   model rancang bangun Horace Reed
C.   model rancang bangun Critical Events
D.   model rancang bangun Francis Ulschak

32.   Keunikan dari pendekatan rancang bangun kegiatan pelatihan dari Critical Event Model adalah ....
A.   merupakan keterampilan (set) bagian-bagian yang saling berhubungan satu dengan lainnya
B.   merupakan sistem yang dirancang dengan menerapkan sistem ilmiah dan mana-jemen
C.   merupakan suatu pelatihan yang dibagi dalam beberapa tahapan dan setiap tahapan selalu melalui tahap evaluasi dan umpan balik
D.   merupakan suatu sistem yang menggu-nakan pendekatan analisis organisasi dan memperhatikan ciri-ciri sistem sebagai titik tolak analisisnya

33.   Perubahan penampilan atau tingkah laku dari peserta latihan sebagai hasil dari proses be-lajar disebut dengan ....
A.   prinsip penetapan tujuan belajar
B.   alasan-alasan perlunya tujuan belajar
C.   tujuan belajar
D.   rumusan TIK

34.   Dalam perumusan tujuan belajar, “penetapan syarat minimal dari tingkat pencapaian penampilan yang diharapkan dari peserta”, termasuk dalam komponen ....
A.   tingkah laku
B.   pengetahuan
C.   kriteria
D.   kondisi

35.   Jenjang pengetahuan, pemahaman, pene-rapan, analisis, sintesis, evaluasi termasuk da-lam ....
A.   range psikomotorik
B.   range kognitif
C.   range afektif
D.   range behavior

36.   Salah satu tahapan dari siklus belajar penga-laman yaitu ....
A.   tujuan belajar yang hendak dicapai ber-hubungan erat dengan metode latihan yang digunakan
B.   suasana belajar yang kondusif
C.   hasil analisis dan penemuan-penemuan baru kemudian dikembangkan menjadi prinsip atau pelajaran baru
D.   kemampuan pelatih dalam menguasai metode tersebut

37.   Persiapan di bawah ini yang bukan persiapan edukatif ialah ....
A.   mempersiapkan pelatihan sesuai jadwal yang dibuat
B.   menentukan pelatih/widyaiswara
C.   mempersiapkan satuan acara perkuliahan (SAP), elemen ketrampilan, lembar penu-gasan
D.   menyusun panduan belajar/latihan, prak-tek, kuliah, pertemuan

38.   Metode yang cocok digunakan agar peserta terampil melakukan sesuatu adalah ....
        A.   bermain pesan     
B.   magang
C.   ceramah
D.   studi kasus

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   39   SAMPAI   45,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
39.   Beberapa manfaat pendidikan dan pelatihan bagi individu antara lain ....
1)   menambah pengetahuan di bidang tugas-nya
2)   manambah wawasan tentang perkem-bangan organisasi baik secara internal maupun eksternal
3)   meningkatkan kemampuan berkomunikasi bagi sesama

40.   Keuntungan menggunakan model dalam suatu pelatihan adalah ....
1)   menyusun pola dan program latihan menurut model tertentu, dan mengaitkan aspek perilaku manusia dan interaksinya
2)   mengintegrasikan apa yang diketahui melalui riset dan observasi dengan realita
3)   menghasilkan program yang bermutu sesuai dengan kebutuhan peserta dan organisasinya, serta menetapkan strategi diklat

41.   Kualifikasi tenaga pengajar/pelatih/fasilitator dari suatu kursus tani adalah ....
1)   menguasai ilmu yang akan diajarkan
2)   memiliki pengalaman mengajar/melatih
3)   profesional dalam bidangnya

42.   Informasi yang dibutuhkan untuk melaksana-kan kegiatan analisis kebutuhan diklat adalah ....
1)   deskripsi pekerjaan yang akurat
2)   rekomendasi solusi yang cocok
3)   definisi tentang persyaratan kinerja dalam arti pengetahuan, ketrampilan dan sikap

43.   Elemen-elemen pokok dari sistem penilaian prestasi kerja adalah ....
1)   kriteria yang berhubungan dengan pelak-sanaan kerja
2)   umpan balik
3)   ukuran-ukuran prestasi kerja

44.   Manfaat yang dapat dipetik dari seringnya peserta berlatih adalah ....
1)   peserta yang mempunyai kemampuan lebih baik diberi kesempatan melewati urutan yang tidak perlu baginya
2)   pelatih dapat melihat kemampuan peser-ta, apakah sudah sesuai dengan TIK
3)   buku yang menjadi bahan pelajaran dan metode penyampaiannya dapat segera disesuaikan untuk memperbaiki hasil yang ingin dicapai

45.   Beberapa kualifikasi petugas yang diperlukan dalam masa pelatihan antara lain ....
1)   pendamping perkuliahan
2)   nara sumber
3)   pendamping ceramah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar