Minggu, 18 Mei 2014

Soal Studi Kelayakan Agribisnis



TUGAS MANDIRI
STUDI KELAYAKAN AGRIBISNIS
(LUHT4312)


PETUNJUK : UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI 25, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.       Proyek suatu usaha merupakan ….
A.      kegiatan yang direncanakan secara parsial
B.      kegiatan yang dikelola secara holistik  tanpa menggunakan sumberdaya yang ada
C.     kegiatan yang dapat direncanakan dan dilaksanakan dalam suatu bentuk kesatuan menggunakan sumberdaya yang ada
D.     suatu perumusan kegiatan yang sudah berjalan untuk dievaluasi.

1.       Kegiatan suatu proyek dapat berupa .....
A.      pengembangan usaha yang sudah ada tapi sudah pailit
B.      investasi pendirian usaha baru/ investasi baru di bidang agribisnis
C.     kegiatan penjualan aset perusahaan yang ada
D.     pengembangan usaha pemasaran barang-barang bekas secara ilegal

1.       Suatu studi kelayakan usaha bertujuan ….
A.      membantu para pengusaha/manajer pemilik modal dalam menentukan apakah usaha layak dilaksanakan atau tidak
B.      membantu para pengusaha menyusun rencana menyalurkan kredit dari dana keuntungan perusahaan
C.     membantu pengusaha mengajukan kredit kepada bank
D.     mengadakan evaluasi terhadap suatu kegiatan pembangunan yang sedang berjalan.

1.       Kedalaman suatu studi kelayakan dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain ….
A.      faktor-faktor iklim yang mempengaruhi lingkungan usaha
B.      jumlah modal yang ditanamkan, kompleksitas elemen-elemen yang mempengaruhi usaha.
C.     faktor-faktor respons masyarakat terhadap jenis produk yang akan dihasilkan
D.     faktor non teknis eksternal perusahaan tersebut.

1.       Pada tahap pengkajian, maka alternatif usaha yang sudah dipilih dinilai secara mendalam dari berbagai aspek yang mungkin berpengaruh, aspek-aspek yang perlu dianalisis antara lain ….
A.      aspek pasar, aspek agroekosistem
B.      aspek pasar, teknis, finansial, sosial dan lingkungan
C.     aspek teknis, finansial, sosial dan agroklimat.
D.     aspek finansial, agroekosistem dan agroklimat.

1.       Penentuan alternatif usaha-usaha mana yang paling tepat dilaksanakan, dapat menggunakan ….
A.      analisis usaha yang didasarkan kepada teori mikro analisis
B.      analisis kekepan (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman)
C.     cara minat masyarakat akan suatu komoditas
D.     analisis harga pasar suatu komoditas

7.  Hasil pengkajian terhadap alternatif usaha yang dipilih dapat direkomendasikan apakah alternatif yang dipilih layak atau tidak untuk dilaksanakan oleh ….
A.      pekerja dan tenaga ahli
B.      pemborong perusahaan agribisnis
C.     pemilik modal/manajer/pimpinan suatu usaha
D.     perusahaan agroindustri

8.  Jaminan yang biasa digunakan sebagai  agunan pinjaman yang berupa aset tetap tidak bergerak adalah ….
A.      tanah
B.      BPKB
C.     bank garansi
D.     sertifikat deposito.

9.   Sertifikat halal untuk produk makanan merupakan legalitas dari ….
A.      badan usaha
B.      kegiatan usaha
C.     produk
D.     manajemen

10.  Suatu proses sosial dimana individu dankelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain, disebut dengan ….
A.      pasar
B.      pemasaran
C.     konsep pemasaran
D.     konsep inti pemasaran

11. Penetapan harga yang rendah sekali dan menarik agar para pelanggan mau masuk ke dalam toko atau kios pengecer disebut dengan penetapan harga ….
A.      angka ganjil
B.      pemimpin
C.     penetrasi
D.     dumping

12. Cintailah pelanggan  dan bukan produk, merupakan kiat khusus dari konsep ….
A.      penjualan
B.      produk
C.     pemasaran
D.     produksi

13. Asumsi yang menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan murah harganya merupakan landasan berfikir dari konsep ….
A.      produk
B.      produksi
C.     penjualan
D.     pemasaran

14.  Konsep yang mengajak pemasar membangun pertimbangan sosial dan etika dalam praktek pemasarannya merupakan implementasi dari konsep ….
A.      penjualan
B.      produk
C.     pemasaran
D.     pemasaran berwawasan lingkungan

15. Aspek teknis lebih cocok untuk analisis usaha ….
A.      budidaya tanaman dan simpan pinjam
B.      budidaya tanaman dan pengolahan hasil
C.     pembuatan minyak goreng dan penyewaan traktor
D.     penyewaan traktor dan simpan pinjam

16. Analisis aspek fisik lebih cocok untuk bidang usaha agribisnis ….
A.      pemasaran
B.      pengolahan hasil pertanian
C.     penyewaan traktor
D.     simpan pinjam

17.  Kebutuhan alat mesin pertanian seperti   traktor sebaiknya didistribusikan secara ….
A.      intensif
B.      selektif
C.     eksklusif
D.     impulsif

18.  Konsep pemasaran yang bertujuan agar konsumen merasakan adanya efisiensi waktu dan tenaga adalah  ….
A.      one stop service
B.      one stop shopping
C.     one stop buying
D.     one stop selling

19. Yang menyangkut aspek kejujuran dalam prinsip 5 C adalah ….
A.      karakter
B.      kolateral
C.     kapasitas
D.     kondisi

20. Penjelasan mengenai persyaratan pinjaman pada usaha simpan pinjam dilaksanakan
       pada tahapan ….
A.      permohonan
B.      pemeriksaan                         
C.     pertimbangan dan putusan
D.     realisasi

21. Dinamika proses sistem sosial oleh adanya pengaruh luar, kadang-kadang dapat menimbulkan ….
A.      ketegangan-ketegangan diantara anggota dan penyimpangan norma
B.      kekuatan positif bagi pengembangan kelompokmasyarakat
C.     terjadinya distorsi program yang sudah dibuat
D.     adanya perkembangan yang menimbulkan kepercayaan pada anggota masyarakat.

22. Setelah data terkumpul dilaksanakan teknis analisis deskriptif kualitatif/komparatif yaitu ….
A.        secara deskriptif dibandingkan antara keinginan dari proyek yang akan dilaksanakan dengan data masyarakat
B.        dari data yang ada diberikan rekomendasi bahwa proyek berdampak negatif
C.       dari data yang ada dapat diketahui keuntungan yang akan diterima
D.       secara deskriptif dibandingkan antara kebutuhan proyek yang akan dilaksanakan dengan data yang terkumpul

23. Hasil analisis data aspek sosial yang terkumpul dapat berbeda dengan proyek yang akan dilaksanakan, maka perlu dilakukan ….                                                                                                                     akan dilaksanakan, maka perlu dilakukan :
A.      pengulangan kajian aspek sosial
B.      penyesuaian-penyesuaian dengan kondisi yang ada
C.     membatalkan proyek
D.     mengganti komoditas proyek
24.  Kadang-kadang ada agroindustri dalam subsistem agribisnis menghasilkan limbah yang berdampak positif terhadap lingkungan, maka proyek ini ….
A.                                                                                                                                        dapat direkomendasikan layak dilaksanakan dilihat dari aspek lingkungan
B.                                                                                                                                        dapat direkomendasikan dikaji kembali agar lebih mantap
C.                                                                                                                                       dapat direkomendasikan agar ditunda karena masih diragukan
D.                                                                                                                                       tidak perlu diberi rekomendasi karena usahanya gagal

25.  Untuk menganalisis aspek lingkungan diperlukan data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari wawancara, observasi langsung, data sekunder dari instansi terkait.
      Juga data lain seperti  ….
A.      harga-harga bahan bangunan dari sumber daya alam
B.      besar produk limbah dari semua industri yang ada di suatu wilayah
C.     inventarisasi segala macam limbah yang ada dari segala macam industri
D.     data penggunaan pupuk dan pestisida.
PETUNJUK UNTUK SOAL NOMOR 26 SAMPAI 45, PILIHLAH :
A.    JIKA 1) DAN 2) BENAR
B.    JIKA 1) DAN 3) BENAR
C.    JIKA 2) DAN 3) BENAR
D.    JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR

26. Usaha dalam agribisnis mengandung beberapa subsistem  antara lain ....
1)       subsistem agroinput, subsistem pemasaran, dan subsistem jasa
2)       subsistem usahatani dan subsistem industri otomotif
3)       subsistem usahatani dan subsistem pasca panen/pengolahan

27.  Penyusunan suatu studi kelayakan oleh suatu perusahaan sangat berguna untuk ….
1)       mengetahui apakah rencana usaha pengembangan mempunyai manfaat atau tidak
2)       mengetahui apakah usaha tersebut memberikan keuntungan atau tidak
3)       standar penilaian suatu usaha yang sedang berjalan

28.  Dalam mengoperasionalkan usaha yang studi kelayakannya sudah diputuskan layak, harus memperhatikan hal-hal tersebut ….
1)       usul-usul pihak lain yang mungkin tidak punya kepentingan dalam proyek yang dilaksanakan.
2)       prinsip-prinsip manajemen yang berlaku dan konsistensi, konsekwensi serta melaksanakan kelayakan usaha yang sudah dirumuskan
3)       dinamika proses kehidupan masyarakat sekitar

29.  Hukum publik merupakan hukum yang mengatur kepentingan dan keamanan umum.  Kepentingan di sini meliputi ….
1)       kepentingan seseorang
2)       kepentingan sekelompok orang
3)       kepentingan masyarakat dan negara

30.  Hal-hal yang biasa dianalisis dalam aspek yurisdis(hukum) meliputi yuridis ....
1)       produk
a.       badan hukum perusahaan
b.       kegiatan usaha

31.  Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih bentuk perusahaan yang akan didirikan antara lain ….
i.         jumlah modal yang dimiliki
ii.       metode dan luasnya pengawasan
iii.      besar kecilnya risiko yang harus dihadapi

32.  Strategi pemasaran terdiri atas ….
1)       segmentasi pasar
2)       penentuan pasar sasaran
3)       memposisikan produk di benak konsumen

33.  Faktor yang harus dipertimbangkan dan diselaraskan agar tidak menimbulkan pertikaian adalah ….
1)       laba perusahaan
2)       pemuasan keinginan konsumen
3)       kepentingan publik.

34.  Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam aspek teknis adalah ….
1)       penentuan kapasitas produksi
2)       penentuan lokasi usaha
3)       penentuan jumlah modal

35.  Secara umum yang perlu diperhatikan dalam pemilihan lokasi perusahaan adalah ….
1)       lingkungan masyarakat dan kedekatan dengan pasar
2)       tenaga kerja dan kedekatan dengan bahan mentah serta pemasok
3)       fasilitas dan biaya  transportasi serta sumberdaya
36.  Beberapa komponen yang menentukan besar kecilnya sarana produksi adalah ....
1)       volume bahan baku yang akan digunakan
2)       jenis dan jumlah peralatan yang digunakan
3)       jumlah tenaga kerja

37.  Pengelompokan barang di toko dapat dilakukan melalui ….
1)       pengelompokan menurut produk
2)       pengelompokan menurut pelanggan
3)       pengelompokan menurut pesanan

38. Proporsi barang dagangan secara umum adalah ....
1)       50 % barang cepat laku
2)       25 % barang kurang cepat laku
3)       25 % barang tidak laku

1)                     Masyarakat sebagai suatu sistem sosial ....
a.       memiliki hubungan pengaruh mempengaruhi diantara anggota-anggota yang bersifat timbal balik
b.       memiliki norma-norma yang mengikat anggota-anggotanya
c.       bersifat dinamis menanggapi perubahan-perubahan yang datang dari dalam

40.  Kondisi sosial suatu wilayah sebelum suatu proyek dilaksanakan yang mungkin dapat mempengaruhi pelaksanaan proyek adalah ….
1)       tingkat pendidikan, jumlah pengangguran
2)       banyaknya organisasi kesenian tradisional
3)       kondisi komunikasi, dan tingkat kesejahteraan


41.  Perubahan lingkungan dapat terjadi oleh adanya ….
1)       perkembangan teknologi melalui kegiatan program usaha/proyek
2)       pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali akibat adanya perkembangan teknologi sehingga tingkat kesejahteraan dan kualitas hidup manusia meningkat
3)       perkembangan ternak meningkat karena keberhasilan reproduksi.

42.  Bila hasil analisis data yang dikumpulkan ternyata berdampak negatif terhadap lingkungan maka ….
1)       proyek harus memprogramkan upaya pencegahan untuk meminimalkan dampak tersebut
2)       proyek harus diteruskan walaupun membahayakan lingkungan karena demi penyaluran tenaga kerja
3)       proyek harus dibatalkan atau ditunda bila hasil analisis dinilai sangat besar bahayanya bagi kelestarian lingkungan.

43.  Kottler (1991) membagi pasar kedalam  ….
1)       pasar konsumen dan pasar industri
2)       pasar penjual kembali dan pasar pemerintah
3)       pasar tradisional dan pasar modern

44.  Langkah-langkah di dalam menentukan posisi pasar adalah ....
1)       mengidentifikasi keunggulan komparatif
2)       memilih keunggulan kompetitif
3)       mewujudkan dan mengkombinasikan posisi

45.  Dalam proses pelayanan, untuk mendukung kegiatan usaha agar efisien dan efektif maka mekanisme kerja harus menggambarkan ….
1)       prosedur yang mengatur hubungan antara  konsumen dan penyedia jasa
2)       prosedur penyewaan/pembelian jasa
prosedur transaksi jasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar