LATIHAN MANDIRI
BAHASA
INDONESIA
(MKDU4106)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 34, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Membaca
adalah suatu kegiatan berbahasa aktif, artinya ....
A. tidak sekedar memahami lambang
tulis, tetapi juga membangun makna
B. proses pemahamannya
membutuhkan partisipasi aktif pembacanya
C. dilakukan secara kontinyu dan
terstruktur
D. memahami makna lambang tulis
secara berkesinambungan
2. Hal yang tidak
termasuk penyebab terjadinya perbedaan pemaknaan lambang tulis adalah ....
A. pengalaman pembaca
B. kematangan pembaca
C. latar belakang sosial
D. kepribadian pembaca
3. Contoh informasi visual adalah
berupa ....
A. ketajaman mata dalam
membaca pesan
B. kemampuan menerjemahkan ke dalam
bahasa Indonesia
C. kecepatan membaca teks
D. kemampuan merekam pengalaman masa
lalu
4. Dalam aktivitas
membaca, keberadaan informasi visual dan nonvisual terjalin dalam hubungan yang
bersifat ....
A. horizon
B. tipikal
C. insidental
D. resiprokal
5. Kecenderungan
yang terjadi ketika seorang pembaca sudah memiliki banyak informasi nonvisual
adalah bahwa ia akan ....
A. berusaha memahami setiap pesan
yang ada
B. menyeimbangkan kebutuhan
informasi visualnya
C. berkurang kebutuhan informasi
visualnya
D. memaknai pesan secara seimbang
6. Pembaca yang belum memiliki
informasi nonvisual cenderung akan ....
A. mengurangi frekuensi membacanya
B. menambah jumlah bacaannya
C. sulit memahami isi bacaan
D. menambah porsi informasi visual
sesuai dengan yang dibutuhkannya
7. Ketika membaca,
seseorang perlu mengoptimalkan informasi nonvisualnya, sebab ....
A. tugas mata hanya menyerap
informasi nonvisual
B. sesuatu yang dicerna oleh pembaca
adalah hasil interprestasi otak terhadap pesan, kesan, atau berita yang masuk
ke otak
C. otak berpikir atas dasar kemauan
mata dalam melihat objek
D. persepsi nonvisual hanya meliputi
keputusan-keputusan yang terjadi dalam otak
8. Peristiwa
tunnel vision (TV) atau penyempitan pandang, yang mengakibatkan minimnya materi
yang diserap, terjadi ketika pembaca....
A. memanfaatkan sedikit informasi
nonvisualnya
B. tidak memanfaatkan informasi
nonvisualnya
C. memanfaatkan sedikit informasi
visualnya
D. tidak memanfaatkan informasi
visualnya
9. Hal yang menyebabkan terjadinya peristiwa penyempitan pandang adalah karena pembaca ....
A. terpaku pada kegiatan membaca dan
hanya memaknai kata demi kata
B. tidak menggunakan atau
memanfaatkan indera mata secara optimal
C. dalam melakukan kegiatan membaca,
temponya terlalu cepat
D. kewalahan dengan informasi
nonvisualnya
10. Membaca cepat bertujuan agar pembaca ....
A. dapat membaca seluruh isi bacaan tanpa ada
bagian yang tertinggal
B. membayangkan atau memvisualisasikan isi
bacaan dengan aktivitas nyata
C. dapat menangkap isi bacaan dengan wktu baca
yang minimal
D. memanfaatkan keterbatasan informasi
nonvisualnya
11. Manfaat dijalankannya aktivitas membaca cepat
adalah agar ....
A. terhindar dari ketidakefektifan membaca
bagian bacaan
B. pembaca dapat menghemat waktu bacanya
C. otak dapat bekerja optimal dalam mengolah
hasil baca
D. pembaca tidak terpaku pada hal-hal yang
detail
12. Faktor yang mempengaruhi kecepatan membaca
adalah ....
A. jumlah halaman bacaan
B. minat pembaca dan kesesuaiannya dengan isi
bacaan
C. latar belakang pendidikan
D. tingkat kesulitan membaca dan tujuan membaca
13. Kegiatan membaca harus dilakukan secara
selektif, sebab ....
A. daya ingat manusia terbatas dalam merekam
semua hal yang tercantum dalam bacaan
B. otak memiliki kemampuan untuk memperhatikan
semua informasi yang tertera dalam tulisan
C. penggunaan otak harus dihemat dengan cara
meminimalkan penggunaan pengetahuan atau pengalaman
D. analisis informasi visual harus dilakukan
secara maksimal untuk menggugah prediksi
14. Cara membaca yang efisien adalah dengan jalan
....
A. membaca semua huruf dan tanda baca
B. membaca bagian bacaan yang memuat informasi
yang dicari dan diperlukan
C. membaca bagian bacaan yang sudah dipahami
atau yang sudah tidak diperlukan
D. mengingat hubungan antara bacaan dengan
kejadian sebenarnya
15. Kegiatan prabaca ditujukan untuk ....
A. memilah bagian-bagian yang dianggap penting
saja
B. mengidentifikasi dan mengenali topik atau
gagasan bacaan, serta pengorganisasiannya
C. memperkirakan waktu baca yang ideal
D. menyusun langkah-langkah tertentu setelah
bacaan selesai dibaca
16. Untuk memantau pemahaman materi bacaan yang
tidak hanya bersifat ingatan saja, perlu diupayakan untuk ....
A. menggunakan pertanyaan pemandu
B. mengajukan pertanyaan penghubung
C. melakukan dialog internal
D. memperkuat pemahaman
17. Dalam merekam dan mengorganisasikan hasil
baca, teknik yang tidak bisa digunakan
adalah teknik....
A. kerangka bacaan (outlininga)
B. pemetaan (mapping)
C. rujukan (summarizing)
D. menggabungkan (merge)
18. Metode SQ3R adalah sebuah metode yang terdiri
dari langkah-langkah ....
A. Source (sumber), Question (bertanya), Recite(mengutarakan kembali), Read (membaca), dan Review (mengulang kembali)
B. Survey (penelaahan
pendahuluan), Question (bertanya), Read (membaca), Recite (mengutarakan kembali), dan Review (mengulang kembali)
C. Simpilicity (membaca
simpel), Quantity (kuantitas
halaman), Recite (mengutarakan
kembali), Read (membaca), Review (mengulang kembali)
D. Survey (penelaahan
kembali), Quality (kualitas materi), Recite (mengutarakan kembali), Read (membaca), Review (mengulang kembali)
19. Manfaat metode SQ3R adalah untuk ....
A. membantu pembaca dalam menentukan bacaan yang sesuai dengan
keperluannya
B. menentukan topik-topik yang perlu dibaca oleh pembaca
C. menelaah bagian-bagian bacaan yang tidak diperlukan untuk dibaca
D. membagi bacaan ke dalam beberapa bagian yang vital
20. Hubungan teknik membaca cepat dengan metode SQ3R adalah ....
A. metode SQ3R dapat mengatur kecepatan membaca seseorang, sesuai
dengan kebutuhan setiap bagian bacaan
B. teknik membaca cepat sangat tergantung pada esensi metode SQ3R
C. metode SQ3R dipakai apabila materi bacaan bersifat ilmiah
D. kecepatan membaca seseorang bergantung pada
kemampuannya dalam menguasai metode SQ3R
21. Manfaat yang tidak diperoleh pembaca dalam
kaitannya dengan membaca cepat adalah pembaca tidak dapat ....
A. mengenali topik bacaan
B. mengetahui opini orang lain
C. melakukan organisasi penulisan
D. mendapatkan bagian penting yang diperlukan
22. Jika jumlah kata dalam bacaan adalah 2.000
kata dan waktu yang dibutuhkan adalah 200 detik, maka kecepatan baca orang
tersebut adalah ....
A. 100 kpm
B. 400 kpm
C. 600 kpm
D. 660 kpm
23. Kegiatan yang berupa upaya untuk mengambil
intisari suatu bacaan, ide pokok atau detail penting disebut ....
A. breaking
B. grading
C. scanning
D. skimming
24. Teknik membaca cepat untuk memperoleh informasi tanpa membaca yang
lain, disebut ....
A. scanning
B. timing
C. skimming
D. reading
25. Kegiatan melatih gerak mata agar jangkauan bacanya semakin
luas dan kecepatan pengalihannya semakin
tinggi, disebut ....
A. indeksasi
B. duplikasi
C. fiksasi
D. implikasi
26. Menurut Keraf (1997:3-6), salah satu fungsi
bahasa adalah sebagai alat ekspresi, artinya bahasa merupakan ....
A. alat untuk mengungkapkan gagasan atau ide dan
perasaan
B. sarana untuk memvisualisasikan pesan tulis
C. bahan pelengkap informasi
D. media untuk menyampaikan pesan
27. Semakin tinggi kemampuan berbahasa seseorang,
semakin tinggi pula kemampuan berpikirnya. Sejurus dengan pernyataan itu,
semakin ....
A. banyak kosakata yang dikuasai, semakin tinggi
pula intelektualisasinya
B. teratur bahasa seseorang, semakin teratur
pula proses berpikirnya
C. beragam ilmu yang dikuasainya, semakin kuat
dalam mempertahankan pendapat
D. semakin luas wawasan keilmuannya, semakin
kuat dalam mempertahankan pendapat
28. Ciri tulisan ilmiah adalah ....
A. bersifat metodis-sistematis, merupakan
pembahasan hasil penelitian, dan menggunakan ragam bahasa ilmiah
B. berdasarkan hasil pengalaman, terkontrol, dan
tugas
C. subjektif, strategis, dan ambigu
D. berlaku umum, sistematis, dan menggunakan
tatakalimat ilmiah
29. Tulisan ilmiah menuntut hadirnya persyaratan
....
A. formal dan substansial
B. insidental dan informal
C. substansial dan tipikal
D. material dan formal
30. Persyaratan formal sebuah tulisan ilmiah
adalah berupa ....
A. topik yang dibicarakan
B. tema yang menjadi sasaran tulisan
C. alinea yang merangkai pokok pembicaraan
D. tatabentuk karangan
31. Unsur pembeda berikut ini tidak termasuk
dalam perbedaan antara karya ilmiah dengan karya ilmiah populer. Yaitu ....
A. keduanya sama-sama terdiri dari tiga bagian
utama, yaitu daftar isi, isi, dan daftar pustaka.
B. karya ilmiah memenuhi persyaratan formal.
C. karya ilmiah populer tidak perlu memenuhi
semua persyaratan formal.
D. karya ilmiah harus memenuhi persyaratan
teknis berupa kutipan, catatan kaki, dan daftar pustaka.
32. Dari jenis tulisan berikut, yang bukan
merupakan karya ilmiah adalah ....
A. feature
B. skripsi
C. jurnal
D. makalah
33. Pada prinsipnya, kutipan tidak ditujukan
untuk ....
A. menghemat waktu karena tidak perlu mengadakan
penelitian lagi
B. meyakinkan pembaca bahwa rujukan yang dipakai
berasal dari pakar-pakar terkenal
C. memperkuat argumen yang dikemukakan dalam
karya ilmiah
D. menuliskan pendapat (lisan atau tertulis)
orang lain pada karya ilmiah kita dengan jalan meminjamkannya atau mengutipnya
34. Hal berikut ini yang tidak termasuk fungsi
notasi ilmiah, yaitu untuk mengidentifikasikan ....
A. orang yang membuat pernyataan
B. media komunikasi yang memuat pernyataan
C. lembaga yang menerbitkannya
D. tempat orang tersebut menyampaikan
pernyataannya
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 35 SAMPAI
45, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2)
BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3)
BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3)
BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
35. Hal-hal yang mempengaruhi kemampuan membaca
adalah ....
1) minat
2) waktu
3) pengalaman
36. Yang termasuk langkah-langkah penting dalam
membaca adalah ....
1) prabaca dan prediksi
2) memfokuskan kegiatan membaca
3) mengukur pemahaman terhadap isi bacaan
37. Kegiatan prabaca yaitu kegiatan yang berupa
....
1) mencermati judul untuk memberikan gambaran
tentang keseluruhan topik
2) membaca alinea atau kalimat pertama di bawah
judul, yang merupakan label atau topik yang menggambarkan isi bab
3) membaca simpulan atau akhir paragraf yang
berisi inti materi
38. Rencana baca adalah kegiatan yang bertujuan
....
1) menetapkan tujuan membaca
2) memantau pemahaman hasil baca
3) memilih strategi membaca yang sesuai
39. Untuk memfokuskan proses baca, dapat
dilakukan dengan cara ....
1) menetapkan identitas bacaan
2) menyusun pertanyaan pemandu
3) memilih strategi bacaan
40. Kriteria pembaca cepat yang baik apabila
seorang pembaca ....
1) mampu menguasai materi bacaan minimal 60%
2) kecepatan bacanya konstan
3) ketika membaca diimbangi dengan kemampuan
pemahaman yang baik
41. Hal yang termasuk dalam tujuan utama membaca
cepat, yaitu ....
1) mencari informasi dalam waktu singkat
2) memperoleh kesan umum bacaan
3) menemukan hal tertentu dari suatu bahan
bacaan
42. Kegiatan berikut ini yang termasuk dalam
kategori scanning adalah mencari ....
1) nomor telepon
2) angka statistik
3) acara siaran TV
43. Kalimat berikut yang mengandung istilah
ilmiah, yaitu kalimat ....
1) Bahan baku tas itu sifatnya elastis
2) Oleh yang berwajib, ia dikira mencuri mobil
3) Influenza disebabkan oleh berkembangnya virus dalam tubuh
44. Contoh kalimat yang baik dan benar adalah
....
1) Setiap mahasiswa diwajibkan membayar biaya
kuliah tepat pada waktunya
2) Ketika ujian, mahasiswa dilarang melakukan
tindakan curang
3) Metode belajar yang baik, dapat diterapkan
oleh mahasiswa yang akan menghadapi ujian semester
45. Fungsi catatan kaki adalah untuk ....
1) menunjukkan tempat yang dikutip
2) menguatkan pendapat yang dikemukakan
3) dijadikan tempat memberikan komentar terhadap
suatu pendapat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar