Sabtu, 14 Juni 2014

Soal Kurikulum Dan Materi Biologi SLTP



TUGAS MANDIRI
KURIKULUM DAN MATERI BIOLOGI SLTP
(PABI4421)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 30,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Dari struktur program pengajaran pada kurikulum SD dan SLTP tahun 1994 dua bidang kegiatan atau mata pelajaran yang mempunyai jumlah jam pelajaran lebih banyak adalah ....  
A.   Pendidikan Agama dan PPKN
B.   Bahasa Indonesia dan Matematika
C.   IPA dan IPS
D.   muatan lokal dan Matematika

2.   Kita memerlukan makanan sebagai sumber energi. Bila kita tidak makan pada periode tertentu, maka untuk memperoleh energi tubuh kita pertama sekali menggunakan ....
A.   vitamin dalam tubuh
B.   lemak dalam tubuh
C.   protein dalam tubuh
D.   karbohidrat dalam tubuh
     
3.   Bila tiba-tiba tangan Anda terkena air panas, maka sesegera mungkin Anda akan menarik tangan Anda. Sebelum Anda menarik tangan Anda, reseptor menyampaikan rangsang ke-pada ....
A.   otak besar
B.   sum-sum tulang belakang
C.   otak kecil
D.   batang otak

4.   Membran sel mempunyai sifat semi per-meabel (selektif permeabel) maksudnya ....
A.   merupakan lapisan paling luar sel  
B.   dapat melakukan semua zat ke dalam sel
C.   tersusun dari lemak dan protein
D.   terdapat zat-zat yang dapat masuk de-ngan mudah dan ada yang sulit melewa-tinya

5.   Terjadinya variasi atau keragaman sehingga menimbulkan perbedaan fenotip pada makhluk hidup sejenis, pada dasarnya dise-babkan oleh ....
A.   perbedaan struktur molekul gen
B.   faktor lingkungan
C.   perbedaan jumlah kromosom
D.   berasal dari induk yang berbeda


6.   Suatu takson yang menunjukkan persamaan dalam alat reproduksi dan menghasilkan keturunan yang steril dinamakan ....
A.   spesies
B.   genus
C.   familia
D.   ordo

7.   Berikut ini adalah penulisan yang benar nama ilmiah organisme kecuali ....
A.   Gallus gallus bankiva
B.   Habiscus sabdariffa var. alba
C.   Ratfus rattus norwegicus
D.   Habiscus rosa sinensis

8.   Ekosistem adalah kumpulan populasi yang berada dalam suatu lingkungan beserta dengan faktor fisik dan aspek iklim yang berkaitan satu dengan yang lainnya. Penger-tian ini dikemukakan oleh ....
A.   R. E. Soeriaatmaja
B.   Hadiat dkk
C.   Peter H. Raven
D.   Donald D. Ritchie

9.   Dalam suatu daerah dengan penghuni yang padat, memiliki kemungkinan bersaing lebih besar bila daerah itu dihuni oleh satu spesies dibanding bila dihuni oleh berbagai spesies. Sebab individu-individu dari satu spesies ....
A.   kemungkinan untuk beremigrasi lebih kecil
B.   mempunyai angka kematian yang sama
C.   mempunyai kebutuhan biologi yang sama
D.   dapat menghasilkan keturunan yang fertil

10.   Penggunaan pestisida yang tidak mengikuti aturan pakai dapat merugikan karena ....
A.   bahan makanan yang dihasilkan tanaman beracun
B.   merusak habitat
C.   mematikan tanaman
D.   mengubah keseimbangan komunitas

11.   Gerakan-gerakan berikut ini tergolong taksis kecuali ....
A.   bergeraknya gamet jantan menuju gamet betina pada tumbuhan lumut
B.   bakteri-oksigen berkumpul di tempat yang menghasilkan O2 pada percobaan Engel-mann
C.   gerak bakteri pada setetes air yang dialiri listrik ada jenis yang mengumpul ke kutub +, ada yang mengumpul ke kutub -
D.   gerak kecambah membelok menghindari zat kimia racun

12.   Pengetahuan manusia akan adanya fotope-riodisme memberikan keuntungan dalam bidang pertanian sehingga manusia dapat melakukan hal-hal berikut kecuali ....
A.   dapat memilih tanaman apa yang harus diusahakan pertumbuhan dan perbu-ngaannya dalam hari-hari pendek atau-pun dalam hari-hari panjang
B.   dapat mengusahakan panenan lebih dari satu kali
C.   dapat memberi kesempatan untuk mun-culnya tanaman pengganggu, kemudian memberantasnya, baru menanam bibit yang diinginkan
D.   dapat menambah atau mengurangi penyi-naran dan suasana gelap

13.   Pada akhir caturwulan 2, Tono memperoleh data penilaian pada bidang studi IPA sebagai berikut
Nilai ulangan harian 1 = 7,7
Nilai ulangan harian 2 = 8,8
Nilai ulangan harian 3 = 6,9
Nilai ulangan umum = 7,6
Nilai caturwulan  I = 7,7
Dari data di atas dapat diperoleh bahwa nilai rapor Tono pada mata pelajaran IPA dalam caturwulan II adalah ....
A.   7
B.   7,5
C.   8
D.   8,5

14.   Perhatikan nama organ-organ tubuh manusia berikut ini
1. faring
5. mulut
2. esofagus
6. ventrikulus
3. hidung
7. paru-paru
4. sum-sum tulang belakang
8. jantung
Dari organ-organ tubuh di atas, yang ter-masuk anggota sistem pencernaan makanan adalah nomor ....
A.   3, 4, 5, 6
B.   1, 2, 3, 4
C.   1, 2, 5, 6
D.   1, 3, 4, 5

15.   Macam-macam adaptasi
1. burung bangau mempunyai 2 rahang yang panjang
2.  serangga yang menyerupai daun hijau
3.  paruh burung kolibri panjang
4.  sejenis tupai yang hidup di padang pasir mampu mengekstrak air dan biji-biji yang dimakannya sehingga tidak pernah minum
5.  jumlah sel darah merah manusia di dataran tinggi lebih banyak dari orang yang tinggal di dataran rendah
6.  bunglon mengubah warna tubuh sesuai tempat tinggalnya
7.  hewan berkaki seribu menggulung badan bila menghadapi bahaya
8.  sejenis tumbuhan dapat menghambat pertumbuhan tumbuhan disekitarnya de-ngan menghasilkan bau-bauan
Diantara macam adaptasi di atas, yang termasuk adaptasi fisiologi adalah nomor ....
A.   1, 2, 3
B.   4, 5, 8
C.   3, 5, 7
D.   2, 4, 6

16.   Perhatikan ciri-ciri tumbuhan biji berikut
1. habitat semak, perdu atau pohon
2. sistem akar serabut dan akar tunggang
3. sistem akar tunggang
4. batang tegak lurus dan bercabang-cabang
5.  batang bermacam-macam dan bercabang-cabang
6. sistem pertulangan dan banyak ragamnya
7.  sistem pertulangan daun tidak banyak ragamnya
8.  bunga tersusun dari sporafil dan bagian-bagiannya
Dari ciri-ciri di atas, yang termasuk ciri tumbuhan biji terbuka adalah
A.   1, 2, 5, 6
B.   2, 4, 6, 8
C.   2, 5, 6, 8
D.   1, 3, 4, 7


17.   Ketentuan pemberian nama takson adalah sebagai berikut ....
1. bersifat ganda
2. diberi akhiran aceae, tidak dicetak miring
3. berbentuk tunggal
4. terdiri dari satu kata benda berbentuk tunggal, dicetak miring
5.  pada tumbuhan boleh tantonim, hewan tidak
6. kata kedua sebagai petunjuk jenis (epitheton specificum)
7.  tidak boleh lebih dari 2 kata
8.  ditulis dengan memakai huruf miring atau garis bawah
Ketentuan pemberian nama kategori jenis (spesies) adalah ....
A.   1, 2, 4, 5
B.   2, 4, 7, 8
C.   3, 4, 5, 7
D.   1, 3, 6, 8

18.   Suatu populasi bertambah secara perlahan, kemudian meningkat dengan cepat, tetapi segera menurun secara bertahap karena hambatan lingkungan sampai kurang lebih tercapainya tingkat keseimbangan yang konstan. Kurva pertumbuhan populasi di atas ditunjukkan oleh gambar berikut ....

19.   Dalam suatu ekosistem terdapat komponen dasar seperti
1.Produser (tumbuhan, alga)
2. Nutrien
3. Konsumen sekunder
4. Konsumen primer
5. Dekomposer (pengurai)
Dari komponen di atas, terjadinya siklus materi ditunjukkan gambar berikut ....

20.   Ciri-ciri bioma antara lain ....
1. amplitudo harian cukup tinggi dan curah hujan yang rendah
2. presipitasi rendah di musim panas dan tinggi di musim dingin
3. kecepatan penguapannya lebih tinggi dibandingkan penguapan makhluk hidup
4. ketebalan vegetasi berbanding terbalik dengan amplitudo harian
5.  amplitudo harian rendah dan curah hujan tinggi
6. curah hujan sebanding dengan ketebalan vegetasi
7.  ditumbuhi oleh tumbuhan konifer
8.  sangat disenangi oleh herbivora
Dari ciri-ciri di atas yang dimiliki oleh bioma padang rumput adalah ....
A.   1, 4, 6, 8
B.   2, 3, 5, 7
C.   3, 4, 5, 7
D.   2, 5, 7, 8



21.   Perhatikan tabel berikut!

Pengaruh pada pertumbuhan
Macam interaksi
Tidak berhubungan
Berhubungan

A
B
A
B
Netralisme (A dan B independen)
o
o
o
o
Kompetisi (A dan B bersaing)
o
o
-
-
Mutualisme (A dan B partner)
-
-
+
+
Komensalisme (A = komensal B = hospes)
-
o
+
o
Parasitisme (A = parasit; B = hospes)
-
o
+
-
Predasi (A = predator; B = mangsa)
-
o
+
-
Keterangan
+ = pertumbuhan populasi meningkat
-  = pertumbuhan populasi menurun
o = pertumbuhan populasi tidak terpengaruh
A = populasi A
B = populasi B


Dari tabel di atas, dapat disimpulkan hasil hubungan interaksi yang benar adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   pada hubungan netralisme kedua populasi tidak saling mempengaruhi
B.   pada hubungan parasitisme dan predasi interaksi merupakan keharusan bagi A, dan B terganggu/terhambat
C.   pada hubungan kompetisi populasi yang kalah keluar dari niche dan pada mutualisme interaksi merupakan keharusan bagi kedua belah pihak
D.   pada hubungan komensalisme dan parasitisme interaksi merupakan keharusan bagi B, sedangkan A tidak terganggu

22.   Faktor yang mempengaruhi transpirasi adalah sebagai berikut
1. besar-kecilnya daun
2.  radiasi
3. tebal-tipisnya daun
4. suhu
5. bentuk lokasi stomata
6. angin
7. banyak sedikitnya bulu pada permukaan daun
8. keadan air dalam tanah

Dari faktor-faktor di atas yang merupakan faktor luar yang mempengaruhi transpirasi adalah ....
A.   2, 4, 6, 8
B.   1, 2, 3, 5
C.   1, 4, 5, 7
D.   1, 3, 5, 7

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR 23  SAMPAI   40,   PILIHLAH:
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!

23.   Selain terdapat dalam Pembukaan UUD 1945, tujuan pendidikan nasional juga tercantum dalam Undang-undang Nomor 2 tahun 1989,
sebab                       
tujuan pendidikan nasional dalam Undang-undang Nomor 2 tahun 1989 tercantum pada bab II pasal 4.

24.   Jumlah jam pelajaran IPA per minggu pada kelas IV sampai dengan kelas VI SD sama dengan jumlah jam pelajaran IPA per minggu di kelas I sampai dengan kelas III SLTP,
sebab                       
ruang lingkup dan bahan materi IPA baik di SD maupun di SLTP adalah sama.

25.   Tujuan pengajaran IPA di SLTP terutama adalah agar siswa memahami konsep-konsep IPA dan saling keterkaitannya,
sebab                       
dengan memahami konsep-konsep IPA se-cara tersendiri maupun antar kaitannya akan meningkatkan kesadaran dan kepedulian siswa terhadap kelestarian lingkungan, nasio-nalisme dan kebesaran Pencipta.

26.   Dalam pelaksanaan kegiatan belajar meng-ajar guru dimungkinkan untuk mengubah urutan baik antar konsep/sub konsep maupun antar caturwulan,
sebab                       
penyusunan bahan ulangan/ujian umum caturwulan III mencakup materi/bahan caturwulan 1, caturwulan 2 dan caturwulan 3.

27.   Dilihat dari strukturnya virus tidak digolongkan kepada sel hewan maupun tumbuhan,
sebab                       
virus tidak mengandung membran yang semipermeabel dan hanya dapat membiak pada sel makhluk hidup.

28.   Dua individu sejenis yang mempunyai fenotip yang sama akan mempunyai genotip yang sama pula,
sebab                       
fenotip merupakan gabungan dari pengaruh genotip dan lingkungan.

29.   Hasil temuan Bell mengungkapkan bahwa anak telah mempunyai konsep yang benar bahwa tumbuhan membuat makanannya sendiri dengan menggunakan cahaya, air dan karbondioksida,
sebab                       
bila anak beranggapan bahwa tumbuhan mengambil makanan dari lingkungan luarnya adalah miskonsepsi.

30.   Salah satu cara yang digunakan guru untuk menghilangkan miskonsepsi anak adalah dengan memberikan pengalaman belajar,
sebab                       
dalam pembelajaran guru sebaiknya memper-hatikan konsep awal yang dimiliki oleh anak.
31.   Klasifikasi makhluk hidup pada awalnya didasarkan pada persamaan dan perbedaan yang tampak dari luar saja,
sebab                       
tujuan klasifikasi makhluk hidup pada tahap awal adalah untuk memudahkan studi secara umum.

32.   Kuda dan keledai dikelompokkan dalam satu spesies,
sebab                 
kuda dan keledai dapat melakukan hibridisasi menghasilkan keturunan yang fertil.

33.   Dibandingkan dengan anggota vertebrata lainnya, ular mempunyai ruas tulang punggung yang jauh lebih banyak,
sebab                 
jumlah ruas tulang punggung yang banyak menghasilkan ular dapat bergerak melingkar.
34.   Bulu plumae dan bulu filoplumae pada burung berbeda secara morfologis,
sebab                 
plumae merupakan bulu-bulu besar yang menyelubungi tubuh burung sedangkan filoplumae merupakan bulu yang halus seperti rambut dan terletak di antara plumae.

35.   Bila dua individu mempunyai banyak perbedaan fisiologis dan morfologis maka kedua individu tersebut dikatakan beda spesies,
sebab                 
dua individu dikatakan berbeda spesies apabila perkawinan antara kedua individu tersebut menghasilkan keturunan yang steril.

36.   Bagi anak yang baru belajar klasifikasi perlu diberikan nama-nama ilmiah organisme untuk mereka hafalkan,
sebab                 
siswa yang telah mengetahui banyak nama ilmiah organisme akan lebih mudah mengerti materi klasifikasi.

37.   Pola sebaran individu dalam populasi secara mengelompok merupakan pola sebaran yang relatif paling umum terdapat di alam,
sebab                 
penyebaran individu secara mengelompok terjadi karena respon individu suatu spesies terhadap kondisi lokal yang baik akibat adanya interaksi sosial dan akibat kegiatan perkembangbiakan sehingga terjadi pengelompokkan aktif individu-individu membentuk suatu organisasi.

38.   Untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran akan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan perlu ditempuh pendidikan lingkungan hidup baik pendidikan formal, non formal dan informal,
sebab                 
pendidikan formal lingkungan hidup dilakukan melalui pendekatan monolitik di perguruan tinggi dan pendekatan integratif di sekolah dasar dan menengah.

39.   Pernapasan aerob dibedakan dari pernapasan an-aerob berdasarkan zat yang dihasilkannya,
sebab                 
pada pernapasan aerob dihasilkan karbondioksida, air dan energi, sedangkan pada pernapasan an-aerob dihasilkan karbondioksida, alkohol dan energi.

40.   Tumbuhan bersel satu dapat bergerak dalam arti berpindah-pindah tempat dan tumbuhan tinggi tidak dapat berpindah-pindah tempat secara bebas,
sebab                 
pergerakan tumbuhan bersel satu merupakan gerakan lokomotoris sedangkan pergerakan tumbuhan tinggi merupakan gerakan alasotonis.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   41   SAMPAI   60,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
41.   Berikut ini adalah perbedaan antara penilaian kegiatan dan kemajuan belajar dengan penilaian hasil belajar ....
1)   penilaian kegiatan dan kemajuan belajar bertujuan untuk keperluan dan perbaikan serta peningkatan kegiatan belajar siswa sedangkan penilaian hasil belajar dititikberatkan untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan dan kemampuan yang telah dicapai siswa pada akhir program tertentu
2)   penilaian kegiatan dan kemajuan belajar dilaksanakan pada akhir caturwulan sedangkan penilaian hasil belajar dilaksanakan pada akhir tahun ajaran
3)   penilaian kegiatan dan kemajuan belajar direncanakan oleh sekolah sedangkan penilaian hasil belajar direncanakan oleh kantor wilayah Depdikbud

42.   Berikut ini adalah pernyataan yang benar menyangkut pembahasan kedalaman konsep dan sub konsep pengajaran biologi di SLTP ....
1)   dipengaruhi oleh alokasi waktu per konsep atau sub konsep
2)   berkaitan dengan perkembangan intelektual siswa
3)   perlu mempertimbangkan konsep prasyarat di SD serta konsep prasyarat di SMU

43.   Melalui identifikasi Wandersee terdapat miskonsepsi siswa mengenai bagaimana tanaman membuat makanan, antara lain ....
1)   akar menyerap zat-zat organik dan an-organik dari dalam tanah
2)   tumbuhan memperoleh vitamin dari tanah
3)   tumbuhan memperoleh protein dari tanah

44.   Diantara pernyataan berikut, pernyataan yang benar menyangkut peristiwa mutasi ....
1)   mutasi terjadi pada gen tidak pada kromosom
2)   mutasi menyebabkan perubahan struktur, urutan DNA
3)   mutasi dapat menguntungkan atau merugikan individu yang mengalami mutasi

45.   Diantara makhluk hidup berikut yang tergolong satu spesies adalah ....
1)   harimau Sumatera dan harimau Jawa
2)   padi PB 8 dengan padi IR 26
3)   kuda dan keledai

46.   Penelitian Stavy dan Wax terhadap anak SLTP tentang konsep tumbuhan, menghasilkan temuan berikut  ....
1)   sebagian kecil anak menganggap tumbuhan bukan makhluk hidup
2)   menurut anak tumbuhan tidak bernapas
3)   sedikit anak yang memahami kriteria suatu benda dinamakan makhluk hidup

47.   Temuan Wandersee tentang konsepsi dan miskonsepsi fotosintesis yang berhubungan dengan nutrisi tumbuhan adalah ....
1)   dalam proses fotosintesis dihasilkan protein
2)   tumbuhan makan air
3)   tumbuhan makan mineral

48.   Taksonomi adalah cabang biologi yang mencakup ....
1)   biosistematika organisme
2)   tatanama organisme
3)   klasifikasi organisme
49.   Klasifikasi mempunyai sifat penting seperti berikut ini ....
1)   pengelompokkan dimungkinkan untuk level yang berbeda/berjenjang
2)   struktur yang dilakukan bergantung pada penggunaan dan tujuan klasifikasi
3)   klasifikasi selalu dimulai dari jenjang yang lebih rendah kejenjang yang lebih tinggi

50.   Berikut yang merupakan pernyataan yang benar menyangkut hubungan antar takso dengan ciri-ciri makhluk hidup ....
1)   anggota spesies mempunyai persamaan sifat yang lebih banyak dari anggota genus
2)   anggota ordo mempunyai persamaan sifat yang lebih banyak dari anggota familia
3)   anggota ordo mempunyai persamaan sifat yang lebih banyak dari anggota kelas

51.   Berikut ini adalah pernyataan yang benar menyangkut letak dan penyebaran ikatan pembuluh pada tumbuhan ....
1)   letak ikatan pembuluh di akar berbentuk bintang dan dibatang berbentuk lingkaran
2)   pembuluh kayu dan parenkim membentuk berkas xylem
3)   berkas floem terbentuk dari pembuluh tapis dan sel pengiring

52.   Bila dibandingkan antara tumbuhan berbiji dengan tak berbiji terdapat perbedaan berikut antara lain ....
1)   tumbuhan berbiji merupakan tumbuhan kormus sedangkan tumbuhan tak berbiji merupakan tumbuhan talus
2)   tumbuhan berbiji mempunyai alat perkembangbiakan biji, sedangkan tumbuhan tak berbiji dengan spora
3)   tumbuhan berbiji daun muda tidak bergulung, tidak berkumpul sedangkan tumbuhan tak berbiji daun mudanya bergulung dan letak daun berkumpul

53.   Pada kehidupan di darat selain dipengaruhi oleh faktor biologis juga sangat dipengaruhi oleh ....
1)   intensitas matahari
2)   curah hujan dan air
3)   suhu udara dan kelembaban

54.   Berikut adalah pernyataan yang benar menyangkut pola kehidupan di air tawar ....
1)   organisme yang hidup dalam air tawar memiliki organ tubuh yang dapat mengatur tekanan osmosis
2)   produsen dalam kolam berfungsi sebagai penghasil oksigen bagi hewan air dan makanan bagi semua organisme di kolam
3)   ikan kecil berperan sebagai konsumen tingkat II dalam kolam

55.   Berikut ini adalah pernyataan yang benar menyangkut pola kehidupan di laut ....
1)   faktor suhu tidak berpengaruh besar terhadap organisme laut
2)   variasi jenis dan jumlah organisme paling banyak di dasar laut
3)   fitoplankton merupakan produsen utama di laut dan terdapat jaring-jaring makanan yang lebih beragam

56.   Kemajuan di bidang pertanian, perikanan dan peternakan mengakibatkan ....
1)   naiknya produksi bahan pangan
2)   tersedianya kebutuhan pangan manusia
3)   terjadinya peningkatan mutu makanan

57.   Untuk mengelola lingkungan dengan baik dan pelestarian keanekaragaman hayati peme-rintah mengeluarkan peraturan perundang-undangan antara lain ....
1)   UU Nomor 4/1982
2)   UU Nomor 5/1994
3)   UU Nomor 5/1967

58.   Usaha perlindungan dan pengawetan tanah dititikberatkan pada hal berikut antara lain ....
1)   membuat terasering pada tanah miring
2)   penanaman vegetasi penutup lapisan tanah
3)   penggunaan pupuk an-organik

59.   Pergerakan air secara vertikal dari akar ke daun didukung oleh teori-teori berikut ....
1)   teori vital yang mengatakan adanya sel-sel hidup yaitu sel-sel parenkim kayu dan sel-sel jari-jari empulur di sekitar xylem
2)   tekanan akar yang terbentuk dalam akar dan hukum kapilaritas
3)   adanya transpirasi lewat daun dan teori kohesi

60.   Peristiwa membuka dan menutupnya stomata antara lain berhubungan dengan keadaan, berikut ini ....
1)   penaikan dan penurunan pH
2)   mengubahan amilum menjadi glukosa atau sebaliknya oleh enzim posporilase
3)   naik turunnya nilai osmosis dan turgor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar