TUGAS MANDIRI
KURIKULUM DAN MATERI BIOLOGI SLTP
(PABI4421)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 30, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Dari struktur program pengajaran pada
kurikulum SD dan SLTP tahun 1994 dua bidang kegiatan atau mata pelajaran yang
mempunyai jumlah jam pelajaran lebih banyak adalah ....
A. Pendidikan Agama dan PPKN
B. Bahasa Indonesia dan Matematika
C. IPA dan IPS
D. muatan lokal dan Matematika
2. Kita memerlukan makanan sebagai sumber
energi. Bila kita tidak makan pada periode tertentu, maka untuk memperoleh
energi tubuh kita pertama sekali menggunakan ....
A. vitamin dalam tubuh
B. lemak dalam tubuh
C. protein dalam tubuh
D. karbohidrat dalam tubuh
3. Bila tiba-tiba tangan Anda terkena air panas,
maka sesegera mungkin Anda akan menarik tangan Anda. Sebelum Anda menarik
tangan Anda, reseptor menyampaikan rangsang ke-pada ....
A. otak besar
B. sum-sum tulang belakang
C. otak kecil
D. batang otak
4. Membran sel mempunyai sifat semi per-meabel
(selektif permeabel) maksudnya ....
A. merupakan lapisan paling luar sel
B. dapat melakukan semua zat ke dalam sel
C. tersusun dari lemak dan protein
D. terdapat zat-zat yang dapat masuk de-ngan
mudah dan ada yang sulit melewa-tinya
5. Terjadinya variasi atau keragaman sehingga
menimbulkan perbedaan fenotip pada makhluk hidup sejenis, pada dasarnya
dise-babkan oleh ....
A. perbedaan struktur molekul gen
B. faktor lingkungan
C. perbedaan jumlah kromosom
D. berasal dari induk yang berbeda
6. Suatu takson yang menunjukkan persamaan dalam
alat reproduksi dan menghasilkan keturunan yang steril dinamakan ....
A. spesies
B. genus
C. familia
D. ordo
7. Berikut ini adalah penulisan yang benar nama
ilmiah organisme kecuali ....
A. Gallus gallus bankiva
B. Habiscus sabdariffa var.
alba
C. Ratfus rattus norwegicus
D. Habiscus rosa sinensis
8. Ekosistem adalah kumpulan populasi yang
berada dalam suatu lingkungan beserta dengan faktor fisik dan aspek iklim yang
berkaitan satu dengan yang lainnya. Penger-tian ini dikemukakan oleh ....
A. R. E. Soeriaatmaja
B. Hadiat dkk
C. Peter H. Raven
D. Donald D. Ritchie
9. Dalam suatu daerah dengan penghuni yang
padat, memiliki kemungkinan bersaing lebih besar bila daerah itu dihuni oleh
satu spesies dibanding bila dihuni oleh berbagai spesies. Sebab
individu-individu dari satu spesies ....
A. kemungkinan untuk beremigrasi lebih kecil
B. mempunyai angka kematian yang sama
C. mempunyai kebutuhan biologi yang sama
D. dapat menghasilkan keturunan yang fertil
10. Penggunaan pestisida yang tidak mengikuti
aturan pakai dapat merugikan karena ....
A. bahan makanan yang dihasilkan tanaman beracun
B. merusak habitat
C. mematikan tanaman
D. mengubah keseimbangan komunitas
11. Gerakan-gerakan berikut ini tergolong taksis kecuali ....
A. bergeraknya gamet jantan menuju gamet betina pada tumbuhan lumut
B. bakteri-oksigen berkumpul di tempat yang menghasilkan O2
pada percobaan Engel-mann
C. gerak bakteri pada setetes air yang dialiri listrik ada jenis yang
mengumpul ke kutub +, ada yang mengumpul ke kutub -
D. gerak kecambah membelok menghindari zat kimia racun
12. Pengetahuan manusia akan adanya fotope-riodisme memberikan
keuntungan dalam bidang pertanian sehingga manusia dapat melakukan hal-hal
berikut kecuali ....
A. dapat memilih tanaman apa yang harus diusahakan pertumbuhan dan
perbu-ngaannya dalam hari-hari pendek atau-pun dalam hari-hari panjang
B. dapat mengusahakan panenan lebih dari satu kali
C. dapat memberi kesempatan untuk mun-culnya tanaman pengganggu,
kemudian memberantasnya, baru menanam bibit yang diinginkan
D. dapat menambah atau mengurangi penyi-naran dan suasana gelap
13. Pada akhir caturwulan 2, Tono memperoleh data penilaian pada
bidang studi IPA sebagai berikut
Nilai ulangan harian 1 = 7,7
Nilai ulangan harian 2 = 8,8
Nilai ulangan harian 3 = 6,9
Nilai ulangan umum = 7,6
Nilai caturwulan I = 7,7
Dari data di atas dapat diperoleh bahwa nilai
rapor Tono pada mata pelajaran IPA dalam caturwulan II adalah ....
A. 7
B. 7,5
C. 8
D. 8,5
14. Perhatikan nama organ-organ tubuh manusia berikut ini
1.
faring
|
5.
mulut
|
2.
esofagus
|
6.
ventrikulus
|
3.
hidung
|
7.
paru-paru
|
4.
sum-sum tulang belakang
|
8.
jantung
|
Dari organ-organ tubuh di atas, yang ter-masuk
anggota sistem pencernaan makanan adalah nomor ....
A. 3, 4, 5, 6
B. 1, 2, 3, 4
C. 1, 2, 5, 6
D. 1, 3, 4, 5
15. Macam-macam adaptasi
1. burung bangau mempunyai 2
rahang yang panjang
2. serangga
yang menyerupai daun hijau
3. paruh
burung kolibri panjang
4. sejenis tupai yang hidup di padang pasir mampu mengekstrak air dan
biji-biji yang dimakannya sehingga tidak pernah minum
5. jumlah sel darah merah manusia di dataran tinggi lebih banyak dari
orang yang tinggal di dataran rendah
6. bunglon mengubah warna tubuh sesuai tempat tinggalnya
7. hewan berkaki seribu menggulung badan bila menghadapi bahaya
8. sejenis tumbuhan dapat menghambat pertumbuhan tumbuhan disekitarnya
de-ngan menghasilkan bau-bauan
Diantara macam adaptasi di atas, yang termasuk
adaptasi fisiologi adalah nomor ....
A. 1, 2, 3
B. 4, 5, 8
C. 3, 5, 7
D. 2, 4, 6
16. Perhatikan ciri-ciri tumbuhan biji berikut
1. habitat
semak, perdu atau pohon
2. sistem
akar serabut dan akar tunggang
3. sistem
akar tunggang
4. batang
tegak lurus dan bercabang-cabang
5. batang bermacam-macam dan bercabang-cabang
6. sistem
pertulangan dan banyak ragamnya
7. sistem pertulangan daun tidak banyak ragamnya
8. bunga tersusun dari sporafil dan bagian-bagiannya
Dari ciri-ciri di atas, yang termasuk ciri
tumbuhan biji terbuka adalah
A. 1, 2, 5, 6
B. 2, 4, 6, 8
C. 2, 5, 6, 8
D. 1, 3, 4, 7
17. Ketentuan pemberian nama takson adalah sebagai berikut ....
1. bersifat
ganda
2. diberi
akhiran aceae, tidak dicetak miring
3. berbentuk
tunggal
4. terdiri dari satu kata benda berbentuk tunggal, dicetak miring
5. pada tumbuhan boleh tantonim, hewan tidak
6. kata kedua sebagai petunjuk jenis (epitheton specificum)
7. tidak boleh lebih dari 2 kata
8. ditulis dengan memakai huruf miring atau garis bawah
Ketentuan pemberian nama kategori jenis (spesies)
adalah ....
A. 1, 2, 4, 5
B. 2, 4, 7, 8
C. 3, 4, 5, 7
D. 1, 3, 6, 8
18. Suatu populasi bertambah secara perlahan, kemudian meningkat
dengan cepat, tetapi segera menurun secara bertahap karena hambatan lingkungan
sampai kurang lebih tercapainya tingkat keseimbangan yang konstan. Kurva
pertumbuhan populasi di atas ditunjukkan oleh gambar berikut ....

19. Dalam suatu ekosistem terdapat komponen dasar seperti
1.Produser (tumbuhan, alga)
2. Nutrien
3. Konsumen sekunder
4. Konsumen primer
5. Dekomposer (pengurai)
Dari komponen di atas, terjadinya siklus materi
ditunjukkan gambar berikut ....

20. Ciri-ciri bioma antara lain ....
1. amplitudo harian cukup tinggi dan curah hujan yang rendah
2. presipitasi rendah di musim panas dan tinggi di musim dingin
3. kecepatan penguapannya lebih tinggi dibandingkan penguapan makhluk
hidup
4. ketebalan vegetasi berbanding terbalik dengan amplitudo harian
5. amplitudo harian rendah dan curah hujan tinggi
6. curah hujan sebanding dengan ketebalan vegetasi
7. ditumbuhi oleh tumbuhan konifer
8. sangat disenangi oleh herbivora
Dari
ciri-ciri di atas yang dimiliki oleh bioma padang rumput adalah ....
A. 1, 4, 6, 8
B. 2, 3, 5, 7
C. 3, 4, 5, 7
D. 2, 5, 7, 8
21. Perhatikan tabel berikut!
|
Pengaruh
pada pertumbuhan
|
|||
Macam
interaksi
|
Tidak
berhubungan
|
Berhubungan
|
||
|
A
|
B
|
A
|
B
|
Netralisme
(A dan B independen)
|
o
|
o
|
o
|
o
|
Kompetisi
(A dan B bersaing)
|
o
|
o
|
-
|
-
|
Mutualisme
(A dan B partner)
|
-
|
-
|
+
|
+
|
Komensalisme
(A = komensal B = hospes)
|
-
|
o
|
+
|
o
|
Parasitisme
(A = parasit; B = hospes)
|
-
|
o
|
+
|
-
|
Predasi
(A = predator; B = mangsa)
|
-
|
o
|
+
|
-
|
Keterangan
+ = pertumbuhan populasi meningkat
- =
pertumbuhan populasi menurun
o = pertumbuhan
populasi tidak terpengaruh
A = populasi A
B = populasi B
Dari tabel di atas, dapat disimpulkan hasil
hubungan interaksi yang benar adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. pada hubungan netralisme kedua populasi tidak saling mempengaruhi
B. pada hubungan parasitisme dan predasi interaksi merupakan
keharusan bagi A, dan B terganggu/terhambat
C. pada hubungan kompetisi populasi yang kalah keluar dari niche dan
pada mutualisme interaksi merupakan keharusan bagi kedua belah pihak
D. pada
hubungan komensalisme dan parasitisme interaksi merupakan keharusan bagi B,
sedangkan A tidak terganggu
22. Faktor yang mempengaruhi transpirasi adalah sebagai berikut
1. besar-kecilnya daun
2. radiasi
3. tebal-tipisnya
daun
4. suhu
5. bentuk
lokasi stomata
6. angin
7. banyak sedikitnya bulu pada
permukaan daun
8. keadan
air dalam tanah
Dari faktor-faktor di atas yang merupakan faktor
luar yang mempengaruhi transpirasi adalah ....
A. 2, 4, 6, 8
B. 1, 2, 3, 5
C. 1, 4, 5, 7
D. 1, 3, 5, 7
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 23 SAMPAI
40, PILIHLAH:
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA
MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH!
23. Selain terdapat dalam Pembukaan UUD 1945, tujuan pendidikan
nasional juga tercantum dalam Undang-undang Nomor 2 tahun 1989,
sebab
tujuan
pendidikan nasional dalam Undang-undang Nomor 2 tahun 1989 tercantum pada bab II
pasal 4.
24. Jumlah jam pelajaran IPA per minggu pada kelas IV sampai dengan
kelas VI SD sama dengan jumlah jam pelajaran IPA per minggu di kelas I sampai
dengan kelas III SLTP,
sebab
ruang
lingkup dan bahan materi IPA baik di SD maupun di SLTP adalah sama.
25. Tujuan pengajaran IPA di SLTP terutama adalah agar siswa memahami
konsep-konsep IPA dan saling keterkaitannya,
sebab
dengan
memahami konsep-konsep IPA se-cara tersendiri maupun antar kaitannya akan
meningkatkan kesadaran dan kepedulian siswa terhadap kelestarian lingkungan,
nasio-nalisme dan kebesaran Pencipta.
26. Dalam pelaksanaan kegiatan belajar meng-ajar guru dimungkinkan
untuk mengubah urutan baik antar konsep/sub konsep maupun antar caturwulan,
sebab
penyusunan
bahan ulangan/ujian umum caturwulan III mencakup materi/bahan caturwulan 1,
caturwulan 2 dan caturwulan 3.
27. Dilihat dari strukturnya virus tidak digolongkan kepada sel hewan
maupun tumbuhan,
sebab
virus
tidak mengandung membran yang semipermeabel dan hanya dapat membiak pada sel
makhluk hidup.
28. Dua individu sejenis yang mempunyai fenotip yang sama akan
mempunyai genotip yang sama pula,
sebab
fenotip
merupakan gabungan dari pengaruh genotip dan lingkungan.
29. Hasil temuan Bell mengungkapkan bahwa anak telah mempunyai konsep
yang benar bahwa tumbuhan membuat makanannya sendiri dengan menggunakan cahaya,
air dan karbondioksida,
sebab
bila
anak beranggapan bahwa tumbuhan mengambil makanan dari lingkungan luarnya
adalah miskonsepsi.
30. Salah satu cara yang digunakan guru untuk menghilangkan
miskonsepsi anak adalah dengan memberikan pengalaman belajar,
sebab
dalam
pembelajaran guru sebaiknya memper-hatikan konsep awal yang dimiliki oleh anak.
31. Klasifikasi makhluk hidup pada awalnya didasarkan pada persamaan
dan perbedaan yang tampak dari luar saja,
sebab
tujuan
klasifikasi makhluk hidup pada tahap awal adalah untuk memudahkan studi secara
umum.
32. Kuda dan keledai dikelompokkan dalam satu spesies,
sebab
kuda
dan keledai dapat melakukan hibridisasi menghasilkan keturunan yang fertil.
33. Dibandingkan dengan anggota vertebrata lainnya, ular mempunyai
ruas tulang punggung yang jauh lebih banyak,
sebab
jumlah
ruas tulang punggung yang banyak menghasilkan ular dapat bergerak melingkar.
34. Bulu plumae dan bulu filoplumae pada burung berbeda secara
morfologis,
sebab
plumae
merupakan bulu-bulu besar yang menyelubungi tubuh burung sedangkan filoplumae
merupakan bulu yang halus seperti rambut dan terletak di antara plumae.
35. Bila dua individu mempunyai banyak perbedaan fisiologis dan
morfologis maka kedua individu tersebut dikatakan beda spesies,
sebab
dua
individu dikatakan berbeda spesies apabila perkawinan antara kedua individu
tersebut menghasilkan keturunan yang steril.
36. Bagi anak yang baru belajar klasifikasi perlu diberikan nama-nama
ilmiah organisme untuk mereka hafalkan,
sebab
siswa
yang telah mengetahui banyak nama ilmiah organisme akan lebih mudah mengerti
materi klasifikasi.
37. Pola sebaran individu dalam populasi secara mengelompok merupakan
pola sebaran yang relatif paling umum terdapat di alam,
sebab
penyebaran
individu secara mengelompok terjadi karena respon individu suatu spesies
terhadap kondisi lokal yang baik akibat adanya interaksi sosial dan akibat
kegiatan perkembangbiakan sehingga terjadi pengelompokkan aktif
individu-individu membentuk suatu organisasi.
38. Untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran akan peran manusia
dalam pengelolaan lingkungan perlu ditempuh pendidikan lingkungan hidup baik
pendidikan formal, non formal dan informal,
sebab
pendidikan
formal lingkungan hidup dilakukan melalui pendekatan monolitik di perguruan
tinggi dan pendekatan integratif di sekolah dasar dan menengah.
39. Pernapasan aerob dibedakan dari pernapasan an-aerob berdasarkan
zat yang dihasilkannya,
sebab
pada
pernapasan aerob dihasilkan karbondioksida, air dan energi, sedangkan pada
pernapasan an-aerob dihasilkan karbondioksida, alkohol dan energi.
40. Tumbuhan bersel satu dapat bergerak dalam arti berpindah-pindah
tempat dan tumbuhan tinggi tidak dapat berpindah-pindah tempat secara bebas,
sebab
pergerakan
tumbuhan bersel satu merupakan gerakan lokomotoris sedangkan pergerakan
tumbuhan tinggi merupakan gerakan alasotonis.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 41
SAMPAI 60, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
41. Berikut ini adalah perbedaan antara penilaian kegiatan dan
kemajuan belajar dengan penilaian hasil belajar ....
1) penilaian kegiatan dan kemajuan belajar bertujuan untuk keperluan
dan perbaikan serta peningkatan kegiatan belajar siswa sedangkan penilaian
hasil belajar dititikberatkan untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan dan
kemampuan yang telah dicapai siswa pada akhir program tertentu
2) penilaian kegiatan dan kemajuan belajar dilaksanakan pada akhir
caturwulan sedangkan penilaian hasil belajar dilaksanakan pada akhir tahun
ajaran
3) penilaian kegiatan dan kemajuan belajar direncanakan oleh sekolah
sedangkan penilaian hasil belajar direncanakan oleh kantor wilayah Depdikbud
42. Berikut ini adalah pernyataan yang benar menyangkut pembahasan
kedalaman konsep dan sub konsep pengajaran biologi di SLTP ....
1) dipengaruhi oleh alokasi waktu per konsep atau sub konsep
2) berkaitan dengan perkembangan intelektual siswa
3) perlu mempertimbangkan konsep prasyarat di SD serta konsep
prasyarat di SMU
43. Melalui identifikasi Wandersee terdapat miskonsepsi siswa mengenai
bagaimana tanaman membuat makanan, antara lain ....
1) akar menyerap zat-zat organik dan an-organik dari dalam tanah
2) tumbuhan memperoleh vitamin dari tanah
3) tumbuhan memperoleh protein dari tanah
44. Diantara pernyataan berikut, pernyataan yang benar menyangkut
peristiwa mutasi ....
1) mutasi terjadi pada gen tidak pada kromosom
2) mutasi menyebabkan perubahan struktur, urutan DNA
3) mutasi dapat menguntungkan atau merugikan individu yang mengalami
mutasi
45. Diantara makhluk hidup berikut yang tergolong satu spesies adalah
....
1) harimau Sumatera dan harimau Jawa
2) padi PB 8 dengan padi IR 26
3) kuda dan keledai
46. Penelitian Stavy dan Wax terhadap anak SLTP tentang konsep
tumbuhan, menghasilkan temuan berikut
....
1) sebagian kecil anak menganggap tumbuhan bukan makhluk hidup
2) menurut anak tumbuhan tidak bernapas
3) sedikit anak yang memahami kriteria suatu benda dinamakan makhluk
hidup
47. Temuan Wandersee tentang konsepsi dan miskonsepsi fotosintesis
yang berhubungan dengan nutrisi tumbuhan adalah ....
1) dalam proses fotosintesis dihasilkan protein
2) tumbuhan makan air
3) tumbuhan makan mineral
48. Taksonomi adalah cabang biologi yang mencakup ....
1) biosistematika organisme
2) tatanama organisme
3) klasifikasi organisme
49. Klasifikasi mempunyai sifat penting seperti berikut ini ....
1) pengelompokkan dimungkinkan untuk level yang berbeda/berjenjang
2) struktur yang dilakukan bergantung pada penggunaan dan tujuan
klasifikasi
3) klasifikasi selalu dimulai dari jenjang yang lebih rendah
kejenjang yang lebih tinggi
50. Berikut yang merupakan pernyataan yang benar menyangkut hubungan
antar takso dengan ciri-ciri makhluk hidup ....
1) anggota spesies mempunyai persamaan sifat yang lebih banyak dari
anggota genus
2) anggota ordo mempunyai persamaan sifat yang lebih banyak dari
anggota familia
3) anggota ordo mempunyai persamaan sifat yang lebih banyak dari
anggota kelas
51. Berikut ini adalah pernyataan yang benar menyangkut letak dan
penyebaran ikatan pembuluh pada tumbuhan ....
1) letak ikatan pembuluh di akar berbentuk bintang dan dibatang
berbentuk lingkaran
2) pembuluh kayu dan parenkim membentuk berkas xylem
3) berkas floem terbentuk dari pembuluh tapis dan sel pengiring
52. Bila dibandingkan antara tumbuhan berbiji dengan tak berbiji
terdapat perbedaan berikut antara lain ....
1) tumbuhan berbiji merupakan tumbuhan kormus sedangkan tumbuhan tak
berbiji merupakan tumbuhan talus
2) tumbuhan berbiji mempunyai alat perkembangbiakan biji, sedangkan
tumbuhan tak berbiji dengan spora
3) tumbuhan berbiji daun muda tidak bergulung, tidak berkumpul
sedangkan tumbuhan tak berbiji daun mudanya bergulung dan letak daun berkumpul
53. Pada kehidupan di darat selain dipengaruhi oleh faktor biologis
juga sangat dipengaruhi oleh ....
1) intensitas matahari
2) curah hujan dan air
3) suhu udara dan kelembaban
54. Berikut adalah pernyataan yang benar menyangkut pola kehidupan di
air tawar ....
1) organisme yang hidup dalam air tawar memiliki organ tubuh yang
dapat mengatur tekanan osmosis
2) produsen dalam kolam berfungsi sebagai penghasil oksigen bagi
hewan air dan makanan bagi semua organisme di kolam
3) ikan kecil berperan sebagai konsumen tingkat II dalam kolam
55. Berikut ini adalah pernyataan yang benar menyangkut pola kehidupan
di laut ....
1) faktor suhu tidak berpengaruh besar terhadap organisme laut
2) variasi jenis dan jumlah organisme paling banyak di dasar laut
3) fitoplankton merupakan produsen utama di laut dan terdapat
jaring-jaring makanan yang lebih beragam
56. Kemajuan di bidang pertanian, perikanan dan peternakan mengakibatkan
....
1) naiknya produksi bahan pangan
2) tersedianya kebutuhan pangan manusia
3) terjadinya peningkatan mutu makanan
57. Untuk mengelola lingkungan dengan baik dan pelestarian
keanekaragaman hayati peme-rintah mengeluarkan peraturan perundang-undangan
antara lain ....
1) UU Nomor 4/1982
2) UU Nomor 5/1994
3) UU Nomor 5/1967
58. Usaha perlindungan dan pengawetan tanah dititikberatkan pada hal
berikut antara lain ....
1) membuat terasering pada tanah miring
2) penanaman vegetasi penutup lapisan tanah
3) penggunaan pupuk an-organik
59. Pergerakan air secara vertikal dari akar ke daun didukung oleh
teori-teori berikut ....
1) teori vital yang mengatakan adanya sel-sel hidup yaitu sel-sel
parenkim kayu dan sel-sel jari-jari empulur di sekitar xylem
2) tekanan akar yang terbentuk dalam akar dan hukum kapilaritas
3) adanya transpirasi lewat daun dan teori kohesi
60. Peristiwa membuka dan menutupnya stomata antara lain berhubungan
dengan keadaan, berikut ini ....
1) penaikan dan penurunan pH
2) mengubahan amilum menjadi glukosa atau sebaliknya oleh enzim
posporilase
3) naik turunnya nilai osmosis dan turgor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar