TUGAS MANDIRI
KURIKULUM DAN MATERI BIOLOGI SMU
(PABI4422)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 56, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. GBPP merupakan patokan bagi guru sebagai
pelaksana pembelajaran, karena itu urutan silabusnya
A. mutlak tidak boleh dilanggar termasuk
menggeser urutannya.
B. boleh dipertukarkan asal masih sama-sama
berada pada caturwulan yang sama.
C. tidak boleh dipertukarkan tetapi ada keleluasaan
untuk menambah isinya.
D. boleh dipertukarkan secara bebas asal tidak
mengubah isinya.
2. Buku yang dijadikan acuan pembelajaran dan
pegangan para siswa
A. harus buku paket resmi yang dikeluarkan oleh
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
B. boleh menggunakan buku lain jika berdasarkan
pertimbangan kedalaman dan keluasan materinya lebih baik dari buku paket.
C. harus buku yang telah ditentukan oleh kepala
sekolah, bisa buku paket atau bukan paket.
D. boleh ditentukan oleh masing-masing siswa
sesuai dengan minat dan seleranya sehingga motivasi belajar siswa dapat
dipertahankan.
3. Materi-materi yang tercantum dalam GBPP
mutlak harus diajarkan, karena
A. GBPP berlaku secara nasional.
B. isi materi GBPP sesuai dengan kebutuhan
siswa.
C. isi materi GBPP sesuai dengan kebutuhan
masyarakat.
D. isi GBPP sesuai dengan tuntutan jaman.
4. Meja, manusia, merupakan konsep. Hal-hal yang
abstrak juga dapat berupa konsep, misalnya cinta dan kejujuran. Jadi yang
dimaksud dengan konsep adalah
A. abstraksi dari ciri-ciri sesuatu yang
mempermudah komunikasi antarmanusia dan memungkinkan manusia berpikir.
B. benda-benda yang memiliki ciri khas dan
terwakili dalam setiap budaya oleh suatu tanda atau simbol.
C. kejadian-kejadian yang memiliki ciri khas dan
terwakili dalam setiap budaya oleh suatu tanda atau simbol.
D. situasi-situasi atau ciri-ciri yang memiliki
ciri khas dan terwakili dalam setiap budaya oleh suatu tanda atau simbol.
5. Mengajar menyangkut transfer konsep,
keterampilan, dan nilai dari pengajar ke peserta didik. Tetapi yang paling
diutamakan dalam pengajaran adalah
A. konsep.
B. nilai.
C. keterampilan.
D. proses.
6. Apa yang Anda ketahui tentang peta konsep?
A. Peta konsep adalah semacam jaringan
pengetahuan di dalam kepala manusia.
B. Peta konsep adalah keterpaduan dan ketepatan
hubungan antara konsep-konsep.
C. Peta konsep adalah alat peraga untuk
memperlihatkan hubungan antara beberapa konsep.
D. Peta konsep adalah tafsiran perorangan
terhadap suatu konsep ilmu.
7. Tidak semua orang memiliki tafsiran yang sama
terhadap suatu konsep ilmu. Tafsiran perorangan terhadap suatu konsep ilmu itu
kita sebut
A. konsepsi.
B. miskonsepsi.
C. peta konsep.
D. belajar konsep.
8. Konsep yang dimiliki siswa sebelum terjadinya
pembelajaran disebut
A. konsepsi.
B. miskonsepsi.
C. pra-konsepsi.
D. peta konsep.
9. Kalau kita membicarakan variasi dari jenis
kelapa yang tumbuh di sekitar kita, berarti kita tengah membicarakan
keanekaragaman hayati pada tingkat
A. ekosistem.
B. habitat.
C. jenis.
D. gen.
10. Dalam pembelajaran klasifikasi, penggunaan pendekatan dan
dasar/kriteria yang berbeda akan menghasilkan beberapa alternatif sistem
klasifikasi. Untuk tingkat SMU sistem klasifikasi yang cocok untuk “kegiatan
proses” digunakan sistem
A. praktis.
B. buatan.
C. alam.
D. filogenik.
11. Untuk membelajarkan topik keanekaragaman hayati, pembelajaran akan
lebih bermakna kalau kita menggunakan pendekatan
A. konsep.
B. kelompok.
C. lingkungan.
D. penemuan.
12. Suatu organisme memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- ukurannya
antara 100 sampai dengan 3000 Angstrom
- strukturnya
sederhana, hanya terdiri dari asam nukleat dan kapsid
- tidak
dapat hidup mandiri di luar sel yang hidup
Maka organisme yang dimaksud
adalah
A. jamur.
B. bakteri.
C. virus.
D. protozoa.
13. Virus dalam reproduksinya memerlukan materi dan energi dari sel
makhluk hidup yang menjadi inangnya, sehingga ia hanya dapat bereproduksi bila
berada dalam sel makhluk hidup. Kesimpulan apakah yang dapat Anda kemukakan
sehubungan dengan keadaan makhluk hidup yang ditumpanginya?
A. Makhluk hidup yang menjadi inangnya mengalami mutasi gen.
B. Protoplasma sel-sel tubuh makhluk hidup yang menjadi inangnya
habis digunakan.
C. Makhluk hidup yang menjadi inangnya banyak menderita kerugian.
D. Sel-sel tubuh makhluk hidup yang menjadi inangnya segera mengalami
lisis.
14. Dari pengamatan setetes air, seorang siswa menemukan hewan dengan
ciri-ciri :
- bentuk
tubuh berubah-ubah
- tidak
berdinding sel
- dapat
membuat kaki semu
- tidak
berklorofil
Berdasarkan ciri-ciri di atas,
hewan tersebut masuk dalam kelas
A. Cilliata.
B. Sporozoa.
C. Flagellata.
D. Rhizopoda.
15. Seorang siswa menemukan seekor hewan yang mempunyai ciri-ciri
antara lain: bentuk pipih memanjang, tidak bersayap, tidak ada kaki, habitat di
air tawar, panjangnya sekitar 6 cm dan lebar 0,5 cm. Kemungkinan hewan tersebut
adalah
A. Planaria.
B. Faciola.
C. larva Crustacea.
D. larva Insekta.
16. Pelapukan arca di candi Borobudur di antaranya diakibatkan oleh
sejenis Lichenes, karena Lichenes
A. mempunyai akar kuat yang dapat menembus batu.
B. mengeluarkan zat tertentu yang dapat melapukkan batu.
C. merupakan simbiosis antara alga dan jamur.
D. termasuk ke dalam tumbuhan perintis.
17. Dalam suatu ekosistem sawah terdapat komponen-komponen
(i) fitoplankton (iv) bakteri saprofit
(ii) ikan karnivora (v) ikan herbivora
(iii) zat-zat organik (vi) ular
Dari komponen-komponen di atas,
kita dapat menyusun suatu rantai makanan dengan urutan
A. (iii) ® (v) ® (i) ®
(ii) ® (vi) ® (iv).
B. (i) ® (vi) ® (v) ®
(ii) ® (iv) ® (iii).
C. (iii) ® (i) ® (v) ®
(ii) ® (vi) ® (iv).
D. (i) ® (v) ® (ii) ®
(vi) ® (iv) ® (iii).
18. Suatu daerah memiliki karakterisitik sebagai berikut : beriklim
kutub dengan musim dingin yang panjang atau musim panas yang panjang, jenis
tumbuhannya lumut dan jenis hewannya umumnya hewan yang datang pada musim
panas. Dengan melihat beberapa karakteristik di atas dapat dipastikan daerah
tersebut merupakan ekosistem
A. taiga.
B. tundra.
C. hutan basah.
D. padang rumput.
19. Pada setiap ekosistem akan kita temukan : rantai makanan, jumlah
organisme, dan ukuran populasi. Hasil interaksi antarfaktor di atas akan
membentuk suatu
A. tingkat trofik.
B. struktur trofik.
C. piramida ekologi.
D. jaring-jaring makanan.
20. Dalam melakukan suatu kegiatan hidup, makhluk hidup memerlukan
energi. Energi yang berasal dari sinar matahari diserap oleh tumbuhan hijau dan
melalui proses fotosintesis energi tersebut diubah menjadi makanan. Semua
makhluk hidup lain kecuali produsen baik secara langsung maupun tidak langsung
menggunakan makanan itu sebagai sumber tenaga. Tenaga tersebut akan mengalir
dari matahari ke produsen, konsumen, pengurai, dan kembali ke alam. Proses ini
dinamakan
A. siklus energi.
B. kekekalan energi.
C. aliran energi.
D. piramida energi.
21. Sampah organik di dalam sungai atau kolam menyebabkan kadar O2
dalam air berkurang sehingga mengganggu kehidupan organisme yang ada. Maka
usaha yang paling tepat, sebaiknya sampah organik itu
A. ditumpuk di tempat sampah.
B. dikeringkan lalu dibakar.
C. ditimbun di dalam tanah.
D. dijadikan pupuk kompos.
22. Di bawah ini beberapa contoh sumber daya alam :
1. minyak bumi 5. tanah
2. hutan 6. gas bumi
3. air 7. mikroorganisme
4. bahan tambang
Yang termasuk sumberdaya alam
yang terbarukan adalah
A. 1, 2, 3, 4.
B. 2, 3, 4, 5.
C. 2, 3, 6, 7.
D. 2, 3, 5, 7.
23. Dengan didahului oleh sejumlah penelitian, Matthew J. Schleiden
dan Theodor Schwann membuat suatu generalisasi bahwa tumbuhan dan hewan terdiri
atas sel. Dari kenyataan ini lahirlah teori sel yang pertama, “sel merupakan
unit struktural makhluk hidup:” artinya
A. sel merupakan pembangunan tubuh makhluk hidup.
B. semua fungsi-fungsi kehidupan berlangsung di dalam sel.
C. sel merupakan unit reproduksi makhluk hidup.
D. menurunnya karakter individu kepada turunannya terjadi melalui
reproduksi sel.
24. Sel tumbuhan cenderung memiliki bentuk yang tetap jika
dibandingkan dengan sel hewan, karena sel tumbuhan
A. memiliki membran inti.
B. memiliki dinding sel.
C. ukurannya relatif besar.
D. ukurannya relatif kecil.
25. Dari irisan batangnya, sebuah tanaman memiliki ciri-ciri berikut:
- hipodermis
tersusun dari jaringan sklerenkim
- bagian
empulur tak nyata
- berkas
pengangkut tersebar, makin ke tengah makin besar
- sarung
berkas pengangkut nyata
Dari ciri-ciri di atas dapat
disimpulkan, tanaman tersebut termasuk ke dalam kelompok tumbuhan
A. Dikotil.
B. Monokotil.
C. Algae.
D. Pteridophita.
26. Jaringan yang satu dapat dibedakan dengan jaringan yang lain,
perbedaannya terletak pada
A. bentuk sel penyusunnya.
B. zat penyusun selnya.
C. komponen matriksnya.
D. komposisi membrannya.
27. Yang membedakan pertumbuhan pada tumbuhan dan pertumbuhan pada
hewan adalah
A. pertumbuhan pada tumbuhan terjadi pada seluruh bagian, pada hewan
tidak.
B. pertumbuhan pada tumbuhan terjadi pada seluruh bagian, pada
tumbuhan tidak.
C. pertumbuhan pada tumbuhan ada batasnya, pada hewan tidak ada
batasnya.
D. pertumbuhan pada tumbuhan tidak ada batasnya, pada hewan ada
batasnya.
28. Untuk menjelaskan konsep metamorfosis melalui proses pengamatan,
objek yang paling tepat adalah
A. perkembangan kupu-kupu dari telur hingga dewasa.
B. perkembangan ayam dari zigot hingga menjadi dewasa.
C. siklus hidup mencit.
D. siklus hidup kelinci.
29. Perhatikan jenis-jenis organ di bawah ini!
1. rambut 6.
kuku
2. rangka 7. kulit
3. otot 8. kelenjar paratiroid
4. telinga tengah 9. sistem vaskuler
5. paru-paru
Organ yang dibentuk oleh lapisan
benih endoderm adalah
A. 2, 3, 9.
B. 1, 6, 7.
C. 4, 5, 8.
D. 2, 4, 7.
30. Jika kita ingin mengemukakan konsep bahwa setelah terjadi
pembuahan akan terjadi pertumbuhan, perkembangan, dan dilanjutkan dengan
organogenesis, maka kegiatan yang memungkinkan dilakukan adalah mengamati
perkembangan embrio
A. sapi.
B. mencit.
C. ayam.
D. manusia.
31. Dalam suatu pembelajaran seorang guru melakukan kegiatan sebagai
berikut: “Anak-anak, coba kalian perhatikan tumbuhan mahoni yang tumbuh di
daerah terbuka dengan tumbuhan yang hidup di daerah yang rimbun, kemudian
kalian prediksikan, faktor apa yang berpengaruh terhadap perbedaan pertumbuhan
dan perkembangan dari kedua tumbuhan tersebut?” Pada kegiatan di atas pemahaman
konsep yang ingin ditanamkan guru adalah
A. pertumbuhan dan perkembangan tanaman dipengaruhi faktor internal.
B. pertumbuhan dan perkembangan tanaman dipengaruhi faktor eksternal.
C. tumbuhan yang tumbuh di daerah terbuka memiliki morfologi yang
lebih kecil.
D. tumbuhan yang tumbuh di daerah terbuka memiliki morfologi yang
lebih besar.
32. Perjalanan impuls di dalam otot terjadi apabila
A. sisi dalam membran serabut otot bermuatan positif.
B. sisi dalam membran serabut otot bermuatan negatif.
C. terdapat muatan yang sama antara sisi dalam dan sisi luar membran
serabut otot.
D. ion Na+ dari dalam membran ke luar.
33. Gerak memilinnya sulur markisa merupakan contoh dari gerak
A. thigmotropi.
B. fototropi.
C. kemotropi.
D. geotropi.
34. Pot yang berisi tanaman diletakkan dalam posisi miring dan ditutup
dengan kotak yang tidak tembus cahaya. Dalam posisi itu ujung batang tanaman
akan tumbuh mengarah
A. lurus ke samping.
B. ke arah sinar.
C. ke bawah.
D. ke atas.
35. Dalam percobaan Engelman, dapat diketahui bahwa bakteri oksigen
banyak berkerumun di tempat yang banya oksigen sebagai hasil fotosintesis.
Gerak bakteri oksigen tersebut merupakan gerak
A. fototaksis.
B. kemotaksis.
C. fototropi.
D. kemotropi.
36. Dalam suatu pemeriksaan kesehatan, dokter mengatakan tensi Anda
120/80 mm Hg. Artinya angka tersebut menunjukkan tekanan
A. sistolis/diastolis.
B. diastolis/sistolis.
C. diastolis/diastolis.
D. sistolis/sistolis.
37. Pada mamalia, darah yang berasal dari seluruh tubuh akan menuju ke
A. atrium kanan melalui sistem vena.
B. ventrikel kanan melalui sistem vena.
C. atrium kiri melalui sistem vena.
D. ventrikel kiri melalui sistem vena.
38. Reptil
memiliki jantung yang sudah terbagi menjadi 4 ruang, 2 atrium dan 2 ventrikel,
tetapi sekat yang memisahkan kedua ventrikel belum sempurna, kecuali pada
A. kura-kura.
B. buaya.
C. cecak.
D. ular.
39. Ketika katak berada di dalam air pertukaran O2 dengan
CO2 terjadi pada
A. paru-paru.
B. insang.
C. kulit.
D. tekak.
40. Pada hewan herbivora seperti kuda dan kelinci, di tempat pertemuan
antara usus halus dan usus besar terdapat kantung panjang yang disebut sekum,
tempat ini berisi mikroflora yang membantu mencernakan selulosa. Pada manusia,
sekum ini sangat kecil dan dikenal dengan istilah
A. duodenum.
B. jejenum.
C. ileum.
D. apendiks.
41. Dalam suatu pembelajaran guru menjelaskan bahwa fotosintesis pada
tumbuhan hijau terjadi pada kloroplas melalui dua tahap reaksi, yaitu reaksi
terang dan reaksi gelap. Selanjutnya guru menjelaskan pula kedua tahapan reaksi
tersebut. Dua minggu setelah itu guru membuat tes untuk materi tersebut. Pada
suatu butir soal ditanyakan“ mengapa siklus Calvin sering disebut reaksi
gelap?” Setengah dari siswa menjawab “karena reaksi tersebut terjadi pada malam
hari”, padahal jawaban yang benar adalah ”karena reaksi tersebut tidak
tergantung kepada cahaya melainkan pada enzim” (terjadinya tetap pada siang hari).
Kasus di atas memberi indikasi telah terjadi
miskonsepsi pada siswa. Dengan mencermati kasus di atas coba Anda jelaskan apa
yang dimaksud dengan miskonsepsi?
A. tafsiran yang salah terhadap suatu konsep ilmu.
B. tafsiran perorangan terhadap suatu konsep ilmu.
C. konsep yang dimiliki siswa sebelum pembelajaran berlangsung.
D. konsep yang dimiliki siswa setelah pembelajaran berlangsung.
42. Perhatikan ciri-ciri Arthropoda berikut!
Kelas
|
Habitat
|
Anggota
gerak
|
Antena
|
Pernafasan
|
P
|
air
|
5
pasang
|
2
pasang
|
insang
|
Q
|
darat
|
4
pasang
|
tidak
ada
|
paru-paru
buku
|
R
|
darat
|
10-200
pasang
|
1
pasang
|
trakea
|
S
|
kecuali
laut
|
3
pasang
|
1
pasang
|
trakea
|
T
|
air
|
4
pasang
|
2
pasang
|
difusi
|
Berdasarkan tabel di atas yang termasuk kelas
Myriapoda adalah
A. P.
B. Q.
C. R.
D. T.
43. Perhatikan tabel berikut!
Jenis
jamur
|
Produksi
|
Peranan
bagi manusia
|
1.
Aspergillus
|
A.
alkohol
|
P.
racun
|
2.
Saccharomyces
|
B.
alfatoksin
|
Q.
antibiotika
|
3.
Rhizopus
|
C.
sake
|
R.
minuman
|
Berdasarkan tabel di atas manakah yang menunjukkan
hubungan yang benar!
A. 1 ® B ® Q.
B. 2 ® B ® P.
C. 1 ® C ® P.
D. 3 ® A ® P.
44. Perhatikan data berikut!
Konsentrasi
insektisida (ppm)
|
Jumlah
individu serangga yang dipengaruhi
|
Jumlah
individu serangga yang mati (tidak
resisten)
|
0,1
|
1000
|
450
|
0,5
|
1000
|
850
|
1,0
|
1000
|
1000
|
1,5
|
1000
|
1000
|
2,0
|
1000
|
1000
|
Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa
pengaruh insektisida terhadap populasi serangga adalah
A. insektisida berkonsentrasi 0,1 atau 0,5 ppm dapat menurunkan
resistensi serangga.
B. penggunaan insektisida secara tepat untuk memberantas serangga
pada konsentrasi 1 ppm.
C. penggunaan insektisida secara tepat untuk memberantas serangga
pada konsentrasi 1,5 ppm.
D. penggunaan insektisida secara tepat untuk memberantas serangga
pada konsentrasi 2 ppm.
45. Perhatikan tabel di bawah ini !
Jumlah
inti
|
Gerakan
|
Bentuk
|
I. satu
|
A.
disadari
|
1.
polos
|
II.
lebih dari satu
|
B.
tidak disadari
|
2.
lurik
|
Ciri-ciri yang cocok untuk otot
jantung adalah
A. I - B - 1.
B. I - A - 2.
C. II - A - 2.
D. II - B - 2.
46. Manakah di antara bentuk grafik di bawah ini yang menunjukkan
akibat eksploitasi secara terkendali terhadap sumber daya alam yang tak
terbaharukan?

Keterangan:
Sumbu x = eksploitasi
Sumbu y = sumber daya alam
A. 1.
B. 2.
C. 3.
D. 4.
47. Perhatikan grafik berikut!

Keterangan:
a = tingkat produktivitas hutan
b = tingkat kerusakan hutan
Meningkatnya kerusakan hutan akibat penebangan secara liar
tanpa penanaman kembali mengakibatkan menurunya produktivitas hutan. Hal ini
dapat terlihat pada grafik
A. 1.
B. 2.
C. 3.
D. 4.
48.

Berdasarkan skema jaring-jaring makanan di atas, apabila
populasi udang berkurang atau punah, akan mengakibatkan
A. fitoplankton berkurang.
B. zooplankton berkurang.
C. ikan kecil berkurang.
D. bakteri saprofit bertambah.
49. Perhatikan grafik di bawah ini!


Kurva di atas menunjukkan grafik suhu badan penderita
malaria yang disebabkan oleh
A. Plasmodium malariae dan Plasmodium ovale.
B. Plasmodium falciparum dan Plasmodium malariae.
C. Plasmodium vivax dan Plasmodium ovale.
D. Plasmodium vivax dan Plasmodium malariae.
50. Perhatikan gambar berikut!

Berdasarkan gambar di atas, daur hidup Ascaris lumbricoides
dalam tubuh manusia akan melalui organ-organ dengan urutan nomor
A. 1 - 2 - 5 - 6 - 7 - 3 - 1 - 2 - 5.
B. 4 - 6 - 7 - 5 - 2 - 1 - 4 - 6 - 7.
C. 6 - 7 - 3 - 1 - 2 - 5 - 6 - 7 - 3.
D. 7 - 3 - 1 - 6 - 5 - 2 - 7 - 3 - 1.
51. Perhatikan siklus reproduksi seksual dan aseksual Rhizopus Oryzae
di bawah ini!


Peristiwa meiosis terjadi pada bagian yang bernomor
A. I.
B. II.
C. IV.
D. V.
52. Perhatikan gambar bagian ekosistem air laut berikut!

Berdasarkan bagian ekosistem air laut di atas, macam biota
yang sesuai menempati daerah D adalah
A. konsumen TK.I,
konsumen TK.II.
B. konsumen TK.II, dekomposer.
C. konsumen TK.I, dekomposer.
D. konsumen TK.II, produsen.
53. Perhatikan siklus aliran energi berikut!


Berdasarkan gambar di atas, aliran energi terjadi dari
A. fitoplankton ®
krustacea ® karnivora ® zooplankton.
B. fitoplankton ®
ikan kecil ® ikan-ikan
besar ® burung laut.
C. krustacea ®
fitoplankton ® zooplankton ®karnivora.
D. zooplankton ®
paus biru ® krustacea ® paus pembunuh.



Hutan yang dijadikan areal pemukiman akan menimbulkan suatu
dampak, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Kemungkinan besar dampak
yang tinggi adalah
A. keseimbangan air terganggu.
B. sumber perekonomian kurang.
C. kelestarian spesies terganggu.
D. mudah terjadi erosi.
55. Perhatikan gambar irisan akar di bawah ini!

Keterangan yang benar untuk
gambar di atas
A. (a) bulu akar, (c) kortek, (e) floem primer, (g) kambium.
B. (b) epidermis, (d) xilem primer, (f) endodermis, (g) kambium.
C. (a) bulu akar, (c) xilem primer, (d) endodermis, (f) bulu akar.
D. (b) epidermis, (b) kortek, (c) epidermis, (f) xilem primer.
56. Perhatikan potongan batang berikut!

Gambar di atas merupakan metode untuk mengganggu
kesinambungan ke arah membujur antara xilem dan pepagan (yang berisi floem),
(A) batang yang dipotong gelang, (B) potongan membujur memperlihatkan floem
terpotong. Pada kondisi tersebut xilem tetap utuh. Coba Anda prediksikan hal
yang akan terjadi lebih lanjut!
A. pengangkutan garam-garam mineral dari akar menuju daun tetap
berlangsung.
B. pengangkutan bahan-bahan organik dari daun menuju akar tetap
berlangsung.
C. pengangkutan garam-garam mineral dari akar menuju daun akan
terganggu.
D. pengangkutan garam-garam mineral maupun bahan organik tetap
berlangsung karena pengangkutan lateral dari xilem ke floem tetap terjadi.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 57 SAMPAI
66, PILIHLAH!
A. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN
KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI
KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU
JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D. JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!
57. Tujuan pembelajaran SMU adalah bagian dari Tujuan Pendidikan
Menengah Umum, dan merupakan jabaran operasional Tujuan Pendidikan Nasional.
sebab
Tujuan
pembelajaran SMU dicantumkan dalam kurikulum, menjadi dasar dan sekaligus
patokan keberhasilan pembelajaran.
58. Sebagai ilmu, biologi harus diajarkan sesuai dengan hakikat
biologi dan teori belajar yang mendasari pembelajaran biologi itu.
sebab
Dalam
mengajarkan biologi cara paling baik ialah dengan cara bagaimana ilmu ditemukan
oleh para ilmuwan.
59. Mengajarkan biologi yang hanya terbatas pada produk atau fakta,
konsep, dan teori saja belumlah lengkap.
sebab
Biologi
bukan hanya produk ilmiah tetapi juga meliputi proses ilmiah dan sikap ilmiah.
60. Semakin lengkap, terpadu, tepat, dan kuat hubungan antara
konsep-konsep dalam kepala seseorang, orang itu akan semakin pandai.
sebab
Keahlian
seseorang dalam suatu bidang ilmu tergantung lengkapnya jaringan konsep di
dalam kepalanya.
61. Siswa dapat dilatih untuk menyusun peta konsep sehingga tanpa
disadari mereka telah memperlihatkan hubungan antarkonsep.
sebab
Dalam
mengajarkan konsep baru, seharusnya kita bertolak dari dunia nyata dan dari
pra-konsepsi yang dimiliki siswa.
62. Ampas kelapa yang dijadikan sebagai bahan campuran untuk membuat
tempe dapat membahayakan bagi konsumen.
sebab
Ampas
kelapa merupakan medium yang paling disenangi oleh bakteri Pseudomonas cocovenenans.
63. Chladosporium sp dan Curvularia sp
dimasukkan ke dalam kelompok Deuteromycotina.
sebab
Chladosporium sp
dan Curvularia sp belum dikenal perkembangbiakan generatifnya.
64. Susunan deretan organisme dalam kaitan tingkat makan-memakan
disebut rantai makanan.
sebab
Suatu
rantai makanan akan berhenti jika rantai tersebut telah sampai pada karnivora
puncak.
65. Pergerakan amuboid terjadi karena adanya aliran sitoplasma ke
suatu arah tertentu.
sebab
Pergerakan
amuboid biasanya terjadi pada hewan-hewan bersel satu
66. Pencernaan makanan pada tumbuhan hanya terjadi pada saat
perkecambahan yaitu penggunaan zat-zat organik pada cadangan makanan untuk
pertumbuhan awal kecambah.
sebab
Pada
pertumbuhan berikutnya setelah melewati masa perkecambahan, tumbuhan dapat
mensintesis makanannya sendiri.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 67
SAMPAI 75, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
67. Mengajarkan biologi secara utuh berarti mengajarkan semua komponen
biologi yang meliputi
1) produk
2) proses
3) sikap
68. Suatu kegiatan belajar dikatakan berorientasi kepada siswa jika
1) siswa menentukan apa yang akan dipelajari
2) siswa memilih cara belajarnya
3) siswa menemukan sendiri apa yang seharusnya dipelajari
69. Etika dan kearifan lingkungan merupakan petunjuk bagaimana manusia
dalam menempuh kehidupan, berperilaku, dan bertanggung jawab terhadap
lingkungan. Di bawah ini merupakan contoh prinsip yang lahir dari etika dan
kearifan lingkungan
1) manusia bukanlah pemilik lingkungannya, melainkan bagian dari
lingkungannya
2) lingkungan tidak hanya disediakan untuk kepentingan manusia tetapi
disediakan untuk kepentingan semua makhluk
3) lingkungan dan kekayaan alam ini bukan warisan yang kita terima
dari orangtua kita melainkan titipan dari anak cucu kita
70. Anda lupa memberikan label pada preparat awetan yang tersedia di
laboratorium Anda. Jika dalam suatu kegiatan siswa Anda bertanya, apakah yang
sedang diamatinya itu sel hewan atau sel tumbuhan. Untuk membimbing siswa Anda
agar menemukan sendiri jawabannya sebaiknya Anda mengajak mereka untuk melihat
indikator berikut
1) ada-tidaknya dinding sel
2) ada-tidaknya plastida
3) bentuk dan jumlah vakuola
71. Suatu jaringan tubuh akan terdiri dari kumpulan sel-sel yang
mempunyai
1) asal sama
2) fungsi sama
3) struktur sama
72. Untuk mendapatkan bibit yang memiliki banyak percabangan, biasanya
petani mangga memotong ujung batang bibit setelah mencapai ketinggian tertentu.
Secara teoritis kegiatan tersebut tepat karena
1) secara alami auksin diproduksi di ujung meristem apikal (ujung
batang)
2) auksin menghambat pertumbuhan kuncup lateral dan mempertahankan
dominasi apikal
3) auksin dapat memperbanyak pembentukan tunas dan menghilangkan
dormansi biji
73. Berikut ini merupakan contoh hewan yang menggunakan silia sebagai
alat geraknya
1) Paramaecium
2) Leishmania
3) Stentor
74. Berikutnya ini merupakan contoh hewan yang menggunakan flagel
sebagai alat geraknya
1) Trypanosoma
2) Leishmania
3) Paramaecium
75. Gerak tropi dengan gerak taksis memiliki beberapa kesamaan, di antaranya
1) respons gerak dilakukan oleh sebagian tubuh tanaman
2) gerak terjadi sebagai tanggapan terhadap rangsang luar yang datang
dari satu arah
3) arah respon dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang, menjauh atau
mendekat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar