Minggu, 15 Juni 2014

Soal Kurikulum Dan Materi Biologi SMU



TUGAS MANDIRI
KURIKULUM DAN MATERI BIOLOGI SMU
(PABI4422)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  56, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   GBPP merupakan patokan bagi guru sebagai pelaksana pembelajaran, karena itu urutan silabusnya
A.   mutlak tidak boleh dilanggar termasuk menggeser urutannya.
B.   boleh dipertukarkan asal masih sama-sama berada pada caturwulan yang sama.
C.   tidak boleh dipertukarkan tetapi ada keleluasaan untuk menambah isinya.
D.   boleh dipertukarkan secara bebas asal tidak mengubah isinya.

2.   Buku yang dijadikan acuan pembelajaran dan pegangan para siswa
A.   harus buku paket resmi yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
B.   boleh menggunakan buku lain jika berdasarkan pertimbangan kedalaman dan keluasan materinya lebih baik dari buku paket.
C.   harus buku yang telah ditentukan oleh kepala sekolah, bisa buku paket atau bukan paket.
D.   boleh ditentukan oleh masing-masing siswa sesuai dengan minat dan seleranya sehingga motivasi belajar siswa dapat dipertahankan.
     
3.   Materi-materi yang tercantum dalam GBPP mutlak harus diajarkan, karena
A.   GBPP berlaku secara nasional.
B.   isi materi GBPP sesuai dengan kebutuhan siswa.
C.   isi materi GBPP sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
D.   isi GBPP sesuai dengan tuntutan jaman.

4.   Meja, manusia, merupakan konsep. Hal-hal yang abstrak juga dapat berupa konsep, misalnya cinta dan kejujuran. Jadi yang dimaksud dengan konsep adalah
A.   abstraksi dari ciri-ciri sesuatu yang mempermudah komunikasi antarmanusia dan memungkinkan manusia berpikir.
B.   benda-benda yang memiliki ciri khas dan terwakili dalam setiap budaya oleh suatu tanda atau simbol.
C.   kejadian-kejadian yang memiliki ciri khas dan terwakili dalam setiap budaya oleh suatu tanda atau simbol.
D.   situasi-situasi atau ciri-ciri yang memiliki ciri khas dan terwakili dalam setiap budaya oleh suatu tanda atau simbol.

5.   Mengajar menyangkut transfer konsep, keterampilan, dan nilai dari pengajar ke peserta didik. Tetapi yang paling diutamakan dalam pengajaran adalah
A.   konsep.
B.   nilai.
C.   keterampilan.
D.   proses.

6.   Apa yang Anda ketahui tentang peta konsep?
A.   Peta konsep adalah semacam jaringan pengetahuan di dalam kepala manusia.
B.   Peta konsep adalah keterpaduan dan ketepatan hubungan antara konsep-konsep.
C.   Peta konsep adalah alat peraga untuk memperlihatkan hubungan antara beberapa konsep.
D.   Peta konsep adalah tafsiran perorangan terhadap suatu konsep ilmu.

7.   Tidak semua orang memiliki tafsiran yang sama terhadap suatu konsep ilmu. Tafsiran perorangan terhadap suatu konsep ilmu itu kita sebut
A.   konsepsi.
B.   miskonsepsi.
C.   peta konsep.
D.   belajar konsep.

8.   Konsep yang dimiliki siswa sebelum terjadinya pembelajaran disebut
A.   konsepsi.
B.   miskonsepsi.
C.   pra-konsepsi.
D.   peta konsep.

9.   Kalau kita membicarakan variasi dari jenis kelapa yang tumbuh di sekitar kita, berarti kita tengah membicarakan keanekaragaman hayati pada tingkat
A.   ekosistem.
B.   habitat.
C.   jenis.
D.   gen.

10.   Dalam pembelajaran klasifikasi, penggunaan pendekatan dan dasar/kriteria yang berbeda akan menghasilkan beberapa alternatif sistem klasifikasi. Untuk tingkat SMU sistem klasifikasi yang cocok untuk “kegiatan proses” digunakan sistem
A.   praktis.
B.   buatan.
C.   alam.
D.   filogenik.

11.   Untuk membelajarkan topik keanekaragaman hayati, pembelajaran akan lebih bermakna kalau kita menggunakan pendekatan
A.   konsep.
B.   kelompok.
C.   lingkungan.
D.   penemuan.

12.   Suatu organisme memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
               -  ukurannya antara 100 sampai dengan 3000 Angstrom
               -  strukturnya sederhana, hanya terdiri dari asam nukleat dan kapsid
               -  tidak dapat hidup mandiri di luar sel yang hidup
               Maka organisme yang dimaksud adalah
A.   jamur.
B.   bakteri.
C.   virus.
D.   protozoa.

13.   Virus dalam reproduksinya memerlukan materi dan energi dari sel makhluk hidup yang menjadi inangnya, sehingga ia hanya dapat bereproduksi bila berada dalam sel makhluk hidup. Kesimpulan apakah yang dapat Anda kemukakan sehubungan dengan keadaan makhluk hidup yang ditumpanginya?
A.   Makhluk hidup yang menjadi inangnya mengalami mutasi gen.
B.   Protoplasma sel-sel tubuh makhluk hidup yang menjadi inangnya habis digunakan.
C.   Makhluk hidup yang menjadi inangnya banyak menderita kerugian.
D.   Sel-sel tubuh makhluk hidup yang menjadi inangnya segera mengalami lisis.

14.   Dari pengamatan setetes air, seorang siswa menemukan hewan dengan ciri-ciri :
               -  bentuk tubuh berubah-ubah
               -  tidak berdinding sel
               -  dapat membuat kaki semu
               -  tidak berklorofil
              
               Berdasarkan ciri-ciri di atas, hewan tersebut masuk dalam kelas
A.   Cilliata.
B.   Sporozoa.
C.   Flagellata.
D.   Rhizopoda.

15.   Seorang siswa menemukan seekor hewan yang mempunyai ciri-ciri antara lain: bentuk pipih memanjang, tidak bersayap, tidak ada kaki, habitat di air tawar, panjangnya sekitar 6 cm dan lebar 0,5 cm. Kemungkinan hewan tersebut adalah
A.   Planaria.
B.   Faciola.
C.   larva Crustacea.
D.   larva Insekta.

16.   Pelapukan arca di candi Borobudur di antaranya diakibatkan oleh sejenis Lichenes, karena Lichenes
A.   mempunyai akar kuat yang dapat menembus batu.
B.   mengeluarkan zat tertentu yang dapat melapukkan batu.
C.   merupakan simbiosis antara alga dan jamur.
D.   termasuk ke dalam tumbuhan perintis.

17.   Dalam suatu ekosistem sawah terdapat komponen-komponen
               (i)   fitoplankton       (iv)  bakteri saprofit
               (ii)   ikan karnivora    (v)  ikan herbivora
               (iii) zat-zat organik   (vi)  ular
               Dari komponen-komponen di atas, kita dapat menyusun suatu rantai makanan dengan urutan
A.   (iii) ® (v) ® (i) ® (ii) ® (vi) ® (iv).
B.   (i) ® (vi) ® (v) ® (ii) ® (iv) ® (iii).
C.   (iii) ® (i) ® (v) ® (ii) ® (vi) ® (iv).
D.   (i) ® (v) ® (ii) ® (vi) ® (iv) ® (iii).

18.   Suatu daerah memiliki karakterisitik sebagai berikut : beriklim kutub dengan musim dingin yang panjang atau musim panas yang panjang, jenis tumbuhannya lumut dan jenis hewannya umumnya hewan yang datang pada musim panas. Dengan melihat beberapa karakteristik di atas dapat dipastikan daerah tersebut merupakan ekosistem
A.   taiga.
B.   tundra.
C.   hutan basah.
D.   padang rumput.

19.   Pada setiap ekosistem akan kita temukan : rantai makanan, jumlah organisme, dan ukuran populasi. Hasil interaksi antarfaktor di atas akan membentuk suatu
A.   tingkat trofik.
B.   struktur trofik.
C.   piramida ekologi.
D.   jaring-jaring makanan.

20.   Dalam melakukan suatu kegiatan hidup, makhluk hidup memerlukan energi. Energi yang berasal dari sinar matahari diserap oleh tumbuhan hijau dan melalui proses fotosintesis energi tersebut diubah menjadi makanan. Semua makhluk hidup lain kecuali produsen baik secara langsung maupun tidak langsung menggunakan makanan itu sebagai sumber tenaga. Tenaga tersebut akan mengalir dari matahari ke produsen, konsumen, pengurai, dan kembali ke alam. Proses ini dinamakan
A.   siklus energi.
B.   kekekalan energi.
C.   aliran energi.
D.   piramida energi.

21.   Sampah organik di dalam sungai atau kolam menyebabkan kadar O2 dalam air berkurang sehingga mengganggu kehidupan organisme yang ada. Maka usaha yang paling tepat, sebaiknya sampah organik itu
A.   ditumpuk di tempat sampah.
B.   dikeringkan lalu dibakar.
C.   ditimbun di dalam tanah.
D.   dijadikan pupuk kompos.

22.   Di bawah ini beberapa contoh sumber daya alam :
               1.  minyak bumi          5.  tanah
               2.  hutan                     6.  gas bumi
               3.  air                         7.  mikroorganisme
               4.  bahan tambang
              
               Yang termasuk sumberdaya alam yang terbarukan adalah
A.   1, 2, 3, 4.
B.   2, 3, 4, 5.
C.   2, 3, 6, 7.
D.   2, 3, 5, 7.

23.   Dengan didahului oleh sejumlah penelitian, Matthew J. Schleiden dan Theodor Schwann membuat suatu generalisasi bahwa tumbuhan dan hewan terdiri atas sel. Dari kenyataan ini lahirlah teori sel yang pertama, “sel merupakan unit struktural makhluk hidup:” artinya
A.   sel merupakan pembangunan tubuh makhluk hidup.
B.   semua fungsi-fungsi kehidupan berlangsung di dalam sel.
C.   sel merupakan unit reproduksi makhluk hidup.
D.   menurunnya karakter individu kepada turunannya terjadi melalui reproduksi sel.

24.   Sel tumbuhan cenderung memiliki bentuk yang tetap jika dibandingkan dengan sel hewan, karena sel tumbuhan
A.   memiliki membran inti.
B.   memiliki dinding sel.
C.   ukurannya relatif besar.
D.   ukurannya relatif kecil.

25.   Dari irisan batangnya, sebuah tanaman memiliki ciri-ciri berikut:
               -  hipodermis tersusun dari jaringan sklerenkim 
               -  bagian empulur tak nyata
               -  berkas pengangkut tersebar, makin ke tengah makin besar
               -  sarung berkas pengangkut nyata
               Dari ciri-ciri di atas dapat disimpulkan, tanaman tersebut termasuk ke dalam kelompok tumbuhan
A.   Dikotil.
B.   Monokotil.
C.   Algae.
D.   Pteridophita.

26.   Jaringan yang satu dapat dibedakan dengan jaringan yang lain, perbedaannya terletak pada
A.   bentuk sel penyusunnya.
B.   zat penyusun selnya.
C.   komponen matriksnya.
D.   komposisi membrannya.

27.   Yang membedakan pertumbuhan pada tumbuhan dan pertumbuhan pada hewan adalah
A.   pertumbuhan pada tumbuhan terjadi pada seluruh bagian, pada hewan tidak.
B.   pertumbuhan pada tumbuhan terjadi pada seluruh bagian, pada tumbuhan tidak.
C.   pertumbuhan pada tumbuhan ada batasnya, pada hewan tidak ada batasnya.
D.   pertumbuhan pada tumbuhan tidak ada batasnya, pada hewan ada batasnya.

28.   Untuk menjelaskan konsep metamorfosis melalui proses pengamatan, objek yang paling tepat adalah
A.   perkembangan kupu-kupu dari telur hingga dewasa.
B.   perkembangan ayam dari zigot hingga menjadi dewasa.
C.   siklus hidup mencit.
D.   siklus hidup kelinci.

29.   Perhatikan jenis-jenis organ di bawah ini!
               1.  rambut                   6. kuku
               2.  rangka                   7.  kulit
               3.  otot                       8.  kelenjar paratiroid
               4.  telinga tengah        9.  sistem vaskuler
               5.  paru-paru
               Organ yang dibentuk oleh lapisan benih endoderm adalah
A.   2, 3, 9.
B.   1, 6, 7.
C.   4, 5, 8.
D.   2, 4, 7.

30.   Jika kita ingin mengemukakan konsep bahwa setelah terjadi pembuahan akan terjadi pertumbuhan, perkembangan, dan dilanjutkan dengan organogenesis, maka kegiatan yang memungkinkan dilakukan adalah mengamati perkembangan embrio
A.   sapi.
B.   mencit.
C.   ayam.
D.   manusia.

31.   Dalam suatu pembelajaran seorang guru melakukan kegiatan sebagai berikut: “Anak-anak, coba kalian perhatikan tumbuhan mahoni yang tumbuh di daerah terbuka dengan tumbuhan yang hidup di daerah yang rimbun, kemudian kalian prediksikan, faktor apa yang berpengaruh terhadap perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dari kedua tumbuhan tersebut?” Pada kegiatan di atas pemahaman konsep yang ingin ditanamkan guru adalah
A.   pertumbuhan dan perkembangan tanaman dipengaruhi faktor internal.
B.   pertumbuhan dan perkembangan tanaman dipengaruhi faktor eksternal.
C.   tumbuhan yang tumbuh di daerah terbuka memiliki morfologi yang lebih kecil.
D.   tumbuhan yang tumbuh di daerah terbuka memiliki morfologi yang lebih besar.

32.   Perjalanan impuls di dalam otot terjadi apabila
A.   sisi dalam membran serabut otot bermuatan positif.
B.   sisi dalam membran serabut otot bermuatan negatif.
C.   terdapat muatan yang sama antara sisi dalam dan sisi luar membran serabut otot.
D.   ion Na+ dari dalam membran ke luar.

33.   Gerak memilinnya sulur markisa merupakan contoh dari gerak
A.   thigmotropi.
B.   fototropi.
C.   kemotropi.
D.   geotropi.

34.   Pot yang berisi tanaman diletakkan dalam posisi miring dan ditutup dengan kotak yang tidak tembus cahaya. Dalam posisi itu ujung batang tanaman akan tumbuh mengarah
A.   lurus ke samping.
B.   ke arah sinar.
C.   ke bawah.
D.   ke atas.

35.   Dalam percobaan Engelman, dapat diketahui bahwa bakteri oksigen banyak berkerumun di tempat yang banya oksigen sebagai hasil fotosintesis. Gerak bakteri oksigen tersebut merupakan gerak
A.   fototaksis.
B.   kemotaksis.
C.   fototropi.
D.   kemotropi.

36.   Dalam suatu pemeriksaan kesehatan, dokter mengatakan tensi Anda 120/80 mm Hg. Artinya angka tersebut menunjukkan tekanan
A.   sistolis/diastolis.
B.   diastolis/sistolis.
C.   diastolis/diastolis.
D.   sistolis/sistolis.

37.   Pada mamalia, darah yang berasal dari seluruh tubuh akan menuju ke
A.   atrium kanan melalui sistem vena.
B.   ventrikel kanan melalui sistem vena.
C.   atrium kiri melalui sistem vena.
D.   ventrikel kiri melalui sistem vena.

38.   Reptil memiliki jantung yang sudah terbagi menjadi 4 ruang, 2 atrium dan 2 ventrikel, tetapi sekat yang memisahkan kedua ventrikel belum sempurna, kecuali pada
A.   kura-kura.
B.   buaya.
C.   cecak.
D.   ular.

39.   Ketika katak berada di dalam air pertukaran O2 dengan CO2 terjadi pada
A.   paru-paru.
B.   insang.
C.   kulit.
D.   tekak.

40.   Pada hewan herbivora seperti kuda dan kelinci, di tempat pertemuan antara usus halus dan usus besar terdapat kantung panjang yang disebut sekum, tempat ini berisi mikroflora yang membantu mencernakan selulosa. Pada manusia, sekum ini sangat kecil dan dikenal dengan istilah
A.   duodenum.
B.   jejenum.
C.   ileum.
D.   apendiks.

41.   Dalam suatu pembelajaran guru menjelaskan bahwa fotosintesis pada tumbuhan hijau terjadi pada kloroplas melalui dua tahap reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Selanjutnya guru menjelaskan pula kedua tahapan reaksi tersebut. Dua minggu setelah itu guru membuat tes untuk materi tersebut. Pada suatu butir soal ditanyakan“ mengapa siklus Calvin sering disebut reaksi gelap?” Setengah dari siswa menjawab “karena reaksi tersebut terjadi pada malam hari”, padahal jawaban yang benar adalah ”karena reaksi tersebut tidak tergantung kepada cahaya melainkan pada enzim” (terjadinya tetap pada siang hari).
               Kasus di atas memberi indikasi telah terjadi miskonsepsi pada siswa. Dengan mencermati kasus di atas coba Anda jelaskan apa yang dimaksud dengan miskonsepsi?
A.   tafsiran yang salah terhadap suatu konsep ilmu.
B.   tafsiran perorangan terhadap suatu konsep ilmu.
C.   konsep yang dimiliki siswa sebelum pembelajaran berlangsung.
D.   konsep yang dimiliki siswa setelah pembelajaran berlangsung.

42.   Perhatikan ciri-ciri Arthropoda berikut!

Kelas
Habitat
Anggota gerak
Antena
Pernafasan
P
air
5 pasang
2 pasang
insang
Q
darat
4 pasang
tidak ada
paru-paru buku
R
darat
10-200 pasang
1 pasang
trakea
S
kecuali laut
3 pasang
1 pasang
trakea
T
air
4 pasang
2 pasang
difusi
              
               Berdasarkan tabel di atas yang termasuk kelas Myriapoda adalah
A.   P.
B.   Q.
C.   R.
D.   T.

43.   Perhatikan tabel berikut!
              
Jenis jamur
Produksi
Peranan bagi manusia
1. Aspergillus
A. alkohol
P. racun
2. Saccharomyces
B. alfatoksin
Q. antibiotika
3. Rhizopus
C. sake
R. minuman
               Berdasarkan tabel di atas manakah yang menunjukkan hubungan yang benar!
A.   1 ® B ® Q.
B.   2 ® B ® P.
C.   1 ® C ® P.
D.   3 ® A ® P.

44.   Perhatikan data berikut!

Konsentrasi insektisida (ppm)
Jumlah individu serangga yang dipengaruhi
Jumlah individu serangga yang mati (tidak  resisten)
0,1
1000
450
0,5
1000
850
1,0
1000
1000
1,5
1000
1000
2,0
1000
1000
               Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa pengaruh insektisida terhadap populasi serangga adalah
A.   insektisida berkonsentrasi 0,1 atau 0,5 ppm dapat menurunkan resistensi serangga.
B.   penggunaan insektisida secara tepat untuk memberantas serangga pada konsentrasi 1 ppm.
C.   penggunaan insektisida secara tepat untuk memberantas serangga pada konsentrasi 1,5 ppm.
D.   penggunaan insektisida secara tepat untuk memberantas serangga pada konsentrasi 2 ppm.

45.   Perhatikan tabel di bawah ini !
              
Jumlah inti
Gerakan
Bentuk
I.  satu
A. disadari
1. polos
II. lebih dari satu
B. tidak disadari
2. lurik
              
               Ciri-ciri yang cocok untuk otot jantung adalah
A.   I - B - 1.
B.   I - A - 2.
C.   II - A - 2.
D.   II - B - 2.

46.   Manakah di antara bentuk grafik di bawah ini yang menunjukkan akibat eksploitasi secara terkendali terhadap sumber daya alam yang tak terbaharukan?
              
               Keterangan:
               Sumbu x = eksploitasi
               Sumbu y = sumber daya alam
A.   1.
B.   2.
C.   3.
D.   4.

47.   Perhatikan grafik berikut!
       
        Keterangan:
               a = tingkat produktivitas hutan
               b = tingkat kerusakan hutan

        Meningkatnya kerusakan hutan akibat penebangan secara liar tanpa penanaman kembali mengakibatkan menurunya produktivitas hutan. Hal ini dapat terlihat pada grafik
A.   1.
B.   2.
C.   3.
D.   4.

48.  
              
        Berdasarkan skema jaring-jaring makanan di atas, apabila populasi udang berkurang atau punah, akan mengakibatkan
A.   fitoplankton berkurang.
B.   zooplankton berkurang.
C.   ikan kecil berkurang.
D.   bakteri saprofit bertambah.

49.   Perhatikan grafik di bawah ini!
              
               Kurva di atas menunjukkan grafik suhu badan penderita malaria yang disebabkan oleh
A.   Plasmodium malariae dan Plasmodium ovale.
B.   Plasmodium falciparum dan Plasmodium malariae.
C.   Plasmodium vivax dan Plasmodium ovale.
D.   Plasmodium vivax dan Plasmodium malariae.

50.   Perhatikan gambar berikut!
       
        Berdasarkan gambar di atas, daur hidup Ascaris lumbricoides dalam tubuh manusia akan melalui organ-organ dengan urutan nomor
A.   1 - 2 - 5 - 6 - 7 - 3 - 1 - 2 - 5.
B.   4 - 6 - 7 - 5 - 2 - 1 - 4 - 6 - 7.
C.   6 - 7 - 3 - 1 - 2 - 5 - 6 - 7 - 3.
D.   7 - 3 - 1 - 6 - 5 - 2 - 7 - 3 - 1.


51.   Perhatikan siklus reproduksi seksual dan aseksual Rhizopus Oryzae di bawah ini!
              
               Peristiwa meiosis terjadi pada bagian yang bernomor
A.   I.
B.   II.           
C.   IV.
D.   V.

52.   Perhatikan gambar bagian ekosistem air laut berikut!
       
        Berdasarkan bagian ekosistem air laut di atas, macam biota yang sesuai menempati daerah D adalah
        A.   konsumen TK.I, konsumen TK.II.
B.   konsumen TK.II, dekomposer.
C.   konsumen TK.I, dekomposer.
D.   konsumen TK.II, produsen.

53.   Perhatikan siklus aliran energi berikut!
       


        Berdasarkan gambar di atas, aliran energi terjadi dari
A.   fitoplankton ® krustacea ® karnivora ® zooplankton.
B.   fitoplankton ® ikan kecil ® ikan-ikan besar ® burung laut.
C.   krustacea ® fitoplankton ® zooplankton ®karnivora.
D.   zooplankton ® paus biru ® krustacea ® paus pembunuh.

54.  
              
        Hutan yang dijadikan areal pemukiman akan menimbulkan suatu dampak, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Kemungkinan besar dampak yang tinggi adalah
A.   keseimbangan air terganggu.
B.   sumber perekonomian kurang.
C.   kelestarian spesies terganggu.
D.   mudah terjadi erosi.

55.   Perhatikan gambar irisan akar di bawah ini!
              
               Keterangan yang benar untuk gambar di atas
A.   (a) bulu akar, (c) kortek, (e) floem primer, (g) kambium.
B.   (b) epidermis, (d) xilem primer, (f) endodermis, (g) kambium.
C.   (a) bulu akar, (c) xilem primer, (d) endodermis, (f) bulu akar.
D.   (b) epidermis, (b) kortek, (c) epidermis, (f) xilem primer.

56.   Perhatikan potongan batang berikut!
Gambar di atas merupakan metode untuk mengganggu kesinambungan ke arah membujur antara xilem dan pepagan (yang berisi floem), (A) batang yang dipotong gelang, (B) potongan membujur memperlihatkan floem terpotong. Pada kondisi tersebut xilem tetap utuh. Coba Anda prediksikan hal yang akan terjadi lebih lanjut!
A.   pengangkutan garam-garam mineral dari akar menuju daun tetap berlangsung.
B.   pengangkutan bahan-bahan organik dari daun menuju akar tetap berlangsung.
C.   pengangkutan garam-garam mineral dari akar menuju daun akan terganggu.
D.   pengangkutan garam-garam mineral maupun bahan organik tetap berlangsung karena pengangkutan lateral dari xilem ke floem tetap terjadi.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR  57 SAMPAI  66,   PILIHLAH!
A.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D.   JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!

57.   Tujuan pembelajaran SMU adalah bagian dari Tujuan Pendidikan Menengah Umum, dan merupakan jabaran operasional Tujuan Pendidikan Nasional.
sebab                 
Tujuan pembelajaran SMU dicantumkan dalam kurikulum, menjadi dasar dan sekaligus patokan keberhasilan pembelajaran.

58.   Sebagai ilmu, biologi harus diajarkan sesuai dengan hakikat biologi dan teori belajar yang mendasari pembelajaran biologi itu.
sebab                 
Dalam mengajarkan biologi cara paling baik ialah dengan cara bagaimana ilmu ditemukan oleh para ilmuwan.

59.   Mengajarkan biologi yang hanya terbatas pada produk atau fakta, konsep, dan teori saja belumlah lengkap.
sebab                 
Biologi bukan hanya produk ilmiah tetapi juga meliputi proses ilmiah dan sikap ilmiah.

60.   Semakin lengkap, terpadu, tepat, dan kuat hubungan antara konsep-konsep dalam kepala seseorang, orang itu akan semakin pandai.
sebab                 
Keahlian seseorang dalam suatu bidang ilmu tergantung lengkapnya jaringan konsep di dalam kepalanya.

61.   Siswa dapat dilatih untuk menyusun peta konsep sehingga tanpa disadari mereka telah memperlihatkan hubungan antarkonsep.
sebab                 
Dalam mengajarkan konsep baru, seharusnya kita bertolak dari dunia nyata dan dari pra-konsepsi yang dimiliki siswa.

62.   Ampas kelapa yang dijadikan sebagai bahan campuran untuk membuat tempe dapat membahayakan bagi konsumen.
sebab                 
Ampas kelapa merupakan medium yang paling disenangi oleh bakteri Pseudomonas cocovenenans.

63.   Chladosporium sp dan Curvularia sp dimasukkan ke dalam kelompok Deuteromycotina.
sebab                 
Chladosporium sp dan Curvularia sp belum dikenal perkembangbiakan generatifnya.

64.   Susunan deretan organisme dalam kaitan tingkat makan-memakan disebut rantai makanan.
sebab                 
Suatu rantai makanan akan berhenti jika rantai tersebut telah sampai pada karnivora puncak.

65.   Pergerakan amuboid terjadi karena adanya aliran sitoplasma ke suatu arah tertentu.
sebab                 
Pergerakan amuboid biasanya terjadi pada hewan-hewan bersel satu
66.   Pencernaan makanan pada tumbuhan hanya terjadi pada saat perkecambahan yaitu penggunaan zat-zat organik pada cadangan makanan untuk pertumbuhan awal kecambah.
sebab                 
Pada pertumbuhan berikutnya setelah melewati masa perkecambahan, tumbuhan dapat mensintesis makanannya sendiri.


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   67   SAMPAI   75,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
67.   Mengajarkan biologi secara utuh berarti mengajarkan semua komponen biologi yang meliputi
1)   produk
2)   proses
3)   sikap

68.   Suatu kegiatan belajar dikatakan berorientasi kepada siswa jika
1)   siswa menentukan apa yang akan dipelajari
2)   siswa memilih cara belajarnya
3)   siswa menemukan sendiri apa yang seharusnya dipelajari
69.   Etika dan kearifan lingkungan merupakan petunjuk bagaimana manusia dalam menempuh kehidupan, berperilaku, dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. Di bawah ini merupakan contoh prinsip yang lahir dari etika dan kearifan lingkungan
1)   manusia bukanlah pemilik lingkungannya, melainkan bagian dari lingkungannya
2)   lingkungan tidak hanya disediakan untuk kepentingan manusia tetapi disediakan untuk kepentingan semua makhluk
3)   lingkungan dan kekayaan alam ini bukan warisan yang kita terima dari orangtua kita melainkan titipan dari anak cucu kita

70.   Anda lupa memberikan label pada preparat awetan yang tersedia di laboratorium Anda. Jika dalam suatu kegiatan siswa Anda bertanya, apakah yang sedang diamatinya itu sel hewan atau sel tumbuhan. Untuk membimbing siswa Anda agar menemukan sendiri jawabannya sebaiknya Anda mengajak mereka untuk melihat indikator berikut
1)   ada-tidaknya dinding sel
2)   ada-tidaknya plastida
3)   bentuk dan jumlah vakuola

71.   Suatu jaringan tubuh akan terdiri dari kumpulan sel-sel yang mempunyai
1)   asal sama
2)   fungsi sama
3)   struktur sama

72.   Untuk mendapatkan bibit yang memiliki banyak percabangan, biasanya petani mangga memotong ujung batang bibit setelah mencapai ketinggian tertentu. Secara teoritis kegiatan tersebut tepat karena
1)   secara alami auksin diproduksi di ujung meristem apikal (ujung batang)
2)   auksin menghambat pertumbuhan kuncup lateral dan mempertahankan dominasi apikal
3)   auksin dapat memperbanyak pembentukan tunas dan menghilangkan dormansi biji

73.   Berikut ini merupakan contoh hewan yang menggunakan silia sebagai alat geraknya
1)   Paramaecium
2)   Leishmania
3)   Stentor

74.   Berikutnya ini merupakan contoh hewan yang menggunakan flagel sebagai alat geraknya
1)   Trypanosoma
2)   Leishmania
3)   Paramaecium

75.   Gerak tropi dengan gerak taksis memiliki beberapa kesamaan, di antaranya
1)   respons gerak dilakukan oleh sebagian tubuh tanaman
2)   gerak terjadi sebagai tanggapan terhadap rangsang luar yang datang dari satu arah
3)   arah respon dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang, menjauh atau mendekat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar