TUGAS MANDIRI
PROFESI KEGURUAN I
(MKDK4304)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 31 , PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Pengertian profesi adalah sebagai berikut
A. kemampuan seseorang dalam melak-sanakan
jabatan.
B. jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian
dari para anggotanya.
C. jenis keahlian.
D. bentuk suatu pekerjaan atau jabatan.
2. Di bawah ini adalah yang termasuk pengertian
profesionalisme
A. orang yang menyandang suatu profesi.
B. penampilan seseorang yang melakukan pekerjaan
sesuai dengan profesinya.
C. sikap seseorang terhadap profesinya.
D. komitmen para anggota suatu profesi untuk
meningkatkan kemampuan profesionalnya dengan mengembangkan strategi yang akan
digunakan.
3. Suatu proses peningkatan kualifikasi maupun
kemampuan para anggota profesi dalam mencapai kriteria yang standar dalam
penampilannya sebagai suatu profesi, adalah batasan dari pengertian
A. profesi.
B. profesionalisme.
C. profesionalisasi.
D. prafesionalitas.
4. Berikut ini adalah makna profesi, menurut
Didi Atmadilaga
A. wewenang praktik suatu kejuruan yang bersifat
pelayanan kemanusiaan dan menuntut secara intelektual keahlian yang spesifik.
B. wewenang praktik seseorang setelah selesai
mengikuti pendidikan tinggi dan menjalankan pelatihan pemagangan.
C. pekerjaan yang menuntut keahlian dan dapat
dikerjakan oleh sembarang orang.
D. pekerjaan yang dilakukan oleh dokter,
arsitektur, pengacara, guru dan lain sebagainya.
5. “Seseorang yang menampilkan tugas khusus dan
mempunyai tingkat kesulitan lebih dari biasa serta mempersyaratkan waktu per-siapan
dan pendidikan cukup lama untuk menghasilkan keterampilan yang berkadar
tinggi”. Batasan ini dikemukakan oleh
A. Rohman Natawidjaja.
B. Didi Atmadilaga.
C. Walter Johnson.
D. Omstein dan Levine.
6. Omstein dan Levine mengemukakan bebe-rapa
ciri utama profesi, kecuali
A. fungsi dan signifikansi sosial.
B. masa pendidikan.
C. kode etik dalam memberikan pelayanan kepada
klien.
D. mempunyai ikatan yang kuat antar sesama
anggota profesi.
7. Robert W. Richey mengemukakan ciri-ciri suatu
profesi, kecuali
A. memiliki kualifikasi tertentu untuk memasuki
profesi tersebut.
B. membutuhkan kegiatan intelektual yang tinggi.
C. memandang profesi sebagai karier hidup.
D. proses pendidikan untuk profesi itu merupakan
aplikasi dan sosialisasi nilai-nilai profesional itu sendiri.
8. Menurut Aminati Elzioni, jabatan guru belum
sepenuhnya sebagai profesi yang utuh, ia berpendapat jabatan guru adalah
A. profesional bersyarat.
B. profesionalitas.
C. semi profesional.
D. midel profesional.
9. Profesi guru, mulai bergerak ke arah suatu
profesi yang utuh, hal ini ditandai dengan adanya
A. Kepmen no. 33 th 1994.
B. Kepmen no. 26 th 1994.
C. Kepmen, yang boleh menjadi guru adalah mereka
yang memiliki akta mengajar.
D. Kepmen yang mengatur bahwa guru SD harus
setara dengan Diploma II.
10. Dengan adanya tuntutan masyarakat terhadap profesi guru yakni guru
yang profesional, maka seorang guru hendaknya
A. selalu berupaya untuk meningkatkan pengetahuannya melalui sekolah
yang lebih tinggi.
B. selalu hadir tepat pada waktunya.
C. melaksanakan disiplin yang ketat.
D. dapat memahami tanggung jawabnya.
11. Jika guru memiliki pengetahuan luas tentang landasan kependidikan
dan pemahaman terhadap subyek didik, hal ini termasuk pada kompetensi
A. profesional.
B. personal.
C. sosial.
D. pelayanan.
12. Jika seorang guru mampu berkomunikasi sosial baik dengan
murid-muridnya maupun dengan sesama guru serta dengan masyarakat luas, kriteria
tersebut termasuk kompetensi
A. profesional.
B. personal.
C. sosial.
D. pelayanan.
13. Seorang guru yang telah memenuhi kompetensi yang disyaratkan, maka
ia telah memiliki hak profesional seperti berikut ini, kecuali
A. menerima perlindungan dan penghargaan yang wajar terhadap prestasi
dalam bidang pengabdiannya.
B. menghayati kebebasan secara individual maupun secara
institusional.
C. memiliki kemampuan mengembangkan metodologis.
D. mendapat pengakuan dan perlakuan terhadap batas wewenang keguruan
yang menjadi tanggung jawabnya.
14. Perbedaan tugas guru dengan profesi lain seperti bidang teknik,
kedokteran, pertanian, industri dan lain-lain, yakni
A. guru bertugas membangun manusianya sedangkan profesi lain
membangun kepentingan manusia.
B. guru bertugas di sekolah, profesi lain bertugas untuk masyarakat.
C. guru selalu membuat persiapan dalam menjalankan tugas, profesi
lain tidak harus membuat persiapan.
D. guru selalu berhadapan dengan benda hidup, profesi lain menghadapi
benda mati.
15. “Status profesional tidak dapat dicapai hanya dengan mengeluarkan
persyaratan bahwa tenaga kependidikan adalah tenaga profesional, melainkan
status profesional ini hanya dapat dicapai dengan melalui perjuangan yang
panjang”, pernyataan ini dikemukakan oleh
A. Winarno Surakhmat.
B. T. Raka Joni.
C. Robert W. Rickey.
D. Omstein dan Levine.
16. Kegiatan mengajar sangat didominasi kegiatan intelektual, sehingga
kegiatan yang dilakukan oleh profesi lain adalah dasar-dasar bagi persiapan
dari semua kegiatan profesional lainnya. Oleh karena itu mengajar sering
disebut
A. membentuk manusia seutuhnya.
B. mewariskan sesuatu kepada generasi penerusnya.
C. membuka cakrawala pengetahuan.
D. ibu dari segala profesi.
17. Yang membedakan jabatan profesional dengan non profesional adalah
A. harus menempuh pendidikan khusus.
B. program tertentu yang mereka tekuni.
C. lama tidaknya ia menjalani suatu profesi.
D. jenis pekerjaan yang mereka lakukan.
18. Setiap profesi memiliki kode etik profesi. Tujuan kode etik
profesi adalah untuk meningkatkan hal-hal berikut, kecuali
A. mutu profesi.
B. mutu organisasi profesi.
C. kesejahteraan para anggotanya.
D. kenaikan pangkat bagi anggotanya.
19. Sebagai perwujudan aspirasi guru Indonesia dalam mewujudkan
cita-cita perjuangan bangsa, dibentuklah PGRI pada tanggal 25 Nopember 1945
bertempat di kota
A. Jakarta.
B. Surakarta.
C. Yogyakarta.
D. Bandung.
20. Upaya untuk meningkatkan mutu dan profesional guru dalam
kelompoknya masing-masing, maka dibentuklah suatu wadah yang disebut
A. MGMP/ Musyawarah Guru Mata Pela-jaran.
B. MKKS/ Musyawarah Kerja Kepala Seko-lah.
C. PGRI/ Persatuan Guru Republik Indone-sia.
D. ISPI/ Ikatan Sarjana Pendidikan Indone-sia.
21. Ruang lingkup profesi keguruan meliputi tiga layanan yang harus
dilakukan oleh guru, dari ketiga layanan tersebut yang menjadi layanan utama
adalah
A. instruksional.
B. administrasi.
C. bantuan.
D. bimbingan dan konseling.
22. “Kompetensi adalah performansi yang mengarah kepada pencapaian
tujuan secara tuntas menuju kondisi yang diinginkan”. Batasan ini dikemukakan
oleh
A. Nana Syaodih.
B. Achmad Sanusi.
C. Lardirabal.
D. WR. Houston.
23. Kompetensi kepribadian guru adalah sebagai berikut, kecuali
A. standar kemampuan untuk meng-gambarkan kualifikasi seseorang baik
secara kualitatif maupun kuantitatif dalam melandasi pelaksanaan tugasnya.
B. kecakapan kerja yang direalisasikan dalam perbuatan yang bermakna.
C. prilaku pribadi guru yang memiliki nilai-nilai luhur sehingga
terpancar dalam perilaku sehari-hari.
D. performance yang mengarah pada pencapaian tujuan menuju kondisi
yang diinginkan.
24. Misi yang diemban guru adalah misi kemanusiaan, mengajar dan
mendidik adalah tugas memanusiakan manusia. Sehingga guru harus memiliki
kompetensi sosial, karena guru adalah penceramah jaman. Pendapat ini
dikemukakan oleh
A. Lardirabal.
B. WR. Houston.
C. Langeveld.
D. Robert W. Rickey.
25. Kompetensi profesional guru menurut Cooper adalah, kecuali
A. mempunyai pengetahuan tentang belajar dan tingkah laku manusia.
B. mempunyai pengetahuan bidang studi yang dibinanya.
C. mempunyai keterampilan dalam teknik mengajar.
D. mempunyai pengetahuan tentang pemecahan masalah.
26. Salah satu komponen kompetensi profesional guru adalah kemampuan
mengelola program belajar mengajar yang meliputi ....., kecuali
A. memutuskan tujuan instruksional
B. mengatur tata ruang kelas untuk pengajaran
C. mengenal kemampuan anak didik
D. merencanakan dan melaksanakan penga-jaran remedial
27. Menurut Ary Gunawan, disamping kegiatan akademis, guru diharapkan
mampu menyelenggarakan administrasi sekolah, kecuali
A. mengenal secara baik petugas adminis-trasi sekolah
B. mengenal secara baik pengadministrasian kegiatan sekolah
C. membantu melaksanakan kegiatan administrasi sekolah
D. bembimbing peserta didik untuk merawat alat dan sumber belajar
secara tepat
28. Menurut Cece Wijaya, cara memandang materi/ bahan ajar dapat
dilihat dari pengor-ganisasiannya yang meliputi bahan bidang studi berikut, kecuali
A. kumulatif.
B. praktikal.
C. eksperiensial.
D. vertikal.
29. Keputusan yang diambil guru untuk menyesuaikan dengan kondisi
kelas, adalah keputusan
A. situasional.
B. fransaksional.
C. vertikal.
D. horizontal.
30. Yang dimaksud dengan keputusan situasional adalah keputusan guru
ketika
A. merancang kegiatan belajar mengajar.
B. sedang dilakukan proses BM.
C. mendapat balikan dari hasil interaksi dengan siswa.
D. selesai melaksanakan proses BM.
31. Sekolah guru yang didirikan pertama kali oleh Pemerintah Hindia
Belanda tahun 1852 adalah di kota
A. Batavia.
B. Yogyakarta.
C. Solo.
D. Bandung.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 32 SAMPAI DENGAN 40,
PILIHLAH!
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA
MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH!
32. Setiap orang menginginkan menyimpan uang di bank yang pelayanannya
profesional.
sebab
Masyarakat telah jenuh
berlama-lama di bank untuk antri.
33. Jika setiap anggota profesi dapat melakukan pekerjaannya dengan
profesional, dengan sendirinya ia akan membangun profesinya.
sebab
Tuntutan
masyarakat menghendaki pela-yanan yang terbaik.
34. Semua jabatan mempunyai monopoli pengetahuan yang memisahkan
antara anggota profesi dengan orang awam.
sebab
Anggota
profesi menguasai bidang ilmu yang membangun keahlian mereka dan melindungi
masyarakat dari penyalahgunaan/ amatiran yang tidak terdidik.
35. Jabatan guru cenderung menunjukkan bukti yang kuat sebagai jabatan
profesional.
sebab
Hampir
tiap tahun guru melakukan berbagai kegiatan latihan profesional, baik yang
mendapatkan penghargaan kredit maupun tanpa kredit.
36. Jabatan guru adalah jabatan profesi, namun tidak sedikit guru
mencari tambahan melalui jabatan non profesi.
sebab
Guru
adalah manusia biasa yang selalu berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya.
37. Dalam penerimaan calon mahasiswa LPTK terdapat kesan yang sangat
kuat bahwa skor nilai calon mahasiswa yang dapat diterima di lembaga pendidikan
lebih rendah dibanding bidang non kependidikan.
sebab
Jabatan
profesi guru tidak menjanjikan hidup layak.
38. Guru adalah panutan yang harus digugu dan ditiru dan sebagai
contoh bagi kehidupan dan pribagi peserta didik.
sebab
Guru
bukan hanya sebagai pengajar, pelatih dan pembimbing tetapi juga sebagai cermin
bagi peserta didik dapat berkaca.
39. Menjadi guru yang baik tidak semudah membalikkan telapak tangan,
hal ini menuntut kesabaran dalam mencapainya.
sebab
Guru
diharapkan dapat sabar dalam arti tekun, ulet dalam melaksanakan tugasnya
karena hasil pendidikan tidak langsung dapat dirasakan saat itu tapi
membutuhkan proses panjang.
40. Mengenal dan sanggup menggunakan metode mengajar adalah kemampuan
dasar guru yang paling utama dalam meraih sukses di sekolah.
sebab
Guru
yang tidak mengenal metode mengajar jangan harap dapat melaksanakan tugas
mengajar sebaik-baiknya.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 41 SAMPAI 60, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
41. Rohman Natawijaya, mengemukakan ciri-ciri suatu profesi, yaitu
adanya
1) sistem imbalan terhadap jasa layanannya yang adil dan baku
2) pengakuan masyarakat terhadap pekerjaan itu
3) standar kerja yang baku dan jelas
42. Guru dapat dianggap suatu profesi apabila memiliki
1) persyaratan dasar
2) keterampilan teknik
3) sikap dan kepribadian yang mantap
43. Ciri-ciri profesionalisasi jabatan guru, menurut Robert W. Rickey
adalah
1) memiliki nilai dan etika yang berfungsi secara nasional maupun
lokal
2) selalu mengikuti perkembangan yang terjadi
3) akan bekerja semata-mata memberikan pelayanan kemanusiaan dari
pada kepentingan pribadi
44. National Education Association (NEA), menetapkan ciri-ciri jabatan
guru, yakni jabatan yang
1) melibatkan kegiatan intelektual
2) menggeluti suatu batang tubuh ilmu yang umum
3) memerlukan latihan dalam jabatan yang berkesinambungan
45. Semua profesi mempunyai organisasi profesional untuk mewadahi
tujuan bersama dan melindungi anggotanya. Organisasi profesional bagi jabatan
profesi guru adalah
1) PGRI
2) Musyawarah Kerja Guru Bidang Studi (MKGBS)
3) Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI)
46. Dalam sejarah profesi keguruan, pada masa Pemerintah Hindia
Belanda terdapat beberapa jenis guru, yaitu guru
1) bantu
2) magang
3) tambahan
47. Tugas guru pada jaman kerajaan Hindu, Budha, dan Islam mempunyai
kedudukan yang tinggi, disamping mengajar di depan kelas ia juga bertugas
1) mendidik masyarakat
2) tempat bertanya bagi masyarakat
3) tempat untuk memecahkan masalah pribadi maupun masalah sosial
48. Sanusi, mengutarakan ciri-ciri utama suatu profesi adalah jabatan
yang
1) menuntut suatu keahlian tertentu
2) mempunyai prestise yang tinggi dalam masyarakat
3) memerlukan pendidikan perguruan tinggi dengan waktu yang cukup
lama
49. Berikut ini ciri-ciri utama suatu profesi
1) kebebasan untuk menetapkan judgment-nya sendiri dalam menghadapi
atau memecahkan sesuatu dalam lingkup kerjanya
2) tanggungjawab profesional dan otonomi
3) batang tubuh ilmu
50. Dewasa ini kewibawaan guru sudah mulai memudar, hal ini disebabkan
oleh
1) kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga guru tidak
satu-satunya tempat bertanya
2) pendidikan masyarakat lebih tinggi dibanding pendidikan guru
3) status guru dianggap kalah gengsi dari jabatan lainnya
51. Misi PGRI adalah
1) politik/ ideologis
2) profesi
3) persatuan/ organisasi
52. Dari empat misi PGRI tersebut, dalam pelaksanaannya hanya terdapat
dua misi yang menonjol yakni
1) kesejahteraan
2) politik/ ideologi
3) persatuan/ organisasi
53. Secara konseptual ruang lingkup kerja guru mencakup aspek
kemampuan sebagai berikut
1) profesional
2) personal
3) sosial
54. Kemampuan profesional guru, mencakup penguasaan terhadap
1) landasan dan wawasan kependidikan dan keguruan
2) penanganan siswa melalui BK
3) materi pelajaran
55. Ruang lingkup profesi keguruan dapat pula dibagi ke dalam dua
gugus yaitu gugus kemampuan dan penguasaan teknik dasar profesional dan gugus
kemampuan profesional. Yang termasuk gugus pertama adalah
1) pengetahuan tentang menilai kemajuan belajar
2) pengetahuan tentang proses sosialisasi dan kulturalisasi
3) penguasaan berbagai metode mengajar
56. Kemampuan pribadi guru menurut Sanusi, mencakup hal-hal sebagai
berikut
1) pemahaman, penghayatan dan penam-pilan nilai-nilai yang dianut
oleh seorang guru
2) penampilan sikap yang positif terhadap keseluruhan tugasnya
3) upaya yang menjadikan dirinya sebagai panutan dan teladan bagi
siswa
57. Kompetensi sosial yang harus dimiliki guru menurut Cece Wijaya
1) sikap simpatik, pandai bergaul dengan kawan sekerja dan mitra
kerja
2) memahami dunia sekitarnya
3) dapat bekerjasama dengan BP3
58. Kompetensi profesional guru antara lain terampil memberikan
bantuan dan bimbingan kepada peserta didik. Untuk itu guru dituntut untuk
1) mengenal fungsi dan program layanan bimbingan dan penyuluhan di
sekolah
2) mampu merencanakan pelaksanaan BP
3) menyelenggarakan program layanan BP di sekolah
59. Cara memandang materi bahan ajar dilihat dari sudut isi bahan
(content) meliputi
1) fakta, konsep dan prinsip
2) keterampilan motorik
3) proses terjadinya sesuatu
60. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar seorang guru membuat
perencanaan pengajaran yang bersifat situasional berdasarkan
1) identifikasi kebutuhan dan minat siswa
2) kemampuan guru sendiri
3) karakteristik materi
BalasHapusk kasih kunci jawabannya donk
BalasHapusk kasih kunci jawabannya donk