LATIHAN MANDIRI
BELAJAR DAN
PEMBELAJARAN I
(MKDK4303)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 50 , PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Penjelasan yang
paling tepat dari pengertian belajar adalah ....
A. proses perubahan yang relatif
tetap yang tidak dipengaruhi oleh pengalaman
B. perubahan kemampuan/perilaku yang
bertahan lama sebagai hasil dari pengalaman
C. perubahan perilaku yang
disebabkan oleh instink, kematangan dan kebiasaan
D. perubahan potensi individu
sebagai akibat dari proses pertumbuhan
2. Contoh
perubahan perilaku seorang anak yang mencerminkan hasil dari pengalaman interaksi
dengan lingkungan yang bersifat fisik dapat terlihat dari perilaku ....
A. mengetahui es dingin setelah
dia memegang es batu
B. menyontek pada saat mengerjakan
ujian
C. berhati-hati pada saat
menyeberang jalan setelah melihat orang lain tertabrak mobil
D. mengedipkan mata saat memandang
cahaya yang menyilaukan
3. Penjelasan yang paling tepat
mengenai pengertian pembelajaran adalah ....
A. serangkaian metode mengajar yang
digunakan untuk mendukung proses belajar siswa
B. pertemuan tatap muka antara
pengajar dan siswa di dalam kelas
C. penggunaan media belajar dalam
membahas materi belajar sesuai dengan tujuan
D. serangkaian kegiatan yang
dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar siswa
4. Interaksi
antara siswa dengan lingkungan belajarnya merupakan ciri dari kegiatan ....
A. mengajar
B. pengajaran
C. pembelajaran
D. belajar
5. Salah satu
contoh perilaku yang muncul sebagai proses belajar isyarat yang dialami oleh
siswa adalah ....
A. berlarian menuju kelas setelah
mendengar bunyi bel
B. mengetukkan kaki pada saat
mendengarkan musik
C. menangis setelah dipukul oleh
kawannya
D. membedakan gambar ayam dengan
bebek
6. Penampilan objek yang dapat
mempengaruhi kemampuan siswa untuk belajar stimulus respons adalah ....
A. menarik dan lembut
B. kuat dan lembut
C. menarik dan merangsang
D. merangsang dan lembut
7. Pengertian
belajar rangkaian yang paling tepat adalah proses belajar ....
A. yang terjadi karena adanya
berbagai proses stimulus dan respon
B. akibat adanya stimulus dan respon
yang sangat kuat
C. yang terjadi sebagai akibat
munculnya informasi verbal
D. akibat adanya pengenalan terhadap
ciri-ciri, contoh, dan sifat benda
8. Kondisi yang
mendorong siswa untuk memiliki kemampuan belajar asosiasi verbal adalah ....
A. memberikan informasi baru dengan
urutan yang acak
B. mengkaitkan konsep verbal dengan
konsep non verbal
C. memberikan penjelasan fungsional
tentang konsep asosiasi verbal
D. mengkaitkan informasi baru dengan
informasi yang telah dikuasai oleh siswa
9. Kemampuan siswa “belajar membedakan” dapat dipacu secara tepat dengan cara
....
A. menyajikan suasana belajar yang
menarik dan menyenangkan
B. menghadapkan siswa pada dua hal
yang memiliki karakterik yang sama
C. menghadapkan siswa pada dua hal
yang memiliki karakteristik yang khas
D. menyajikan suasana belajar yang
memiliki karakteristik berbeda
10. Berikut adalah cara-cara yang tepat untuk membentuk kemampuan siswa dalam “belajar
konsep” kecuali ....
A. memberikan penguatan terhadap konsep yang
dipelajari
B. menyajikan contoh dan non contoh
C. menyajikan konsep secara lisan dan tertulis
D. memberikan kesempatan yang banyak untuk trial and error
11. Proses belajar dengan cara membangun prinsip dengan menggunakan
serangkaian fakta, data, peristiwa dan pengalaman merupakan proses belajar ....
A. aturan
B. konsep
C. pemecahan masalah
D. rangkaian
12. Urutan langkah yang tepat dalam memecahkan masalah adalah ....
A. merumuskan masalah, menyusun hipotesis,
mengolah data, merumuskan kesimpulan
B. merasakan adanya masalah, menyusun hipotesis,
merumuskan masalah, mengolah data, merumuskan kesimpulan
C. merasakan adanya masalah, merumuskan masalah,
menyusun hipotesis, mengolah data, merumuskan kesimpulan
D. merumuskan masalah, mengolah data, menyusun
hipotesis, merumuskan kesimpulan
13. Perubahan kapasitas siswa untuk berperilaku
baru sebagai hasil belajar yang dipengaruhi lingkungan adalah teori belajar
....
A. Operant conditioning
B. Thorndike
C. Behaviouristik
D. Connectionism
14. Upaya seseorang untuk memenuhi kebutuhannya dengan cara
berinteraksi dengan lingkungannya dalam proses stimulus respon menunjukkan
adanya faktor ....
A. respons
B. penguatan
C. stimulus
D. dorongan
15. Contoh yang paling tepat dari adanya parameter penguatan atau reinforment dalam teori classical
conditioning adalah ....
A. stimulus daging (terkondisi) diikuti stimulus cahaya (tak
terkondisi), stimulus “tak terkondisi” yang berulang mampu membuat anjing
berliur
B. stimulus daging (tak terkondisi) diikuti stimulus cahaya (terkondisi),
stimulus “terkondisi” yang berulang mampu membuat anjing berliur
C. stimulus daging (terkondisi) diikuti stimulus cahaya (terkondisi),
stimulus “terkondisi” yang berulang mampu membuat anjing berliur
D. stimulus daging (tak terkondisi) diikuti stimulus cahaya (tak
terkondisi), stimulus “tak terkondisi” yang berulang mampu membuat anjing
berliur
16. Penerapan Law of Effect
(dalil sebab akibat) pada kegiatan pembelajaran yang paling tepat adalah siswa
....
A. senang menggambar karena diajarkan dengan
metode menggambar yang menarik
B. tidak senang menggambar karena dia tidak
memiliki hobi menggambar
C. senang menggambar jika guru memberikan pujian
terhadap gambar yang dibuatnya
D. senang menggambar setelah mendapat bimbingan
yang cukup lama dari gurunya
17. Kemampuan untuk berenang gaya kupu-kupu
dengan nilai yang sangat baik diperoleh siswa setelah melalui tahap latihan dan
reinforcement yang positif dari guru,
merupakan penerapan dari ....
A. law of effect
B. law of exercise
C. law of readiness
D. low of reinforcement
18. Faktor kesiapan siswa dalam proses pembelajaran merupakan hal
penting, dari empat pernyataan berikut manakah yang mengabaikan dalil kesiapan
siswa....
A. dengan senang hati memberikan respon untuk sesuatu yang telah
dipelajari sebelumnya
B. diminta menyelesaikan tugas dengan teman-teman sekelas lainnya
C. dengan senang hati memberikan respon untuk materi yang tengah
dibahas dalam kelas
D. diminta menyelesaikan tugas bersama teman yang telah mempelajari
materi terkait
19. Perubahan tingkah laku seseorang sebagai hasil proses belajar
hanya dapat diketahui dari tingkah laku yang dapat diamati. Teori ini
diungkapkan oleh ....
A. Gagne
B. Pavlov
C. Thorndike
D. Watson
20. Penerapan teori behaviorsitik dalam pembelajaran yang menggunakan
konsep observable behavior dapat dilihat pada penentuan perencanaan
pembelajaran yang perlu disusun oleh guru untuk menerapkan konsep observable
behavior, adalah ....
A. tujuan pembelajaran yang menggunakan kata kerja operasional yang
dapat diukur
B. kemampuan awal yang dimiliki oleh siswa dalam mempelajari materi
tertentu
C. perbedaan perilaku yang dapat terlihat dari
setiap siswa
D. tingkat keberhasilan perilaku yang dicapai
oleh siswa
21. Pada teori stimulus dan respons tingkah laku
hewan/manusia dapat dilihat atau diamati, hal ini dikenal sebagai konsep ....
A. conditioning behaviour
B. connection behaviour
C. observable behaviour
D. associative behaviour
22. Tindakan yang dilakukan oleh seseorang sebagai akibat adanya intervening variable yang sama, misalnya
menggigit ujung bolpen pada saat sedang berpikir, merupakan kebiasaan menurut
teori ....
A. Classical conditioning dari
Pavlov
B. Systematic behaviour dari
Hull
C. Contiguity dari Guthrie
D. Associative shifting dari
Thorndike
23. Dalil Gutrie dalam teori contiguitynya mengenai proses belajar
adalah munculnya ....
A. sebuah stimulus yang mempunyai korelasi respon yang ditimbulkan
terakhir kali
B. sebuah stimulus yang mempunyai korelasi dengan respon yang
ditimbulkan pertama kali
C. stimulus yang terus menerus yang mempunyai korelasi dengan respon
yang ditimbulkan terakhir kali
D. stimulus yang terus menerus yang mempunyai korelasi dengan respon
yang ditimbulkan pertama kali
24. Salah satu asumsi dasar dalam teori operant conditioning dari Skinner adalah adanya dinamika interaksi
antara individu dengan lingkungannya yang ....
A. bersifat relatif sama untuk semua jenis mahluk hidup
B. bersifat berbeda untuk setiap jenis mahluk hidup
C. secara fungsional berhubungan dengan semua jenis mahluk hidup
D. secara fungsional berhubungan dengan kondisi
mahluk hidup
25. Diskriminative
stimulus menurut Skinner adalah stimulus ....
A. yang selalu hadir untuk pemunculan suatu
respon
B. khusus yang selalu hadir pada saat tertentu
C. yang hanya hadir untuk respon tertentu
D. yang memungkinkan pemunculan respon setiap
saat
26. Sebuah hadiah yang diperoleh sebagai hasil
dari suatu tindakan cenderung untuk diulang, oleh Skinner hadiah tersebut
merupakan suatu ....
A. perampatan negatif
B. perampatan positif
C. penguatan negatif
D. penguatan positif
27. Pemberian contoh dalam proses pembelajaran
dengan tujuan untuk memperkaya siswa mengenai materi yang dipelajarinya
merupakan penerapan teori behavioristik dari ....
A. Guthrie
B. Hull
C. Skinner
D. Thorndike
28. Pemberian reinforcement
menurut teori Guthrie dalam proses pembelajaran dapat dilakukan dengan cara
....
A. memberikan tujuan instruksional umum dan
instruksional khusus pada setiap kali pertemuan
B. menjelaskan strategi pembelajaran yang digunakan
guru dalam keseluruhan proses pembelajaran
C. memberikan pertanyaan kepada siswa, dan
setiap jawaban siswa akan dilemparkan lagi kepada siswa lain untuk dibahas
D. menjelaskan cakupan materi yang akan dibahas
pada setiap pertemuan
29. Pemberian contoh dan penjelasan mengenai
materi tertentu dengan situasi dan kondisi yang berbeda merupakan penerapan
teori behaviouristik dari ....
A. Guthrie
B. Hull
C. Skinner
D. Thorndike
30. Bagi seorang guru penguasaan terhadap teori
kognitif sangat berguna dalam memahami
....
A. diri sendiri dan sesama guru
B. diri sendiri
C. siswa dan orang tua murid
D. siswa dan diri sendiri
31. Pengertian insight dalam teori kognitif
adalah pemahaman ....
A. dasar terhadap situasi secara mendalam yang
dapat diaplikasikan pada beberapa situasi yang sama atau hampir sama
B. terhadap diri sendiri yang lebih mendalam
secara sadar memahami permasalahan yang dihadapi
C. dasar terhadap satu atau beberapa situasi
secara lebih mendalam yang dapat diaplikasi dalam situasi yang berbeda
D. terhadap suatu situasi yang lebih mendalam
dari pada kata-kata dan secara sadar memahami masalah
32. Perbedaan yang mendasar antara teori kognitif
dengan teori conditioning stimulus respon
adalah teori kognitif yang memperhatikan ....
A. aspek fisik dan masa lalu sementara teori
conditioning lebih menekan pada fungsi psikologis dan situasi saat ini
B. aspek fisik dan situasi saat sementara teori
conditioning lebih menekan pada fungsi psikologis dan masa lalu
C. fungsi psikologis dan situasi saat ini
sementara teori conditioning lebih menekan pada aspek fisik dan masa lalu
D. fungsi psikologis dan masa lalu sementara
teori conditioning lebih menekan pada aspek fisik dan situasi saat ini
33. Bruner berpendapat bahwa proses transformasi
informasi yang terjadi sebagai proses belajar kognitif dapat terjadi pada
proses kegiatan belajar berikut ....
A. perolehan informasi baru, transformasi
informasi yang diterima, menguji relevansi dan ketepatan pengetahuan
B. transformasi informasi yang diterima, pengolahan
informasi, menguji relevansi dan keakurasian pengetahuan
C. teori kognitif memperhatikan fungsi
psikologis dan situasi saat ini sementara teori conditioning lebih menekan pada
aspek fisik dan masa lalu
D. teori kognitif memperhatikan fungsi psikologis
dan masa lalu sementara teori conditioning lebih menekan pada aspek fisik dan
situasi saat ini
34. Bruner berpendapat bahwa pemberian struktur
pada mata pelajaran akan memampukan siswa untuk ....
A. menghubungkan mata pelajaran satu dengan
lainnya
B. mengerjakan tes dengan baik
C. mengambil kesimpulan yang sahih
D. mempelajari hal-hal atau materi baru yang
menarik
35. Penyajian materi pelajaran yang dilakukan
melalui tindakan merupakan upaya pembentukan perkembangan kognitif siswa pada
tahap ....
A. mekanik
B. iconik
C. enaktif
D. simbolik
36. Proses interaktif dalam pembelajaran menurut
Bruner adalah siswa ....
A. akan memperoleh pengetahuan apabila dia
secara aktif melakukan aktifitas yang terstruktur
B. akan memperoleh pengetahuan apabila dia secara
aktif berhubungan dengan lingkungannya
C. mampu menghubungkan beberapa hal yang
mempunyai kemiripan sehingga menjadi suatu struktur yang memberi arti
D. mampu memperluas struktur yang telah dimiliki
dengan menghubungkan kejadian satu dengan kejadian lain
37. Manfaat belajar penemuan bagi siswa menurut
Bruner akan dapat meningkatkan penalaran dan kemampuan berfikir bebas dan
melatih keterampilan ....
A. belajar aktif siswa
B. psikomotor siswa
C. kognitif siswa
D. afektif siswa
38. Tahapan penerapan belajar melalui penemuan
adalah ....
A. stimulus - identifikasi masalah - pengumpulan data - pengolahan data - verifikasi - generalisasi
B. stimulus - identifikasi masalah - pengumpulan data - pengolahan data - generalisasi - verifikasi
C. stimulus - identifikasi masalah - pengolahan
data - pengumpulan data - verifikasi - generalisasi
D. stimulus - identifikasi masalah - pengumpulan
data - verifikasi - pengolahan data - generalisasi
39. Pemberian contoh dan non contoh dalam
menyajikan materi tentang “Binatang Buas” yang paling tepat menurut konsep
penemuan adalah contoh ....
A. Harimau, ayam, buaya; non contoh : singa,
kerbau, burung
B. Harimau, kerbau, ayam ; non contoh : singa,
buaya, burung
C. Harimau, singa, burung ; non contoh : ayam,
kerbau, buaya
D. Harimau, singa, buaya ; non contoh : ayam,
kerbau, burung
40. Pengaturan awal mengenai konsep-konsep yang
diberikan kepada siswa sebelum materi belajar diberikan disebut ....
A. advance organizer
B. progresive differensial
C. Integratif reconcilliation
D. consolidation
41. Pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan peta konsep merupakan
penerapan dari belajar ....
A. penemuan
B. manfaat
C. bermakna
D. berkesinambungan
42. Membuat ikhtisar suatu materi pelajaran oleh
siswa merupakan kegiatan yang dikategorikan oleh Gagne sebagai ragam belajar
....
A. informasi verbal
B. keterampilan intelek
C. keterampilan gerak
D. siasat kognitif
43. Menurut Gagne, seorang pengajar dapat
membangkitkan perhatian siswa dalam proses pembelajaran dengan cara ....
A. memberikan latihan-latihan mengenai materi
yang dipelajari
B. menjelaskan langkah-langkah yang harus
dilakukan dalam penguasaan suatu materi
C. meminta siswa menjelaskan topik yang telah
dipelajari
D. merubah suaranya pada saat mengajar
44. Faktor yang mempengaruhi teori perkembangan
intelektual adalah ....
A. perkembangan individu mulai dari bayi,
anak-anak sampai dewasa
B. lingkungan fisik, kematangan, pengaruh sosial
dan proses pengaturan diri
C. keterampilan dalam membina hubungan dengan
individu lain
D. daya tanggap terhadap situasi dan kondisi
45. Proses asimilasi yang terjadi dalam diri
siswa disebut ....
A. pengaturan diri yang berkesimbungan dalam
pertumbuhan seorang siswa
B. penyesuaian struktur internal yang
menggunakan informasi baru
C. proses perpaduan antara informasi baru dengan
struktur kognitif yang sudah dimiliki
D. proses berfikir seseorang yang terjadi pada
bagian fungsi kognitif
46. Kemampuan untuk memodifikasi struktur
internal dalam diri siswa dalam bereaksi terhadap tantangan lingkungan adalah
proses perkembangan intelektual pada tahap proses ....
A. asimilasi
B. akomodasi
C. ekualibrasi
D. konsolidasi
47. Ekualibrasi merupakan pengaturan diri yang
berkesinambungan yang memungkinkan seorang anak untuk tumbuh, berkembang dan berubah
....
A. sementara untuk menjadi manusia yang lebih
seimbang
B. secara permanen sebagai manusia yang lebih
seimbang
C. secara berkala sebagai manusia yang utuh
D. secara konsisten sebagai manusia yang utuh
48. Ciri konsepsi pengetahuan adalah ....
A. tetap, berfokus pada perbedaan kuantitatif,
lingkup bidang, interdisiplin
B. tetap, berfokus pada perbedaan kuantitatif,
lingkup bidang, intradisiplin
C. berubah, berfokus pada perbedaan kualitatif,
lingkup bidang, interdisiplin
D. berubah, berfokus pada perbedaan kuantitatif,
lingkup bidang, intradisiplin
49. Penyusunan pengetahuan melalui pengalaman
fisik dapat didasarkan pada pengalaman ....
A. berbagai individu dengan logika berfikirnya
B. individu dengan logika berfikirnya
C. berbagai individu dengan lingkungannya
D. individu langsung dengan lingkungannya
50. Pada usia berapa seorang anak dapat mengatur
sensorinya (indranya)? ....
A. 0 - 2 tahun
B. 2 - 7 tahun
C. 7 - 11 tahun
D. 11 - 15 tahun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar