Rabu, 04 Juni 2014

Soal Belajar Dan Pembelajaran I



LATIHAN  MANDIRI
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN I
(MKDK4303)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 50 ,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Penjelasan yang paling tepat dari pengertian belajar adalah ....  
A.   proses perubahan yang relatif tetap yang tidak dipengaruhi oleh pengalaman
B.   perubahan kemampuan/perilaku yang bertahan lama sebagai hasil dari pengalaman
C.   perubahan perilaku yang disebabkan oleh instink, kematangan dan kebiasaan
D.   perubahan potensi individu sebagai akibat dari proses pertumbuhan

2.   Contoh perubahan perilaku seorang anak yang mencerminkan hasil dari pengalaman interaksi dengan lingkungan yang bersifat fisik dapat terlihat dari perilaku ....       
A.   mengetahui es dingin setelah dia memegang es batu
B.   menyontek pada saat mengerjakan ujian
C.   berhati-hati pada saat menyeberang jalan setelah melihat orang lain tertabrak mobil
D.   mengedipkan mata saat memandang cahaya yang menyilaukan
     
3.   Penjelasan yang paling tepat mengenai pengertian pembelajaran adalah ....
A.   serangkaian metode mengajar yang digunakan untuk mendukung proses belajar siswa
B.   pertemuan tatap muka antara pengajar dan siswa di dalam kelas
C.   penggunaan media belajar dalam membahas materi belajar sesuai dengan tujuan
D.   serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar siswa

4.   Interaksi antara siswa dengan lingkungan belajarnya merupakan ciri dari kegiatan ....
A.   mengajar
B.   pengajaran
C.   pembelajaran
D.   belajar

5.   Salah satu contoh perilaku yang muncul sebagai proses belajar isyarat yang dialami oleh siswa adalah ....
A.   berlarian menuju kelas setelah mendengar bunyi bel
B.   mengetukkan kaki pada saat mendengarkan musik
C.   menangis setelah dipukul oleh kawannya
D.   membedakan gambar ayam dengan bebek

6.   Penampilan objek yang dapat mempengaruhi kemampuan siswa untuk belajar stimulus respons adalah ....
A.   menarik dan lembut
B.   kuat dan lembut
C.   menarik dan merangsang
D.   merangsang dan lembut

7.   Pengertian belajar rangkaian yang paling tepat adalah proses belajar ....
A.   yang terjadi karena adanya berbagai proses stimulus dan respon
B.   akibat adanya stimulus dan respon yang sangat kuat
C.   yang terjadi sebagai akibat munculnya informasi verbal
D.   akibat adanya pengenalan terhadap ciri-ciri, contoh, dan sifat benda

8.   Kondisi yang mendorong siswa untuk memiliki kemampuan belajar asosiasi verbal adalah ....
A.   memberikan informasi baru dengan urutan yang acak
B.   mengkaitkan konsep verbal dengan konsep non verbal
C.   memberikan penjelasan fungsional tentang konsep asosiasi verbal
D.   mengkaitkan informasi baru dengan informasi yang telah dikuasai oleh siswa

9.   Kemampuan siswa “belajar membedakan”        dapat dipacu secara tepat dengan cara ....
A.   menyajikan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan
B.   menghadapkan siswa pada dua hal yang memiliki karakterik yang sama
C.   menghadapkan siswa pada dua hal yang memiliki karakteristik yang khas
D.   menyajikan suasana belajar yang memiliki karakteristik berbeda

10.   Berikut adalah cara-cara yang tepat untuk         membentuk kemampuan siswa dalam “belajar      konsep” kecuali ....
A.   memberikan penguatan terhadap konsep yang dipelajari
B.   menyajikan contoh dan non contoh
C.   menyajikan konsep secara lisan dan tertulis
D.   memberikan kesempatan yang banyak untuk trial and error

11.   Proses belajar dengan cara membangun prinsip dengan menggunakan serangkaian fakta, data, peristiwa dan pengalaman merupakan proses belajar ....
A.   aturan
B.   konsep
C.   pemecahan masalah
D.   rangkaian

12.   Urutan langkah yang tepat dalam memecahkan masalah adalah ....
A.   merumuskan masalah, menyusun hipotesis, mengolah data, merumuskan kesimpulan
B.   merasakan adanya masalah, menyusun hipotesis, merumuskan masalah, mengolah data, merumuskan kesimpulan
C.   merasakan adanya masalah, merumuskan masalah, menyusun hipotesis, mengolah data, merumuskan kesimpulan
D.   merumuskan masalah, mengolah data, menyusun hipotesis, merumuskan kesimpulan

13.   Perubahan kapasitas siswa untuk berperilaku baru sebagai hasil belajar yang dipengaruhi lingkungan adalah teori belajar ....
A.   Operant conditioning
B.   Thorndike
C.   Behaviouristik
D.   Connectionism

14.   Upaya seseorang untuk memenuhi kebutuhannya dengan cara berinteraksi dengan lingkungannya dalam proses stimulus respon menunjukkan adanya faktor ....
A.   respons
B.   penguatan
C.   stimulus
D.   dorongan
15.   Contoh yang paling tepat dari adanya parameter penguatan atau reinforment dalam teori classical conditioning adalah ....
A.   stimulus daging (terkondisi) diikuti stimulus cahaya (tak terkondisi), stimulus “tak terkondisi” yang berulang mampu membuat anjing berliur
B.   stimulus daging (tak terkondisi) diikuti stimulus cahaya (terkondisi), stimulus “terkondisi” yang berulang mampu membuat anjing berliur
C.   stimulus daging (terkondisi) diikuti stimulus cahaya (terkondisi), stimulus “terkondisi” yang berulang mampu membuat anjing berliur
D.   stimulus daging (tak terkondisi) diikuti stimulus cahaya (tak terkondisi), stimulus “tak terkondisi” yang berulang mampu membuat anjing berliur

16.   Penerapan Law of Effect (dalil sebab akibat) pada kegiatan pembelajaran yang paling tepat adalah siswa ....
A.   senang menggambar karena diajarkan dengan metode menggambar yang menarik
B.   tidak senang menggambar karena dia tidak memiliki hobi menggambar
C.   senang menggambar jika guru memberikan pujian terhadap gambar yang dibuatnya
D.   senang menggambar setelah mendapat bimbingan yang cukup lama dari gurunya

17.   Kemampuan untuk berenang gaya kupu-kupu dengan nilai yang sangat baik diperoleh siswa setelah melalui tahap latihan dan reinforcement yang positif dari guru, merupakan penerapan dari ....
A.   law of effect
B.   law of exercise
C.   law of readiness
D.   low of reinforcement

18.   Faktor kesiapan siswa dalam proses pembelajaran merupakan hal penting, dari empat pernyataan berikut manakah yang mengabaikan dalil kesiapan siswa....
A.   dengan senang hati memberikan respon untuk sesuatu yang telah dipelajari sebelumnya
B.   diminta menyelesaikan tugas dengan teman-teman sekelas lainnya
C.   dengan senang hati memberikan respon untuk materi yang tengah dibahas dalam kelas
D.   diminta menyelesaikan tugas bersama teman yang telah mempelajari materi terkait
19.   Perubahan tingkah laku seseorang sebagai hasil proses belajar hanya dapat diketahui dari tingkah laku yang dapat diamati. Teori ini diungkapkan oleh ....
A.   Gagne
B.   Pavlov
C.   Thorndike
D.   Watson

20.   Penerapan teori behaviorsitik dalam pembelajaran yang menggunakan konsep observable behavior dapat dilihat pada penentuan perencanaan pembelajaran yang perlu disusun oleh guru untuk menerapkan konsep observable behavior, adalah ....
A.   tujuan pembelajaran yang menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur
B.   kemampuan awal yang dimiliki oleh siswa dalam mempelajari materi tertentu
C.   perbedaan perilaku yang dapat terlihat dari setiap siswa
D.   tingkat keberhasilan perilaku yang dicapai oleh siswa

21.   Pada teori stimulus dan respons tingkah laku hewan/manusia dapat dilihat atau diamati, hal ini dikenal sebagai konsep ....
A.   conditioning behaviour
B.   connection behaviour
C.   observable behaviour
D.   associative behaviour

22.   Tindakan yang dilakukan oleh seseorang sebagai akibat adanya intervening variable yang sama, misalnya menggigit ujung bolpen pada saat sedang berpikir, merupakan kebiasaan menurut teori ....
A.   Classical conditioning dari Pavlov
B.   Systematic behaviour dari Hull
C.   Contiguity dari Guthrie
D.   Associative shifting dari Thorndike

23.   Dalil Gutrie dalam teori contiguitynya mengenai proses belajar adalah munculnya ....
A.   sebuah stimulus yang mempunyai korelasi respon yang ditimbulkan terakhir kali
B.   sebuah stimulus yang mempunyai korelasi dengan respon yang ditimbulkan pertama kali
C.   stimulus yang terus menerus yang mempunyai korelasi dengan respon yang ditimbulkan terakhir kali
D.   stimulus yang terus menerus yang mempunyai korelasi dengan respon yang ditimbulkan pertama kali

24.   Salah satu asumsi dasar dalam teori operant conditioning dari Skinner adalah adanya dinamika interaksi antara individu dengan lingkungannya yang ....
A.   bersifat relatif sama untuk semua jenis mahluk hidup
B.   bersifat berbeda untuk setiap jenis mahluk hidup
C.   secara fungsional berhubungan dengan semua jenis mahluk hidup
D.   secara fungsional berhubungan dengan kondisi mahluk hidup

25.   Diskriminative stimulus menurut Skinner adalah stimulus ....
A.   yang selalu hadir untuk pemunculan suatu respon
B.   khusus yang selalu hadir pada saat tertentu
C.   yang hanya hadir untuk respon tertentu
D.   yang memungkinkan pemunculan respon setiap saat

26.   Sebuah hadiah yang diperoleh sebagai hasil dari suatu tindakan cenderung untuk diulang, oleh Skinner hadiah tersebut merupakan suatu ....
A.   perampatan negatif
B.   perampatan positif
C.   penguatan negatif
D.   penguatan positif

27.   Pemberian contoh dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk memperkaya siswa mengenai materi yang dipelajarinya merupakan penerapan teori behavioristik dari ....
A.   Guthrie
B.   Hull
C.   Skinner
D.   Thorndike

28.   Pemberian reinforcement menurut teori Guthrie dalam proses pembelajaran dapat dilakukan dengan cara ....
A.   memberikan tujuan instruksional umum dan instruksional khusus pada setiap kali pertemuan
B.   menjelaskan strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam keseluruhan proses pembelajaran
C.   memberikan pertanyaan kepada siswa, dan setiap jawaban siswa akan dilemparkan lagi kepada siswa lain untuk dibahas
D.   menjelaskan cakupan materi yang akan dibahas pada setiap pertemuan

29.   Pemberian contoh dan penjelasan mengenai materi tertentu dengan situasi dan kondisi yang berbeda merupakan penerapan teori behaviouristik dari ....
A.   Guthrie
B.   Hull
C.   Skinner
D.   Thorndike

30.   Bagi seorang guru penguasaan terhadap teori kognitif sangat berguna dalam memahami  ....
A.   diri sendiri dan sesama guru
B.   diri sendiri
C.   siswa dan orang tua murid
D.   siswa dan diri sendiri

31.   Pengertian insight dalam teori kognitif adalah pemahaman ....
A.   dasar terhadap situasi secara mendalam yang dapat diaplikasikan pada beberapa situasi yang sama atau hampir sama
B.   terhadap diri sendiri yang lebih mendalam secara sadar memahami permasalahan yang dihadapi
C.   dasar terhadap satu atau beberapa situasi secara lebih mendalam yang dapat diaplikasi dalam situasi yang berbeda
D.   terhadap suatu situasi yang lebih mendalam dari pada kata-kata dan secara sadar memahami masalah

32.   Perbedaan yang mendasar antara teori kognitif dengan teori conditioning stimulus respon adalah teori kognitif yang memperhatikan ....
A.   aspek fisik dan masa lalu sementara teori conditioning lebih menekan pada fungsi psikologis dan situasi saat ini
B.   aspek fisik dan situasi saat sementara teori conditioning lebih menekan pada fungsi psikologis dan masa lalu
C.   fungsi psikologis dan situasi saat ini sementara teori conditioning lebih menekan pada aspek fisik dan masa lalu
D.   fungsi psikologis dan masa lalu sementara teori conditioning lebih menekan pada aspek fisik dan situasi saat ini

33.   Bruner berpendapat bahwa proses transformasi informasi yang terjadi sebagai proses belajar kognitif dapat terjadi pada proses kegiatan belajar berikut ....
A.   perolehan informasi baru, transformasi informasi yang diterima, menguji relevansi dan ketepatan pengetahuan
B.   transformasi informasi yang diterima, pengolahan informasi, menguji relevansi dan keakurasian pengetahuan
C.   teori kognitif memperhatikan fungsi psikologis dan situasi saat ini sementara teori conditioning lebih menekan pada aspek fisik dan masa lalu
D.   teori kognitif memperhatikan fungsi psikologis dan masa lalu sementara teori conditioning lebih menekan pada aspek fisik dan situasi saat ini

34.   Bruner berpendapat bahwa pemberian struktur pada mata pelajaran akan memampukan siswa untuk ....
A.   menghubungkan mata pelajaran satu dengan lainnya
B.   mengerjakan tes dengan baik
C.   mengambil kesimpulan yang sahih
D.   mempelajari hal-hal atau materi baru yang menarik

35.   Penyajian materi pelajaran yang dilakukan melalui tindakan merupakan upaya pembentukan perkembangan kognitif siswa pada tahap ....
A.   mekanik
B.   iconik
C.   enaktif
D.   simbolik

36.   Proses interaktif dalam pembelajaran menurut Bruner adalah siswa ....
A.   akan memperoleh pengetahuan apabila dia secara aktif melakukan aktifitas yang terstruktur
B.   akan memperoleh pengetahuan apabila dia secara aktif berhubungan dengan lingkungannya
C.   mampu menghubungkan beberapa hal yang mempunyai kemiripan sehingga menjadi suatu struktur yang memberi arti
D.   mampu memperluas struktur yang telah dimiliki dengan menghubungkan kejadian satu dengan kejadian lain

37.   Manfaat belajar penemuan bagi siswa menurut Bruner akan dapat meningkatkan penalaran dan kemampuan berfikir bebas dan melatih keterampilan ....
A.   belajar aktif siswa
B.   psikomotor siswa
C.   kognitif siswa
D.   afektif siswa

38.   Tahapan penerapan belajar melalui penemuan adalah ....
        A.    stimulus - identifikasi masalah -    pengumpulan data - pengolahan data -     verifikasi - generalisasi
        B.    stimulus - identifikasi masalah -    pengumpulan data - pengolahan data -     generalisasi - verifikasi
C.   stimulus - identifikasi masalah - pengolahan data - pengumpulan data - verifikasi - generalisasi
D.   stimulus - identifikasi masalah - pengumpulan data - verifikasi - pengolahan data - generalisasi

39.   Pemberian contoh dan non contoh dalam menyajikan materi tentang “Binatang Buas” yang paling tepat menurut konsep penemuan adalah contoh ....
A.   Harimau, ayam, buaya; non contoh : singa, kerbau, burung
B.   Harimau, kerbau, ayam ; non contoh : singa, buaya, burung
C.   Harimau, singa, burung ; non contoh : ayam, kerbau, buaya
D.   Harimau, singa, buaya ; non contoh : ayam, kerbau, burung
     
40.   Pengaturan awal mengenai konsep-konsep yang diberikan kepada siswa sebelum materi belajar diberikan disebut ....
A.   advance organizer
B.   progresive differensial
C.   Integratif reconcilliation
D.   consolidation

41.   Pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan peta konsep merupakan penerapan dari belajar ....
A.   penemuan
B.   manfaat
C.   bermakna
D.   berkesinambungan

42.   Membuat ikhtisar suatu materi pelajaran oleh siswa merupakan kegiatan yang dikategorikan oleh Gagne sebagai ragam belajar ....
A.   informasi verbal
B.   keterampilan intelek
C.   keterampilan gerak
D.   siasat kognitif

43.   Menurut Gagne, seorang pengajar dapat membangkitkan perhatian siswa dalam proses pembelajaran dengan cara ....
A.   memberikan latihan-latihan mengenai materi yang dipelajari
B.   menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penguasaan suatu materi
C.   meminta siswa menjelaskan topik yang telah dipelajari
D.   merubah suaranya pada saat mengajar

44.   Faktor yang mempengaruhi teori perkembangan intelektual adalah ....
A.   perkembangan individu mulai dari bayi, anak-anak sampai dewasa
B.   lingkungan fisik, kematangan, pengaruh sosial dan proses pengaturan diri
C.   keterampilan dalam membina hubungan dengan individu lain
D.   daya tanggap terhadap situasi dan kondisi

45.   Proses asimilasi yang terjadi dalam diri siswa disebut ....
A.   pengaturan diri yang berkesimbungan dalam pertumbuhan seorang siswa
B.   penyesuaian struktur internal yang menggunakan informasi baru
C.   proses perpaduan antara informasi baru dengan struktur kognitif yang sudah dimiliki
D.   proses berfikir seseorang yang terjadi pada bagian fungsi kognitif

46.   Kemampuan untuk memodifikasi struktur internal dalam diri siswa dalam bereaksi terhadap tantangan lingkungan adalah proses perkembangan intelektual pada tahap proses ....
A.   asimilasi
B.   akomodasi
C.   ekualibrasi
D.   konsolidasi

47.   Ekualibrasi merupakan pengaturan diri yang berkesinambungan yang memungkinkan seorang anak untuk tumbuh, berkembang dan berubah ....
A.   sementara untuk menjadi manusia yang lebih seimbang
B.   secara permanen sebagai manusia yang lebih seimbang
C.   secara berkala sebagai manusia yang utuh
D.   secara konsisten sebagai manusia yang utuh

48.   Ciri konsepsi pengetahuan adalah ....
A.   tetap, berfokus pada perbedaan kuantitatif, lingkup bidang, interdisiplin
B.   tetap, berfokus pada perbedaan kuantitatif, lingkup bidang, intradisiplin
C.   berubah, berfokus pada perbedaan kualitatif, lingkup bidang, interdisiplin
D.   berubah, berfokus pada perbedaan kuantitatif, lingkup bidang, intradisiplin

49.   Penyusunan pengetahuan melalui pengalaman fisik dapat didasarkan pada pengalaman ....
A.   berbagai individu dengan logika berfikirnya
B.   individu dengan logika berfikirnya
C.   berbagai individu dengan lingkungannya
D.   individu langsung dengan lingkungannya

50.   Pada usia berapa seorang anak dapat mengatur sensorinya (indranya)? ....
A.   0 - 2 tahun
B.   2 - 7 tahun
C.   7 - 11 tahun
D.   11 - 15 tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar