Senin, 23 Juni 2014

Soal Kurikulum Dan Materi Kimia SMU



TUGAS MANDIRI
KURIKULUM DAN MATERI KIMIA SMU
(PAKI4422)



PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 46,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional menyatakan bahwa Pendidikan Nasional adalah pendidikan yang berakar pada ....        
A.   Pancasila dan UUD 1945
B.   Kebudayaan Bangsa Indonesia
C.   kemajuan teknologi dunia
D.   Ke-Tuhanan Yang Maha Esa

2.   Penyesuaian kurikulum setiap satuan pendidikan berdasar pada hal-hal berikut, kecuali ....         
A.   Pancasila
B.   UUD 1945
C.   UU RI No. 2
D.   SK Menteri Pendidikan Nasional
     
3.   Pernyataan bahwa kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara penerapannya tercantum dalam ....
A.   pasal 1 butir 9 UUSPN
B.   pasal 1 butir 2 UUSPN
C.   pasal 38 ayat I UUSPN
D.   pasal 37 UUSPN

4.   Dalam UUSPN No. 2 tahun 1989 dinyatakan bahwa fungsi Pendidikan Nasional adalah untuk ....
A.   meningkatkan kualitas dan kecerdasan bangsa Indonesia
B.   mengembangkan kemampuan dan meningkatkan mutu kehidupan serta martabat bangsa
C.   meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat secara merata
D.   mengembangkan kemampuan diri dan mutu pendidikan Indonesia

5.   Yang dimaksud dengan Pendidikan dasar dalam pasal 13 UUSPN Tahun 1989 adalah ....
A.   2 tahun TK dan 6 tahun SD
B.   6 tahun SD
C.   6 tahun SD dan 3 tahun SLTP
D.   9 tahun SD

6.   Tujuan dari Sekolah Menengah Umum terutama adalah untuk ....
A.   mencerdaskan kehidupan bangsa dan pengembangan manusia Indonesia seutuhnya
B.   mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pendidikan menengah
C.   meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat
D.   mempersiapkan siswa untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi

7.   Program pengayaan yang diberikan dalam kurikulum Sekolah Menengah Umum ditujukan untuk siswa yang memiliki kemampuan ....
A.   rata-rata
B.   di bawah rata-rata
C.   di atas rata-rata
D.   paling tinggi

8.   Berdasarkan kurikulum SMU, siswa kelas I diharapkan dapat menguasai beberapa konsep kimia, diantaranya adalah ....
A.   kesetimbangan kimia
B.   stoikhiometri larutan
C.   reaksi oksidasi reduksi
D.   kimia lingkungan

9.   Ada beberapa pendapat tentang pengertian konsep. Salah satunya menyatakan bahwa konsep merupakan kategori-kategori yang kita berikan pada stimulus-stimulus yang ada dilingkungan kita. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A.   Ratnawilis Dahar
B.   Gagne
C.   De Cecco
D.   Klausmeier

10.   Pada tahap awal anak memperoleh konsep secara insidental, yaitu melalui ....
A.   belajar dari lingkungannya
B.   pengalaman belajarnya
C.   trial and error
D.   penginderaan-penginderaan

11.   Dalam belajar konsep, seringkali terjadi konsep baru tidak dapat masuk ke dalam jaringan konsep yang telah ada di kepala siswa. Hal ini disebabkan karena ....
A.   siswa hanya menghafal definisi konsep
B.   konsep baru sulit dipahami siswa
C.   kurang diperhatikannya hubungan antar konsep
D.   konsep yang dimiliki guru berbeda dengan konsep siswa

12.   Berikut adalah ciri-ciri miskonsepsi yang diungkapkan oleh Van den Berg, kecuali ....
A.   sisa-sisa miskonsepsi dapat terus menerus mengganggu siswa walaupun untuk soal-soal sederhana
B.   miskonsepsi tidak dapat dihilangkan melalui ceramah yang bagus
C.   siswa yang sudah pernah mengatasi miskonsepsi akan dapat terkena miskonsepsi lagi
D.   siswa yang pandai tidak dapat terkena miskonsepsi

14.   Bahan kajian kimia SMU kelas I berikut ini yang tidak berhubungan langsung dengan masalah/isu dalam kehidupan sehari-hari siswa adalah ....
A.   stoikiometri, struktur atom dan sistem periodik
B.   materi dan perubahannya
C.   reaksi reduksi-oksidasi
D.   hidrokarbon dan minyak bumi

15.   Perbedaan materi pengayaan untuk guru kimia SMU kelas I dan siswanya adalah ....
A.   tingkat kedalaman kajian konsep
B.   luas ruang lingkup konsep
C.   hubungan antar konsep
D.   penjabaran konsep

16.   Hubungan tata nama sistematik dan tatanama trivial dipilih sebagai bahan pengayaan guru untuk menjelaskan sub bahan kajian ....
A.   ikatan kovalen
B.   reaksi reduksi oksidasi
C.   energi kisi kristal
D.   struktur ruang molekul

17.   Manfaat siswa kelas II SMU mempelajari konsep termokimia, yaitu sebagai pengetahuan dasar untuk mempelajari teori ....
A.   larutan dan ikatan kimia
B.   ikatan kimia dan struktur kimia
C.   struktur kimia dan kimia organik
D.   kimia anorganik dan larutan

18.   Ada 3 jalur pengembangan konsep dari konsep larutan. Yang dimaksud jalur pengembangan konsep yang kedua yaitu larutan berupa ....
A.   zat terlarut dan zat pelarut
B.   larutan elektrolit dan larutan non elektrolit
C.   fasa padat, cair dan gas
D.   persen, molaritas, normalitas dan fraksi mol

20.   Orde reaksi pada pokok bahasan laju reaksi merupakan jalur pengembangan dari konsep ....
A.   konsentrasi pereaksi
B.   luas permukaan
C.   katalis
D.   suhu

21.   Berikut pokok bahasan yang diajarkan di kelas II SMU menurut GBPP Kurikulum 1994 mata pelajaran kimia, kecuali ....
A.   kesetimbangan kimia
B.   kimia karbon
C.   kimia koloid
D.   sifat koligatif larutan

22.   Untuk mengajarkan pokok bahasan kimia lingkungan, maka metode mengajar yang paling tepat digunakan adalah metode ....
A.   ceramah
B.   proyek
C.   diskusi
D.   demonstrasi

23.   Konsep koloid mempunyai sifat-sifat yang khas, apabila akan kita ajarkan di kelas II SMU mempunyai tiga sub konsep. Berikut ketiga sub konsep yang dimaksud, kecuali ....
A.   dengan cara dispersi partikel kasar di pecah menjadi partikel koloid
B.   koloid menunjukkan efek Tyndall dan gerak Brown
C.   partikel-partikel koloid bermuatan listrik
D.   koloid dapat berbentuk koloid liofil dan koloid liofob

24.   Senyawa alkohol berikut yang apabila dioksidasi menghasilkan keton, yaitu ....
A.   etanol
B.   2-propanol
C.   2-metil-2-propanol
D.   2-2-propanadiol

25.   Apabila kandungan CaCO3 di dalam air sebesar 100 - 200 ppm, maka air tersebut disebut ....
A.   air sangat sadah
B.   air sadah
C.   air agak sadah
D.   air lunak

26.   Perhatikan materi-materi berikut:
1.    sifat-sifat kimia eter
2.    keasaman asam karbohidrat
3.    penggunaan ester sebagai essen
4.    oksidasi alkohol
5.    minyak dan lemak
6.    aldehida sebagai insektisida
               Yang termasuk materi pengayaan untuk bahan kajian senyawa karbon adalah ....
A.   1, 2 dan 3
B.   1, 3 dan 6
C.   2, 4 dan 5
D.   3, 5 dan 6


29.   Bahan kajian kimia kelas III IPA yang tidak beruhubungan dengan isu kehidupan sehari-hari adalah  ....
A.   reaksi redoks dan elektrokimia
B.   struktur atom dan sistem periodik
C.   unsur-unsur periode ketiga
D.   unsur-unsur transisi periode keempat

30.   Bahan kajian kimia kelas III IPA yang seluruh konsepnya berhubungan erat dengan kehidupan manusia sehari-hari dalam rumah tangga adalah ....
A.   biomolekul dan metabolisme
B.   kimia karbon dan polimer
C.   struktur atom dan sistem periodik
D.   unsur-unsur periode ketiga

31.   Bahan kajian kimia kelas III IPA yang konsep-konsepnya berhubungan erat dengan proses yang terjadi dalam tubuh manusia adalah ....
A.   biomolekul dan metabolisme
B.   kimia karbon dan polimer
C.   struktur atom dan sistem periodik
D.   unsur-unsur periode ketiga

32.   Bahan kajian biomolekul dan metabolisme konsep dasarnya dipelajari di kelas I dan II dalam bahan kajian ....
A.   kimia karbon
B.   larutan
C.   sistem periodik unsur
D.   termokimia

33.   “Beberapa senyawa polimer silikon” adalah salah satu materi pengayaan guru bahan kajian ....
A.   kimia karbon
B.   biomolekul dan metabolisme
C.   unsur-unsur periode ketiga
D.   unsur-unsur transisi periode keempat

34.   “Efek orientasi dan efek induksi” adalah materi pengayaan untuk sub bahan kajian ....
A.   pengukuran pH dengan pH meter
B.   ikatan Van der Waals
C.   deviasi Hukum Raoult
D.   larutan ideal

35.   Konsep tentang materi dan perubahannya berikut ini yang sering mengalami miskonsepsi adalah ....
A.   lilin meleleh adalah contoh perubahan fisika
B.   meja, kursi, buku, makanan, dan sebagainya adalah merupakan materi
C.   pengertian massa dan berat adalah sama atau disamakan
D.   warna, bau, rasa, titik didih dan titik leleh adalah merupakan sifat intensif zat

36.   Contoh kegiatan berikut adalah tepat untuk mengajarkan tentang perubahan kimia, kecuali ....
A.   lilin dipanaskan sehingga mencair
B.   kertas dibakar sehingga menjadi abu
C.   gula pasir dibakar sehingga menjadi karamel
D.   melarutkan serbuk besi dalam larutan HCl encer sehingga terbentuk gelembung gas

37.   Contoh kegiatan berikut adalah tepat untuk mengajarkan tentang perubahan fisika, kecuali ....
A.   pembengkokan batang alumunium
B.   lilin dipanaskan sehingga mencair/ meleleh
C.   air dipanaskan sampai mendidih
D.   membuat tape dari singkong

38.   Pengajuan konsep tentang perubahan fisika dan perubahan kimia berikut ini yang kurang tepat adalah ....
        A.   guru mendemonstrasikan beberapa contoh kegiatan yang terkait
B.   guru meminta siswa untuk menghapalkan contoh-contoh dari perubahan fisika dan kimia
C.   siswa diminta untuk mencobakan beberapa kegiatan sederhana seperti membalikkan secarik kertas atau melarutkan gula dalam air
D.   guru membagikan LKS dan meminta siswa untuk mendiskusikan jawabannya dalam kelompok/kelas

39.   Materi berikut ini dikelompokkan ke dalam senyawa, kecuali ....
A.   air
B.   garam dapur
C.   karbon dioksida
D.   logam tembaga
     
40.   Berikut itu contoh miskonsepsi dalam mengajarkan atom dan molekul, kecuali ....
A.   unsur oksigen partikel materinya berupa molekul
B.   unsur hidrogen partikel materinya berupa molekul
C.   unsur iodium partikel materinya berupa atom
D.   unsur logam partikel materinya berupa atom

41.   Berikut ini adalah contoh miskonsepsi yang terjadi dalam mengajarkan konsep molekul unsur dan molekul senyawa, kecuali ....
A.   gas oksigen adalah merupakan contoh molekul senyawa
B.   gas hidrogen adalah merupakan contoh molekul unsur
C.   gas karbon dioksida adalah merupakan contoh molekul senyawa
D.   gas nitrogen dioksida adalah merupakan contoh molekul senyawa

42.   Kesulitan yang sering dialami siswa dalam menyetarakan persamaan reaksi adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   menyetarakan harga koefisien yang berbentuk pecahan
B.   membedakan antara koefisien dengan indeks
C.   unsur-unsur gas berbentuk unsur diatomik disetarakan terakhir
D.   membedakan antara perubahan fisika dengan perubahan kimia

43.   Pernyataan berikut adalah benar tentang energi, kecuali ....
A.   energi didefinisikan sebagai kapasitas untuk melakukan kerja
B.   pada prinsipnya suatu benda memiliki dua macam energi yaitu kinetik dan energi potensial
C.   energi dapat dilihat dan disentuh dan disimpan dalam suatu wadah untuk dipelajari
D.   energi hanya dapat dipelajari karena efeknya terhadap suatu benda atau objek

44.   Besarnya DH untuk suatu reaksi kimia tidak tergantung pada jalannya yang ditempuh oleh zat-zat pereaksi sebagai mana mereka berlangsung membentuk produk. Hukum ini dikenal sebagai hukum ....
A.   Proust
B.   Dalton
C.   Hess
D.   Lavoisier

45.   Kesukaran yang paling sering dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal termokimia adalah ....
A.   mengalikan harga entalpi pembentukan standar dengan koefisien reaksinya
B.   menjumlah persamaan termokimia
C.   menuliskan persamaan reaksinya
D.   menentukan jumlah ikatan yang diputuskan dan dibentuk dalam reaksi

46.   Berikut ini adalah merupakan beberapa miskonsepsi yang dialami siswa SMU dalam menyelesaikan soal-soal energi ikatan, kecuali ....
A.   penentuan jumlah ikatan yang diputuskan dan dibentuk dalam reaksi
B.   menuliskan persamaan reaksi dengan benar lengkap dengan indek dan koefisien reaksi
C.   penulisan tanda positif atau tanda negatif pada entalpi reaksi
D.   membedakan wujud zat yang terlibat dalam reaksi termasuk padat, cair. atau gas
PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   47   SAMPAI   60,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
47.   Hal penting yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan program pembelajaran kimia di SMU kelas 1 adalah ....
1)   keterkaitan dan kedalaman antara konsep-konsep yang dipelajari siswa
2)   konsep-konsep yang dipelajari, dikemas secara tidak terlalu mendalam
3)   konsep yang dipelajari dihubungkan dengan isu/masalah dalam kehidupan sehari-hari

48.   Perbedaan GBPP kurikulum SMU 1994 mata pelajaran kimia dengan GBPP kurikulum SMA sebelumnya adalah ....
1)   adanya penjabaran konsep-konsep
2)   penjabaran konsep-konsep bersifat meluas
3)   penjabaran konsep-konsep bersifat mendalam

49.   Tujuan utama ilmu kimia dipelajari di kelas I SMU adalah ....
1)   konsep-konsep kimia yang dipelajari bersifat meluas
2)   memberikan wawasan dasar pengetahuan kimia
3)   bekal untuk mempelajari ilmu kimia jenjang lebih tinggi

50.   Berdasarkan pengalaman lapangan, bahan kajian yang paling sukar dipahami adalah stoikiometri. Hal ini disebabkan karena ....
1)   konsep-konsepnya abstrak
2)   konsep-konsepnya saling berkaitan secara hierarki
3)   menuntut kemampuan matematika

51.   Kedalaman dan keluasan bahan kajian kimia SMU kelas I ditentukan oleh ....
1)   rumusan konsep dalam GBPP kurikulum SMU 1994
2)   hubungan antar konsep dalam peta konsep
3)   banyaknya jalur pengembangan konsep

52.   Fungsi materi pengayaan bagi guru kimia SMU kelas I adalah ....
1)   memperkaya pengetahuan guru mengenai materi kimia
2)   mempersiapkan materi pembelajaran
3)   digunakan untuk diajarkan kepada siswa

53.   Bahan pengayaan yang diperlukan guru kimia SMU kelas I untuk menunjang bahan kajian reaksi-oksidasi adalah ....
1)   nama trivial zat-zat organik
2)   sifat-sifat logam
3)   penentuan bilangan oksidasi atom

54.   Bahan pengayaan yang diperlukan guru kimia SMU kelas I untuk menunjang bahan kajian tentang unsur-unsur logam adalah ....
1)   nama trivial zat-zat organik
2)   sifat-sifat logam sebagai konduktor panas
3)   teori pita energi pada konduktor

55.   Urutan tingkat keasaman berikut yang benar dari asam-asam karboksilat, yaitu ....
1)   asam format > asam kloro asetat > asam asetat
2)   asam kloroasetat > asam bromoasetat > asam iodoasetat
3)   asam-2-kloroasetat > asam format > asam propionat

56.   Perbedaan penyajian mata pelajaran kimia di kelas III IPA dengan penyajian di kelas I dan II adalah bahwa penyajian di kelas III IPA ....
1)   lebih mendalam dengan ruang lingkup sempit
2)   lebih mendalam dengan ruang lingkup luas
3)   untuk mempersiapkan siswa belajar di Perguruan Tinggi

57.   Materi pengayaan untuk siswa berbeda dengan pengayaan untuk guru. Materi pengayaan untuk siswa SMU kelas III IPA ....
1)   ruang lingkup lebih sempit daripada materi kelas III
2)   ruang lingkup lebih luas daripada materi kelas III
3)   tingkat kedalaman sama dengan materi kelas III

58.   Materi pengayaan untuk bahan kajian sifat koligatif larutan bagi guru adalah ....
1)   larutan ideal dan larutan non ideal
2)   deviasi hukum Raoult
3)   indikator asam basa

59.   Materi pengayaan untuk bahan kajian reaksi redoks dan elektrokimia meliputi sub bahan kajian ....
1)   pengaruh konsentrasi pada potensial sel
2)   pengukuran pH dengan pH meter
3)   perkalian persamaan reaksi redoks tidak mengubah potensial

60.   Berikut ini pernyataan yang benar tentang ikatan Van der Waals adalah ....
1)   gaya tarik antar molekulnya lebih lemah daripada ikatan hidrogen
2)   mendapat sumbangan besar dari gaya dispersi London
3)       mendapat sumbangan kecil dari efek induksi Debye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar