TUGAS MANDIRI
KURIKULUM DAN MATERI KIMIA SMU
(PAKI4422)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 46, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang
Pendidikan Nasional menyatakan bahwa Pendidikan Nasional adalah pendidikan yang
berakar pada ....
A. Pancasila dan UUD 1945
B. Kebudayaan Bangsa Indonesia
C. kemajuan teknologi dunia
D. Ke-Tuhanan Yang Maha Esa
2. Penyesuaian kurikulum setiap satuan pendidikan
berdasar pada hal-hal berikut, kecuali ....
A. Pancasila
B. UUD 1945
C. UU RI No. 2
D. SK Menteri Pendidikan Nasional
3. Pernyataan bahwa kurikulum merupakan
seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara penerapannya
tercantum dalam ....
A. pasal 1 butir 9 UUSPN
B. pasal 1 butir 2 UUSPN
C. pasal 38 ayat I UUSPN
D. pasal 37 UUSPN
4. Dalam UUSPN No. 2 tahun 1989 dinyatakan bahwa
fungsi Pendidikan Nasional adalah untuk ....
A. meningkatkan kualitas dan kecerdasan bangsa
Indonesia
B. mengembangkan kemampuan dan meningkatkan mutu
kehidupan serta martabat bangsa
C. meningkatkan kualitas pendidikan dan
kesejahteraan masyarakat secara merata
D. mengembangkan kemampuan diri dan mutu
pendidikan Indonesia
5. Yang dimaksud dengan Pendidikan dasar dalam
pasal 13 UUSPN Tahun 1989 adalah ....
A. 2 tahun TK dan 6 tahun SD
B. 6 tahun SD
C. 6 tahun SD dan 3 tahun SLTP
D. 9 tahun SD
6. Tujuan dari Sekolah Menengah Umum terutama
adalah untuk ....
A. mencerdaskan kehidupan bangsa dan
pengembangan manusia Indonesia seutuhnya
B. mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti
pendidikan menengah
C. meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota
masyarakat
D. mempersiapkan siswa untuk melanjutkan
pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi
7. Program pengayaan yang diberikan dalam
kurikulum Sekolah Menengah Umum ditujukan untuk siswa yang memiliki kemampuan
....
A. rata-rata
B. di bawah rata-rata
C. di atas rata-rata
D. paling tinggi
8. Berdasarkan kurikulum SMU, siswa kelas I
diharapkan dapat menguasai beberapa konsep kimia, diantaranya adalah ....
A. kesetimbangan kimia
B. stoikhiometri larutan
C. reaksi oksidasi reduksi
D. kimia lingkungan
9. Ada beberapa pendapat tentang pengertian
konsep. Salah satunya menyatakan bahwa konsep merupakan kategori-kategori yang
kita berikan pada stimulus-stimulus yang ada dilingkungan kita. Pendapat ini
dikemukakan oleh ....
A. Ratnawilis Dahar
B. Gagne
C. De Cecco
D. Klausmeier
10. Pada tahap awal anak memperoleh konsep secara
insidental, yaitu melalui ....
A. belajar dari lingkungannya
B. pengalaman belajarnya
C. trial and error
D. penginderaan-penginderaan
11. Dalam belajar konsep, seringkali terjadi konsep baru tidak dapat
masuk ke dalam jaringan konsep yang telah ada di kepala siswa. Hal ini disebabkan
karena ....
A. siswa hanya menghafal definisi konsep
B. konsep baru sulit dipahami siswa
C. kurang diperhatikannya hubungan antar konsep
D. konsep yang dimiliki guru berbeda dengan konsep siswa
12. Berikut adalah ciri-ciri miskonsepsi yang diungkapkan oleh Van den
Berg, kecuali ....
A. sisa-sisa miskonsepsi dapat terus menerus mengganggu siswa
walaupun untuk soal-soal sederhana
B. miskonsepsi tidak dapat dihilangkan melalui ceramah yang bagus
C. siswa yang sudah pernah mengatasi miskonsepsi akan dapat terkena
miskonsepsi lagi
D. siswa yang pandai tidak dapat terkena miskonsepsi
14. Bahan kajian kimia SMU kelas I berikut ini yang tidak
berhubungan langsung dengan masalah/isu dalam kehidupan sehari-hari siswa
adalah ....
A. stoikiometri, struktur atom dan sistem periodik
B. materi dan perubahannya
C. reaksi reduksi-oksidasi
D. hidrokarbon dan minyak bumi
15. Perbedaan materi pengayaan untuk guru kimia SMU kelas I dan
siswanya adalah ....
A. tingkat kedalaman kajian konsep
B. luas ruang lingkup konsep
C. hubungan antar konsep
D. penjabaran konsep
16. Hubungan tata nama sistematik dan tatanama trivial dipilih sebagai
bahan pengayaan guru untuk menjelaskan sub bahan kajian ....
A. ikatan kovalen
B. reaksi reduksi oksidasi
C. energi kisi kristal
D. struktur ruang molekul
17. Manfaat siswa kelas II SMU mempelajari konsep termokimia, yaitu
sebagai pengetahuan dasar untuk mempelajari teori ....
A. larutan dan ikatan kimia
B. ikatan kimia dan struktur kimia
C. struktur kimia dan kimia organik
D. kimia anorganik dan larutan
18. Ada 3 jalur pengembangan konsep dari konsep larutan. Yang dimaksud
jalur pengembangan konsep yang kedua yaitu larutan berupa ....
A. zat terlarut dan zat pelarut
B. larutan elektrolit dan larutan non elektrolit
C. fasa padat, cair dan gas
D. persen, molaritas, normalitas dan fraksi mol
20. Orde reaksi pada pokok bahasan laju reaksi merupakan jalur
pengembangan dari konsep ....
A. konsentrasi pereaksi
B. luas permukaan
C. katalis
D. suhu
21. Berikut pokok bahasan yang diajarkan di kelas II SMU menurut GBPP
Kurikulum 1994 mata pelajaran kimia, kecuali ....
A. kesetimbangan kimia
B. kimia karbon
C. kimia koloid
D. sifat koligatif larutan
22. Untuk mengajarkan pokok bahasan kimia lingkungan, maka metode
mengajar yang paling tepat digunakan adalah metode ....
A. ceramah
B. proyek
C. diskusi
D. demonstrasi
23. Konsep koloid mempunyai sifat-sifat yang khas, apabila akan kita
ajarkan di kelas II SMU mempunyai tiga sub konsep. Berikut ketiga sub konsep
yang dimaksud, kecuali ....
A. dengan cara dispersi partikel kasar di pecah menjadi partikel
koloid
B. koloid menunjukkan efek Tyndall dan gerak Brown
C. partikel-partikel koloid bermuatan listrik
D. koloid dapat berbentuk koloid liofil dan koloid liofob
24. Senyawa alkohol berikut yang apabila dioksidasi menghasilkan
keton, yaitu ....
A. etanol
B. 2-propanol
C. 2-metil-2-propanol
D. 2-2-propanadiol
25. Apabila kandungan CaCO3 di dalam air sebesar 100 - 200
ppm, maka air tersebut disebut ....
A. air sangat sadah
B. air sadah
C. air agak sadah
D. air lunak
26. Perhatikan materi-materi berikut:
1.
sifat-sifat kimia eter
2.
keasaman asam karbohidrat
3.
penggunaan ester sebagai essen
4.
oksidasi alkohol
5.
minyak dan lemak
6.
aldehida sebagai insektisida
Yang termasuk materi pengayaan untuk bahan kajian
senyawa karbon adalah ....
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 6
C. 2, 4 dan 5
D. 3, 5 dan 6
29. Bahan kajian kimia kelas III IPA yang tidak beruhubungan
dengan isu kehidupan sehari-hari adalah
....
A. reaksi redoks dan elektrokimia
B. struktur atom dan sistem periodik
C. unsur-unsur periode ketiga
D. unsur-unsur transisi periode keempat
30. Bahan kajian kimia kelas III IPA yang seluruh konsepnya
berhubungan erat dengan kehidupan manusia sehari-hari dalam rumah tangga adalah
....
A. biomolekul dan metabolisme
B. kimia karbon dan polimer
C. struktur atom dan sistem periodik
D. unsur-unsur periode ketiga
31. Bahan kajian kimia kelas III IPA yang konsep-konsepnya berhubungan
erat dengan proses yang terjadi dalam tubuh manusia adalah ....
A. biomolekul dan metabolisme
B. kimia karbon dan polimer
C. struktur atom dan sistem periodik
D. unsur-unsur periode ketiga
32. Bahan kajian biomolekul dan metabolisme konsep dasarnya dipelajari
di kelas I dan II dalam bahan kajian ....
A. kimia karbon
B. larutan
C. sistem periodik unsur
D. termokimia
33. “Beberapa senyawa polimer silikon” adalah salah satu materi
pengayaan guru bahan kajian ....
A. kimia karbon
B. biomolekul dan metabolisme
C. unsur-unsur periode ketiga
D. unsur-unsur transisi periode keempat
34. “Efek orientasi dan efek induksi” adalah materi pengayaan untuk
sub bahan kajian ....
A. pengukuran pH dengan pH meter
B. ikatan Van der Waals
C. deviasi Hukum Raoult
D. larutan ideal
35. Konsep tentang materi dan perubahannya berikut ini yang sering
mengalami miskonsepsi adalah ....
A. lilin meleleh adalah contoh perubahan fisika
B. meja, kursi, buku, makanan, dan sebagainya adalah merupakan materi
C. pengertian massa dan berat adalah sama atau disamakan
D. warna, bau, rasa, titik didih dan titik leleh adalah merupakan
sifat intensif zat
36. Contoh kegiatan berikut adalah tepat untuk mengajarkan tentang
perubahan kimia, kecuali ....
A. lilin dipanaskan sehingga mencair
B. kertas dibakar sehingga menjadi abu
C. gula pasir dibakar sehingga menjadi karamel
D. melarutkan serbuk besi dalam larutan HCl encer sehingga terbentuk
gelembung gas
37. Contoh kegiatan berikut adalah tepat untuk mengajarkan tentang
perubahan fisika, kecuali ....
A. pembengkokan batang alumunium
B. lilin dipanaskan sehingga mencair/ meleleh
C. air dipanaskan sampai mendidih
D. membuat tape dari singkong
38. Pengajuan konsep tentang perubahan fisika dan perubahan kimia
berikut ini yang kurang tepat adalah ....
A. guru
mendemonstrasikan beberapa contoh kegiatan yang terkait
B. guru meminta siswa untuk menghapalkan contoh-contoh dari perubahan
fisika dan kimia
C. siswa diminta untuk mencobakan beberapa kegiatan sederhana seperti
membalikkan secarik kertas atau melarutkan gula dalam air
D. guru membagikan LKS dan meminta siswa untuk mendiskusikan
jawabannya dalam kelompok/kelas
39. Materi berikut ini dikelompokkan ke dalam senyawa, kecuali
....
A. air
B. garam dapur
C. karbon dioksida
D. logam tembaga
40. Berikut itu contoh miskonsepsi dalam mengajarkan atom dan molekul,
kecuali ....
A. unsur oksigen partikel materinya berupa molekul
B. unsur hidrogen partikel materinya berupa molekul
C. unsur iodium partikel materinya berupa atom
D. unsur logam partikel materinya berupa atom
41. Berikut ini adalah contoh miskonsepsi yang terjadi dalam
mengajarkan konsep molekul unsur dan molekul senyawa, kecuali ....
A. gas oksigen adalah merupakan contoh molekul senyawa
B. gas hidrogen adalah merupakan contoh molekul unsur
C. gas karbon dioksida adalah merupakan contoh molekul senyawa
D. gas nitrogen dioksida adalah merupakan contoh molekul senyawa
42. Kesulitan yang sering dialami siswa dalam menyetarakan persamaan
reaksi adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. menyetarakan harga koefisien yang berbentuk pecahan
B. membedakan antara koefisien dengan indeks
C. unsur-unsur gas berbentuk unsur diatomik disetarakan terakhir
D. membedakan antara perubahan fisika dengan perubahan kimia
43. Pernyataan berikut adalah benar tentang energi, kecuali
....
A. energi didefinisikan sebagai kapasitas untuk melakukan kerja
B. pada prinsipnya suatu benda memiliki dua macam energi yaitu
kinetik dan energi potensial
C. energi dapat dilihat dan disentuh dan disimpan dalam suatu wadah
untuk dipelajari
D. energi hanya dapat dipelajari karena efeknya terhadap suatu benda
atau objek
44. Besarnya DH
untuk suatu reaksi kimia tidak tergantung pada jalannya yang ditempuh oleh
zat-zat pereaksi sebagai mana mereka berlangsung membentuk produk. Hukum ini
dikenal sebagai hukum ....
A. Proust
B. Dalton
C. Hess
D. Lavoisier
45. Kesukaran yang paling sering dialami siswa dalam menyelesaikan
soal-soal termokimia adalah ....
A. mengalikan harga entalpi pembentukan standar dengan koefisien
reaksinya
B. menjumlah persamaan termokimia
C. menuliskan persamaan reaksinya
D. menentukan jumlah ikatan yang diputuskan dan dibentuk dalam reaksi
46. Berikut ini adalah merupakan beberapa miskonsepsi yang dialami
siswa SMU dalam menyelesaikan soal-soal energi ikatan, kecuali ....
A. penentuan jumlah ikatan yang diputuskan dan dibentuk dalam reaksi
B. menuliskan persamaan reaksi dengan benar lengkap dengan indek dan
koefisien reaksi
C. penulisan tanda positif atau tanda negatif pada entalpi reaksi
D. membedakan wujud zat yang terlibat dalam reaksi termasuk padat,
cair. atau gas
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 47
SAMPAI 60, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
47. Hal penting yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan program
pembelajaran kimia di SMU kelas 1 adalah ....
1) keterkaitan dan kedalaman antara konsep-konsep yang dipelajari
siswa
2) konsep-konsep yang dipelajari, dikemas secara tidak terlalu
mendalam
3) konsep yang dipelajari dihubungkan dengan isu/masalah dalam
kehidupan sehari-hari
48. Perbedaan GBPP kurikulum SMU 1994 mata pelajaran kimia dengan GBPP
kurikulum SMA sebelumnya adalah ....
1) adanya penjabaran konsep-konsep
2) penjabaran konsep-konsep bersifat meluas
3) penjabaran konsep-konsep bersifat mendalam
49. Tujuan utama ilmu kimia dipelajari di kelas I SMU adalah ....
1) konsep-konsep kimia yang dipelajari bersifat meluas
2) memberikan wawasan dasar pengetahuan kimia
3) bekal untuk mempelajari ilmu kimia jenjang lebih tinggi
50. Berdasarkan pengalaman lapangan, bahan kajian yang paling sukar
dipahami adalah stoikiometri. Hal ini disebabkan karena ....
1) konsep-konsepnya abstrak
2) konsep-konsepnya saling berkaitan secara hierarki
3) menuntut kemampuan matematika
51. Kedalaman dan keluasan bahan kajian kimia SMU kelas I ditentukan
oleh ....
1) rumusan konsep dalam GBPP kurikulum SMU 1994
2) hubungan antar konsep dalam peta konsep
3) banyaknya jalur pengembangan konsep
52. Fungsi materi pengayaan bagi guru kimia SMU kelas I adalah ....
1) memperkaya pengetahuan guru mengenai materi kimia
2) mempersiapkan materi pembelajaran
3) digunakan untuk diajarkan kepada siswa
53. Bahan pengayaan yang diperlukan guru kimia SMU kelas I untuk
menunjang bahan kajian reaksi-oksidasi adalah ....
1) nama trivial zat-zat organik
2) sifat-sifat logam
3) penentuan bilangan oksidasi atom
54. Bahan pengayaan yang diperlukan guru kimia SMU kelas I untuk
menunjang bahan kajian tentang unsur-unsur logam adalah ....
1) nama trivial zat-zat organik
2) sifat-sifat logam sebagai konduktor panas
3) teori pita energi pada konduktor
55. Urutan tingkat keasaman berikut yang benar dari asam-asam
karboksilat, yaitu ....
1) asam format > asam kloro asetat > asam asetat
2) asam kloroasetat > asam bromoasetat > asam iodoasetat
3) asam-2-kloroasetat > asam format > asam propionat
56. Perbedaan penyajian mata pelajaran kimia di kelas III IPA dengan
penyajian di kelas I dan II adalah bahwa penyajian di kelas III IPA ....
1) lebih mendalam dengan ruang lingkup sempit
2) lebih mendalam dengan ruang lingkup luas
3) untuk mempersiapkan siswa belajar di Perguruan Tinggi
57. Materi pengayaan untuk siswa berbeda dengan pengayaan untuk guru.
Materi pengayaan untuk siswa SMU kelas III IPA ....
1) ruang lingkup lebih sempit daripada materi kelas III
2) ruang lingkup lebih luas daripada materi kelas III
3) tingkat kedalaman sama dengan materi kelas III
58. Materi pengayaan untuk bahan kajian sifat koligatif larutan bagi
guru adalah ....
1) larutan ideal dan larutan non ideal
2) deviasi hukum Raoult
3) indikator asam basa
59. Materi pengayaan untuk bahan kajian reaksi redoks dan elektrokimia
meliputi sub bahan kajian ....
1) pengaruh konsentrasi pada potensial sel
2) pengukuran pH dengan pH meter
3) perkalian persamaan reaksi redoks tidak mengubah potensial
60. Berikut ini pernyataan yang benar tentang ikatan Van der
Waals adalah ....
1) gaya tarik antar molekulnya lebih lemah daripada ikatan hidrogen
2) mendapat sumbangan besar dari gaya dispersi London
3)
mendapat sumbangan kecil dari efek
induksi Debye
Tidak ada komentar:
Posting Komentar