Senin, 17 Maret 2014

Soal hubungan ketenagakerjaan



TUGAS MANDIRI
HUBUNGAN KETENAGAKERJAAN
(ADPU4438)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 21,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Pernyataan yang memberi pengaruh positif pada angkatan kerja adalah ....         
A.   menghalalkan segala cara demi memperoleh yang kita inginkan
B.   kalau kita menanam jagung, akan memetik jagung
C.   The rule is no rule (aturan adalah tanpa aturan)
D.   rambut sama hitam, semangat kerja lain-lain

2.   Terjadinya krisis ekonomi telah mengakibatkan pemutusan hubungan kerja (PHK) termasuk karyawan atau tenaga kerja usia muda ikut kena dampaknya yang kemudian mengubah paradigma baru untuk menciptakan lapangan kerja baru dengan berwiraswasta.
      Faktor-faktor yang berpengaruh positif ini terhadap nilai budaya ....          
A.   mental pegawai
B.   persaingan
C.   mudah puas
D.   kerja tangan itu kasar
     
3.   Banyaknya kasus Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Malaysia dan Arab Saudi yang diberlakukan semena-mena oleh majikannya seperti tidak dibayarkan gajinya selama berbulan-bulan. Namun para TKI pada umumnya tidak berdaya.
Dilihat dari pengaruh nilai yang negatif pada angkatan kerja, kasus tersebut disebut sebagai ....
A.   mudah puas
B.   kurang mempunyai ikhtiar yang optimal
C.   sungkan, nrimo/pasrah
D.   mental budak

4.   Untuk menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat, perusahaan sepatu olah raga merk “Niki Sae” bermaksud merekrut manajer penjualan (sales manager) dan manajer pemasaran (marketing manager). Salah satu tugas yang akan diberikan adalah merancang promosi untuk menaikkan omset penjualan. Mengacu pada teori motivasi dari David Mc. Clelland orang yang sesuai untuk jabatan yang disediakan tersebut adalah yang memiliki ciri-ciri ....
A.   need for power dan need for affiliation tinggi
B.   need for power dan need for achievement tinggi
C.   need for affiliation tinggi
D.   need for achievement dan  need for affiliation tinggi

5.   Orang-orang beruntung adalah yang memiliki bentuk tubuh serta komposisi yang ideal. Mereka mudah memperoleh pekerjaan yang bisa mendatangkan kesejahteraan hidupnya. Katakanlah artis, penyanyi, pramugari, sampai olahragawan dan banyak profesi lain menuntut bentuk dan komposisi tubuh ideal. Namun mereka yang ditakdirkan memiliki bentuk tubuh tidak normal misalnya cebol, juga banyak mendapat tawaran main sinetron atau menjadi “maskot” produk tertentu serta iklan yang membuatnya hidup makmur.
      Pernyataan yang paling tepat terhadap contoh di atas adalah ....
A.   ada kaitan yang erat antara bentuk dan komposisi tubuh dengan kesejahteraan hidup
B.   tidak ada kaitan (korelasi) antara bentuk dan komposisi tubuh dengan kesejahteraan hidup
C.   bentuk dan komposisi tubuh menentukan pekerjaan seseorang
D.   bentuk dan komposisi tubuh manusia merupakan takdir yang harus diterima

6.   Dalam lingkungan kerja sikap manusia banyak dipengaruhi oleh faktor biologis, psikologis, dan sosial yang seringkali batasnya tidak jelas atau sangat tipis. Faktor sosial yang mempengaruhi sikap manajemen terhadap pekerja bawah yang tidak terucap tetapi dapat dirasakan adalah berkaitan dengan ....
A.   latar belakang keadaan keluarga
B.   pendidikan dan pengetahuan
C.   pengalaman
D.   suku bangsa, agama dan asal daerah






7.   Teori X dan Y dari Douglas Mc Gregor berusaha menjelaskan sikap manajer dalam mempengaruhi motivasi stafnya sehingga berpengaruh terhadap produktivitas.
      Para pemimpin biasanya lebih suka menerapkan teori Y, sebab ....
A.   mudah memberikan hukuman pada staf yang tidak produktif
B.   karyawan yang kreatif dan bertanggung jawab mudah menerima saran dan kritik
C.   mudah memberikan pengawasan dan memberikan sanksi bagi karyawan yang motivasinya turun
D.   teori Y mempunyai prinsip insentif diberikan pada orang yang produktivitasnya tinggi

8.   Heidyrachman dan Suad Husnan mengelompokkan metode training  ke dalam 4 (empat) macam, antara lain kita kenal adalah on the job training. Metode training semacam ini lebih mudah dilakukan sebab ....
A.   yang memberikan tugas dalam latihan ini adalah atasan langsungnya
B.   biayanya lebih murah
C.   dapat diterapkan untuk semua jenis pekerjaan
D.   peserta dapat menerapkannya kembali segera setelah selesai pelatihan

9.   Dalam suatu training manajer, peserta diberi beberapa dokumen yang menggambarkan suatu situasi dan peserta diminta untuk menentukan langkah yang diambil, menentukan prioritas dalam mengambil keputusan, dalam waktu terbatas. Metode ini disebut ....
A.   simulasi
B.   studi kasus
C.   management game
D.   in-basket training

10.   bagi manajer dan supervisor di suatu perusahaan apabila mereka mengalami rotasi kerja, dapat dikatakan bahwa mereka juga menjalankan training, sebab dengan rotasi kerja mereka mendapat pengalaman ....
A.   promosi jabatan
B.   mengembangkan pengetahuan yang lebih luas
C.   mengikuti rapat karyawan
D.   memperoleh saran-saran dari manajer





11.   Sebagai realisasi ketentuan Pasal 109 ayat 1 Undang-undang Ketenegakerjaan Nomor 25 yahun 1997, pemerintah mengeluarkan penetapan upah minimum yang didasarkan atas kebutuhan hidup layak. Penetapan upah minimum dilakukan dengan mempertim-bangkan hal-hal seperti tersebut di bawah ini, kecuali ....
A.   kebutuhan hidup minimum
B.   kebutuhan pokok yang selalu meningkat
C.   kondisi pasar kerja
D.   indeks harga konsumen

12.   Meskipun pekerja tidak masuk kerja karena sakit, ia tetap menerima upah sebagaimana mestinya. Kebijakan itu menurut undang-undang ketenagakerjaan dokategorikan sebagai ....
A.   jaring pengaman
B.   upah pokok
C.   tunjangan tetap
D.   perlindungan pengupahan bagi pekerja

13.   Sistem upah yang diberlakukan kepada karyawan bisa mempengaruhi semangat kerja karyawan. Namun sistem upah yang tidak mendorong karyawan untuk bekerja keras dan berinisiatif merupakan kelemahan dari sistem upah menurut ....
A.   kebutuhan
B.   lamanya dinas
C.   banyaknya produk jasa
D.   lama kerja

14.   Kewajiban pengusaha untuk tetap membayar upah kepada karyawan yang sakit atau cuti adalah merupakan bentuk perlindungan upah yang diatur adalam ....
A.   Undang-undang Nomor 8 Tahun 1981
B.   Undang-undang Nomor 25 Tahun 1997
C.   Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per.01/MEN/1999
D.   Keputusan Menetri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI No.Kep.226/MEN/2000

15.   Agar tidak terjadi kecelakaan kerja perlu dilakukan pencegahan supaya tingkat keselamatan kerja bisa tercapai. Menurut Sedamaryanti teknik pencegahan kecelakaan kerja yang dapat dilakukan seperti tersebut di bawah ini, kecuali ....
A.   mengadakan analisis terhadap kecelakaan
B.   faktor manusia
C.   menggunakan alat pengaman
D.   faktor mesin dan peralatan kerja

16.   Penyakit yang timbul setelah dia bekerja di suatu perusahaan sering disebut penyakit akibat kerja.
        Menurut Bennet, proses kerja yang rutin dan membosankan termasuk penyebab penyakit yang disebabkan karena faktor ....
A.   fisiologis
B.   psikologis
C.   biologis
D.   fisik

17.   Dengan mengikutsertakan karyawan dalam program Jaminan Sosial dan Tenaga Kerja (Jamsostek), maka bagi pengusaha tanggung jawabnya menjadi lebih ringan karena ....
A.   kewajiban memberi perlindungan kepada tenaga kerja sebagian beralih kepada Jamsostek
B.   bila terjadi kecelakaan kerja, pengusaha tidak menanggung biaya pengobatan
C.   gaji karyawan sebagian sudah dipotong untuk Jamsostek
D.   masalah kecelakaan kerja bukan menjadi tanggungjawab pengusaha

18.   Pada prinsipnya iuran program Jaminan Sosial dan Tenaga Kerja ditanggung oleh pengusaha. Namun demikian ada pula Jamsostek yang ditanggung bersama antara pengusaha dan tenaga kerja yaitu ....
A.   jaminan kematian
B.   jaminan kecelakaan kerja
C.   jaminan pemeliharaan kesehatan
D.   jaminan hari tua

19.   Suatu perusahaan yang mempunyai karyawan hanya dari ras/suku bangsa tertentu saja sesuai dengan asal pimpinan perusahaan, dalam konsep dasar hubungan kerja disebut dengan ....
A.   hubungan sosial internal
B.   hubungan sosial eksternal
C.   hubungan kerja yang bersifat tertutup
D.   hubungan kerja yang bersifat terbuka

20.   Hubungan kerja mempunyai peranan penting dalam kehidupan suatu organisasi. Bila terjadi hubungan kerja yang tidak baik salah satu akibatnya dapat menimbulkan pemborosan waktu, tenaga ataupun biaya.
        Kejadian itu dapat mengakibatkan hilangnya salah satu manfaat besar yang seharusnya diperoleh perusahaan yaitu berupa ....
A.   kelancaran tugas dapat lebih terjamin
B.   pengawasan dapat dilakukan dengan lebih baik

C.   peningkatan partisipasi
D.   biaya dapat ditekan

21.   Bila dua orang bekerja dalam satu kelompok dan saling bertentangan satu sama lain dalam konflik kerja disebut sebagai ....
A.   konflik di dalam individu
B.   konflik antara individu
C.   konflik antara individu dan kelompok
D.   konflik antara elompok dalam organisasi yang bersangkutan



PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 22  SAMPAI   28,   PILIHLAH:
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!

22.   Untuk menghentikan segala macam bentuk penyimpangan dalam pelaksanaan program pengiriman tenaga kerja Indonesia ke luar negeri, pemerintah perlu melakukan pembenahan pelaksanaan program secara mendasar dan menyeluruh,
sebab                      
pengiriman tenaga kerja Indonesia ke luar negeri harus dilakukan melalui prosedur resmi dan diadakan penandatanganan Memorandum of Understanding dengan negara pemakai TKI.

23.   Herzberg mengemukakan hadirnya faktor pemuas akan menimbulkan kepuasan bagi karyawan yang bekerja di suatu perusahaan, namun apabila faktor kepuasan tidak hadir, tidak selalu mengakibatkan ketidakpuasan,
sebab                      
faktor lingkungan/kesehatan dapat meningkatkan faktor pemuas.

24.   Dalam melakukan komunikasi dengan bawahan, pimpinan perusahaan harus menyampaikan pesan secara lengkap,
sebab                      
pesan yang tidak disampaikan secara lengkap, kemungkinan besar apa yang disampaikan tersebut tidak ada manfaatnya.

25.   Dalam hubungan kerja komunikasi yang dilakukan secara tertulis mempunyai kelebihan dan kelemahan,
sebab                      
komunikasi secara tertulis lebih baik digunakan untuk hal-hal yang sifatnya rutin dan tidak memerlukan penjelasan.

26.   Salah satu hambatan dalam melaksanakan hubungan kerja bila kewibawaan pimpinan menjadi berkurang,
sebab                      
hambatan hubungan kerja yang tidak mampu memotivasi orang-orang merupakan hambatan psikologis.

27.   Konflik yang bersifat negatif dan merugikan adalah merupakan bagian yang hakiki dari tingkah laku manusia,
sebab                      
konflik yang bersifat negatif dan merugikan merupakan pandangan dari kaum interaksionis.

28.   Menurut Alex Nitisemito, untuk mengetahui adanya konflik seawal mungkin maka salah satu cara yang dapat membantu pimpinan adalah menggunakan jasa pihak ketiga,
sebab                      
cara kerja jasa pihak ketiga selalu berpihak kepada salah satu pihak yang sedang konflik.



PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   29   SAMPAI   45,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!  
29.   Perusahaan sepatu “Enak Pakai” (EP) menerapkan model human relations dalam pendekatan terhadap para pekerjanya. Pihak manajemen memberikan perhatian terhadap karyawannya dalam bentuk ....
1)   memberikan penghargaan karyawan teladan pada setiap akhir tahun
2)   menyediakan fasilitas-fasilitas olahraga bagi karyawan yang ingin mengembangkan kemampuan dan kebugaran
3)   menyediakan kotak saran dan keluhan terhadap manajemen pada unit-unit kerja

30.   Banyak sekali Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia yang diekstradisi atau dikembalikan ke Indonesia karena masuknya secara ilegal. Masalah yang dihadapi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah asal TKI tersebut adalah ....
1)   advokasi
2)   pemberdayaan potensi TKI
3)   perlindungan

31.   Berbagai masalah yang timbul dalam pelaksanaan Antar Kerja Antar Negara (AKAN) khususnya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal yang masuk ke Malaysia, menunjukkan belum terlaksananya secara baik misi AKAN yang menyangkut ....
1)   sistem manajemen pelayanan penempatan TKI secara profesional
2)   pelanggaran prosedur resmi melalui Memorandum of Understanding (MOU)
3)   peningkatan kualitas kompetensi untuk mencapai keunggulan kompetitif

32.   Dari tabel “Perincian penempatan TKI menurut kawasan” dari jumlah urutan terbesar ke bawah, Eropa dan Amerika menduduki urutan ke 4 dari 5 urutan negara yang dapat ditembus oleh program antar kerja antar negara. Yang paling besar (menduduki urutan pertama) adalah Timur Tengah yang kita ketahui banyak TKI kita bekerja sebagai pekerja kasar (pembantu rumah tangga, buruh, dsb). Sulitnya TKI masuk ke negara Eropa dan Amerika yang kita ketahui kondisinya, disebabkan kendala yang dihadapi Indonesia adalah ....
1)   terbatasnya lowongan kerja di perusahaan, pabrik dan sektor informal di Eropa dan Amerika
2)   TKI belum mampu bersaing dalam segmen kerja internasional
3)   tingkat persyaratan kualifikasi keterampilan untuk negara Eropa dan Amerika terlalu tinggi bagi TKI












33.   Pada suatu organisasi yang besar, baik pemerintah maupun swasta seringkali ada kelompok yang mengoraganisir kegiatan misalnya kelompok kerohanian, klub olahraga jantung sehat, pencak silat, dan sebagainya yang mendapat subsidi atau fasilitas dari kantor.
        Menurut teori hierarki kebutuhan dari A.Maslow kelompok-kelompok tersebut memang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan ....
1)   saling menerima dan mencintai
2)   kasih sayang
3)   interaksi sosial

34.   Di perusahaan-perusahaan swasta seringkali kita lihat foto karyawan berprestasi dipasang di ruang depan sehingga tampak jelas oleh khalayak. Sedang di lingkungan pegawai negeri sipil dilakukan pemilihan karyawan teladan. Sehubungan dengan hal tersebut A.H. Maslow sangat setuju, sebab manusia memiliki kebutuhan-kebutuhan ....
1)   penghargaan
2)   status
3)   kekuasaan

        Untuk Soal Nomor 35 sampai dengan 37.
       
        Suatu bank swasta menerima sejumlah karyawan baru lulusan perguruan tinggi (S1) untuk ditempatkan di seluruh cabang yang ada di Indonesia, melalui program “management training”. Selama 6 bulan mereka diikutsertakan dalam program pendidikan dan pelatihan tersebut. Selain mengikuti ceramah secara klasikal, peserta lebih banyak diberi tugas-tugas kelompok dan individual berkaitan dengan tugas yang akan mereka lakukan di kantor-kantor cabang, mulai dari customer service, menganalisis kredit sampai memasarkan produk.
       
35.   Sesuai dengan aktivitas dalam “management training” bagi karyawan baru bank tersebut, manfaat yang diperoleh dari pelatihan adalah ....
1)   mengurangi waktu belajar karyawan baru untuk mencapai standar kinerja yang ditentukan
2)   membantu meningkatkan dan mengembangkan pribadi
3)   mencari calon yang tepat untuk menduduki jabatan yang disediakan di kantor cabang

36.   Sesuai dengan salah satu tujuan pelatihan yaitu membantu memecahkan masalah operasional, maka sebagai dasar menyusun materi pelatihan adalah ....
1)   tujuan organisasi, kebijakan organisasi
2)   prosedur operasi standar, teknik, peralatan
3)   penyusunan laporan

37.   Mengacu pada pendapat para ahli, maka metode training yang sesuai bagi peserta management training adalah ....
1)   apprenticeship
2)   in-basket training method
3)   role playing method

38.   Pada hubungan kerja terajdinya konflik sangat tidak diharapkan sebab akibat negatif terjadinya konflik, adalah ....
1)   bersifat subjektif, emosional dan apriori
2)   menghambat terjadinya kerjasama
3)   mudah frustrasi/putus asa         

39.   Sabotase merupakan taktik yang biasa digunakan oleh serikat buruh dalam memaksakan kehendaknya terhadap situasi tertentu. Adapun kelemahan taktik sabotase adalah ....
1)   pemecatan terhadap pekerja secara massal
2)   jarang dapat digunakan secara efektif dalam skala besar
3)   merusak naluri kecakapan kerja para pekerja

40.   Pemogokan dapat berlangsung dalam waktu singkat dan dapat pula dalam waktu lama. Walaupun pemogokan dan lock out tidak dikehendaki oleh pengusaha, namun kedua hal itu diatur dalam ....
1)   Undang-undang Nomor 14 Tahun 1969
2)   Undang-undang Nomor 25 Tahun 1997
3)   Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999

41.   Menurut Sri Haryani ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya perselisihan kerja yaitu berupa ....
1)   perjanjian perburuhan
2)   prosedur pelaksanaan PHK
3)   tersedianya media komunikasi






42.   Salah satu pihak yang terlibat dalam penyelesaian perselisihan perburuhan di perusahaan swasta adalah pegawai perantara. Status pegawai perantara ini sebagai ....
1)   pihak yang memutus perselisihan perburuhan
2)   juru penengah
3)   dewan pemisah

43.   Peraturan perundang-undangan yang terkait dengan masalah Pemutusan Hubungan Kerja diatur dalam ....
1)   Undang-undang Nomor 21 Tahun 1954
2)   Undang-undang Nomor 12 Tahun 1964
3)   Keputusan Menteri tenaga Kerja RI Nomor Kep.150/MEN/2000

44.   Untuk melakukan hubungan kerja, salah satu pihak terlebih dahulu harus mengajukan permintaan kepada Kantor/Dinas Tenaga Kerja dan kepada P4D atau P4P. Namun demikian pengusaha dapat memutuskan hubungan kerja tanpa izin PHK dari P4D atau P4P apabila  ....
1)   pekerja dalam masa percobaan
2)   pekerja mengundurkan diri secara tertulis
3)   pekerja telah mencapai usia pensiun

45.   Bila pemutusan hubungan kerja telah disetujui oleh P4D atau P4P, pengusaha harus melakukan pemberian upah. Adapun upah sebagai dasar pemberian uang pesangon, uang jasa dan ganti kerugian terdiri atas ....
1)   upah pokok
2)   bonus
3)   tunjangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar