TUGAS
MANDIRI
PERILAKU
ORGANISASI
(ADPU4431)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 36, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Menurut
Robbins, fungsi budaya adalah ....
A. mengontrol komitmen bersama dari para
individualnya
B. sebagai pemisah rasa solidaritas para anggota
C. menumbuhkan rasa identitas para anggota
D. dapat menyamakan atau menggabungkan
organisasi yang satu dengan lainnya
2. Unit
organisasi sosial yang sangat berperan dalam pengembangan budaya seseorang
yaitu ....
A. PKK (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga)
B. sekolah
C. UKS (Unit Kesehatan Sekolah)
D. Rukun Tetangga (RT)
3. Menurut William John Reddin, effektivitas
kepemimpinan akan dapat tercapai apabila ....
A.
manajer berpedoman pada dimensi hubungan
dalam menggerakkan bawahannya
B. manajer mampu menerapkan secara tepat
efektivitas teori x dan y sesuai tingkat kematangan dan potensi bawahan
C. manajer bersandar pada dimensi tugas untuk
menggerakkan orang-orang untuk mencapai tujuan
D. manajer dapat menerapkan teori hirarki
kebutuhan Maslow dengan tepat
4. Keith
Davis dan John W. Newstrom menyatakan bahwa asumsi dasar yang penting dalam
memahami manusia yaitu ....
A.
manusia secara utuh
B. karakter manusia
C. kesenangan manusia
D. pola hidup manusia
5. Pengertian
‘homo homini socius’ mengandung makna bahwa ....
A. manusia merupakan makhluk yang lemah dan
tidak berdaya
B. manusia mampu hidup sendiri, tanpa bantuan
orang lain
C. manusia memerlukan organisasi
D. manusia tidak memiliki rasa sosial
kemasyarakatan
6. Aspek penting yang dipelajari dalam perilaku
organisasi adalah ....
A. manajemen di dalam organisasi
B. organisasi sebagai tempat beraktivitas orang
C. perilaku manajer baik di dalam maupun di luar
organisasi
D. perilaku manusia dalam organisasi
7. Perilaku
yang ditunjukkan seseorang merupakan cerminan dari ....
A. nilai budaya
B. faktor biologis dan psikologis
C. sikap
D. kesadaran diri
8. Manfaat
pengetahuan tentang disonansi kognitif (cognitive dissonance) adalah ....
A. membantu memprediksi kecenderungan orang
untuk mengubah sikapnya
B. membantu memecahkan masalah yang dihadapi
pegawai
C. membantu mengubah masalah yang ada menjadi
suatu tantangan
D. menyebabkan pegawai mengetahui apa yang harus
dilakukan
9. Kompromi
yang dilakukan ‘ego’ merupakan salah satu mekanisme proses mental untuk
memecahkan konflik diantara ....
A. id dan ego
B. ego dan super ego
C. ego manusia sendiri
D. id dan super ego
10. Menurut Freud, unsur kepribadian manusia yang
penuh dengan keinginan yang harus segera dipuaskan yaitu ....
A. ego
B. super ego
C. id
D. id dan ego
11. Salah satu kekuatan pendorong kehidupan
manusia yang lebih cenderung ke arah kehancuran menurut Freud yaitu ....
A. instinct
B. etos
C. eros
D. thanatos
12. Manusia berusaha memenuhi terlebih dahulu
kebutuhan yang paling mendesak merupakan asumsi yang berasal dari teori ....
A. x dan y
B. hirarki kebutuhan
C. kepuasan
D. kebutuhan manusia
13. Menurut Kotter dari Heslutt, pola perilaku
anggota yang terdapat pada struktur/kategori lapisan terdalam ....
A. bersifat konkret
B. lebih mudah mengalami perubahan
C. mudah tertangkap panca indera
D. memiliki nilai-nilai yang bertahan lama
14. Edgar H. Schein menyatakan bahwa dalam kaitan
antara kepemimpinan dan budaya organisasi, suatu budaya dapat lahir disebabkan
oleh ....
A. faktor pemimpin
B. dukungan masyarakat
C. faktor adat istiadat
D. faktor komunikasi antara pimpinan dan
masyarakat
15. Perasaan in-group dalam organisasi yang
positif yaitu ....
A. memperkuat integritas kelompok sehingga
termotivasi untuk mencapai keberhasilan kelompok serta tujuan organisasi
B. munculnya seorang pimpinan dalam kelompok
C. pimpinan tidak mau mempengaruhi kelompok
D. tidak mudah terpengaruh oleh kelompok lain
16. Androgyny (androgini) merupakan konsep yang
menyangkut ....
A. sikap manusia
B. jenis kelamin
C. perilaku manusia
D. kebutuhan manusia
17. Carl Rogers menyatakan bahwa perangsang yang
paling penting dalam diri seseorang yaitu ....
A. uang
B. karir yang diinginkan
C. keinginan mencapai aktualisasi diri (self
actualization)
D. pendidikan yang telah diperoleh
18. Kritik terhadap pendekatan ciri (Traits
Approach) yaitu ....
A. sangat dipengaruhi oleh stimulus
B. tidak memperhatikan ‘out put’ seseorang
C. teori ini merupakan teori nyata
D. kurang memperhatikan pada situasi pekerjaan
19. Faktor yang sangat mempengaruhi kepribadian
seseorang menurut Gibson adalah faktor ....
A. sosial dan kebudayaan
B. mental dan spiritual
C. ekonomi
D. lingkungan kerja
20. Gaya kepemimpinan kontingensi model Fiedler
dapat dilihat dari ....
A. orientasi tugas dan hubungan antar pribadi
B. sikap bawahan terhadap atasan
C. tingkat kewenangan yang dimiliki pemimpin
D. kepatuhan bawahan terhadap pimpinan
21. Di bawah ini yang bukan termasuk teori
yang berkaitan dengan kepuasan yaitu teori ....
A. x dan y
B. hirarki kebutuhan dari Maslow
C. dua faktor dari Herzberg
D. prestasi atau teori kebutuhan yang dipelajari
dari Mc Clelland
22. Littlejohn menyatakan bahwa terdapat hubungan
erat antara ....
A. sikap dan perilaku
B. pendidikan dan motivasi kerja
C. lingkungan dan perilaku
D. stimuli dan response
23. Dalam pembentukan perilaku manusia, William
McDougal lebih menekankan pentingnya faktor ....
A. situasional dan sosial
B. keluarga
C. faktor personal
D. masyarakat
24. Kisi-kisi 5.5 pada model Blake dan Mouton
menggambarkan ....
A. kurangnya perhatian terhadap motivasi pegawai
B. keragu-raguan manajer dalam menetap-kan
tujuan karyawan dan organisasi
C. keseimbangan antara perhatian terhadap
produksi dan karyawan
D. manajer dapat mengambil jalan tengah jika
terjadi konflik di antara karyawan
25. Gaya kepemimpinan yang sangat tergantung
bawahan adalah ....
A. demokratif
B. otokratik
C. bebas
D. partisipatif
26. Yang dianggap kepemimpinan efektif adalah
....
A. mampu mengharmonisasikan kepenting-an
seseorang dan organisasi
B. dapat memenuhi kebutuhan individu
C. mampu merencanakan tujuan dan mencapai tujuan
D. bertindak adil dan bijaksana
27. Seorang manajer juga disebut pemimpin, jika
....
A. memiliki kewenangan yang tidak terbatas
B. mampu melaksanakan tugas sesuai tujuan
organisasi
C. mampu menggerakkan orang sesuai keinginan dan
tujuannya
D. dapat mempengaruhi kondisi internal maupun
eksternal organisasi
28. Perbedaan manajer dan seorang pemimpin dapat
dilihat dari ....
A. kegiatan manajer lebih luas dari pemimpin
B. kegiatan manajer lebih sempit dari pemimpin
C. kegiatan manajer sama dengan pemimpin
D. nilai-nilai dan norma yang dianut
29. Transaksi input dan out put dan tangggung
jawab dalam perubahan lingkungan dilaksanakan oleh sub sistem ....
A. adaptasi
B. produksi
C. rentangan batas (boundary spanning)
D. pemeliharaan
30. Dalam sistem terbuka pada suatu organisasi,
lingkungan dianggap ....
A. stabil dan tidak berubah-ubah
B. dapat diamalkan sebelumnya
C. selalu berubah dan sulit diprediksi
D. lebih mudah diatasi dan dikendalikan
31. Dalam kaitan dengan pandangan makro, maka
asumsi mengenai perilaku anggota organisasi adalah ....
A. proses interaksinya hanya mencakup internal
organisasi
B. dalam berinteraksi dengan lingkungan harus
memperhatikan perilaku anggota-nya
C. melihat proses perilaku yang terjadi secara
individu dan kelompok
D. perilaku anggota organisasi adalah sama yaitu
perilaku rasional
32. Jika peran yang dilakukan oleh anggota
organisasi berbeda dengan harapannya maka akan ....
A. menimbulkan konflik dalam diri orang yang
besangkutan
B. memacu semangat bekerjanya
C. merusak sistem organisasi secara keseluruhan
D. selalu terjadi hubungan yang tidak harmonis
dalam organisasi
33. Hubungan formal yang terjadi dalam organisasi
telah diatur seperti di bawah ini, kecuali ....
A. dalam dasar hukum pendirian organisasi
B. oleh hirarki organisasi
C. melalui hubungan anggota berdasar keahlian
yang sama
D. oleh struktur organisasi
34. Salah satu elemen kunci organisasi yaitu
adanya satu kesatuan sosial yang artinya ....
A. tujuan organisasi ditentukan oleh
kelompok-kelompok
B. salah satu tujuan organisasi yaitu
melaksanakan fungsional
C. organisasi terdiri atas orang-orang dan
kelompok yang saling berinteraksi
D. keberadaan organisasi ditentukan oleh
masyarakat
35. Menurut Kotter dan Heskett, budaya yang kuat
ditunjukkan dengan adanya ....
A. motivasi yang muncul karena adanya kesadaran
yang sangat tinggi dari para anggota
B. kecenderungan karyawan bekerja sesuai dengan
kemauan pimpinan
C. aturan birokrasi serta prosedur kerja yang
sangat ketat dan kaku
D. kinerja pegawai yang tidak memerlukan adanya
struktur dan kontrol atas mereka
36. Menurut Robbins, yang dimaksud dengan budaya
kuat adalah ....
A. semakin banyak anggota yang menerima
nilai-nilai inti serta semakin besar komitmen mereka pada nilai-nilai tersebut
B. memiliki jumlah anggota yang sangat banyak,
di mana mereka sangat dominan terhadap kelompok minoritas
C. didukung dengan struktur sosial yang sangat
kuat sehingga tidak mudah mengalami perubahan-perubahan
D. sekelompok kecil anggota, misalnya para
manajer, mendukung tujuan organisasi
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 37 SAMPAI DENGAN
38, PILIHLAH!
A. JIKA
KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA
KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA
SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA
KEDUA PERNYATAAN SALAH!
37. Kekuasaan pribadi datang dari para
pengikutnya,
sebab
kekuasaan pribadi bergantung pada
sejauh para pengikut menghormati, merasa senang, terikat kepada pemimpinnya.
38. Pandangan klasik menyebutkan bahwa manajer
mempunyai hak dan wewenang untuk memerintah dan bawahan harus mematuhinya,
sebab
dalam pandangan klasik, karyawan
yang tidak taat akan dipecat.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 39
SAMPAI 45, PILIHLAH!
A. JIKA 1)
DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1)
DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2)
DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
39. Ciri-ciri wewenang tradisional adalah ....
1) adanya ketentuan-ketentuan tradisional yang,
mengikat pemegang wewenang
2) selama tidak ada pertentangan dengan
ketentuan-ketentuan tradisional, peme-gang wewenang dapat bertindak keras
3) didasarkan atas karisma serta kelebihan yang
bersifat pribadi
40. Pada masa revolusi industri di Eropa,
menunjukkan ....
1) pedoman yang paling dominan adalah pendekatan
produktivitas
2) unsur manusia dalam produksi, dianggap
sebagai unsur mesin
3) unsur mesin menjadi lebih dominan dibanding
manusia
41. Kegagalan komunikasi dapat disebabkan ....
1) komunikator tidak mampu berbahasa dengan baik
dan benar
2) media yang digunakan kurang tepat
3) pesan tidak dipahami oleh penerima
42. Yang termasuk kebutuhan sosial dan rasa
memiliki dalam teori hirarki kebutuhan adalah ....
1) sehat
2) kebutuhan berteman
3) interaksi
43. Unsur-unsur komunikasi dalam arti luas yaitu
....
1) pesan
2) gangguan
3) penerima
44. Di bawah ini yang merupakan faktor yang
berkaitan dengan efektivitas komunikasi yaitu ....
1) berperilaku satu kata dengan perbuatan
2) menekankan komunikasi tatap muka
3) menekankan komunikasi tertulis
45. Kekuasaan dapat terbentuk melalui beberapa
cara, yaitu ....
1) aspek hukum yang diakui bawahan
2) adanya pengalaman dan pengetahuan yang
dimiliki seseorang
3) adanya kemampuan memberikan atau tidak
memberikan imbalan dan hukuman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar