Minggu, 27 April 2014

Soal Birokrasi



TUGAS MANDIRI
BIROKRASI
(IPEM4317)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 45,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Istilah birokrasi yang diserap dari konsep Yunani kuno, di mana terdapat para pe-jabat, sekretaris, juru ketik, diangkat un-tuk ....      
A.   melegalkan aturan-aturan
B.   mengabdi kepada rakyat
C.   mengambil pajak rakyat
D.   mengabdi kepada raja

2.   Vincent de Gournay adalah tokoh utama birokrasi yang berasal dari negara ....
A.   Jerman
B.   Itali
C.   Perancis
D.   Portugal
     
3.   Orang atau pejabat yang duduk dalam lembaga birokrasi disebut ....
A.   birokrat
B.   birokratisme
C.   birokratik
D.   biro

4.   Konsep birokrasi Weber adalah orang yang diangkat secara kontraktual dan dibayar di mana pengangkatannya biasa-nya melalui ....
A.    Kepala Biro
B.   Surat Keputusan
C.   perintah pimpinan secara lisan
D.   musyawarah rakyat

5.   “Red Tape” dalam birokrasi merupakan konotasi yang tidak menyenangkan ka-rena ....
A.   mengakibatkan adanya hubungan merah/tidak baik antar pegawai
B.   prosedur kerja selalu melalui meja ke meja
C.   segala informasi yang diperlukan se-lalu mengalami hambatan
D.   menyebabkan kekakuan dalam tin-dakan dan pengurusan yang berbelit-belit

6.   Pengertian konsep birokrasi sebagai inefesiensi organisasi merupakan keba-likan dari pengertian konsep ....
A.   birokrasi rasional
B.   birokrasi irrasional
C.   demokratis
D.   formalitas

7.   Dalam buku The Rulling Servant, E Strauss menyebutkan gejala birokrasi di antaranya adalah seperti di bawah ini, kecuali ....
A.   terlalu percaya preseden
B.   kurang inisiatif
C.   penundaan
D.   tidak menghargai waktu

8.   Alasan kenapa birokrasi tidak efisien menurut E. Strauss adalah ....
A.   struktur yang disusun tidak semuanya berfungsi maksimal
B.   pegawainya sering membolos
C.   pegawainya sering korupsi
D.   semua unit tidak melaksanakan pe-kerjaan secara optimal

9.   Weber menyatakan bahwa ciri-ciri admi-nistrasi birokratik dalam kaitannya de-ngan demokrasi adalah seperti di bawah ini, kecuali ....
A.   hierarki
B.   kontinuitas
C.   impersonalitas
D.   irrasionalitas

10.   Weber membedakan secara konseptual antara kekuasaan dan otoritas, di mana salah satu tipe otoritas yang menandai organisasi modern yaitu mengenai ke-patuhan terhadap semua perintah karena hormat yang disebabkan pola-pola ta-tanan lama yang telah mapan, yang dise-but otoritas ....
A.   tradisional
B.   kharismatik
C.   modern
D.   legal

        11.   Daerah yang dikuasai Sriwijaya yang merupakan hasil penaklukan (Pardattun) diberi otonomi untuk menjalankan kegi-atannya, dan bagi wilayah yang tidak se-tia maka mereka ....
A.   akan diserang dengan kekuatan sen-jata
B.   hanya diberi ancaman kutukan
C.   akan dikenakan pajak berlipat
D.   pemimpin wilayahnya akan dihukum gantung

12.   Dalam organisasi perdagangan kelautan, maka yang digunakan untuk mengaman-kan perdagangan laut adalah ....
A.   bajak laut
B.   armada maritim
C.   pasukan wilayah
D.   tentara kerajaan

13.   Dalam pembagian tugas dalam birokrasi pemerintahan Sriwijaya, Raja memiliki ke-kuasaan yang bersifat ....
A.   sipil dan militer
B.   sipil dan mistis
C.   militer dan mistis
D.   sipil, militer, dan mistis

14.   Pemerintahan daerah kerajaan Sriwijaya memiliki daerah otonom yang diberi na-ma ....
A.   Nayaka
B.   Prataya
C.   Pardattun
D.   Kayastha

15.   Negara luar yang termasuk dalam wila-yah kerajaan Majapahit yaitu ....
A.   Kamboja
B.   Philipina
C.   Singapura
               D.   Miyanmar

16.   Pusat kekuasaan pemerintahan Majapa-hit disebut ....
A.   Ratu
B.   Raja
C.   Prabu
D.   Baginda Raja

17.   Dalam bidang sosial ekonomi di Jawa, pemerintahan Majapahit mengelola de-ngan cara ....
A.   pemungutan pajak
B.   membebaskan pajak
C.   monopoli
D.   upeti

18.   Walaupun kerajaan Majapahit belum me-miliki lembaga kementrian dalam negeri, namun bidang tugas yang dikerjakan cu-kup jelas, kecuali ....
A.   pembinaan wilayah
B.   keamanan
C.   politik 
D.   hukum ketatanegaraan

19.   Hubungan pusat daerah di luar Jawa da-lam kerajaan Majapahit diatur secara ....
A.   desentralisasi
B.   sentralisasi
C.   dekonsentrasi
D.   bebas

20.   Kerajaan Kutai Kertanegara ing Marta-pura terletak di sungai ....
A.   Barito
B.   Mahakam
C.   Batanghari
D.   Kapuas

21.   Sebutan raja diubah menjadi Sultan sete-lah masuknya pengaruh ....
A.   agama Hindu
B.   agama Budha
C.   hukum adat
D.   agama Islam
22.   Nama kerajaan Kutai Kertanegara ing Martapura muncul setelah ....
A.   dikalahkannya Kutai Martapura
B.   dikalahkannya Kutai Kertanegara
C.   kesepakatan antara Kutai Martapura dan Kutai Kertanegara
D.   Kutai Martapura memisahkan diri

23.   Orang kedua setelah raja Kutai adalah ....
A.   menteri
B.   mangkubumi
C.   majelis
D.   punggawa

24.   Pejabat yang langsung berhubungan de-ngan rakyat pada kerajaan Kutai adalah ....
A.   petinggi
B.   hulubalang
C.   punggawa
D.   senopati

25.   Wilayah kerajaan Mataram di bawah sul-tan Agung meliputi seluruh P. Jawa, ke-cuali ....
A.   Pasuruan
B.   Kediri
C.   Batavia
D.   Surakarta

26.   Wilayah Negaragung (wilayah inti) dibagi menjadi ....
A.   6 daerah
B.   7 daerah
C.   8 daerah
D.   9 daerah

27.   Untuk mempertahankan kekuasaannya, raja Mataram menerapkan 3 cara, kecuali ....
A.   menggunakan kekuasaan
B.   pemaksaan
C.   menjalin persekutuan
D.   magis

28.   Hak atas tanah yang dimiliki raja Mata-ram salah satunya adalah ....
A.   hasil tanah/paron
B.   hasil penjualan tanah
C.   monopoli tanah
D.   penguasaan tanah
29.   Tata pemerintahan negara kerajaan Ma-taram pada dasarnya sebagai berikut, kecuali ....
A.   primitif
B.   sederhana
C.   modern
D.   magis religius

30.   Istilah ‘nyuwita’ dalam hubungannya an-tara atasan dan bawahan berarti ....
A.   magang
B.   pasrah
C.   bekerja
D.   mengabdi

31.   Yang ditulis oleh Heather Shuterland menyangkut keberhasilan untuk menjadi orang besar pada dasarnya adalah ber-hubungan dengan ....
A.   agama mistis
B.   keyakinan
C.   sistem nilai
D.   magang

32.   Hubungan pemagang dengan majikan pada masa pemerintahan Hindia Belanda menunjukkan ....
A.   hubungan yang harmonis
B.   hubungan pertalian darah
C.   ketidakseimbangan antara hak dan kewajiban
D.   peranan pangreh praja yang berhasil

33.   Mulai tahun 1898 Snouck Hurgronje me-rintis westernisasi pangreh praja yaitu an-tara lain dengan ....
A.   membuka sekolah baru
B.   priyayi muda sejak usia muda dipi-sahkan dari lingkungannya
C.   mendatangkan guru-guru Belanda
D.   melonggarkan hubungan pegawai Belanda dengan orang pribumi

34.   Snouck Hurgronje melakukan kritik de-ngan menganggap BB sebagai kelompok ....
A.   yang mementingkan Belanda
B.   yang mementingkan kaum pribumi
C.   yang mementingkan kaum priyayi
D.   anti pembaharuan dalam administrasi pemerintahan
35.   H. E. Steinmez pemikirannya sejalan de-ngan Snouck Hurgronje karena ....
A.   mengecam BB
B.   dia orang Belanda
C.   lulusan universitas Leiden
D.   lama berhubungan selama di Indone-sia

36.   Akhir dari pertentangan antara Douwes Dekker dengan Bupati RA. Kartanegara adalah ....
A.   tersingkirnya Douwes Dekker dengan menanggung malu
B.   tersingkirnya bupati
C.   keduanya dipindahkan ke daerah lain
D.   Douwes Dekker diangkat menjadi bu-pati Lebak
37.   Perubahan sosial yang terjadi dalam hu-bungan antara orang Eropa dan priyayi terutama di luar bidang pemerintahan an-tara lain sebagai berikut, kecuali ....
A.   ketrampilan menunggang kuda
B.   berenang
C.   tennis
D.   berburu

38.   Kebijakan ratu Wilhelmina tentang kewa-jiban etis dan tanggung jawab moral sulit dijalankan terutama oleh ....
        A.   pemilik modal
B.   partai politik
C.   golongan liberal
D.   pemerintah

39.   Pandangan pejabat Hindia Belanda menyangkut kebijakan etis oleh para pembaharu yaitu ....
A.   tidak setuju
B.   sangat setuju
C.   mendorong pemerintah Belanda su-paya berperan lebih aktif
D.   membiarkan dengan sendirinya per-bedaan secara tegas antara dunia pribumi dan dunia Eropa
     
40.   Pandangan pribumi yang tidak tertarik untuk mendapat pendidikan Barat, ala-sannya adalah ....
A.   dianggap membahayakan karena bu-daya yang berbeda
B.   tidak banyak berpengaruh terhadap karir mereka
C.   waktu pendidikan yang terlalu lama
D.   penggunaan bahasa Belanda seba-gai bahasa pengantar

41.   Kelompok etis bertujuan ....
A.   agar pribumi mendapat kemajuan me-lalui pendidikan
B.   memecah belah pemerintah Belanda
C.   mendorong pribumi untuk mengikuti budaya barat
D.   memajukan pendidikan bagi kaum Belanda di Indonesia

42.   “Pewarto Priyayi” merupakan majalah yang memuat antara lain mengenai ....
A.   terjemahan peraturan maupun tulisan mengenai pemerintahan
B.   hubungan Belanda Indonesia
C.   penelitian masalah pribadi Indonesia
D.   puisi dan karangan karya pribumi maupun barat

43.   Strategi dasar yang menjadi acuan ke-lompok strategis, salah satunya adalah ....
A.   milisi
B.   remisi
C.   koalisi
D.   strukturisasi

44.   Pada abad pertengahan faktor penguat suatu kelompok strategis adalah ....
A.   sistem budaya
B.   agama
C.   tujuan bersama
D.   sistem politik

45.   Sebagai suatu landasan terbentuknya kelas-kelas, koalisi di Eropa pada abad pertengahan sebenarnya masih terjadi konflik, hal tersebut dapat dilihat dari per-tentangan antara ....
A.   pendeta, dan birokrat
B.   bangsawan, feodal, dan kaum pende-ta
C.   pendeta dan petani
D.   birokrat dengan petani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar