TUGAS MANDIRI
TEORI
POLITIK
(IPEM4215)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 35, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Akomodasi panca indera terhadap gejala-gejala
politik yang kemudian dibuat dalam berbagai pernyataan terhadap fenomena atau
gejala-gejala politik adalah pengertian dari ....
A. teori politik
B. embrio politik
C. pemikiran politik
D. idiologi politik
2. Proses pembentukan teori politik adalah ....
A. pengamatan fenomena-fenomena politik ® generalisasi fenomena politik ® abstraksi ®
teori politik
B. abstraksi fenomena politik ® generalisasi fenomena politik ® pengamatan feno-mena politik ® teori politik
C. generalisasi fenomena politik ® penga-matan fenomena politik ® abstraksi ®
teori politik
D. teori politik ®
abstraksi fenomena politik ®
pengamatan fenomena politik ®
generalisasi politik
3. Di Indonesia, teori politik yang dianut
adalah ....
A. liberal
B. komunis
C. modern
D. Pancasila
4. Memberi pemahaman dan menempatkan fungsi
formal dari berbagai lembaga politik dan aktor-aktor politik dalam satu sistem
politik merupakan fungsi dari ....
A. sejarah politik
B. idiologi politik
C. budaya politik
D. teori politik
5. Upaya mempersatukan rakyat dalam suatu
organisasi politik agar kegiatan politik yang dilakukan mencapai tujuan atau
sasaran adalah ....
A. politik sistematis
B. filsafat politik
C. idiologi politik
D. budaya politik
6. Teori politik menurut pendekatan marxis
ber-orientasi pada perwujudan ....
A. kesejahteraan masyarakat
B. konflik masyarakat
C. keadilan masyarakat
D. kelas masyarakat
7. Bentuk pemerintahan yang paling ideal menurut
Aristoteles adalah ....
A. aristokrasi
B. monarki
C. tirani
D. oligarkhi
8. Menurut Aristoteles cara terbaik untuk
menarik suatu kesimpulan adalah ....
A. prediksi
B. abstraksi
C. deduksi
D. induksi
9. Bentuk negara dikuasai orang kaya dan terus
menerus ingin memperkaya diri, oleh Plato disebut negara ....
A. arsitokrasi
B. ologarkhi
C. demokrasi
D. tirani
10. Tugas negara menurut Plato adalah ....
A. penjaga malam (menjaga keamanan warga negara)
B. memanusiakan manusia dalam negara
C. mengupayakan kesenangan dan kebaha-giaan hidup yang sejati bagi
setiap warga negara
D. menciptakan keadilan yang hakiki pada setiap warga negara
11. Suatu
komunitas etika untuk mencapai kebaikan merupakan definisi negara dalam
pengertian yang ....
A. modern
B. tradisional
C. ideal
D. demokrasi
12. Tokoh filosof yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang tetap
bergerak dan tidak berubah adalah ....
A. Socrates dan Marthen Luther
B. Aristoteles dan Machiavelli
C. Kratylos dan Heraklitus
D. Parminides dan Agustinus
13. Buku karangan Thomas More yang berisi tentang susunan pemerintahan
yang baik dan tentang pulau yang tidak dikenal disebut ....
A. Utopia
B. Summa Theologica
C. The Regimine Principum
D. The City Of God
14. Menurut Thomas Aquinas, aturan normatif yang cenderung memberi
pedoman atau tatanan berbagai bidang kehidupan yang pasti dijalani oleh manusia
disebut hukum ....
A. abadi
B. alam manusia
C. positif
D. Tuhan
15. Menurut Augustinus, kepatuhan yang mewarnai kehidupan warga negara
surgawi adalah sebagian dari pengabdian diri yang dipersembahkan bagi kemuliaan
....
A. Negara
B. Tuhan
C. raja
D. Dewa
16. Tokoh yang membentuk masyarakat negara Tuhan adalah ....
A. Abraham
B. Habil
C. Henokh
D. Kain
17. Tokoh yang mendapat julukan bapak dari masyarakat negara sekunder
adalah ....
A. Habil
B. Kain
C. Henokh
D. Abraham
18. Tokoh teori politik yang menulis buku De Civitate Dei adalah ....
A. Augustinus
B. Marthen Luther
C. Thomas Aquinas
D. Thomas More
19. Menurut Ibnu Khaldun yang merupakan puncak perkembangan manusia
dan sekali-gus merupakan bentuk kekuasaan tertinggi adalah ....
A. hukum
B. negara
C. Tuhan
D. konstitusi
20. Menurut Ibnu Khaldun, sifat yang harus dimiliki penguasa dalam
menjatuhkan sanksi agar tidak “pandang bulu” adalah ....
A. menghargai orang lain
B. kemuliaan
C. keadilan
D. kesempurnaan
21. Menurut Machiavelli, penyelenggaraan kekuasaan negara dijalankan
secara ....
A. paternalistik
B. matrimonial
C. despotek
D. horisontal
22. Menurut Machiavelli, wujud fisik kekuasaan dalam negara adalah
....
A. hukum
B. militer
C. konstitusi
D. hak asasi
23. Dasar teori politik
liberalis adalah ....
A. alamiah
B. akal
C. kebaikan
D. kekuasaan
24. Dalam sistem liberal, hak milik atas alat-alat produksi berada di
tangan ....
A. negara
B. masyarakat
C. kelompok
D. individu
25. Keadaan di mana fungsi raja melindungi rakyat miskin dari
kesewenangan kaum borjuis, dapat ditemukan dalam model liberalisme ....
A. kuno
B. abad pertengahan
C. modern
D. pasca modern
26. Teori politik kekuasaan Thomas Hobbes diperoleh dari ilmu ....
A. alam
B. sosial
C. politik
D. ekonomi
27. Menurut Marsilenes, perjanjian sosial adalah perjanjian masyarakat
yang sifatnya ....
A. pendahuluan
B. bertingkat
C. langsung
D. tidak berpola
28. Menurut Thomas Hobbes, untuk menghindari kematian maka setiap
anggota masyarakat harus ....
A. bersaing
B. mempertahankan diri
C. berperang
D. membuat perjanjian sosial
29. Menurut Thomas Hobbes, manusia yang ingin untuk tetap hidup dan
tak ingin dikuasai dan diatur oleh orang lain maka ia harus berupaya untuk ....
A. mempertahankan diri
B. bersaing
C. dihormati
D. disegani
30. Dalam State of Nature manusia yang mampu mencapai gloria
adalah manusia yang ....
A. terlemah
B. terisolir
C. terkuat
D. terkaya
31. Hobbes menyatakan bahwa kekuasaan terbesar adalah ....
A. rakyat
B. negara
C. hukum
D. Tuhan
32. Dalam teori kekuasaan Tuhan, yang mewarnai kehidupan warga negara
surgawi adalah ....
A. kepatuhan
B. keadilan
C. kebenaran
D. keabadian
33. Tokoh yang mengemukakan bahwa hukum tidak timbul dari kehendak
negara adalah ....
A. John Locke
B. Krabe
C. Augustinus
D. Thomas Aquinas
34. Penentuan idiologi yang berlaku dalam suatu negara merupakan
penerapan sifat ....
A. mengawasi
B. monopoli
C. mengendalikan
D. memaksa
35. Kekuasaan negara dalam menguasai sumber daya alam yang penting dan
memenuhi hajat hidup orang banyak, merupakan penerapan sifat ....
A. mengendalikan
B. memaksa
C. mengawasi
D. monopoli
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 36 SAMPAI DENGAN
40, PILIHLAH!
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA
MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH!
36. Fenomena politik yang diukur teori politik pada masa tradisional
adalah konstitusional dan yuridis,
sebab
pada
tahap tradisional ilmuwan politik dalam mengembangkan teori politik berfokus
pada aspek perilaku manusia.
37. Idealisme Plato sama dengan idealisme modern,
sebab
dunia
ide bagi Plato merupakan satu realitas yang subjektif.
38. Perdamaian dalam negara duniawi harus diawali dengan peperangan,
sebab
damai
dalam negara duniawi hanya hadir di saat perang telah usai.
39. Sistem ekonomi di negara yang menganut sistem liberal adalah
ekonomi pasar,
sebab
adat
dan kebiasaan di negara liberal termasuk variabel yang menentukan harga pasar.
40. Menurut teori kekuasaan hukum, setiap aturan hukum dalam
masyarakat boleh ditetapkan secara sepihak oleh penguasa atau pemerintah,
sebab
pemerintah
dalam menetapkan hukum harus memperhatikan kesadaran hukum masyara-kat atau
warga negara.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 41
SAMPAI 45, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
41. Fungsi utama ideologi politik menurut Christenson adalah
1) membantu individu atau masyarakat untuk mengadakan identifikasi
diri
2) sebagai kekuatan dinamis dalam kehidupan individu dan kolektif
3) merealisasi norma-norma yang sudah ada ke dalam program-program
politik
42. Ciri pendekatan perilaku dalam mengem-bangkan teori politik yaitu
1) masyarakat harus dilihat sebagai satu sistem sosial
2) ketaatan warga negara secara empirik terhadap konstitusi
3) negara sebagai satu sistem politik
43. Perkembangan kata liberal menunjuk pada
1) pemerintahan
2) partai politik
3) kebijaksanaan
44. Menurut Thomas Hobbes, sifat-sifat yang sama dengan perjanjian
sosial atau perjanjian masyarakat adalah
1) takut mati
2) ingin memiliki sesuatu
3) bersaing
45. Kelemahan-kelemahan teori kekuasaan hukum, antara lain
1) negara lebih dominan dari hukum
2) kesadaran hukum tidak terjadi dengan sendirinya
3) kekuasaan hukum ditangani oleh penguasa negara dengan cara
mewujud-kan hukum yang tidak memelihara kesadaran hukum masyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar