TUGAS MANDIRI
HUKUM TATA PEMERINTAHAN
(IPEM4321)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 28, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Kajian Hukun Tata Pemeritahan telah mulai
diajarkan di perguruan tinggi di Indonesia sebelum tahun 1946 dengan istilah
....
A. Staatrecht
B. Administratiefrecht
C. Rechtshogeschool
D. Staats en Administratiefrecht
2. Faktor yang menjadi latar belakang pemakaian
istilah Hukum Administrasi Negara lebih tepat dibandingkan Hukum Tata
Pemerintahan adalah ....
A. hasil pertemuan Cibulan 1973
B. keberadaan Ilmu Administrasi Negara
C. kata “negara” adalah janggal dan berlebihan
D. Adminstrasi Negara merupakan bagian dari
administrasi umum
3. Pengertian Hukum Tata Pemerintahan terdiri
atas 3 unsur seperti tersebut di bawah ini, kecuali ....
A. Hukum Administrasi Negara dalam arti luas
B. Hukum Administrasi Negara dalam arti sempit
C. Hukum Tata Pemerintahan
D. Hukum Tata Usaha Negara
4. Semula tugas negara secara konvensional hanya
mencakup 3 hal, namun dalam perkembangannya tugas negara semakin berkembang dan
luas akibat kemajuan di berbagai aspek kehidupan. Perkembangan tugas negara
yang dimaksud yaitu ....
A. mengayomi masyarakat
B. partisipator masyarakat
C. pemberian informasi secara terbuka
D. tugas pelayanan
5. Aturan-aturan hukum yang dibuat oleh
pemerintah yang sifatnya istimewa baik aturan yang sifatnya sepihak maupun
aturan yang bersifat dua pihak disebut ....
A. Hukum Tata Negara
B. Hukum Konstitusi Negara
C. Hukum Tata Pemerintahan heterogen
D. Hukum Tata Pemerintahan otonom
6. Yang termasuk sebagai subjek hukum dalam
Hukum Tata Pemerintahan seperti tersebut
di bawah ini, kecuali ....
A. Pegawai Negeri
B. Jawatan Publik
C. Masyarakat
D. Negara
7. Ditinjau dari segi struktural fungsional,
pemerintahan berarti seperangkat fungsi negara yang saling berhubungan secara
fungsional dan melaksanakan fungsinya demi tercapainya tujuan negara. Pendapat
demikian dikemukakan oleh ....
A. Moertono
B. Isywara
C. Mariam Budiardjo
D. Ramlan Surbakti
8. Dilihat dari cara pertanggungjawabannya,
model sistem pemerintahan menurut para sarjana politik seperti tersebut di bawah
ini kecuali ....
A. Sistem Pemerintahan Absolut
B. Sistem Pemerintahan Campuran
C. Sistem Pemerintahan Parlementer
D. Sistem Pemerintahan Presidensiil
9. Menurut Bintoro Tjokroamidjojo, fungsi
pemerintah yang cenderung berkembang pada negara-negara yang sedang berkembang
adalah fungsi ....
A. falsafah hidup kemasyarakatan
B. pemerintah tergantung pada kemajuan
masyarakat
C. pemerintah sebagai enterpreneur
D. pemerintah sebagai abdi sosial
10. Asas-asas umum pemerintahan yang layak telah
memiliki landasan yuridis formal di bidang politik sebagaimana tertuang dalam
undang-undang
A. Nomor 14 Tahun 1970
B. Nomor 1 Tahun 1974
C. Nomor 8 Tahun 1974
D. Nomor 28 Tahun 1999
11. Untuk menghindarkan keputusan yang sewenang-wenang,
maka dalam pengambilan keputusan harus memperhatikan semua faktor yang relevan
dengan kasus yang bersangkutan secara lengkap dan wajar. Keadaan di atas
disebut asas ....
A. larangan kesewenangan-wenangan
B. larangan penyalahgunaan wewenang
C. kepastian hukum
D. pemberian alasan
12. Di bawah ini termasuk asas-asas pemerintahan yang baik dalam
praktek ketatanegaraan di Belanda, kecuali asas ....
A. Persamaan
B. Kepercayaan
C. Keyakinan
D. Kecermatan
13. Pencabutan kembali suatu ketetapan yang telah dikeluarkan oleh
alat perlengkapan negara, dapat dilakukan secara ab.ovo maksudnya....
A. suatu ketetapan yang dikeluarkan dengan syarat-syarat tertentu
B. suatu ketetapan tidak dapat dicabut kembali
C. sejak permulaan ketetapan dianggap tidak pernah ada
D. isinya belum diberitahukan kepada yang berkepentingan
14. Dengan dikeluarkannya ketetapan, akan timbul hak atau keadaan
hukum baru yang sifatnya lebih berkaitan dengan kebijaksanaan pembuat
ketetapan. Ketetapan yang demikian disebut ketetapan ....
A. positif
B. negatif
C. declaratoir
D. konstitutif
15. Istilah pemerintahan (governance)
yang mempunyai makna lebih menekankan cara pemerintah mengelola sumber daya
ekonomi dan sosial untuk pembangunan masyarakat, di kemukakan oleh ....
A. World Bank
B. UNDP
C. Bintoro Tjokroamidjojo
D. Bagir Manan
16. Bintoro Tjokroamodjojo mengemukakan bahwa pengertian good governance adalah suatu bentuk
manajemen pembangunan atau disebut juga ....
A. administrasi negara
B. administrasi pembangunan
C. pemerintah yang baik
D. pemerintah yang bersih
17. Pemerintahan yang dilakukan oleh pejabat/orang-orang yang
mempunyai etika jelas terhadap tugas dan fungsinya disebut ....
A. pemerintahan yang bebas dari korupsi
B. pemerintahan yang tidak bernoda
C. pemerintahan yang baik
D. pemerintahan yang bersih
18. Menurut United Nation Development Programme (UNDP) karakteristik
pelaksanaan good governance seperti
tersebut di bawah ini, kecuali ....
A. Participation
B. Rule of law
C. Capability
D. Consesus Orientation
19. Demokrasi dan supremasi hukum merupakan pangkal tolak dalam
mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang bersih dan baik. Pernyataan tersebut
dikemukakan oleh ....
A. Bintoro Tjokroamdjojo
B. Bagir Manan
C. UNDP
D. World Bank
20. Selain diberhentikan dengan tidak hormat, Pegawai Negeri Sipil
dapat diberhentikan dengan hormat dengan alasan t seperti berikut ini, kecuali
....
A. atas permintaan sendiri
B. telah mencapai batas usia pensiun
C. tidak masuk kerja selama 2 bulan tanpa keterangan yang sah
D. adanya penyederhanaan organisasi
21. “Penundaan kenaikan pangkat” dalam hukum kepegawaian adalah
termasuk salah satu jenis hukuman disiplin ....
A. ringan
B. sedang
C. berat
D. paling berat
22. Perubahan strategi dalam manajemen Kepegawaian disebabkan oleh
beberapa faktor seperti tersebut di bawah ini, kecuali ....
A. era otonomi daerah
B. pemerintahan multi partai
C. tumbangnya pemerintahan Orde Baru
D. revolusi teknologi informasi
23. Akibat kelalaian dalam menjalankan kewajiban sebagai PNS harus
dipertanggungjawabkan kepada masya-rakat. Menurut Siti Soetami terdapat 3 macam
pertanggungjawaban pegawai negeri seperti tersebut di bawah ini, kecuali pertanggungan jawab ....
A. moril
B. kepidanaan
C. keuangan keperdataan
D. administrasi tratif
24. Disamping kewajiban dan larangan Pegawai Negeri Sipil sebagai mana
di atur dalam PP Nomor 30 Tahun 1980, masih ada kewajiban lain yang tidak
diatur dalam peraturan. Yang termasuk kewajiban lain yaitu ....
A. memberi contoh terhadap bawahan-nya
B. mentaati ketentuan jam kerja
C. bersikap tegas kepada bawahan
D. berdasarkan adat kebiasaan
25. Prof Logemann mengemukakan lima macam asas kewajiban kepegawaian
seperti tersebut di bawah ini, kecuali ....
A. menjalankan pekerjaan dengan sebaik-baiknya
B. harus mentaati ketentuan hukum yang telah ditetapkan
C. tingkah lakunya di luar dinas boleh mengurangi kehormatan pegawai
D. kepentingan jabatan harus diutamakan
26. Segenap aktivitas yang bersangkut paut dengan penggunaan tenaga
kerja bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu, merupakan suatu definisi kepegawaian
yang dikemukakan oleh ....
A. Sastra Djatmika
B. Utrecht
C. Felix A. Nugroho
D. Drs. The Liang Gie
27. Inspektorat Jenderal yang terdapat pada setiap Departemen termasuk
menjalan-kan fungsi pengawasan ....
A. yudisiil
B. masyarakat
C. politik
D. ekonomi
28. Menurut Isywara, SH. Negara dan pemerintahan hampir identik dalam
arti formal negara adalah pemerintah sedangkan dalam arti materiil negara
adalah masyarakat. Pendapat di atas memberikan pemahaman bahwa negara ....
A. lebih sempit dari pada pemerintahan
B. lebih luas dari pada pemerintahan
C. berbeda dengan pemerintahan
D. sama dengan pemerintahan
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 29 SAMPAI
33, PILIHLAH:
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA
MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH!
29. Secara umum pemerintah menjalankan dua fungsi pokok yaitu fungsi
peme-rintahan umum dan fungsi penyediaan pelayanan masyarakat,
sebab
kedua
fungsi tersebut merupakan mono-poli pemerintah.
30. Pernyataan kehendak dari alat perleng-kapan negara tidak boleh
mengandung kekurangan yang bersifat yuridis,
sebab
alat
perlengkapan negara itu mempunyai wewenang istimewa.
31. Bintoro Tjokroamidjojo berpendapat bah-wa good governance dalam sejarah perkembangan program World Bank selain diarahkan untuk
pembangunan ekonomi juga diarahkan dalam kehi-dupan sosial politik,
sebab
proses
pengambilan keputusan politik dilakukan dengan “sharing” antara peme-rintah, media pers dan pendapat umum secara
transparan.
32. Lembaga yang melakukan pengawasan secara intern maupun ekstern
perlu adanya koordinasi yang baik,
sebab
koordinasi
sangat diperlukan dan bila tidak akan terjadi tumpang tindih kekua-saan.
33. Untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan baik diperlukan
perubahan dan perbaikan lembaga-lembaga negara serta perbaikan manajemen
publik,
sebab
tindakan
perubahan dan perbaikan lem-baga negara meliputi pembenahan alat-alat
pemerintahan baik tingkat pusat maupun tingkat daerah.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 34
SAMPAI 45, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
34. Sebelum ditemukan istilah lain yang lebih tepat maka untuk
pemakaian istilah Hukum Administrasi Negara para kritisi menyarankan
menggunakan istilah ....
1) Hukum Administrasi
2) Hukum Tata Usaha Negara
3) Hukum Tata Pemerintahan
35. Faktor-faktor yang menyebabkan jenis aturan Hukum Tata
Pemerintahan tidak mungkin dapat dilakukan kodifikasi kare-na ....
1) Hukum Tata Pemerintahan berkem-bang sangat pesat
2) Pembuatan Hukum Tata Peme-rintahan tidak berada dalam satu tangan
3) kajian bidang Hukum Tata Peme-rintahan sangat sempit
36. Cara pelaksanaan peranan pemerintah dapat dibagi menjadi dua
klasifikasi seperti yang dikemukakan oleh Bintoro Tjokroamidjojo yaitu ....
1) klasifikasi menurut Awaludin Djamin
2) klasifikasi menurut Mariam Budiardjo
3) klasifikasi menurut Irving Swerdlow
37. Perbuatan pemerintah yang berkualifikasi yuridis dapat digolongkan
menjadi dua yaitu perbuatan dalam lapangan hukum privat dan perbuatan dalam
lapangan hukum publik. Di bawah ini yang ter-masuk perbuatan pemerintah dalam
hu-kum privat adalah ....
1) pelelangan umum
2) penunjukan langsung
3) pengadaan langsung
38. Keputusan pemerintah yang bersifat administratif disebut
beschikking yang mempunyai berbagai arti yaitu ....
1) Ketetapan Tata Usaha Negara
2) Penetapan Tata Usaha Negara
3) Keputusan Tata Usaha Negara
39. Menurut Donner sebagaimana yang dikutip oleh Soehino, ketetapan
yang mengalami kekurangan disebut Kete-tapan tidak sah. Akibat dari ketetapan
yang tidak sah yaitu ....
1) ketetapan itu harus dianggap batal sama sekali
2) adanya persetujuan dari alat per-lengkapan yang lebih tinggi
3) kekuatan berlakunya ketetapan itu dapat dibatalkan di tingkat
banding
40. Dalam kenyataannya penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan
baik dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu ....
1) ketentuan hukum yang tidak jelas
2) manajemen pemerintahan yang tidak efisien dan efektif
3) tata laksana pemerintahan yang ku-rang koordinasi
41. Di samping ada kewajiban, bagi Pegawai Negeri Sipil juga diberikan
beberapa hak. Di bawah ini yang termasuk hak PNS adalah ....
1) hak memperoleh perawatan karena kecelakaan
2) hak memperoleh tunjangan cacat
3) hak memperoleh uang duka bagi keluarga dari PNS yang tewas
42. Kewajiban larangan bagi Pegawai Negeri Sipil sebagaimana diatur
dalam Pera-turan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1980 adalah ....
1) menyimpan rahasia negara
2) bila ada hal yang merugikan negara tidak perlu melapor kepada
atasan
3) memelihara suasana kerja yang baik dan kondusif
43. Menurut ketentuan Undang-undang No-mor 8 Tahun 1974 yo.
Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999, pegawai negeri terdiri dari ....
1) Pegawai Negeri Sipil
2) Pegawai Negeri Sipil Daerah
3) Anggota Angkatan Bersenjata RI
44. Pengawasan ditinjau dari segi kedudukan badan yang melaksanakan
pengawasan, terdiri atas pengawasan ....
1) preventif
2) intern
3) ekstern
45. Pengawasan pemerintah adalah penga-wasan yang dilakukan terhadap
peme-rintah dalam penyelenggaraan ....
1) pemerintahan
2) pelayanan umum
3) tugas dan pekerjaan pemerintah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar