TUGAS MANDIRI
METODE PENELITIAN
(IDIK4306)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 35, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Ilmu pengetahuan adalah
A. jawaban pertanyaan yang diperoleh melalui
pengalaman.
B. prinsip yang merupakan hasil observasi secara
tidak sengaja.
C. fakta, konsep, atau prinsip yang diperoleh
dengan metode ilmiah.
D. pengetahuan yang merupakan jawaban terhadap
rasa ingin tahu manusia.
2. Hubungan antara suatu fakta dengan fakta
lainnya akan membentuk
A. prinsip.
B. konsep.
C. teori.
D. pengetahuan.
3. Ilmu pengetahuan didasarkan atas dua pilar,
yaitu
A. struktur etika dan metode ilmiah.
B. struktur moral dan metode kuantitatif.
C. struktur logis dan pengujian empiris.
D. struktur validitas dan metode kualitatif.
4. Suatu pernyataan yang siap untuk diuji secara
terbuka, menunjukkan bahwa pernyataan tersebut telah memenuhi kaidah
A. validitas.
B. ilmiah.
C. konseptual.
D. prinsipal.
5. Salah satu miskonsepsi tentang sains adalah
A. “tujuan sains adalah mencari korelasi antar
fakta”.
B. “tujuan sains adalah mengumpulkan fakta
sebanyak mungkin”.
C. “sains tidak mempunyai manfaat praktis”.
D. sains tidak bersifat absolut”.
6. Norma-norma yang dipegang teguh dalam ilmu
pengetahuan adalah
A. orisinalitas, tanpa pamrih, universalitas,
skeptisme, dan terbuka.
B. orisinalitas, tanpa pamrih, kontektual,
skeptisme, dan terbuka.
C. orisinalitas, tanpa pamrih, universalitas,
dogmatis, dan terbuka.
D. orisinalitas, tanpa pamrih, kontektual,
dogmatis, dan terbuka.
7. Salah satu perbedaan pokok antara metode
ilmiah dan metode non-ilmiah adalah
A. permasalahan yang dirumuskan secara umum.
B. proses pengumpulan data melalui wawancara.
C. jawaban permasalahan didukung data.
D. kesimpulan diturunkan dari permasalah-an.
8. Contoh bentuk perumusan masalah yang paling
baik adalah
A. Bagaimana reaksi orang tua siswa di sekolah
negeri dan swasta terhadap perubahan kurikulum di tingkat SD?.
B. Apakah perubahan kurikulum SD berpengaruh
terhadap orang tua berdasarkan jenis sekolah dimana anaknya terdaftar
(negeri/swasta)?.
C. Apakah reaksi orang tua terhadap perubahan
kurikulum SD dipengaruhi oleh jenis sekolah (negeri/swasta) dimana anaknya
terdaftar?.
D. Apakah ada perbedaan reaksi terhadap
perubahan kurikulum SD antara orang tua siswa di sekolah negeri dengan orang
tua siswa di sekolah swasta?.
9. Bab tinjauan pustaka dalam laporan penelitian
antara lain dapat menunjukkan
A. banyaknya buku yang telah dibaca oleh
peneliti.
B. bahwa penelitian didasarkan pada hasil
penelitian sebelumnya.
C. bahwa penelitian dilakukan dengan benar.
D. keaslian dari penelitian yang dilakukan.
10. Etika dalam penelitian sosial sangat penting karena
A. penelitian sosial melibatkan manusia sebagai objek penelitiannya.
B. peneliti perlu rambu-rambu agar bersifat ilmiah.
C. objek penelitian perlu diberi rambu-rambu agar dapat
berpartisipasi.
D. penelitian bersifat sosial dan kualitatif.
11. Masalah etika yang harus diperhatikan pada saat pengumpulan data
antara lain
A. objek penelitian harus boleh mengundurkan diri kapan saja.
B. data yang dikumpulkan harus direkapitulasi dengan jelas.
C. peneliti harus terlibat langsung pada proses pengumpulan data.
D. objek penelitian harus mau membuka identitasnya.
12. Inform Consent adalah
A. surat persetujuan peneliti untuk melakukan penelitian.
B. surat persetujuan objek penelitian untuk berpartisipasi secara
sukarela.
C. surat penugasan untuk mengumpulkan data.
D. surat penugasan pada objek penelitian untuk berpartisipasi.
13. Proposal penelitian adalah dokumen yang berisi
A. rumusan masalah dan tujuan penelitian.
B. rumusan ide dan rencana strategi pelaksanaan penelitian.
C. rencana cara pengumpulan data suatu penelitian.
D. rumusan tujuan dan hipotesis penelitian.
14. Sistematika penelitian sangat beragam, namun pada umumnya
diurutkan sebagai berikut
A. pendahuluan, metodologi, tinjaun pustaka, kesimpulan.
B. pendahuluan, tinjauan pustaka, metodologi, hasil dan pembahasan,
kesimpulan.
C. latar belakang, tujuan, metodologi, hasil dan pembahasan,
kesimpulan.
D. latar belakang, metodologi, tujuan, hasil dan pembahasan,
kesimpulan.
15. Penjelasan mengenai sumber data, cara pengumpulan data, dan
analisis data terdapat pada bagian
A. pendahuluan.
B. tinjauan pustaka.
C. metodologi.
D. kerangka pemikiran.
16. Beberapa pertimbangan untuk penentuan permasalah penelitian adalah
A. orisinalitas, signifikansi, dan empirikalitas.
B. keaslian, kemanfaatan, dan kemungkinan pengujian secara empiris.
C. keaslian, kemanfaatan, dan kemudahan mencari data yang mendukung.
D. orisinalitas, signifikansi, dan generalibitas.
17. Dari pernyataan berikut, mana yang paling baik dari segi
pembatasan fokus penelitian
A. penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang
mempengaruhi prestasi anak di sekolah.
B. penelitian ini bertujuan untuk melihat korelasi antara usia anak
dengan tingkat kenakalan mereka di sekolah.
C. penelitian ini akan melihat hubungan antara tingkat kehadiran di
kelas dengan hasil ulangan rata-rata pelajaran Matematika.
D. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada korelasi antara
tingkat kehadiran dengan nilai ulangan rata-rata anak kelas 6 SD pada
matapelajaran Matematika.
18. Suatu penelitian memiliki rumusan masalah sebagai berikut:
“mempelajari ada tidaknya pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap
partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar anak di rumah”. Variabel bebas
penelitian tersebut adalah
A. pengaruh tingkat pendidikan.
B. tingkat pendidikan orang tua.
C. partisipasi orang tua.
D. kegiatan belajar anak di rumah.
19. Variabel yang bersifat abstrak perlu dijabarkan ke dalam bentuk
konkrit yang dapat diukur yang biasa disebut
A. konsep.
B. faktor.
C. indikator.
D. fenomena.
20. Peningkatan wawasan melalui kegiatan tinjauan pustaka penting
dilakukan agar
A. dapat melakukan replikasi penelitian sebelumnya.
B. tidak memilih variabel-variabel yang telah diteliti oleh orang
lain.
C. dapat membuat teori baru.
D. dapat membuat rancangan penelitian yang lebih baik.
21. Manfaat yang diperoleh peneliti dari kegiatan tinjauan pustaka
untuk penulisan laporan terutama untuk
A. membatasi masalah dan ruang lingkup penelitian.
B. melihat hasil penelitian sebelumnya.
C. menentukan variabel-variabel yang relavan.
D. menginterpretasikan hasil analisis data.
22. Bibliografi merupakan salah satu sumber pustaka berupa
A. ringkasan hasil-hasil penelitian terdahulu.
B. data publikasi dalam sub topik tertentu.
C. buku acuan tentang informasi langsung.
D. data lokasi pustaka tertentu.
23. Salah satu contoh sumber pustaka sekunder adalah
A. laporan penelitian.
B. artikel hasil penelitian.
C. artikel bedah/resensi buku.
D. artikel dalam suatu buletin penelitian.
24. Jika dalam suatu daftar pustaka terdapat data berikut: “ Sudirman,
N (1999). Analisis Pembelanjaan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan,
5(2):33-49”. Artinya sumber pustaka tersebut berupa
A. buku teks.
B. artikel.
C. laporan penelitian.
D. buku acuan langsung.
25. Usenet merupakan salah satu fasilitas di Internet yang dapat
digunakan untuk
A. mentransfer file yang diinginkan.
B. mencari alamat sumber pustaka.
C. berdiskusi dengan pemakai Internet lain.
D. menyalin file dari Internet disket.
26. Kutipan tidak langsung adalah
A. potongan imformasi yang persis seperti kata-kata aslinya.
B. catatan imformasi dengan kata-kata sendiri.
C. imformasi utuh yang disalin dari sumber pustaka tertentu.
D. catatan data dari sumber tidak langsung.
27. Penyusunan kerangka teori biasanya merupakan kelanjutan dari
kegiatan
A. perumusan masalah.
B. perumusan tujuan.
C. tinjauan pustaka.
D. penentuan metodologi.
28. Hipotesis adalah
A. tujuan penelitian dalam bentuk pertanyaan.
B. tujuan penelitian dalam bentuk pernyataan.
C. jawaban sementara terhadap masalah/ pertanyaan penelitian.
D. jawaban pasti terhadap masalah/ pertanyan penelitian.
29. Pendekatan penelitian menunjukkan
A. teknik pengumpulan data yang akan dilakukan.
B. jenis informasi yang akan dikumpulkan.
C. metode sampling yang akan digunakan.
D. teknik wawancara yang akan dilakukan.
30. Dasar penentuan pendekatan penelitian sensus, survei, dan studi
kelompok kecil adalah
A. teknik analisis.
B. cara pelaporan hasil analisis.
C. tingkat generalisasi temuan.
D. ada tidaknya perlakukan percobaan.
31. Berdasarkan jenis data yang digunakan, maka penelitian dapat pula
dibedakan menjadi
A. eksperimental dan noneksperimental.
B. kuantitatif dan kualitatif.
C. eksploratoris dan deskripstif.
D. sensus dan survey.
32. Desain penelitian korelasional bertujuan untuk menjawab pertanyaan
mengenai
A. ada tidaknya korelasi antarvariabel.
B. hubungan kausal antarvariabel.
C. gambaran suatu fenomena secara kualitatif.
D. gambaran suatu kelompok kecil.
33. Ancaman maturasi pada sistemdesain penelitian eksperimental adalah
A. adanya perubahan pada lingkungan subjek penelitian.
B. terjadinya kesalahan pengukuran variabel.
C. adanya perubahan pada diri subjek penelitian.
D. adanya penurunan jumlah subjek penelitian.
34.
R X O
R O
Gabaran desain
eksperimental di atas disebut
A. pretest-postest control
group design.
B. postest-only control group
design.
C. Solomon-group design.
D. Time series group design.
35. Validitas eksternal pada umumnya menjadi masalah pada desain
penelitian
A. pra-eksperimental.
B. eksperimental sejati.
C. korelasional.
D. eksploratoris.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 36
SAMPAI 60, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
36. Komponen utama suatu proposal penelitian adalah
1) penyajian yang sistematis
2) masalah penelitian yang jelas
3) objektivitas peneliti
37. Format penyusunan proposal sangat penting untuk diikuti, karena format
proposal
1) merupakan informasi tentang kepentingan peneliti
2) menunjukkan prioritas dan kepentingan penyandang dana penelitian
3) menunjukkan jalan pikiran peneliti mengenai rencana penelitiannya
38. Bagian pendahuluan pada proposal penelitian berfungsi untuk
menginformasikan
1) konteks dimana permasalahan penelitian ditemukan/terjadi
2) signifikansi permasalahan penelitian
3) latar belakang permasalahan penelitian
39. Proposal yang baik dapat berfungsi sebagai
1) alat komunikasi
2) rencana
3) kontrak
40. Generalisasi hasil penelitian merupakan fungsi dari
1) sampel yang dipilih
2) analisis data yang dilakukan
3) masalah yang dirumuskan
41. Masalah penelitian sebaiknya dirumuskan secara
1) singkat
2) jelas
3) operasional
42. Masalah penelitian dapat ditemukan pada
1) pengalaman sehari-hari
2) hasil studi kepustakaan
3) rasa ingin tahu
43. Menentukan batasan fokus penelitian sangat penting untuk
1) pendefinisian variabel-variabel penelitian
2) menjelaskan konteks penarikan sampel
3) pembuatan generalisasi berdasarkan kesimpulan
44. Perumusan masalah penelitian dapat berupa
1) pertanyaan
2) hipotesis
3) pernyataan
45. Kegiatan tinjauan pustaka merupakan kegiatan
1) menelaah hasil penelitian relevan terdahulu
2) mengkaji teori dan konsep relevan yang ada
3) mengamati seluruh fenomena relevan yang ditemui
46. Anda tertarik untuk meneliti dampak kebijaksanaan baru pemerintah
tentang kenaikan tunjangan fungsional guru terhadap prestasi mengajar guru di
sekolah. Rumusan masalah yang dapat Anda buat antara lain
1) Adakah pengaruh peningkatan fungsional guru terhadap prestasi
mengajar mereka?
2) penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya hubungan
antara kenaikan tunjangan fungsional guru dengan prestasi mengajar mereka di
sekolah
3) peningkatan tunjangan fungsional guru mempunyai korelasi positif terhadap prestasi
mengajar mereka
47. Suatu penelitian memiliki rumusan masalah sebagai berikut:
“mempelajari ada tidaknya hubungan antara latar belakang sosial budaya guru
dengan sikap guru dalam menangani kenakalan murid di sekolah”
Variabel-variabel yang harus diukur dalam penelitian tersebut
adalah
1) latar belakang sosial budaya guru
2) kenakalan murid di sekolah
3) sikap guru dalam menangani kenakalan murid
48. Salah satu cara untuk mempermudah pencarian pustaka yang relevan
adalah dengan
1) menentukan masalah penelitian setepat mungkin
2) menentukan kata kunci
3) mencari perpustakaan terlengkap di kota Anda
49. Penelaahan pustaka dapat dilakukan dengan cara membuat
1) ringkasan pustaka
2) kutipan langsung
3) kutipan tidak langsung
50. Kunci penelaahan pustaka adalah pada
1) kemutakhiran pustaka
2) jumlah pustaka yang ditelaah
3) relevansi substansi dengan masalah penelitian
51. Cara penulisan kutipan langsung perlu memperhatikan
1) ketepatan penyalinan kata-kata sesuai aslinya
2) panjang pendeknya kutipan
3) letak halaman dari mana kutipan tersebut diambil
52. Kerangka teori merupakan
1) deskripsi tentang sudut pandang penelitian
2) analisis hubungan antarkonsep yang digunakan
3) penjelasan teori yang mendasari penelitian
53. Kerangka teori yang baik harus dapat membantu peneliti dalam
1) menentukan variabel yang akan diukur
2) memberikan jawaban sementara terhadap permasalahan penelitian
3) menentukan teknik pengumpulan dan analisis data yang akan
digunakan
54. Pendekatan penelitian sensus mempunyai karakteristik
1) sampling jenuh
2) dilakukan pada waktu yang bersamaan
3) kajian kelompok kecil
55. Pertimbangan untuk menentukan pendekatan penelitian antara lain
1) Apakah informasi yang diperlukan sudah tersedia?
2) Populasi seperti apa yang ingin diterangkan?
3) Sumberdaya apa yang tersedia?
56. Studi kasus adalah
1) pendekatan penelitian untuk generalisasi
2) salah satu bentuk studi kelompok kecil
3) pendekatan yang berfokus pada kajian perubahan fenomena dari waktu
ke waktu
57. Penelitian dengan pendekatan survey biasanya bertujuan untuk
1) menerangkan sebab-akibat
2) memaparkan perilaku/keadaan apa adanya
3) membuat generalisasi dari temuannya
58. Berdasarkan teknik analisis dan pelaporannya, penelitian antara
lain dapat dibedakan menjadi penelitian
1) eksploratoris
2) deskriptif
3) korelasional
59. Desain penelitian dapat dinyatakan dalam bentuk
1) formula
2) skema
3) diagram
60. X O
Perlakuan Pengukuran variabel tak
penelitian bebas
Dari gambaran desain di atas, hampir dapat
dipastikan bahwa penelitian tersebut merupakan penelitian
1) korelasional
2) eksploratoris
3) eksperimental
Ada kunci jawaban nya kah ?
BalasHapusbutuh kunci jawabanya nih
BalasHapus