TUGAS MANDIRI
PENGANTAR
PENDIDIKAN
(MKDK4301)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 61, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Perilaku orang
yang meluhurkan Nama Tuhan sesuai dengan agama yang dianutnya, menunjukkan
bahwa pada hakikatnya ma-nusia itu merupakan makhluk yang
A. beriman
B. religius
C. bertaqwa
D. bijaksana
2. Perilaku yang
menunjukkan bahwa manusia sebagai homo homini sosius,
adalah
A. saling menyapa
B. masuk suatu organisasi
C. mengadakan pesta bersama-sama
D. membentuk peguyuban
kemasyarakatan
3. Hidup seseorang menjadi bermakna
bila orang itu ada dalam tatanan kemasyarakatan, karena menurut kodratnya
manusia harus
A. berhubungan dengan orang lain
B. bekerja sama dengan orang lain
C. hidup bermasyarakat
D. hidup bersama-sama dengan orang
lain
4. Manusia
disebut sebagai homo educandus karena pada hakikatnya manusia
A. membutuhkan pendidikan
B. harus dididik
C. harus mendidik
D. harus dan dapat dididik dan
mendidik
5. Keadaan anak
yang baru dilahirkan menurut pandangan Naturalisme, adalah
A. mempunyai masa depan yang telah
ditentukan
B. mempunyai pembawaan baik
C. membawa sifat-sifat orang tuanya
D. mempunyai bakat-bakat yang masih
terpendam
6. Pendidikan mempunyai peranan
untuk membekali perkembangan manusia supaya manusia menjadi layaknya manusia.
Pernyataan ini berangkat dari pandangan tentang sifat kemanusiaan yang
menyatakan bahwa manusia
A. hanya dapat menjadi manusia
karena pendidikan
B. makhluk yang lemah dan karenanya
harus dididik
C. dapat dididik
D. mempunyai kodrat untuk mendidik
7. Materi yang
harus diajarkan di sekolah seba-gai konsekuensi pengakuan manusia sebagai
makhluk budaya, adalah
A. seni lukis, tari, dan musik
B. kesenian-kesenian daerah
C. nilai-nilai budaya
D. kebudayaan nasional
8. Praktik
penerimaan mahasiswa baru berda-sarkan besarnya sumbangan finansial
berten-tangan dengan hak asasi
A. pribadi
B. sosial
C. ekonomi
D. politik
9. Aplikasi pasal
29 ayat (2) UUD 45 adalah dengan cara
A. agama yang diajarkan adalah agama
yang dianut oleh sebagian besar siswa
B. bila ada seorang siswa beragama
tertentu dan tidak tersedia guru agama untuk agama itu, siswa diwajibkan
mengikuti pelajaran agama yang ada
C. bila ada seorang siswa beragama
tertentu dan tidak tersedia guru agama untuk agama itu, siswa dibebaskan dari
kewa-jiban mengikuti pelajaran agama
D. sekolah wajib mengupayakan
pendidikan agama bagi tiap-tiap siswa sesuai denang agamanya, walaupun di
sekolah tidak tersedia guru agama yang diperlukan
10. Hasil pendidikan dalam peningkatan martabat
manusia secara materiil dapat berupa
A. pemilikan pekerjaan sesuai dengan kemampuan
B. kemahiran menempatkan diri dalam pergaulan
C. pemilikan keduduakan dalam kelompok
D. perolehan penghargaan dari masyarakat
11. Peran pokok pendidikan nasional dalam
menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan bangsa, adalah
A. membentuk warga negara yang dewasa
B. mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi
C. menyediakan sumber daya manusia pembangunan
D. melestarikan kebudayaan nasional
12. Pendidikan nasional dilaksanakan secara menyeluruh, artinya
A. terbuka bagi seluruh warga negara
B. mencakup semua jalur, jenjang, dan jenis
pendidikan
C. pendidikan nasional terkait dengan selu-ruh
aspek pembangunan
D. seluruh generasi muda 7-15 tahun perlu
menempuh pendidikan dasar
13. Contoh orang yang beretos kerja antara lain
A. orang bekerja secara profesional
B. orang bekerja secara produktif
C. orang yang bersemangat sukses dalam bekerja
D. orang yang bekerja secara jujur
14. Dilihat dari dimensi intelektualnya, ciri
orang Indonesia adalah
A. mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga
negara
B. mampu mengembangkan diri secara terus-menerus
C. cerdas dalam berpikir
D. mampu memecahkan masalah yang dihadapi
15. Menurut Socrates, filsafat adalah
A. sistem nilai yang dianut seseorang atau
masyarakat
B. ilmu pengetahuan tentang kebenaran
C. cara berpikir yang rasional, menyeluruh, dan
mendasar
D. studi tentang hakikat dan realitas ilmu
pengetahuan, sistem nilai, kebaikan, keindahan, dan pikiran
16. Dalam merencanakan, melaksanakan dan membina
pendidikan perlu diperhatikan asas sosiologis, maksudnya
A. pendidikan harus membina anak menjadi manusia
sosial
B. pendidikan harus membawa lingkungan ke dalam
kelas
C. siswa harus dilatih untuk hidup
berma-syarakat
D. pendidikan membina siswa untuk mampu
berinteraksi dengan lingkungan fisik dan sosialnya
17. Hasil kegiatan yang berupa kegiatan, antara
lain
A. kemampuan menciptakan teknologi
B. kemampuan menciptakan barang-barang seni
(lukisan, patung)
C. perilaku menghargai pendapat orang lain dalam
rapat
D. kemahiran menulis buku
18. Kurikulum yang mengakomodasikan perkem-bangan
sosiologis adalah kurikulum yang dirancang untuk mempersiapkan
A. ilmuwan
B. orang yang berbudi pe-kerti luhur
C. orang yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan
D. orang yang dapat mem-buka lapangan kerja
untuk mengurangi pengangguran
19. Implikasi perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi dalam pendidikan, dapat dilakukan dengan
A. melatih siswa berpikir ilmiah
B. melatih siswa menjadi teknisi
C. memasukkan ilmu pengetahuan dan teknologi
dalam kurikulum
D. memanfaatkan media elektronik dalam
pembelajaran
20. Sekolah mengembangkan penalaran siswa melalui
A. pemberian ilmu pengetahuan dan tek-nologi
B. pengembangan keterampilan berbahasa
C. pembinaan perilaku yang etis
D. latihan pemecahan masalah
21. Kegiatan yang menunjukkan adanya layanan
bimbingan adalah
A. pemberian ilmu pengetahuan melalui proses
interaksi pembelajaran
B. pelatihan kemahiran motorik tertentu
C. pemberian motivasi berperilaku yang baik
D. pemberian bantuan supaya siswa mampu memecahkan
masalahnya sendiri
22. Hasil belajar yang termasuk pengembangan
strategi kognitif, adalah
A. lulusan masih hafal peristiwa dan tokoh-tokoh
sejarah
B. lulusan dapat membaca puisi dengan baik
C. siswa dapat menyimpulkan hasil-hasil
percobaannya sendiri
D. seorang tukang dapat menghitung ba-nyaknya
bata untuk membuat sumur berkat mempelajari rumus volume silinder
23. Pendidikan yang berorientasi ke masa depan
dituntut mampu membantu siswa berkete-rampilan intelektual untuk
A. memanfaatkan fakta masa lalu
B. memahami persoalan masa kini
C. memecahkan masalah yang sedang dihadapi
D. memprediksi tanda-tanda zaman berda-sarkan
fenomena sosial yang muncul
24. Yang dimaksud dengan globalisasi adalah
A. pemerataan informasi ke seluruh negara
melalui teknologi informasi
B. kerjasama antar bangsa-bangsa di selu-ruh
dunia
C. tatanan politik yang mempersatukan ber-bagai
bangsa di seluruh dunia
D. pranata baru antar bangsa yang berpijak pada
semangat kebersamaan guna kehi-dupan masyarakat yang lebih baik
25. Salah satu konsekuensi logis dari globalisasi
dalam bidang pendidikan untuk penyiapan angkatan kerja adalah
A. pengangguran yang besar tenaga terpe-lajar di
negara berkembang
B. pengiriman tenaga kerja berpendidikan tinggi
ke negara berkembang
C. pengiriman tugas belajar ke negara maju
D. adanya tuntutan tenaga kerja yang terampil
dan berpendidikan
26. Ciri demokratisasi pendidikan adalah
A. orang tua diajak mengambil keputusan mengenai
pendidikan anaknya di sekolah
B. siswa diberi kebebasan untuk menen-tukan
spesialisasinya sendiri
C. lingkungan diikutsertakan dalam menen-tukan
corak pendidikan di sekolah
D. pemerataan kesempatan untuk mempe-roleh
pendidikan seluas-luasnya
27. Pendidikan senantiasa mengakomodasi
peru-bahan-perubahan yang terjadi di masyarakat. Oleh karena itu, proses pendidikan harus bersifat
A. dinamis
B. sistematis
C. sistemik
D. berkelanjutan
28. Seorang guru menjelaskan materi pelajaran
secara panjang lebar sesuai dengan buku pegangan siswa. Pendekatan mengajar
yang digunakan guru tersebut adalah pengajaran yang berpusat pada
A. siswa
B. guru
C. mata pelajaran
D. kurikulum
29. Tujuan akhir proses pendidikan adalah
A. penguasaan pengetahuan sesuai dengan kurikulum
B. penguasaan keterampilan untuk dapat bekerja
C. perilaku susila dalam pergaulan
D. kedewasaan
30. Untuk mewujudkan kedamaian dalam hidup
bersama, pada suatu malam kesenian inter-nasional, berbagai negara yang hadir
menampilkan kesenian dari negara masing-masing. Tiap penampilan disambut dengan
tepuk tangan meriah dan komentar pembawa acara yang membanggakan. Mereka
meng-hargai kekhasan negara masing-masing.
Dilihat dari teori Tri-Kon Ki
Hajar Dewantara, prinsip yang melandasi penyelenggaraan festival kesenian
internasional tersebut ada-lah prinsip
A. kontinuitas
B. konvergensi
C. konsentrisitas
D. koneksitas
31. Aspek kependidikan yang harus ditanamkan dan
dikembangkan dalam keluarga adalah
A. kemahiran berbahasa ibu dan pengha-yatan
nilai moral
B. kemahiran berhitung dan penghayatan iman
C. kemampuan hidup bersama dan keteram-pilan
bekerja
D. penguasaan dasar-dasar iptek dan
pe-ngembangan pengetahuan
32. Di sebuah desa nelayan yang terisolir
didirikan sebuah SLTP yang dirancang de-ngan baik. Guru dan siswanya dengan
sengaja dilibatkan dalam berbagai kegiatan di masyarakat. Selang beberapa tahun
banyak keluarga yang meniru tata jalan dan tata halaman sekolah. Sementara itu,
kegiatan pemberantasan buta aksara juga berkembang serta kehidupan masyarakat
makin baik. Penghasilan penduduk meningkat karena mereka makin pandai menangkap
dan memasarkan ikan berkat bimbingan para guru. Peran sekolah dalam kasus di
atas adalah sebagai
A. pelestari masyarakat
B. pelestari lingkungan hidup
C. pentransformasi kebudayaan
D. agen pembangunan
33. Pendidikan secara mikro dapat diartikan
sebagai proses
A. interaksi dan komunikasi antara pendidik dan
peserta didik
B. pengolahan input menjadi output
C. transmisi ilmu pengetahuan dan teknologi
D. bimbingan perilaku siswa
34. Dalam pelaksanaan desentralisasi pendi-dikan,
kepentingan pembangunan daerah harus mendapat perhatian serius. Dalam sistem
pendidikan, tuntutan daerah tersebut termasuk dalam komponen
A. keluaran
B. proses
C. masukan
D. manajemen
35. Kegiatan yang menunjukkan proses
pembe-lajaran adalah
A. guru dan siswa mengadakan tanya jawab untuk
menyimpulkan materi pelajaran
B. guru dan siswa menyediakan alat dan ba-han
percobaan, kemudian secara berke-lompok siswa mengadakan percobaan dan
menyimpulkan hasilnya; sementara guru berfungsi sebagai fasilitator
C. guru memberikan pekerjaan rumah, dan
memberikan masukan kepada siswa
D. guru memberikan soal-soal untuk diker-jakan
dalam kelompok
36. Secara psikologis, proses pembelajaran di SD
(terutama di kelas rendah) menuntut peman-faatan alat peraga sebab
A. alat peraga menarik perhatian siswa
B. belajar dimulai dari mengenal benda-benda
konkrit di lingkungan anak
C. perkembangan kognitif anak baru ada pada
taraf operasional konkrit
D. alat peraga memperjelas konsep yang diajarkan
37. Tujuan sistem pembelajaran adalah
A. proses pembelajaran berjalan lancar
B. guru mengajar dengan panduan yang pasti
C. siswa mengetahui alternatif-alternatif
ke-giatan yang akan dilakukan
D. siswa dapat belajar secara maksimal
38. Ciri pendidikan Ma’arif sebelum kemerdekaan
antara lain
A. berpusat di pesantren
B. menerapkan penjenjangan formal
C. hanya mengajarkan agama
D. disubsidi oleh pemerintah
39. Pada awal kemerdekaan pendidikan ditekan-kan
pada pembentukan jiwa patriotik dengan tujuan
A. reaksi terhadap pendidikan yang mene-kankan
pengembangan intelek dan mengabaikan pembentukan watak
B. reaksi atas sistem persekolahan yang
menekankan aktivitas
C. reaksi terhadap pendidikan yang hanya
menekankan agama
D. pendidikan sebagai strategi memperta-hankan
kemerdekaan
40. Pada tahun 1945-1969 disebut “era
pertum-buhan PTN” sebab
A. jumlah lulusan SLTA yang masuk pergu-ruan
tinggi melonjak
B. jumlah lulusan perguruan tinggi besar
C. perguruan tinggi menghasilkan kaum
intelektual yang patriotik
D. periode berdirinya 42 perguruan tinggi negeri
41. Tantangan yang dihadapi perguruan tinggi
dalam mempersiapkan tenaga pembangunan pada akhir Pelita V antara lain
A. rendahnya motivasi belajar mahasiswa
B. jumlah mahasiswa bidang teknik dan MIPA lebih
sedikit daripada jumlah mahasiswa bidang sosial dan pendidikan
C. banyaknya mahasiswa yang drop out
D. banyaknya lulusan SLTA yang tidak ter-tampung
42. Prioritas pengembangan Pendidikan Luar
Sekolah (PLS) pada Pelita V adalah
A. pemberian keterampilan kerja pada generasi
muda
B. peningkatan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
(PKK)
C. pengembangan kesenian melalui
sang-gar-sanggar budaya
D. pemberantasan buta huruf melalui Kejar Paket
A
43. Tujuan utama dilancarkannya wajib belajar 9
tahun pada tanggal 2 Mei 1994 adalah
A. menghasilkan tenaga pembangunan yang lebih
merata
B. mengurangi jumlah lulusan SD yang tidak bisa
melanjutkan ke SLTP
C. menumbuhkan budaya belajar bagi gene-rasi
muda
D. meningkatkan pemerataan memperoleh pendidikan
bagi generasi muda 7-15 tahun
44. Pengaruh gerakan reformasi terhadap
penyu-sunan kurikulum antara lain
A. materi pelajaran yang tumpang tindih di
antara beberapa mata pelajaran ditata kembali
B. tersusunnya Kurikulum 1994 yang
disem-purnakan
C. pelaksanaan kurikulum yang lebih fleksi-bel
sesuai dengan kondisi sekolah
D. kurikulum muatan lokal lebih diperhatikan
sesuai dengan pelaksanaan otonomi da-erah
45. Tujuan pendirian SMU Kecil di daerah
terpencil dan sulit terjangkau adalah
A. sebagai persiapan program wajib belajar 12
tahun
B. merupakan awal wajib belajar 12 tahun
C. untuk menampung meledaknya lulusan SLTP
D. dapat melanjutkan sekolah di daerahnya sendiri
46. Pembentukan Badan Akreditasi Nasional
Perguruan Tinggi (BANPT) bertujuan
A. membendung pertumbuhan perguruan tinggi yang
kurang bermutu
B. menetapkan status akreditasi program studi
C. menetapkan status akreditasi perguruan tinggi
D. memberikan rekomendasi penutupan atau
pengembangan perguruan tinggi
47. Untuk menuntaskan wajib belajar 9 tahun telah
ditempuh berbagai upaya, antara lain
A. pemberian subsidi pada SLTA swasta
B. pendirian unit-unit gedung SLTP baru di
kecamatan-kecamatan
C. penambahan pengangkatan guru SLTP
D. pengembangan SLTP Terbuka
48. Menurut progresivisme, melalui pengalaman dan
pergulatannya dengan lingkungan, sese-orang akan mendapatkan
A. alam semesta
B. realita
C. dinamika hidup
D. pengetahuan
49. Progresivisme mengatakan bahwa “belajar
adalah hidup itu sendiri”, maksudnya
A. untuk hidup orang harus belajar
B. belajar merupakan bagian integral dari
kehidupan seseorang
C. orang memperoleh pengalaman melalui rangkaian
situasi interaksi dengan orang dan objek di kelilingnya
D. belajar itu mencari pengalaman
50. Menurut pragmatisme, dalam berpikir induktif
proses perolehan pengetahuan masuk dalam kawasan rasional pada waktu
A. menganalisis konsep
B. penyusunan atau pengorganisasian fakta-fakta
C. menarik kesimpulan
D. mempertimbangkan kebenaran fakta
51. Menurut esensialisme, pendidikan harus
mempunyai pegangan yang kuat, yaitu
A. nilai yang selalu mengikuti perkembangan
B. nilai yang telah teruji yang berasal dari
kebudayaan dan filsafat
C. kebenaran-kebenaran ilmiah hasil ekspe-rimen
D. kebenaran-kebenaran religius
52. Sekelompok turis mengamati candi Boro-budur.
Mereka mengamati keseluruhan ba-gian candi dengan seksama. Setelah selesai
mengamati candi, mereka berkumpul untuk membagikan pengalaman mereka tentang
keindahan candi Borobudur tersebut. Ter-nyata, kesan mereka terhadap keindahan
candi Borobudur sangat bervariasi.
Menurut teori realisme, penyebab
perbedaan kesan mereka terhadap keindahan candi Borobudur adalah
A. mereka tidak mempunyai konsep yang sama tentang
keindahan suatu candi
B. mereka datang dari berbagai latar belakang
akademik dan profesi
C. kualitas penghayatan nilai keindahan mereka
dipengaruhi oleh sikap mereka masing-masing terhadap keberadaan candi Borobudur
D. mereka mempunyai jiwa seni yang berbeda-beda
53. Pada permulaan anak belajar memahami akunya
sendiri, baru kemudian bergerak keluar untuk memahami dunia obyektif di
sekelilingnya. Proses belajar yang demikian ini dikemukakan oleh aliran
A. realisme
B. asosianisme
C. pragmatisme
D. idealisme
54. Materi kurikulum terintegrasi merunut kaum
idealis dalam komponen sivilisasi terdiri atas
A. tata surya serta kekuatan dan hukum alam
B. filsafat, kesenian, dan kebudayaan
C. etika dan estetika
D. ilmu pengetahuan dan teknologi
55. Pernyataan yang mengungkapkan pengertian
esensi, adalah
A. papan tulis berwarna hitam
B. anak suka cokelat
C. binatang makhluk instingtif
D. orang Sunda suka tari jaipongan
56. Nilai hidup tertinggi menurut perenialisme
adalah
A. kekuasaan
B. kenikmatan
C. kesatuan dengan Kencipta
D. kekayaan
57. Perilaku yang menunjukkan norma funda-mental
“cinta kebenaran” menurut J. Maritain adalah
A. mahasiswa belajar dengan tekun supaya ia
mendapatkan nilai lebih baik
B. mahasiswa mengerjakan ujian akhir semester (UAS)
dengan murni, sesuai dengan kemampuannya sendiri
C. dalam menempuh ujian beberapa maha-siswa
bekerja sama untuk memperoleh jawaban yang benar
D. untuk menemukan jawaban yang benar dalam
ujian, mahasiswa diam-diam mem-buka buku asal tidak ketahuan pengawas
58. Menurut perenialisme, yang perlu ditekankan
dalam belajar adalah
A. latihan disiplin mental
B. penguasaan pengetahuan
C. kemahiran intelektual
D. pembentukan watak
59. Seorang siswa mengatakan, “Bu guru, kucing ya
kucing; harimau ya harimau. Kucing tidak sama dengan harimau dan harimau tidak
sama dengan kucing.”
Menurut Aristoteles, prinsip
berpikir yang mendasari pernyataan-pernyataan tersebut adalah
A. eksekusi tertif
B. identitas
C. kontradidionis
D. rasios sufisientis
60. Dilihat dari ciri-ciri belajar menurut aliran
konstruksivisme, khususnya mengenai pe-ranan siswa, yang akan berhasil adalah
siswa
A. yang tekun membaca buku pegangan siswa
B. tekun mendengarkan penjelasan guru
C. menghayati pentingnya belajar aktif men-cari
sumber dan mendiskusikan materi dengan teman dan guru
D. rajin bertanya kepada guru
61. Dalam pelajaran IPA, masing-masing siswa
diminta untuk membawa tanaman berakar serabut. Di kelas, masing-masing siswa
diminta mengemukakan pengalamannya ber-kenaan dengan tanaman yang dibawanya.
Menurut konstruksivisme, yang
ingin dicapai dalam pembelajaran tersebut adalah agar siswa
A. merasa senang karena pendapatnya didengar
orang lain
B. aktif
C. terbimbing untuk menyimpulkan konsep “tanaman
berakar serabut” dari contoh-contoh khusus
D. mempunyai macam-macam pengalaman tentang
tanaman berakar serabut
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 62
SAMPAI 75, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2)
BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3)
BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3)
BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
62. Ciri-ciri yang menunjukkan bahwa manusia
lebih unggul daripada binatang adalah
1) mempunyai kemampuan berpikir
2) bisa menirukan suara binatang
3) menggunakan bahasa simbol untuk menyatakan
objek
63. Menurut tujuan pendidikan nasional, ciri-ciri
manusia Indonesia yang utuh adalah
1) beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan
2) hidup sejahtera dan bahagia
3) disiplin, beretos kerja, dan profesional
64. Perwujudan bahwa setiap warga negara berhak
mendapatkan pengajaran, sebagai-mana dijamin oleh UUD 1945 Pasal 31 Ayat (1)
antara lain
1) pemerintah menyelenggarakan pendi-dikan untuk
semua warga negara, tanpa memandang suku, agama, atau ketu-runan
2) pemerintah memberikan subsidi kepada sekolah
swasta
3) pemerintah mengurangi perhatian pada sekolah
luar biasa (SLB) karena dianggap kurang produktif
65. Ciri-ciri manusia Indonesia yang berkualitas
adalah
1) beretos kerja, profesional dan bertang-gung
jawab
2) beriman dan bertakwa kepada Tuhan
3) berbudi pekerti luhur dan berkepribadian
66. Filsafat pendidikan bermanfaat dalam
menen-tukan
1) ke mana anak didik akan dibawa
2) cara dan proses pendidikan
3) kesatuan upaya pencapaian tujuan
67. Upaya yang ditempuh untuk menyelaraskan
perkembangan ilmu pengetahuan dan tek-nologi dengan tuntutan pembangunan
nasi-onal dapat dilakukan dengan pembangunan iptek yang dapat
1) menopang kesejahteraan dan kehidupan bangsa
2) menopang produktivitas, efesiensi, dan
efektivitas penelitian
3) mengembangkan nilai luhur bangsa
68. Aspek-aspek tujuan pendidikan dalam GBHN 1993
yang merujuk pada perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara, adalah
1) pengembangan kecerdasan, kreativitas, dan
keterampilan
2) pengembangan semangat kebangsaan dan
kesetiakawanan sosial
3) pengembangan sikap dan menghargai jasa
pahlawan
69. Ada berbagai arah yang menandai perubahan
masa depan dalam milenium ketiga (abad XXI), antara lain perubahan dari
1) masyarakat industri ke masyarakat infor-masi
2) ekonomi dunia ke ekonomi nasional
3) perencanaan jangka pendek ke jangka panjang
70. Berbagai aspek yang harus dievaluasi dalam
pendidikan meliputi
1) prestasi belajar siswa
2) keefektifan penampilan mengajar guru
3) bahan ajar dalam program untuk men-capai
tujuan pendidikan
71. Sistem pendidikan Hindu-Budha ditandai
de-ngan ciri-ciri
1) dilaksanakan di biara-biara atau pade-pokan
2) bermuatan agama, walaupun juga diajar-kan
ilmu pengetahuan yang lain
3) dikendalikan oleh pemerintah kerajaan
72. Ciri pendidikan Katolik sebelum kemerdekaan
adalah
1) dilaksanakan di seminari-seminari
2) diajarkan agama, membaca, menulis, dan
berhitung
3) dikendalikan oleh rohaniwan
73. Sistem pendidikan pada zaman kolonial Belanda
ditandai oleh ciri
1) kental dengan muatan agama Kristen Protestan
2) diabdikan untuk kepentingan pemerintah
Belanda
3) ada diskriminasi pendidikan, antara lain
pendidikan anak Belanda dan anak pri-bumi
74. Ciri-ciri pendidikan Muhammadiyah adalah
1) mencerdaskan bangsa dan syiar Islam
2) muatan pelajaran agama dan umum seimbang
3) misi dan sifatnya nasional dan politis
75. Permasalah di SD selama PJP I antara lain
1) melonjaknya jumlah peserta didik
2) tingginya angka putus sekolah dan tinggal
kelas
3) mutu belum tinggi dan beragam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar