TUGAS MANDIRI
PSIKOLOGI BELAJAR
(MKDK2103)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 60, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Sifat khas anak pada masa pueral adalah ....
A. berkuasan dan ekstravers
B. berkuasa dan intravers
C. melindungi dan ekstravers
D. melindungi dan intravers
2. Berpikir intelektual menurut Gagne berpikir
dengan ....
A. mencari dan menggunakan pemahaman melalui
penguasaan ingatan
B. menggunakan pemahaman melalui penguasaan akal
sehat dan emosional
C. mencari dan menggunakan pemahaman melalui penguasaan
fakta dan relasi antar fakta
D. mencari dan menggunakan pemahaman melalui penguasaan
konsep dan relasi antar konsep
3. Fase yang di alami oleh siswa dalam mengolah
bahan pelajaran disebut fase ....
A. fiksasi
B. retensi
C. evokasi
D. translasi
4. Pengetahuan seorang anak yang dapat
diungkapkan dalam bentuk bahasa merupakan faktor ....
A. intelektual
B. kognitif
C. verbal
D. motorik
5. Keterampilan motorik anak masa prasekolah dan
masa kanak-kanak akan meningkat secara efektif melalui ....
A. pemberian motivasi
B. latihan yang terarah
C. percobaan-percobaan
D. latihan individual
6. Memuncaknya emosi anak pada masa sekolah
ditandai dengan munculnya “tempat tantramus”yang berarti ....
A. rasa sedih yang kuat dan cemburu yang tidak
beralasan
B. rasa marah yang kuat dan cemburu yang tidak
beralasan
C. rasa suka yang kuat dan cemburu yang tidak
beralasan
D. rasa takut yang kuat dan cemburu yang tidak
beralasan
7. Tahap operasi konkret pada umumnya
berlangsung pada usia ...
A. 0 bulan – 2 tahun
B. 2 bulan – 7 tahun
C. 7 bulan – 12 tahun
D. 12 tahun - remaja
8. Aktivitas kognitif pada fase sensorimotor
didasarkan atas pengalaman langsung melalui ....
A. orang tua
B. teman
C. lingkungan
D. pancaindera
9. Tugas utama yang harus dikuasai oleh anak
dalam perkembangan bahasanya adalah ....
A. pemahaman, perbendaharaan kata, membuat kalimat,
dan ucapan
B. perbendaharaan kata, adopsi kata, membuat
kalimat, dan ucapan
C. pengertian konsep, adaptasi kata, membuat
kalimat, dan ucapan
D. pengumpulan kosakata, menyimak kata, membuat
kalimat, dan ucapan
10. Perubahan pola-pola baru dalam tingkah laku
anak diakibatkan oleh adanya perubahan dalam fungsi kelenjar ....
A. estrogen
B. endokrin
C. progesteron
D. getah
bening
11. Perkembangan
emosional anak dipengaruhi oleh faktor ....
A. lingkungan
dan orang tua
B. lingkungan
dan belajar
C. kematangan
dan belajar
D. kematangan
dan orang tua
12. Penjelasan
yang paling tepat mengenai pengertian belajar adalah sebagai berikut ....
A. Proses
yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku melalui proses
berpikir yang sistematis dan cermat
B. Proses
yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku baru
berdasarkan pengalaman dan interaksi
C. Proses
yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku baru
berdasarkan kemampuan berpikir logis dan cermat
D. Proses
yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku melalui proses
berpikir hipotesis yang akurat
13. Kecakapan
seorang anak yang telah memiliki kemampuan belajar akan berdampak pada
perubahan tingkah laku yang lebih luas, misalnya setelah mempelajari makna
berbagai kata, dia mampu membuat kalimat lebih baik. Hal ini sesuai dengan
prinsip belajar dengan perubahan yang bersifat ....
A. kontinu
B. fungsional
C. positif
D. aktif
14. Proses
perubahan tingkah laku yang diperoleh dari belajar melalui penyimpanan dan
pengeluaran informasi dalam kesadaran disebut ....
A. pertumbuhan
B. menghafal
C. latihan
D. berpikir
15. Dalam
rangkaian aktivitas proses belajar, kesiapan individu yang sangat diperlukan
dalam mempelajari matematika adalah kematangan ....
A. sosial
B. afektif
C. fisik
D. kognitif
16. Kemampuan
untuk mengenal kesamaan-kesamaan objek sehingga mampu membuat kesimpulan
disebut ....
A. generalisasi
B. diskriminasi
C. pembentukan
D. penghapusan
17. Proses
anak mengetahui bahwa kebiasaan menggigit jari tidak baik dan kemudian tidak
melakukannya lagi merupakan pola dasar belajar yang disebut ....
A. generalisasi
B. diskriminasi
C. pembentukan
D. penghapusan
18. Anak
mulai dapat berpikir konkret operasional terjadi pada usia ....
A. 1
– 3 tahun
B. 4
- 7 tahun
C. 7
– 11 tahun
D. 12
- 15 tahun
19. Gestalt
adalah proses pengenalan ....
A. bagian-bagian
B. keseluruhan
C. abstrak
D. konkret
20. Kemampuan
belajar anak dari hal-hal sederhana ke hal-hal yang kompleks dipengaruhi oleh
proses perkembangan ....
A. kognitif
B. motorik
C. emosi
D. afektif
21. Proses
transisi anak dari lingkungan keluarga ke dalam lingkungan sekolah akan sangat
berpengaruh terhadap karakteristik pembelajaran, terutama berkenaan dengan ....
A. guru,
teman sebaya, dan suasana pembelajaran
B. jenis
latihan, partisipasi, dan suasana pembelajaran
C. jenis
permainan, kawan bermain, dan suasana pembelajaran
D. cara,
materi, dan suasana pembelajaran
22. Bermain
bagi anak usia SD sangat penting karena dengan bermain anak dapat belajar
tentang ....
A. aturan,
komunikasi, dan mengembangkan kreativitas
B. aturan,
pergaulan, dan mengembangkan kreativitas
C. aturan,
permainan, dan mengembangkan kreativitas
D. aturan,
interaksi, dan mengembangkan kreativitas
23. Pengertian
yang paling tepat mengenai kelompok sebaya adalah kelompok anak yang ....
A. memiliki
hobby yang relatif sama
B. berada
dalam satu kelas
C. memiliki
usia yang relatif sama
D. berada
dalam satu sekolah
24. Keterampilan
dasar yang menyangkut penguasaan alat berpikir primer meliputi ....
A. konstruktif,
berhitung, rasional, menulis
B. berkomunikasi,
rasional, membaca, menulis
C. kontruksif,
rasional, berpikir abstrak, menulis
D. berkomunikasi,
berhitung, membaca, menulis
25. Perubahan
perilaku anak yang terjadi karena signal sebagai suatu rangsangan yang kemudian
menimbulkan reponse dikenal sebagai jenis pembelajaran ....
A. stimulus-response
B. asosiasi
verbal
C. isyarat
D. berantai
26. Dalam
proses pembelajaran yang efektif seluruh aktivitas diarahkan untuk membantu perkembangan
siswa. Hal ini sesuai dengan salah satu ciri pembelajaran yaitu ....
A. berpusat
pada anak
B. demokratis
C. lingkungan
yang kondusif
D. sumber
belajar yang menunjang
27.
Upaya guru untuk mendorong siswa melakukan kegiatan belajar antara lain dengan ....
A. menyampaikan
tujuan pembelajaran
B. membangkitkan
motivasi
C. mengarahkan
perhatian
D. memperoleh
balikan
28. Proses
belajar diartikan sebagai perubahan yang terjadi terus menerus dalam individu
sebagai hasil pengalaman. Pengertian ini dikemukakan oleh ....
A. Brunner
B. Goodnow
C. Fontana
D. Skinner
29. Proses
belajar melibatkan tiga tahapan yaitu adanya stimulus yang kemudian memunculkan
perilaku dan diikuti dengan reinforcement.
Hal ini dikemukakan oleh ....
A. Brunner
B. Goodnow
C. Fontana
D. Skinner
30. Menurut
Brunner, proses transformasi informasi yang sangat operasional dan berlangsung
dalam bentuk tindakan yang dapat diamati disebut ....
A. enactive
B. iconic
C. symbolic
D. proactive
31.
Faktor dalam diri individu yang mempengaruhi kemampuan untuk belajar antara
lain faktor afektif yang dapat tercetus dalam wujud ....
A. kegembiraan
B. kesedihan
C. rasa
takut gagal
D. daya
ingat kuat
32. Keterampilan
intelektual anak yang dapat membedakan dua buah gambar yang berbentuk segitiga
dan lingkaran, menurut Gagne disebut keterampilan ....
A. rangkaian
motorik
B. aturan/hukum
C. diskriminasi
D. pemecahan
masalah
33. Keterampilan
intelektual yang terorganisasi secara internal dan mengatur perilaku khusus
menurut Gagne dan Briggs merupakan proses belajar ....
A. informasi
B. strategi
berpikir
C. motorik
D. sikap
34. Membaca
kamus atau ensiklopedia merupakan salah satu cara untuk mempelajari jenis ....
A. informasi
umum
B. fakta
C. istilah
D. tubuh
pengetahuan
35. Pengertian
skenario proses belajar yang paling tepat adalah ....
A. penampilan
atau kinerja yang diperoleh atau akan diperoleh dan disusun sebagai panduan
atau acuan belajar
B. panduan
atau acuan yang berisi kemampuan yang disusun berdasarkan daya ingat dan
diintegrasikan dalam kemampuan baru
C. kerangka
kegiatan yang digunakan sebagai panduan atau acuan dalam mengelola aktivitas
belajar
D. panduan
atau acuan yang berisi objek visual, simbol, gambar atau komunikasi verbal
36. Dalam
rancangan skenario belajar guru harus memperhatikan tiga komponen yaitu ....
A. kemampuan
individu, komunikasi, kondisi internal
B. penampilan,
komunikasi, kondisi eksternal
C. kinerja,
kemampuan individu, komunikasi
D. penampilan,
kondisi internal, kondisi eksternal
37. Proses
belajar yang menitikberatkan pada penguasaan penuh dikenal dengan istilah
belajar ....
A. bermakna
B. global
C. tuntas
D. gestalt
38. Faktor
ketekunan dalam belajar tuntas sangat dipengaruhi oleh ....
A. kesediaan
dan kemampuan memilih metode belajar untuk mempelajari suatu materi pelajaran
B. kesediaan
dan kemampuan menyediakan waktu untuk mempelajari suatu materi pelajaran
C. kesediaan
untuk membuat jadwal kegiatan dalam mempelajari suatu materi pelajaran
D. kesediaan
dan kemampuan dalam mempelajari dan mengerjakan tugas-tugas
39. Dalam
merancang skenario dan proses belajar tuntas, tujuan pengajaran harus spesifik
sehingga dapat digunakan sebagai panduan dalam ....
A. pemberian
bantuan program remedial
B. pemberian
dan penggunaan umpan balik
C. pemilihan
bahan dan aktivitas belajar yang relevan
D. menggunakan
penilaian acuan norma
40. Peranan
guru dalam mewujudkan kebermaknaan belajar bagi anak didik adalah ....
A. mengaitkan
dan menyesuaikan metode penyampaian dengan bahan yang akan diajarkan
B. mengurutkan
bahan yang akan diajarkan mulai dari konsep sederhana ke konsep yang paling
sulit
C. mengurutkan
bahan yang akan diajarkan mulai dari konsep yang nyata sampai kepada konsep
yang abstrak
D. mengaitkan
dan menyesuaikan apa yang telah diketahui anak dengan bahan yang akan diajarkan
41. Entry
behaviour anak sebelum memasuki sekolah dasar banyak diperoleh dari ....
A. ayah,
ibu, saudara
B. lingkungan
tetangga
C. lingkungan
keluarga dan masyarakat
D. taman
kanak-kanak
42. Menurut
Bloom kebermaknaan belajar dapat dilihat dari tiga aspek yaitu ....
A. kognitif
C. kognitif,
scolastik, psikomotor
D. verbal,
scolastik, g, afektif, psikomotor
B. verbal,
intelek, gerak erak
43. Upaya
seorang guru dalam melestarikan kebermaknaan belajar dapat dilakukan melalui beberapa
cara beriut, kecuali ....
A. melakukan
pengkajian pengalaman lampau anak melalui tes
B. memanfaatkan
pengetahuan guru tentang anak dalam merancang kegiatan belajar
C. mengaitkan
materi dan proses belajar dengan hal-hal yang pernah dan akan dialami anak
D. merancang
kegiatan belajar sesuai dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki guru
44. Menurut
Gagne, seorang guru mempunyai tugas sebagai ....
A. desainer,
transformer, dan evaluator
B. desainer,
manajer, dan evaluator
C. desainer,
manajer, dan motivator
D. desainer,
transformer, dan motivator
45. Pada
umumnya dalam setiap model mengajar dibahas mengenai ....
A. tujuan,
materi, metode mengajar dan media
B. tujuan,
strategi mengajar, materi, media, dan metode mengajar
C. strategi
mengajar, tujuan, asumsi teoritik, prinsip, dan konsep
D. strategi
mengajar, tujuan, materi, dan metode mengajar
46. Dampak
langsung dari suatu model mengajar disebut sebagai efek ....
A. asimilasi
B. instruksional
C. nurturan
D. ekualibrasi
47. Pengertian
yang paling tepat dari syntax adalah ....
A. prosedur
dasar atau langkah-langkah penggunaan suatu model
B. penampilan
suatu model dalam bentuk fase-fase
C. karakteristik
model dalam urutan aktivitasnya
D. penggunaan
beberapa model yang telah diadaptasi
48. Ciri
utama rumpun model pemrosesan informasi adalah ....
A. mempermudah
siswa dalam memperoleh informasi
B. memfokuskan
kesadaran siswa terhadap informasi yang diperlukan
C. mempertinggi
siswa terhadap dunia luar
D. mengorganisasikan
siswa dalam memperoleh informasi
49. Menurut
Fenton, pendekatan inkuiri adalah ....
A. pendekatan
problem solving dalam belajar
B. pola
beraksi dalam bentuk bertanya terarah untuk menguji suatu nilai
C. proses
yang memungkinkan siswa memiliki
pengalaman individu dengan lingkungannya
D. proses
yang memungkinkan siswa menafsirkan masa lampau dan menemukan masalah personal
50. Pelaksanaan
model advance organizer dilakukan dalam tiga fase dengan urutan yang tepat
yaitu ....
A. presentasi,
eksplorasi, memperkuat struktur kognitif
B. eksplorasi,
presentasi, memperkuat struktur kognitif
C. eksplorasi,
memperkuat struktur kognitif, presentasi
D. presentasi,
memperkuat struktur kognitif, eksplorasi
51. Perilaku
preverbal dan belum digunakannya tanda atau simbol merupakan tahap berpikir
anak pada tahap ....
A. sensori
motor
B. prakonseptual
C. intuitif
D. konkret
operasional
52. Strategi
mengajar yang menggunakan bentuk berpikir dengan mengingat dapat diterapkan
guru dengan memberikan materi yang bersifat ....
A. mengingat
kembali hal-hal khusus misalnya definisi
B. menirukan
keterampilan
C. menghubungkan
peristiwa khusus dengan prinsip umum
D. memperluas
pengetahuan ketika menghadapi konteks baru
53. Menurut
ASCD, cara yang paling tepat mengajar pendidikan berpikir yang bertujuan
membantu siswa memperoleh fakta, ide dan ketrampilan adalah menggunakan
strategi ....
A. generatif
B. mediatif
C. collaboratif
D. directif
54. Menurut
Piaget, dalam mengajar guru dapat menghadapkan siswa pada situasi yang menantang, penuh teka-teki dan
kadang kala tidak logis. Tahapan ini disebut ....
A. probing
B. konfrontasi
C. inkuiri
D. transfer
55. Menurut
Hull variable dependen dalam belajar adalah ....
A. aktivitas
B. proses
belajar
C. perubahan
perilaku
D. proses
berfikir
56. Konsep
belajar tuntas yang sangat bertentangan dengan teori kurva normal adalah dalam
anggapan bahwa ....
A. selalu
ada siswa yang berprestasi rendah
B. setiap
siswa normal dapat mencapai tingkat penguasaan yang memuaskan
C. selalu
ada siswa yang berprestasi tinggi
D. selalu
ada siswa yang berprestasi rendah dan tinggi
57. Menurut
Bloom faktor yang penting dalam belajar tuntas adalah sebagai berikut, kecuali
....
A. pemberiam
jadwal dalam pencapaian penguasaan
B. waktu
yang cukup untuk mencapai penguasaan
C. penyediaan
bantuan
D. pengajaran
sensitive dan sistematis
58. Model
mengajar tuntas berdasarkan student pace
dapat diartikan sebagai ....
A. guru
diberi jadwal dalam membimbing siswa untuk mencapai tingkat penguasaan
ketuntasan
B. siswa
diberikan jadwal dalam menggunakan waktu untuk mencapai tingkat penguasaan
ketuntasan
C. siswa
diberi kelonggaran dalam menggunakan waktu untuk mencapai tingkat penguasaan
ketuntasan
D. guru
diberi kelonggaran dalam membimbing siswa untuk mencapai tingkat penguasaan
ketuntasan
59. Belajar
tuntas yang diterapkan pada model Dasar Latihan Praktek terjadi pada fase ....
A. praktek
bebas
B. praktek
terbimbing
C. presentasi
D. orientasi
60. Efek
instruksional yang diperoleh siswa dalam penerapan model dasar latihan praktek
adalah ....
A. isi dan keterampilan akademik
B. terbentuknya
kepercayaan diri sendiri
C. tercapainya
isi dan keterampilan motorik
D. terbentuknya
idealisme dalam belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar