Kamis, 29 Mei 2014

Soal Psikologi Belajar



TUGAS MANDIRI
PSIKOLOGI BELAJAR
(MKDK2103)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 60,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Sifat khas anak pada masa pueral adalah ....
A.   berkuasan dan ekstravers
B.   berkuasa dan intravers
C.   melindungi dan ekstravers
D.   melindungi dan intravers

2.   Berpikir intelektual menurut Gagne berpikir dengan ....  
A.   mencari dan menggunakan pemahaman melalui penguasaan ingatan
B.   menggunakan pemahaman melalui penguasaan akal sehat dan emosional
C.   mencari dan menggunakan pemahaman melalui penguasaan fakta dan relasi antar fakta
D.   mencari dan menggunakan pemahaman melalui penguasaan konsep dan relasi antar konsep
     
3.   Fase yang di alami oleh siswa dalam mengolah bahan pelajaran disebut fase ....
A.   fiksasi
B.   retensi
C.   evokasi
D.   translasi

4.   Pengetahuan seorang anak yang dapat diungkapkan dalam bentuk bahasa merupakan faktor ....
A.   intelektual
B.   kognitif
C.   verbal
D.   motorik

5.   Keterampilan motorik anak masa prasekolah dan masa kanak-kanak akan meningkat secara efektif melalui ....
A.   pemberian motivasi
B.   latihan yang terarah
C.   percobaan-percobaan
D.   latihan individual

6.   Memuncaknya emosi anak pada masa sekolah ditandai dengan munculnya “tempat tantramus”yang berarti ....
A.   rasa sedih yang kuat dan cemburu yang tidak beralasan
B.   rasa marah yang kuat dan cemburu yang tidak beralasan
C.   rasa suka yang kuat dan cemburu yang tidak beralasan
D.   rasa takut yang kuat dan cemburu yang tidak beralasan

7.   Tahap operasi konkret pada umumnya berlangsung pada usia ...
A.   0 bulan – 2 tahun
B.   2 bulan – 7 tahun
C.   7 bulan – 12 tahun
D.   12 tahun - remaja

8.   Aktivitas kognitif pada fase sensorimotor didasarkan atas pengalaman langsung melalui ....
A.   orang tua
B.   teman
C.   lingkungan
D.   pancaindera
     
9.   Tugas utama yang harus dikuasai oleh anak dalam perkembangan bahasanya adalah ....
A.   pemahaman, perbendaharaan kata, membuat kalimat, dan ucapan
B.   perbendaharaan kata, adopsi kata, membuat kalimat, dan ucapan
C.   pengertian konsep, adaptasi kata, membuat kalimat, dan ucapan
D.   pengumpulan kosakata, menyimak kata, membuat kalimat, dan ucapan

10.  Perubahan pola-pola baru dalam tingkah laku anak diakibatkan oleh adanya perubahan dalam fungsi kelenjar ....
A.   estrogen
B.   endokrin
C.   progesteron
D.   getah bening

11.   Perkembangan emosional anak dipengaruhi oleh faktor ....
A.   lingkungan dan orang tua
B.   lingkungan dan belajar
C.   kematangan dan belajar
D.   kematangan dan orang tua

12.   Penjelasan yang paling tepat mengenai pengertian belajar adalah sebagai berikut ....
A.   Proses yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku melalui proses berpikir yang sistematis dan cermat
B.   Proses yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku baru berdasarkan pengalaman dan interaksi
C.   Proses yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku baru berdasarkan kemampuan berpikir logis dan cermat
D.   Proses yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku melalui proses berpikir hipotesis yang akurat

13.   Kecakapan seorang anak yang telah memiliki kemampuan belajar akan berdampak pada perubahan tingkah laku yang lebih luas, misalnya setelah mempelajari makna berbagai kata, dia mampu membuat kalimat lebih baik. Hal ini sesuai dengan prinsip belajar dengan perubahan yang bersifat ....
A.   kontinu
B.   fungsional
C.   positif
D.   aktif

14.   Proses perubahan tingkah laku yang diperoleh dari belajar melalui penyimpanan dan pengeluaran informasi dalam kesadaran disebut ....
A.   pertumbuhan
B.   menghafal
C.   latihan
D.   berpikir

15.   Dalam rangkaian aktivitas proses belajar, kesiapan individu yang sangat diperlukan dalam mempelajari matematika adalah kematangan ....
A.   sosial
B.   afektif
C.   fisik
D.   kognitif

16.   Kemampuan untuk mengenal kesamaan-kesamaan objek sehingga mampu membuat kesimpulan disebut ....
A.   generalisasi
B.   diskriminasi
C.   pembentukan
D.   penghapusan

17.   Proses anak mengetahui bahwa kebiasaan menggigit jari tidak baik dan kemudian tidak melakukannya lagi merupakan pola dasar belajar yang disebut ....
A.   generalisasi
B.   diskriminasi
C.   pembentukan
D.   penghapusan 

18.   Anak mulai dapat berpikir konkret operasional terjadi pada usia ....
A.   1 – 3 tahun
B.   4 - 7 tahun
C.   7 – 11 tahun
D.   12 - 15 tahun

19.   Gestalt adalah proses pengenalan ....
A.   bagian-bagian
B.   keseluruhan
C.   abstrak
D.   konkret

20.   Kemampuan belajar anak dari hal-hal sederhana ke hal-hal yang kompleks dipengaruhi oleh proses perkembangan ....
A.   kognitif
B.   motorik
C.   emosi
D.   afektif

21.   Proses transisi anak dari lingkungan keluarga ke dalam lingkungan sekolah akan sangat berpengaruh terhadap karakteristik pembelajaran, terutama berkenaan dengan ....
A.   guru, teman sebaya, dan suasana pembelajaran
B.   jenis latihan, partisipasi, dan suasana pembelajaran
C.   jenis permainan, kawan bermain, dan suasana pembelajaran
D.   cara, materi, dan suasana pembelajaran

22.   Bermain bagi anak usia SD sangat penting karena dengan bermain anak dapat belajar tentang ....
A.   aturan, komunikasi, dan mengembangkan kreativitas
B.   aturan, pergaulan, dan mengembangkan kreativitas
C.   aturan, permainan, dan mengembangkan kreativitas
D.   aturan, interaksi, dan mengembangkan kreativitas

23.   Pengertian yang paling tepat mengenai kelompok sebaya adalah kelompok anak yang ....
A.   memiliki hobby yang relatif sama
B.   berada dalam satu kelas
C.   memiliki usia yang relatif sama
D.   berada dalam satu sekolah

24.   Keterampilan dasar yang menyangkut penguasaan alat berpikir primer meliputi ....
A.   konstruktif, berhitung, rasional, menulis
B.   berkomunikasi, rasional, membaca, menulis
C.   kontruksif, rasional, berpikir abstrak, menulis
D.   berkomunikasi, berhitung, membaca, menulis

25.   Perubahan perilaku anak yang terjadi karena signal sebagai suatu rangsangan yang kemudian menimbulkan reponse dikenal sebagai jenis pembelajaran ....
A.   stimulus-response
B.   asosiasi verbal
C.   isyarat
D.   berantai

26.   Dalam proses pembelajaran yang efektif seluruh aktivitas diarahkan untuk membantu perkembangan siswa. Hal ini sesuai dengan salah satu ciri pembelajaran yaitu ....
A.   berpusat pada anak
B.   demokratis
C.   lingkungan yang kondusif
D.   sumber belajar yang menunjang

27.   Upaya guru untuk mendorong siswa melakukan kegiatan belajar antara lain dengan ....
A.   menyampaikan tujuan pembelajaran
B.   membangkitkan motivasi
C.   mengarahkan perhatian
D.   memperoleh balikan

28.   Proses belajar diartikan sebagai perubahan yang terjadi terus menerus dalam individu sebagai hasil pengalaman. Pengertian ini dikemukakan oleh ....
A.   Brunner
B.   Goodnow
C.   Fontana
D.   Skinner

29.   Proses belajar melibatkan tiga tahapan yaitu adanya stimulus yang kemudian memunculkan perilaku dan diikuti dengan reinforcement. Hal ini dikemukakan oleh ....
A.   Brunner
B.   Goodnow
C.   Fontana
D.   Skinner

30.   Menurut Brunner, proses transformasi informasi yang sangat operasional dan berlangsung dalam bentuk tindakan yang dapat diamati disebut  ....
A.   enactive
B.   iconic
C.   symbolic
D.   proactive

31.   Faktor dalam diri individu yang mempengaruhi kemampuan untuk belajar antara lain faktor afektif yang dapat tercetus dalam wujud ....
A.   kegembiraan
B.   kesedihan
C.   rasa takut gagal
D.   daya ingat kuat

32.   Keterampilan intelektual anak yang dapat membedakan dua buah gambar yang berbentuk segitiga dan lingkaran, menurut Gagne disebut keterampilan ....
A.   rangkaian motorik
B.   aturan/hukum
C.   diskriminasi
D.   pemecahan masalah

33.   Keterampilan intelektual yang terorganisasi secara internal dan mengatur perilaku khusus menurut Gagne dan Briggs merupakan proses belajar ....
A.   informasi
B.   strategi berpikir
C.   motorik
D.   sikap

34.   Membaca kamus atau ensiklopedia merupakan salah satu cara untuk mempelajari jenis ....
A.   informasi umum
B.   fakta
C.   istilah
D.   tubuh pengetahuan

35.   Pengertian skenario proses belajar yang paling tepat adalah ....
A.   penampilan atau kinerja yang diperoleh atau akan diperoleh dan disusun sebagai panduan atau acuan belajar
B.   panduan atau acuan yang berisi kemampuan yang disusun berdasarkan daya ingat dan diintegrasikan dalam kemampuan baru
C.   kerangka kegiatan yang digunakan sebagai panduan atau acuan dalam mengelola aktivitas belajar
D.   panduan atau acuan yang berisi objek visual, simbol, gambar atau komunikasi verbal

36.   Dalam rancangan skenario belajar guru harus memperhatikan tiga komponen yaitu ....
A.   kemampuan individu, komunikasi, kondisi internal
B.   penampilan, komunikasi, kondisi eksternal
C.   kinerja, kemampuan individu, komunikasi
D.   penampilan, kondisi internal, kondisi eksternal

37.   Proses belajar yang menitikberatkan pada penguasaan penuh dikenal dengan istilah belajar ....
A.   bermakna
B.   global
C.   tuntas
D.   gestalt

38.   Faktor ketekunan dalam belajar tuntas sangat dipengaruhi oleh ....
A.   kesediaan dan kemampuan memilih metode belajar untuk mempelajari suatu materi pelajaran
B.   kesediaan dan kemampuan menyediakan waktu untuk mempelajari suatu materi pelajaran
C.   kesediaan untuk membuat jadwal kegiatan dalam mempelajari suatu materi pelajaran
D.   kesediaan dan kemampuan dalam mempelajari dan mengerjakan tugas-tugas

39.   Dalam merancang skenario dan proses belajar tuntas, tujuan pengajaran harus spesifik sehingga dapat digunakan sebagai panduan dalam ....
A.   pemberian bantuan program remedial
B.   pemberian dan penggunaan umpan balik
C.   pemilihan bahan dan aktivitas belajar yang relevan
D.   menggunakan penilaian acuan norma
40.   Peranan guru dalam mewujudkan kebermaknaan belajar bagi anak didik adalah ....
A.   mengaitkan dan menyesuaikan metode penyampaian dengan bahan yang akan diajarkan
B.   mengurutkan bahan yang akan diajarkan mulai dari konsep sederhana ke konsep yang paling sulit
C.   mengurutkan bahan yang akan diajarkan mulai dari konsep yang nyata sampai kepada konsep yang abstrak
D.   mengaitkan dan menyesuaikan apa yang telah diketahui anak dengan bahan yang akan diajarkan

41.   Entry behaviour anak sebelum memasuki sekolah dasar banyak diperoleh dari ....
A.   ayah, ibu, saudara
B.   lingkungan tetangga
C.   lingkungan keluarga dan masyarakat
D.   taman kanak-kanak

42.   Menurut Bloom kebermaknaan belajar dapat dilihat dari tiga aspek yaitu ....
A.   kognitif
C.   kognitif, scolastik, psikomotor
D.   verbal, scolastik, g, afektif, psikomotor
B.   verbal, intelek, gerak erak

43.   Upaya seorang guru dalam melestarikan kebermaknaan belajar dapat dilakukan melalui beberapa cara beriut, kecuali ....
A.   melakukan pengkajian pengalaman lampau anak melalui tes
B.   memanfaatkan pengetahuan guru tentang anak dalam merancang kegiatan belajar
C.   mengaitkan materi dan proses belajar dengan hal-hal yang pernah dan akan dialami anak
D.   merancang kegiatan belajar sesuai dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki guru

44.   Menurut Gagne, seorang guru mempunyai tugas sebagai ....
A.   desainer, transformer, dan evaluator
B.   desainer, manajer, dan evaluator
C.   desainer, manajer, dan motivator
D.   desainer, transformer, dan motivator

45.   Pada umumnya dalam setiap model mengajar dibahas mengenai ....
A.   tujuan, materi, metode mengajar dan media
B.   tujuan, strategi mengajar, materi, media, dan metode mengajar
C.   strategi mengajar, tujuan, asumsi teoritik, prinsip, dan konsep
D.   strategi mengajar, tujuan, materi, dan metode mengajar

46.   Dampak langsung dari suatu model mengajar disebut sebagai efek ....
A.   asimilasi
B.   instruksional
C.   nurturan
D.   ekualibrasi

47.   Pengertian yang paling tepat dari syntax adalah ....
A.   prosedur dasar atau langkah-langkah penggunaan suatu model
B.   penampilan suatu model dalam bentuk fase-fase
C.   karakteristik model dalam urutan aktivitasnya
D.   penggunaan beberapa model yang telah diadaptasi

48.   Ciri utama rumpun model pemrosesan informasi adalah ....
A.   mempermudah siswa dalam memperoleh informasi
B.   memfokuskan kesadaran siswa terhadap informasi yang diperlukan
C.   mempertinggi siswa terhadap dunia luar
D.   mengorganisasikan siswa dalam memperoleh informasi

49.   Menurut Fenton, pendekatan inkuiri adalah ....
A.   pendekatan problem solving dalam belajar
B.   pola beraksi dalam bentuk bertanya terarah untuk menguji suatu nilai
C.   proses yang  memungkinkan siswa memiliki pengalaman individu dengan lingkungannya
D.   proses yang memungkinkan siswa menafsirkan masa lampau dan menemukan masalah personal

50.   Pelaksanaan model advance organizer dilakukan dalam tiga fase dengan urutan yang tepat yaitu ....
A.   presentasi, eksplorasi, memperkuat struktur kognitif
B.   eksplorasi, presentasi, memperkuat struktur kognitif
C.   eksplorasi, memperkuat struktur kognitif, presentasi
D.   presentasi, memperkuat struktur kognitif, eksplorasi

51.   Perilaku preverbal dan belum digunakannya tanda atau simbol merupakan tahap berpikir anak pada tahap ....
A.   sensori motor
B.   prakonseptual
C.   intuitif
D.   konkret operasional

52.   Strategi mengajar yang menggunakan bentuk berpikir dengan mengingat dapat diterapkan guru dengan memberikan materi yang bersifat ....
A.   mengingat kembali hal-hal khusus misalnya definisi
B.   menirukan keterampilan
C.   menghubungkan peristiwa khusus dengan prinsip umum
D.   memperluas pengetahuan ketika menghadapi konteks baru

53.   Menurut ASCD, cara yang paling tepat mengajar pendidikan berpikir yang bertujuan membantu siswa memperoleh fakta, ide dan ketrampilan adalah menggunakan strategi ....
A.   generatif
B.   mediatif
C.   collaboratif
D.   directif

54.   Menurut Piaget, dalam mengajar guru dapat menghadapkan siswa pada  situasi yang menantang, penuh teka-teki dan kadang kala tidak logis. Tahapan ini disebut ....
A.   probing
B.   konfrontasi
C.   inkuiri
D.   transfer

55.   Menurut Hull variable dependen dalam belajar adalah ....
A.   aktivitas
B.   proses belajar
C.   perubahan perilaku
D.   proses berfikir

56.   Konsep belajar tuntas yang sangat bertentangan dengan teori kurva normal adalah dalam anggapan bahwa ....
A.   selalu ada siswa yang berprestasi rendah
B.   setiap siswa normal dapat mencapai tingkat penguasaan yang memuaskan
C.   selalu ada siswa yang berprestasi tinggi
D.   selalu ada siswa yang berprestasi rendah dan tinggi

57.   Menurut Bloom faktor yang penting dalam belajar tuntas adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   pemberiam jadwal dalam pencapaian penguasaan
B.   waktu yang cukup untuk mencapai penguasaan
C.   penyediaan bantuan
D.   pengajaran sensitive dan sistematis

58.   Model mengajar tuntas berdasarkan student pace dapat diartikan sebagai ....
A.   guru diberi jadwal dalam membimbing siswa untuk mencapai tingkat penguasaan ketuntasan
B.   siswa diberikan jadwal dalam menggunakan waktu untuk mencapai tingkat penguasaan ketuntasan
C.   siswa diberi kelonggaran dalam menggunakan waktu untuk mencapai tingkat penguasaan ketuntasan
D.   guru diberi kelonggaran dalam membimbing siswa untuk mencapai tingkat penguasaan ketuntasan

59.   Belajar tuntas yang diterapkan pada model Dasar Latihan Praktek terjadi pada fase ....
A.   praktek bebas
B.   praktek terbimbing
C.   presentasi
D.   orientasi

60.     Efek instruksional yang diperoleh siswa dalam penerapan model dasar latihan praktek adalah ....
A.   isi dan keterampilan akademik
B.   terbentuknya kepercayaan diri sendiri
C.   tercapainya isi dan keterampilan motorik
D.   terbentuknya idealisme dalam belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar