Kamis, 29 Mei 2014

Soal Bimbingan Dan Konseling



TUGAS MANDIRI
BIMBINGAN DAN KONSELING
(MKDK2102)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI  DENGAN 60 PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Faktor psikologi berikut menjadi pendorong diberlakukannya program bimbingan dan konseling disekolah yaitu ....
A.   perkembangan ilmu pengerahuan dan teknologi
B.   masalah perkembangan individu
C.   masalah penyesuaian diri siswa
D.   peranan guru

2.   Peranan Guru dalam kegiatan pembelajaran adalah sebagai .... 
A.   orang tua di sekolah
B.   teladan bagi peserta didik
C.   ahli psikologi pendidikan
D.   penegak disiplin
     
3.   Dari masalah berikut yang tidak termasuk masalah psikologi adalah ....
A.   perkembangan pendidikan
B.   masalah belajar
C.   kebutuhan individu
D.   kelainan tingkah laku

4.   Yang termasuk kebutuhan sosial siswa adalah ....
A.   memperoleh kasih sayang
B.   ingin diperhatikan
C.   ingin dihargai
D.   rasa aman dari perlindungan diri

5.   Yang merupakan bentuk kelainan tingkah laku adalah ....
A.   kesulitan belajar
B.   perbedaan individual
C.   masalah penyesuaian diri
D.   kebutuhan individual

6.   Dari pengertian bimbingan berikut yang paling tepat adalah proses ....
A.   memberi bimbingan pada individu yang masih sekolah
B.   bimbingan yang berkelanjutan, sistematis dan terencana sesuai tujuan


C.   bimbingan pada individu yang diberikan sewaktu-waktu
D.   bantuan kepada setiap individu yang membutuhkan bimbingan agar masalah-nya terpecahkan

7.   Tujuan program bimbingan yang tepat adalah ....
A.   membimbing dan membantu individu yang mempunyai masalah
B.   membantu individu agar dapat mengembangkan dirinya secara optimal menjadi pribadi yang mandiri
C.   agar setiap individu lebih mengenal dan memahami dirinya
D.   membantu individu-individu untuk dapat memecahkan masalah perbedaan tingkah laku

8.   Bimbingan dan konseling mempunyai hubungan yang sangat erat, perbedaannya terletak pada ....
A.   bentuk kegiatannya
B.   keahliannya
C.   tingkat kegiatannya
D.   jenis kegiatannya

9.   Bidang pendidikan yang menjadi tugas dan tanggung jawab utama seorang guru adalah ....
A.   bimbingan konseling
B.   administrasi dan kepemimpinan
C.   instruksional dan kurikulum
D.   pembinaan siswa

10.   Kegiatan bimbingan dan konseling tidak boleh bertentangan dengan norma yang berlaku, sesuai azas ....
A.   kesukarelaan
B.   keterbukaan
C.   kedinamikaan
D.   kenormatifan

11.   Prinsip khusus yang berhubungan dengan konseling adalah ....
A.   pelayanan bimbingan harus sesuai kebutuhan individu yang beragam
B.   pembimbingan harus menggunakan berbagai metode dan teknik yang tepat
C.   keputusan terakhir proses bimbingan ditentukan individu yang dibimbing
D.   bimbingan dimulai dengan mengidentifkasi kebutuhan individu

12.   Fungsi bimbingan dalam kegiatan pencegahan adalah ....
A.   membantu siswa agar terhindar dari berbagai masalah
B.   membantu siswa agar memperoleh prestasi yang gemilang
C.   menciptakan kondisi agar terjalin penyesuaian diri siswa dengan lingkungan
D.   membantu siswa agar berkembang sesuai bakat dan minat

13.   Fungsi penyaluran dalam kegiatan bimbingan dan konseling dilakukan melalui kegiatan ....
A.   kelompok untuk memperoleh penyesuaian sosial yang lebih baik
B.   pengumpulan data yang lengkap untuk memahami pribadi siswa
C.   pengembangan bakat dan minat
D.   orientasi terhadap sekolah

14.   Untuk membantu siswa baru agar cepat dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah maka fungsi bimbingan yang harus diberikan adalah fungsi ....
A.   penegakan
B.   perbaikan
C.   penyesuaian
D.   penyaluran

15.   Agar setiap siswa memiliki pribadi yang mantap dan berkembang dengan baik maka sasaran pertama kegiatan bimbingan konseling adalah ....
A.   pengenalan lingkungan
B.   pengarahan diri
C.   perwujudan diri
D.   pengungkapan pengenalan dan penerima-an diri

16.   Dari segi fungsi, ruang lingkup bimbingan dan konseling meliputi kegiatan berikut, kecuali ....
A.   pencegahan
B.   penyesuaian
C.   perbaikan
D.   penataan

17.   Agar seluruh program bimbingan dan konseling tercapai maka program tersebut harus memiliki ciri-ciri berikut ....
A.   program disusun dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa
B.   sesuai program pendidikan dilingkungan sekolah
C.   program disusun secara bertahap dengan melibatkan semua guru
D.   program dibuat secara menyeluruh

18.   Salah satu kekeliruan mengenai pengertian bimbingan adalah ....
A.   bimbingan diberikan khusus kepada siswa bermasalah
B.   kegiatan bimbingan tidak identik dengan pendidikan
C.   bimbingan diberikan tidak hanya untuk siswa sekolah lanjutan
D.   bimbingan diberikan tidak hanya mengenai bimbingan jabatan

19.   Jenis pelayanan yang paling sesuai dengan program bimbingan adalah ....
A.   perencanaan pengembangan karier
B.   pemecahan masalah
C.   memberi pengajaran
D.   pengumpulan data siswa dan lingkungan-nya

20.   Bantuan layanan pada guru dalam hal mengelola kelas dapat berupa informasi tentang ....
A.   data untuk membantu kelompok belajar
B.   kemunduran hasil belajar siswa
C.   jenis tes yang akan diberikan
D.   bentuk tes yang digunakan

21.   Layanan program bimbingan yang tidak perlu diberikan kepada kepala sekolah adalah ....
A.   membantu kepala sekolah berhubungan dengan orang tua murid dan masyarakat
B.   melakukan kegiatan pembaharuan pendidikan sekolah
C.   memberi informasi pada masyarakat tentang program pendidikan sekolah
D.   membantu pelaksanaan seleksi dan penempatan siswa

22.   Kegiatan memberi informasi pada masyarakat sekitar tentang program yang dilaksanakan sekolah, bertujuan agar ….
A.   masyarakat mengenal semua program yang ada di sekolah
B.   masyarakat tertarik untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut
C.   menggalakkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan di sekolah
D.   memotivasi masyarakat untuk mendukung program-program sekolah

23.   Yang bukan merupakan persyaratan pokok program bimbingan adalah ....
A.   fasilitas fisik
B.   fasilitas teknis
C.   kualifikasinya
D.   profesionalisasinya

24.   Salah satu kebijakan yang menunjang program bimbingan adalah ....
A.   membantu konselor untuk bekerja secara efektif dan efesien
B.   kepala sekolah menjelaskan program bimbingan kepada semua orang
C.   kepala sekolah bertanggung jawab melaksanakan tugas pimpinan sekolah
D.   bidang tata laksana pendidikan sekolah meliputi pembagian waktu, tempat kerja dan pendekatannya

25.   Tugas seorang penyuluh di sekolah adalah ....
A.   membantu semua petugas bimbingan mengadakan hubungan dengan semua
B.   mengidentifikasi gejala salah suai siswa di kelas
C.   membantu menyelenggarakan latihan dan jabatan untuk guru dan petugas bimbingan lain
D.   mengidentifikasi kesulitan yang dirasakan siswa

26.   Faktor yang harus diperhatikan dalam menyusun program bimbingan, kecuali ....
A.   harus selaras dengan program pendidikan dan pembelajaran di sekolah
B.   usahakan untuk mengetahui kemampuan semua petugas di sekolah
C.   penilaian terhadap efektivitas program bimbingan dapat dilakukan sewaktu-waktu
D.   rencanakan dan laksanakan latihan dalam jabatan sesuai kebutuhan

27.   Yang manjadi unsur pokok dalam pelak-sanaan program bimbingan adalah ....
A.   pembiayaan
B.   pola organisasi bimbingan
C.   panitia penyelengara program
D.   program pembelajaran yang terencana

28.   Tahap kegiatan penyusunan program bimbingan menurut Miller, kecuali ....
A.   tahap persiapan untuk inventarisasi tujuan, kebutuhan dan kemampuan sekolah
B.   tahap pelaksanaan sesuai dengan yang telah direncanakan
C.   pembentukan panitia sementara untuk merumuskan program bimbingan
D.   pembentukan panitia penyelenggaraan program

29.   Pelayanan bimbingan dilaksanakan oleh semua staf sekolah sebagai bagian tugas reguler saja. Pola ini biasa terdapat di ....
A.   sekolah Taman Kanak-Kanak
B.   Sekolah Dasar
C.   sekolah menengah
D.   Perguruan Tinggi

30.   Persyaratan utama petugas bimbingan adalah ....
A.   mengenal setiap pribadi siswa
B.   mempunyai latar belakang pendidikan bimbingan
C.   memiliki ilmu bagaimana melaksanakan kegiatan bimbingan
D.   mengetahui tugas dan tanggung jawab sebagai seorang konselor

31.   Agar setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai minat dan bakatnya, maka jenis dan layanan bimbingan yang perlu diberikan seorang guru adalah ....
A.   pemberian informasi
B.   konseling
C.   penilaian dan tindak lanjut
D.   penempatan

32.   Bila kenakalan siswa sudah melampaui batas dan guru tidak mampu menanganinya maka layanan bimbingan yang tepat diberikan pada siswa adalah ....
A.   pemberian informasi
B.   alih tangan/kerja sama dengan instansi lain
C.   konseling
D.   pengumpulan data

33.   Sumber data adalah ....
A.   orang yang dianggap memiliki data
B.   semua informasi yang dibutuhkan
C.   pihak-pihak yang dapat memberikan keterangan yang dibutuhkan
D.   tempat-tempat yang diperintahkan memiliki data

34.   Orang tua, wali kelas dan kepala sekolah termasuk sumber data lapis ke ....
A.   pertama
B.   kedua
C.   ketiga
D.   keempat

35.   Yang membedakan teknik tes dan non-tes adalah ....
A.   teknik tes menjawab tes baku sedangkan non-tes menjawab tes tidak baku
B.   teknik non-tes digunakan untuk mengukur kemampuan dasar
C.   teknik non-tes dilakukan secara tertulis dan tidak tertulis
D.   teknik tes dilakukan oleh guru, non tes dilakukan oleh tenaga lain yang ditentukan

36.   Data siswa yang telah dikumpulkan harus disimpan dengan memperhatikan azas ....
A.   kerahasiaan
B.   kemudahan
C.   kedalaman
D.   kesesuaian

37.   Setiap siswa perlu mendapat informasi bagi perkembangan dirinya ....
A.   lebih mengenal diri dan lingkungannya
B.   dapat mengarahkan dirinya
C.   berkembang secara optimal
D.   menentukan kelanjutan sekolah

38.   Secara khusus makna pemberian informasi pada siswa adalah ....
A.   untuk memberi wawasan pemahaman siswa agar merencanakan hidupnya
B.   untuk membantu siswa membuat rencana hidup masa kini dan akan datang
C.   membantu siswa untuk memiliki kepercayaan diri
D.   membantu siswa mencapai kepecayaan diri

39.   Secara umum pemberian informasi bertujuan untuk membantu siswa agar ....
A.   dapat memahami diri dan lingkungannya sehingga dapat membuat keputusan yang tepat
B.   lebih memiliki kepercayaan diri mengenai hidupnya di masa depan
C.   memiliki informasi yang cukup untuk mengatasi masalah penyesuaian diri dan pembelajaran
D.   semuanya benar
     
40.   Yang bukan merupakan tujuan khusus pemberian informasi adalah siswa dapat ....
A.   mengetahui sumber-sumber untuk mendapatkan informasi
B.   menggunakan kegiatan kelompok sebagai sarana memperoleh informasi
C.   memiliki kesempatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan
D.   memiliki wawasan yang mendalam tentang kebutuhannya

41.   Yang bukan unsur pokok pelayanan informasi adalah ....
A.   jenis-jenis informasi yang perlu diberikan
B.   media-media orientasi
C.   sumber-sumber informasi yang disediakan
D.   metode pelayanan informasi dalam kegiatan kelompok

42.   Untuk membina siswa agar dapat membuat keputusan dan tindakan yang tepat bagi diri dan lingkungannya maka siswa perlu diberi informasi tentang ....
A.   pekerjaan
B.   potensi lingkungan
C.   keterampilan khusus
D.   pendidikan



43.   Agar siswa mempunyai gambaran yang jelas tentang lingkungan dan kondisi sekolah yang akan dimasukinya maka siswa perlu diberi informasi tentang ....
A.   jenis pendidikan yang dapat dimasukinya
B.   orientasi tentang kehidupan sekolah tersebut
C.   cara-cara belajar dan bagaimana merencanakan kegiatan belajar
D.   orientasi dan sistem pendidikan yang berlaku di sekolah tersebut

44.   Berikut ini adalah tujuan pemberian informasi bagi siswa yang akan lulus, kecuali ....
A.   mengetahui jenis sekolah lanjutan yang dapat dimasukinya
B.   memiliki wawasan yang cukup tentang sekolah yang akan dimasukinya
C.   memiliki wawasan dan sikap kerja yang baik
D.   menyiapkan mental siswa agar siap memasuki dunia kerja

45.   Program orientasi bagi siswa baru bertujuan agar siswa dapat ....
A.   menyesuaikan diri dengan mudah
B.   menciptakan sikap yang sesuai dengan lingkungan sekolah yang baru
C.   mudah bersosialisasi dengan orang yang akan menjadi teman dan gurunya
D.   menginformasikan kepada orangnya tentang keadaan sekolah yang dimasuki-nya

46.   Sumber informasi tentang kehidupan siswa dapat diperoleh di ....
A.   kegiatan kelompok
B.   organisasi siswa
C.   guru kelas
D.   organisasi orang tua

47.   Untuk  membantu siswa baru agar mudah beradaptasi dengan temannya yang baru, maka layanan bantuan yang layak diberikan guru adalah berupa ....
A.   bimbingan belajar
B.   memperkenalkan satu persatu teman-teman dikelasnya
C.   melibatkannya dalam kegiatan kelompok
D.   orientasi umum

48.   Satu hal yang harus diperhatikan dalam memberikan layanan referral adalah ....
A.   harus disertai data yang diberi tahu
B.   orang tua siswa perlu diberi tahu
C.   siswa tidak perlu mengetahui tujuan layanan referral
D.   laporan layanan referral ini cukup diberikan pada siswa yang bersangkutan

49.   Konseling tepatnya adalah ....
A.   kegiatan pemberian bantuan terhadap seseorang yang perlu mendapat bantuan
B.   relasi timbal balik antara dua individu di mana yang seorang berusaha membantu yang lain agar memahami keadaan dirinya
C.   upaya seorang individu (konselor) untuk membantu individu yang lain agar memahami permasalahan yang dialami-nya
D.   kegiatan konselor memberi bantuan pada seseorang yang telah diprogramkannya

50.   Tujuan pemberian penyuluhan adalah ....
A.   membantu individu untuk dapat memecah-kan masalahnya
B.   agar klien dapat memecahkan masalah-nya sendiri
C.   agar klien pada akhirnya memperoleh konsep diri yang memadai
D.   membimbing klien untuk mengenal dan memahami dirinya

51.   Salah satu perbedaan konseling dan pengajaran yaitu ....
A.   tujuannya berbeda, namun keduanya untuk membantu mengatasi masalah siswa
B.   konseling dapat juga di lakukan oleh seorang guru sedangkan pengajaran juga dapat dilakukan oleh konseling
C.   pengajaran merupakan kegiatan kelompok sedangkan konseling lebih untuk mengatasi masalah-masalah individual
D.   pengajaran dilakukan berdasarkan kurikulum kebutuhan sedangkan konseling selalu tergantung pada masalah-masalah individu yang ada

52.   Agar layanan konseling yang ada disekolah bermanfaat semaksimal mungkin maka perlu di strategi pelayanan yang tepat yaitu ....
A.   memanggil setiap siswa yang benar-benar mempunyai masalah
B.   guru bidang studi membantu memberi penjelasan tentang adanya layanan konseling
C.   bekerjasama dengan siswa-siswa yang telah memanfaatkan program bimbingan
D.   memberi jadwal kepada setiap siswa secara reguler untuk menemui konseling

53.   Prioritas pertama dalam layanan penyuluhan masalah siswa adalah masalah ....
A.   sosialisasi pribadi
B.   kesulitan belajar
C.   karier
D.   kelanjutan pendidikan

54.   Tujuan umum layanan evaluasi adalah untuk ....
A.   memperoleh gambaran efektivitas program bimbingan secara keseluruhan
B.   mengetahui aspek-aspek yang harus dimasukkan dalam program bimbingan
C.   membantu kepala sekolah, guru-guru dan para konselor melakukan perbaikan tata kerja
D.   mengetahui bagian program bimbingan yang perlu diperbaiki

55.   Satu hal yang perlu dievaluasi dalam program bimbingan adalah layanan pengumpulan data meliputi hal-hal berikut, kecuali ....
A.   ketepatan catatan kumulatif
B.   ketersediaan fasilitas untuk melakukan bimbingan dan konseling
C.   penggunaan alat penilaian dalam pengumpulan data
D.   kecocokan program bimbingan dengan minat atau kebutuhan siswa
     
56.   Pancaindera kelengkapan anggota badan, jenis-jenis penyakit klien adalah segi individu yang perlu dipahami seorang konselor dari segi ....
A.   identitas diri
B.   kapasitas dan kecakapan
C.   kondisi jasmani dan kesehatan
D.   watak dan temperamen

57.   Seorang konselor berusaha untuk memberi dan membantu kliennya. Hal ini termasuk karakteristik hubungan antara penyuluh dan klien yang disebut ....
A.   keunikan dan keumuman
B.   keseimbangan objektivitas dan subjek-tivitas
C.   keseimbangan kognitif dan konatif
D.   keseimbangan tanggungjawab

58.   Urutan proses penyuluhan dalam pembentukan relasi adalah ....
A.   persiapan, struktur, memberi penjelasan dan relasi
B.   persiapan dan klien masuk dalam relasi, penjelasan tentang kebutuhan, struktur dan meningkatkan relasi
C.   klien menjelaskan kebutuhan, masuk dalam relasi dan meningkatkan relasi
D.   persiapan, klasifikasi dan penjelasan, struktur dan menjada relasi

59.   Perbedaan pengertian antara kelompok dan massa adalah ....
A.   kelompok adalah kumpulan dua atau lebih individu yang mempunyai kebutuhan sedangkan massa adalah sejumlah individu dengan kebutuhan berbeda
B.   kelompok adalah dua atau lebih individu yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan, massa adalah kumpulan individu dalam tempat yang sama tapi tujuan berbeda
C.   individu yang berbeda dalam suatu organisasi, massa adalah sejumlah orang yang berada di pasar, di jalan atau tempat lain
D.   kelompok adalah dua atau lebih individu yang saling berinteraksi untuk mencapai, tujuan yang sama dan massa adalah sejumlah individu dalam tepat dan waktu yang sama namun tidak ada interaksi satu dan lainnya

60.   Yang bukan merupakan kelebihan bimbingan kelompok adalah ....
A.   pelaksanaan bimbingan akan lebih efektif dan efisien
B.   bermanfaat dalam memberi pengaruh pada sesama anggota kelompok
C.   merupakan faktor utama dari teknik konseling individual
D.   tempat pertukaran pengalaman di antara para anggautanya

2 komentar:

  1. soal BK sangat membantu bagi persiapan untuk TES

    BalasHapus
  2. terimakasih, soalnya sanag membantu saya dalam belajar

    BalasHapus