Kamis, 29 Mei 2014

Sodri Dasar-Dasar Kependidikan di SD



LATIHAN  MANDIRI
DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN DI SD
(MKDK2101)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 44 ,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Para ahli berpendapat bahwa manusia berkembang .... 
A.   secara relatif teratur, terjadi secara berangsur-angsur dan dengan kecepatan yang berbeda-beda
B.   secara relatif teratur dalam interaksi manusia dengan manusia lainnya
C.   dengan kecepatan yang berbeda-beda, seirama dengan kemampuan berpikir
D.   dengan kecepatan yang sama dan berlaku bagi semua insan manusia

2.   Manusia mengakui kebesaran dan keagungan Tuhan yang diwujudkan dengan berbagai cara. Hal ini menunjukkan ciri-ciri manusia sebagai makhluk ....        
A.   sosial
B.   pribadi
C.   Tuhan
D.   berbudi
     
3.   Sebagai makhluk social manusia mempunyai kebutuhan yang mendasar yaitu ....
A.   berdiskusi dengan teman sejawat
B.   menerima penghargaan dari sesama
C.   bergaul dengan sesama manusia
D.   menolong sesama manusia

4.   “Seorang guru telah berhasil mendidik siswanya, karena guru tersebut memahami, perkembangan siswa dengan kecepatan yang berbeda dan secara berangsur-angsur.” Dari pernyataan di atas memperlihatkan bahwa guru tersebut telah mempraktekkan ....
A.   prinsip perkembangan anak
B.   tiga prinsip umum perkembangan anak
C.   teori perkembangan anak
D.   asas-asas perkembangan anak

5.   Ki Hajar Dewantara mencetuskan konsep Tri pusat pendidikan sebagai prinsip pendidikan taman siswa. Yang dimaksud dengan Tri pusat pendidikan tersebut adalah ....
A.   masyarakat, sekolah dan guru
B.   keluarga, sekolah dan masyarakat
C.   guru, sekolah dan siswa
D.   keluarga, siswa dan sekolah
6.   Pendidikan yang diselenggarakan dalam keluarga, kelompok belajar dan kursus dalam undang-undang tentang system pendidikan nasional termasuk dalam jalur pendidikan ....
A.   sekolah
B.   non formal
C.   formal
D.   luar sekolah

7.   Kegiatan yang dilakukan anggota keluarga terhadap anak yang memperoleh penuh perhatian, jika dilihat dari sudut pendidikan menunjukkan bahwa ....
A.   keluarga sebagai pusat pendidikan
B.   sekolah adalah pusat pendidikan
C.   tempat pendidikan yang serasi adalah dalam masyarakat
D.   keluarga bukan pusat pendidikan

8.   Berbagai ragam cerita yang ditulis oleh berbagai siswa dalam pemenuhan suatu tugas pelajaran menggambarkan bahwa ....
A.   masyarakat sangat berpengaruh terhadap perkembangan seorang anak
B.   masyarakat tidak dapat mempengaruhi perkembangan seorang anak
C.   perkembangan seorang anak ditentukan oleh lingkungan
D.   perkembangan seorang anak tidak ada hubungannya dengan masyarakat

9.   “Sesuatu itu merupakan kesatuan yang bermakna, yang lebih besar dari bagian-bagiannya.” Pernyataan ini merupakan pengertian dari prinsip ....
A.   abstrak
B.   holistik
C.   totalitas
D.   konkrit

10.   Bertolak dari prinsip holistic perkembangan anak, maka anak sekolah Dasar kelas III lebih memahami cara penjumlahan jika ....
A.   dijelaskan secara lisan oleh guru
B.   belajar menjumlahkan dengan mengguna-kan batangan lidi
C.   menggunakan gambar-gambar penjum-lahan
D.   menggunakan contoh-contoh penjum-lahan

11.   Guru yang selalu datang tepat pada waktunya, berpakaian rapi, menyapa orang dengan sopan adalah seorang guru yang ....
A.   harus dikagumi siswa
B.   menarik perhatian siswa di kelasnya
C.   menjadi pusat perhatian siswa
D.   sangat diperlukan siswa

12.   Kursus komputer, kursus menjahit dan kursus mengetik yang diselenggarakan oleh lembaga keterampilan adalah contoh dari lembaga pendidikan ....
A.   formal
B.   informal
C.   non formal
D.   luar sekolah

13.   Sikap orang tua dalam memberikan keteladanan dan bimbingan kepada anaknya dapat disebut sebagai ....
A.   peran keluarga dalam mempersiapkan masa depan anak
B.   peran keluarga dalam pendidikan anak
C.   usaha orang tua menolong anak mencapai cita-cita
D.   peran orang tua dalam perkembangan anak

14.   Dari kegiatan yang dilakukan orang tua bersama anak-anaknya dalam suatu lingkungan keluarga dapat memperlihatkan ....
A.   situasi terjadinya sosialisasi pada diri anak
B.   usaha orang tua memanfaatkan tenaga anaknya
C.   usaha orang tua mewariskan keterampilan kepada anak
D.   situasi yang terjadi secara alami

15.   “Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik, melalui kegiatan bimbingan pengajaran atau latihan, bagi peranannya dimasa yang akan datang”. Kalimat di atas adalah bunyi pasal I Undang-undang nomor 2/89 sebagai rumusan ....
A.   konsep pendidikan
B.   undang-undang
C.   hakikat pendidikan
D.   makna pendidikan

16.   Peran utama pendidikan adalah ....
A.   mendidik manusia berkualitas dan bisa diandalkan
B.   berusaha menyiapkan manusia sebagai subyek dalam pembangunan nasional
C.   mengembangkan kepribadian siswa secara optimal
D.   meningkatkan kemampuan manusia Indonesia secara keseluruhan

17.   Pendidikan yang berusaha meningkatkan kemampuan karyawan dalam pelaksanaan tugas kedinasan, di suatu Departemen pemerintah, termasuk dalam kelompok pendidikan ....
A.   akademik
B.   kejuruan
C.   kedinasan
D.   profesional

18.   Guru sebagai petugas lapangan, mempunyai peranan penting dalam mengemban tugas menerapkan kurikulum bermuatan lokal dimana dia bertugas. Dan karena itu yang harus diperhatikan para guru adalah ....
A.   kurikulum bermuatan lokal dikembangkan sesuai dengan kemampuan guru
B.   pengembangan kurikulum bermuatan lokal, penyusunannya diserahkan kepada guru setempat
C.   isi kurikulum bermuatan lokal, disesuaikan dengan kondisi lingkungan setempat
D.   kurikulum bermuatan lokal dikembangkan untuk memenuhi program pendidikan secara nasional

19.   Konsep-konsep kehidupan dan mengenai dunia yang dicapai dengan filsafat disebut ....
A.   kajian filsafat
B.   pikiran filosofis
C.   wawasan filosofis
D.   pendirian filosofis

20.   Agama dan pendirian hidup adalah salah satu factor yang terkandung dalam ....
A.   pendirian filosofis
B.   keyakinan hidup
C.   falsafah hidup
D.   aliran kepercayaan

21.   Arti harfiah dari filsafat adalah ....
A.   cinta kepada diri sendiri dan sesama
B.   cinta kepada ilmu pengetahuan alam
C.   cinta kepada kearifan dan hikmah kebijaksanaan
D.   penghayatan kepada ilmu pengetahua

22.   Kegiatan yang dilakukan sebelum melakukan sesuatu adalah kegiatan ....
A.   berpikir secara filosofis
B.   berpikir secara konseptual
C.   menyusun rencana kerja
D.   membuat persiapan kerja

23.   Orang atau pihak yang boleh berpikir filosofis adalah ....
A.   orang tua
B.   orang muda
C.   semua orang
D.   kaum cendekiawan

24.   Yang membedakan pendidikan dari kegiatan manusia lainnya adalah ....
A.   penentuan arah dan tujuan-tujuan yang ingin dicapai
B.   arah yang dituju tenaga pendidik
C.   arah pemikiran anak didik
D.   perkembangan yang dialami anak didik

25.   Hasil keputusan bertindak, dalam kaitan dengan tujuan yang diharapkan adalah ....
A.   arti dari setiap tindakan pendidikan
B.   suatu proses kegiatan manusia, baik pada orang lain maupun pada diri sendiri
C.   upaya membina seluruh perkembangan yang dibina
D.   pengaruh dari orang lain maupun dari lingkungan

26.   Salah satu tokoh yang paling berhasil merumuskan filsafat pendidikan ialah ....
A.   J.J. Rouseau
B.   R.M. Hutchins
C.   W.H Kilpatrick
D.   G.S Count

27.   Yang berperan sebagai pemimpin dalam bidang spiritual dan penanaman disiplin kepada siswa, menurut Mashab filsafat perenialisme adalah ....
A.   orang tua
B.   pemimpin agama
C.   pemimpin adat
D.   guru

28.   “Bangsa Indonesia lahir dengan kekuatan sendiri, berjuang sendiri untuk mencapai kemerdekaan dari tangan penjajah”. Dari pernyataan tersebut di atas terlihat bahwa salah satu yang menjadi ciri kepribadian bangsa Indonesia adalah ....
A.   percaya pada diri sendiri
B.   kurang percaya pada diri sendiri
C.   cenderung bergantung pada bangsa lain
D.   gagah berani

29.   “Pendidikan Pancasila termasuk pendidikan Moral Pancasila dan unsur-unsur yang dapat meneruskan dan mengembangkan jiwa dan nilai 1945 kepada generasi muda, dimasukkan dalam kurikulum sekolah-sekolah, mulai dari TK sampai dengan di Perguruan Tinggi”. Pernyataan ini termuat dalam ....
A.   TAP MPR/II/978
B.   GBHN 1993
C.   UUD’45
D.   UUD sementara RI

30.   Pelaksanaan pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara dibagi dalam 3 bagian. Rumusan tersebut antara lain mengajarkan, bila siswa talak matang, maka pengajaran lebih banyak diam dibelakang memperhatikan apa yang dilakukan siswa, memberikan harapan bila diperlukan dan memberi bimbingan pada siswa. Anjuran tersebut termasuk dalam rumusan ....
A.   Ing madyo mangun karso
B.   Ing ngarso sung tulodo
C.   Tut Wuri Handayani
D.   Eka Prasetya Pancakarsa

31.   Proses sosialisasi adalah salah satu fungsi pokok dari ....
A.   transmisi
B.   pendidikan
C.   transformasi
D.   belajar

32.   Seorang perancang bangungan menyandang predikat arsitek. Contoh ini menunjukkan bahwa pendidikan berfungsi sebagai alat ....
A.   seleksi
B.   alokasi
C.   transmisi
D.   transformasi

33.   “Kebudayaan dilestarikan melalui pendidikan dan pelaksanaan pendidikan ditentukan oleh kebudayaan masyarakat”. Pernyataan ini adalah ....
A.   gambaran kebudayaan dan masyarakat Indonesia
B.   lukisan hubungan kebudayaan, masyarakat dan pendidikan di Indonesia
C.   ikatan kerjasama pendidikan dan masyarakat Indonesia
D.   ikatan kerjasama pendidikan dan kebudayaan Indonesia
34.   Pola tingkah laku suatu masyarakat di suatu kampung, diterima dan dipelajari serta menjadi pola tingkah laku generasi muda di kampung tersebut, artinya generasi muda dalam masyarakat tersebut telah ....
A.   tersosialisasi
B.   terasimilasi
C.   teridentifikasi
D.   terakulturasi

35.   Mengajarkan tingkah laku umum kepada semua anggota keluarga adalah ....
A.   ciri pokok lembaga pendidikan masyarakat
B.   kurikulum yang dirancang khusus untuk anggota masyarakat
C.   tugas pokok seorang guru ditengah masyarakat
D.   fungsi pendidikan bagi keluarga primitif

36.   Mengajarkan pengetahuan umum dan khusus, dalam rangka mempersiapkan anak untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu, adalah ....
A.   tugas seorang guru yang bertanggungjawab
B.   fungsi pendidikan bagi keluarga modern
C.   ciri pokok lembaga pendidikan masyarakat
D.   kurikulum yang dirancang khusus untuk anggota masyarakat

37.   Dalam keluarga anak memperoleh contoh sikap-sikap yang mempengaruhi perkembangan anak selanjutnya. Hal ini menunjukkan bahwa keluarga juga berperan sebagai ....
A.   lembaga pendidikan
B.   institusi sosial
C.   tempat pembentukan sikap anak
D.   pendidik yang utama

38.   Seorang anak yang kurang mampu mandiri, biasanya terlalu banyak diatur orang tua. Ini adalah salah satu gambaran ....
        A.   pengaruh positif dari keluarga terhadap pendidikan anak
B.   keluarga yang otoriter dibidang pendidikan
C.   keluarga yang sangat peduli dengan pendidikan anak
D.   pengaruh negatif dari keluarga terhadap pendidikan anak

39.   Anak dari keluarga berstatus sosial ekonomi tinggi, cenderung memiliki aspirasi pendidikannya tinggi, sehingga anak tersebut cenderung mempunyai prestasi akademik tinggi pula. Hal ini menunjukkan bahwa status sosial ekonomi mempunyai hubungan erat dengan ....
A.   cara pandang kehidupan
B.   cara bergaul dengan masyarakat
C.   prestasi belajar
D.   keluarga
     
40.   Aspirasi pendidikan kelompok sebaya, mempunyai korelasi positif dengan aspirasi siswa sebagai anggota kelompok sebaya. Artinya kelompok sebaya mempunyai kaitan erat dengan ....
A.   tujuan pendidikan
B.   proses pendidikan
C.   proses pendewasaan
D.   pembentukan pribadi

41.   Gabungan individu anak yang rata-rata berusia hampir sama biasanya disebut ....
A.   kelompok remaja
B.   karang taruna
C.   kelompok anak baru gede
D.   kelompok sebaya

42.   “Kami sebagai pemberi dukungan kepada anggota untuk mencapai prestasi yang tinggi disekolah”. Pernyataan ini adalah ....
A.   tujuan kelompok sebaya
B.   fungsi kelompok sebaya
C.   cita-cita kelompok sebaya
D.   sifat kelompok sebaya

43.   Memberikan jalan pada anak untuk lebih mandiri, menumbuhkan sikap kerjasama dan membuka horizon yang lebih luas pada anak adalah ....
A.   pengaruh negatif kelompok sebaya pada anak
B.   hal yang baik dari kelompok sebaya
C.   pengaruh positif kelompok sebaya pada anak
D.   hal yang buruk dari kelompok sebaya

44.   Semakin besar seorang anak, semakin luas pergaulannya dan pengaruh lingkungan semakin besar. Dalam hal ini pembentukan pribadi si anak lebih banyak dipengaruhi oleh ....
A.   orang tua
B.   tokoh masyarakat
C.   kelompok bermain
D.   kelompok sebaya

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   45   SAMPAI   60,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
45.   Manusia yang merupakan makhluk Tuhan yang sempurna pada hakikatnya ....
1)   mempunyai akal budi
2)   mampu mengubah lingkungan
3)   mempunyai norma pergaulan

46.   Yang dimaksud dengan perkembangan manusia adalah perkembangan yang ....
1)   terjadi secara teratur
2)   berlangsung dalam waktu yang lama
3)   terjadi setelah mengalami suatu kecelakaan

47.   Yang termasuk kelompok perkembangan kepribadian adalah perkembangan ....
1)   bahasa
2)   emosi
3)   moral

48.   Peran keluarga dalam pembentukan pengetahuan anak didik dapat diwujudkan dalam kegiatan ....
1)   mengajarkan nama-nama benda yang ada di rumah
2)   memperkenalkan fungsi benda yang sudah dikenal anak
3)   menghitung jumlah benda yang sudah dikenal anak

49.   Dasar-dasar pembelajaran anak didik yang harus selalu diperhatikan oleh setiap pendidik dalam menunaikan tugasnya adalah ....
1)   kebutuhan anak akan pendidikan
2)   perkembangan jiwa anak didik
3)   prinsip holistik perkembangan anak

50.   Kondisi belajar yang menyenangkan adalah bila ....
1)   situasi belajar membuat siswa bergairah untuk berpartisipasi
2)   topik yang dibahas membuat siswa terkesan
3)   suasana yang diciptakan untuk belajar terkenang untuk waktu yang lama

51.   Menurut GBHN dan Undang-undang Nomor 2/89 bahwa penanggung jawab pendidikan di Indonesia adalah ....
1)   pemerintah
2)   keluarga
3)   masyarakat

52.   Hal yang terbentuk dalam proses pendidikan sosialisasi anak adalah ....
1)   anak akan memahami nilai-nilai kelompok dan
2)   akrab dengan teman sekolah
3)   anak merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kelompok

53.   Peranan suatu sekolah untuk mencapai proses sosialisasi tingkat tertentu dalam diri anak didiknya adalah ....
1)   bertanggungjawab dalam berbagai jenis proses belajar
2)   berperan sebagai lembaga formal yang berfungsi melengkapi lembaga lain yang juga bertanggungjawab dalam proses sosialisasi
3)   melengkapi proses sosialisasi yang telah dibina sebelumnya dalam keluarga

54.   Keberhasilan suatu pendidikan tergantung kepada kebersamaan pihak-pihak yang terkait, yaitu ....
1)   sekolah berperan sebagai lembaga formal
2)   keluarga berperan sebagai lembaga informal
3)   masyarakat berperan sebagai lembaga nonformal

55.   Misi yang menjadi tanggungjawab pendidikan nasional adalah ....
1)   mencerdaskan kehidupan bangsa
2)   meningkatkan kualitas manusia Indonesia
3)   mengembangkan kemampuan setiap warga negara untuk mengembangkan dirinya

56.   Sistem pendidikan nasional seperti yang dikemukakan dalam Undang-undang nomor 2/89 diselenggarakan melalui ....
1)   jalur pendidikan sekolah
2)   jalur pendidikan luar sekolah
3)   kegiatan pembelajaran yang berkesinambungan

57.   Yang dimaksud dengan metafisika dalam filsafat adalah ....
1)   cabang filsafat yang mengkaji hakekat manusia dan
2)   kaitannya dengan hakekat segala sesuatu
3)   pengaruh orang maupun lingkungan yang selalu muncul
58.   Karena Pancasila telah tertanam dalam kalbu rakyat dan digali dari bumi Indonesia sendiri, maka sudah selayaknya Pancasila menjadi ....
1)   dasar negara Indonesia
2)   pandangan hidup bangsa Indonesia
3)   jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia

59.   Manusia Indonesia yang hidup dalam negara yang berdasarkan Pancasila, dalam melaksanakan tugas hidupnya mempunyai tugas ganda yaitu ....
1)   membantu membangun kehidupan bangsa sebagai warga negara yang pancasilais
2)   membangun diri sendiri sebagai insan Pancasila
3)   ikut memikul tanggungjawab atas pembangunan bangsa sebagai masyarakat Pancasila

60.   Lembaga social yang lazim digunakan sebagai alat transmisi dan transformasi kebudayaan adalah lembaga yang disebut ....
1)   masyarakat
2)   sekolah
3)   keluarga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar