LATIHAN MANDIRI
DASAR-DASAR
KEPENDIDIKAN DI SD
(MKDK2101)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 44 , PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Para ahli
berpendapat bahwa manusia berkembang ....
A. secara relatif teratur, terjadi
secara berangsur-angsur dan dengan kecepatan yang berbeda-beda
B. secara relatif teratur dalam
interaksi manusia dengan manusia lainnya
C. dengan kecepatan yang
berbeda-beda, seirama dengan kemampuan berpikir
D. dengan kecepatan yang sama dan
berlaku bagi semua insan manusia
2. Manusia
mengakui kebesaran dan keagungan Tuhan yang diwujudkan dengan berbagai cara. Hal ini menunjukkan ciri-ciri manusia sebagai makhluk
....
A. sosial
B. pribadi
C. Tuhan
D. berbudi
3. Sebagai makhluk social manusia
mempunyai kebutuhan yang mendasar yaitu ....
A. berdiskusi dengan teman sejawat
B. menerima penghargaan dari sesama
C. bergaul dengan sesama manusia
D. menolong sesama manusia
4. “Seorang guru
telah berhasil mendidik siswanya, karena guru tersebut memahami, perkembangan
siswa dengan kecepatan yang berbeda dan secara berangsur-angsur.” Dari
pernyataan di atas memperlihatkan bahwa guru tersebut telah mempraktekkan ....
A. prinsip perkembangan anak
B. tiga prinsip umum perkembangan
anak
C. teori perkembangan anak
D. asas-asas perkembangan anak
5. Ki Hajar
Dewantara mencetuskan konsep Tri pusat pendidikan sebagai prinsip pendidikan
taman siswa. Yang dimaksud dengan Tri pusat pendidikan tersebut adalah ....
A. masyarakat, sekolah dan guru
B. keluarga, sekolah dan masyarakat
C. guru, sekolah dan siswa
D. keluarga, siswa dan sekolah
6. Pendidikan yang diselenggarakan
dalam keluarga, kelompok belajar dan kursus dalam undang-undang tentang system
pendidikan nasional termasuk dalam jalur pendidikan ....
A. sekolah
B. non formal
C. formal
D. luar sekolah
7. Kegiatan yang
dilakukan anggota keluarga terhadap anak yang memperoleh penuh perhatian, jika
dilihat dari sudut pendidikan menunjukkan bahwa ....
A. keluarga sebagai pusat pendidikan
B. sekolah adalah pusat pendidikan
C. tempat pendidikan yang serasi
adalah dalam masyarakat
D. keluarga bukan pusat pendidikan
8. Berbagai ragam
cerita yang ditulis oleh berbagai siswa dalam pemenuhan suatu tugas pelajaran
menggambarkan bahwa ....
A. masyarakat sangat berpengaruh
terhadap perkembangan seorang anak
B. masyarakat tidak dapat
mempengaruhi perkembangan seorang anak
C. perkembangan seorang anak
ditentukan oleh lingkungan
D. perkembangan seorang anak tidak
ada hubungannya dengan masyarakat
9. “Sesuatu itu
merupakan kesatuan yang bermakna, yang lebih besar dari bagian-bagiannya.”
Pernyataan ini merupakan pengertian dari prinsip ....
A. abstrak
B. holistik
C. totalitas
D. konkrit
10. Bertolak dari
prinsip holistic perkembangan anak, maka anak sekolah Dasar kelas III lebih
memahami cara penjumlahan jika ....
A. dijelaskan secara lisan oleh guru
B. belajar menjumlahkan dengan mengguna-kan
batangan lidi
C. menggunakan gambar-gambar penjum-lahan
D. menggunakan contoh-contoh penjum-lahan
11. Guru yang selalu datang tepat pada waktunya, berpakaian rapi,
menyapa orang dengan sopan adalah seorang guru yang ....
A. harus dikagumi siswa
B. menarik perhatian siswa di kelasnya
C. menjadi pusat perhatian siswa
D. sangat diperlukan siswa
12. Kursus komputer, kursus menjahit dan kursus
mengetik yang diselenggarakan oleh lembaga keterampilan adalah contoh dari
lembaga pendidikan ....
A. formal
B. informal
C. non formal
D. luar sekolah
13. Sikap orang tua dalam memberikan keteladanan
dan bimbingan kepada anaknya dapat disebut sebagai ....
A. peran keluarga dalam mempersiapkan masa depan
anak
B. peran keluarga dalam pendidikan anak
C. usaha orang tua menolong anak mencapai
cita-cita
D. peran orang tua dalam perkembangan anak
14. Dari kegiatan yang dilakukan orang tua
bersama anak-anaknya dalam suatu lingkungan keluarga dapat memperlihatkan ....
A. situasi terjadinya sosialisasi pada diri anak
B. usaha orang tua memanfaatkan tenaga anaknya
C. usaha orang tua mewariskan keterampilan
kepada anak
D. situasi yang terjadi secara alami
15. “Pendidikan adalah usaha sadar untuk
menyiapkan peserta didik, melalui kegiatan bimbingan pengajaran atau latihan,
bagi peranannya dimasa yang akan datang”. Kalimat di atas adalah bunyi pasal I Undang-undang nomor 2/89 sebagai
rumusan ....
A. konsep pendidikan
B. undang-undang
C. hakikat pendidikan
D. makna pendidikan
16. Peran utama pendidikan adalah ....
A. mendidik manusia berkualitas dan bisa
diandalkan
B. berusaha menyiapkan manusia sebagai subyek
dalam pembangunan nasional
C. mengembangkan kepribadian siswa secara
optimal
D. meningkatkan kemampuan manusia Indonesia
secara keseluruhan
17. Pendidikan yang berusaha meningkatkan
kemampuan karyawan dalam pelaksanaan tugas kedinasan, di suatu Departemen
pemerintah, termasuk dalam kelompok pendidikan ....
A. akademik
B. kejuruan
C. kedinasan
D. profesional
18. Guru sebagai petugas lapangan, mempunyai
peranan penting dalam mengemban tugas menerapkan kurikulum bermuatan lokal
dimana dia bertugas. Dan karena itu yang harus diperhatikan para guru adalah
....
A. kurikulum bermuatan lokal dikembangkan sesuai
dengan kemampuan guru
B. pengembangan kurikulum bermuatan lokal,
penyusunannya diserahkan kepada guru setempat
C. isi kurikulum bermuatan lokal, disesuaikan
dengan kondisi lingkungan setempat
D. kurikulum bermuatan lokal dikembangkan untuk
memenuhi program pendidikan secara nasional
19. Konsep-konsep kehidupan dan mengenai dunia
yang dicapai dengan filsafat disebut ....
A. kajian filsafat
B. pikiran filosofis
C. wawasan filosofis
D. pendirian filosofis
20. Agama dan pendirian hidup adalah salah satu
factor yang terkandung dalam ....
A. pendirian filosofis
B. keyakinan hidup
C. falsafah hidup
D. aliran kepercayaan
21. Arti harfiah dari filsafat adalah ....
A. cinta kepada diri sendiri dan sesama
B. cinta kepada ilmu pengetahuan alam
C. cinta kepada kearifan dan hikmah
kebijaksanaan
D. penghayatan kepada ilmu pengetahua
22. Kegiatan yang dilakukan sebelum melakukan
sesuatu adalah kegiatan ....
A. berpikir secara filosofis
B. berpikir secara konseptual
C. menyusun rencana kerja
D. membuat persiapan kerja
23. Orang atau pihak yang boleh berpikir
filosofis adalah ....
A. orang tua
B. orang muda
C. semua orang
D. kaum cendekiawan
24. Yang membedakan pendidikan dari kegiatan
manusia lainnya adalah ....
A. penentuan arah dan tujuan-tujuan yang ingin
dicapai
B. arah yang dituju tenaga pendidik
C. arah pemikiran anak didik
D. perkembangan yang dialami anak didik
25. Hasil keputusan bertindak, dalam kaitan
dengan tujuan yang diharapkan adalah ....
A. arti dari setiap tindakan pendidikan
B. suatu proses kegiatan manusia, baik pada
orang lain maupun pada diri sendiri
C. upaya membina seluruh perkembangan yang
dibina
D. pengaruh dari orang lain maupun dari
lingkungan
26. Salah satu tokoh yang paling berhasil
merumuskan filsafat pendidikan ialah ....
A. J.J. Rouseau
B. R.M. Hutchins
C. W.H Kilpatrick
D. G.S Count
27. Yang berperan sebagai pemimpin dalam bidang spiritual dan
penanaman disiplin kepada siswa, menurut Mashab filsafat perenialisme adalah
....
A. orang tua
B. pemimpin agama
C. pemimpin adat
D. guru
28. “Bangsa Indonesia lahir dengan kekuatan
sendiri, berjuang sendiri untuk mencapai kemerdekaan dari tangan penjajah”.
Dari pernyataan tersebut di atas terlihat bahwa salah satu yang menjadi ciri
kepribadian bangsa Indonesia adalah ....
A. percaya pada diri sendiri
B. kurang percaya pada diri sendiri
C. cenderung bergantung pada bangsa lain
D. gagah berani
29. “Pendidikan Pancasila termasuk pendidikan
Moral Pancasila dan unsur-unsur yang dapat meneruskan dan mengembangkan jiwa
dan nilai 1945 kepada generasi muda, dimasukkan dalam kurikulum
sekolah-sekolah, mulai dari TK sampai dengan di Perguruan Tinggi”. Pernyataan
ini termuat dalam ....
A. TAP MPR/II/978
B. GBHN 1993
C. UUD’45
D. UUD sementara RI
30. Pelaksanaan pendidikan menurut Ki Hajar
Dewantara dibagi dalam 3 bagian. Rumusan tersebut antara lain mengajarkan, bila
siswa talak matang, maka pengajaran lebih banyak diam dibelakang memperhatikan
apa yang dilakukan siswa, memberikan harapan bila diperlukan dan memberi
bimbingan pada siswa. Anjuran tersebut termasuk dalam rumusan ....
A. Ing madyo mangun karso
B. Ing ngarso sung tulodo
C. Tut Wuri Handayani
D. Eka Prasetya Pancakarsa
31. Proses sosialisasi adalah salah satu fungsi
pokok dari ....
A. transmisi
B. pendidikan
C. transformasi
D. belajar
32. Seorang perancang bangungan menyandang
predikat arsitek. Contoh ini menunjukkan bahwa pendidikan berfungsi sebagai
alat ....
A. seleksi
B. alokasi
C. transmisi
D. transformasi
33. “Kebudayaan dilestarikan melalui pendidikan
dan pelaksanaan pendidikan ditentukan oleh kebudayaan masyarakat”. Pernyataan
ini adalah ....
A. gambaran kebudayaan dan masyarakat Indonesia
B. lukisan hubungan kebudayaan, masyarakat dan
pendidikan di Indonesia
C. ikatan kerjasama pendidikan dan masyarakat
Indonesia
D. ikatan kerjasama pendidikan dan kebudayaan
Indonesia
34. Pola tingkah laku suatu masyarakat di suatu
kampung, diterima dan dipelajari serta menjadi pola tingkah laku generasi muda
di kampung tersebut, artinya generasi muda dalam masyarakat tersebut telah ....
A. tersosialisasi
B. terasimilasi
C. teridentifikasi
D. terakulturasi
35. Mengajarkan tingkah laku umum kepada semua
anggota keluarga adalah ....
A. ciri pokok lembaga pendidikan masyarakat
B. kurikulum yang dirancang khusus untuk anggota
masyarakat
C. tugas pokok seorang guru ditengah masyarakat
D. fungsi pendidikan bagi keluarga primitif
36. Mengajarkan pengetahuan umum dan khusus,
dalam rangka mempersiapkan anak untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu, adalah ....
A. tugas seorang guru yang bertanggungjawab
B. fungsi pendidikan bagi keluarga modern
C. ciri pokok lembaga pendidikan masyarakat
D. kurikulum yang dirancang khusus untuk anggota
masyarakat
37. Dalam keluarga anak memperoleh contoh
sikap-sikap yang mempengaruhi perkembangan anak selanjutnya. Hal ini
menunjukkan bahwa keluarga juga berperan sebagai ....
A. lembaga pendidikan
B. institusi sosial
C. tempat pembentukan sikap anak
D. pendidik yang utama
38. Seorang anak yang kurang mampu mandiri, biasanya terlalu banyak diatur
orang tua. Ini adalah salah satu gambaran ....
A. pengaruh positif
dari keluarga terhadap pendidikan anak
B. keluarga yang otoriter dibidang pendidikan
C. keluarga yang sangat peduli dengan pendidikan
anak
D. pengaruh negatif dari keluarga terhadap pendidikan
anak
39. Anak dari keluarga berstatus sosial ekonomi
tinggi, cenderung memiliki aspirasi pendidikannya tinggi, sehingga anak
tersebut cenderung mempunyai prestasi akademik tinggi pula. Hal ini menunjukkan
bahwa status sosial ekonomi mempunyai hubungan erat dengan ....
A. cara pandang kehidupan
B. cara bergaul dengan masyarakat
C. prestasi belajar
D. keluarga
40. Aspirasi pendidikan kelompok sebaya,
mempunyai korelasi positif dengan aspirasi siswa sebagai anggota kelompok
sebaya. Artinya kelompok sebaya mempunyai kaitan erat dengan ....
A. tujuan pendidikan
B. proses pendidikan
C. proses pendewasaan
D. pembentukan pribadi
41. Gabungan individu anak yang rata-rata berusia
hampir sama biasanya disebut ....
A. kelompok remaja
B. karang taruna
C. kelompok anak baru gede
D. kelompok sebaya
42. “Kami sebagai pemberi dukungan kepada anggota
untuk mencapai prestasi yang tinggi disekolah”. Pernyataan ini adalah ....
A. tujuan kelompok sebaya
B. fungsi kelompok sebaya
C. cita-cita kelompok sebaya
D. sifat kelompok sebaya
43. Memberikan jalan pada anak untuk lebih
mandiri, menumbuhkan sikap kerjasama dan membuka horizon yang lebih luas pada
anak adalah ....
A. pengaruh negatif kelompok sebaya pada anak
B. hal yang baik dari kelompok sebaya
C. pengaruh positif kelompok sebaya pada anak
D. hal yang buruk dari kelompok sebaya
44. Semakin besar seorang anak, semakin luas
pergaulannya dan pengaruh lingkungan semakin besar. Dalam hal ini pembentukan
pribadi si anak lebih banyak dipengaruhi oleh ....
A. orang tua
B. tokoh masyarakat
C. kelompok bermain
D. kelompok sebaya
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 45 SAMPAI
60, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2)
BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3)
BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3)
BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
45. Manusia yang merupakan makhluk Tuhan yang
sempurna pada hakikatnya ....
1) mempunyai akal budi
2) mampu mengubah lingkungan
3) mempunyai norma pergaulan
46. Yang dimaksud dengan perkembangan manusia
adalah perkembangan yang ....
1) terjadi secara teratur
2) berlangsung dalam waktu yang lama
3) terjadi setelah mengalami suatu kecelakaan
47. Yang termasuk kelompok perkembangan
kepribadian adalah perkembangan ....
1) bahasa
2) emosi
3) moral
48. Peran keluarga dalam pembentukan pengetahuan
anak didik dapat diwujudkan dalam kegiatan ....
1) mengajarkan nama-nama benda yang ada di rumah
2) memperkenalkan fungsi benda yang sudah
dikenal anak
3) menghitung jumlah benda yang sudah dikenal
anak
49. Dasar-dasar pembelajaran anak didik yang
harus selalu diperhatikan oleh setiap pendidik dalam menunaikan tugasnya adalah
....
1) kebutuhan anak akan pendidikan
2) perkembangan jiwa anak didik
3) prinsip holistik perkembangan anak
50. Kondisi belajar yang menyenangkan adalah bila
....
1) situasi belajar membuat siswa bergairah untuk
berpartisipasi
2) topik yang dibahas membuat siswa terkesan
3) suasana yang diciptakan untuk belajar
terkenang untuk waktu yang lama
51. Menurut GBHN dan Undang-undang Nomor 2/89
bahwa penanggung jawab pendidikan di Indonesia adalah ....
1) pemerintah
2) keluarga
3) masyarakat
52. Hal yang terbentuk dalam proses pendidikan
sosialisasi anak adalah ....
1) anak akan memahami nilai-nilai kelompok dan
2) akrab dengan teman sekolah
3) anak merupakan bagian yang tidak terpisahkan
dari kelompok
53. Peranan suatu sekolah untuk mencapai proses
sosialisasi tingkat tertentu dalam diri anak didiknya adalah ....
1) bertanggungjawab dalam berbagai jenis proses
belajar
2) berperan sebagai lembaga formal yang
berfungsi melengkapi lembaga lain yang juga bertanggungjawab dalam proses
sosialisasi
3) melengkapi proses sosialisasi yang telah
dibina sebelumnya dalam keluarga
54. Keberhasilan suatu pendidikan tergantung
kepada kebersamaan pihak-pihak yang terkait, yaitu ....
1) sekolah berperan sebagai lembaga formal
2) keluarga berperan sebagai lembaga informal
3) masyarakat berperan sebagai lembaga nonformal
55. Misi yang menjadi tanggungjawab pendidikan
nasional adalah ....
1) mencerdaskan kehidupan bangsa
2) meningkatkan kualitas manusia Indonesia
3) mengembangkan kemampuan setiap warga negara
untuk mengembangkan dirinya
56. Sistem pendidikan nasional seperti yang
dikemukakan dalam Undang-undang nomor 2/89 diselenggarakan melalui ....
1) jalur pendidikan sekolah
2) jalur pendidikan luar sekolah
3) kegiatan pembelajaran yang berkesinambungan
57. Yang dimaksud dengan metafisika dalam
filsafat adalah ....
1) cabang filsafat yang mengkaji hakekat manusia
dan
2) kaitannya dengan hakekat segala sesuatu
3) pengaruh orang maupun lingkungan yang selalu
muncul
58. Karena Pancasila telah tertanam dalam kalbu
rakyat dan digali dari bumi Indonesia sendiri, maka sudah selayaknya Pancasila
menjadi ....
1) dasar negara Indonesia
2) pandangan hidup bangsa Indonesia
3) jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia
59. Manusia Indonesia yang hidup dalam negara
yang berdasarkan Pancasila, dalam melaksanakan tugas hidupnya mempunyai tugas
ganda yaitu ....
1) membantu membangun kehidupan bangsa sebagai
warga negara yang pancasilais
2) membangun diri sendiri sebagai insan
Pancasila
3) ikut memikul tanggungjawab atas pembangunan
bangsa sebagai masyarakat Pancasila
60. Lembaga social yang lazim digunakan sebagai
alat transmisi dan transformasi kebudayaan adalah lembaga yang disebut ....
1) masyarakat
2) sekolah
3) keluarga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar