TUGAS MANDIRI
KAPITA SELEKTA PEMBELAJARAN KIMIA
(PAKI4471)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 48, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Norma-norma kebenaran yang diberikan
seseorang atau sekelompok orang terhadap sesuatu disebut ....
A. kepercayaan (belief)
B. nilai (value)
C. kebiasaan (habit)
D. budaya (culture)
2. Penanaman nilai-nilai yang baik dan benar
sebaiknya diberikan pada ....
A. semua mata pelajaran
B. suatu pelajaran tertentu
C. mata pelajaran ilmu sosial
D. mata pelajaran eksakta
3. Nilai yang berhubungan dengan kualitas
pemeliharaan sistem biologis alam semesta adalah merupakan nilai ....
A. ekonomi
B. lingkungan
C. ekologi
D. etika
4. Nilai lingkungan adalah nilai-nilai yang
berhubungan dengan ....
A. kualitas pemeliharaan sistem biologis dari
alam semesta
B. tanggung jawab manusia terhadap keadaan saat
ini maupun saat mendatang tentang hal yang benar dan salah di masyarakat
C. aktivitas makhluk hidup dalam pengertian
kualitas sumber daya alam seperti tumbuhan, binatang, air, udara, dan tanah
D. penampilan bentuk, komposisi dan warna yang
dapat menyentuh perasaan manusia
5. Perbedaan mendasar antara kebenaran dalam
bidang ilmu kimia dengan nilai-nilai agama adalah ....
A. nilai-nilai agama bersifat mutlak sedang nilai-nilai
dalam ilmu kimia berubah-ubah
B. nilai-nilai ilmu kimia bersifat empirik
sedangkan nilai agama bersifat mutlak
C. nilai-nilai agama bersifat empirik sedangkan
nilai ilmu kimia bersifat mutlak
D. nilai-nilai agama bersifat universal
sedangkan nilai-nilai ilmu kimia hanya dalam batas bidang kimia saja
6. Di daerah perkotaan dan industri sebagian
besar air sungai telah tercemar oleh limbah industri ataupun limbah rumah tangga. Kondisi ini dapat meresahkan
penduduk sekitar yang memanfaatkan air sungai untuk berbagai keperluan.
Pertentangan kepentingan yang terjadi antara pemilik pabrik dengan penduduk
sekitar sungai berkenaan dengan pandangan tentang nilai ....
A. ekonomi, lingkungan, kesehatan
B. ekonomi, etika, kesehatan
C. ekologi, lingkungan, kesehatan
D. ekologi, etika, lingkungan
7. Pernyataan tentang nilai berikut ini adalah
benar, kecuali ....
A. pendidikan adalah tanggung jawab keluarga,
sekolah, dan masyarakat
B. pemahaman terhadap nilai lingkungan berguna
untuk meningkatkan kualitas sumber daya alam seperti tumbuhan, binatang, air,
udara, dan tanah
C. aplikasi terhadap suatu nilai atau
konsep-konsep di masyarakat tidak perlu diajarkan kepada siswa karena mereka
akan mampu melakukannya sendiri
D. model penanaman nilai melalui pengajaran
kimia dapat dilakukan dengan memberikan contoh bagaimana pengaruh nilai
tersebut dalam kehidupan sehari-hari
8. Kelompok pengetahuan yang sering dilupakan
oleh guru untuk disampaikan kepada siswa adalah ....
A. pengetahuan terhadap kebutuhan pribadi siswa
B. pengenalan terhadap isu-isu sosial
C. pengenalan terhadap ilmu-ilmu dasar
D. pengetahuan tentang persiapan karir
9. Pernyataan berikut adalah benar tentang
potensi-potensi untuk memperkenalkan wawasan lingkungan kepada siswa, kecuali
....
A. kimia mengajarkan konsep-konsep yang dapat
menjelaskan atau memecahkan masalah lingkungan
B. beberapa materi atau pokok bahasan yang
diajarkan berkaitan langsung dengan lingkungan
C. kimia mengajarkan metode ilmiah yang berguna
untuk menyelidiki masalah lingkungan
D. kemampuan untuk mengaplikasikan konsep-konsep
kimia akan tumbuh dengan sendirinya di masyarakat
10. Dalam memecahkan masalah masalah yang berhubungan dengan ilmu
kimia diperlukan hal-hal berikut ini, kecuali ....
A. kemampuan untuk mengaplikasikan metode ilmiah
B. penguasaan terhadap konsep-konsep, prinsip-prinsip yang relevan
dengan masalah yang dipecahkan
C. pengenalan konsep-konsep belajar sambil bekerja atau melakukan
suatu tugas
D. kemampuan untuk menghapalkan konsep-konsep atau prinsip dalam
bidang kimia secara teoritis
11. Pendapat yang mengatakan bahwa bertanya
dengan baik adalah mengajar dengan baik, dikemukakan oleh ....
A. Ausubel
B. Charles de Garmo
C. Gagne
D. Piaget
12. Pertanyaan berikut dapat diajukan untuk memusatkan perhatian siswa
dalam mengajarkan ilmu kimia unsur, kecuali ....
A. Mengapa emas banyak digunakan untuk perhiasan dibandingkan logam
lainnya?
B. Apa yang dimaksud dengan unsur?
C. Apa guna pengetahuan tentang unsur dalam kehidupan sehari-hari?
D. Mengapa logam-logam seperti emas, platina diberi nama logam mulia?
13. Jenis pertanyaan yang menghendaki siswa mengenal atau mengingat
informasi yang pernah mereka pelajari disebut pertanyaan ....
A. analitis
B. ingatan
C. pemahaman
D. penerapan
14. Jenis pertanyaan yang menghendaki siswa agar dapat menggunakan
suatu konsep atau prinsip kimia untuk memberikan jawaban atas suatu
permasalahan adalah pertanyaan ....
A. analisis
B. ingatan
C. pemahaman
D. penerapan
15. Pertanyaan yang diajukan kepada siswa dengan tujuan mencari
penjelasan lebih lanjut terhadap jawaban yang telah diberikan siswa disebut
pertanyaan ....
A. pengarah
B. probing
C. permintaan
D. retorik
16. Pertanyaan berikut yang merupakan pertanyaan permintaan adalah
....
A. Dapatkah Anda melakukan percobaan tersebut di ruang asam?
B. Apakah gunanya ruang asam?
C. Mengapa percobaan tersebut
perlu dilakukan di ruang asam?
D. Apakah semua percobaan perlu dilakukan di ruang asam?
17. Peningkatan frekuensi penggunaan jenis pertanyaan tingkat lanjut
dapat mendorong peningkatan prestasi belajar siswa. Pendapat tersebut
dikemukakan oleh ....
A. Redfield dan Rousseau
B. Redfield dan Wixson
C. Rousseau dan Wixson
D. Rousseau dan Giaconia
18. Di bawah ini adalah kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki guru
dalam memilih media pengajaran yang tepat untuk program pembelajarannya, kecuali
....
A. jenis-jenis media dan kegunaannya
B. cara menentukan media yang tepat/sesuai dengan topik dan sasaran
peserta didik
C. canggih atau tidaknya media
D. keterampilan mengembangkan media
19. Pernyataan berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik
dalam mengajukan pertanyaan kepada siswa, kecuali ....
A. mengulang pertanyaan yang tidak bisa dijawab siswa
B. menjawab sendiri pertanyaan yang diajukan
C. menghindarkan jawaban serempak dari siswa
D. menggunakan pertanyaan ganda
20. Pernyataan berikut yang tidak tepat tentang pengaruh waktu
tunggu terhadap respon siswa, yaitu waktu tunggu yang cukup ....
A. menyebabkan respon siswa menjadi lebih banyak
B. menyebabkan jawaban-jawaban spekulasi dari siswa menjadi berkurang
C. menyebabkan respon yang salah dari siswa menjadi berkurang
D. maupun waktu tunggu yang singkat tidak ada pengaruhnya terhadap
respon siswa
21. Siswa dalam belajar IPA berperan aktif menemukan gagasan tentang
alam, menciptakan arti, dan mengembangkan strategi untuk memperoleh pemahaman
mengapa dan bagaimana proses alam terjadi. Pendapat tersebut dikemukakan oleh
....
A. Osborne dan Wittrock
B. Gagne
C. Piaget
D. Ausubel
23. Pernyataan berikut semuanya benar, kecuali ....
A. teori belajar berfungsi sebagai kerangka kerja, menyediakan
organisasi, menjelaskan kompleksitas dan reorganisasi pengalaman
B. teori belajar generatif mengutamakan aktivitas siswa sebagai
subyek pembelajaran
C. menurut Piaget semua individu mencapai tingkat operasi formal
secara bertahap dan dengan kecepatan yang sama
D. untuk dapat memahami konsep-konsep kimia yang bersifat abstrak
diperlukan tingkat kemampuan berfikir formal
24. Siswa mampu untuk melukiskan geometri molekul, berpikir
deduktif-hipotetik, induktif verifikatif apabila siswa sudah berada pada tahap
....
A. operasi formal
B. operasi kongkrit
C. tingkat berpikir abstrak
D. antara operasi formal dan operasi kongkrit
25. Di dalam kelas, guru juga bertugas memberikan arahan bagi siswa
untuk mencapai pemahaman konsep. Peran guru tersebut adalah sebagai ....
A. pelaku eksperimen
B. pemandu kegiatan
C. pendiagnostik
D. pelaku evaluasi
26. Di dalam laboratorium, seorang siswa melakukan uji coba beberapa
zat untuk menentukan zat tersebut tergolong elektrolit atau non elektrolit.
Siswa tersebut dikategorikan berada pada tahap ....
A. aplikasi konsep
B. eksplorasi konsep
C. klasifikasi konsep
D. pengenalan konsep
27. Setelah melakukan serangkaian kegiatan uji coba zat elektrolit
atau non elektrolit, tahap selanjutnya guru mengarahkan siswa untuk melakukan
diskusi tanya jawab. Tahap ini dikategorikan sebagai tahap ....
A. aplikasi konsep
B. eksplorasi konsep
C. klasifikasi konsep
D. pengenalan konsep
28. Media adalah perangkat komunikasi yang dapat digunakan untuk
menyalurkan pesan dari seseorang ke orang lain yang tidak berada dihadapannya.
Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
A. Gagne
B. Mc Luhan
C. Reiner
D. Romiszowski
29. Untuk mengajarkan topik kecepatan reaksi seperti pengaruh luas
permukaan terhadap kecepatan reaksi, media yang paling tepat untuk digunakan
adalah media ....
A. gambar atau foto
B. visual diam
C. visual gerak
D. buku teks
30. Untuk memperlihatkan terjadinya perubahan warna pada titik akhir
titrasi asam oleh basa, maka media yang paling tepat digunakan adalah ....
A. media yang memiliki akurasi tinggi
B. media yang mampu menghasilkan penampakan gambar yang jelas
C. media yang dapat menyediakan aspek verbal yang dibutuhkan
D. media yang mampu menampilkan gambar-gambar/visual
31. Agar siswa memiliki gambaran yang utuh tentang cara mengolah air
limbah menjadi air minum dan air untuk kebutuhan sehari-hari maka pembelajaran
dapat diberikan melalui ....
A. pengalaman terbatas seperti pengajaran mikro
B. demonstrasi kepada siswa
C. karyawisata ke lokasi PDAM
D. pameran dan perangkat audio visual lainnya
32. Media pembelajaran yang paling sederhana digunakan untuk
mengajarkan klasifikasi materi adalah ....
A. transparansi (OHP)
B. gambar dan foto
C. rekaman video
D. lembar kerja siswa (LKS)
33. Untuk memahami jenis ikatan kimia, khususnya pada proses
terjadinya ikatan dan bentuk geometri molekul maka dapat digunakan media ....
A. audio visual
B. molymood
C. gambar skematis
D. ilustrasi struktur atom
34. Media yang dapat menyampaikan tiga jenis pesan sekaligus
adalah ....
A. radio
B. CAI
C. OHP
D. TV
35. Agar siswa terampil dalam mengobservasi, mengklasifikasi, dan
melakukan percobaan, maka media yang paling tepat digunakan adalah ....
A. alat dan bahan praktikum
B. televisi
C. media visual
D. media audio
36. Media yang paling tepat digunakan untuk mengajarkan unsur-unsur
radioaktif dan dampak dari radiasinya dalam kimia inti adalah ....
A. radio
B. buku paket
C. CAI
D. video
37. Bila hasil belajar yang diharapkan berupa keterampilan intelektual,
maka media yang paling tepat digunakan adalah ....
A. media yang mampu memberikan umpan balik pada respon siswa
B. media yang mampu menyampaikan pesan verbal, audio dan visual
C. media yang mampu menyampaikan pesan verbal dan tulisan
D. media yang mewajibkan siswa melakukan praktek langsung disertai
umpan balik yang informatif
38. Agar siswa memiliki kemampuan untuk membedakan mana zat atau
reaksi yang berguna bagi masyarakat dan mana yang berbahaya, maka media yang
paling tepat digunakan adalah ....
A. media yang mampu memberikan umpan balik pada respon siswa
B. media yang mampu menyampaikan pesan verbal, audio dan visual
C. media yang mampu menyampaikan pesan verbal dan tulisan
D. media yang mewajibkan siswa melakukan praktek langsung disertai umpan
balik yang informatif
39. Metode eksperimen memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut, kecuali ....
A. menekankan pada keterampilan verbal
B. mengembangkan sikap berpikir ilmiah
C. memberi penguatan pada ingatan siswa
D. memberi kesempatan pada siswa untuk mengalokasikan sain dan
teknologi
40. Aktivitas berikut dapat digunakan untuk menilai aspek afektif
siswa, kecuali ....
A. kerjasama antar anggota dalam kelompok
B. cara mengambil dan menyimpan kembali alat dan bahan
C. tanggung jawab terhadap kerusakan dan kebersihan ruang praktikum
D. kemampuan untuk menggunakan alat-alat dari kaca dengan benar
41. Metode demonstrasi dapat digunakan oleh guru apabila ....
A. menghendaki semua siswa terlibat aktif dalam kegiatan praktikum
B. alat dan bahan yang tersedia terbatas dan percobaan secara
individual tidak dapat dilaksanakan
C. percobaan-percobaan yang dilakukan memerlukan waktu yang cukup
lama
D. siswa telah mengerti dengan maksud dan tujuan dari percobaan
tersebut
42. Percobaan berikut yang sebaiknya dilakukan dengan metode
demonstrasi adalah ....
A. melakukan uji coba larutan elektrolit dan non elektrolit
B. mengukur pH suatu larutan dengan pH meter
C. membuktikan reaksi explosive antara logam natrium dalam air
D. menggolongkan zat atas asam, basa, garam dengan menggunakan kertas
lakmus
43. Metode yang paling tepat digunakan untuk memberi pengalaman kepada
siswa dalam memecahkan permasalahan IPA sehingga menjadi bermakna bagi siswa
itu sendiri adalah metode ....
A. eksperimen
B. proyek
C. karyawisata
D. demonstrasi
44. Bila sekolah tempat Anda mengajar dekat dengan lokasi pengolahan
air minum (PDAM), maka metode yang paling tepat digunakan untuk mengajarkan
topik penjernihan air adalah metode ....
A. eksperimen
B. proyek
C. karyawisata
D. demonstrasi
45. Pengajaran kimia melalui pendekatan proses atau metode ilmiah
dapat menumbuhkan hal-hal sebagai berikut, kecuali ....
A. rasa ingin tahu siswa
B. menggunakan metode ilmiah untuk mengambil keputusan
C. membuka cakrawala berpikir
D. mengembangkan keterampilan verbal
46. Aktivitas berikut dapat menumbuhkan kecintaan siswa terhadap ilmu
kimia, kecuali ....
A. menghapal sejumlah konsep dan rumus-rumus kimia
B. siswa melakukan uji coba untuk menentukan sifat asam, basa,
garam/netral suatu larutan dengan indikator lakmus
C. memecahkan permasalahan yang diberikan dengan menggunakan metode
ilmiah
D. siswa berdiskusi, berinteraksi dengan teman-temannya tentang
kecenderungan hasil-hasil data percobaan yang telah dilakukannya
47. Di laboratorium siswa melakukan uji coba dengan menggunakan kertas
lakmus merah, biru, dan fenolftalein (pp) terhadap beberapa larutan, kemudian
dikelompok berdasarkan keteraturan, kecenderungan, kemudian ditarik suatu
kesimpulan. Kegiatan yang dilakukan siswa tersebut meliputi ....
A. observasi, membandingkan, menyimpulkan
B. observasi, mengklasifikasikan,
menyim-pulkan
C. prediksi, mengklasifikasikan, menyim-pulkan
D. prediksi, membedakan, menyimpulkan
48. Guru memberikan beberapa pertanyaan yang mengarahkan siswa pada
pembahasan konsep yang sedang dipelajari. Kondisi ini terjadi pada fase ....
A. eksplorasi konsep
B. pengenalan konsep
C. penerapan konsep
D. evaluasi konsep
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 49
SAMPAI 70, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
49. Pemahaman terhadap nilai-nilai dalam pelajaran kimia perlu
diketahui oleh siswa karena ....
1) dalam bidang kimia dijumpai banyak bahan-bahan kimia dan
reaksi-reaksi kimia yang sifatnya beracun
2) pemahaman yang benar terhadap suatu nilai dapat menghindarkan
siswa dari perbuatan yang kurang terpuji
(3) dengan wawasan nilai yang mantap siswa
diharapkan dapat memanfaatkan pengetahuan yang diperoleh untuk kesejahteraan
serta kemajuan ilmu dan teknologi
50. Pada saat ini media TV sebagai media pengajaran untuk mahasiswa
Universitas Terbuka khususnya memiliki beberapa kendala antara lain ....
1) kurang melatih kemampuan mahasiswa pada aspek psikomotor
2) pada daerah-daerah yang jauh dari jangkauan pemancar kualitas
gambar kurang jelas
3) jadwal tayang yang kurang sesuai dengan jam belajar
51. Penanaman terhadap nilai-nilai yang baik dan benar adalah
merupakan tanggung jawab dari ....
1) keluarga di rumah
2) guru-guru di sekolah
3) masyarakat sekitar
52. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kematangan nilai-nilai yang
dimiliki siswa adalah ....
1) tingkat kematangan
2) kedalaman penguasaan materi
3) kondisi lingkungan siswa
53. Pengetahuan tentang lingkungan diperlukan oleh para siswa (generasi
muda) karena ....
1) siswa merupakan generasi penerus bangsa
2) kemajuan bangsa dan kelestarian lingkungan sepenuhnya tergantung
pada usaha generasi muda
3) generasi muda kelak akan merasakan dampak dari perkembangan sain
dan teknologi serta pelestarian alam
54. Pengajaran ilmu kimia yang berwawasan lingkungan memerlukan adanya
peng-integrasian faktor-faktor ....
1) pengetahuan dasar
2) kepedulian pada isu-isu lingkungan
3) praktek untuk memecahkan masalah
55. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru kepada siswa dalam
proses pembelajaran berfungsi antara lain untuk ....
1) membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa terhadap pokok
bahasan tertentu
2) meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran
3) menguji dan mengukur hasil belajar siswa
56. Keuntungan yang diperoleh siswa bila guru menerapkan konsep-konsep
ilmu kimia yang ada di masyarakat atau lingkungan dalam program pengajarannya
antara lain adalah ....
1) dapat menumbuhkan motivasi belajar bagi siswa
2) siswa mendapat pengalaman langsung dalam memecahkan
masalah-masalah yang ada di lingkungannya
3) siswa kurang tertantang untuk mengembangkan pengetahuan baru
57. Waktu tunggu yang cukup dapat mempengaruhi respon siswa untuk ....
1) membantu siswa memberikan jawaban yang benar
2) memberi kesempatan pada siswa dalam menyiapkan jawaban lebih
lengkap
3) melibatkan banyak siswa agar dapat berpartisipasi dalam menjawab
soal
58. Setiap cabang keilmuan memiliki beberapa karakter yaitu ....
1) ontologis
2) epistemologi
3) aksiologi
59. Ilmu kimia memiliki karakteristik epistemologi antara lain ....
1) mengandalkan pengamatan untuk memperoleh gambaran sifat-sifat
materi
2) mengandalkan logika matematika untuk meramalkan aspek kuantitatif
perubahan komposisi materi
3) dilandasi pada pengamatan empirik tentang berbagai zat-zat yang
ada di alam
60. Untuk mengetahui pengaruh perubahan konsentrasi zat terhadap
kecepatan reaksi, Bapak Arif mengajak siswanya ke laboratorium untuk melakukan
serangkaian percobaan sampai ditemukan suatu kesimpulan. Adapun langkah-langkah
yang dapat ditempuh oleh siswa meliputi ....
1) mendapatkan masalah dan menyusun hipotesis
2) mendapatkan masalah dan melakukan eksperimen
3) melakukan eksperimen dan menarik kesimpulan
61. Pernyataan berikut merupakan kesamaan-kesamaan antara pendekatan
bersiklus dengan teori Piaget tahap ....
1) explorasi identik dengan proses asimilasi gagasan
2) penerapan identik dengan organisasi pengetahuan
3) proses akomodasi pengetahuan identik dengan tahap explorasi dalam
siklus pembelajaran
62. Pemakaian alat bantu seperti media film slide atau media visual
lainnya dalam proses belajar mengajar di kelas bertujuan antara lain untuk ....
1) mencegah kebosanan pada siswa
2) belajar lebih efektif dan bermakna
3) mendorong guru agar lebih berkreatif dalam memilih media
63. Pemilihan media yang efektif dalam membantu proses belajar
mengajar harus memperhatikan hal-hal berikut ....
1) kesesuaian media dengan tujuan yang dicapai
2) kesesuaian media dengan karakteristik pelajaran
3) ketersediaan media di lingkungan sekolah
64. Media visual banyak digunakan dalam proses belajar mengajar karena
....
1) harganya relatif murah
2) mudah dalam penggunaannya
3) jenis dan macamnya cukup banyak
65. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan metode eksperimen
antara lain ....
1) menetapkan tujuan
2) mempertimbangkan resiko keamanan
3) mengadakan persiapan alat dan bahan
66. Demonstrasi yang dilakukan pada akhir pelajaran bertujuan untuk
....
1) meningkatkan pemahaman siswa atas materi yang telah dipelajari
2) memantapkan pemahaman akan konsep-konsep yang belum jelas
3) menarik perhatian siswa agar bermotivasi pada pelajaran
selanjutnya
67. Proses pembelajaran kimia yang berlangsung dengan pendekatan
inkuiri memiliki ciri-ciri ....
1) proses pembelajaran berpusat pada siswa
2) masalah yang dipecahkan sesuai dengan tingkat berpikir siswa
3) lebih banyak menjawab pertanyaan “mengapa” dan “bagaimana”
daripada pertanyaan “apa”
68. Contoh pembelajaran dengan pendekatan inkuiri berikut yang benar
adalah ....
1) siswa diminta untuk menemukan unsur dan jenis unsur dalam suatu
sampel zat di laboratorium
2) siswa membedakan antara unsur logam dengan unsur non logam dalam
sistem periodik unsur
3) siswa menentukan kadar unsur karbon (C) dalam berbagai jenis
makanan/-tumbuhan
69. Perbedaan antara pendekatan inkuiri dengan pendekatan diskoveri
adalah ....
1) metode inkuiri lebih banyak menggunakan keterampilan proses IPA
terintegrasi seperti merumuskan hipotesis, melakukan percobaan, menyimpulkan
2) metode diskoveri lebih banyak menekankan pada keterampilan proses
IPA dasar seperti observasi, klarifikasi, pengukuran
3) pendekatan inkuiri lebih mudah dilakukan dari pada metode
diskoveri dalam memecahkan masalah
70. Pembelajaran bersiklus (LCs) memiliki beberapa kelebihan-kelebihan
antara lain ....
1) pembelajaran terpusat pada siswa
2) siswa menemukan konsep dengan jalan melakukan (leaning by doing)
3) pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar