Rabu, 25 Juni 2014

Soal Kapita Selekta Pembelajaran Kimia



TUGAS MANDIRI
KAPITA SELEKTA PEMBELAJARAN KIMIA
(PAKI4471)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 48,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Norma-norma kebenaran yang diberikan seseorang atau sekelompok orang terhadap sesuatu disebut ....
A.   kepercayaan (belief)
B.   nilai (value)
C.   kebiasaan (habit)
D.   budaya (culture)

2.   Penanaman nilai-nilai yang baik dan benar sebaiknya diberikan pada ....
A.   semua mata pelajaran
B.   suatu pelajaran tertentu
C.   mata pelajaran ilmu sosial
D.   mata pelajaran eksakta

3.   Nilai yang berhubungan dengan kualitas pemeliharaan sistem biologis alam semesta adalah merupakan nilai ....
A.   ekonomi
B.   lingkungan
C.   ekologi
D.   etika

4.   Nilai lingkungan adalah nilai-nilai yang berhubungan dengan ....
A.   kualitas pemeliharaan sistem biologis dari alam semesta
B.   tanggung jawab manusia terhadap keadaan saat ini maupun saat mendatang tentang hal yang benar dan salah di masyarakat
C.   aktivitas makhluk hidup dalam pengertian kualitas sumber daya alam seperti tumbuhan, binatang, air, udara, dan tanah
D.   penampilan bentuk, komposisi dan warna yang dapat menyentuh perasaan manusia

5.   Perbedaan mendasar antara kebenaran dalam bidang ilmu kimia dengan nilai-nilai agama adalah ....
A.   nilai-nilai agama bersifat mutlak sedang nilai-nilai dalam ilmu kimia berubah-ubah
B.   nilai-nilai ilmu kimia bersifat empirik sedangkan nilai agama bersifat mutlak
C.   nilai-nilai agama bersifat empirik sedangkan nilai ilmu kimia bersifat mutlak
D.   nilai-nilai agama bersifat universal sedangkan nilai-nilai ilmu kimia hanya dalam batas bidang kimia saja
6.   Di daerah perkotaan dan industri sebagian besar air sungai telah tercemar oleh limbah industri ataupun limbah  rumah tangga. Kondisi ini dapat meresahkan penduduk sekitar yang memanfaatkan air sungai untuk berbagai keperluan. Pertentangan kepentingan yang terjadi antara pemilik pabrik dengan penduduk sekitar sungai berkenaan dengan pandangan tentang nilai ....
A.   ekonomi, lingkungan, kesehatan
B.   ekonomi, etika, kesehatan
C.   ekologi, lingkungan, kesehatan
D.   ekologi, etika, lingkungan

7.   Pernyataan tentang nilai berikut ini adalah benar, kecuali ....
A.   pendidikan adalah tanggung jawab keluarga, sekolah, dan masyarakat
B.   pemahaman terhadap nilai lingkungan berguna untuk meningkatkan kualitas sumber daya alam seperti tumbuhan, binatang, air, udara, dan tanah
C.   aplikasi terhadap suatu nilai atau konsep-konsep di masyarakat tidak perlu diajarkan kepada siswa karena mereka akan mampu melakukannya sendiri
D.   model penanaman nilai melalui pengajaran kimia dapat dilakukan dengan memberikan contoh bagaimana pengaruh nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari

8.   Kelompok pengetahuan yang sering dilupakan oleh guru untuk disampaikan kepada siswa adalah ....
A.   pengetahuan terhadap kebutuhan pribadi siswa
B.   pengenalan terhadap isu-isu sosial
C.   pengenalan terhadap ilmu-ilmu dasar
D.   pengetahuan tentang persiapan karir

9.   Pernyataan berikut adalah benar tentang potensi-potensi untuk memperkenalkan wawasan lingkungan kepada siswa, kecuali ....
A.   kimia mengajarkan konsep-konsep yang dapat menjelaskan atau memecahkan masalah lingkungan
B.   beberapa materi atau pokok bahasan yang diajarkan berkaitan langsung dengan lingkungan
C.   kimia mengajarkan metode ilmiah yang berguna untuk menyelidiki masalah lingkungan
D.   kemampuan untuk mengaplikasikan konsep-konsep kimia akan tumbuh dengan sendirinya di masyarakat

10.   Dalam memecahkan masalah masalah yang berhubungan dengan ilmu kimia diperlukan hal-hal berikut ini, kecuali ....
A.   kemampuan untuk mengaplikasikan metode ilmiah
B.   penguasaan terhadap konsep-konsep, prinsip-prinsip yang relevan dengan masalah yang dipecahkan
C.   pengenalan konsep-konsep belajar sambil bekerja atau melakukan suatu tugas
D.   kemampuan untuk menghapalkan konsep-konsep atau prinsip dalam bidang kimia secara teoritis

11.   Pendapat yang mengatakan bahwa bertanya dengan baik adalah mengajar dengan baik, dikemukakan oleh ....
A.   Ausubel
B.   Charles de Garmo
C.   Gagne
D.   Piaget

12.   Pertanyaan berikut dapat diajukan untuk memusatkan perhatian siswa dalam mengajarkan ilmu kimia unsur, kecuali ....
A.   Mengapa emas banyak digunakan untuk perhiasan dibandingkan logam lainnya?
B.   Apa yang dimaksud dengan unsur?
C.   Apa guna pengetahuan tentang unsur dalam kehidupan sehari-hari?
D.   Mengapa logam-logam seperti emas, platina diberi nama logam mulia?

13.   Jenis pertanyaan yang menghendaki siswa mengenal atau mengingat informasi yang pernah mereka pelajari disebut pertanyaan ....
A.   analitis
B.   ingatan
C.   pemahaman
D.   penerapan

14.   Jenis pertanyaan yang menghendaki siswa agar dapat menggunakan suatu konsep atau prinsip kimia untuk memberikan jawaban atas suatu permasalahan adalah pertanyaan ....
A.   analisis
B.   ingatan
C.   pemahaman
D.   penerapan

15.   Pertanyaan yang diajukan kepada siswa dengan tujuan mencari penjelasan lebih lanjut terhadap jawaban yang telah diberikan siswa disebut pertanyaan ....
A.   pengarah
B.   probing
C.   permintaan
D.   retorik

16.   Pertanyaan berikut yang merupakan pertanyaan permintaan adalah ....
A.   Dapatkah Anda melakukan percobaan tersebut di ruang asam?
B.   Apakah gunanya ruang asam?
C.   Mengapa percobaan  tersebut perlu dilakukan di ruang asam?
D.   Apakah semua percobaan perlu dilakukan di ruang asam?

17.   Peningkatan frekuensi penggunaan jenis pertanyaan tingkat lanjut dapat mendorong peningkatan prestasi belajar siswa. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
A.   Redfield dan Rousseau
B.   Redfield dan Wixson
C.   Rousseau dan Wixson
D.   Rousseau dan Giaconia

18.   Di bawah ini adalah kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki guru dalam memilih media pengajaran yang tepat untuk program pembelajarannya, kecuali ....
A.   jenis-jenis media dan kegunaannya
B.   cara menentukan media yang tepat/sesuai dengan topik dan sasaran peserta didik
C.   canggih atau tidaknya media
D.   keterampilan mengembangkan media

19.   Pernyataan berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik dalam mengajukan pertanyaan kepada siswa, kecuali ....
A.   mengulang pertanyaan yang tidak bisa dijawab siswa
B.   menjawab sendiri pertanyaan yang diajukan
C.   menghindarkan jawaban serempak dari siswa
D.   menggunakan pertanyaan ganda

20.   Pernyataan berikut yang tidak tepat tentang pengaruh waktu tunggu terhadap respon siswa, yaitu waktu tunggu yang cukup ....
A.   menyebabkan respon siswa menjadi lebih banyak
B.   menyebabkan jawaban-jawaban spekulasi dari siswa menjadi berkurang
C.   menyebabkan respon yang salah dari siswa menjadi berkurang
D.   maupun waktu tunggu yang singkat tidak ada pengaruhnya terhadap respon siswa

21.   Siswa dalam belajar IPA berperan aktif menemukan gagasan tentang alam, menciptakan arti, dan mengembangkan strategi untuk memperoleh pemahaman mengapa dan bagaimana proses alam terjadi. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
A.   Osborne dan Wittrock
B.   Gagne
C.   Piaget
D.   Ausubel

23.   Pernyataan berikut semuanya benar, kecuali ....
A.   teori belajar berfungsi sebagai kerangka kerja, menyediakan organisasi, menjelaskan kompleksitas dan reorganisasi pengalaman
B.   teori belajar generatif mengutamakan aktivitas siswa sebagai subyek pembelajaran
C.   menurut Piaget semua individu mencapai tingkat operasi formal secara bertahap dan dengan kecepatan yang sama
D.   untuk dapat memahami konsep-konsep kimia yang bersifat abstrak diperlukan tingkat kemampuan berfikir formal

24.   Siswa mampu untuk melukiskan geometri molekul, berpikir deduktif-hipotetik, induktif verifikatif apabila siswa sudah berada pada tahap ....
A.   operasi formal
B.   operasi kongkrit
C.   tingkat berpikir abstrak
D.   antara operasi formal dan operasi kongkrit

25.   Di dalam kelas, guru juga bertugas memberikan arahan bagi siswa untuk mencapai pemahaman konsep. Peran guru tersebut adalah sebagai ....
A.   pelaku eksperimen
B.   pemandu kegiatan
C.   pendiagnostik
D.   pelaku evaluasi

26.   Di dalam laboratorium, seorang siswa melakukan uji coba beberapa zat untuk menentukan zat tersebut tergolong elektrolit atau non elektrolit. Siswa tersebut dikategorikan berada pada tahap ....
A.   aplikasi konsep
B.   eksplorasi konsep
C.   klasifikasi konsep
D.   pengenalan konsep

27.   Setelah melakukan serangkaian kegiatan uji coba zat elektrolit atau non elektrolit, tahap selanjutnya guru mengarahkan siswa untuk melakukan diskusi tanya jawab. Tahap ini dikategorikan sebagai tahap ....
A.   aplikasi konsep
B.   eksplorasi konsep
C.   klasifikasi konsep
D.   pengenalan konsep

28.   Media adalah perangkat komunikasi yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari seseorang ke orang lain yang tidak berada dihadapannya. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
A.   Gagne
B.   Mc Luhan
C.   Reiner
D.   Romiszowski

29.   Untuk mengajarkan topik kecepatan reaksi seperti pengaruh luas permukaan terhadap kecepatan reaksi, media yang paling tepat untuk digunakan adalah media ....
A.   gambar atau foto
B.   visual diam
C.   visual gerak
D.   buku teks

30.   Untuk memperlihatkan terjadinya perubahan warna pada titik akhir titrasi asam oleh basa, maka media yang paling tepat digunakan adalah ....
A.   media yang memiliki akurasi tinggi
B.   media yang mampu menghasilkan penampakan gambar yang jelas
C.   media yang dapat menyediakan aspek verbal yang dibutuhkan
D.   media yang mampu menampilkan gambar-gambar/visual

31.   Agar siswa memiliki gambaran yang utuh tentang cara mengolah air limbah menjadi air minum dan air untuk kebutuhan sehari-hari maka pembelajaran dapat diberikan melalui ....
A.   pengalaman terbatas seperti pengajaran mikro
B.   demonstrasi kepada siswa
C.   karyawisata ke lokasi PDAM
D.   pameran dan perangkat audio visual lainnya

32.   Media pembelajaran yang paling sederhana digunakan untuk mengajarkan klasifikasi materi adalah ....
A.   transparansi (OHP)
B.   gambar dan foto
C.   rekaman video
D.   lembar kerja siswa (LKS)


33.   Untuk memahami jenis ikatan kimia, khususnya pada proses terjadinya ikatan dan bentuk geometri molekul maka dapat digunakan media ....
A.   audio visual
B.   molymood
C.   gambar skematis
D.   ilustrasi struktur atom

34.   Media yang dapat menyampaikan tiga jenis pesan sekaligus adalah  ....
A.   radio
B.   CAI
C.   OHP
D.   TV

35.   Agar siswa terampil dalam mengobservasi, mengklasifikasi, dan melakukan percobaan, maka media yang paling tepat digunakan adalah  ....
A.   alat dan bahan praktikum
B.   televisi
C.   media visual
D.   media audio

36.   Media yang paling tepat digunakan untuk mengajarkan unsur-unsur radioaktif dan dampak dari radiasinya dalam kimia inti adalah ....
A.   radio
B.   buku paket
C.   CAI
D.   video

37.   Bila hasil belajar yang diharapkan berupa keterampilan intelektual, maka media yang paling tepat digunakan adalah ....
A.   media yang mampu memberikan umpan balik pada respon siswa
B.   media yang mampu menyampaikan pesan verbal, audio dan visual
C.   media yang mampu menyampaikan pesan verbal dan tulisan
D.   media yang mewajibkan siswa melakukan praktek langsung disertai umpan balik yang informatif

38.   Agar siswa memiliki kemampuan untuk membedakan mana zat atau reaksi yang berguna bagi masyarakat dan mana yang berbahaya, maka media yang paling tepat digunakan adalah ....
A.   media yang mampu memberikan umpan balik pada respon siswa
B.   media yang mampu menyampaikan pesan verbal, audio dan visual
C.   media yang mampu menyampaikan pesan verbal dan tulisan
D.   media yang mewajibkan siswa melakukan praktek langsung disertai umpan balik yang informatif

39.   Metode eksperimen memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut, kecuali  ....
A.   menekankan pada keterampilan verbal
B.   mengembangkan sikap berpikir ilmiah
C.   memberi penguatan pada ingatan siswa
D.   memberi kesempatan pada siswa untuk mengalokasikan sain dan teknologi

40.   Aktivitas berikut dapat digunakan untuk menilai aspek afektif siswa, kecuali  ....
A.   kerjasama antar anggota dalam kelompok
B.   cara mengambil dan menyimpan kembali alat dan bahan
C.   tanggung jawab terhadap kerusakan dan kebersihan ruang praktikum
D.   kemampuan untuk menggunakan alat-alat dari kaca dengan benar

41.   Metode demonstrasi dapat digunakan oleh guru apabila  ....
A.   menghendaki semua siswa terlibat aktif dalam kegiatan praktikum
B.   alat dan bahan yang tersedia terbatas dan percobaan secara individual tidak dapat dilaksanakan
C.   percobaan-percobaan yang dilakukan memerlukan waktu yang cukup lama
D.   siswa telah mengerti dengan maksud dan tujuan dari percobaan tersebut

42.   Percobaan berikut yang sebaiknya dilakukan dengan metode demonstrasi adalah  ....
A.   melakukan uji coba larutan elektrolit dan non elektrolit
B.   mengukur pH suatu larutan dengan pH meter
C.   membuktikan reaksi explosive antara logam natrium dalam air
D.   menggolongkan zat atas asam, basa, garam dengan menggunakan kertas lakmus

43.   Metode yang paling tepat digunakan untuk memberi pengalaman kepada siswa dalam memecahkan permasalahan IPA sehingga menjadi bermakna bagi siswa itu sendiri adalah metode ....
A.   eksperimen
B.   proyek
C.   karyawisata
D.   demonstrasi

44.   Bila sekolah tempat Anda mengajar dekat dengan lokasi pengolahan air minum (PDAM), maka metode yang paling tepat digunakan untuk mengajarkan topik penjernihan air adalah metode  ....
A.   eksperimen
B.   proyek
C.   karyawisata
D.   demonstrasi

45.   Pengajaran kimia melalui pendekatan proses atau metode ilmiah dapat menumbuhkan hal-hal sebagai berikut, kecuali  ....
A.   rasa ingin tahu siswa
B.   menggunakan metode ilmiah untuk mengambil keputusan
C.   membuka cakrawala berpikir
D.   mengembangkan keterampilan verbal

46.   Aktivitas berikut dapat menumbuhkan kecintaan siswa terhadap ilmu kimia, kecuali  ....
A.   menghapal sejumlah konsep dan rumus-rumus kimia
B.   siswa melakukan uji coba untuk menentukan sifat asam, basa, garam/netral suatu larutan dengan indikator lakmus
C.   memecahkan permasalahan yang diberikan dengan menggunakan metode ilmiah
D.   siswa berdiskusi, berinteraksi dengan teman-temannya tentang kecenderungan hasil-hasil data percobaan yang telah dilakukannya

47.   Di laboratorium siswa melakukan uji coba dengan menggunakan kertas lakmus merah, biru, dan fenolftalein (pp) terhadap beberapa larutan, kemudian dikelompok berdasarkan keteraturan, kecenderungan, kemudian ditarik suatu kesimpulan. Kegiatan yang dilakukan siswa tersebut meliputi  ....
A.   observasi, membandingkan, menyimpulkan
B.   observasi,   mengklasifikasikan, menyim-pulkan
C.   prediksi, mengklasifikasikan, menyim-pulkan
D.   prediksi, membedakan, menyimpulkan

48.   Guru memberikan beberapa pertanyaan yang mengarahkan siswa pada pembahasan konsep yang sedang dipelajari. Kondisi ini terjadi pada fase ....
A.   eksplorasi konsep
B.   pengenalan konsep
C.   penerapan konsep
D.   evaluasi konsep

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   49   SAMPAI   70,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
49.   Pemahaman terhadap nilai-nilai dalam pelajaran kimia perlu diketahui oleh siswa karena ....
1)   dalam bidang kimia dijumpai banyak bahan-bahan kimia dan reaksi-reaksi kimia yang sifatnya beracun
2)   pemahaman yang benar terhadap suatu nilai dapat menghindarkan siswa dari perbuatan yang kurang terpuji
(3)  dengan wawasan nilai yang mantap siswa diharapkan dapat memanfaatkan pengetahuan yang diperoleh untuk kesejahteraan serta kemajuan ilmu dan teknologi

50.   Pada saat ini media TV sebagai media pengajaran untuk mahasiswa Universitas Terbuka khususnya memiliki beberapa kendala antara lain ....
1)   kurang melatih kemampuan mahasiswa pada aspek psikomotor
2)   pada daerah-daerah yang jauh dari jangkauan pemancar kualitas gambar kurang jelas
3)   jadwal tayang yang kurang sesuai dengan jam belajar

51.   Penanaman terhadap nilai-nilai yang baik dan benar adalah merupakan tanggung jawab dari ....
1)   keluarga di rumah
2)   guru-guru di sekolah
3)   masyarakat sekitar

52.   Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kematangan nilai-nilai yang dimiliki siswa adalah ....
1)   tingkat kematangan
2)   kedalaman penguasaan materi
3)   kondisi lingkungan siswa

53.   Pengetahuan tentang lingkungan diperlukan oleh para siswa (generasi muda) karena ....
1)   siswa merupakan generasi penerus bangsa
2)   kemajuan bangsa dan kelestarian lingkungan sepenuhnya tergantung pada usaha generasi muda
3)   generasi muda kelak akan merasakan dampak dari perkembangan sain dan teknologi serta pelestarian alam

54.   Pengajaran ilmu kimia yang berwawasan lingkungan memerlukan adanya peng-integrasian faktor-faktor ....
1)   pengetahuan dasar
2)   kepedulian pada isu-isu lingkungan
3)   praktek untuk memecahkan masalah

55.   Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru kepada siswa dalam proses pembelajaran berfungsi antara lain untuk ....
1)   membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa terhadap pokok bahasan tertentu
2)   meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran
3)   menguji dan mengukur hasil belajar siswa

56.   Keuntungan yang diperoleh siswa bila guru menerapkan konsep-konsep ilmu kimia yang ada di masyarakat atau lingkungan dalam program pengajarannya antara lain adalah ....
1)   dapat menumbuhkan motivasi belajar bagi siswa
2)   siswa mendapat pengalaman langsung dalam memecahkan masalah-masalah yang ada di lingkungannya
3)   siswa kurang tertantang untuk mengembangkan pengetahuan baru

57.   Waktu tunggu yang cukup dapat mempengaruhi respon siswa untuk ....
1)   membantu siswa memberikan jawaban yang benar
2)   memberi kesempatan pada siswa dalam menyiapkan jawaban lebih lengkap
3)   melibatkan banyak siswa agar dapat berpartisipasi dalam menjawab soal

58.   Setiap cabang keilmuan memiliki beberapa karakter yaitu ....
1)   ontologis
2)   epistemologi
3)   aksiologi

59.   Ilmu kimia memiliki karakteristik epistemologi antara lain ....
1)   mengandalkan pengamatan untuk memperoleh gambaran sifat-sifat materi
2)   mengandalkan logika matematika untuk meramalkan aspek kuantitatif perubahan komposisi materi
3)   dilandasi pada pengamatan empirik tentang berbagai zat-zat yang ada di alam

60.   Untuk mengetahui pengaruh perubahan konsentrasi zat terhadap kecepatan reaksi, Bapak Arif mengajak siswanya ke laboratorium untuk melakukan serangkaian percobaan sampai ditemukan suatu kesimpulan. Adapun langkah-langkah yang dapat ditempuh oleh siswa meliputi ....
1)   mendapatkan masalah dan menyusun hipotesis
2)   mendapatkan masalah dan melakukan eksperimen
3)   melakukan eksperimen dan menarik kesimpulan

61.   Pernyataan berikut merupakan kesamaan-kesamaan antara pendekatan bersiklus dengan teori Piaget tahap ....
1)   explorasi identik dengan proses asimilasi gagasan
2)   penerapan identik dengan organisasi pengetahuan
3)   proses akomodasi pengetahuan identik dengan tahap explorasi dalam siklus pembelajaran

62.   Pemakaian alat bantu seperti media film slide atau media visual lainnya dalam proses belajar mengajar di kelas bertujuan antara lain untuk ....
1)   mencegah kebosanan pada siswa
2)   belajar lebih efektif dan bermakna
3)   mendorong guru agar lebih berkreatif dalam memilih media

63.   Pemilihan media yang efektif dalam membantu proses belajar mengajar harus memperhatikan hal-hal berikut ....
1)   kesesuaian media dengan tujuan yang dicapai
2)   kesesuaian media dengan karakteristik pelajaran
3)   ketersediaan media di lingkungan sekolah

64.   Media visual banyak digunakan dalam proses belajar mengajar karena ....
1)   harganya relatif murah
2)   mudah dalam penggunaannya
3)   jenis dan macamnya cukup banyak

65.   Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan metode eksperimen antara lain ....
1)   menetapkan tujuan
2)   mempertimbangkan resiko keamanan
3)   mengadakan persiapan alat dan bahan

66.   Demonstrasi yang dilakukan pada akhir pelajaran bertujuan untuk ....
1)   meningkatkan pemahaman siswa atas materi yang telah dipelajari
2)   memantapkan pemahaman akan konsep-konsep yang belum jelas
3)   menarik perhatian siswa agar bermotivasi pada pelajaran selanjutnya

67.   Proses pembelajaran kimia yang berlangsung dengan pendekatan inkuiri memiliki ciri-ciri ....
1)   proses pembelajaran berpusat pada siswa
2)   masalah yang dipecahkan sesuai dengan tingkat berpikir siswa
3)   lebih banyak menjawab pertanyaan “mengapa” dan “bagaimana” daripada pertanyaan “apa”

68.   Contoh pembelajaran dengan pendekatan inkuiri berikut yang benar adalah ....
1)   siswa diminta untuk menemukan unsur dan jenis unsur dalam suatu sampel zat di laboratorium
2)   siswa membedakan antara unsur logam dengan unsur non logam dalam sistem periodik unsur
3)   siswa menentukan kadar unsur karbon (C) dalam berbagai jenis makanan/-tumbuhan

69.   Perbedaan antara pendekatan inkuiri dengan pendekatan diskoveri adalah ....
1)   metode inkuiri lebih banyak menggunakan keterampilan proses IPA terintegrasi seperti merumuskan hipotesis, melakukan percobaan, menyimpulkan
2)   metode diskoveri lebih banyak menekankan pada keterampilan proses IPA dasar seperti observasi, klarifikasi, pengukuran
3)   pendekatan inkuiri lebih mudah dilakukan dari pada metode diskoveri dalam memecahkan masalah

70.   Pembelajaran bersiklus (LCs) memiliki beberapa kelebihan-kelebihan antara lain ....
1)   pembelajaran terpusat pada siswa
2)   siswa menemukan konsep dengan jalan melakukan (leaning by doing)
3)   pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar