TUGAS MANDIRI
BIMBINGAN DAN KONSELING
(MKDK2102)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 60 PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Faktor psikologi berikut menjadi pendorong
diberlakukannya program bimbingan dan konseling disekolah yaitu ....
A. perkembangan ilmu pengerahuan dan teknologi
B. masalah perkembangan individu
C. masalah penyesuaian diri siswa
D. peranan guru
2. Peranan Guru dalam kegiatan pembelajaran
adalah sebagai ....
A. orang tua di sekolah
B. teladan bagi peserta didik
C. ahli psikologi pendidikan
D. penegak disiplin
3. Dari masalah berikut yang tidak
termasuk masalah psikologi adalah ....
A. perkembangan pendidikan
B. masalah belajar
C. kebutuhan individu
D. kelainan tingkah laku
4. Yang termasuk kebutuhan sosial siswa adalah
....
A. memperoleh kasih sayang
B. ingin diperhatikan
C. ingin dihargai
D. rasa aman dari perlindungan diri
5. Yang merupakan bentuk kelainan tingkah laku
adalah ....
A. kesulitan belajar
B. perbedaan individual
C. masalah penyesuaian diri
D. kebutuhan individual
6. Dari pengertian bimbingan berikut yang paling
tepat adalah proses ....
A. memberi bimbingan pada individu yang masih
sekolah
B. bimbingan yang berkelanjutan, sistematis dan
terencana sesuai tujuan
C. bimbingan pada individu yang diberikan
sewaktu-waktu
D. bantuan kepada setiap individu yang
membutuhkan bimbingan agar masalah-nya terpecahkan
7. Tujuan program bimbingan yang tepat adalah
....
A. membimbing dan membantu individu yang
mempunyai masalah
B. membantu individu agar dapat mengembangkan
dirinya secara optimal menjadi pribadi yang mandiri
C. agar setiap individu lebih mengenal dan memahami
dirinya
D. membantu individu-individu untuk dapat
memecahkan masalah perbedaan tingkah laku
8. Bimbingan dan konseling mempunyai hubungan
yang sangat erat, perbedaannya terletak pada ....
A. bentuk kegiatannya
B. keahliannya
C. tingkat kegiatannya
D. jenis kegiatannya
9. Bidang pendidikan yang menjadi tugas dan
tanggung jawab utama seorang guru adalah ....
A. bimbingan konseling
B. administrasi dan kepemimpinan
C. instruksional dan kurikulum
D. pembinaan siswa
10. Kegiatan bimbingan dan konseling tidak boleh
bertentangan dengan norma yang berlaku, sesuai azas ....
A. kesukarelaan
B. keterbukaan
C. kedinamikaan
D. kenormatifan
11. Prinsip khusus yang berhubungan dengan konseling adalah ....
A. pelayanan bimbingan harus sesuai kebutuhan individu yang beragam
B. pembimbingan harus menggunakan berbagai metode dan teknik yang
tepat
C. keputusan terakhir proses bimbingan ditentukan individu yang
dibimbing
D. bimbingan dimulai dengan mengidentifkasi
kebutuhan individu
12. Fungsi bimbingan dalam kegiatan pencegahan adalah ....
A. membantu siswa agar terhindar dari berbagai masalah
B. membantu siswa agar memperoleh prestasi yang gemilang
C. menciptakan kondisi agar terjalin penyesuaian diri siswa dengan
lingkungan
D. membantu siswa agar berkembang sesuai bakat dan minat
13. Fungsi penyaluran dalam kegiatan bimbingan dan konseling dilakukan
melalui kegiatan ....
A. kelompok untuk memperoleh penyesuaian sosial yang lebih baik
B. pengumpulan data yang lengkap untuk memahami pribadi siswa
C. pengembangan bakat dan minat
D. orientasi terhadap sekolah
14. Untuk membantu siswa baru agar cepat dan mudah menyesuaikan diri
dengan lingkungan sekolah maka fungsi bimbingan yang harus diberikan adalah
fungsi ....
A. penegakan
B. perbaikan
C. penyesuaian
D. penyaluran
15. Agar setiap siswa memiliki pribadi yang mantap dan berkembang
dengan baik maka sasaran pertama kegiatan bimbingan konseling adalah ....
A. pengenalan lingkungan
B. pengarahan diri
C. perwujudan diri
D. pengungkapan pengenalan dan penerima-an diri
16. Dari segi fungsi, ruang lingkup bimbingan dan konseling meliputi
kegiatan berikut, kecuali ....
A. pencegahan
B. penyesuaian
C. perbaikan
D. penataan
17. Agar seluruh program bimbingan dan konseling tercapai maka program
tersebut harus memiliki ciri-ciri berikut ....
A. program disusun dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa
B. sesuai program pendidikan dilingkungan sekolah
C. program disusun secara bertahap dengan melibatkan semua guru
D. program dibuat secara menyeluruh
18. Salah satu kekeliruan mengenai pengertian bimbingan adalah ....
A. bimbingan diberikan khusus kepada siswa bermasalah
B. kegiatan bimbingan tidak identik dengan pendidikan
C. bimbingan diberikan tidak hanya untuk siswa sekolah lanjutan
D. bimbingan diberikan tidak hanya mengenai bimbingan jabatan
19. Jenis pelayanan yang paling sesuai dengan program bimbingan adalah
....
A. perencanaan pengembangan karier
B. pemecahan masalah
C. memberi pengajaran
D. pengumpulan data siswa dan lingkungan-nya
20. Bantuan layanan pada guru dalam hal mengelola kelas dapat berupa
informasi tentang ....
A. data untuk membantu kelompok belajar
B. kemunduran hasil belajar siswa
C. jenis tes yang akan diberikan
D. bentuk tes yang digunakan
21. Layanan program bimbingan yang tidak perlu diberikan kepada kepala
sekolah adalah ....
A. membantu kepala sekolah berhubungan dengan orang tua murid dan
masyarakat
B. melakukan kegiatan pembaharuan pendidikan sekolah
C. memberi informasi pada masyarakat tentang program pendidikan
sekolah
D. membantu pelaksanaan seleksi dan penempatan siswa
22. Kegiatan memberi informasi pada masyarakat sekitar tentang program
yang dilaksanakan sekolah, bertujuan agar ….
A. masyarakat mengenal semua program yang ada di sekolah
B. masyarakat tertarik untuk menyekolahkan anaknya di sekolah
tersebut
C. menggalakkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan di sekolah
D. memotivasi masyarakat untuk mendukung program-program sekolah
23. Yang bukan merupakan persyaratan pokok program bimbingan
adalah ....
A. fasilitas fisik
B. fasilitas teknis
C. kualifikasinya
D. profesionalisasinya
24. Salah satu kebijakan yang menunjang program bimbingan adalah ....
A. membantu konselor untuk bekerja secara efektif dan efesien
B. kepala sekolah menjelaskan program bimbingan kepada semua orang
C. kepala sekolah bertanggung jawab melaksanakan tugas pimpinan
sekolah
D. bidang tata laksana pendidikan sekolah
meliputi pembagian waktu, tempat kerja dan pendekatannya
25. Tugas seorang penyuluh di sekolah adalah ....
A. membantu semua petugas bimbingan mengadakan hubungan dengan semua
B. mengidentifikasi gejala salah suai siswa di kelas
C. membantu menyelenggarakan latihan dan jabatan untuk guru dan
petugas bimbingan lain
D. mengidentifikasi kesulitan yang dirasakan siswa
26. Faktor yang harus diperhatikan dalam menyusun program bimbingan, kecuali
....
A. harus selaras dengan program pendidikan dan pembelajaran di
sekolah
B. usahakan untuk mengetahui kemampuan semua petugas di sekolah
C. penilaian terhadap efektivitas program bimbingan dapat dilakukan
sewaktu-waktu
D. rencanakan dan laksanakan latihan dalam jabatan sesuai kebutuhan
27. Yang manjadi unsur pokok dalam pelak-sanaan program bimbingan
adalah ....
A. pembiayaan
B. pola organisasi bimbingan
C. panitia penyelengara program
D. program pembelajaran yang terencana
28. Tahap kegiatan penyusunan program bimbingan menurut Miller, kecuali
....
A. tahap persiapan untuk inventarisasi tujuan, kebutuhan dan
kemampuan sekolah
B. tahap pelaksanaan sesuai dengan yang telah direncanakan
C. pembentukan panitia sementara untuk merumuskan program bimbingan
D. pembentukan panitia penyelenggaraan program
29. Pelayanan bimbingan dilaksanakan oleh semua staf sekolah sebagai
bagian tugas reguler saja. Pola ini biasa terdapat di ....
A. sekolah Taman Kanak-Kanak
B. Sekolah Dasar
C. sekolah menengah
D. Perguruan Tinggi
30. Persyaratan utama petugas bimbingan adalah ....
A. mengenal setiap pribadi siswa
B. mempunyai latar belakang pendidikan bimbingan
C. memiliki ilmu bagaimana melaksanakan kegiatan bimbingan
D. mengetahui tugas dan tanggung jawab sebagai seorang konselor
31. Agar setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai minat dan
bakatnya, maka jenis dan layanan bimbingan yang perlu diberikan seorang guru
adalah ....
A. pemberian informasi
B. konseling
C. penilaian dan tindak lanjut
D. penempatan
32. Bila kenakalan siswa sudah melampaui batas dan guru tidak mampu
menanganinya maka layanan bimbingan yang tepat diberikan pada siswa adalah ....
A. pemberian informasi
B. alih tangan/kerja sama dengan instansi lain
C. konseling
D. pengumpulan data
33. Sumber data adalah ....
A. orang yang dianggap memiliki data
B. semua informasi yang dibutuhkan
C. pihak-pihak yang dapat memberikan keterangan yang dibutuhkan
D. tempat-tempat yang diperintahkan memiliki data
34. Orang tua, wali kelas dan kepala sekolah termasuk sumber data
lapis ke ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
35. Yang membedakan teknik tes dan non-tes adalah ....
A. teknik tes menjawab tes baku sedangkan non-tes menjawab tes tidak
baku
B. teknik non-tes digunakan untuk mengukur kemampuan dasar
C. teknik non-tes dilakukan secara tertulis dan tidak tertulis
D. teknik tes dilakukan oleh guru, non tes dilakukan oleh tenaga lain
yang ditentukan
36. Data siswa yang telah dikumpulkan harus disimpan dengan memperhatikan
azas ....
A. kerahasiaan
B. kemudahan
C. kedalaman
D. kesesuaian
37. Setiap siswa perlu mendapat informasi bagi perkembangan dirinya
....
A. lebih mengenal diri dan lingkungannya
B. dapat mengarahkan dirinya
C. berkembang secara optimal
D. menentukan kelanjutan sekolah
38. Secara
khusus makna pemberian informasi pada siswa adalah ....
A. untuk memberi wawasan pemahaman siswa agar
merencanakan hidupnya
B. untuk membantu siswa membuat rencana hidup masa kini dan akan
datang
C. membantu siswa untuk memiliki kepercayaan diri
D. membantu siswa mencapai kepecayaan diri
39. Secara umum pemberian informasi bertujuan untuk membantu siswa
agar ....
A. dapat memahami diri dan lingkungannya sehingga dapat membuat
keputusan yang tepat
B. lebih memiliki kepercayaan diri mengenai hidupnya di masa depan
C. memiliki informasi yang cukup untuk mengatasi masalah penyesuaian
diri dan pembelajaran
D. semuanya benar
40. Yang bukan merupakan tujuan khusus pemberian informasi
adalah siswa dapat ....
A. mengetahui sumber-sumber untuk mendapatkan informasi
B. menggunakan kegiatan kelompok sebagai sarana memperoleh informasi
C. memiliki kesempatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan
D. memiliki wawasan yang mendalam tentang kebutuhannya
41. Yang bukan unsur pokok pelayanan informasi adalah ....
A. jenis-jenis informasi yang perlu diberikan
B. media-media orientasi
C. sumber-sumber informasi yang disediakan
D. metode pelayanan informasi dalam kegiatan kelompok
42. Untuk
membina siswa agar dapat membuat keputusan dan tindakan yang tepat bagi diri
dan lingkungannya maka siswa perlu diberi informasi tentang ....
A. pekerjaan
B. potensi lingkungan
C. keterampilan khusus
D. pendidikan
43. Agar
siswa mempunyai gambaran yang jelas tentang lingkungan dan kondisi sekolah yang
akan dimasukinya maka siswa perlu diberi informasi tentang ....
A. jenis pendidikan yang dapat dimasukinya
B. orientasi tentang kehidupan sekolah tersebut
C. cara-cara belajar dan bagaimana merencanakan kegiatan belajar
D. orientasi dan sistem pendidikan yang berlaku di sekolah tersebut
44. Berikut ini adalah tujuan pemberian informasi bagi siswa yang akan
lulus, kecuali ....
A. mengetahui jenis sekolah lanjutan yang dapat dimasukinya
B. memiliki wawasan yang cukup tentang sekolah yang akan dimasukinya
C. memiliki wawasan dan sikap kerja yang baik
D. menyiapkan mental siswa agar siap memasuki dunia kerja
45. Program orientasi bagi siswa baru bertujuan agar siswa dapat ....
A. menyesuaikan diri dengan mudah
B. menciptakan sikap yang sesuai dengan lingkungan sekolah yang baru
C. mudah bersosialisasi dengan orang yang akan menjadi teman dan
gurunya
D. menginformasikan kepada orangnya tentang keadaan sekolah yang
dimasuki-nya
46. Sumber informasi tentang kehidupan siswa dapat diperoleh di ....
A. kegiatan kelompok
B. organisasi siswa
C. guru kelas
D. organisasi orang tua
47. Untuk membantu siswa baru
agar mudah beradaptasi dengan temannya yang baru, maka layanan bantuan yang
layak diberikan guru adalah berupa ....
A. bimbingan belajar
B. memperkenalkan satu persatu teman-teman dikelasnya
C. melibatkannya dalam kegiatan kelompok
D. orientasi umum
48. Satu hal yang harus diperhatikan dalam memberikan layanan referral
adalah ....
A. harus disertai data yang diberi tahu
B. orang tua siswa perlu diberi tahu
C. siswa tidak perlu mengetahui tujuan layanan referral
D. laporan layanan referral ini cukup diberikan pada siswa yang
bersangkutan
49. Konseling tepatnya adalah ....
A. kegiatan pemberian bantuan terhadap seseorang yang perlu mendapat
bantuan
B. relasi timbal balik antara dua individu di mana yang seorang
berusaha membantu yang lain agar memahami keadaan dirinya
C. upaya seorang individu (konselor) untuk membantu individu yang
lain agar memahami permasalahan yang dialami-nya
D. kegiatan konselor memberi bantuan pada seseorang yang telah
diprogramkannya
50. Tujuan pemberian penyuluhan adalah ....
A. membantu individu untuk dapat memecah-kan masalahnya
B. agar klien dapat memecahkan masalah-nya sendiri
C. agar klien pada akhirnya memperoleh konsep diri yang memadai
D. membimbing klien untuk mengenal dan memahami dirinya
51. Salah satu perbedaan konseling dan pengajaran yaitu ....
A. tujuannya berbeda, namun keduanya untuk membantu mengatasi masalah
siswa
B. konseling dapat juga di lakukan oleh seorang guru sedangkan
pengajaran juga dapat dilakukan oleh konseling
C. pengajaran merupakan kegiatan kelompok sedangkan konseling lebih
untuk mengatasi masalah-masalah individual
D. pengajaran dilakukan berdasarkan kurikulum kebutuhan sedangkan
konseling selalu tergantung pada masalah-masalah individu yang ada
52. Agar
layanan konseling yang ada disekolah bermanfaat semaksimal mungkin maka perlu
di strategi pelayanan yang tepat yaitu ....
A. memanggil setiap siswa yang benar-benar mempunyai masalah
B. guru bidang studi membantu memberi penjelasan tentang adanya
layanan konseling
C. bekerjasama dengan siswa-siswa yang telah memanfaatkan program
bimbingan
D. memberi jadwal kepada setiap siswa secara reguler untuk menemui
konseling
53. Prioritas pertama dalam layanan penyuluhan masalah siswa adalah
masalah ....
A. sosialisasi pribadi
B. kesulitan belajar
C. karier
D. kelanjutan pendidikan
54. Tujuan umum layanan evaluasi adalah untuk ....
A. memperoleh gambaran efektivitas program bimbingan secara
keseluruhan
B. mengetahui aspek-aspek yang harus dimasukkan dalam program
bimbingan
C. membantu kepala sekolah, guru-guru dan para konselor melakukan
perbaikan tata kerja
D. mengetahui bagian program bimbingan yang perlu diperbaiki
55. Satu hal yang perlu dievaluasi dalam program bimbingan adalah
layanan pengumpulan data meliputi hal-hal berikut, kecuali ....
A. ketepatan catatan kumulatif
B. ketersediaan fasilitas untuk melakukan bimbingan dan konseling
C. penggunaan alat penilaian dalam pengumpulan data
D. kecocokan program bimbingan dengan minat atau kebutuhan siswa
56. Pancaindera kelengkapan anggota badan, jenis-jenis penyakit klien
adalah segi individu yang perlu dipahami seorang konselor dari segi ....
A. identitas diri
B. kapasitas dan kecakapan
C. kondisi jasmani dan kesehatan
D. watak dan temperamen
57. Seorang konselor berusaha untuk memberi dan membantu kliennya. Hal
ini termasuk karakteristik hubungan antara penyuluh dan klien yang disebut ....
A. keunikan dan keumuman
B. keseimbangan objektivitas dan subjek-tivitas
C. keseimbangan kognitif dan konatif
D. keseimbangan tanggungjawab
58. Urutan proses penyuluhan dalam pembentukan relasi adalah ....
A. persiapan, struktur, memberi penjelasan dan relasi
B. persiapan dan klien masuk dalam relasi, penjelasan tentang kebutuhan,
struktur dan meningkatkan relasi
C. klien menjelaskan kebutuhan, masuk dalam relasi dan meningkatkan
relasi
D. persiapan, klasifikasi dan penjelasan, struktur dan menjada relasi
59. Perbedaan pengertian antara kelompok dan massa adalah ....
A. kelompok adalah kumpulan dua atau lebih individu yang mempunyai
kebutuhan sedangkan massa adalah sejumlah individu dengan kebutuhan berbeda
B. kelompok adalah dua atau lebih individu yang saling berinteraksi
untuk mencapai tujuan, massa adalah kumpulan individu dalam tempat yang sama
tapi tujuan berbeda
C. individu yang berbeda dalam suatu organisasi, massa adalah
sejumlah orang yang berada di pasar, di jalan atau tempat lain
D. kelompok adalah dua atau lebih individu yang saling berinteraksi
untuk mencapai, tujuan yang sama dan massa adalah sejumlah individu dalam tepat
dan waktu yang sama namun tidak ada interaksi satu dan lainnya
60. Yang bukan
merupakan kelebihan bimbingan kelompok adalah ....
A. pelaksanaan
bimbingan akan lebih efektif dan efisien
B. bermanfaat dalam memberi pengaruh pada sesama anggota kelompok
C. merupakan faktor utama dari teknik konseling individual
D. tempat pertukaran pengalaman di antara para anggautanya
soal BK sangat membantu bagi persiapan untuk TES
BalasHapusterimakasih, soalnya sanag membantu saya dalam belajar
BalasHapus